Banjarmasin Post - 30 Oktober 2008

download Banjarmasin Post - 30 Oktober 2008

of 24

  • date post

    07-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    479
  • download

    29

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post - 30 Oktober 2008

Transcript of Banjarmasin Post - 30 Oktober 2008

  • NO. 12359 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin PostKLIK HTTP://WWW.BANJARMASINPOST.CO.ID - E-MAIL: REDAKSI@BANJARMASINPOST.CO.ID

    30 OKTOBER 2008/1 DZULQADAH 1429

    24 HALAMAN

    KAMIS

    RP 2.000

    Hal 14 kol 1-3

    MendengkurTanda StrokeBAGI Anda yang sering terjaga di

    malam hari karena kesulitan bernapas,harus waspada. Anda mungkin terserangstroke. Penelitian terbaru menunjukkanhubungan antara stroke dengan gang-guan tidur seperti mendengkur, ungkapDirektur RS Bethesda Yogyakarta, Su-gianto, Rabu (29/10).

    Mendengkur yang termasuk penyakitobstructive sleep apnea (OSA) adalah ber-hentinya napas pada saat tidur lebih dari 10detik karena tertutupnya atau menyempit-nya saluran pernapasan. Tertutupnyasaluran pernapasan itu sendiri terjadi karenaturunnya lidah dan pengenduran otot sertajaringan lunak saluran pernapasan.

    OSA kerap ditemukan pada penderitastroke yang bertahan hidup, bahkan persen-tasenya lebih dari separuh penderita yanghidup, yaitu sekitar 63 persen. (kps)

    Tewas Usai Salat Kematian Tersangka Teroris Misterius

    BARU sehari dibe-baskan, salah seorangtersangka kasus teroris-me yang ditangkap Den-sus 88 Antiteror tewas diRS Polri Kramat Jati, Ja-karta, Rabu (29/10). Pe-nyebab kematiannya masihsimpang siur. Tim pengacaramenilai telah terjadi malprak-tik. Sedangkan Polri berpen-

    dapat karena Budimanterkena gagal ginjal.

    Meninggal setelahSalat Subuh di ruangCenderawasih. Ada is-tri, Witri dan dua anak-nya, kata pengacara

    dari Tim Pembela Muslim(TPM), Achmad Michdan.

    KOMPAS.COM

    Anang Gayam

    12:07 15:24 18:14 19:2404:42

    Nikmat-Susah Sekolah Swasta (1)

    Jika Istirahat Dapat SnackPemerintah siap

    merealisasikan anggaranpendidikan sebesar 20

    persen. Gaji guru PNSpun akan dinaikkan 100

    persen. Sekolah swastabak dianaktirikan.

    Berikut tulisan serialtentang kehidupan

    sekolah-sekolah swasta. Hal 14 kol 4-7

    RRRRR

    Rachman Langsung ke Banjarmasin

    TANJUNG, BPOST -Seperti diduga, calonincumbent RachmanRamsyi kembali men-jadi orang nomor satudi Tabalong. Meski be-lum ada keputusanresmi dari komisi pe-milihan umum (KPU),Rachman yang berpasa-ngan dengan Muchlis ituunggul di banyak tempatpemungutan suara (TPS).

    Hasil penghitungan se-mentara yang dilakukanKPU Tabalong hingga pu-kul 17.30 Wita, pasanganyang dikenal dengan sebu-tan RR+M itu memperolehdukungan 43.732 suara atau49,65 persen. Jauh mening-galkan Anang Syakhfiani-Ridhani Fizi (Asri) denganperolehan 25.036 suara atau28,42 persen. Sedangkanpasangan nomor urut tiga,Gusti Kadarusman-Suyan-to menempati posisi buncit

    dengan perolehan 19.321 suara atau 21,93persen.

    Total suara sahyang masuk 90.647,sedangkan surat suaratidak sah 2.558. Se-mentara total pe-

    milih sesuai daftar pemi-lih tetap (DPT) yang di-umumkan KPU sebanyak142. 801 pemilih dengantotal kartu suara 146.371.

    Bagaimana tanggapanRachman? Saat mengetahuiperolehan suaranya jauhlebih banyak, dia langsungsujud syukur. Karena kitakembali mendapatkanamanah, kita akan berusahasemaksimal mungkin. Kitajuga akan merangkul mere-ka (Asri dan Karya) untuksama-sama membangundaerah yang tercinta ini,ucapnya.

    Hal 14 kol 4-7

    Entak Tanah 3 KaliRITUAL khusus dila-

    kukan Rachman Ramsyisebelum menuju TPS. Padapukul 07.25 Wita, dia dankeluarga menggelar pem-bacaan Yassin dan doa dirumah pribadi di Jalan Ma-buun, Murung Pudak.

    Sebelum meninggalkanrumah, Rachman yang di-dampingi sang istri Hj Su-miyati, mertua, saudara danempat anaknya, memanjat-kan doa di depan pintu.

    Hal 14 kol 1-3

    Mahayal Pulang

    Hal 14 kol 1-3

    Bersambung ke hal 14

    Peran sang Pengawas

    SIPALUiiiii

    uang kelas bertembok papanitu tak kuasa menahan terik-nya mentari. Para siswa punmenggerak-gerakkan buku

    tulis untuk mengusir gerah yang mema-yungi ruang berukuran 6 kali 4 meter itu.

    Meski demikian, konsentrasi parasiswa kelas 1 SMP SMIP 1946 Banjarmasinitu tidak terganggu. Mereka terus menya-lin materi pelajaran biologi yang ditulissalah seorang siswa di papan tulis.

    RR+M Jauh Mengungguli Pesaing

    DI Banua kita banyak ka-kayaan alamnya, contohnyabatu baranya. Banyak nangsugih bakajut, tapi sadikithaja nang manikmatinya.Masih banyak haja urangnang susahnya, padahal ka-

    rusakan alamnya minta am-pun. Nang kasihan anak-cu-cu kita kaina nang manang-gung akibatnya. Jaka pama-rintah, parusahaan nang tu-kang kukut wan urang nangampun tanah, hakun bujur-bujur mangalula batu baranaitu, kira-kira masarakatawam kawa haja umpat ma-rasai hasilnya.

    Lainan lawan Palui, nangbaisian tanah talu hiktar,nang ada batu bara di dalam-nya. Dimapa haja kada han-dak lalu inya mangukutnya.Padahal banyak sudah urang

    Keluarga Besar Istana Sedih Besan Yudhoyono Jadi TersangkaJAKARTA, BPOST - Awan kelabu menyelimuti keluarga besar Pre-siden Susilo Bambang Yudhoyono. Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) menetapkan besan Yudhoyono , Aulia Pohan, sebagai ter-sangka kasus dugaan aliran dana Bank Indonesia (BI).

    Status tersangka ditetap-kan beberapa jam setelah Pe-ngadilan Tipikor memvonismantan Gubernur Bank In-donesia, Burhanuddin Ab-dullah dengan hukuman limatahun penjara, Rabu (29/10).Burhanuddin menjadi ter-dakwa dalam kasus yang sa-ma dengan Aulia.

    Usai memanggil para pa-kar ekonomi guna membica-rakan krisis finansial global,Yudhoyono menggelar jum-pa pers di sekretariat negara.

    Di hadapan wartawan, Yu-dhoyono menyatakan kese-dihan mendalam dengan pe-netapan Aulia yang jugamantan Deputi Gubernur BItersebut sebagai tersangka.

    Dalam kapasitas saya se-bagai pribadi, secara terusterang dan jujur, saya sedih,ujar Yudhoyono.

    Hal 14 kol 4-7GRAFIS: BPOST/IVANOV

    SayaBukan

    KoruptorMANTAN Gubernur Bank Indonesia

    (BI) Burhanuddin Abdullah meradang.Dia tidak bisa menerima vonis hukuman

    lima tahun penjara dan membayar den-da Rp 250 juta.

    Yang lebih menyakitkan Burhanud-din, dirinya kini menyandang cap se-bagai koruptor. Padahal, tak satu senpun saya menikmati dana itu, ujarnya.

    Keluh kesah itu disampaikan Burha-nuddin setelah majelis hakim Pengadil-an Tipikor pada persidangan Rabu (29/10) menjatuhkan vonis kepada dirinya.Dia dinyatakan terbukti bersalah mela-kukan tindak pidana korupsi aliran danaBI sebesar Rp 100 miliar.

    Bagi Burhannudin, vonis itu telah

    mengorbankan kehormatan dan inte-gritas dirinya. Namun di sisi lain, ada or-ang yang dipahlawankan. Oleh karenaitu, dia menyatakan akan terus mencarikeadilan.

    Kalaupun saya tetap diganjar pen-jara karena kasus YPPI, saya pasrah danmencari keadilan di pengadilan Illahi,tuturnya dengan suara bergetar.

    Di hadapan wartawan dalam dan luarnegeri, Burhanuddin tak bisa menahankesedihan.

    Hal 14 kol 4-7

    Halaman 5

    Ruang CapresAlternatif

    DPR memberi peluangbagi capres alternatif

    untuk mengikuti Pilpres2009. Sidang paripurna

    menyetujui syaratdukungan capres adalah20 persen kursi di DPRatau 25 persen suarapemilihan legislatif.

    BELAJAR -Para siswakelas VI SDGunungMerantiBanjarmasinsaat belajar dikelas.Jumlah siswadi kelastersebut hanya8 orang.

    BANJARMASIN POST /EDWARD PAH

    BANJARMASIN POST/ANJAR WULANDARIRachman Ramsyi

    KOMPAS/AGUS SUSANTO

    - Baras raskin manumpuk di gudang Bulog, Lak-ai+ Sampai hibak bakutu, hanyar dibagiakan, Nang-ai

  • Tujuh paket sabu seberat36,65 gram dibungkusdengan aluminium foil

    banjarmasin bungas2Banjarmasin Post

    30 OKTOBER 2008 / 1 DZULQADAH 1429 H

    KAMIS

    BANJARMASIN, BPOST - Warga limarukun tetangga (RT) di Kompleks Ukakembali menggelar aksi protes, Rabu (29/10)sekitar pukul 10.00 Wita. Mereka tidakterima truk batu bara parkir di ruas jalanpermukiman warga itu.

    Warga Nyaris Gulingkan Truk

    Kemarin, lima unit trukpengangkut batu bara terlihatparkir di jalan masuk keKompleks Uka. Padahal awalSeptember 2008, ada kese-pakatan antara warga danpara sopir. Isi kesepakatan ituadalah tidak boleh memarkirtruk di jalan kompleks Ukaatau menutupi jalan itu.

    Sebelum ada kesepakatan,warga juga melakukan protesdengan berunjukrasa di ka-wasan tempat tinggal me-reka.

    Pantauan BPost, ratusanorang bergerak mendekatitruk dengan nomor polisi DA2785 KA. Selama sekitar 20menit mereka menunggu so-pir agar memindahkan trukitu ke tempat lain.

    Namun, karena sopir truktidak terlihat, warga lang-sung membuka pintu danterpal penutup bak truk. Li-ma pria menaiki bak danmembuang isi muatan ke a-rah badan jalan yang berlu-bang. Bahkan, beberapa di

    antara mereka berusaha me-ngempeskan ban.

    Setelah membuang isi mu-atan batu bara hingga separobak, puluhan orang lalu ber-usaha menggulingkan trukdengan cara mendorong sa-lah satu sisinya.

    Namun, warga batalmenggulingkan truk itu sete-lah melihat kedatangan petu-gas Polsekta Banjarmasin Ba-

    rat. Mereka lalu melakukanpengamanan dengan mema-sang Police Line di sekelilingtruk itu.

    Salah seorang warga Kom-pleks Uka, Badriani Noormelakukan orasi. Suaranyaterdengar lantang lewat pe-ngeras suara, mengajak war-ga Kompleks Uka agar segeraberkumpul mendekati lokasiparkir truk.

    Kita sudah peringatkankepada sopir truk jangan par-kir di jalan kompleks. Tapihari ini sepertinya merekatidak menghiraukan. Pada-hal, sudah kami pasang per-aturan, apa mereka buta hu-ruf ? Jika masih seperti ini,kami akan mengguling trukini, ucapnya lantang.

    Kanit Reskrim PolsektaBanjarmasin Barat, Ipda Rez-ky Maulana mengatakan, pi-haknya melakukan penga-manan untuk menghindar-kan masyarakat agar tidakbertindak anarkis.

    Kami segera memasangpolice line. Kami juga menye-rahkan penanganannya padaSatlantas Poltabes agar di-proses, ujar Rezky.

    Kasat Lantas Poltabes Ban-jarmasin AKP Restika PN me-ngatakan, bakal menilang so-pir truk yang melanggar ke-sepakata