Waspada, rabu 2 april 2014

download Waspada, rabu 2 april 2014

of 32

  • date post

    23-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    835
  • download

    46

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, rabu 2 april 2014

  • SerampangSerampang

    RABU, Legi, 2 April 2014/2 Jumadil Akhir 1435 H No: 24538 Tahun Ke-68 Terbit 28 Halaman

    Al Bayan

    Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada paramalaikat!Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah merekasemua kecuali iblis,Dia adalah dari golongan jin, makadia mendurhakai perintah Tuhannya.(QS. Al-Kaffi:50)

    KATA Iblis berasal dari kata balasa yang artinya putusasa. Si iblis ini adalah golongan jin juga yang diciptakandari api. Setelah durhaka, maka makhluk ini dinamakaniblis atau setan. Ada yang mengatakan iblis adalah nenekmoyang si setan. Keduanya memang sangat sombong,congkak dan takabbur.Dia tidak mau bersujud kepadaAdam As yang diciptakan dari tanah liat seperti tembikar.Iblis merasa dirinya lebih hebat sebab diciptakan dariapi. Aku lebih baik dari dia (Adam), Engkau ciptakanaku dari api dan Engkau ciptakan dia dari tanahliat.(QS.Shaad:76)

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    - Baya eh....!- He...he...he...

    WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    MA Vonis RH 5 Tahun

    Harga Eceran Rp3.000,-

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Iblis LaknatullahOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Ada-ada Saja

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Lanjut ke hal A2 kol. 1 Lanjut ke hal A2 kol. 4

    Gubernur KutukPenembak Terindentifikasi

    BANDA ACEH (Waspada) :Polda Aceh telah mengidenti-fikasi pelaku penembakan mobilbergambar Caleg Partai Aceh diDesa Geulanggang Teungoh, Kec.Kota Juang, Kab. Bireuen, yangmenewaskan tiga orang. Satu diantaranya bayi burusia 18 bulan.

    Dalam kasus itu, delapansaksi telah dimintai keteranganuntuk mengungkap pelaku.Sudah teridentifikasi, tapi nantikami sampaikan.Mohon kerja-sama dan bantuannya, kata Ka-bid Humas Polda Aceh, KombesGustav Leo ketika dikonfirmasiwartawan di ruang kerjanya,Selasa (1/4).

    Menurut Gustav, dari peme-riksaan saksi-saksi diketahuipenembakan telah direncanakanpelaku sejak Senin sore. Sejumlahsaksi mata mengaku melihatpelaku menunggu mobil naasyang ditumpangi 11 orangtersebut melintas di lokasi sejakpukul 18:00. Waspada/H AR Djuli

    LOKASI penembakan OTK di kawasan Simpang Kuburan Cina, Desa Geulanggang Teungoh, Kec. Kota Juang,Bireuen, Selasa (1/4).Lanjut ke hal A2 kol. 4

    vvn

    POLISI menunjuk bekas tembakan pada mobil caleg Partai Aceh. Mobil ini ditembak orang tak dikenal padaSenin (31/3) malam. Tiga dari 10 penumpang meninggal.

    Antara

    SELAMATKAN SATINAH: Seorang aktivis membawa poster SaveSatinah ketika aksi simpatik dan doa bersama di kawasanBundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (1/4). Dalam aksinyamereka menuntut kepada Pemerintah untuk mempercepatpembebasan Satinah dan 38 Buruh Migran Indonesia darihukuman pancung di Arab Saudi.

    Rem Truk Blong, 2 Guru TewasPEMATANGSIANTAR (Waspada): Kecelakaan lalu lintas akibat rem

    truk pengangkut inti sawit blong menewaskan dua pengendara keretadan satu sopir kritis di wilayah hukum Polres Simalungun, Selasa(1/4) pagi.

    Informasi Waspada himpun, peristiwa yang terjadi di JalinsumPematangsiantar-Parapat di Dusun Simapang, Desa Saribu Jawa,

    Waspada/Edoard Sinaga

    SEPEDAMOTOR yang diamankan di Markas Sat Lantas PolresSimalungun, Selasa (1/4) pukul 07:30.

    BDB Tidak Cair, TigaGedung Di Kisaran Disegel

    KISARAN (Waspada): Asosiasi kontraktor Asahan, Selasa (1/4), menyegeltiga gedung yang mereka bangun di Kisaran karena sisa pembayaranpekerjaan mereka sekitar Rp 245 miliar belum dilunasi.

    Waspada/Sapriadi

    SALAH seorang kontraktor dari Asosiasi Kontraktor di Asahan menyegelrumah dinas dokter RSUD Kisaran yang baru dibangun menggunakananggaran BDB, karena sampai saat ini sisa pembayaran belum dilunasi.

    Lacak Pria IdamanDari Twitter

    SETELAH mendarat de-ngan menggunakan penerba-ngan American Airlines bulanini, Erica Domesek menyadaribahwa dia telah bertemudengan pria impiannya.

    Namun sayang, satu-satunya masalah bagi wanitaini adalah dia lupa untuk

    AP

    KRITIK KERAS : Pihak keluarga korban pesawat Malaysia Airlines MH 370 di China memproteskeras dengan bermacam teriakan menanggapi keterangan dari pejabat Malaysia seusai temupers di Beijing, China, Selasa (1/4). Pihak keluarga menilai pemerintah Malaysia masih tidaktegas dalam memberikan informasi seputar tragedi pesawat tersebut.

    MEDAN (Waspada) : Mahkamah Agung (MA) resmi mengabulkan permohonan kasasi Jaksa PenuntutUmum (JPU) terhadap vonis bebas Rahudman Harahap (RH) yang diadili Pengadilan Tipikor Medandan memvonisnya dengan hukuman lima tahun penjara.

    Vonis yang dijatuhkanMahkamah Agung lebih tinggisatu tahun dari tuntutan JaksaPenuntut Umum (JPU) Kejak-saan Tinggi Sumatera Utara(Kejatisu) yang menuntut Ra-hudman empat tahun penjaraakibat melanggar Pasal 2 ayat1 Jo Pasal 18 Undang-undangnomor 31 tahun 1999 sebagai-

    mana diubah dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2001Jo 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

    Benar sudah kami terimatadi. Yang saya lihat, huku-mannya 5 tahun penjara. De-tail putusannya saya belumbaca semua, karena langsungdibawa staf saya, kata PaniteraSekretaris PN Medan Bastarial,

    Selasa (1/4).Informasi mengenai putu-

    san 5 tahun penjara terhadapRahudman juga sudah diteri-ma jaksa. Kami sudah men-dapat informasi, Rahudmandihukum 5 tahun penjara.Pasal yang dikenakan hakimsama dengan yang dipakaipada tuntutan, kata sumber

    di Kejati Sumut.Begitupun, pihak JPU ma-

    sih menunggu salinan putusandari Pengadilan Tipikor padaPN Medan.

    Tadi siang, waktu dicek kepengadilan, belum dikirim,katanya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    Hakim TolakTuntutanJanuari Siregar

    NEW YORK ( Waspada):Upaya dari keluarga penum-pang Malaysia Airlines MH370untuk melayangkan tuntutanagar mendapatkan informasilebih besar, ditolak oleh pe-ngadilan. Tuntutan itu diaju-kan melalui sebuah firma hu-kum di Amerika Serikat.

    Hakim di Pengadilan CookCounty Circuit Kathy Flana-gan, tolak tuntutan petisi yangdiajukan salah seorang keluar-ga dari Indonesia. Tuntutan di-ajukan atas nama Januari Sire-gar, ayah dari penumpangMH370 asal Indonesia, FirmanChandra Siregar, demikianmenurut CNN, Selasa (1/4).

    Pengacara yang mewakilifirma hukum Ribbeck Law,Monica Kelly sebelumnya me-lontarkan tuntutan tersebutkepada Boeing dan MalaysiaAirlines. Tuntutan itu memintanama-nama pihak yang terkaitdengan baterai pesawat kemu-dian mendesak detail atas sis-tem oksigen dan api, serta re-kaman data dari badan pesawat.

    Petisi itu juga mendesakdipaparkan mengenai pemili-han dan pelatihan dari awakpesawat Malaysia Airlines. Se-lain itu, pihak Malaysia Airlinesjuga diminta untuk menjelas-kan prosedur darurat dan prak-tik keamanan di pesawat.

    PERTH , Australia ( AP ):Para penyelidik sedang me-lakukan pemeriksaan forensikdari rekaman pembicaraanfinal antara menara pengawasdan kokpit pesawat MalaysiaAirlines Flight 370, sebelumhilang tiga minggu lalu, de-mikian pemerintah MalaysiaSelasa (1/4).

    Sementara Australia , yangmengkoordinasi pencarianBoeing 777-200 ER itu, mem-peringatkan pencarian dapatberlarut-larut sampai mema-kan waktu lama dan akanmenjadi salah satu misteripaling sulit.

    Pemeriksaan forensik bisa

    MH370 Misteri Paling Sulitmenjelaskan siapa yang me-megang kendali kokpit dan me-nentukan apakah terjadi stresatau ketegangan serta suarasiapa yang berkomunikasidengan menara pengawas.

    Menanggapi permintaanmedia yang berulang, peme-rintah Malaysia juga merilistranskrip percakapan, yangmenunjukkan pertukaranyang normal dari kokpit seper-ti minta izin lepas landas, lapo-ran telah mencapai ketinggianjelajah dan sebagainya.

    Good Night Malaysia370, adalah kata-kata terakhiryang diterima oleh pengendalimenara pengawas di bandara

    internasional Kuala Lumpurpada 01:19 pada 8 Maret . Se-nin, pemerintah mengubahrekeningnya transmisi suaraakhir yang sebelumnya tercan-tum sebagai Baiklah, selamatmalam .

    Zona pencarian telah ber-geser ketika para pakar meng-analisa keterbatasan radar pe-sawat dan data satelit, yangbergerak dari laut di lepas pan-tai Vietnam ke perairan di se-belah barat Malaysia dan Indo-nesia, dan kemudian ke bebe-rapa kawasan di barat Austra-lia. Zona pencarian sekarang

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    JAKARTA (Antara): Presi-den Susilo Bambang Yudho-yono (SBY) mengajak semuapihak dalam pemilu legislatifdan pemilihan presiden untuksama-sama menjaga agar ti-dak ada tindakan anarkis sela-ma penyelenggaraan kegiatantersebut.

    Peserta pemilu legislatifdan pemilu presiden harussiap menang, siap kalah. Yangmenang bertenggang rasayang kalah tidak perlu nga-muk, kata Presiden dalam akuntwitternya @SBYudhyono,Selasa (1/4).

    Presiden mengatakan,pengalaman penyelenggaraanpemilihan presiden 1999 dansejumlah pilkada langsung,yang tadinya berjalan damaitiba-tiba menjadi anarkis.

    Kita harus mencegah-nya, kata Presiden.

    Presiden juga mengingat-kan penyelenggara pemilu, ba-dan pengawas dan juga kepoli-sian serta masyarakat perlu ak-tif mencegah kecurangan pe-milu.Banyak yang bilang adaintimidasi dan paksaan darisejumlah pejabat daerah. Pan-waslu harus aktif untuk meng-awasi dan mencegahnya. Adayang curiga institusi intelijenbermain. Silakan jajaran Ba-waslu dan masyarakat luas awa-si. Lebih baik begitu, tegasnya.

    Presiden mengajak semuapihak bila mencurigai ada pe-

    luang kecurangan maka meng-gunakan saluran pengaduandan pengawasan yang ada.

    Mari kita gunakan carademokratis yang diatur un-dang-undang, katanya.

    Polri dan aparat keama-nan lainnya harus bekerjapenuh- sebelum, selama dansetelah pemungutan suara -untuk pastikan pemilu tertibdan aman, kata Presiden.

    Kepala negara menam-bahkan,jaga netralitas TNIdan Polri, tidak boleh tergoda

    SBY: Peserta KalahTak Perlu Ngamuk

    Golkar IsyaratkanPinang CawapresDari Demokrat