Waspada,rabu 17 juli 2013

download Waspada,rabu 17 juli 2013

of 28

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    1.044
  • download

    50

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada,rabu 17 juli 2013

  • Serampang

    Bentrok Usai Tarawih Di Kairo

    RABU, Pahing, 17 Juli 2013/8 Ramadhan 1434 H No: 24287 Tahun Ke-67

    - Berabe jalan keKNIA diblokir,jalan kaki jauhdan sunyi bah

    - He...he...he...

    Terbit 24 Halaman (A1-12, B1-12) Harga Eceran: Rp2.500,-

    Ada-ada Saja

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    Al Bayan

    Barang siapa mendirikan Bulan Ramadhan denganpenuh keimanan dan ihtisaban (mengharap ridha Allah),maka baginya dihapus dosa-dosanya yang telah lalu.

    (HR. Mutafaqqun Alaih)

    IBADAH puasa bukan hanya sarana mengumpulkanpahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT, dari seratussampai tujuh ratus ganda, tetapi juga berpungsi sebagaisarana untuk menghapus dosa-dosa manusia muslimsetahun yang lalu dengan syarat puasa itu harus merekakerjakan dengan niat ikhlas. Manusia sebagai makhluktak terlepas dari khilaf dan dosa, maka mereka wajib mintaampun dan taubat. Setiap manusia tak luput dari dosa,namun sebaik-baik orang yang berdosa adalah yangbertobat. Demikian makna hadis Nabi.

    Mungkin mereka bertanya; Begitu mudahkah Allahmengampuni dosa-dosa hamba-Nya? Sedangkanhambanya telah berbuat kesalahan-kesalahan yang besar?Mengapa tidak? Bukankah Allah Maha Pengampun lagi

    Lanjut ke hal A2 kol. 3

    Pengampunan DosaOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    Dalam hadist riwayatIbnu Masud r.a. bahwaRasulullah bersabda: Sia-pa yang membaca satuhuruf dari kita Allah makaia memperoleh satu keba-jikan dan setiap kebajikanitu digandakan sepuluh.

    Berbuka : 18:44Imsak : 04:51

    Tahanan RumahBagi Tunawisma

    DALAM sistem keadilandan hukum, tahanan rumahadalah suatu bentuk huku-man oleh pihak berwenangterhadap seseorang denganmembatasi ruang geraknyahanya dalam lingkup tempattinggalnya saja. Namun kare-na pria ini adalah seorang tu-nawisma, ia terpaksa mende-kam di sebuah trotoar jalansaat dikenai tahanan rumah.

    Pria bernama DomenicoCodispoti asal Italia ini dihu-kum sebagai tahanan rumahatas berbagai pelanggaran ter-masuk tindak pencurian ringandan mengedarkan obat terla-rang. Namun karena tidak me-miliki rumah, pria berusia 48tahun ini mendiami sebuahtrotoar di jalanan kota Milan.

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    Siapa Calhaj Tahun Ini?MEDAN (Waspada) : Pemangkasan calon jamaah haji

    (Calhaj) yang akan berangkat tahun 2013 ini sebanyak20 persen secara otomatis menjadi tanda tanya bagi semuaCalhaj yang sudah masuk nomor porsi tahun ini, apakahberangkat atau tidak. Harian Waspada akan mengumum-kan 6.544 Calhaj yang akan diterbitkan setiap harinya.Untuk nama-nama Calhaj yang akan berangkat sesuaidengan ketentuan Kementerian Agama Wilayah ProvinsiSumatera Utara baca halaman A7.

    MEDAN (Waspada): SatReserse Narkoba Polresta Me-dan yang melakukan gelarrazia dari 11 hingga 13 Juli2013, menangkap 13 orangtersangka Narkoba dari ber-bagai tempat.

    Razia yang sasaran awalpara narapidana kabur dariLembaga Pemasyakatan (La-pas) Klas I Tanjung Gusta Me-dan, justru berhasil menang-kap para tersangka Narkoba danmenyita barang bukti 32,76 grsabu serta 10 Kg ganja kering.

    Polresta Medan Tangkap13 Tersangka Narkoba

    Waspada/Rudi Arman

    KASAT Reserse Narkoba Polresta Medan Kompol Dony Alaxander(tengah) didampingi Wakasat AKP S. Simaremare dan KanitIdik I AKP Zufri Siregar saat ekspose tangkapan 13 tersangkanarkoba, Selasa (16/7).

    Kasat Reserse NarkobaPolresta Medan Kompol DonyAlexander kepada wartawan,Selasa (16/7) mengatakan,para tersangka yang ditangkapDN, KS, DT, A alias A, AA aliasW, RF alias R, Y alias A, F, AN,BH, I, AM alias WG dan LES.

    Saat ini para tersangkamasih menjalani proses penyi-dikan agar BAP nya segeradikirim ke Jaksa, kata Dony,didampingi Wakasat AKP S.Simare-mare dan Kanit Idik IAKP Zufri Siregar. (m39)

    Waspada/Ismanto Ismail

    BELUM BISA BERTEMU NAPI: Seorang wanita Br. Barus bersama anaknya berusaha melihatkeluarganya yang berada di dalam Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan dari sela-sela lubangkecil pintu gerbang utama karena belum diperbolehkan bertemu, Selasa (17/7).

    Berita di halaman A2.

    MEDAN (Waspada) : Ke-menterian Hukum dan HAMWilayah Sumatera Utara meni-lai dampak kerusuhan di Lem-baga Pemasyarakatan (Lapas)Klas I A Tanjung Gusta Medanmenjadi pelajaran dan me-nyadarkan kita, khususnya PT(Persero) PLN akan penting-

    Kakanwil KemenkumhamSumut Minta PLN Sadar

    nya infrastruktur ketersediaanlistrik di Lapas.

    Hal itu diungkapkan Ka-kanwil Kemenkumham Wila-yah Sumatera Utara Budi Su-laksana menanggapi dampakpadamnya listrik di LembagaPemasyarakatan di Posko Pe-layanan Masyarakat semen-

    tara Lapas Klas I A Medan,Selasa (16/7).

    Selama ini PT PLN tidak sa-dar akan bahayanya pemada-man yang dilakukan di Lapas.Namun dengan kejadian ini,menjadi pelajaran kita khusus-nya pihak PLN sendiri, ujarnya.

    Lanjut ke hal A2 kol. 1

    AP

    KONTRA Presiden Mohammed Moursi yang terguling berlari menjauh dari kembang api yang ditembakkan oleh para pendukungMoursi dalam satu bentrokan di pusat kota Kairo, Mesir, Senin (15/7).

    MEDAN (Waspada) : Duanarapidana Lembaga Pema-syarakatan (Lapas) Klas I Tan-jung Gusta Medan, bebas sete-lah menjalani hukuman dilembaga tersebut.

    Kakanwil KemenkumhamWilayah Sumut Budi Sulak-sana, Selasa (16/7) mengata-kan, empat napi yang bebasyakni dua tahanan bebasresmi dan dua tahanan bebasbersyarat.

    Menurut Budi, narapidanayang bebas adalah Fadlan yangterlibat perampokan padatahun 2007 divonis 8 tahun 5bulan, dan telah menjalani hu-kuman 6 tahun 5 bulan, de-ngan mendapat remisi dua ta-hun.Kemudian Sahlani kasuspembunuhan pada tahun2007. Ia divonis selama 10tahun, sudah dijalani 5 tahun

    JAKARTA (Waspada): JajakPendapat Lembaga SurveiNasional (LSN) menemukanbahwa Partai Golkar dan PDIPerjuangan keluar sebagaipemenang bila pemilu digelarhari ini. Golkar meraih elekta-bilitas 19,7 persen, sedangkanPDI Perjuangan 18,3 persen.

    Golkar dan PDI Perjuangandipersepsikan publik sebagaipartai yang jarang terlibat ko-rupsi, kata peneliti LSN DipaPradipta dalam konferensipers hasil survei lembaganyadi Jakarta, Selasa (16/7).

    Golkar dan PDI Perjua-ngan tidak hanya dipandangmemiliki citra positif. Posisimereka sebagai partai besarjuga turut mendorong kenai-kan elektabilitas dalam pe-milu. Jaringan kedua partaiini sudah mengakar ke akarrumput. Kader-kader dan sim-patisan mereka loyal, ujar Dipa.

    Sementara itu, Partai Ge-

    KUALANAMU, Deliser-dang (Waspada): Wakil KetuaPanitia Pembebasan Tanah(P2T) H. Syafrullah menegas-kan aksi blokir jalan arteri yangdilakukan warga yang me-ngaku belum menerima gantirugi, ternyata sudah mene-rima bahkan ada yang bukanpemilik lahan.

    Fakta itu terungkap saatpertemuan yang dimediasiKapolres Deliserdang antarawarga dengan pihak terkait diMapolres kemarin, kata HSyafrullah menjawab pim-pinan rapat dengar pendapatantara Komisi D DPRD Sumutdengan seluruh pihak yangterlibat dalam pengoperasianKNIA 25 Juli mendatang, diruang rapat Project Imple-mentation Unit (PIU) PT AP

    MEDAN (Waspada) : Ki-nerja polisi dalam melakukanrazia untuk mengejar narapi-dana teroris yang kabur dariLembaga Pemasyarakan (La-pas) Klas I Tanjung Gusta Me-dan, hendaknya tidak memo-jokkan umat Isalm. Yakni de-ngan menggeledah atau me-maksa penumpang angkotmenggunakan simbol Islamseperti lobe dan baju koko.(Waspada ,Selasa 16 Juli 2013).

    Hal itu jelas menyinggungperasaan umat Islam yang se-olah dituduh teroris, kata Ke-tua MUI Sumut Prof AbdulahSyah MA, melalui Sekjen ProfHasan Bakti, kepada Waspada,Selasa (16/7).

    Menurut Hasan, sehariandia menerima telepon darimasyarakat dan organisasi Is-

    Razia Napi Teroris JanganPojokkan Umat Islam

    lam tentang foto yang dimuatHarian Waspada kemarin,yang seolah mencitrakan bah-wa umat Islam adalah teroris.Dalam foto itu sepertinyapenggeledahan dan pencariandilakukan dengan berlebihan.

    Dia menambahkan, padadasarnya MUI mendukungpolisi untuk melakukan raziaguna mendapatkan narapi-dana yang disangkakan teroris. Tetapi sikap yang berlebihan,apalagi terhadap warga Mus-lim lengkap dengan atributadalah hal yang kurang sopandan menimbulkan pemikirannegatif umat Islam.

    Sebaiknya polisi juga me-mikirkan bagaimana sikapyang tepat mengambil tinda-kan, kata Hasan Bakti.

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    II, Selasa (16/7).Sebelumnya, H Syafrullah

    yang juga Asisten I PemkabDeliserdang membeberkan,kondisi terakhir soal pem-bebasan lahan untuk aksesinfrastruktur jalan arteri nont o l m e n u j u Ku a l a n a m uInternational Airport (KNIA)tinggal beberapa orang lagi.

    Intinya, tanah di atas HakGuna Usaha (HGU) sudahdibayar ke pihak pemilik HGUPTPN II sejak 2009. Masa-lahnya hanya ganti rugi lahandi atas HGU yang masih ber-alasan memegang alas hak,dan soal ini sudah keluarPergub terkait pembayaran taliasih untuk penggarap. Selainitu ada yang diagunkan kebank. Nah, ini sudah kita koor-dinasikan karena harus mele-

    wati keputusan pengadilannegeri, kata H Syafrullah.

    Sebelumnya, Ketua KomisiD DPRD Sumut Guntur Manu-rung memantapkan kesiapanpengoperasian KNIA denganmempertanyakan berbagaikendala dari seluruh stake-holder, instansi dan lembagaterkait yang dihadiri selainanggota Komisi D, di antara-nya H Ajib Shah (Partai Gol-kar), H. Marahalim Harahap,S.Ag., M.Hum (Demokrat) danSigit Pramono Asri, SH (PKS).

    Hadir juga sejumlah airli-nes, di antaranya Garuda Indo-nesia Airways, AirAsia, Lion Air,dan Citylink serta PimpinanPIU Ir. Joko Waskito, CivilEngeenering AP II Sugito danA i r Na v i g a s i s e r t a l a i n -nya.(m16)

    Soal Blokir Jalan Arteri KNIA

    Syafrullah: TanahWarga Sudah Dibayar

    rindra diprediksi LSN akanmerangsek ke urutan ketiga.Gerindra dinilai bersih danjarang melakukan korupsi,kata Dipa.

    Di sisi lain, Partai Demo-krat sebagai part