Waspada, rabu 16 desember 2015

download Waspada, rabu 16 desember 2015

of 25

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    706
  • download

    36

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 16 desember 2015

  • SerampangSerampang

    RABU, Wage, 16 Desember 2015/4 Rabiul Awal 1437 H No: 25144 Tahun Ke-68 Terbit 24 Halaman

    JANJI memang ringan diucapkan namun beratditunaikan. Padahal janji yang telah diucapkan haruslahditepati karena akan ditanya atau dimintai pertanggung-jawabannya oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allahdalam surat Al-Isra: 34 yang artinya Penuhilah janji,sesungguhnya janji akan dimintai pertanggungjawa-bannya

    Menepati janji merupakan kewajiban, perhatikan firmanAllah dalam surat An-Nahl: 91 berikut: dan, tepatilah per-janjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlahkamu membatalkan sumpah-sumpah itu, sesudahmeneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allahsebagai saksimu. Sesungguhnya Allah mengetahui apayang kamu perbuat.

    Orang yang tidak menepati janji tanpa alasan yangdibolehkan syariat akan mendapatkan dua dosa. Pertama,dosa terhadap orang yang telah kita berikan sebuah janjiyang tidak ditepati. Hatinya akan terluka. Kedua, dosa kita

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    3 Paslon Tolak Hasil Pilkada Sergai

    - Sergai gaduh,Medan tetap,Simalungunberliku

    - He...he...he...

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Al Bayan

    Lanjut ke hal A2 kol. 1 Lanjut ke hal A2 kol. 1waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Waspada/Rizky Rayanda/B

    SEJUMLAH petugas melihat kondisi kereta api Sri Lelawangsa yang keluar jalur di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Selasa (15/12).

    LHOKNIBONG (Was-pada): Dua bersaudara diDesa Pantee Rambong, Kec.Pante Bidari, Aceh Timurmembunuh adik kandung-nya sendiri hanya karenaberselisih paham denganorang lain.

    Jenazah korban Nurdin,27, ditemukan terkubur disumur tua kebun sawit DesaPantee Rambong, sepekansetelah kejadian denganposisi tangan dan kaki terikat.

    Sementara pelaku MM,45, dan HR, 30, abang kan-dung korban serta DL, 30,juga warga Pantee Rambongsudah ditangkap di tigatempat terpisah, Senin(14/12) malam, dan kiniditahan di Mapolres AcehTimur di Peudawa.

    Abang kandung korbanMM dan HR ditangkap dikediamannya di Dusun AlueNek, Desa Pante Rambongsekira pukul 19:00, sedang-kan DL ditangkap di Alue Ie

    Dua Saudara Bunuh Adik Kandung

    Waspada/Musyawir/B

    JENAZAH Nurdin dikeluarkan dari sumur tua disaksikanKapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman, Kasat ReskrimAKP Budi Nasuha Waruwu, Selasa (15/12).

    Puteh, Kecamatan Baktiya, AcehUtara sekira pukul 23:30, kataKapolres Aceh Utara AKBPHendri Budiman, di dampingiKasat Reskrim AKP Budi Na-suha Waruwu usai pembong-k a r a n k u b u r a n k o r b a n ,

    Selasa (15/12).Kapolres menyebutkan,

    pembunuhan bermula dariselisih paham antara korbandengan Teuku Mus, pemilik

    JAKARTA (Waspada): Gubernur AcehZaini Abdullah tidak akan maju sebagai calongubernur pada suksesi 2017. Tapi Abu Doto,panggilan akrab gubernur Aceh ini me-ngaku sudah mempersiapkan PutraMahkota untuk memimpin Aceh periode2017 -2021.

    Gubernur Zaini Abdullah yang diwa-wancarai Waspada di hotel Saripan PasifikJakarta, Selasa (15/12), belum bersediamenyebutkan nama kandidat gubernur yangdidukungnya itu.

    Sudah ada orangnya Abu? Kana, ja-wab Gubernur dalam bahasa Aceh, yangberarti sudah ada. Apakah kandidattersebut Tarmizi Karim? Abu Doto tidakmenjawab. Dia hanya tersenyum.

    Ketika ditanya tentang Zakaria Saman(Apa Karya), gubernur mengisyaratkan agarmembenahi partai saja dulu. (Zakaria Samanbersama Zaini Abdullah dan Malik MahmudAlhaitar sebagai Tuha Peut Partai Aceh).

    Lalu, bagaimana dengan Muzakir Manaf?Abu Doto langsung menegaskan, bekkeupeu nyan, (jangan, untuk apa itu).

    Dalam wawancara sekitar satu jam,gubernur Zaini menyatakan diperlukan sosokpemimpin yang bisa diterima semuakalangan. Mampu membawa perubahandan bisa mensejahterakan dan kemakmuranrakyat. Mampu mendatangkan investor. Bisamenghidupkan perekonomian Aceh,misalnya seperti pelabuhan Lampulo,Banda Aceh yang dijadikan pusat kegiatanHari Nusantara, kemarin.

    PunyaPutra

    Mahkota

    Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Lagi, Deliserdang RaihPrestasi Nasional

    LUBUKPAKAM (Waspada): Pemerintah KabupatenDeliserdang di bawah kepemimpinan duet tangan dinginBupati H. Ashari Tambunan bersama Wabup H. ZainuddinMars menjelang berakhirnya tahun 2015, lagi-lagi mengukirprestasi di tingkat nasional dengan diraihnya penganu-gerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan PublikMenurut UU 25 Tahun 2009.

    Penganugerahan Predikat Kepatuhan tersebut akanditerima Wakil Bupati Deliserdang H. Zainuddin Mars dariPresiden Joko Widodo di Hotel Aryaduta Jl. Prapatan 44-48 Jakarta Pusat, hari ini (Rabu 16/12).

    Sedang beberapa hari sebelumnya tercatat empat prestasinasional diterima Pemkab Deliserdang dari pemerintahpusat, yaitu Piala Adipura kategori kota kecil untuk KotaLubukpakam, Piala Paramakarya, juara pemenangpenanaman pohon dan penghargaan Regional MarketingAward sebagai Pemenang Gold Katagori Kabupaten, karenaberhasil mendorong pembangunan ekonomi di daerahnyaterlebih dalam melakukan terobosan mikro bidang ekonomikreatif inovatif Tahun 2015.

    Kepala Dinas Infokom Deliserdang, Neken Ketaren didampingi Kasi Peliputan, Mhd. Ari Simatupang di ruangkerjanya, Selasa (15/12), membenarkan penganugerahanPredikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik MenurutUU 25 Tahun 2009 yang akan diterima Wakil Bupati

    MEDAN (Waspada): Kereta api Sri Lela-wangsa No. KRDI-3K330901 yang sedang lansirdari stasiun besar tiba-tiba ke luar jalurmenyeruduk bantalan rel hingga terjungkit keatas gundukan bantal terbuat dari beton, diperlintasan kereta api Jl. MT Haryono, KelurahanGg.Buntu, Kecamatan Medan Timur, Selasa(15/12) sekitar pukul 14:00.

    Menurut saksi mata, secara perlahanmasinis memundurkan empat gerbong keretaapi tanpa penumpang, namun tiba-tiba remtak berfungsi (blong) sehingga kereta api perlahanmenaiki bantalan, dan sempat terjungkit keatas. Tapi akhirnya bisa ditarik kembali dandiposisikan secara normal.

    Para pegawai PT KAI Divre I Sumut-Acehyang tiba di lokasi enggan memberi keteranganseputar peristiwa anjloknya kereta api ini.

    Bahkan Kepala Stasiun Besar Kereta apiMedan Nuruddin yang sempat terlihat olehawak media di lokasi kejadian, langsung ngacirentah ke mana.

    Humas PT KAI Divre I Sumut-Aceh RafinoSitumorang ketika dihubungi melalui telepon,mengatakan tidak ada kejadian apa-apa. Keretaitu hanya lansir tidak bertugas (tidak bekerjamembawa penumpang).(m24/h04/J)

    KA Sri LelawangsaSerudukPembatas Rel

    Menepati JanjiOleh: Junaidi, M.Si

    Lawan SenjataDengan Kentut

    KELOMPOK antipenggu-naan senjata melakukandemonstrasi dengan cara yangunik. Mereka membawa alatyang jika dibunyikan menim-bulkan suara mirip kentut.

    Kelompok antisenjata inibergabung dalam demonstrasiyang mereka namakan MassFarting (kentut massal), seba-gai lawan dari Mass Shooting

    SEIRAMPAH (Waspada): Tiga pasangan calon(Paslon) bupati dan wakil bupati Serdangbedagaiyang bersaing dalam Pilkada 9 Desember lalu,yakni Paslon nomor urut 1, Indra Syahrin - SyafrulHayadi (Insyaf), paslon nomor 2, Syahrianto M.Riski Ramadhan Hasibuan (Syahdan), dan paslonnomor 3, A. Rahim - Ali M. Madhy (Rahmad),sepakat menolak hasil penghitungan suara.

    Tak Mungkin Pilkada Susulan Di Medan JR Saragih Tak Bisa Ganti PasanganKe tiga Paslon, A. Rahim,

    Syahrianto, Indra Syahrin danRiski Ramadhan, Senin (14/12)malam di Sei Rampah menya-takan alasan penolakan hasilPilkada yang telah direkapitu-lasi di tingkat KPPS dan PPK,karena terindikasi pasanganpetahana telah melakukankecurangan secara prinsip,sistematis, terstruktur dan

    masif dengan melibatkan PNSPemkab Sergai di seluruh ting-katan, dalam hal ini Pj BupatiSergai, para staf ahli, asisten,kepala SKPD, camat hinggakepala desa dan dusun.

    Petahana telah merancangpengkondisian sejak akhir masajabatan dengan melantik 98pejabat eselon III dan IV yangsemua merupakan orang-orang

    beliau yang sudah disusun un-tuk memenangkan beliau,kata Syahrianto.

    Fakta lainnya, lanjut Syah-rianto, penempatan Pj BupatiSergai, Alwin yang notabeneabang ipar Plt Gubsu T. ErryNuradi yang juga Ketua NasDemSumut, partai yang mengusungPaslon nomor 4, juga abangkandung Azmi Yuli Sitorus,

    Ketua DPC Demokrat Sergaijuga partai pengusung paslonpetahana.

    Menurut Syahrianto, men-jelang Pilkada terjadinya politikuang hampir di seluruh keca-matan di Sergai yang dilakukanPaslon nomor 4, denganmelibatkan jaringan birokrasi,salah satu kasus pemilih diDesa Melati II, Kec. Perbaungan

    yang dijanjikan dibayar Rp50ribu setelah mencoblos no-mor 4, namun setelah dituntutpemilih, tim suksesnya ing-kar janji.

    Masalah lainnya, kataSyahrianto, terkait APK tidaksesuai desain, DPT serta pen-distribusian C6 oleh pihak pe-nyelenggara disinyalir merugi-kan paslon nomor 1, 2 dan 3.

    Penarikan uang besar-besaran di beberapa SKPD danjuga melalui Dinas PPKAmenjelang pencoblosan jugamenjadi salah satu indikasiberkaitan dengan praktikmoney politics yang terjadiuntuk salah satu paslon,ujarnya.

    Waspada/Edi Saputra/B

    PASLON bupati Sergai nomor 1, 2 dan 3, Indra Syahrin, Riski Ramadhan, Syahrianto danAbdul Rahim (dari kanan ke kiri), usai menyampaikan pernyataan sikap mereka, Senin(15/12) malam di Sei Rampah.

    Lanjut ke hal A2 kol. 6

    Presiden Minta MKDDengarkan Suara Publik

    JAKARTA (Antara): Presiden Joko Widodo minta MajelisKehormatan Dewan (MKD) mendengarkan suara publik dalammengambil keputusan soal dugaan pencatutan namanya dalampertemuan membahas perpanjangan kontrak PT FreeportIndonesia. Dengarkan suara publik, dengarkan masyarakat,kata Presiden kepada wartawan usai acara PenyerahanPenghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015di Istana Negara Jakarta,