Banjarmasin Post - 13 Januari 2008

download Banjarmasin Post - 13 Januari 2008

of 28

  • date post

    10-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    455
  • download

    35

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post - 13 Januari 2008

Transcript of Banjarmasin Post - 13 Januari 2008

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin PostNO. 1252 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    13 JANUARI 2009/

    16 MUHARAM 1430

    SELASA

    28 HALAMAN RP 3.000

    Hal 14 kol 1-3

    SIPALUiiiii

    Anang Gayam

    12:32 15:57 18:41 19:5404:58

    - Jadi jua bensin turun, Lak-ai+ Amun taksi larang, bakojek haja, Nang-ai

    BerburuRelawan Resepsi

    SEORANG perempuan asal Ukraina, EropaTimur, mendapat jodoh pria Inggris. Mereka punberniat melangsungkan resepsi pernikahan di Lon-don. Namun si perempuan hanya bisa meng-hadirkan kedua orangtuanya. Padahal pihakmempelai pria mengundang banyak anggotakeluarganya.

    Tak mau kalah, mempelai perempuan yangtak disebutkan namanya tersebut berburu 30sukarelawan yang bersedia mendampinginya.Caranya memasang iklan gratisan di situsGumtree. Pembaca iklan yang berminat dimintamengirimkan foto dan menulis tentang diri mereka.

    Di Amerika Serikat, jangankan pernikahan,acara pemakaman pun kerap mengundang orangsewaan. (bbc/vvn)

    Papi Datang

    WEB

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7 Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 4-7

    Bahan Makanan Sisa Sehari Warga Bakambat Tidur di TendaBANJAR, BPOST - Meng-ungsi, kembali ke rumah.Mengungsi lagi, kembali kerumah lagi. Itulah yang dila-kukan warga Desa BakambatKecamatan Aluh Aluh Kabu-paten Banjar, KalimantanSelatan, beberapa hari ini.Angin kencang disertai ge-lombang pasang membuatmereka seperti ini.

    Minggu (11/1) malam,warga menyerbu tenda pe-ngungsian, bangunan ma-drasah dan rumah Pambakal(kepala desa) Bahran Mas-ran (50).

    Benar saja pukul 23.00 Wi-ta, angin kencang menerjang.Ketinggian air sekitar satumeter di atas tanah dan sudahmenggenangi rumah seba-gian warga. Ini diperparahdengan kerasnya gelombang.

    Kami hanya bisa pasrahberdiam diri di rumah-rumahdan tempat pengungsian. Un-tung saja tak sampai mero-bohkan rumah, ucap Bahran.

    Desember lalu, Bakambatditerjang gelombang pasanghingga sejumlah rumah rusak.

    Rp 10 Juta untuk Remedial Standar UN Jadi 5,50PELAIHARI, BPOST - U-jian nasional (UN) semakin

    dekat. Nilai rata-rata mi-nimalnya pun tahun ini naik0,25 hingga menjadi 5,50.Kalaupun ada nilai 4,00 pa-ling banyak hanya dua matapelajaran. Sedangkan nilaimata pelajaran lainnya mi-nimal 4,25.

    Menghadapi UN pada A-pril mendatang, Dinas Pendi-dikan Tanah Laut tak maunilai anak didiknya jeblokseperti tahun lalu. Oleh karenaitu diterapkanlah tambahanjam belajar. Saya sendiri yangakan melakukan sidak ke tiapsekolah, ucap Kadisdik Tala

    H Noor Ifansyah, Senin.Penambahan jam belajar

    khususnya untuk mata pela-jaran yang diujikan yaitu Ma-tematika, Fisika, Kimia, Bio-logi, Ekonomi, Sosiologi,Geografi, Bahasa Indonesiadan Bahasa Inggris. Jika se-mula hanya 36-37 jam perminggu, menjadi 42 jam.

    Pihak sekolah juga sayaberi keleluasaan untuk men-cari cara guna menaikkanangka kelulusan. Apakahdengan memerbanyak reme-dial atau melakukan karan-tina menjelang UN, ucapIfansyah.

    Kawat Sampai ke PinggangSANGATTA, BPOST - Di tengah kesibukannyasebagai guru TK Al Wardah di kawasan BukitPelangi, Sangatta, Norsyaidah --perempuan yangdari perut dan dadanya keluar kawat-- diterpa isutak mengenakkan. Sebuah pesan singkat beredar,Bagi siapa yang berhasil menyembuhkan penyakitkawat yang menempel di perut Norsyaidah akanmendapat imbalan sebesar Rp 1 miliar.

    Sejak SMS tersebut beredar, telepon genggamdi tangannya tak henti berdering. Banyak orangyang mengatakan sedang melakukan pengobatandari jarak jauh.

    NorsyaidahTRIBUNKALTIM/SAR

    BANJARMASIN POST/IDDA ROYANI

    WARGA melintas di depan SDN Benua Raya yang kebanjiran. Jikagenangan kian dalam, aktivitas belajar-mengajar terpaksa diliburkan.

    AP PHOTO/HATEM MOUSSA

    NIKMATI MAKANAN - Anak-anak Palestina menikmati makanan seadanya secarabersama di tempat perlindungan mereka di sekolah PBB Jalur Gaza, Senin (12/1).

    Ketika Radio Jadi Harapan di Gaza

    Maaf, Kami Tidak Bisa MenolongDarah mengalir dari

    seluruh tubuh Hamid AbuAker. Dia terus saja me-

    ngerang. Demam di tubuh-nya pun meninggi. Sang

    ibu menangis.

    SSSSSambil meratap, saudaraperempuan Hamidmenghubungi stasiunradio lokal untuk di-panggilkan mobil am-

    bulans Palang Merah. Sepuluh kalipermintaan itu disampaikan, na-mun jawabannya hanya satu, Sa-yang sekali, kami tidak bisa sam-pai ke tempat kalian. Maaf, kamitak bisa menolong!

    Beberapa jam kemudian wargadi ujung utara Jalur Gaza tersebutmengembuskan napasnya yangterakhir.

    Penderitaan keluarga Abu Akerbelum berakhir. Jenazah Hamid

    tergeletak membujur kaku di ha-dapan mereka selama berjam-jam.Berjam-jam itu berubah menjadiberhari-hari. Jenazahnya mulai

    terurai dan menimbulkan bauyang menyengat.

    ANTARA/YUSRAN UCCANG

    MENANGIS - Jusniah (tengah) menangis saat mengetahui nama anaknya, Hasrul, ada dalam daftar korban Kapal Motor Teratai Prima yangtenggelam di Perairan Majene, Sulawesi Barat, saat melihat pengumuman di Pelabuhan Parepare, Sulsel, Senin (12/1). Dari 250 penumpang,baru sekitar 22 orang yang ditemukan selamat. Kapal tenggelam Minggu dini hari dalam perjalanan dari Parepare menuju Samarinda,Kalimantan Timur.

    Penurunan tarif angkutan antarkota antarprovinsisekitar 10 persen Penurunan harga barang dan jasakarena ada penurunan biaya produksi Mendorongpenurunan harga daging sapi menjadi Rp 50.000/kg dariposisi saat ini Rp 62.000/kg Adanya insentif penurunanharga minyak goreng goreng curah dari Rp 10.000/litermenjadi Rp 7.000/liter. Khusus masyarakat miskindikeluarkan minyak goreng curah kemasan khusus hargaRp 6.000/liter. Mengupayakan harga susu dan obat-obatan terutama obat generik turun

    Hal 14

    kol 4-7GRAFIS: BANJARMASIN POST/ IVANOV

    Pengumuman penurunanharga BBM jilid III disam-paikan langsung oleh Pre-siden Susilo Bambang Yu-dhoyono, Senin (12/1) diKantor Presiden. Penurunanberlaku untuk jenis premiumdan solar. Sedang untuk min-yak tanah tak mengalami per-gerakan harga.

    SPBU JaminPasokan Aman Bensin dan Solar Rp 4.500/Liter

    BANJARMASIN, BPOST- Pemerintahkembali menepati janjinya menurunkanharga premium dan solar. Menghindarikelangkaan BBM, Pertamina memonitor pembelianoleh SPBU.

    SopirPasrah

    PEMERINTAH menuntutjanji pengusaha angkutan

    darat (Organda, Red) me-nurunkan tarif, setelahharga bahan bakar mi-nyak (BBM) kembaliditurunkan untukketiga kalinya. Penurunan tarif

    angkutan merupa-kan syarat agar dayabeli masyarakat me-

    nguat. Presiden Su-silo Bambang Yu-

    dhoyono saat me-n g u m u m k a nharga baru pre-mium dan solar,Senin (12/1),

    mengatakanini akan di-ikuti penu-runan tarifangkutanantarkotaantarpro-vinsi seki-tar 10 per-sen.

    KARNA kapintaranPalui bagawi sabagaikatua RT, inya diutusurang umpat pana-taran pambangu-nan desa di Jawa,baimbai wan utu-san lainnya. Kadaalang-alang, la-wasnya sampai sa-bulanan maningga-lakan anak bini wankakawalannya.

  • 2 Banjarmasin Post BANJARMASIN BUNGASSELASA 13 JANUARI 2009 / 16 MUHARAM 1430 H

    BANJARMASIN POST/APUNKDANA KEMANUSIAAN - Sejumlah orang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel, menggalang dana kemanusian untuk disumbangkan kePalestina yang dilanda peperangan dengan Israel, Senin (12/1). Penggalanagan dilakukan di perempatan Jalan Pangeran Samudera - JalanLambung Mangkurat. Seluruh bantuan disalurkan melalui ke Bulan Sabit Merah Palestina dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

    Gratis Kalender bagi PesertaMULAI hari ini, pendaftaran Jalan

    sehat Open Your Mind BanjarmasinPost Group dibuka. Siapa punberkesempatan menjadi pesertaasal memenuhi ketentuan yangberlaku.

    Ketentuan untuk menjadipeserta, harus membeli koranBanjarmasin Post. Sejak edisi 13Januari 2008 ada formulir pen-daftaran.

    Isi formulir tersebut, potong, ke-mudian datang ke Kantor Banjar-masin Post Group, Gedung HJ Djok

    Mentaya di Jalan AS Musyaffa. Temuipanitia pendaftaran di lantai I.

    Calon peserta diwajibkanmembayar biaya pendaftaranRp 25 ribu. Namun, ada dis-kon bagi pemasang iklan danpelanggan BPost.

    Peserta yang telah terdaftarmendapatkan kaos eksklusifbertuliskan tag line BPost, Open

    Your Mind.Bukan hanya itu, peserta juga

    berhak mendapat kalender 2009 dariBanjarmasin Post Group. Tapi, ini

    untuk 4.000 pendaftar pertama, ayomendaftar, kata Staf Pemimpin Pe-rusahaan bidang Marketing, Suhar-yanto.

    Gerak jalan sehat ini menarik mi-nat banyak kalangan. Salah satunyaBank Sinarmas. Semua karyawanBank Sinarmas menyatakan siapmemeriahkannya.

    Kepala Cabang Bank SinarmasBanjarmasin, H Effendi, memastikanbahwa semua karyawannya mengi-kuti Jalan Sehat Open Your Mind.Menurut dia, tag line Open Your Mind

    sesuai dengan kondisi yang diha-dapi bangsa ini. Pihaknya juga akanmenyiapkan tag line khusus ciri bankSinarmas dan akan diusung saat jalansehat.

    Acara ini didukung perbankan diKalsel, di antaranya, Bank BPD Kal-sel, Bank Mandiri, Bank BNI dan BankBukopin, digelar pada 25 Januari2009.

    Peserta berkesempatan mendapat-kan hadiah berupa tabungan total Rp38 juta. Sedangkan hadiah utama Rp10 juta. (dd/*)

    Catatan Disnakertrans, se-jak November 2008 lima peru-sahaan melakukan PHK ter-hadap karyawannya. Beberapalainnya merumahkan karya-wannya.

    Perusahaan tersebut adalahPT Galuh Cempaka, Banjar-baru, PT Tanjung Selatan Mak-mur Jaya di Barito Kuala,PT Sa-jang Heulang, Tanah BumbuPT Insan Bonafid di Banjar-masin.

    Kemudian PT KG NutrimasBorneo di Banjarbaru, PT Ba-sirih Industrial CorporationBanjarmasin, PT Dharma Ka-limantan Kencana di HST, PT Kami KawaGawi Sabumi di Tanah Bumbu. Selanjutnyaperusahaan crume rubber PT Banua LimaSejurus (Balimas) di Banjarmasin.

    Kadisnakertran Kalsel Kurdiansyah, di-dampingi Kabid Satker, Hubungan Indus-trial dan Pengawasan Tenaga Kerja AntoniusSimbolon mengatakan, PHK berakibat akti-vitas perusahaan berkur