Waspada, rabu 25 juni 2014

download Waspada, rabu 25 juni 2014

of 31

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    816
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 25 juni 2014

  • SerampangSerampang

    RABU, Kliwon, 25 Juni 2014/27 Syaban 1435 H No: 24614 Tahun Ke-68 Terbit 24 Halaman

    Al Bayan

    Hai orang-orang beriman, mengapa kamu mengatakanapa yang tidak kamu perbuat? Sangat besar kebenciandi sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa yangtidak kamu kerjakan. (QS. Ashshaff: 2-3)

    INDONESIA sebagai sebuah negara berpenduduk

    muslim terbesar di dunia kita harapkan akan terusdipimpin oleh presiden yang beragama Islam. Jika semuacalon presiden yang ada sama sama muslim, kita harusmemilih siapa yang lebih baik keIslamannya, siapadibelakangnya. Jangan sampai umat Islam dikalahkanoleh umat minoritas.

    Calon pemimpin Islam mengharamkan pada dirinyaambisius menduduki jabatan apalagi jabatan itu amanahAllah kepadanya. Berat benar tanggungjawabnya kelakdihadapan Allah, bila dia tidak mampu memimpin denganadil. Rasulullah SAW menyebutkan, seorang pemimpinbisa terlambat 500 tahun masuk surga karena tidak adildalam memimpin.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6- Dua-dua

    Islam- He...he...he...

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Debat PresidenOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 5

    PLN Janji Ramadhan Terang

    *Siaran LangsungtvOne dan ANTV

    Grup F:Nigeria v ArgentinaEstadio Beira-Rio 23:00 WIBGrup F:Bosnia v IranArena Fonte Nova 23:00 WIBGrup E:Honduras v SwissArena Amazonia 03:00 WIBGrup E:Ekuador v PrancisEstadio Maracana 03:00 WIB

    BEGADANG SAMPAI PAGI

    Ada hadiah untuk

    pembaca di halaman

    A6 dan B1.

    MEDAN (Waspada):PLN Sumut berjanji ti-dak ada pemadamanselama Ramadhan. PLNmengupayakan tidakada pemadaman sela-ma puasa tahun ini.

    Hal itu menyahuti MajelisUlama Indonesia (MUI)Sumatera Utara yang memintaagar tidak ada pemadamanlistrik selama bulan puasa.

    Kita mengupayakan agartidak ada pemadaman, diantaranya melakukan perce-patan penyelesaian perbaikanpembangkit di Belawan dan

    percepatan penambahan pa-sokan bahan bakar batubarauntuk PLTU Naganraya yangsudah siap beroperasi 200 MWsebelum puasa ini, kata Gen-eral Manager PLN Pembang-kitan Sumatera Bagian Utara(Kitsbu) Bernadus Sudarman-ta, Selasa (24/6).

    Bernadus mengatakan,

    saat ini pasokan listrik di Su-mut masih mengalami defisitberkisar 200 mega watt (MW)pada saat beban puncak. Un-tuk menekan defisit tersebut,PLTU Naganraya dengan ka-pasitas 200 MW sudah siapberoperasi.

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    PORTO ALE-GRE (Waspada):Nigeria optimislolos ke perdelapan-final Brazil 2014, ken-dati pada partai pa-mungkas Grup F mestimenghadapi tim favorit Ar-gentina malam nanti di Esta-dio Beira-Rio, Porto Alegre.

    Saya tidak pernah ber-pikir bahwa kami tidak bisamelaju ke 16 Besar. Saya pu-nya para pemain hebat, klaimStephen Keshi, pelatih lokalNigeria, seperti dikutip dari situsresmi FIFA, Selasa (24/6).

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Bupati DS SampaikanLPJP-APBD Rp2.2 T Lebih

    LUBUKPAKAM (Waspada): Bupati Deliserdang HAshari Tambunan menyampaikan Laporan PertanggungJawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan BelanjaDaerah (LPJP-APBD) Kab.Deliserdang Tahun Anggaran(TA) 2013, pada sidang paripurna DPRD DeliserdangSenin(23/6).

    Sidang dipimpin Ketua DPRD Deliserdang H Fatma-waty Takrim, didampingi Wakil Ketua Ruben Tarigan SEdan H Dwi Andi Syahputra Lubis Lc, dihadiri unsur

    Antara

    SILATURRAHMI DENGAN ULAMA: PengsauhPesantren Wali Songo, Situbondo, KHR. KholilAsad Syamsul Arifin (berdiri), menyampaikanharapan kepada Prabowo Subianto, jika terpilihjadi presiden dalam Pilpres 2014, di Pesan-trenAl-Hamidy, Bunyuanyar, Jatim, Selasa (24/6).

    Antara

    IMAM SHALAT DZUHUR: Calon presidenpasangan nomor urut dua Joko Widodo (depan)menjadi imam ketika menunaikan ibadahShalat Dzuhur di Masjid Agung Al-Falah di sela-sela melakukan kampanye Pemilu Presiden2014 di Kota Jambi, Jambi, Selasa (24/6).

    Waspada/HM Husni Siregar

    BUPATI H Ashari Tambunan menyarahkan LPJP-APBDTA 2013 kepada Ketua DPRD Hj Fatmawaty Takrim padasidang paripurna,Senin (23/6).

    MEDAN (Waspada): Baru 5 persen atausekitar 218 produk yang mendapat sertifi-kasi halal dari Lembaga Penelitian Penga-wasan Obat dan Makanan (LPPOM) MajelisUlama Indonesia (MUI) Medan. Perlu Pera-turan Daerah (Perda) agar semakin banyakproduk yang disertifikasi hingga semakinmemberi kenyamanan bagi umat Islamuntuk mengonsumsi makanan yang dijualbebas.

    Hal tersebut terungkap dalam DiskusiPara Redaktur Harian Waspada dengan Ke-

    tua Komisi Fatwa MUI Medan Dr H AhmadZuhri, Lc, MA di Bumi Warta Jl. Letjen Su-prapto Medan, Selasa (24/6). Para redakturyang hadir dalam diskusi reguler tersebutdi antaranya, Wakil Penanggung JawabHarian Waspada Drs H Sofyan Harahap,Redaktur Aceh H Akmal A Zaini, RedakturPelaksana Opini, Artikel dan Agama DediSahputra, Redaktur Berita Hendra DS,Redaktur Berita/Nusantara H Halim Hasan,

    Dari Diskusi Redaktur Waspada

    Baru 5% Produk Disertifikasi Halal

    Waspda/Rizky Rayanda

    KETUA Momisi MUI Kota Medan H. Ahmad Zuhri berdiskusi dengan para redaktur HarianWaspada di Bumi Warta Harian Waspada Medan, Selasa (24/6).

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Nasib NigeriaTergantung Tango

    Lionel MESSI

    AP

    Peter ODEMWINGIE

    JAKARTA (Antara): Maje-lis Ulama Indonesia (MUI)mengimbau agar umat Islamtetap menjaga ukhuwah Isla-miyah terkait pelaksanaanpemilihan presiden 9 Juli 2014.

    Yang penting adalahukhuwah Islamiyah karenasejatinya pemilu adalah caradamai untuk menyelesaikanmasalah bersama, kata Ke-tua Umum Dewan PimpinanMUI Din Syamsuddin diJakarta, Selasa (24/6).

    MUI mengeluarkan tau-shiyah sehubungan denganpelaksanaan pilpres dan me-nyerukan seluruh umat Islamagar mengedepankan teng-gang rasa dalam menyikapiperbedaan pilihan dan tidakterjebak dalam pertentangandan permusuhan.

    Permusuhan tersebutdapat menggoyahkan ukhu-wah islamiyah dan ukhuwahwathaniah.

    Masyarakat juga dimintabersikap wajar atau tidakberlebihan dalam membe-rikan dukungan kepadapasangan Capres- Cawapres.

    Beda Capres Jangan Ganggu Ukhuwah

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Sabu 1.050 GramDisimpan DalamKancing Baju

    POLRES Asahan meng-ungkap modus baru penyelun-dupan narkoba jaringan inter-nasional asal Malaysia, danmenyita 1.050 gram sabu yangdisimpan dalam 350 kancingdi tujuh baju wanita, dan tigapaket kecil. Selain menyita sabu,polisi menangkap tiga orangdiduga terlibat kasus tersebut.

    Kapolres Asahan AKBP BudiSuherman, didampingi KasatNarkoba AKP Anderson Siri-ngoringo, saat paparan kasusSelasa (24/6), mengatakan,

    MEDAN (Waspada: Pem-ko Medan, kini terus bergiatmenjadikan kotanya sebagaiGreen City. Salah satu upayayang dilakukan adalah melaluigerakan program Bersih,Hijau, Asri dan Sehat (Berhias).Untuk mensukseskan pro-gram Gerakan Medan Berhias,Pemko Medan menggelarSeminar Program Medan Ber-hias di Gedung Biro RektorUniversitas Sumatera Utara(USU), Selasa (24/6).

    Tujuan seminar yang diga-gas Fakultas Ilmu Budaya (FIB)USU ,menyerap masukan-masukan dari kalangan paraakademisi dan mahasiswa.Sebagai pembicara dihadirkan

    Kansih Sri Hartini dan DewiBudiati TJS selaku Ketua TimMedan Berhias.

    Hadir Wali Kota MedanDzulmi Eldin, Staf Ahli RektorUSU Iskandar, Dekan FIB USUDr Syahron Lubis MA, pemer-hati lingkungan, dosen, camatse-Kota Medan, mahasiswaserta undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, WaliKota mengatakan Kota Medankini sedang dan terus berbenahmenuju kota yang modern, ber-sih, hijau, asri dan sehat mela-lui gerakan program Berhiasyang muncul atas inisiatif war-ga yang peduli terhadap keber-sihan dan hijaunya kota.

    Medan Green City MelaluiGerakan Medan Berhias

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    MEDAN (Waspada) : Ja-maah yang sudah melunasiongkos haji tahun 2013, tapitertunda berangkat karena pe-netapan kuota oleh pemerin-tah Arab Saudi, tidak lagimemberikan biaya tambahandi bank penerima setoran pe-lunasan saat akan melakukanrevisi setoran, yang dimulaisejak 11 Juni sampai 9 Julimendatang.

    Demikian disampaikanKepala Kantor KementerianAgama Kota Medan, IwanZulhami melalui Kasi Haji danUmroh, Ahmad Qosbi MA,

    Selasa (24/6). Tahun lalu pelunasan

    BPIH itu jumlahnya 3.263 do-lar AS.Tahun ini hanya 2.978,9dolar AS sehingga masih adasisa 284,1 dolar AS. Sedangkanpengembalian belum diiten-tukan,kata Ahmad Qosbi.

    Hal itu disampaikan terkaitbanyaknya Calhaj lunas tundatahun 2013, yang mengakudiminta dana tambahan daripihak bank penerima setoran.

    Ya, banyak Calhaj lunastunda mengaku pihak bank

    Calhaj Tunda 2013 TakPerlu Tambah Biaya

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    LONDON, Inggris (Was-pada): Badan Nasional Pe-nanggulangan Terorisme(BNPT) mensinyalir ada mili-tan dari Indonesia bergabungdengan ISIL (Negara Islam Irakdan Levant) di Syria dan Irak.Tetapi badan itu tidak dapatmemastikan berapa banyakmilitan Indonesia yang ber-gabung.

    Kepala BNPT AnsyaadMbai mengatakan, ada sejum-lah bukti menunjukkan indi-kasi ISIL melakukan perekru-tan di Indonesia ataupun akanberangkat di Irak atau Syria.Dari penangkapan-penang-kapan akhir-akhir ini, sudah

    ada indikasi mereka itu beru-saha untuk berangkat ke sana.Mereka ini yang terkait dengansatu atau lebih dari satu aksi-aksi teroris yang terjadi di sini,ada daerah konflik, ada perangdisitu, itu bagi mereka kesem-patan, peluang emas bagi me-reka untuk melakukan jihad,sama aja JAT, JI, NII, kata An-syaad Mbai.

    Ansyaad mengatakan da-lam demonstrasi yang dikutisekitar 15 orang, di Nusa Teng-gara Barat bulan lalu, tampakbendera ISIL: dikibarkan. An-syaad mengatakan mereka

    ISIL Rekrut WNI

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    TANJUNGBALAI (Waspa-da) : Hujan de