Waspada, rabu 18 desember 2013

download Waspada, rabu 18 desember 2013

of 28

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    676
  • download

    33

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 18 desember 2013

  • SerampangSerampang

    RABU, Legi, 18 Desember 2013/14 Syafar 1435 H No: 24434 Tahun Ke-67 Terbit 24 Halaman (A1-12, B1-8) Harga Eceran: Rp2.500,-

    Al Bayan

    Aceh memiliki hak khusus (istimewa) dalam RepublikIndonesia. Salah satu hak khusus adalah berhak membuatsejumlah Qanun yang mampu mengangkat martabatAceh. Salah satunya adalah Qanun Lembaga WaliNanggroe. Lembaga ini juga sebagai realisasi perdamaianAceh dengan NKRI di Helsinki tanggal 15 Agustus 2005.

    AHLAN WASAHLAN, Selamat Datang Wali NanggroeAceh yang ke Sembilan. Tgk. Malik Mahmud Al-Haythar.Selamat bertugas membangun negeri tercinta danbersinergi dengan berbagai pihak dalam memimpinrakyat Aceh yang sedang merindukan keamanan dankemakmuran. Semoga Allah SWT memberi taufik danhidayah-Nya kepada rakyat Aceh lewat kehadiran WaliNanggroe.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6 - Atut jadiatut

    - He...he...he...

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Wali NanggroeOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    3 Teroris Diboyong Ke Jakarta

    Menipu Via FB

    3 Polisi PalsuDitangkap

    MEDAN (Waspada):Tim Reskrim Unit RanmorPolresta Medan menang-kap tiga orang mengakupolisi diduga telibat peni-puan dengan modus ber-kenakan melalui facebook(FB).

    Ketiganya ditangkapdalam penyergapan di saturumah Jl. Kapten MuslimMedan, Senin (16/12).

    Ketiganya, IRP aliasIlham, 20, security, wargaTiti Kuning, Gang KaryaMuda, Kec. Medan Johor,ASK alias Alvin, 23, tukanglas, warga PerumahanMandiri Tanjungmorawa,Deliserdang dan ABRDDalias Danu, 21, security,warga Medan. Waspada/Surya Efendi

    TERORIS MEDAN: Tim Densus 88 menggiring tiga terduga teroris yang akan diterbangkan ke Jakarta, dari Mako Brimob Polda Sumut di Medan, Selasa (17/12). Sebanyak tiga orang tersangkateroris TH, AY, dan FA yang merupakan komplotan Fadli Sadama ditangkap Tim Densus 88 di kawasan Medan Marelan pada Senin (16/12) terkait kasus perampokan Bank CIMB Niagapada pertengahan Agustus 2010.

    NAGAN RAYA (Waspa-da): Warga Alue Itam di Kec.Darul Makmue, Nagan Rayamenemukan seekor ularPiton berukuran 9 meter.Ular tersebut ditemukanwarga di dalam kandangsapi, Selasa (17/12).

    Pantauan Waspada, ulartersebut ditemukan sekitarpukul 17:50 di Desa AlueItam, Darul Makmur. Padasaat itu warga yang men-dengar, berbondong-bon-dong mendatangi lokasi un-tuk melihatnya dari dekat.

    Seorang warga Abdul Ma-lik kepada Waspada mengata-kan, pada saat penemuan

    Ular Piton 9 MeterDitemukan Di Kandang Sapi

    Lanjut ke hal A2 kol. 2Waspada/Muji Burrahman

    WARGA Alue Itam di Kec. Darul Makmue,Nagan Raya melihat ular Piton.

    Sekali TelanDua Kalung

    UNTUK menghilangkanbukti kejahatan, pencuri ininekad menelan dua kalungsekaligus.

    Joseph Ramos awalnyamelakukan pencurian di

    Antara

    KAPAL PULO RONDO KANDAS: Tim Basarnas Aceh bersama petugas pelabuhan Ulee Lheudan relawan RAPI mengevakuasi penumpang kapal cepat Pulo Rondo di Banda Aceh, Selasa(17/12). Kapal cepat yang melayani trayek Banda Aceh-Sabang itu tidak dapat sandar dengansempurna di pelabuhan Ulee Lheu karena diduga akibat mengalami gangguan mesin sehinggakandas dan penumpang terpaksa dievakuasi dengan dua perahu karet serta satu perahu nelayan.

    Antara

    AKSI SUJUD SYUKUR: Sejumlah aktifis anti korupsi yang tergabung dalam GEBRAK (GerakanBanten untuk Rakyat) melakukan aksi sujud syukur atas penetapan status Atut Chosiyah sebagaitersangka oleh KPK di Alun-alun Serang, Banten, Selasa (17/12).

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    JAKARTA (Waspada): Komi-si Pemberantasan Korupsi(KPK) meningkatkan status Gu-bernur Banten Ratu Atut Cho-siyah (foto) dari saksi menjaditersangka kasus dugaan suapterhadap Akil Mochtar bersamaadiknya Tubagus Chaeri War-dana alias Wawan.

    Atut dijadikan tersangkadalam pengurusan sengketaPilkada Lebak, Banten di Mahkamah Kons-titusi (MK).

    KPK secara solid dan utuh memutuskan

    Ratu Atut Jadi Tersangkameningkatkan dan menetap-kan Ratu Atut Chosiyah selakutersangka dalam pemberianberkaitan dengan sengketapilkada Kab. Lebak Banten,kata Ketua KPK AbrahamSamad dalam konferensi persdi kantor KPK, Selasa (17/12).

    Menurut Abraham, RatuAtut disangkakan melanggarPasal 6 Ayat (1) a UU 31/1999

    tentang Pemberantasan Tindak PidanaKorupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    MEDAN (Waspada): GubsuH.Gatot Pujo Nugroho (foto) me-nandatangani upah minimumkabupaten dan kota (UMK)untuk 16 daerah di Sumut yangnilainya bervariasi, namunberada di atas Upah MinimumProvinsi (UMP) Sumut.

    Menjawab wartawan diKantor Gubsu, Selasa (17/12),Kadisnakertrans Sumut DrsBukit Tambunan, MAP mengemukakan, UMK16 kabupaten dan kota yang telah ditanda-tangani itu bagian dari 23 kabupaten dan kota

    UMK Medan Rp1.851.500yang telah mengusulkan UMKmasing-masing kepada Gubsu.

    Bapak Gubsu mengins-truksikan penyelenggara pe-merintah di kabupaten dankota serta pengusaha mema-tuhi Undang-undang Ketena-gakerjaan Republik Indonesiatermasuk soal pengupahan,ujar Bukit Tambunan didam-pingi Kabid Hubungan Indus-

    trial Disnakertrans Provsu Mukmin.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    2013 di Asrama Haji Me-dan. Hadir, Kabid Haji danUmroh, Hasful Huzain,Kasi Informasi haji, EriNova serta panitia penye-lenggara ibadah haji Su-mut serta instansi terkait.

    Abd Rahim menye-butkan animo masyara-kat untuk melaksanakanibadah haji cukup tinggi.Karena itu, setiap tahunpihaknya selalu mengu-sulkan kepada pemerin-tah untuk penambahankuota.

    Menurut dia, tahun2013, jamaah haji Suma-tera Utara dipangkas se-banyak 20 persen, karenaperbaikan area MasjidilHaram, sehingga, jamaahyang berangkat tahun inihanya 6.613.

    Tetapi,imbuhnya,usulan kepada pemerin-tah untuk penambahankuota terus dilakukan.Semoga tahun 2014 adapenambahan kuota, ka-tanya dan menyebutkantahun ini jamaah haji asal

    Kuota Haji Hingga2023 Sudah Habis

    MEDAN ( Waspada) : Kuota jamaah haji untukSumatera Utara hingga tahun 2023 sudah habis.

    Kuota sudah habis hingga tahun 2023, karena saatini, jumlah penabung haji reguler mencapai 87.661 jamaah.Sedangkan untuk tahun 2024 telah ada penabung sebanyak5.321 jamaah kata Kepala Kantor Kementerian AgamaWilayah Provinsi Sumatera Utara, Drs H Abd Rahim M.Hum,Selasa (17/12) saat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    MEDAN (Waspada): Detasemen Khusus (Densus)88 Anti Teror Mabes Polri memboyong tiga terdugateroris yang ditangkap dari kawasan Medan Marelanke Mabes Polri Jakarta, Selasa (17/12). Ketiganya dibawadari Mako Brimob Polda Sumut sekira pukul 15:00dengan pengawalan cukup ketat dari Tim Densus.

    Kasubdit III/Penindakan Aksi Terorisme Densus 88 MabesPolri AKBP Crish H di Mako Brimob Poldasu, Selasa (17/12)mengatakan, ketiga terduga teroris itu dibawa ke Jakarta melaluiKualanamu International Airport (KNIA) Deliserdang. Ketiganyadibawa dengan wajah ditutup. Sementara sejumlah petugasmelakukan pengawalan menggunakan senjata lengkap.

    Ada dugaan ketiganya terlibat dalam jaringan kelompokFadly Sadama yang di dakwa atas kasus perampokan Bank CIMBNiaga di Jl.AR Hakim Medan pada 2010, kata AKBP Chris.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Presiden SBY: Amit-amitJangan Ada Korupsi Darah

    JAKARTA (Antara): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) mengingatkan masyarakat untuk tidak sekali-kalimengkorupsi darah Palang Merah Indonesia (PMI).

    Amit-amit jangan ada korupsi darah, karena dosanya akansangat sulit diampuni oleh Tuhan, pesan Presiden dalampidatonya usai penganugerahan tanda kehormatan Satyalan-cana Kebaktian Sosial untuk pendonor darah 100 kali di HotelSahid, Jakarta, Selasa (17/12).

    Penghargaan dianugerahkan kepada 21 orang mewakililebih dari 950 orang pendonor darah dari 21 provinsi. JawaTimur menempati urutan teratas dengan lebih dari 400 pendo-nor darah 100 kali, disusul DKI Jakarta dengan sekitar 100 orang.

    Atas nama kepala negara, pemerintah dan pribadi, PresidenSBY menyampaikan penghargaan kepada para pendonor darahsukarela.

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    JAKARTA (Antara): Kejak-saan Agung (Kejagung) mena-han CLM diduga terlibat ko-rupsi dalam pelaksanaanpekerjaan Life Time Extention(LTE) Gas Turbine 2.1 Pem-bangkit Listrik Tenaga Gas Uap(PLTGU) Blok 2 Belawan di Ru-mah Tahanan Salemba Ca-bang Kejagung RI.

    Tersangka ditahan sam-pai 20 hari ke depan terhitungdari 16 Desember 2013 sampai4 Januari 2014, kata KepalaPusat Penerangan Hukum

    Kejagung Tahan TersangkaKorupsi PLTGU Belawan

    (Kapuspenkum) Kejagung,Setia Untung Arimuladi diJakarta, Senin (16/12) malam.

    Dalam kasus tersebut, Ke-jagung sudah menetapkanlima tersangka, yakni, CLM(mantan General ManagerKITSBU), SDS (Manager Sek-tor Labuan Angin), SD (Direk-tur Produksi PT DirgantaraIndonesia/mantan DirekturUtama PT. Nusantara Turbindan Propolasi). RC (karyawanBadan Usaha Milik Negara PT.PLN Pembangkit Sumbagut)

    dan MA (karyawan Badan Usa-ha Milik Negara PT. PLN Pem-bangkit Sumbagut). Dalamkasus tersebut diduga terdapatbeberapa dugaan tindak pida-na korupsi, katanya.

    Setia Untung menjelaskandugaan tersebut, antara lain,pekerjaan tidak sesuai dengankontrak, output mesin yangseharusnya 132 MW ternyatahanya 123 MW dan pekerjaanLife Time Extention (LTE) Gas

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    PERBAUNGAN ( Was-pada): Seorang pria tanpaidentitas (Mr X) ditemukantewas oleh warga di perlinta-san Kereta Api (KA), kawasanLingk.VI, Kel. Tualang, Kec.Perbaungan, Kab.SerdangBedagai, Selasa(17/12) pagi.Kondisi tubuh korban terpo-tong beberapa bagian.

    Korban diduga pria me-ngalami ganguan jiwa (ku-rang waras). Hal tersebut ter-lihat dari pakaian yang dike-nakannya. Warga sekitar ti-dak ada yang mengenalmaupu