Waspada, rabu 5 februari 2014

download Waspada, rabu 5 februari 2014

of 28

  • date post

    16-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    730
  • download

    23

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 5 februari 2014

  • SerampangSerampang

    RABU, Kliwon, 5 Februari 2014/4 Rabiul Akhir 1435 H No: 24482 Tahun Ke-68 Terbit 24 Halaman

    Al Bayan

    Dia Allah meletakkan gunung-gunung di permukaanbumi, agar bumi tidak goyang (QS. Luqman:10). Sebagaipasak bumi (QS.78:7) Dialah Allah yang membentangkanbumi dan menjadikan gunung-gunung. (QS. Arradu:3)

    WAHAI manusia yang menderita karena aku. Ber-sabarlah kalian dengan ujian Tuhan kita untukmu. AkuGunung Sinabung yang berapi sedang menjalankanSunnatullah. Aku harus batuk-batuk kemudian me-muntahkan lahar dan awan panas. Lahar yang mengalirderas, menerjang kampung-kampung kalian, mematikantanam-tanaman, binatang ternak, bahkan mengancamjiwa kalian wahai manusia. Awan panas yang kemudianjatuh ke desa-desa kalian sampai mengorbankan jiwa.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6Doa bersama

    untuk Sinabung

    Amin...amin...amin...

    Ada-ada Saja

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Gerebek Judi, Aparat Ricuh

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Harga Eceran Rp2.500,-

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Pesan SinabungOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    GUNUNG Sinabung mengeluarkan material vulkanik diambil dari kawasan Gundaling, Karo, Selasa (4/2). Antara

    Antara

    LAVA PIJAR mengalir dari puncak GunungSinabung, tampak dari Desa Tiga Pancur, Karo,Selasa (4/2) malam.

    Erupsi Tadi Malam

    Doa BersamaUntuk Sinabung

    MEDAN (Waspada): Kodam I/Bukit Bari-san menggelar tiga kegiatan besar dalam bulanFebruari 2014 ini. Kegiatan itu berupa doabersama untuk memberikan dukungan moralkepada para pengungsi akibat erupsi GunungSinabung, karya bhakti dan bhakti sosial untukwarga Medan.

    Doa bersama yang dilakukan di LapanganMerdeka Medan pada Kamis (6/2) besok pagiakan dihadiri 30 ribu warga Medan dan sekitar-nya. Setelah doa bersama akan dilakukankegiatan Maulid Nabi.

    Doa bersama ini untuk memberikanpesan moral kepada pengungsi Sinabung danmendoakan agar Sinabung selesai erupsinya.Masyarakat Karo diberi ketabahan dan kekua-tan jiwa untuk menghadapi ujian ini, kataAster Kodam I/BB Kol. Kav. Bambang S kepadaWaspada usai rapat koordinasi dengan seluruhelemen masyarakat dan Pemko Medan diMakodim 0201 BS, Selasa (4/2).

    Sedangkan kegiatan karya bhakti yang dila-kukan pada Sabtu (15/2) di seluruh kecamatandi Medan ini, Kodam I/BB akan menyiapkan66 ribu jiwa mulai dari TNI, Polri, Pemda,Organisasi Kepemudaan, Ormas, masyarakat,mahasiswa serta pelajar. Semua unsur diMedan ini kita ajak untuk membersihkan kotaMedan, jelas Bambang.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Zona MerahDiterobos

    KABANJAHE ( Waspada) ; Menyusuljatuhnya korban jiwa akibat awan panasgunung Sinabung yang terjadi Sabtu (1/2)lalu, pihak keamanan memperketatpenjagaan di setiap pintu masuk ke zonaberbahaya (merah) radius 5 kilometer darikawah gunung Sinabung dengan memasangsejumlah portal.

    Walaupun sudah di pasang palang (Portal)dan spanduk larangan masuk, masih ada sajawarga yang menerobos masuk tanpa mem-perdulikan penjagaan dan tanda laranganmasuk. Seperti yang terlihat Waspada, Selasa(4/2) siang di simpang Tiga Kicat menuju DesaBerastepu/Gamber Kecamatan SimpangEmpat. Walaupun sudah di pasang tandalarangan masuk masih ada saja warga yangmenerobos masuk.

    Kejadian itu terjadi saat petugas darikepolisian, TNI dan petugas lainnya sedangmenikmati makan siang di pondok yang tidakjauh dari lokasi. Warga yang mempergunakansepeda motor itu masuk dengan mengangkatplang yang membentangi jalan. Diduga wargayang masuk tersebut adalah warga setempatyang hendak ke ladang karena memakaipakaian kerja ke ladang.

    Waspada/Basita Bukit

    SEORANG warga menerobos portal laranganmasuk ke kawasan radius 5 kilometer darikawah Sinabung di simpang Tiga Kicat DesaBerastepu.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Terpeleset Kulit Pisang,Dapat Santunan Rp79 Juta

    PEMERINTAH lokal diInggris dituntut selektif mem-berikan kompensasi terhadapkecelakaan-kecelakaan ringanyang dialami warganya. Sela-ma ini, pemerintah lokal di-anggap menghamburkanuang kompensasi yang sangat

    Polisi Gerebek SabuDi Kos Milik Polisi

    LUBUKPAKAM (Waspada): Polsek Lubukpakam dibantuPolres Deliserdang menggerebek salah satu rumah kos-kosandi Jalan Dr Wahidin, dekat Stasiun Kereta Api Lubukpakam,milik oknum polisi berinisial B karena diduga sarang peredarannarkoba, Senin (3/2) sekira pukul 17:30. Dari penggerebekanitu ditemukan berbagai jenis narkoba dan 6 orang diamankan.

    Informasi Waspada peroleh, penggerebekan dipimpinKapolsek AKP Yasir Ahmadi berlangsung hingga malam hariitu mendapat hadangan dari sejumlah warga dengan melemparimobil dan petugas. Setelah berhasil menghalau hadangan dariwarga, petugas mengepung rumah tersebut dan ditemukanbarang bukti berbagai jenis narkoba berikut mengamankanenam orang, sejumlah sepedamotor dan mobil. Dalam pengge-rebekan itu, Kapolres AKBP Dicky Patrianegara dan WakapolresKompol Bambang Yudo turut di lokasi.

    Kapolres AKBP Dicky Patrianegara melalui Kapolsek Lubuk-pakam AKP Yasir Ahmadi, Selasa (4/2), menjelaskan, pengge-rebekan berawal dari tertangkapnya tersangka berinisial Bindi dekat Lapangan Segitiga, Lubukpakam membawa satu paketkecil sabu, Minggu (2/2). Dari keterangan Bin, dia sudah duakali membeli sabu dari pria yang dikenalnya namun tidak dike-tahui namanya. Pada Senin (3/2), petugas menelusuri rumahmilik oknum polisi tersebut.

    Waspada/Andi Nasution

    KAPOLSEK Lubukpakam AKP Yasir Ahmadi memperlihatkansejumlah barang bukti narkoba yang disita dari rumahkontrakan salah satu oknum polisi.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    14.046 PolisiKawal TPSDi Medan

    MEDAN (Waspada): Seba-nyak 14.046 personil polisiditurunkan untuk menjaga2.426 tempat pemungutansuara (TPS) di Kota Medanpada Pemilu 2014 April.

    Ada 14.046 anggota Polriyang kita turunkan sekaligus

    Waspada/ Rizky Rayanda

    PLT Wali Kota Medan DzulmiEldin dan Kapolresta MedanKombes Pol Nico Af intaKarokaro memeriksa barisanpersonil Ops Mantap Brata Toba2014 di Lap. Merdeka Medan,Selasa (4/2).

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    BALIGE (Waspada): Ri-buan warga berunjukrasa kekantor DPRD Kab. Toba Sa-mosir (Tobasa), Selasa (4/2).Mereka menuntut SK MenteriKehutanan No. 44 tahun 2005tentang penetapan kawasanhutan tahun dicabut karenadituding merugikan sebagianbesar masyarakat.

    Pantauan Waspada, kema-rin, massa dating ke DPRDmenggunakan puluhan busangkutan umum, diterima Ke-tua DPRD Tobasa Sahat Panjai-tan, Wakil Ketua Jojor Tambu-nan dan anggota dewan TogarManurung, Franjos Sitorus,Monang Naipospos dan JojorNapitupulu. Polisi mengkawalkehadiran mereka.

    Bupati Tobasa DipaksaWarga Ikut Demo

    Waspada/Jimmi Sitinjak

    BUPATI Tobasa PandapotanKasmin Simanjuntak dipaksaribuan warga ikut berdemo keDPRD Tobasa, menuntutpencabutan SK Menhut No. 44Tahun 2005. Seorang pengunjukrasa,

    Bombongan Siahaan, me-nyampaikan pernyataan sikapmenolak SK Menhut No.44 Ta-hun 2005 dan mendesak DPRDTobasa untuk berupaya men-cabutnya serta mengupayakanpengembalian hak-hak atas ta-nah adat dan pemukiman ma-syarakat. mendesak aparat pe-negak hukum untuk menghen-tikan intimidasi dan penang-kapan terhadap masyarakatyang tinggal dan berusaha padakawasan hutan berdasarkanSK Menhut No.44 Tahun 2005.

    Sementara Bupati TobasaPandapotan Kasmin Siman-juntak yang dipaksa warga ikut

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Maling KeretaNyaris Tewas

    PERBAUNGAN (Waspa-da): Pelaku pencurian sepedamotor (curanmor) MR, 23,warga Desa Pondok Cukir, Ser-dang Bedagai, nyaris tewasdiamuk massa setelah tertang-kap mencuri sepeda motormilik Sugianto, 23, wargaDusun Kuini, Desa Melati II,Kec. Perbaungan, Selasa(4/2) dinihari.

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Ngogesa Santap BersamaPengungsi Sinabung

    LANGKAT (Waspada): Sekira 225 KK ( 726 jiwa) pengungsi erupsiGunung Sinabung yang berada di Desa Telagah, Kec. Sei Bingai, Kab,

    Waspada/Ibnu Kasir

    NGOGESA Sitepu didampingi istrinya Hj Nuraida Ngogesamenggendong bayi yang lahir dalam pengungsian di DesaTelagah Kecamatan Sei Bingai, Langkat. Selasa (4/2).

    Langkat, ce-ria menikma-ti santapanmakan siangbersama HNgogesa Site-pu saat me-n g u n j u n g ib a r a k p e -ngungsi, Se-lasa (4/2).

    Sebelum-nya Ngogesasudah mem-persiapkanmenu maka-n a n s e l a i nn a s i y a k n i

    Lanjut kehal A2 kol. 3

    MEDAN (Waspada): Puluhan petugas PoldaSumut bersama Brimob yang tergabung dalam SatgasPekat menggerebek perjudian dadu putar di pekubu-ran Jepang Jln. Ardagusema, Delitua, Selasa (4/2)sore. Saat penggerebekan itu sempat terjadi keri-cuhan dengan oknum aparat sehingga polisi mele-tuskan tembakan ke udara.

    Dalam penyergapan itu,empat pria berhasil diaman-

    kan dari lokasi, Mendengartembakarn itu, masyarakat

    berduyun-duyun mendatangilokasi sehingga arus lalu lintasdi Jln. Ardagusema, Delituamacat.

    Menurut beberapa wargayang menyaksikan, petugasyang melakukan penyergapansempat mendapat perlawanandari beberapa pria berambutcepak di lokasi perjudian ber-omset puluhan juta rupiah itu.Karena itu petugas meletuskan

    beberapa kali tembakan keudara, sehingga sekelompokpria berambut cepak itu mun-dur. Sedangkan empat priayang salah seorang di antara-nya berambut cepak diaman-kan petugas di tengah kera-maian massa, dan dibawa kePolda menggunakan truk.

    Kabid Humas PoldasuKombes Pol. Heru Prakosomelalui Kasubbid Pengelola

    Informasi dan Dokumentasi(PID) AKBP MP Nainggolanmembenarkan penggere-bekan judi dadu putar itu. Adabeberapa tersangka yangdiamankan, dan masih dalamproses pemeriksaan, sebut-nya. Namun Nainggolan be-lum memastikan jumlahorang yang ditahan.

    Sementara Kasubdit II DitReskrimum Poldasu AKBP

    Yusup Saprudin yang memim-pin penggerebekan mengata-kan, semula petugas