Waspada, rabu 27 oltober 2015

download Waspada, rabu 27 oltober 2015

of 20

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    429
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 27 oltober 2015

  • SerampangSerampang

    SELASA, Wage, 27 Oktober 2015/14 Muharram 1437 H No: 25094 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    Persaudaraan karena iman jauh lebih kuatdibandingkan persaudaraan karena yang lain. Persaudarankarena seiman dapat meluluhkan warna kulit, suku, rasdan sekat-sekat tanah air. Persaudaraan karena iman abadiselamanya, sejak di dunia sampai di akhirat nanti. Orangmukmin setiap lepas sembahyang selalu mendoakanorang mukmin lainnya, baik yang dikenal maupun yangtidak bertemu sama sekali.

    Allahumaghfirlilmukminina wal mukminat, ya Allahampunilah kaum mukminin dan mukminat...... Sesung-guhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itudamaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalahkepada Allah supaya kamu mendapat rahmat (QS. al-Hujurat:10) Doa seperti ini juga menjadi salahsatu rukunkhutbah Jumat.

    Kokohnya persatuan orang mukmin tak terlepas darisatu tujuan hidup, yakni berubudiyah kepada Allah SWT.mencari ridha-Nya, dan sama-sama ingin masuk surgakarena itulah sejak di dunia, orang mukmin sejati takpernah bermusuhan sesamanya. Bila mereka bertemu

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Al Bayan

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    - Cepat pulangPak, asap sudahke Jakarta

    - He...he...he...

    Harga Eceran: Rp3.000

    Aktivitas Sekolah Tunggu BMKG

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Persaudaraan SeimanOleh Tgk H. Ameer Hamzah

    MEDAN (Waspada): Dukungan darikaum ibu pengajian terus mengalir kepadapasangan nomor urut 1 Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution. Di usia yang baru 7 bulan,Pengajian Wanita Medan (PWM) mengakusenang dengan gaya kepemimpinanDzulmi Eldin.

    Ketua PWM Dewi Harahap, di GrandKanaya Hotel, Senin (26/10), dalam acarasilaturahim dan peringatan Tahun BaruIslam 1437 H menyampaikan, dibentuknya

    Waspada/Ist

    CALON Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama istri diabadikan bersama ibu-ibu pengajian,Senin (26/10).

    Eldin Jadi Idola Kaum PWMPWM ini untuk dapat mengembangkansyiar Islam.Untuk itu bagi wanita muslimdiimbau untuk dapat bergabung dalampengajian ini.

    Kita semua berkumpul untuk menda-lami ilmu agama dan dapat menciptakananak-anak yang berakhlak baik, katanya.

    Selain mendalami ilmu agama,pengajian ini bertujuan mempererat tali

    Antara

    KABUT ASAP DI JAKARTA: Kabut asap tipis menyelimuti kawasan Masjid Istiqlal di Jakarta,Senin (26/10). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan sebaran kabutasap kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan ke wilayah DKI Jakarta terjadi akibatarah angin sejak Jumat (23/10), namun demikian warga DKI Jakarta tidak perlu khawatirkarena bersifat sementara dan belum berbahaya.

    MEDAN (Waspada): Pj. Wali Kota Medan Randiman Tarigan masih me-nunggu Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengaktifkan kembalikegiatan belajar mengajar di semua tingkatan sekolah di Kota Medan padaRabu(28/10).

    MEDAN (Waspada): Reskrim Unit Pidum Polresta Medanmerencanakan Selasa (27/10) hari ini melakukan prarekonstruksi kasus perampokan disertai pembunuhan dilokasi kejadian di Jl. Sei Padang No. 143, Lingk. V, Kel.Padangbulan Selayang I, Kec. Medan Selayang.

    Hal itu dikatakan KasatReskrim Polresta MedanKompol Aldi Subartonokepada Waspada melaluiKanit Pidum AKP Bayu PutraSamara, Senin (26/10).

    Katanya, pra rekons-truksi ini untuk mencocok-kan keterangan tersangka diberita acara pemeriksaan(BAP) mulai dari perenca-naan sampai aksi peram-pokan dan pembunuhandengan kejadian yang dilapangan.

    Terkait harta benda kor-ban yang diambil tersangka,AKP Bayu menjelaskan, per-hiasan milik korban yangdibawa tersangka masih kitahitung dengan memintabantuan toko emas.

    Tentang keterlibatanorangtua tersangka, AKPBayu menjelaskan tidak ter-libat.Orangtua tersangkamengetahui setelah dikasianaknya usai merampokdan pembunuhan.

    Pantauan Waspada, ketiga tersangka masih menjalanipemeriksaan secara intensif di ruang penyidik Reskrim UnitPidum di lantai II gedung Reskrim Polresta Medan.

    Hari Ini PraRekonstruksi

    Perampokan DanPembunuhan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Waspada/Rizky Rayanda/B

    KETIGA tersangka pembunuhan dan perampokan yang akan melakukan pra rekonstruksihari ini.

    PENGADILAN Negeri Medan depan Ruang Cakra V,Senin(26/10) siang, tiba-tiba terjadi kegaduhan dan diiringijerit tangis.

    Peristiwa itu sontak menggegerkan para pengunjungdan keluarga yang mencari keadilan di sana.

    Pengasuh BunuhAnak Majikan

    Divonis 12 Tahun,Denda Rp1 M

    Dan, kegaduhan hari itu bersumber dari tante balita yangtewas dibunuh pembantunya sendiri, yang oleh majelishakim yang menyidangkan kasus tersebut dijatuhi hukuman12 tahun penjara dan didenda Rp1 miliar.

    Bahkan, Kris selaku tante korban yang berteriak-teriaktidak menerima pembunuhkeponakannya dijatuhihukuman 12 tahun penjarajatuh pingsan.

    Melihat itu, security PNMedan langsung mengeva-kuasi Kris ke ruang depanpengadilan untuk menda-patkan udara segar. Di situKris direbahkan di kursi dandiberi air minum. Namun,Kris masih terlihat histerisdan menangis.

    Keiza Natalina. Belumcukup pembalasannya itu.Harusnya dihukum mati diaitu. Biar Tuhan yang akanmembalasnya, teriak wani-ta berambut panjang danpirang ini.

    Ayah korban, SimonPetrus Simanjuntak, terlihattak percaya atas putusanhakim yang dinilai jauh darirasa keadilan.

    Saya sangat kecewaatas putusan hakim. SayaWaspada/Sulaiman Hamzah/B

    TERDAKWA pembunuh anak majikannya Timeria Waruwu alias Ria divonis 12 tahun penjaradan denda Rp1 miliar di PN Medan, Senin (26/10). Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Rencananya sekolah aktifkembali pada Rabu (28/10),tapi kita masih menunggu dariBMKG.Kalau besok (hari ini)kondisi kabut asap sudah baik,seluruh sekolah kita mintakembali aktif seperti biasa,kata Randiman kepada Was-pada, Senin (26/10).

    Randiman mengharapkanada keterangan dari BMKG,

    kondisi cuaca sudah mem-baik.Namun, kata dia, bilanantinya kondisi asap masihdi level zona merah, libursekolah dilanjutkan.

    Terkait masih ada sekolahswasta yang tidak meliburkansiswanya? Randiman akanmeminta Dinas Pendidikanmenegur sekolah tersebut.

    Kita kasihan melihat

    anak-anak itu dengan kondisiasap saat ini. Kita ketahui aki-bat asap ini sejumlah anak ter-jangkit penyakit ISPA. Jadi,saya minta kepada seluruhsekolah agar meliburkansekolahnya kalau kondisi asapsemakin membahayakan,ujarnya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Waspada/Rizky Rayanda/B

    JAMAAH haji gabungan berada di aula saat tiba di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan,Senin (26/10).

    Kloter Gabungan Pulang,2 Tinggal Di Arab Saudi

    MEDAN (Waspada) : Sebanyak 40 orang jamaah haji Klotergabungan Debarkasi Medan, yang pulang Minggu (25/10),melalui Banda Aceh, tiba di Asrama Haji Medan, Senin(26/10) malam.

    Kloter gabungan masing-masing dari Medan , Banda Acehdan Banjarmasin. Sedangkan 40 jamaah setibanya di AsramaHaji Medan, diterima Panitia Pelaksana Haji Debarkasi Medandiketuai Drs H Tohar Bayoangin MAg, bersama pejabat daerah.

    Kankemenag Madina, Drs H Muksin Batubara,MPd dalamsambutannya mengharapkan semua jamaah yang kembalimenjadi haji mabrur.

    Selamat datang jamaah Kloter gabungan, Medan, Madina,Simalungun, Asahan dan Deliserdang. Semoga menjadi tokohagama di wilayahnya masing-masing, ujarnya.

    Seorang jamaah haji atas nama Misrah, menyampaikanrasa suka citanya saat tiba kembali di Medan. Bersama rombo-ngan, kata dia, selama 40 hari di tanah suci dan kembali melaluiBanda Aceh, sempat melawat ke berbagai tempat.

    Ratusan RumahTerendam Di Agara

    KUTACANE (Waspada): Banjir yang melanda dibeberapa kecamatan di wilayah Aceh Tenggara, Sabtu(24/10) dinihari, mulai surut.

    Namun, banjir yang merendam Desa Tualang Sem-bilar, Tembilakh Bakhu di Kec. Bambel, Desa Kuta LengatPagan, Mbaksako, Tualang Baru, Bambel Baru dan AlurBuluh di Kec. Bukit Tusam sampai Senin(26/10), belumsurut. Bahkan di Desa Tualang Sembilar dan TembilakhBakhu, ketinggian air akibat meluapnya Sungai Alas danjebolnya beronjong mencapai setengah sampai 1 meter.

    Sementara, beberapa warga yang rumahnya rusakhanyut dan terendam, terpaksa mengungsi di tendapengungsian dan di rumah sanak saudara mereka danposko banjir di Desa Bambel Baru, Mbaksako dan KutaLengat Pagan maupun Desa Alur Buluh, Kec. Bukit Tusam.

    Korban yang isi rumahnya terseret banjir, yakni Seha-pruddin Pagan, warga Tembilak Bakhu.Bahkan, rumah-nya terseret air hingga ke tengah aliran Sungai Alas.

    Sehap didampingi Hasnullah, Kabid Pecegahan danKesiapsiagaan BPBD Agara mengatakan, ada tiga rumahwarga yang hanyut dibawa arus sungai, sebagian lagidibongkar karena tepat berada di tengah aliran SungaiAlas dan sebagian besar lagi masih terendam dan diting-galkan pemiliknya.

    Rumah warga di desa induk Tualang Sembilar yanghanyut dan rusak, di antaranya milik Sehnuddin, Kepala

    Antara

    SEORANG anak berusia 10 tahun bernama Nanda meng-hirup oksigen dari tabung yang disediakan secara gratisdi Rumah Singgah Oksigen di Kantor Pramuka Riau,di Kota Pekanbaru, Senin (26/10).

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Korban Asap BerjatuhanJAKARTA (Waspada): Korban asap berjatuhan seiring

    semakin tercemarnya udara akibat kabut asap kebakaranhutan dan lahan menyebabkan sedikitnya 10 orangmeninggal, 503 ribu jiwa terkena infeksi saluran perna-pasan atas (ISPA) dan 43 juta jiwa terpapar asap.

    Sebaran asap di Sumatera dan Kalimantan sampaikini masih meluas, bahkan asap telah menyebabkankualitas udara menurun di Filipina, Malaysia dan

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    LUBUKPAKAM (Waspa-da): Bupati Deliserdang HAshari Tambunan, mengada-kan pertemuan dengan Asis-ten, p