Waspada, kamis 2 juli 2015 ok

download Waspada, kamis 2 juli 2015 ok

of 22

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    664
  • download

    0

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, kamis 2 juli 2015 ok

  • Serampang

    KAMIS, Pahing, 2 Juli 2015/15 Ramadhan 1436 H No: 24984 Tahun Ke-68 Terbit 20 Halaman

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    Harga Eceran Rp3.000,-

    waspadamedan.com

    @Harian_WaspadaWaspada Daily

    Al Bayan

    Alif Lam MiiiimKitab al-Quran ini tidak adakeraguan padanya petunjuk bagi mereka yang taqwa.

    (QS. Albaqarah: 1-2)

    ALQURANUL Karim adalah pedoman hidup umat Islam.Itulah wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi akirzaman dan umatnya. Berpegang teguh kepada ajarannyaakan dijamin keselamatan, sedangkan berpaling dariajarannya akan celaka.

    Lanjut ke hal A2 kol. 2

    142 Korban Dievakuasi

    - Ambil ajahikmahnya, Pak

    - He...he...he...

    Wilayah Medan dan sekitarnya

    15 Ramadhan: Berbuka : 18:4116 Ramadhan: Imsak : 04:47

    Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat, dankebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu,tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah.Sesungguhnya Alah Maha melihat apa-apa yang kamukerjakan. (Q.S. al-Baqarah: 110)

    Pedoman HidupOleh Tgk. H. Ameer Hamzah

    74 Teridentifikasi 14 Kantong Berisi Potongan Tubuh

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    JAKARTA (Antara): SistemInformasi dan KomputerisasiHaji Terpadu (Siskohat) DitjenPenyelenggaraan Haji dan Um-rah (PHU) mencatat, masih ada10.980 jamaah haji yang belummelunasi BPIH regular tahap1 yang ditutup pelunasannyapada Selasa(30/6) pukul 16:00.

    Keputusan Menteri Agama(KMA) No 32 Tahun 2015 ten-tang penetapan kuota haji tahun1436H/2015M mengatur, kuotahaji nasional sebanyak 168.800orang, terdiri dari kuota hajireguler (155.200) dan kuota hajikhusus (13.600). Kuota haji regu-ler terbagi menjadi dua, yaitu:154.049 untuk jamaah haji dan1.151 untuk petugas haji daerah.

    Menurut laman kemenag.

    Kuota Haji Reguler Tersisa 10.980 Oranggo.id yang dikutip, Rabu (1/7),sampai Selasa (30/6) sore,Siskohat mencatat calon jamaahhaji reguler yang sudah melaku-kan pelunasan sebanyak 143.069orang. Masih tersedia 10.980orang atau 7,13 persen darikuota. Untuk itu KementerianA g a m a a k a n m e m b u k apelunasan BPIH Reguler tahapke-2 pada 7 13 Juli mendatang.

    Untuk pelunasan tahapkedua, pengisian sisa kuota di-peruntukan bagi calon jamaahdengan ketentuan urutanprioritas:

    1. Jamaah tahap 1 yangmengalami kegagalan sistempada saat pelunasan.

    2. Jamaah lunas tunda yangsudah berstatus haji.

    3. Jamaah yang nomorporsinya masuk alokasi Tahun1436H/2015M dan sudahberstatus haji.

    Selain itu, jamaah haji lansiadan penggabungan suami/istridan anak/orang tua terpisahjuga termasuk yang bisa mela-kukan pelunasan pada tahap 2,dengan catatan usia jamaahlansia sudah 75 tahun per tanggal21 Agustus 2015 yang sudahmendaftar haji reguler palinglambat 1 Januari 2013.

    Jamaah lansia seperti inidapat didampingi oleh 1 orangpendamping yaitu istri/suami/anak kandung/adik kandungyang sudah mendaftar haji re-guler paling lambat 1 Januari2013.

    BANDA ACEH (Waspada):Polda Aceh, yang menggelarupacara memperingati HUTke-69 Bhayangkara,Rabu (1/7)pagi, mengumumkan peme-catan dengan tidak hormat(PDTH) kepada 44 anggota polisiyang bertugas di Provinsi Aceh,karena melakukan pelangggaranberat.

    Pengumuman pemecatandibacakan Kapolda Aceh IrjenPol Husein Hamidi.MenurutKapolda, PDTH yang dilakukanterhadap 44 anggotanya sudahsesuai pertimbangan dan aturanyang berlaku di kepolisian.

    Dengan adanya suratkeputusan, mereka telah PDTHdari keanggotaan Polri, dan halitu telah sah, kata Kapolda.

    Jenderal bintang dua iniberharap pemecatan ini bisamenjadi efek jera bagi jajaran-nya untuk tidak melakukanpelanggaran serupa. Dia berjanjiakan menindak tegas anggo-tanya yang terbukti melakukanpelanggaran hukum.

    Diketahui, dari 44 anggotayang mengalami PDTH, berasaldari sejumlah jajaran PoldaAceh, di antaranya dari PolrestaBanda Aceh dua orang, Polres

    Aceh Besar tiga orang, PolresBireuen satu orang, Polres Pidiedua orang, Polres Nagan rayalima orang, Polres BenerMeriah satu orang, Polres AcehUtara satu orang.

    Kemudian, Bidang Propam10 orang, Dit Sabhara sembilanorang, Bid Dokkes satu orang,sat brimob satu orang, PolresAceh Jaya satu orang, PolresAceh Selatan dua orang, PolresAceh Tamiang satu orang,polres Aceh Singkil dua orang,Polres Simeulu satu orang,Polres Aceh Tenggara satuorang. Mereka yang dipecatdidominasi melakukan pelang-garan penggunaan narkobadesersi atau perbuatan larimeninggalkan dinas, ujarnya.

    Sedangkan amanat PresidenRI Joko Widodo yang dibaca-kan Kapolda Aceh menyatakan,komplain dari masyarakat baikmelalui media maupun disam-paikan secara langsung meru-pakan masukan yang berartibagi Polri untuk mengukursejauh mana penerimaanmasyarakat atas pelaksanaantugas Polri dan sebagai wujudkepedul ian masyarakatterhadap Polri. (cb01)

    44 Anggota PolisiAceh Dipecat

    Delapan PekerjaOukup BS Tewas

    MEDAN (Waspada):Manajemen oukup BS 1 mengatakan, delapanpekerja oukup BS 1 ditemukan tewas tertimbun runtuhan bangunandan puing pesawat Hercules, Rabu (1/7).

    Pengelola Oukup BS 1 Drs. Wajib Sinuraya mewakili manajer RudiGinting mengatakan kepada wartawan, jenazah delapan korban diantaranya enam wanita dan dua orang pria, telah dievakuasi petugasdari lokasi kejadian.Saat ini mayatnya berada di RSUP H. Adam MalikMedan untuk menjalani proses identifikasi, ujar Wajib.

    Dia menjelaskan, dua korban berasal dari Pakpak Bharat, satu dariKutacane, Aceh dan satu dari Aekanopan, selebihnya warga Medan.Masing masing korban ,yakni empat pekerja bagian laundry, dua kasirdan dua pria bagian parkir.

    Saat kejadian naas tersebut, kata Wajib, Oukup BS 1 tidak beroperasidan empat pekerja laundry sedang mengerjakan pesanan hotel yangberada di sekitar Jl. Jamin Ginting. Kasir dan penjaga parkir beradadi dalam ruangan depan.

    Akibat kejadian itu sebagian besar konstruksi bangunan gedungOukup BS 1 rata dengan tanah. Sedangkan seluruh fasilitas dan hartabenda pihak manajemen yang ada di dalamnya rusak total dan kerugianmencapai Rp1 miliar.(m39/czal/m40)

    Heriyati Ke Natuna BawaSapu Agar Pesawat Tak Jatuh

    GUYONAN kadang-kadang bisa menjadi kenyataan.Dan, itu dialami Ny.Heriyati,52, salah seorang korbantewas dari jatuhnya pesawat Hercules C 130 milik TNIAU di Jl. Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6).

    Berapa jumlah pasti penumpang pesawat Herculesdan masyarakat bukan penumpang, datanya masihdalam proses.

    Yang pasti salah seorang penumpang pesawat, yanglepas landas dari Lanud Soewondo atau bekas BandaraPolonia Medan terdapat Ny. Heriyati, 52, penduduk Jl.Cendana, Gang Kemuning atau Jl. Dr. Wahidin, Kel. JatiMakmur, Kec. Binjai Utara.

    Ny. Heriyati adalah keluarga besar TNI.SuaminyaYusuf adalah anggota TNI, meninggal dunia dua tahunlalu.

    Menurut informasi, keberangkatan Ny. Heriyati keNatuna untuk menjenguk anaknya Dedek, 23, yangsuaminya bertugas di Batalyon 124.

    ISAK tangis keluarga menyambut tibanya jenazah Ny. Heriyati. Waspada/Riswan Rika

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Presiden: MerekaPutra Terbaik Bangsa

    JAKARTA (Antara): Presiden Joko Widodo menyaksikan prosesipenerimaan jenazah korban kecelakaan pesawat Hercules C-130 diPangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (1/7).

    Presiden tiba pukul 18:35 WIB dan menyaksikan penyerahan enamjenazah dari 16 jenazah yang tiba di Halim Perdanakusuma.

    Saat prosesi berlangsung ke-16 peti jenazah berjajar di belakangpesawat CN 295. Peti kemudian dimasukkan ke dalam ambulans untukkemudian menuju rumah duka masing-masing.

    Pesawat CN 295 membawa sembilan jenazah dari Pangkalan UdaraSoewondo Medan, sementara pesawat Boeing TNI AU membawa tujuhjenazah.

    Presiden dalam pidato pelepasan jenazah korban kecelakaan pesawatHercules C-130 tersebut mengatakan mereka yang gugur adalah putra-putra terbaik bangsa. Mereka gugur dan meninggalkan kita bersamadengan para penumpang yang ada di pesawat Hercules C-130. Kita jugaberduka atas jatuhnya korban masyarakat Medan akibat jatuhnya pesawatini, kata Presiden.

    Presiden juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnyauntuk para korban.

    Lanjut ke hal A2 kol. 7

    Dihantam Hercules, PekerjaBangunan Terlempar

    TUBUH kekar Ahmad Fahri, 34, tak mampu berbuatbanyak. Kini, warga Tanjungmorawa Kab. Deliserdangtersebut tak berdaya di Ruang Rindu B 2B RSUP H. AdamMalik Medan, Rabu (1/7). Untuk duduk saja, Fahri harusdibantu oleh sanak saudaranya.

    Fahri salah satu warga yang menjadi korban PesawatHercules saat menghantam bangunan Perumahan RoyalGardenia Jln. Djamin Ginting P. Bulan Medan, Selasa(30/6) siang. Saat itu, Fahri bersama seorang rekannyasedang berada di lantai 4 untuk mengecat menaraperumahan tersebut.

    Saat jam menunjukkan pukul 12.05, Fahri dan seorangtemannya pun hendak beristirahat. Namun, belum lagidia sempat istirahat, pesawat naas itu menabrakbangunan yang sedang dicatnya. Seketika Fahri terpental

    Waspada/Mursal AI

    AHMAD Fahri, 34, warga Tanjungmorawa Kab. Deliserdangsedang menjalani perawatan di RUang Rindu B 2B RSUPH. Adam Malik Medan, Rabu (1/7).

    Antara

    PRESIDEN Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Panglima TNI Jenderal Moeldoko (ketiga kiri) menyalamikerabat korban dan Prajurit TNI AU usai memimpin upacara penghormatan terakhir korban kecelakaanHercules C-130 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (1/7). Sebanyak 16 peti jenazahtiba di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta dari Lanud Soewondo Medan, selanjutnya jenazahakan dibawa menuju rumah duka di Jakarta, Malang, Bandung, Yogyakarta.

    Waspada/Surya Efendi

    PRAJURIT TNI mengangkat peti jenazah yang telah diidentifikasi untuk selanjutnya proses pengembalianjenazah dari Lanud Soewondo, Polonia Medan untuk diterbangkan ke keluarganya masing-masing,Rabu (1/7).

    MEDAN ( Wasp