Waspada,rabu 29 oktober 2014

download Waspada,rabu 29 oktober 2014

of 28

  • date post

    06-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    840
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada,rabu 29 oktober 2014

  • Serampang

    z z z z z No: 24740 * Tahun Ke-68 Terbit 24 HalamanRABU, Legi, 29 Oktober 2014/5 Muharram 1436 HWWASPADA

    Demi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp 3.000

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Ada-ada Saja

    Tawarkan CintaBiayai Perjalanan

    WANITA muda China me-micu kemarahan setelahmembuat iklan di media sosialWeibo, untuk berhubunganintim dengan pria di setiapkota yang dikunjungi jika maumembiayai perjalanannya.

    Disebut dalam laporanInternasional Business Times,

    Lanjut ke hal A2 kol 5

    - SinggahMedan Pakmakan durian

    - He.... he....he....

    Pengungsi Sinabung Menderita

    Said Bin JubairOleh: Dirja Hasibuan

    LINCAH gerak-geriknya, cerdas, semangat kepadakebaikan, takut dengan kesalahan. Berasal dari Habsyi,ia paham bahwa ilmu adalah jalan yang mengantarkankepada Allah SWT. Oleh karenanya, ia jadikan takwa disisi kanan dan ilmu di sisi kirinya. Dengan dua hal itubeliau mengarungi bahtera kehidupan tanpa bersantaidan berharap.

    Sejak muda, orang-orang telah mengenalnya sebagaipemuda yang akrab dengan buku-buku. Atau jika merekatidak mendapatkannya sedang membaca buku, makabeliau tengah di mihrabnya untuk ibadah. Itulah diamanusia pilihan di zamannya, Said bin Jubair. PemudaSaid ini berguru kepada banyak sahabat senior, sepertiAbu Said al-Khudri, Adi bin Hatim ath-Thayy, Abu Musa

    Al Bayan

    Lanjut ke hal A2 kol 5

    Lanjut ke hal A2 kol 3

    Antara

    ANGGOTA DPR memperhatikan kerusakan yang terjadi akibat protes anggota fraksi PPP DPRdengan menggulingkan meja saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta,Selasa (28/10).

    Rapat Paripurna DPR RicuhHasrul Tuduh SDA Pemicu

    Waspada/Rizky Rayanda

    PANGDAM I/BB Mayjen TNI Winston Par-damean Simanjuntak (ketiga kiri) bersamaGubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho (kiri),Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Basarudin(tengah) memeriksa pasukan pada apelpersiapan pengamanan kedatangan Pre-siden Joko Widodo ke Kabupaten Karo, diLapangan Benteng Medan, Selasa (28/10).

    Hari IniJokowi KeSinabung

    KABANJAHE (Waspada): Presiden JokoWidodo (Jokowi) Rabu (29/10) hari inidijadwalkan mengunjungi Tanah Karountuk melihat dari dekat kondisi parapengungsi erupsi Gunung Sinabung.Sampai tadi malam, jadwal kedatanganJokowi tidak ada perubahan.

    Kedatangan Jokowi untuk yang keduakalinya. Pertama saat beliau melakukanblusukan sebagai calon presiden dan hariini Jokowi datang sebagai presiden.

    Presiden Jokowi mengunjungi Suma-tera Utara menggunakan pesawat kepresi-denan dan mendarat di Lapangan UdaraTNI AU Soewondo (eks Bandara Polonia-red) Kamis sekira pukul 09.00.

    Pesawat yang membawa PresidenRepublik Indonesia itu, take off dariBandara Halim Perdana Kusuma Rabu

    Antara

    BENTROK TOLAK BBM NAIK: Sejumlah mahasiswa melempari polisi saat terjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi di depan kampus UniversitasNegeri Makassar (UNM), Makassar, Sulsel, Selasa (28/10). Bentrokan terjadi ketika polisi berusaha membubarkan aksi tutup jalan yang dilakukan mahasiswayang menolak rencana kenaikan BBM. Kanan: Polisi mengamankan mahasiswa saat terjadi bentrokan.

    Lanjut ke hal A2 kol 2

    JAKARTA (Antara): Rapatparipurna DPR RI berakhirricuh setelah Wakil Ketua DPRRI Agus Hermanto membaca-kan putusan nama-nama ang-gota komisi dan AKD tanpapersetujuan dari seluruhanggota fraksi PPP.

    Nama anggota komisi danAKD yang dibacakan AgusHermanto ternyata dari versiEpyardi Asda.

    Mendengarkan keputusanAgus Hermanto, anggota DPR

    RI dari PPP serentak berdiridan memprotes keputusanWakil Ketua DPR RI itu.

    Kita tidak bisa menerimaapa yang disampaikan olehWakil Ketua karena belumsetuju dengan nama-namayang disebut, kata KetuaFraksi PPP Hazrul Azwar diJakarta, Selasa (28/10).

    Susunan nama-namaAKD dari PPP sudah kita ma-sukkan, tapi nama-nama ang-gota versi kami tidak dita-

    yangkan. Pimpinan dewantahu ada dualisme, kenapaikut campur masalah PPP?Mengapa tidak mengundangyang bermasalah, bukanmengakui satu pihak, kataHazrul.

    Tapi, protes yang disam-paikan anggota DPR dari PPPini tidak digubris oleh pim-pinan rapat paripurna DPR RI.

    Agus Hermanto langsung

    Lanjut ke hal A2 kol 3

    Waspada/Mustafa Kamal

    BAWANG bombay tak bertuan diamankan oleh Satpol-airud Polres Lhokseumawe di Gampong Kuta Glumpang,Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa (27/10).

    340 Karung BawangSelundupan Diamankan

    LHOKSEUMAWE (Waspada): Sebanyak 340 karungbawang merah atau sekitar 2,5 ton diamankan petugasSatuan Polisi Air dan Udara (Polairud) di Gampong KutaGlumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa

    Tessy TerjeratKasus Narkoba

    JAKARTA (Waspada): Pela-wak Kabul Basuki atau yangdikenal dengan nama Tessy,66, terjeratkasus narkoba .Tessy ditangkap Direktorat 4Bareskrim Polri sejak Kamis(23/10) bersama dua orang

    Waspada/M. Ishak

    WABUP Aceh Timur Syahrul Syamaun mendampingijamaah haji Kloter I Embarkasi Aceh saat dibantu untukkeluar dari pesawat menuju Mobil Ambulance ketika tibadi Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, AcehBesar, Selasa (28/10).

    Kloter 1 Terlambat 1 JamBANDAACEH (Waspada): Jamaah haji kelompok

    terbang (kloter) I Gelombang II Debarkasi Aceh tiba ditanah air menggunakan Pesawat Garuda Boing 777 melaluiBandara Internasional Sultan Iskandar Muda BlangBintang, Aceh Besar, Selasa (28/10). Kepulangan jamaah

    Lanjut ke hal A2 kol 7

    Lanjut ke hal A2 kol 6

    Lanjut ke hal A2 kol 7

    Waspada/M. Ishak

    SUJUD: Jamaah haji Kloter I sujud syu-kur ketika tiba di Tanah Air melaluiBandara Sultan Iskandar Muda BlangBintang, Aceh Besar, Selasa (28/10).

    Arab SaudiBukan SarangTeroris

    JAKARTA ( Waspada): Kerajaan ArabSaudi yang selalu mendapat berkah dariAllah SWT, bukanlah tempat dan sarangteroris. Bahkan Arab Saudi bersama Ma-laysia dan Indonesia selalu mengajaknegara-negara lain di dunia untukmemerangi teroris.

    Hal tersebut dikemukakan KetuaMPR RI H. Zulkifli Hasan kepada warta-wan, di sela-sela seminar internasionalsehari dengan tema, Nilai ModeratAjaran Al-Quran dan Hadis serta pene-rapan pada masa modern antara kera-jaan Arab Saudi dengan Indonesia,dengan pelaksana Universitas IslamMadina Arab Saudi dengan UniversitasNegeri Makassar, Indonesia di hotelShangri La, Jakarta, Selasa ( 28/10 ).

    Sementara Imam besar MasjidilHaram dan Masjid Nabawi, SheikhAbdul Rahman Al Sudais, mengatakanadanya anggapan Islam itu intoleran.Namun, sebaliknya justru Islam telahmenjunjung toleransi antarumat

    Menkum Dan HAM AkuiPPP Pimpinan Romi

    JAKARTA (Waspada): Kementerian Hukum dan HakAsasi Manusia dipimpin Yasonna Laoly, Selasa (28/10)mengeluarkan keputusan mengejutkan, terkait keabsahankepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai PersatuanPembangunan.

    Dalam sidang paripurna, anggota DPR dari Fraksi PPPAnwar Idris, mengatakan kementerian yang dipimpinYasonna Laoly itu hanya mengakui kepengurusan yangdipimpin oleh Ketua Umum PPP Romahurmuziy atauRomi.

    Surat dari Kemenkumham bahwa hanya ada satukepengurusan yang sah yaitu kepengurusan Romahurmu-ziy, ujar Anwar dalam ruang Rapat Paripurna DPR.

    Lanjut ke hal A2 kol 5

    L H O K S E U M A W E(Waspada): Polisi melepasseorang pendemo dan duamobil pick up yang digunakansaat aksi di komplek peru-mahan PT Arun di Desa Batu-phat, Kec. Muara Satu, Lhok-seumawe, Senin (27/10). Diadiperbolehkan pulang, Selasa(28/10), setelah menanda-tangani surat perjanjian tidakmengulangi aksi anarki danmendapat persetujuan daripihak PT Arun.

    Kapolres LhokseumaweAKBP Joko Surachmantomengatakan, Tri Juanda seba-gai koordinator aksi ditahan24 jam. Tri Juanda bisa sajaditahan kembali jika sewaktu-waktu dia melakukan halserupa. Dia berharap, pedemoresettlemen PT Arun tidakanarki. Kalau demo, cobalahsampaikan aspirasi denganbaik-baik. Jangan anarki,tuturnya.

    Kepolisian, menurut AKBP

    Joko Surachmanto, mengupa-yakan jalur mediasi denganpemerintah daerah. Di ber-harap warga bersabar untukmenempuh jalur di meja per-temuan antara para Perta-mina.

    Demo Ke Pabrik ArunSementara Sekretaris

    Ikatan Keluarga Blang Lancang(IKBAL), M Zubir di Mapolresmenyebutkan, pihaknya tetap

    Pendemo Arun DilepasBersama Dua Mobil

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    KABANJAHE (Waspada): Harapan itu ada, tetapiseperti tidak terjangkau. Itulah yang dialami Mataharibr Sembiring,pengungsi asal Desa Sukanalu, Kec.Namanteran.

    bung harus bertahan di peng-ungsian karena desa merekadimasukkan dalam zonamerah.

    Gak taulah mau macammana, kata Matahari saatditemui Waspada di PoskoKNPI. Ia pun tak bicara ba-nyak. Wanita paruh baya itujuga tidak tahu harus marahkepada siapa.Tetapi,yang pastisejak mereka hidup di peng-ungsian tidak banyak pejabat

    yang datang menjenguk.Erupsi Gunung Sinabung

    yang belum berhenti itu jugamembuat daerah wisata Be-rastagi sepi dari pengunjung.Para wisatawan lokal maupunmanca negara yang dahulubanyak datang ke Berastagi,kini nyaris sepi.

    Para pedagang kulineryang setiap malam berderetmenjajakan dagangan mereka,kini sepi. Dan, kalau ada

    hanya orang-orang sini saja,kata seorang pedagang kulinerkepada Waspada Selasa(28/10).

    Demikian juga para peda-gang buah dan sayur, kini tidaksesumringah dulu.Beginilahkondisinya, tapi mau buatapa, kata Seprang pedagangbuah di Pasar Buah Berastagi.

    Juga hunian hotel menu-run drastis. Tamu-tamu yangdulu banyak menginap, kinisepi. Kota Berastagi seperti

    mati suri.Bukit Gundaling, tempat

    wisatawan melepas lelah danselalu padat pada hari Minggu,kini tidak lagi. Tamu-tamuyang datang ke Berastagi biasadihitung.

    Kehidupan para petanipun semakin tidak menentu,terutama bagi mereka yangtinggaldi zona merah. Selamaini, mereka mengandalk