Waspada, Rabu 20 Maret 2013

download Waspada, Rabu 20 Maret 2013

of 26

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    731
  • download

    25

Embed Size (px)

description

Waspada Daily

Transcript of Waspada, Rabu 20 Maret 2013

  • Serampang

    Rawan Pemadaman Bergilir

    RABU, Pon, 20 Maret 2013/8 Jumadil Awal 1434 H No: 24168 Tahun Ke-67

    - Wajarlah sudah4 L (lemah, letih,lesu dan lansia)

    - He...he...he...

    Terbit 24 Halaman (A1-8, B1-8, C1-8) Harga Eceran: Rp2.500,-

    Ada-ada SajaAl Bayan

    Dari Abu Hurairah Ra Nabi bersabda: Akan datangsuatu zaman kepada manusia hal mana seseorang tidaklagi peduli dari mana dia mendapatkan harta, apakahdari yang halal atau dari yang haram? (HR: An-Nasai)

    AWAS zaman itu sudah datang. Jika bukan karenaperlindungan Allah kepada sebagian hamba-hamba-Nyatentu semua orang telah terjebak dengan zaman itu. Hal-hal yang haram sudah disamarkan orang dengan dalihyang tidak masuk akal. Misalnya masalah riba. Betapabanyak umat Islam yang tidak lagi mengenal riba, sebabpara pelaku riba telah menyulap riba itu menjadi simbul-simbul syariah, bantuan sosial , zakat, sedekah dan infak.Istilah-istilah agama mereka gunakan.

    Allah melarang manusia mendekati zina, pihak-pihaktertentu terus berusaha untuk mendekatkan manusia

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Halal Dan HaramOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Harian Umum NasionalTerbit Sejak 11 Januari 1947

    Pendiri : H. Mohd. Said (1905 - 1995) Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    ISSN: 0215-3017WASPADA

    Demi Kebenaran Dan Keadilan

    http://epaper.waspadamedan.com

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Kopi TerkuatDi Dunia

    KOPI bagi sebagian kala-ngan dipercaya bisa membuatorang terjaga dari kantuk.Namun apa jadinya bilasecangkir kopi bisa membuatanda tak tidur hingga bebe-rapa malam..?

    MEDAN ( Waspada):Satu mortir berdiametersekira 40 mm ditemukan dikantor PT Arti Manggaladan PT Amarta Jaya PutraJl. Ismailiyah, Medan No.62, Selasa (19/3) malam.Temuan yang kemudiandilaporkan ke Polresta Me-dan, itu memancing ratusanwarga untuk melihatnya.

    Kantor untuk jasa gene-ral kontraktor, suplier danleveransir yang dulunyabekas galeri seni milik to-koh pemuda Young Berlanditu segera dipadati ratusanwarga. Akses jalan di sekitarlokasi kemudian ditutup,untuk memudahkan petu-gas Gegana Brimobdasumengevakuasi mortir.

    Penjaga gedung yangmenemukan mortir itu,Dedi, 41, mengatakan me-

    Mortir Hebohkan Warga Ismailiyah

    nemukan mortir di dalam kar-dus saat hendak membersih-kan barang di ujung koridor.Sekira pukul 14:30 saat hen-dak membersihkan barang,saya melihat peluru besar.

    Kemudian saya menghu-bungi Kasat Intel PolrestaMedan memberitahukantemuan itu, katanya.

    Waspada/gito ap

    PETUGAS Gegana Brimobdasu membawa kardus berisi mor-tir dari salah satu kantor di Jln. Ismailiyah, Medan, Selasa(19/3) malam.

    PEDANGDUT yangjuga artis peran JuliaPerez menangis saatakan pindahkan dariKejari Jakarta Timur,Jatinegara, Selasa,(19/3) ke Rutan Pon-dok Bambu untukmenjalani vonis tigabulan penjara.

    Berita terkait dihalaman B8.

    MEDAN (Waspada): Pe-merintah saat ini akan mela-kukan perubahan menyeluruhterhadap manajemen kinerjaPNS , di mana besar pendapa-tan yang akan diperoleh dite-tapkan berdasarkan prestasidan tingkat tanggungjawab-nya.

    Hal itu diungkapkan Men-teri Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Biro-

    Menpan Dan Reformasi Birokrasi Ke Waspada

    Besarnya Penghasilan PNSDitetapkan Sesuai Prestasi

    krasi Azwar Abubakar dalamkunjungannya ke Bumi WartaHarian Waspada Jl. Letjen Su-prapto Medan, Selasa (19/3).

    Dalam kunjungan itu,Menteri diterima PemimpinUmum dr Hj Rayati Syafrin,Wapenjab H Sofyan Harahap,Kahumas H Erwan Effendi,Redaktur Kota David Swayana,dan Redaktur Aceh M ZeiniZein.

    Waspada/Surya Efendi

    MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menerimaplakat dari Pemimpin Umum dr. Hj Rayati Syafrin dalam kunjungannya ke Bumi Warta HarianWaspada Jl. Letjen Suprapto Medan, Selasa (19/3).

    Menurut Menteri, PNS saatini akan mendapatkan peng-hargaan secara adil dan trans-paran apabila kinerjanya ber-kualitas. PNS yang kinerjanyabaik akan mendapatkan peni-laian yang objektif untuk men-dapatkan peningkatan peng-hasllan melalui tunjangan polapenghasilan tambahan.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    JAKARTA (Waspada): Ko-misi Pemberantasan Korupsimenggeledah empat tempat,Selasa (19/3), terkait dengankasus korupsi pembangunanarena Pekan Olahraga Nasio-nal dengan tersangka Gu-bernur Riau Rusli Zainal.

    Salah satu tempat yangdigeledah adalah ruang kerjaKetua Fraksi Partai GolkarSetya Novanto di gedung DPR.

    Antara

    PENYIDIK KPK sambil membawa kardus yang berisi barang bukti berjalan memasuki ruanganyang menjadi ruang kerja sejumlah anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar di Gedung Parlemen,Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

    Terkait Kasus Korupsi PON Riau

    KPK Geledah Ruang KerjaKetua Fraksi Golkar

    Memang benar ada pengge-ledahan terkait kasus PONRiau dengan tersangka RZ(Rusli Zainal), penyidik mela-kukan beberapa penggeleda-han di beberapa tempat, salahsatunya ruang ketua fraksiPartai Golkar Setya Novanto,kata Juru Bicara KPK JohanBudi di Jakarta.

    Selain ruang kerja Benda-hara Umum Partai Golkar ter-

    sebut, KPK juga menggeledahtiga tempat lain. Tempat laindigeledah adalah ruang ang-gota fraksi Kahar Muzakir, PTFindo Muda di Jalan GandariaTengah Jakarta Selatan danrumah RZ di Jalan Pulo Pan-jang di Kembangan JakartaBarat, ungkap Johan.

    Penggeledahan tersebut

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    BELAWAN (Waspada): Komponen atau peralatanmesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU)Sicanang, masih banyak yang sudah kadaluarsa,bahkan tidak diproduksi lagi. Sehingga, kerusakanpada mesin pembangkit kemungkinan akan kembaliterjadi yang dampaknya pemadaman listrik bergilirdi wilayah Sumbagut, tidak bisa dihindari.

    Komponen atau modulini sudah berusia sekitar 23tahun, oleh karenanya kita ha-rus merakit sendiri komponenini dengan menggabungkankomponen lama yang masihbisa digunakan, kata AsistenMa n a g e r Pe m e l i h a ra a nPLTGU Sicanang Ernaman

    kepada Anggota DPD RI Par-lindungan Purba saat mela-kukan sidak ke PLTGU Sica-nang, Senin (18/3) malamsekitar pukul 23:00.

    Sambil menunjukan kom-ponen dimaksud, Ernamandidampingi stafnya WanmahDanil mengatakan, pemada-

    Mesin Pembangkit Listrik Sicanang Kadaluarsa

    man listrik yang terjadi akibatkerusakan pada empat kom-ponen utama pembangkit lis-trik, namun dua di antaranyabisa cepat teratasi. Sehingga,pemadaman tidak berlang-sung lama pada sejumlahwilayah Sumbagut.

    Alat ini modul pengawas

    atau sejenis stater mesinpembangkit. Jadi kalau rusakmaka listrik tidak bisa dialir-kan. Sayangnya alat ini sudahkadaluarsa dan tidak dipro-duksi lagi, sehingga kita tidakbisa menjamin berapa lamakekuatannya bisa bertahan,jelas Ernaman.

    Mendengar penjelasan ter-sebut, anggota DPD RI Parlin-dungan Purba terkejut danheran BUMN besar sepertiPLTGU Sicanang masih mem-pertahankan komponen yangsudah tua tanpa berusahamencari pengganti yang lebihbaik dan lebih canggih. Meng-

    herankan juga perusahaansebesar ini tidak bisa mencariatau membeli peralatan baruyang lebih baik. Jadi kemanasaja digunakan keuntunganyang diperolehnya selama ini,katanya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Waspada/Surya Efendi

    KETUA DPD RI Irman Gusman didampingi Wali Kota Medan Rahudman Harahap dan pejabat lainnya menabuh beduk tanda dibukanya MTQ ke-46 Kota Medan di lapangan CadikaPramuka, Medan Johor, Selasa (19/3) malam.

    9- 23 April,PendaftaranCaleg Dan Calon DPD

    MEDAN (Waspada): Pendaftaran calon legislatif (Caleg)untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara maupun DPRD kabu-paten/kota se Sumut di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provsudan KPU kabupaten/kota serta calon anggota Dewan PerwakilanDaerah (DPD) dimulai 9 April hingga 23 April 2013.

    Hal itu dikatakan Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara IrhamBuana Nasution kepada wartawan di kantornya, Selasa (19/3).Persyaratan lain, ujar Irham, berpendidikan serendah-rendah-nya SMU sederajat, tidak pernah dihukum dengan ancaman5 tahun lebih, terdaftar sebagai pemilih dan anggota Parpol.

    Jadi jelasnya, kata dia, bagi Caleg DPRD Provinsi mendaftardi KPU Provinsi, dan Caleg DPRD kabupaten/kota mendaftardi KPU kabupaten/kota.

    Ketika disinggung tentang anggaran KPU Provsu dalammelaksanakan penerimaan pendaftaran Caleg maupun calonanggota DPD, Irham menyebutkan, anggarannya ditampungdalam APBN.

    Tapi KPU Provsu belum menerima, karena dananya olehKPU Pusat,ujar Irham.

    Menurut Irham, berkaitan dengan pendaftaran dan penca-lonan anggota DPD maupun legislatif, telah ada peraturanKPU, yakni No.7/2013, yakni syarat-syarat pencalonan. Yang

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    BIN: Tak Ada KudetaDalam Unjuk Rasa 25 Maret

    JAKARTA (Waspada): Kepala Badan Intelijen Negara, LetjenMarciano Norman membenarkan adanya rencana aksi unjukrasa dengan tuntutan turunkan Presiden Susilo BambangYudhoyono pada 25 Maret 2013 mendatang. Namun, ia menepiskabar yang menyebutkan aksi ini akan berujung pada rencanamakar, apalagi kudeta.

    Saya rasa unjuk rasa seperti ini sama seperti unjuk rasalain, silakan berjalan sepanjang mereka mampu untuk kenda-likan massa dengan baik, tidak anarkis dan tidak berbuat diluar hal kepatutan, kata Marciano di Istana Merdeka, Jakarta,Selasa (19/3).

    Mengenai masalah rencana makar tersebut, Marcianomengatakan segala sesuatu yang berkaitan dengan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MTQ Dapat PerbaikiKarakter Bangsa

    MEDAN (Waspada): Pembukaan Musabaqah TilawatilQuran Nasional (MTQN) ke-46 tingkat Kota Medan tahun 2013di Lapangan Cadika Pramuka Jl. Karya Wisata, Kel. GedungJohor, Kec. Medan Johor, Selasa (19/3) malam, berlangsungmeriah. Acara dibuka Ketua Dewan Pimpinan Daerah RI (DPDRI) Irman Gusman.

    Perhelatan yang digelar setahun sekali ini diharapkan dapatmembangun karakter bangsa menuju kehidupan yang ber-kualitas dan bermartabat,