Waspada, rabu 3 maret 2016 ok

download Waspada, rabu 3 maret 2016 ok

of 24

  • date post

    26-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    744
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 3 maret 2016 ok

  • SerampangSerampang

    RABU, Legi, 2 Maret 2016/22 Jumadil Awal 1437 H No: 25218 Tahun Ke-69 Terbit 24 Halaman

    Sesungguhnya ramah-tamah (lemah-lembut ) di dalamsegala urusan akan menjadikan urusan itu indah (sukses).Tanpa sikap lemah lembut pastilah semua urusan akanmenjadi buruk. (HR.Muslim).

    SEBUAH cabang iman adalah berakhlak mulia. Orangyang berakhlak mulia, memiliki perangai yang lemah lembut.Rasulullah SAW adalah orang yang sangat lemah lembut,sebab akhlak rasul mendapat bimbingan dari wahyu. Kitapengikut setia Rasulullah SAW juga harus meneladani sifatlemah lembut Rasulullah SAW.

    Allah berfirman: Dan tidak sama kebaikan dan kejahatan.Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, makatiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permu-suhan seolah-olah teman yang sangat setia. Sifat yang baikitu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orangyang mempunyai keberuntungan yang besar (QS.Fushshilat:34-35).

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Presiden: Bersatu Untuk Danau Toba

    - Bersatu,Danau Tobapasti maju

    - He...he...he...

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Al Bayan

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Lemah-lembutOleh: Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Dompet KembaliSetelah Hilang71 Tahun

    SEORANG pemilik klubkomedi di Iowa, Amerika Se-rikat, kembali mendapatkandompetnya yang hilang sejak71 tahun silam.

    Dompet itu ditemukan olehLarry Sloan, pemilik The TalentFactory Theater di Nevada,ketika melakukan renovasi di

    Antara

    PENGAMANAN KEDATANGAN PRESIDEN: Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI L. RudyPolandi (kedua kiri) berkoordinasi dengan jajarannya saat meninjau kesiapan pengamananteritorial Rembele, Kab. Bener Meriah, Aceh, Selasa (1/3). Sebanyak 2.508 personil TNI/Polridikerahkan itu siap memberi pengamanan daerah yang dianggap rawan pada kedatanganPresiden Jokowi yang akan meresmikan Bandara Rembele, Bener Meriah, Rabu (2/3).

    MEDAN (Waspada): Seorang ayah menganiayabayi kembarnya berusia 7 bulan, hingga salah satubayi bernama Raiden meninggal setelah menja-lani perawatan.

    F alias Ali, 30, warga Jalan Pasar IV Kel. SunggalKec. Medan Sunggal menampar anaknya hanyakarena bayi itu menangis dan tak mau diam. Takhanya memukuli Raiden, pelaku juga melakukanhal serupa kepada kembarannya Jaiden.

    Akibat penganiayaan itu kedua bayi harusdilarikan ke ruang ICU RS Bina Kasih Jalan TBSimatupang Sunggal, Medan, Senin (29/2) malam.Namun meski telah mendapat perawatan intensifRaiden menghembuskan nafas terakhir sekitarpukul 04.00, Selasa (1/3). Sedangkan Jaiden masihmenjalani perawatan di rumah sakit.

    Sementara Neni Lusiana, istri tersangka didepan ruang jenazah RS Bina Kasih, Selasa(1/3) menyebutkan, penganiayaan ini bermulasaat dirinya tengah bekerja. Siang itu bayi kem-barnya Raiden dan Jaiden ditinggal di rumah

    Waspada/Amrizal/B

    KANIT Binmas Polsek Sunggal AKP A.Sebayang menggendong Jaiden kembaranRaiden, menuju RS Bina Kasih Jl. TBSimatupang. Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Satu Bayi Kembar TewasDitampar Ayahnya

    Waspada/Amrizal/B

    KAPOLRESTA Medan Kombes Pol Drs Mardiaz Kusin Dwi-hananto didampingi Kasat Reskrim Kompol Aldi Subartonomelihat kondisi Raiden yang tewas diduga dianiaya ayah nya.

    Ibu Dan AnakTewas Terbakar

    BELAWAN (Waspada): Kios penjual minyak eceran yangsekaligus dijadikan tempat tinggal milik Bayu Andika, 26, di sampingRS PHC Jl. KL Yos Sudarso Simpang Jl. Kakap Kel. Belawan BahagiaKec. Medan Belawan terbakar, Senin (29/2) sekira pukul 23:00.

    Akibatnya istri Bayu, Nurul Rahmah Khan, 21, dan anaknyaMuhammah Aswuhari Al Afsi yang berusia 1 tahun 8 bulan tewasdi tempat terbakar bersama kios berukuran 2x5 m terbuat darikayu itu. Sedangkan Bayu mengalami luka bakar pada keduakaki dan tangan saat berusaha menyelamatkan korban.

    Keterangan di lapangan, kebakaran berawal saat korban Bayuhendak menutup kiosnya mengingat waktu sudah menjelangtengah malam. Tiba-tiba premium yang berada di dalam embertumpah ke lantai dan langsung menimbulkan api.

    Bayu berusaha menyelamatkan istri dan anaknya yang telahtidur, namun gagal karena api cepat membesar menghanguskansemua yang ada termasuk beberapa tabung gas.

    Warga sekitar yang mengetahui kejadian itu berusaha memberipertolongan dengan berusaha memadamkan api menggunakanalat seadanya, namun tak berhasil. Kami telah berusaha tapitidak mampu melawan api yang sangat cepat membesar, sebutBasri, warga sekitar.

    Waspada/Rustam Effendi/B

    SEORANG warga melintas di dekat kios penjual BBM eceranyang terbakar mengakibatkan ibu dan anaknya tewas.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    REDELONG (Waspada): Kehadiran Presiden Joko Widodoke dataran tinggi Gayo (Aceh Tengah-Bener Meriah) akan jauhdari kesan mewah. Bahkan Jokowi berpesan kepada pejabat didaerah itu, ingin sederhana dan tidak merepotkan.

    Wakil Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh mengatakan itukepada Waspada, Selasa (1/3). Sambutan besar merupakanpemborosan anggaran daerah, sebaiknya lakukan penghe-matan, kata Rusli M Saleh.

    Di Aceh, Jokowi Tak InginDisambut Dengan Mewah

    Waspada/Edi Saputra/B

    WARGA Sergai penerima KIS bertahan hingga sore menanti kedatangan Presiden Jokowi dihalaman Puskesmas Perbaungan, Selasa (1/3) sore.

    Waspada/Surya Efendi/B

    PRESIDEN Jokowi didampingi Plt Gubsu HT Erry Nuradi menyambangi warga di pinggir jalan Laguboti, Tobasa, Selasa (1/3).

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Warga Sergai KecewaSERDANG BEDAGAI (Waspada): Presiden Joko Widodo batal

    melakukan kunjungan kerja ke Kab. Serdang Bedagai (Sergai),Selasa (1/3) sore. Hal ini membuat kecewa warga Tanah BertuahNegeri Beradat.

    Sesuai informasi, Presiden sesuai rencana akan menyerahkanKartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat Sergai, yangpelaksanaannya di halaman Puskesmas Jl. Kabupaten Kel. SimpangTiga Pekan Kec. Perbaungan.

    Penerima KIS, Sinem, 56, dan Rinawati, 38, warga Dusun IIIDesa Jambur Pulau Kec. Perbaungan kepada Waspada di halamanPuskesmas Perbaungan mengaku sudah menunggu sejak pukul

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN (Waspada): Ang-gota Sat Sabhara Polda SumutBripda M Harahap dianiaya be-lasan pemuda di Jalan Pertiwi,Medan Tembung disebabkanselisih paham, Selasa (1/3) sore.

    Korban yang tak terimalangsung melaporkan kepadarekan-rekannya, sehingga se-orang pelaku, MIS, 17, berhasilditangkap dan diserahkan ke

    Polsek Percut Sei Tuan.Namun penangkapan itu

    berbuntut panjang, karenamalamnya puluhan pemudamendatangi kantor polisi gunameminta pelaku dilepaskan.Seketika itu juga puluhan pe-muda dan anggota Sat Sabharanyaris terlibat bentrok di PolsekPercut Sei Tuan.

    Informasi diperoleh, sebe-

    lum pengeroyokan itu terjadi,anggota Sat Sabhara tersebuttengah mengendarai sepeda-motor dan melintas di Jl. Pertiwi,tanpa mengenakan seragamdinasnya. Diduga saat itu sepe-damotor korban bersenggolandengan sepedamotor pengen-dara yang identitasnya belum

    Anggota Sabhara PoldasuDianiaya Belasan PemudaSeorang Pelaku Diamankan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    TAPANULI UTARA (Waspada): Presiden JokoWidodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah titik dikawasan wisata Danau Toba, Selasa (1/3), gunamemperkuat komitmen pemerintah pusatmengembangkan Danau Toba sebagai salah satudestinasi wisata kelas dunia.

    Hari Ini Resmikan Jalur Ganda Layang KA Binjai

    Presiden dan rombongantiba di Bandara Silangit TapanuliUtara menumpang pesawatCN 295 TNI AU pukul 12.20 dariJakarta transit di Kualanamu

    Internasional Airport (KNIA).Di Silangit Presiden disambutpengalungan ulos oleh BupatiTaput Nikson Nababan.

    Presiden Jokowi meminta

    daerah-daerah di kawasan Da-nau Toba bersatu untuk me-ngembangkan potensi pari-wisata.

    Rapatnya diberi judul ber-satu untuk Danau Toba karenaini menyangkut 7 kabupaten,kalau tidak bersatu, tidak adasepakat, ya pemerintah pusatakan kesulitan, kata PresidenJokowi dalam konferensi persusai rapat terbatas (ratas)membahas pengembangankawasan Danau Toba di Hotel

    Niagara Prapat Simalungun,Selasa (1/3) petang.

    Usai ratas, Presiden menga-takan kepada wartawan bahwadalam rapat tadi, Plt. GubernurSumatera Utara dan tujuh bu-pati di Kawasan Danau Toba,semuanya sepakat membangunbersama-sama.

    Rapat tersebut mengha-silkan beberapa kesepakatanantara pemerintah pusat

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN (Waspada): BadanPerencanaan PembangunanDaerah (Bappeda) Sumut me-ngakui adanya ketimpanganantar kabupaten/kota di Provin-si Sumut. Jumlahnya 0,35 per-sen, disebabkan kurangnyapemerataan. Baik dari segi pen-dapatan daerah, pembangunaninfrastruktur, transportasi danlainnya.

    Pemerataan pembangu-nan di Sumut masih dinilai agakkurang sehingga membuat

    Ketimpangan Kabupaten/KotaDi Sumut 0,35 Persen

    ketimpangan faktor wilayahjarak dan pelayanan publik.Termasuk perkembanganinfrastruktur dan tranportasi,kata Kepala Bappeda SumutArsyad Lubis, Selasa (1/3).

    Inilah yang menjadi alasandiadakan pra Musrenbang(musyawarah rencana pemba-ngunan). Karena Pemprovsumau mengetahui secara pastikeinginan kab/kota tersebut.

    Sumut agak berbeda de-ngan provinsi lain. Dari dulu kita

    memang harus melakukan pen-dekatan kewilayahan. Misalnyapantai timur, pantai barat,dataran tinggi juga kepulauan.Makanya sekarang kita maumelihat apa yang paling baikuntuk masing-masing wilayahtersebut, bagaimana kearifanlokal dan karakteristiknyakarena dari masing-masingwilayah itu berbeda, paparArsyad.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    LANGKAT (Waspada):Peringatan Hul ke-92 TuanGuru Babussalam Syekh Ab-dul Wahab Rokan Al KhalidiNaqsyabandi berlangsungkhidmat di Madrasah Besarperkampungan re