Waspada, rabu 4 maret 2015

download Waspada, rabu 4 maret 2015

of 27

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    755
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 4 maret 2015

  • SerampangSerampang

    RABU, Pahing 4 Maret 2015/13 Jumadil Awal 1436 H No: 24865 Tahun Ke-68 Terbit 24 Halaman

    Al Bayan

    NENEK moyang manusia telah melalui sebuah zamanyang sangat terbelakang (primitif ), yakni zaman batu.Zaman itu kira-kira 3.000 tahun sebelum Masehi. Disebutzaman batu karena alat-alat yang mereka gunakan serbabatu. Mereka tidur dalam gua batu, untuk mendapatkanapi mereka memukul batu dengan batu yang di bawahnyadiberi serabut kering.

    Alat untuk memotong kayu juga digunakan pecahanbatu yang tajam, bahkan dalam kepercayaan orang zamanbatu juga menyembah batu. Orang-orang yang hidupdi zaman itu, tentu sangat sederhana. Pakaian merekadari kulit binatang atau kulit kayu. Makan mereka jugasangat alami. Wallahu alam.

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Ada-ada Saja

    Golkar 50-50

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    - Penentuanadu penalti

    - He...he...he...

    Zaman BatuOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Kastil BersejarahDijual Murah

    SEBUAH desa di Italialengkap dengan pemanda-ngan indah dan kastil berse-jarah dijual dengan harga2.911.200 poundsterling atausekira Rp5,8 triliun . Desa se-luas empat setengah hektar

    Antara

    WARGA yang tergabung da-lam Pijar Indonesia berde-mo di Balai Kota Jakarta,Selasa (3/3), mendukungAhok bongkar mafia angga-ran di DPRD DKI .

    JAKARTA (Waspada):Gubernur DKI Jakarta Ba-suki Tjahaja Purnama(Ahok) membantah adapenganggaran penerbitanbuku Trilogi Ahok sebesarRp30 miliar dalam APBDDKI 2015.

    Ahok menyebut angga-ran buku sebesar itu seba-gai paling tidak masuk akaldi APBD DKI. Bilapun diamemang berniat untukmembuat buku biografitentang dirinya, dia tidakakan sampai melakukanpenganggaran bukunya diAPBD.

    Ahok Soal Buku Rp30M:

    Saya Narsis TapiTidak Goblok

    Antara

    PRESIDEN Joko Widodo berfoto bersama dengan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (keempat kiri), Wakil Kapolri KomjenPol. Badrodin Haiti (keempat kanan), Menko Polhukam Tedjo Edhie Purdijatno (ketiga kiri), Mensesneg Pratikno (kedua kanan),Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi (kedua kiri), Kepala BIN Marciano Norman (kiri), KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo(ketiga kanan) dan KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna (kanan) beserta para peserta Rapim TNI dan Polri Tahun 2015 di GedungSTIK, Jakarta, Selasa (3/3). Rapim TNI dan Polri tersebut mengambil tema Sinergitas TNI-Polri Penggerak Revolusi Mental.

    Antara

    PENGAWAI KPK BERHIJAB PROTES: Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aksi damai di halaman gedung KPK, Jakarta,Selasa (3/3). Aksi yang diikuti seluruh pegawai KPK tersebut menolak putusan pimpinan KPK yang melimpahkan kasus BG ke kejaksaan dan memintauntuk mengajukan upaya hukum PK atas putusan praperadilan kasus BG.

    JAKARTA (Waspada):Empat hakim MahkamahPartai Golkar menge-

    luarkan putusan berbeda terkait perselisihan dua-lisme kepengurusan dalam internal Partai Golkar.

    ABURIZAL Bakrie

    Terdapat pendapat ber-beda dalam majelis, sehinggatidak mencapai kesatuan pen-dapat soal keabsahan kedua

    munas, kata Ketua Mahka-mah Partai Golkar Muladi da-lam sidang pembacaan putu-san di Kantor DPP Partai Gol-

    kar, Jakarta, Selasa (3/3).Muladi menyampaikan,

    dua hakim yakni dirinya sen-diri dan HAS Natabaya ber-pendapat, karena kubu Abu-rizal Bakrie melayangkan pro-ses Kasasi ke MahkamahAgung atas keputusan Penga-dilan Negeri Jakarta Barat,maka hal itu dianggap kubuAburizal Bakrie tengah beru-

    paya menyelesaikan persoalantanpa melalui MahkamahPartai.

    Atas dasar itu, Muladi me-nyatakan dirinya bersama HASNatabaya memutuskan agarsiapapun pemenang dalamproses peradilan itu untukmenghindari mengambil se-luruh struktur kepengurusan,merehabilitasi yang menga-

    lami pemecatan, mengapre-siasi yang kalah dalam kepe-ngurusan. Sedangkan pihakyang kalah dalam pengadilandiminta berjanji tidak mem-bentuk partai baru.

    Sementara dua hakim lainyakni Djasri Marin dan AndiMattalatta memutuskan me-ngesahkan hasil Munas Jakartapimpinan Agung Laksono.

    Dasar pertimbangan Djas-ri Marin dan Andi Mattalattayakni bahwa Munas Bali yangdiselenggarakan kubu AburizalBakrie dirasa tidak transparan,tidak demokratis, dan tidak as-piratif. Sementara kubu MunasJakarta dipandang berlang-sung demokratis dan terbuka.

    Atas dasar itu maka dik-tum mengabulkan permo-

    honan pemohon sebagian un-tuk menerima kepengurusanhasil Munas Ancol (kubuAgung), dengan kewajibanmengakomodir kader Golkardari hasil Munas Bali (kubuAburizal), secara selektif yangmemenuhi kriteria prestasi,dedikasi, loyalitas dan tidaktercela (PDLT).

    Djasri Marin dan Andi

    Mattalatta juga meminta kubuAgung melaksanakan Munasselambatnya Oktober 2016demi mempersiapkan persia-pan pemilu legislatif dan pil-pres 2019.

    AGUNG Laksono

    Waspada/Surya Efendi

    SEORANG warga berpayung saat menyeberang Jl. Diponegoro Medan, Selasa (3/3) siang. Suhupanas Kota Medan dan sekitarnya mencapai 34 derajat Celcius. Masyarakat diimbau menjagakondisi kesehatan dan mewaspadai suhu panas tersebut.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN PANAS

    MEDAN (Waspada): Meskikinerja rupiah sedikit me-ngalami penguatan terhadapdolar AS pada penutupan per-dagangan Selasa (3/3), namunmasih di bawah tekanan pe-nguatan dolar AS. Rupiah ter-pantau di level 12.953, sedikitmenguat dibandingkan penu-tupan sebelumnya di level12.960 per dolar AS.

    Pada perdagangan hari ini(Selasa), rupiah sempat terpu-ruk di level 13.021 per dolar AS.Pelemahan rupiah masihmenghantui pasar keuangan,padahal dari sisi eksternal,

    khususnya data dari AS sebe-narnya belum cukup kuatmenjadi sentimen baru bagidolar AS, kata salah seoranganalis ekonomi Danareksa,Gunawan Benjamin.

    Menurutnya, seharusnyahal tersebut bisa membuat do-lar bergerak flat pada perda-gangan kemarin. Namunkebijakan dari Bank SentralTiongkok, PBOC (PeoplesBank of China) menjadi salahsatu faktor negatif yang me-nekan kinerja rupiah.

    Rupiah MasihDi Bawah Tekanan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN (Waspada): Ru-piah terpuruk karena Indone-sia terlalu bergantung kepadasituasi global, terutama Ame-rika Serikat. Kalau begini terus,perekonomian Indonesia te-rancam, kata pengamat eko-nomi dari Universitas Suma-tera Utara (USU).

    Kondisi rupiah saat ini,bukti kalau nilai tukar rupiahmasih bergantung kepada si-tuasi global, kata Fahmi Na-tigor Nasution menjawab Was-pada, Selasa (3/3), terkait me-lemahnya rupiah.

    Seharusnya, kata Nasu-tion, Indonesia mencontoh In-dia. Negara itu tidak lagi mut-lak bergantung kepada situasiekonomi tapi lebih banyak

    mengekspor daripada impor.Indonesia malah sebaliknya.Akibatnya begitu Bank Ame-rika Serikat The FED menaik-kan suka bunga, rupiah ikutterpuruk.

    Memang, BI tentu tidaktinggal diam dan akan meres-pon kenaikan suku bunga TheFED dengan cara menaikkansuku buang (BI Rate). Tapi,kalau terus-menerus, BI akanakan kewalahan melakukanintervensi, sebutnya.

    Dia mengakui, kenaikansuku bunga The FED bukansatu-satunya penyebab nilaitukar rupiah melemah.Adafaktor internal juga, seperti

    Terlalu BergantungKepada Situasi Global

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    MEDAN (Waspada): TigaWakil Ketua DPRD Medanmeninjau Gedung NasionalMedan (GNM) di Jl. Sutomo,Senin (2/3) sore.

    Peninjauan ketiga pim-pinan yakni BurhanuddinSitepu dari Fraksi Demokrat,Iswanda Nanda Ramli dariFraksi Golkar dan IhwanRitonga dari Fraksi Gerindratidak disertai Ketua DPRD.

    Kunjungan ini kami laku-kan untuk menindaklanjutihasil rapat Badan Musyawarah(Banmus), ujar BurhanudinSitepu di sela-sela kunjungan.Politisi Demokrat itu juga sem-pat memperlihatkan gambar/maket pembangunan gedungpusat perbelanjaan. Berda-sar-

    kan gambar tersebut, diakui-nya, secara fisik GNM tidakakan mengalami perubahan.

    Hanya saja, dari sisi sebe-lah timur ada sedikit bangu-nan kamar mandi yang akandihancurkan. Tetapi, dia be-lum bisa memutuskan permo-honan alih fungsi yang diaju-kan oleh Alfredo apakah akandisetujui oleh DPRD.

    Berdasarkan sertifikat hakguna bangunan, dinyatakanyang berhak atas GNM Medanadalah Yayasan Dana GedungNasional. Pertanyaannya,mengapa hanya Alfredo yangmengajukan perubahan pe-runtukannya secara pribadi.

    Tiga Wakil Ketua DPRDMedan Tinjau GNM

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Wibawa KPK RuntuhMEDAN (Waspada): Ketua Lembaga

    Bantuan Hukum (LBH) Medan, Surya Adi-nata menilai, saat ini wibawa Komisi Pem-barantasan Korupsi (KPK) sudah runtuh.Indakator itu terlihat, ketika beberapapimpinan KPK menjadi tersangka. Terakhir,kasus Komjen Pol Budi Gunawan dilim-pahkan ke Kejaksaan Agung.

    Sudah jatuh ditimpa tangga.Begitulahkondisi KPK sekarang, kata Surya Adinatamenjawab Waspada, Selasa (3/3), terkaitdilimpahkannya berkas kasus BG keKejaksaan Agung.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    JAKARTA (Antara): Presi-den Joko Widodo (Jokowi) me-minta TNI dan Polri serta ins-titusi lainnya mengutamakanpencegahan dalam penanga-nan masalah terorisme, se-hingga perlu dukungan data-data intelijen.

    Dalam penanganan tero-risme, utamakan pencegahan,jangan sampai sudah kejadianbaru penanganan, kata Presi-den Jokowi dalam jumpa persusai memberi pengarahankepada peserta rapat pim-pinan (Rapim) TNI-Polri di

    Kampus Sekolah Tinggi IlmuKepolisian/Perguruan TinggiIlmu Kepolisian (STIK/PTIK)Jakarta, Selasa (3/3).

    Presiden menyebutkan,dengan mengutamakan pen-cegahan maka perlu duku-ngan peran intelijen sepertipencarian data dan informasidi lapangan.

    Dalam pengarahan RapimTNI-Polri itu ia menyampaikanberbagai tantangan yang diha-dapi TNI-Polri baik bidang po-litik, keamanan dan ekonomi.