Banjarmasin Post - 1 Mei 2009

download Banjarmasin Post - 1 Mei 2009

of 28

  • date post

    13-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    393
  • download

    28

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 1 Mei 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 1 Mei 2009

  • SIPALUiiiii

    Anang Gayam

    12:21 15:41 18:22 19:3205:01

    KH HusinNaparin Lc MA

    PemiluUSAI sudah Pemilu

    9 April 2009. Pesertanya38 parpol melebihi Pe-milu 1955. Yang gagalpun lebih banyak. Ditingkat kabupaten/ko-ta ada 1,5 juta orang ber-saing memperebutkan15,750 kursi DPRD II.

    Berarti 1.484.250 orang (98,9%) yanggagal. Jika ditambah dengan DPRD Idan DPR maka ada 1.605.885 calegseIndonesia yang gigit jari.(Al-Islam,HTI edisi 260/XV). Demikianlah, bagibanyak orang pemilu telah menyi-sakan hati yang pilu.

    Pemenangnya Partai Demokrat la-yak kita beri ucapan selamat. PD dapatdipastikan akan memimpin negeri ini.Tentu tidak sendirian karena negara inimilik bersama. Jalannya adalah koalisi.

    Hal 14 kol 1-3

    FIKRAH

    Tolong, Jangan Dimakan Dulu Cegah Flu Babi,

    Kapal AsingDiperiksa

    BANJARMASIN, BPOST - Me-nangkal penyebaran flu babi.Tugas berat itu diemban limapetugas kesehatan pelabuhankelas II, Trisakti, Banjarmasin.

    Begitu kapal bernama lam-bung Forness Hartlepool tambatdi Perairan Tabunio, muara Su-ngai Barito, Kamis (30/4), me-reka langsung mendekati kapalChina yang hendak membawabatu bara ke India itu.

    Lima orang itu --Abdulsa-mad (surveilon), Syarkani (pe-tugas epidemiologi), RisnandarNasution (dokter umum), Ra-hadiyan Noor (perawat) danAsep Yuwiasme (petugas sani-tarium), Asep Yuwiasme di-sambut oleh chief officer kapal,Wai Phyo. Pria berkebangsaanMyanmar itu juga memerin-

    Rubrik BaruEMPAT besar koran daerah terbaik

    di Indonesia. Penghargaan ini pernahkami (BPost) terima dari majalah ad-vertising terkemuka di negeri ini,Cakram. Banyak pula prestasi tingkatnasional yang telah kami torehkan.

    Pujian dan penghargaan pun terusmengalir. Terakhir, pemimpin umumkami HG Rusdi Effendi AR mendapatpenghargaan Satya Lencana Akutiladari Jaksa Agung, Hendarman Su-pandji. Di tingkat corporate (pers daerahkelompok Kompas Gramedia), kami punmendapat predikat sebagai koranterbaik 2008.

    Bagi kami, semua keberhasilan itutidak sekadar penghargaan terhadapBPost, tetapi menjadi bukti bahwaprovinsi ini tidak kalah dengan pro-vinsi lain. Kami ada untuk masyarakatKalimantan Selatan.

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 4-7

    AP PHOTO/ITSUO INOUYE

    ANTISIPASI - Merebaknya flu babi di Meksiko dan Amerika Utara membuat negara-negara lain waspada.Berbagai langkah antisipasi dilakukan, seperti yang terlihat di Bandara Narita, Tokyo Jepang. Tim khususyang mengenakan pakaian antivirus lengkap dengan masker melakukan pemeriksaan terhadap penumpangpesawat yang mendarat di bandara tersebut, Kamis (30/4).

    Mobil WapresTerkena Lemparan

    JAKARTA, BPOST - Sebongkahbatu melayang dengan cepat ke arahmobil yang ditumpangi WapresJusuf Kalla. Batu itu dengan kerasmembentur dinding kiri belakangmobil, tepat di bagian tempat dudukKalla. Namun, mobil dinas itu tetapmelaju menyusuri Jalan Medan Mer-deka Barat, Jakarta, Kamis (30/4).

    Hal 14 kol 1-3 Jusuf Kalla

    tahkan anak buahnya menu-runkan tangga yang berada disamping kapal.

    Bendera kuning pun dinaik-kan, pertanda kapal sedangdikarantina. Berdasarkan Un-dang Undang Nomor 1 Tahun

    1962 tentang Karantina, paraanak buah kapal (ABK) tidakdiperbolehkan beraktivitas.Mereka harus tetap berada dikapal.

    Pamakan BaganalPAMILU ga-

    san mamilihwakil rakyat su-dah tuntung,tinggal maha-dang siapa nangcagar tapilih.Mudahan hajanang tapilih ka-ina bubuhanurang baiman,wan labih ma-

    Hal 14 kol 1-3

    Banjarmasin PostNO. 12540 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    1 MEI 2009/

    5 JUMADILAWAL 1430

    JUMAT

    28 RP 3.000DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    HALAMAN

    BANJARMASIN POST/HASBITim petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan terhadap ABKForness Hartlepool di Perairan Tabunio, Kalsel, Kamis (30/4).

    Teman Yenny Wahid Ditangkap Diduga Terlibat Kasus PembunuhanJAKARTA, BPOST - Akhirnya, misteri pembunuhanDirektur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zul-karnaen (41), terkuak. Polisi menangkap delapan ter-sangka, termasuk Sigid Haryo Wibisono.

    Sigid adalah Komisaris Utama PTPers Indonesia Merdeka (PIM) yangmenerbitkan harian Merdeka. HinggaKamis (30/4) malam, Sigid menjalanipemeriksaan di Polda Metro Jaya,Jakarta.

    Sigid ditangkap tim gabunganBareskrim Mabes Polri dan PoldaMetro Jaya, Rabu (27/4). Penang-kapan teman putri mantan PresidenKH Abdurrhman Wahid (Gus Dur),Yenny Wahid, itu berdasar kete-rangan sejumlah tersangka lain. Paratersangka itu dibekuk di PelabuhanTanjung Priok, Jakarta. Mereka meng-aku hendak menuju Ambon.

    Saat dikonfirmasi pers, KapolriJenderal Bambang Hendarso Danuritidak bersedia menjelaskan penang-kapan tersebut. Pokoknya namasudah ada, nanti diumumkan dalamwaktu dekat, paling tidak dua hariini, katanya.

    Sikap serupa diperlihatkan parapetinggi Polda Metro Jaya. KasatKejahatan dan Kekerasan (Jatanras)

    AKBP Nico Afinta hanya menga-takan, Mereka, kita amankan disuatu tempat.

    Namun, Pemimpin Redaksi Mer-deka, Mulyana W Kusumah membe-narkan informasi itu. Ya benar. Diaada di Polda Metro Jaya, kata man-tan anggota Komisi Pemilihan Umum(KPU) itu, Kamis (30/4).

    MERDEKAINTERAKTIF.COM

    Sigid Haryo Wibisono

    Hal 14 kol 4-7

    Berimbas ke Antasari Azhar

    Hal 14 kol 6-7

    - 11 mantan anggota dewan jadi tersangka,Lak-ai

    + Dirasai dinginnya sel, Lak-ai

    3004/01

    DITANGKAPNYA Sigid HaryoWibisono berimbas terhadap KetuaKomisi Pemberantasan Korupsi(KPK), Antasari Ashar. Pasalnya,Antasari dikenal dekat denganSigid.

    Bahkan kabar yang santerberedar Kamis (30/4) malam, adaupaya untuk mencekal Antasari.Direktur Penyidikan dan Pe-nindakan Direktorat ImigrasiDepartemen Hukum dan HAM,Muchdor, membenarkan imigrasimenerima permintaan pencekalanterhadap Antasari.

    Memang ada permintaan cekal.Tetapi lebih jelas minta keterangan

    ke Kejagung, kata Muchdor. Saat ditemui, Antasari mem-

    bantah kabar itu. Nggak benaritu...nggak benar kabar-kabaritu, katanya.

    Kapuspenkum KejagungJasman Pandjaitan saat dihubungihanya mengatakan prosedurpencekalan diajukan Polri.

    Selanjutnya kejaksaan yangmengajukan pencekalan kepadakepada imigrasi.

    Sedangkan Kabareskrim MabesPolri Komjen Pol Susno Duadjimengatakan ada dua orang yang

  • 2Banjarmasin Post Banjarmasin Bungas

    JUMAT 1 MEI 2009

    Jilid I

    Jilid II

    Jilid III

    Sumber: Litbang Bpost

    Kasus dana siluman inikembali mencuat setelah Ke-jari Banjarmasin mening-katkan status kasus dana si-luman jilid III dari penyelid-ikan menjadi penyidikan.Peningkatan status ini ber-laku sejak 22 April lalu.

    Kejari Banjarmasin mene-tapkan 11 anggota DPRDKota Banjarmasin periode1999-2004 sebagai tersangka.Lima berkas pemeriksaan,telah disiapkan oleh pihakKejari.

    Statusnya sudah kitatingkatkan, dari tahap penye-lidikan ke penyidikan, kataKajari Banjarmasin, Purwadi,saat ditemui di ruang kerja-nya, Kamis (30/4).

    Purwadi mengatakan, pi-haknya sengaja memilihmengumumkan kasus ini se-telah pelaksanaan pemilu le-gislatif untuk menghindar-kan kasus ini dijadikan isupolitik.

    Menurut Purwadi, saksi-saksi kasus Dansil jilid III telahdiperiksa pihak Kejari Banjar-masin. Sementara 11 tersangkamasih belum diperiksa. Ter-sangkanya kita periksa ter-akhir, ujar Purwadi.

    Dia menambahkan, jum-lah tersangka bisa bertambahatau berkurang, tergantung

    hasil penyidikan. Apalagidalam kasus ini, ada anggotaDPRD saat itu yang menjadipengganti antarwaktu. Kitalihat, apakah mereka jugamenerima atau tidak, kata-nya.

    Sayang, Purwadi tidakmau menyebutkan nama-na-ma tersangka. Dia beralasanbelum saatnya Kejari meng-ungkapkan nama para ter-sangka.

    Kasus Dansil mulai ber-gulir sekitar 2005. Diduganegara dirugikan Rp 7,9 mi-liar karena dana tak tersang-ka APBD Kota Banjarmasinuntuk asuransi anggota de-wan diselewengkan.

    Pada 2005 atau disebutDansil jilid I, ada lima orangyang divonis bersalah. Me-reka adalah mantan Wali Ko-ta Banjarmasin Midpai Ya-

    bani divonis dua tahun pen-jara, mantan Ketua DPRDSuyanto dan tiga wakil ketua,Tasriq Usman, MansyuriMuchtar dan Hamsy Syukrimasing-masing dua tahun.

    Dansil jilid II pada 2007menyeret lebih banyak lagianggota DPRD Kota Banjar-masin periode 1999-2004.Ada 17 orang dinyatakan ber-salah dan divonis beragam.

    Para terpidana melakukan

    BANJARMASIN, BPOST-Pada 2005 dan 2007, Banjar-masin dihebohkan mencuat-nya kasus dugaan korupsi da-na asuransi hari tua (Siharta)atau lebih dikenal dengan se-butan dana siluman (Dansil).

    Surati MA

    banding ke Pengadilan Ting-gi Kalsel. Namun, PengadilanTinggi menguatkan putusanPN Banjarmasin dan meno-lak permohonan banding pa-ra terdakwa.

    Saat ini kasus Dansil jilid IImasih dalam proses kasasi diMahkamah Agung. Para ter-pidana tidak menjalani pena-hanan karena kasus ini beluminkrah (belum berketetapanhukum tetap, Red). (tin)

    Kita lihatapakah merekajuga menerimaatau tidak

    PURWADIKajari Banjarmasin

    Kasus Ditingkatkan ke Penyidikan

    Kejari Tetapkan 11 Tersangka

    SAMPAI saat ini belumada putusan MahkamahAgung terkait kasasi terpi-dana kasus Dasil jilid II. PihakKejari Banjarmasin akan me-ngirim surat ke MahkamahAgung.

    Surat tersebut isinya mem-pertanyakan sejauh manakasasi kasus Dansil jilid II.Selain itu, pihak Kejari jugameminta agar MahkamahAgung mempercepat putus-an kasasi kasus ini.

    Rancangan suratnya su-dah kita buat. Begitu selesaikita kirim ke MA, kata KejariBanjarmasin Purwadi.

    Purwadi mengatakan, Ke-jari juga telah mengirimkansurat Desember 2008 lalu.Tetapi hingga kini belum jugaada tanggapan. Begitu pu-tusan kasasi turun apapunhasilnya langsung eksekusitidak akan menunggu lagi,katanya.

    Proses persidangan kasusDansil Jilid II berlangsungcukup lama. Berkas penyidi-kan dibagi tiga. Berkas per-

    Police Lines

    BANJARMASIN, BPOST-Lagu Banjar karya se