Banjarmasin Post - 9 Januari 2009

download Banjarmasin Post - 9 Januari 2009

of 28

  • date post

    28-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    442
  • download

    27

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 9 Januari 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 9 Januari 2009

  • 100 PengacaraSiap Melawan

    Rizal Ramli

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin PostNO. 1248 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    9 JANUARI 2009/

    12 MUHARAM 1430

    JUMAT

    28 HALAMAN RP 3.000

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3 Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    12:29 15:55 18:39 19:5304:57

    - Babulan-bulan IMB kada tuntung, Lak-ai+ Sawat tukangnya bukahan, Nang-ai

    FIKRAH

    KH HusinNaparin Lc MA

    HajiMabrur

    Unduh Gratis Windows 7MULAI Jumat (9/1) ini,

    Microsoft membebaskan se-tiap orang mengunduh Win-dows 7 Beta secara legal diwww.microsoft.com/windows/windows-7/default.aspx. Na-mun, pengunduhan gratisWindows 7 Beta itu dibatasiuntuk 2,5 juta orang.

    Sudah pasti para penggi-la teknologi, bahkan anaksaya yang berusia 14 tahunsudah menanti-nantinya,kata CEO Microsoft Steve Ball-mer kepada USA Today, Ka-mis (8/1).

    Sejak kemarin, Microsoftmendemokan Windows 7 diajang Consumer ElectronicsShow 2009 di Las Vegas, AS.

    Sistem itu adalah sistemoperasi penerus Windows Vis-ta, yang bisa dijalankan olehkomputer yang paling tidakberprosesor dengan kece-patan 1 GHz, memori RAM 1GB, serta punya cadangan ru-ang penyimpanan di hard diskberkapasitas 16 GB.

    SIPALUiiiii

    HAJI mabrur adalahdambaan setiap jamaahhaji. Apakah mabrur itu?

    Al Mabrur dalamberhaji adalah haji yangditerima (pahalanya)oleh Allah SWT. (LihatKamus Al Munawwarhalaman 80). Haji mab-rur menempati tempatketiga dari pada urutanalam yang utama; sesu-dah iman kepada Allahdan berjihad di jalan-Nya (fisabilillah).

    Menurut Imam Na-wawi, haji mabrur ada-lah haji yang tidak di-campuri dengan kebu-rukan. Menurut ImamHassan, haji mabrur ia-lah orang yang berhajidan setelah kembali, iazuhud dengan duniadan gandrung denganakhirat.

    Ketika RasulullahSAW ditanya tentang ha-ji mabrur, beliau menja-wab, Anna birrahu

    GAZACITY, BPOST - Agresimiliter Israel makin tak pan-dang bulu. Setelah menem-baki rumah, tempat ibadahdan sekolah hingga mene-waskan ratusan warga sipil,tentara Israel juga menem-baki truk misi kemanusiaanPerserikatan Bangsa-bangsa(PBB). Pejabat PBB di Gaza,Adnan Abu Hasna, menye-but pengemudi truk tewasdalam serangan itu.

    Ironisnya, serangan terjadidi masa jeda tiga jam yangdilakukan Israel untuk mem-beri kesempatan tim misi ke-manusiaan melakukan tugas-nya.

    Apalagi, truk pembawa

    Israel Bantai Petugas PBB Puluhan Tentara Zionis Tewas

    Hal 14 kol 4-7

    Saat polisi mengumum-kannya, Kamis (8/1), menterikoordinator perekonomian diera Presiden KH Abdurrah-man Wahid (Gus Dur) terse-but dikabarkan berada diBangka Belitung.

    Aktivis Komite IndonesiaBangkit itu sedang berkam-panye untuk mendulang du-kungan sebagai calon pre-siden pada Pemilu 2009.

    Bagi Polri, perjalanan Rizalitu juga bermasalah. Pasal-nya, mereka sudah mengirimsurat agar Rizal datang keMabes Polri pada hari ituuntuk menjalani pemerik-saan.

    Pada surat yang ditanda-tangani Direktur I Keamanandan Transnasional BareskrimMabes Polri, Brigjen Badro-

    din Haiti, status Rizal adalahtersangka. Surat pemang-gilan itu bertanggal 31 De-sember 2008.

    Saya sudah ditelepon,sudah diberitahu Polri.Tetapi, Pak Rizal Ramli masihdi Bangka Belitung. Saya sen-diri masih mengecek suratpemanggilan tersebut, kataKuasa Hukum Rizal, LeonardSimorangkir.

    Bagaimana tanggapan Ri-zal? Saya kontak Pak RizalRamli tetapi belum tersam-bung, ujarnya.

    Meski demikian, Leonardmenjamin pada pekan depan,kliennya akan datang me-menuhi panggilan Polri.

    Polisi Jadikan Rizal TersangkaJAKARTA, BPOST - Langkah Rizal Ramlimeraih kursi presiden terhalang aral. MabesPolri menetapkannya sebagai tersangkakasus kerusuhan demonstrasi antikenaikanharga bahan bakar minyak (BBM).

    Hal 14 kol 4-7

    MurniUrusanHukum

    RIZAL Ramli menjadi ter-sangka kasus kerusuhan saataksi menolak kenaikan hargabahan bakar minyak (BBM),24 Juni 2008. Presiden SusiloBambang Yudhoyono ditu-ding berada di balik pene-tapan status tersebut.

    makanan dan obat-obatan itusudah mendapat izin darimiliter Israel dan dilengkapiidentitas yang jelas.

    Di bagian atap truk men-colok tanda PBB, sedangkandi moncongnya berkibar ben-dera misi perdamaian. PihakIsrael belum berkomentartentang kejadian itu.

    Di tengah aksi bombardir

    Israel, pasukan Hamas takpatah semangat memberikanperlawanan.

    Bahkan mereka berhasilmenewaskan lebih dari 30tentara Zionis serta melukailebih dari 130 serdadu lain-nya dalam waktu lima hariterakhir.

    Hal 14 kol 6-7

    GRAFIS: BPOST/IVANOV

    KERINGAT kian mem-basahi dada Muhdi (40) yangtelanjang. Dia sibuk meng-umpulkan reruntuhan kayurumah yang hancur diterjangair bah.

    Banjir itu dikarenakan me-luapnya Sungai Amandit

    Sang AnakTerpaksa Dilempar Banjir HSS Mulai Surut

    yang berada beberapa meterdi depan rumah Muhdi, diDesa Batu Laki RT 2 Keca-matan Padang Batung, HSS.Banjir terjadi sejak Rabu (7/1) hingga Kamis (8/1) pagi.

    AP PHOTO/BULLIT MARQUEZWarga Palestina histeris menyaksikan dua jenazah korbanserangan Israel di depan rumahnya, di Beit Lahiya, JalurGaza (kiri). Anak-anak muslim Filipina pun berdemo didepan Kedubes Israel di Manila, Kamis (8/1)

    AP PHOTO/KHALIL HAMRA

    BIARPUN sudah disariki bini wan ditumpalakkakawalannya Palui tatap haja kada hakun baampihjadi tukang tabuk kuburan. Banyak alasannya kanapainya wan kakawalannya tatap handak manarusakangawian itu.

    Kita maambil upahmanabuk kubur ini ga-san gawian antara haja,karna siapa tahu razakikita maka sutu saat kainawayah kita manabuk ta-nah mandapat gumpal-an amas sampai sata-ngah kilu, ujar Garbusmaulangi panderannya.

    Perlu Dukungan Pelabuhan Alur Barito DiresmikanBANJARMASIN, BPOST - Alur baruSungai Barito, Kamis (8/1), diresmikanDirjen Perhubungan Laut DepartemenPerhubungan, Sunaryo.

    Alur sepanjang 15 kilometer ini diklaimmemenuhi standar keamanan pelayarandan dapat dilayari 24 jam. Ini karena alur-nya lurus, memiliki lebar dasar 138 meter,lebar permukaan 162 meter dengan keda-laman keruk -6 LWS.

    Namun hal tersebut belum menjaminkelancaran angkutan laut. Soalnya alurbelum ditunjang fasilitas pelabuhan yangmemadai.

    Padahal jumlah angkutan laut yangsinggah ke Kalimantan Selatan diper-

    kirakan bertambah.Gubernur Rudy Ariffin menyadari ke-

    kurangan itu. Dia pun akan meminta pe-ngelola pelabuhan yakni PT Pelindo IIIsegera melakukan pembenahan.

    Ini sesuai tinjauan wapres beberapawaktu lalu yang meminta pelayanan pe-labuhan dibenahi. Untuk bulan ketiga inisaja sudah terlihat adanya antrean untuksandar, kata Rudy.

    Permintaan tersebut juga dikemukakanSunaryo dan Ketua Komisi III yang mem-bidangi pembangunan DPRD Kalsel, GustiPerdana Kesuma.

    Hal 14 kol 4-7

    Mandulangdi Kuburan

    BANJARMASIN POST/APUNKALUR BARITO - Lalu lintas Sungai Barito Banjarmasin Kalimantan Selatan, Kamis (8/1). DirjenPerhubungan Laut Sunaryo meresmikan penggunaan alur baru Barito di Pelabuhan PenumpangBandarmasih, Trisakti.

    BANJARMASIN POST/KHAIRIL RAHIMGANGGU LALU LINTAS - Banjir yang melanda Jalan S ParmanKandangan membuat arus transportasi terganggu.

  • 2 Banjarmasin Post BANJARMASIN BUNGAS9 JANUARI 2009 / 12 MUHARAM 1430 HJUMAT

    Sanusi, warga Teluk Da-lam Kamis (8/1) mengata-kan, mengurus IMB rumitdan makan waktu lama. Diabercerita, temannya pernahmengajukan IMB tapi duabulan baru selesai. Padahal,semua persyaratan sudahdipenuhi. Ini harus diperha-tikan, kadang waktu selesai-nya lama, ujarnya.

    Sementara menurut Zaini,warga Kuripan, jalur biro-krasi untuk mendapatkanIMB sangat panjang. Akibat-nya, banyak warga yang ku-rang bersemangat untuk me-ngurusnya.

    Kita juga banyak urusan,tidak cuma mengurus IMB.Kadang, kita bolak-balik,sehingga membuang banyakwaktu, katanya.

    Kepala Dinas Tata Kotadan Perumahan Kota Banjar-masin Hamdi mengakui, ba-ru sekitar 65 sampai 70 persenbangunan di kota ini memi-liki IMB. Dia juga membe-narkan rumitnya pengurusanIMB. Hamdi beralasan kare-na pelayanannya tidak satuatap.

    Hamdi lalu menjelaskanaliran birokrasi pengurusanIMB. Menurut dia, warga ha-

    OBaru 70 Persen MemilikiOBirokrasi Berbelit-belit

    Bikin IMB Masih RumitBANGUNAN yang tidak dilengkapi IMB sebenarnya

    membawa kerugian bagi pemiliknya. Kepala Dinas Tata Kotadan Perumahan Kota Banjarmasin, Hamdi, mengatakan,bangunan tidak ada IMB harus menghadapi beberapakonsekuensi.

    Di antaranya, pemiliknya tidak bisa menggunakan ba-ngunannya tersebut untuk berbagai keperluan. Contohnyatidak bisa digadaikan ke bank.

    Bank tidak mungkin memberikan pinjaman jika alatjaminannya bangunan tak memiliki IMB. Begitu juga dengankantor Pegadaian, katanya.

    Konsekuensi lain, pemilik harus berhadapan denganpenertiban yang dilakukan pemerintah. Tapi untuk yang satuini, kita lakukan bertahap dan perlahan, ujarnya.

    Saat ini sedang digodok perda tentang perizinan satu atap.Pelayanan dapat dilakukan hanya melalui dua instansi, yakniKP2T dan dinas yang terkait dengan izin itu.

    Misalnya, warga ingin bikin IMB, menyerahkan berkaske KP2T lalu diserahkan ke Distako untuk diteliti bangu-nannya, apakah menyalahi aturan atau tidak. Setelah itu, barudisahkan KP2T, tanpa tandatangan wali kota, jelasnya. (dd)

    rus mendaftar ke Kantor Pu-sat Pelayanan Terpadu(KP2T). Setelah itu dilanjut-kan ke Distako untuk dinilaiapakah bangunan melanggaraturan atau tidak, sepertigaris sempadan bangunan,peruntukannya dan lainnya.

    Kemudian berkas dikem-balikan ke KP2T untuk dilan-jutkan ke Asisten II dan kesekretaris daerah kota (Set-dako). Setelah itu baru ditan-datangani wali kota.

    Ketika salah satu pihaktidak ada di tempat, misalnyasedang keluar daerah, prosespenyelesaian IMB pun jadilamban, kata Hamdi.

    Dikatakan Hamdi, jika se-mua pejabat ada di tempat,paling lambat IMB selesaidua minggu. Namun, berda-

    sar