Waspada, senin 4 juli 2016 ok

download Waspada, senin 4 juli 2016 ok

of 24

  • date post

    04-Aug-2016
  • Category

    Documents

  • view

    617
  • download

    15

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Waspada, senin 4 juli 2016 ok

  • WWASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)ISSN: 0215-3017

    SerampangSerampang- Hilal lebih

    favorit dariJerman

    - He... he...he...

    Lanjut ke hal A2 kol 4

    Ada-ada Saja

    Hari Lebaran adalah saat yang bahagia dan begitudinanti. Cara menyambutnyapun dengan berbeda pula.Kata id berasal dari kata awsah atau awdat-un,adah,dan istiadat-un. Bermakna kembali atau terulang.Dan hari raya diistilahkan sebagai id karena ia datangdan kembali berulang.

    Sedangkan fitrah berasal dari kata fatharayafthurufathran yang berarti pecah, belah, terbuka dan mencipta.Sedangkan al-fithr artinya ciptaan. Dari kata ciptaan inidapat disimpulkan kata suci. Karena pada awal pencip-taannya, manusia adalah makhluk yang bebas darikesalahan. Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah.Ibu-bapaknyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani,atau Majusi (HR. Bukhari-Muslim).

    Fitrah berarti penciptaan yang suci. Segala bentuk

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    Al Bayan

    Minal Aidin Wal FaizinOleh: Dirja Hasibuan

    Kucing Diusir DariPerpustakaan,Dewan Kota Dikecam

    BROWSER, seekor kucingyang sudah tinggal di perpus-takaan kota White Settlement,Texas, AS selama enam tahunterakhir, diusir oleh DewanKota.

    Selama tinggal di perpus-takaan kota, Browser bekerjamenangkapi tikus dan memi-liki banyak penggemar.

    SENIN, Kliwon, 4 Juli 2016/29 Ramadhan 1437 H zzzzzNo: 25339 Tahun Ke-69 Terbit 24 Halaman

    waspadamedan.com

    Waspada Daily

    informasi pelanggan

    082165933310

    Medan dan sekitarnyaBerbuka : 18.42Imsak : 04.50Subuh : 05.00

    Sesungguhnya berun-tunglah orang-orang yangmembersihkan diri. Dandia ingat nama Tuhannya.

    (QS. al-Ala:14-15)

    Pusat PPusat PPusat PPusat PPusat Perbelanjaan Membludakerbelanjaan Membludakerbelanjaan Membludakerbelanjaan Membludakerbelanjaan Membludak

    Lanjut ke hal A2 kol 6

    Waspada/Surya Efendi

    GUBSU HT Erry Nuradi, Menkum HAM Yassona Laoly, Kapoldasu Irjen Pol Raden Budi Winarsodiapit Ketua PWI Sumut Hermansyah, SE dan Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik foto bersamapimpinan media cetak, elektronik, online dan wartawan dalam acara buka puasa bersamadi Gubernuran Medan, Minggu (3/7).

    Menkumham: Kritik SosialPenting Bagi Pemerintah

    MEDAN (Waspada): Kritik sosial yang disampaikandengan bahasa yang cerdas dan keras serta konstruktifpenting dilakukan media terhadap pemerintahan. Denganadanya kritik sosial yang bersifat konstruktif tersebut,maka pemerintah berupaya keras memperbaiki kinerjapemerintahan.

    Hal ini disampaikan Menteri Hukum dan HAM YasonnaLaoly saat menghadiri acara buka bersama Gubsu T. ErryNuradi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)Sumut, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut, IkatanJurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut dan media onlinedi Rumah Dinas Gubsu, Minggu (3/7).

    Di hadapan para pemimpin media di Medan, Yasonnamenegaskan, jika pemerintah dan pers membangun secarabersama-sama, maka Sumut yang merupakan daerah yangsangat potensial dan dihitung keberadaannya lebihberperan besar dalam pembangunan di Indonesia.

    Potensi ini hanya dapat kita lakukan dan kita bangun,kalau kita bersama-sama merapatkan barisan sebagaiputra daerah Sumut untuk membangun daerah yang kitacintai ini. Pada zaman-zaman perkebunan saat Indonesiamerdeka, Sumut merupakan penyumbang devisa terbesardi Indonesia, ujarnya.

    Rektor Unsyiah:

    Seleccao LebihSiap Mental

    BANDA ACEH (Waspada): Dua tiketsemifinal pertama Euro 2016 sudah disegelPortugal dan Wales, yang akan bertandingpada 6 Juli di Stade Gerland, Lyon, Prancis.

    Bagi Rektor Universitas Syiah Kuala

    Rektor USU:

    PortugalHentikan Wales

    MEDAN (Waspada): Portugal akanmenghadapi Wales dalam laga semifinalEuro 2016 di Parc Olympique Lyonnais,6 Juli mendatang. Dalam laga ini, RektorUniversitas Sumatera Utara, Prof Runtung

    LYON (Waspada): Laga Wales kontraPortugal pada babak semifinal Euro 2016di Lyon, 6 Juli mendatang, mempertemukandua bintang termahal dunia milik RealMadrid.

    Winger Wales Gareth Bale (Wales) bakaladu kepiawaian dan ketajaman dengansuperstar Portugal Cristiano Ronaldo. Opinipublik Eropa pun tersedot dengan rivalitaskedua bintang.

    Bale sendiri sepertinya cemas, derasnyaupaya pers untuk membenturkan dirinya

    dengan sang superstar bisa membuat panasRonaldo. Padahal, hubungan keduanya barusaja mencair, setelah sempat perang dingindalam dua musim terakhir.

    Karenanya, bintang berusia 26 tahunitu berusaha mengklarifikasi bahwa duelnanti bukan pertarungan individu. Inimutlak Portugal versus Wales, tidak lebihdari itu, beber Bale, seperti dikutip dariESPN, Minggu (3/7).

    Gareth Bale Cristiano Ronaldo

    Bale CemasRonaldo Panas

    EURO MALAM INI KOTA WIB

    Kamis, 7 Juli:Portugal vs Wales Lyon 02.00Jumat, 8 Juli:Jerman vs Prancis/Islandia Marseille 02.00*Siaran Langsung RCTI

    Lanjut ke hal A2 kol 4

    Lanjut ke hal A2 kol 4 Lanjut ke hal A2 kol 4

    Pelabuhan BelawanDipadati Arus Mudik

    BELAWAN (Waspada): Pelabuhan Belawan dipadati arusmudik melalui kapal laut pada H-3 lebaran 1437 H, Minggu(3/7). Sejak pagi, dermaga terminal penumpang Bandar Delidipadati keluarga penjemput dan penumpang KM Kelud asalBatam.

    Selanjutnya sekitar pukul 13.00 KM Kelud kembali bertolakke Batam dan akan sandar kembali di Belawan Selasa (5/6)sebagai kedatangan terakhir sebelum lebaran. Ribuan pemudikyang umumnya didominasi pekerja di perantauan akanmerayakan lebaran bersama keluarga di Sumut dan Aceh.

    Sejumlah petugas pelabuhan terdiri dari personil PolresPelabuhan Belawan, Lantamal I, KPLP, Satpam pelabuhan sibukmelayani dan mengamankan pelabuhan agar arus mudikberjalan lancar. Kondisi tersebut membuat Pelabuhan Belawansangat ramai.

    Positif Narkoba Dan Mabuk Miras

    9 Sopir AngkutanLebaran Ditangkap

    KISARAN (Waspada): Sembilan sopir bus angkutan lebaranmabuk minuman keras dan narkoba, ditangkap polisi saatmembawa penumpang mudik.

    Informasi di lapangan, Minggu (3/7), sembilan sopir busangkutan lebaran itu diamankan saat petugas menggelar raziadan tes urine pada Kamis (30/6) hingga Sabtu (2/7), dalamrangkaian Operasi Ramadniya.

    Petugas Kesehatan di Pos Pelayanan Simpang KatarinaDr. Alfian mengatakan, sopir angkutan lebaran yang melintasdi Jalinsum wilayah Asahan wajib menjalani pemeriksaankesehatan dan tes urine.

    Waspada/Sapriadi/B

    KAPOLRES Asahan AKBP Tatan Dirsan Atmaja bersama personel Sat Narkoba memeriksa sopirbus di Posyan Katarina, Kisaran yang positif mengonsumsi narkoba jenis ganja saat membawapenumpang.

    Waspada/Rustam Effendi/C

    RIBUAN penumpang KM Kelud tiba di terminal penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawandari Batam, Minggu (3/7).

    Hari IniRukyat DiKantor Gubsu

    MEDAN (Waspada): Un-tuk memastikan 1 Syawal 1437H, hari ini (Senin 4/7), akandilakukan pengamatan rukya-tul hilal di lantai 9 Kantor Gub-su Jl. Diponegoro. Pihak ter-kait, seperti Kementerian Aga-ma (Kemenag), Pemprovsudan Badan Hisab Rukyah Su-mut akan hadir pada kegiatanitu. Hadir juga pihak BadanMeteorologi Glimatologi sertautusan Ormas Islam.

    MEDAN (Waspada): Masyarakat dari berbagaidaerah memadati sejumlah pasar modern dan tradi-sional di kota Medan untuk berburu persiapanmenyambut Idul Fitri.

    Pantauan Waspada sejakSabtu (2/7) pukul 17:00 masya-rakat sudah berdatangan ber-sama keluarga, ledakanpengunjung baru terlihat pu-kul 21:00 hingga 00:00 se-hingga untuk keluar dari tem-pat parkir harus berdesak-desakan dan antrean panjang.

    Masyarakat lebih banyakmemilih belanja jenis pakaianseperti baju dan celana yangmemiliki diskon (potonganharga), hal tersebut terlihatdari berbagai pilihan yangdidominasi berbagai merkpakaian untuk dewasa, remajadan anak-anak.

    Membludaknya padatnyapengunjung terlihat di bebe-rapa pusat perbelanjaan pasarmodern seperti Buana Plaza,Medan Mall, Plaza Medan Fair,Thamrin Plaza, Ramayana SMRaja, Sun Plaza dan CenterPoint.

    Diakui Manager PlazaMedan Fair, Diniasih MKNasution, Plaza Medan Fairmenawarkan diskon hingga70% dan beli 1 gratis 1 untuksemua produk pakaian. Iyasedang ada diskon besar-besaran malam ini, jelasnya.

    Lanjut ke hal A2 kol 1

    DELISERDANG (Waspada):Bupati Deliserdang AshariTambunan minta pelayanandan pengamanan BandaraKualanamu lebih ditingkatkan.Apalagi jelang lebaran 1437 H,jumlah calon penumpangmelonjak.

    Ashari Tambunan menya-takan hal itu saat meninjaukesiapan Kualanamu Interna-tional Airport (KNIA) meng-antisipasi arus mudik lebaran,Sabtu (2/7) pukul 10:00.

    Ikut dalam rombonganBupati unsur Muspida di an-taranya Ketua DPRD Deliser-dang Riki Prandana Nasution,Ketua PN Lubuk Pakam DRHenry Tarigan, Kajari LubukPakam Asep Maryono, Kapol-

    res Deliserdang AKBP RobertDa Costa serta pejabat lainnya.

    Ashari yang disambut GMPT Angkasa Pura II KNIA IwanKhrishadianto, Kepala OtoritasBandara Wilayah II MedanMuzaffar Ismail, Deputi Op-era-si dan Teknik Yos Suwagio-no dan Airport Duty ManagerIndra Lubis serta Ufnizar me-nuturkan, kondisi bandaramulai dari pintu masuk hinggaruang tunggu penumpangsudah baik.

    Ke depan harapan sayabenahi soal pelayanan dan pe-ningkatan pengamanan saja.Apalagi kemarin baru diaman-kan tersangka narkoba, ujar-nya.

    Pelayanan Dan KeamananKNIA Agar Ditingkatkan

    Waspada/Rizky Rayanda/C

    PENGUNJUNG membludak di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Medan, Sabtu (2/7). Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H warga banyak memadatipusat perbelanjaan di Kota Medan untuk membeli kebutuhan Lebaran.

    Lanjut ke hal A2 kol 1 Lanjut ke hal A2 kol 1Lanjut ke hal A2 kol 6Lanjut ke hal A2 kol 6

  • A2WASPADA

    Senin

    4 Juli 2016

    Berita Utama

    Al Bayan ....kehidupan seperti makan, ti-dur, tanpa berlebihan