Waspada, rabu 1 oktober 2014

download Waspada, rabu 1 oktober 2014

of 27

  • date post

    04-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    714
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 1 oktober 2014

  • SerampangSerampang

    RABU, Pon, 1 Oktober 2014/6 Dzulhijjah 1435 H No: 24713 Tahun Ke-68 Terbit 24 Halaman

    Al Bayan

    HAJARUL Aswad adalah batu hitam yang dilengketdi sisi pojok Timur Kabah. Dari pojok ini juga jamaahhaji dan umrah mulai berthawaf (keliling Kabah) tujuhputaran. Menurut sejarah, Hajarul Aswad adalah batusuci yang diturunkan oleh Malaikat Jibril dari surga. Duluwarnanya sangat putih (abyadz), kemudian menjadi hitamkarena telah disentuh oleh orang-orang yang berdosa(musyrik) di zaman jahiliyah. Kisah lain tentang HajarulAswad adalah bukan batu dari surga tetapi batu dari JabalQubis yang diambil oleh Nabi Adam dan dibawa ke Kabah,Wallahu alam.

    Waktu Nabi Muhammad berusia 35 tahun, Kabahpernah rusak diterjang banjir bah. Orang-orag Quraisybergotongroyong memperbaikinya. Dalam hal initermasuk Nabi Muhammad SAW yang waktu itu belumdiangkat sebagai rasul.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6 - Mual melintasijalan provinsi

    - He...he...he...

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    Ada-ada Saja

    Sinabung Muntah Lagi

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Hajarul AswadOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Gara-garaCinta DiperasRatusan Juta

    CINTA ternyata tak hanyamembuat orang jadi berbu-nga-bunga ,tetapi juga bisaberurusan dengan polisi. Con-tohnya Hartono.Pria ini me-n g a k u m e n j a d i k o r b a n

    MAKKAH (Waspada): Jamaah calon haji mulai bersiap-siap ke Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina), Kamis(2/10). Para jamaah kemarin diberi bimbingan. Misalnya,pimpinan kelompok terbang (Kloter) jamaah calon hajiasal Indonesia meminta para jamaahnya untuk mematuhiwaktu-waktu pelontaran sesuai dengan jadwal yang sudahditetapkan, seperti jamaah yang tergabung di Kloter 14Medan, sudah diimbau ustadz Dr Syafii Siregar dipemondokan Kloter tersebut, Selasa (30/9), agar dapatmengikuti beberapa panduan dan senantiasa menepatiwaktu saat berada di Arafah.

    Jangan membawa barang-barang tentengan ketikapergi ke Masjidil Haram atau saat melontar Jamarat, katanya.

    Seperti diketahui bahwa tahun 1435 H ini merupakanhaji akbar yang pelaksanaan wukufnya 9 Dzulhijah ataupersis pada Jumat (3/10). Seluruh Calhaj Indonesia yangjumlahnya 168 ribu lebih sudah berangkat menuju Arafahpada Kamis (2/10).

    Tidak ada satu pun jamaah pada hari itu yang bolehtinggal di Makkah. Mereka yang dalam perawatan dirumah sakit akan diangkut ke Arafah menggunakanambulans. Tidak boleh ada yang tinggal, jelas Ustad Syafiiyang juga menjelaskan kepada jamaah tata cara saat wukufdi Arafah. Dia juga menjelaskan, untuk orang-orang yanglanjut usia dan yang sakit saat berada di Arafah diberikeringanan untuk mewakilkan kepada orang lain saatmelontar Jamarat.

    Pelaksanaan haji akbar kali ini dipastikan akan dipadatijamaah, termasuk warga Arab Saudi yang menunggu saat-saat seperti tahun ini. Sementara itu jamaah haji yangselesai wukuf, demi mendapat pahala yang lebih besarsesuai dengan praktik haji Rasulullah saw, boleh tetaptinggal di Masyair Mina sampai 13 Dzulhijah. Dan untukmenjaga keselamatan agar ibadah haji kita lancar, jamaahkita juga diminta untuk menunda pergi ke Masjidil Haramsampai setelah hari Tasyriq.(**)

    Laporan Hendra DS

    Besok CalhajKe Arafah

    Waspada/Hendra DS

    MENUNGGU keberangkatan ke Arafah pada Kamis (2/10) besok, jutaan jamaah Calhaj terus memadati Masjidil Haram.

    Takut KPK, AlasTidur Di Arafah Tipis

    MAKKAH (Antara): Fasilitas jamaah haji di Arafah,terutama alas untuk tidur, akan lebih buruk dibandingtahun lalu karena saat ini hanya menggunakan fasilitasstandar dan tidak dilengkapi dengan karpet yang lebihtebal yang harus disewa dengan tambahan biaya.

    Tahun lalu ada inisiatif dengan tambahan karpet dantambah biaya. Namun BPK dan KPK mempersoalkan,kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di selameninjau fasilitas jamaah haji Indonesia yang akandigunakan saat melaksanakan Wukuf di Padang Arafah,Selasa (30/9).

    Lukman Hakim mengatakan alas tidur di tenda jamaahhaji akan kembali keadaan semula yakni fasilitas standaryang disediakan oleh muassasah (swasta Arab Saudi yangmenangani jamaah haji). Fasilitas standar alas tidur tersebutberupa ambal yang sudah berdebu, kumal dan lusuh.Seorang jamaah haji memang membayar general servicefee (biaya pelayanan umum) kepada pemerintah ArabSaudi dalam melaksanakan ibadadah haji.

    General service fee ini antara lain digunakan untukfasilitas di Arafah, Muzdalifah, Mina dan juga saranatransportasi.

    Sebenarnya, kata Lukman, tahun lalu alas tidur tersebutditambah lagi dengan karpet, namun memang harus adabiaya tambahan. Hal ini dipersoalkan oleh BPK dan KPKkarena dinilai terjadi pembiayaan ganda karena sudahada alas, namun menyewa kembali.

    Oleh karena itu, kata Lukman Hakim, tahun ini sulitbagi Kemenag untuk kembali mengadakan karpet bagijamaah haji.

    Menag mengatakan, tahun depan akan dipikirkan agarjamaah bisa menyediakan ambal yang layak bagi parajamaah. Kemenag akan menyakinkan pihak pengawasagar penambahan biaya yang dapat memberikan manfaatbagi jamaah bisa ditolerir.

    Sementara itu kondisi tenda di Mina relatif cukup baikdibanding Arafah, karena selain disediakan karpet yanglebih tebal juga disediakan alat pendingin.

    INCHEON (Waspada): Pe-nyelenggara Asian Games 2014Incheon, Korsel, Selasa (30/9),resmi mengeluarkan atlet Ma-laysia, Tai Cheau Xuan, peraihmedali emas cabang olahragawushu setelah dia menjadi at-let ketiga dinyatakan positif do-ping pada pesta olahraga itu.

    SIMPANG EMPAT (Waspada) : Gu-nung Sinabung di Kab. Karo, SumateraUtara yang masih dinyatakan statusSiaga (Level III) kembali menunjukanaktivitasnya, dengan meluncurkan awanpanas sejauh 3,5 Km, Selasa (30/9).

    Dampak luncuran awan panas tersebutmengeluarkan abu vulkanik sejauh 2 Km,mengarah ke timur timur laut, tepatnya arahKec. Simpang Empat dan Berastagi sekitarnya.

    Luncuran awan panas dalam sehari Selasa,sudah empat kali, terhitung mulai pukul 07:00,12:50, 15:51, dan terakhir pukul 17:20 denganluncuran besar disertai abu vulkanik.

    Untuk saat ini sudah empat kali luncuranawan panas, namun paling besar yang terakhirkali atau sore ini dengan durasi sekitar 147 detik.Di mana luncuran disertai turunnya abu vulkanikmengarah ke arah timur timur laut, tepatnyaBerastagi sekitarnya, kata Pemantau GunungApi (PGA) Windi Cahya kepada Waspada usailuncuran awan panas tersebut.

    Dia mengimbau kepada warga agar mengu-nakan masker atau kaca mata jika ke luar rumahmengingat abu vulkanik sedang turun.

    Sementara itu, Camat Simpang Empat,Kazman Sembiring mengimbau warga tetapmenjaga kewaspadaan terutama warga yangsedang berada di areal perladangan dan segera Waspada/Dede Basri Hasibuan

    GUNUNG Sinabung sedang mengalami guguran awan panas sejauh 3,5 Km dengan kolom abu vulkanik sejauh 2 Km terlihat jelas dari Kec. SimpangEmpat Kab. Karo. Dalam sehari, Selasa (30/9) mengeluarkan awan panas dan abu vulkanik empat kali.Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Wordpress.com

    MEDALI perak atlet wushu Sumatera Utara, Juwita Niza Wasni(kanan), berubah menjadi emas setelah Tai Cheau Xuan (tengah)terbukti doping pada Asian Games 2014 di Incheon, Korsel.

    Atlet Sumut KagetDapat Emas AGBerkah Doping Pewushu Malaysia

    Atlet berusia 24 tahun ituterbukti positif menggunakanobat terlarang setelah meme-nangkan medali emas perta-ma bagi Malaysia dalam per-tandingan yang digelar pada20 September lalu, ujar De-wan Olimpiade Asia (OCA).

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    KUALANAMU, Deliserdang (Waspada):Petugas Pengamanan Kualanamu Internatio-nal Airport (KNIA) mengamankan dua wanitadan menyita sabu seberat 1,3 Kg dari keduanya.

    Informasi Waspada peroleh Selasa (30/9),setelah kedua wanita itu diintrogasi di SecurityBuilding,diketahui dua wanita berinisial S,kelahiran Tandem, 3 April 1973, warga Binjai,dan L, kelahiran Tandem, 8 Maret 1962,wargaTandem Hilir I, Kec.Hamparanperak, Deliser-dang, akan berangkat ke Surabaya menggu-nakan Lion Air JT 0978.

    Penangkapan kedua wanita itu berawaldari kecurigaan salah satu petugas yang standby di X-Ray, tepatnya di boarding loungedomestik gate 11. Kedua wanita tersebut keKNIA menumpang transportasi moda Damri.Cek in di KNIA sekira pukul 17.40, namunsebelum take off menuju Surabaya sekirapukul 19:30, keduanya tertangkap.

    Saat diperiksa ditemukan 13 bungkus ser-buk putih diduga sabu, yang disimpan di ba-wah kemaluan kedua wanita tersebut.

    Petugas KNIA Amankan DuaWanita Dan Sita Sabu 1,3 Kg

    Waspada/Ist

    BARANG bukti sabu seberat 1,3 Kg yangdisita petugas di KNIA tadi malam. Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Polisi Tangkap PasutriGelapkan 27 Mobil Rental

    MEDAN (Waspada): Reskrim Unit Ranmor Pol-resta Medan bekerjasama dengan Polda Metro Jayamenangkap pasangan suami isteri tersangka penggela-pan 27 mobil rental dalam penyergapan di Tangerang,Rabu (24/9).

    Kedua tersaangka IS, 37 dan UL, 35, warga Jl. Tani Asli,Sunggal kemudian diboyong ke Mapolresta Medan untukdilakukan pemeriksaan.

    Kasat Reskrim Polresta Medan melalui Kanit RanmorAKP Zupri Siregar kepada wartawan, Selasa (30/9) menga-takan, dari tersangka masih kita sita satu mobil Avanza.

    Masih kita lakukan pencarian dimana saja mobil yanglainnya digadaikan. Kasus ini masih kita kembangkan,katanya.

    Pengakuan tersangka lanjutnya, sudah ada 27 mobilrental yang digadaikan dengan modus yang sama, rentalmobil kemudian digadaikan.

    Informasi di Polresta Medan, kedua tersangka ditang-kap setelah polisi menerima laporan kasus penggelapanpuluhan mobil. Reskrim Unit Ranmor yang menerimainformasi dari korban tersangka kabur ke Jakarta mem-burunya ke sana dan bersama Polda Metro Jaya menang-kap tersangka.

    Lanju