Haluan kepri 30jun15

Click here to load reader

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    300
  • download

    7

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 30jun15

Transcript of Haluan kepri 30jun15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Selasa, 30 Juni 201513 Ramadhan 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 30/6 TAHUN KE 14

    Aktifitas"KITA selalu dapat menemukan sesuatu yang perludikerjakan dan itu sering menjadikan kita lupa ber-

    istirahat. Buatlah jadwal untuk waktu istirahat Andaakan merasa segar dan mampu berpikir lebih clear

    setelah itu." (bc)

    04:30 04:40 12.10 15.36 18.16 19.30

    Batam dan Sekitarnya

    JADWAL SHALAT

    Selasa, 30 Juni 2015

    Imsak Subuh Dzuhur Ashar Magrib Isya

    Suka yangSimple

    Zaskia Sungkar

    JAKARTA (HK) Bagi seorang pe-rempuan, makeup bisa dibilangmerupakan salah satu hal yangselalu melekat. Namun faktanya, taksemua orang piawai mengaplikasi-kan makeup pada wajahnya. ZaskiaSungkar ternyata juga demikian.

    "Makeup-nya sendiri, (tapi) nggakbisa makeup eyeliner. Kalo nggak dimakeup-in sama makeup artist,paling standar aja aku pakainya.Kemarin waktu aku ke New York nggakcuci muka, dan nggak luntur samasekali eyeliner pas pake Wardah,"ungkap Zaskia saat ditemui di acaraThe 20th Journey of Wardah di The Hall,

    Suka yang Hal 7

    PNS Simpan 82.500 Dollar AS Palsu

    Argentina vs Paraguay

    Rabu (1/7) Pkl. 06:30 WIB di Kompas TV

    KARIMUN (HK) Seorang pegawai negerisipil (PNS) yang bertugas di Dinas Kelautandan Perikanan (DKP) Karimun inisial ZL,terbukti menyimpan sebanyak 825 lembaruang palsu (upal) pecahan 100 Dollar Ame-rika Serikat (AS) atau setara Rp1,1 miliar dirumahnya. Kasus tersebut kini ditanganipenyidik Polres Karimun.

    Terungkapnya penyim-panan upal mata uang DollarAmerika itu, setelah polisimenindaklanjuti laporankaryawan pub di Hotel Sa-tria. Kepada polisi, karyawanpub tersebut membuat la-poran telah menerima uangpecahan 100 Dollar Amerikasebanyak tiga lembar yangdiduga palsu.

    Dari penuturan karyawanpub Hotel Satria, uang DollarAmerika itu ia terima dari ZLuntuk membayar tagihanminuman pada 15 Juni 2015lalu. Karyawan pub tersebutsempat menolak uang Dollar

    yang diberikan ZL, denganalasan pihaknya tidak me-nerima transaksi menggu-nakan mata uang asing.

    Namun, ZL meyakinkankalau uang itu hanya sebagaijaminan. Tersangka ZL, saatitu berjanji kepada karyawanpub tadi akan menggantinyadengan rupiah dua hari ke-mudian. Namun, setelah di-tunggu-tunggu ZL tak kun-jung muncul. Karyawan tadipun akhirnya melaporkan ZLke polisi.

    Dari hasil penyelidikanpolisi, ternyata mata uangDollar Amerika yang diguna-kan ZL itu adalah uang palsu.

    Saat itu juga polisi lang-sung mencari keberadaan ZL.

    Dia berhasil ditemukan saatsedang makan di salah saturestoran di Karimun. Usaiditangkap dan diinterogasipolisi, ZL menyebut masihmenyimpan 825 lembar uangpalsu pecahan 100 DollarAmerika di rumahnya.

    Kapolres Karimun AKBPI Made Suka Wijaya dalamketerangan pers di depanRupatama Polres Karimun,Senin (29/6) mengatakan,uang palsu itu diperoleh ZLdari tangan AG, warga asalPapua. Upal itu dibawa AGdari Jakarta ke TanjungbalaiKarimun menggunakan jalurdarat dan laut. Dia berang-kat dari Jakarta menuju pe-labuhan Buton, Riau, kemu-dian naik kapal ke Tanjung-balai Karimun.

    "AG ini berangkat dariJakarta membawa matauang Amerika pecahan 100Dollar sebanyak 825 lembaratau setara dengan Rp1,1miliar. Dia berangkat dariJakarta ke Karimun meng-gunakan jalur darat via Bu-ton, Riau. Dipilihnya jalur da-rat tujuannya agar terhindar

    IlhamLiputan Karimun

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    DOLLAR PALSU Kapolres Karimun AKBP I Made Suka Wijaya (tengah) didampingi Wakapolres Kompol Indra Permana dan Kasat Reskrim AKP Hario PrasetioSeno menunjukkan uang Dollar Amerika palsu yang disita dari tangan dua tersangka, ZL dan AG di Mapolres Karimun, Senin (29/6). Para tersangka mengaku menyimpansebanyak 825 lembar uang palse pecahan 100 Dollar Amerika. PNS Simpan Hal 7

    Khazalik

    Wabup Bintan Kaget Ada Obat Kadaluarsa

    Siap Tegur RSUD BintanBINTAN (HK) Te-muan obat kadaluar-sa dan obat-obatyang akan kadaluar-sa di Rumah SakitUmum Daerah (RS-UD) Bintan, membu-at Wakil Bupati Bin-

    tan, Khazalik bi-ngung dan kaget.

    Ia berjanjiakan mene-

    gur danmenindak Kepala

    RSUD Bintan, drGama AS Isnainijika kabar terse-

    but memang benar."Saya baru dengar

    ini, segeralah kita cekya," kata Khazalik saat

    ditemui di kediamannya diBatu 9 Tanjungpinang, Ming-

    gu (28/6) malam.Pejabat nomor dua di

    Pemkab Bintan itu juga me-nyampaikan bila benar halitu terjadi di pelayananumum seperti Puskesmas,RSUD dan pelayanan kese-

    hatan lainnya, agar kiranya haltersebut merupakan kelalaian

    terakhir dan tidak boleh terjadilagi di masa mendatang.

    Bila hal tersebut terulangkembali, Khazalik menga-takan akan memberikan sank-si tegas. Sebab, persoalan ter-sebut menyangkut keselama-tan masyarakat yang sedangberobat.

    "Saya kira ini adalah kela-laian terakhir bila memangbenar adanya informasi ter-sebut, saya segera mungkinakan cek lah," ucap Khazalikmengulang kembali.

    Apalagi, dalam pengelo-laan obat-obatan di suatupelayan kesehatan,Khazalik menya-kini sudah adapengawasan pi-hak internal-nya yang begituintens. Sehingga,obat-obat yang su-dah kadaluarsa se-harusnya tidak sem-pat tersebar apalagisampai ke tanganmasyarakat yangmenjadi pasien.

    Calon BupatiBintan itu jugamemastikan kira-nya kepada pela-

    Paksakan KeberuntunganCONCEPCIN (HK) Laga semifinal Copa America 2015antara Argentina melawan Paraguay akan dilaksanakan padaRabu (1/7) pagi WIB di Estadio Municipal Alcaldesa Ester RoaRebolledo, Concepcin. Argentina akan berhadapan denganmantan lawan mereka di fase Grup di laga semifinal.

    Paksakan

    Keberuntungan

    Hal 7

    Siap Tegur Hal 7

    Namun kali ini moral Paraguaysedang tinggi pasalnya secara

    mengejutkan Paraguay mam-pu menyingkirkan unggulanjuara Brasil.

    Seperti diketahui Argen-tina dan Paraguay sa-

    ma-sama menanglewat adu pe-

    nalti dari lawan-lawannya. Argentinamampu lolos ke se-

    mifinal setelahmengalahkan tim

    Rini Bantah Hina JokowiJAKARTA (HK) MenteriBadan Usaha Milik Negara(BUMN) Rini Mariani Soe-marno membantah jika diri-nya merupakan sosok yangdiduga sebagai penghina pre-siden. Sebagai pembantu pre-siden, Rini menegaskan tentuia menghormati Presiden Jo-

    kowi sebagai atasannya."Kalau saya sebagai pem-

    bantu presiden, ya tentu sayamenghormati Bapak Presi-den," kata Rini di Istana Kepre-sidenan, Jakarta, Senin (29/6).

    Karenanya, Rini mengakuheran jika dituduh menghina

    Rini Bantah Hal 7

    PDI-P Dianggap BermanuverJAKARTA (HK) Penga-mat politik Ikrar Nusa Baktimengkritik langkah MenteriDalam Negeri Tjahjo Kumoloyang mengungkapkan adanyamenteri yang menjelek-jelek-kan Presiden Joko Widodo.Pernyataan tersebut dite-ngarai untuk menyingkirkanmenteri tertentu dari Kabi-net Kerja.

    "PDI-P sebenarnya sah-sah saja minta tambahanjatah menteri, tetapi bukandengan cara-cara yang me-nimbulkan pertanyaan besarseperti ini," kata Ikrar me-ngomentari kabar semakinkencangnya reshuffle men-

    teri, Senin (29/6).Menurut Ikrar, permasa-

    lahan semakin runcing de-ngan adanya pernyataan po-litisi lain dari PDI Perjua-ngan, Masinton Pasaribu,yang menyebut bahwa men-teri yang dimaksud adalahperempuan dan berada dibawah Menteri Koordinatorbidang Perekonomian.

    "Masinton memang tidakmenyebut nama, tetapi sudahjelas satu-satunya menteri(perempuan) bidang ekonomiadalah Rini Soemarno (Men-teri BUMN). Rini sampai-sampai membantah tuduhan

    PDI-P Dianggap Hal 7

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    EKONOMI 2Selasa, 30 Juni 2015Kemudahan Bagi Mahasiswa Ibnu Sina Batam

    Bayar SPP OnlineMelalui Bank Bukopin

    THR TingkatkanOptimismeKonsumen

    BATAM (HK) IndeksKeyakinan Konsumen (IKK)pada Juni 2015 menunjuk-kan optimisme konsumen.Hal ini ditunjukkan denganpeningkatan IKK sebesar7,7 poin menjadi 107. Tun-jangan Hari Raya (THR) di-nilai turut mempengaruhikenaikan IKK ini.

    Deputi Kepala Perwak-ilan Kantor PerwakilanBank Indonesia ProvinsiKepulauan Riau Rino IsTriyanto melalui rilisnya,Senin (29/6), kenaikan IKKdidorong oleh Indeks Key-akinan Kondisi Ekonomi.

    Saat Ini (IKE) sebesar98 atau naik 9 poin diband-ingkan bulan lalu dan Inde-ks Ekspektasi Konsumenyang sebesar 115,9 ataunaik 6,4 poin.

    Kenaikan IKE didorongoleh kenaikan indeks peng-hasilan konsumen sebesar13 poin menjadi 119,3 di-pengaruhi akan adanyapemberian THR (Tunjan-gan Hari Raya) sehinggamembuat persepsi konsu-men akan penghasilan me-ningkat. Sementara darisisi ketersediaan lapangankerja, masyarakat menilaiadanya faktor Bulan Ra-madhan, meningkatkan la-pangan kerja terutama un-tuk informal. Hal ini ditun-jukkan dengan indeks ket-ersediaan lapangan kerjayang meningkat 17,3 poinmenjadi 77 poin.

    Meskipun persepsikonsumen terhadap peng-hasilan cenderung mening-kat, tingkat konsumsi kon-sumen terhadap barangkebutuhan lama (handpho-ne, kulkas, AC, televise,dll) cenderung menurun.

    Ekspektasi konsumenterhadap kondisi ekonomi6 bulan mendatang menun-jukkan peningkatan sebe-sar 6,4 poin menjadi 115,9didorong meningkatnyapersepsi konsumen ataskegiatan usaha dan ket-ersediaan lapangan kerjaseiring peningkatan belan-ja pemerintah dan swastadi semester II. paparnya.

    Dari sisi harga di tigabulan mendatang, hargaakan kembali normal ataulebih rendah dibandingkansaat ini yang terpengaruholeh seasonal factor BulanRamadhan. Jika berdasar-kan komoditi, penurunanharga dirasakan di komod-itas bahan makanan, ma-kanan jadi, minuman, rokokdan tembakau. Selanjut-nya, penurunan harga jugadiimbangi oleh penurunantingkat pengeluaran olehkonsumen di tiga bulanmendatang yang kembalinormal terutama untuktransportasi, komunikasi,dan jasa keuangan karenamenurunnya pengeluarankonsumen setelah meni-ngkat untuk menyambutHari Raya Lebaran. (r/pti)

    Beli SWH Dapat Voucher Belanja Rp1 JutaBATAM (HK) PT Sarana

    Karyasindo Mandiri, dis-

    tributor Wika Solar Water

    Heater (SWH) di Batam,

    menawarkan produk pema-

    nas air bertenaga surya.

    Pembelian SWH sepanjang

    Ramadhan, bisa menda-

    patkan voucher belanja hi-

    ngga Rp1 juta di Hypermart

    Marketing PT Sarana

    Karyasindo Mandiri Yulia-

    na, mengatakan, produk ini

    memiliki sejumlah keung-

    gulan. Selain lebih hemat

    listrik karena menggunakan

    energi matahari sebagai

    energi utamanya, pemasa-

    ngan produk ini juga terbi-

    lang mudah dan praktis.

    SWH dapat digunakan

    untuk pemakaian harian di

    rumah ataupun untuk hotel.

    Dipasangnya di genteng. Jadi

    langsung menyerap panas

    matahari, lebih hemat listrik,

    ucap Yuliana, Senin (29/6).

    Untuk pemasangan satu

    produk Wika SWH, sedikit-

    nya bisa mengalirkan air

    panas untuk tiga atau em-

    pat kamar mandi. Produk

    ini lanjutnya, sangat cocok

    untuk kondisi wilayah Ba-

    tam yang cenderung lebih

    banyak panas dibandingkan

    hujan.

    Ditawarkan dalam tiga

    tipe, yakni tipe 130 TSC,

    150 LXC, dan 300 LXC. Un-

    tuk pembelian produk Wika

    SWH tipe 150 LXC dan 300

    LXC selama Ramadan, pi-

    haknya memberikan bonus

    spesial. Berupa voucher be-

    lanja masing-masing Rp700

    ribu dan Rp 1 juta.

    Promo ini berlaku se-

    cara nasional. Untuk tipe

    150 LXC dapat voucher be-

    lanja Rp700 ribu di Hyper-

    mart, tipe 300 LXC dapat

    voucher belanja Rp1 juta,

    katanya.

    Promo bonus spesial Ra-

    madan Wika SWH berlaku

    untuk pembelian kedua tipe

    produk itu, sejak 8 Juni hingga

    10 Juli 2015, selama perse-

    diaan masih ada. (cw93)

    VictorLiputan Batam

    BATAM (HK) Sebagai wujud meningkatkankualitas pelayanan bagi mahasiswanya,Yayasan Ibnu Sina Batam bekerjasama de-ngan Bank Bukopin meluncurkan sitempembayaran online, baik untuk pembayaranSumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP),Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), danKartu Rencana Studi (KRS).

    Hal ini dilakukan dengantujuan untuk mempermudahmahasiswa yang mayoritasberasal dari luar Batam un-tuk melakukan pembayaran.Demikian disampaikan olehKetua Umum Yayasan IbnuSina Batam H Andi Ibrahim,dalam sambutannya padapeluncuran SPP, DPP, danKRS Online bersama BankBukopin, Senin (29/6). Dika-takannya, selain untuk me-mudah mahasiswa dalammelakukan transaksi biayakuliah, sistem online ini jugabermanfaat bagi orangtua/wali mahasiswa yang kuliahdi Ibnu Sina.

    Ini sangat bermanfaatbagi para orang tua karena

    secara langsung dapat me-ngetahui berapa jumlah bi-aya perkuliahan yang dibutu-hkan oleh anaknya, sehinggatidak terjadi kebingunganataupun manipulasi biayakuliah, ujar Andi.

    Andi mengungkapkan, inimerupakan pertama kali ba-gi pihak yayasan bekerjasa-ma dengan Bank Bukopin. Iaberharap mahasiswa dapatmemanfaatkan fasilitas ter-sebut.

    Sementara itu, Pemim-pin Cabang Bank BukopinBatam Iqbal Fauzan men-jelaskan, sistem pembaya-ran SPP, DPP, dan KRS on-line ini dapat dilakukan olehmahasiswa Ibnu Sina mela-lui kantor Cabang Bank Bu-kopin yang tersebar di selu-ruh daerah di Indonesia.Mahasiswa yang ingin me-

    lakukan transaksi pembaya-ran dari daerahnya bisa la-ngsung mengunjungi kantorcabang kami dan menunjuk-kan Kartu Tanda Mahasis-wa (KTM) Ibnu Sina, makakami akan melayani pem-bayaran SPP, DPP, dan KRSonline dengan baik danaman, kata Iqbal.

    Iqbal menambahkan,Bank Bukopin juga memilikitrack record yang baik, dan te-lah menjalin kerjasama den-gan universitas-universitasternama di Jawa dan Sumat-era, seperti di Bandung, Jogy-

    akarta, Lampung. Di Kepri,universitas yang telah beker-jasama dengan Bank Bukopinadalah Umrah Tanjungpi-nang, dan kini Ibnu Sina.

    Setelah Ibnu Sina akankita kembangkan beberapaperguruan tinggi lainnya diBatam, jelasnya.

    Iqbal menambahkan, da-lam bentuk pelayanan per-bankan, pihaknya tidak han-ya memberikan kemudahanbagi mahasiswa saja, tetapijuga bagi pegawai dan dosendi lingkungan Yayasan IbnuSina Batam. Bukan hanya

    mahasiswa saja, pelayananprima juga akan kami beri-kan kepada segenap pegawaidan dosen Ibnu Sina dalamhal transaksi perbankan. De-ngan demikian, pelayananyang kami berikan ini akandirasakan oleh seluruh civi-tas academi Ibnu Sina Ba-tam, tuturnya.

    Iqbal menambahkan, da-lam waktu dekat, pihaknyaakan menghadirkan ATMBukopin di Sekupang dan Ba-tamindo, untuk mempermu-dah nasabah dalam melaku-kan penarikan uang. ***

    INT

    PEMBELIAN Wika SolarWater Heater (SWH)sepanjang Ramadhan,berkesempatan mendapatkanvoucher belanja hingga Rp1juta di Hypermart. Promoselama persediaan masihada.

    DOK

    LAYANI NASABAH Teller Bank Bukopin melayani nasabahnya. Bank Bukopin Cabang Batam bekerjasama denganYayasan Ibnu Sina Batam dalam hal pembayaran biaya kuliah secara online yang bisa dilakukan di seluruh cabang BankBukopin di Indonesia.

  • CMYKEditor: Nana Marlina, Layout: Parlin

    CMYK

    USD/IDR

    Senin, 29 Juni 2015

    SGD/IDR

    MYR/IDR

    JUAL BELI

    13,289.00

    3,511.89

    9,821.15

    EUR/IDR

    JPY/IDR

    CNY/IDR

    JUAL BELI

    2,194.45

    10,792.66

    2,172.54

    14,782.75 14,633.85

    3,550.12

    9,921.65

    13,423.00

    10,902.37

    396.54THB / IDR 392.35

    Selasa, 30 Juni 2015 3BisnisSumber: Bank Indonesia

    Pemukiman Elite dari Royal PropertyRoyal Bay

    BATAM (HK) Royal Property mengha-dirkan kawasan hunian eksklusif, RoyalBay, di atas lahan seluas 10 hektare yangterletak di Batam Centre. Hunian elite ber-konsep 'stay and vacation' ini tidak jauhdari pusat perbelanjaan Mega Mall, TerminalFerry International, dan Pemko Batam.

    VictorLiputan Batam

    Marketing Manager danPerencanaan Royal PropertyFrancesca, ditemui baru-baru

    ini mengatakan, perumahanini akan dilengkapi dengankolam renang di setiap tipe.Bukan itu saja, di setiap ru-mah akan didukung dengandinding pemisah bangunan

    setinggi 5 meter, yang akanmemberikan privacy lebihkepada penghuni rumah da-lam beraktivitas.

    Francesca menambahkan,dalam pembagunan Royal Bay,pihaknya akan memberikantaman di tiap kamar utama dimasing-masing tipe rumah, se-suai dengan konsep yang di-usung, yakni 'your stay-cationhome', yaitu rumah semi villa.Di tiap rumah juga dimungkin-kan untuk memiliki kolam re-nang sendiri, karena terdapatspase lahan untuk itu.

    Di masing-masing rumahjuga dibekali double carportlengkap dengan kanopinya.Plafon setinggi tiga meter,

    pintu utama keyless dengansystem automatic doorlockdan sejumlah spesifikasi lain.

    "Fasilitas yang kami sedi-akan antara lain royal bayclub, meliputi red pool, dan dibeberapa sudut taman zen &sand garden, area bermaindilengkapi dengan taman ber-main anak, gym, library yangdapat difungsikan sebagaitempat bertemu teman, lesanak dan meeting." ujarnya.

    Di pintu masuk utamahunian ini terdapat RoyalBay Boulevard, yaitu jalurpedestrian yang nyaman di-lengkapi taman unik di kiridan kanan jalannya. Keung-gulan lainnya yang ditawar-kan, setiap kamar mandi ditiap unit rumah telah dileng-kapi instalasi air panas, jar-ingan gas dari PGN untukmemasak, dan tentu saja lis-trik dan air.

    Untuk tahap pertama, pi-hak pengembang memban-gun 100-an unit rumah. Ter-diri dari tipe 128/144, 145/162, 178/190, 198/220, dan245/264. Setiap tipe rumahterdiri dari dua lantai. "Se-mua rumah dua lantai, dandidesain dengan tampilaneksterior kontemporer yangbelum pernah ada di Batam."pungkasnya.

    Francesca juga menam-

    bahkan, stok unit rumah ter-batas, yaitu hanya 109 unitsaja. Bagi Anda yang inginmemiliki hunian dengan men-gutamakan kenyamanan, Ro-yal Bay merupakan tempatyang tepat. Hubungi market-ing di nomor telp 0778 7483177, atau kunjungi kantor pe-masarannya di Kompleks Ru-ko Mahkota Raya, Jl EngkuPutri Blok C Nomor 3A-5,Batam Centre. ***

    REPRO

    PERUMAHAN ELITE Rancangan Royal Bay Boulevard yang akan dibangun di pintu masuk utama perumahan Royal Bay. Pemukiman elite ini baru diluncurkanpekan lalu dengan fasilitas mewah yang menunjangnya, serta dimungkinkan untuk membangun kolam renang di tiap tipe rumah.

  • Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Arment Aditya, Layout: Agung Raharjo

    Pendidikan 4Selasa, 30 Juni 2015

    Satu Hari Baksos di Tiga Kecamatan

    BATAM (HK) Dalamrangka berbagi kasih di bu-lan Ramadhan, PersatuanGuru Republik Indonesia(PGRI) Kota Batam mengge-lar bakti sosial denganmembagi-bagikan 1.000 pa-ket sembako. Seperti padahari Senin (29/6), PGRI seren-tak menggelar baksos sam-bil berbuka puasa bersamamasyarakat diadakan di tigakecamatan, yakni di Keca-matan Belakang Padang de-

    ngan membagikan 120 paketsembako, di Kecamatan Sek-upang sebanyak 30 paket,dan di Kecamatan LubukBaja sebanyak 70 paket.

    Pembagian sembako inidikawal langsung Ketua PBPGRI Kota Batam, RustamEfendi SE MSi bersama se-jumlah pengurus lainnyayang didistribusikan lang-sung kepada masyarakatkurang mampu dan anak ya-tim melalui PC PGRI di ma-

    sing-masing kecamatan. Ke-datangan rombongan PGRIdisambut dengan gembiraoleh masyarakat. Sepertimasyarakat dari berbagaipulau di Kecamatan Bela-kang Padang, dengan antu-sias mereka berkumpul den-gan tertib menerima semba-ko yang diserahkan langsungKetua PB PGRI Kota BatamRustam Efendi SE MSi.

    Sementara sasaran loka-si dan masyarakat yang ber-hak menerima paket semba-ko ini, terlebih dahulu PC

    PGRI Belakang Padang me-manfaatkan jaringan denganpara pengurus RT dan RWuntuk memperoleh data-da-ta lengkap mengenai kea-daan masyarakat yang se-suai dengan target PGRI.

    "Totalnya 1.000 paketsembako kita sediakan darisumbangan sekolah-sekolahse Kota Batam. Kita harap-kan jumlah paket sembakoyang kita sediakan ini men-cukup men-cover semua keca-matan. Karena target kitamasyarakat kurang mampu

    di setiap kecamatan menda-pat jatah sembako ini," ujarRustam disela-sela pembagi-an paket sembako di Keca-matan Belakang Padang.

    Bantuan paket sembakoberupa, kacang tanah, te-pung, terigu, mentega danminyak sayur ini, plus uanguntuk menambah kekuran-gan yang dibutuhkan. Di-harapkan Rustam dapatmembantu masyarakatkurang mampu menghadapilebaran nanti. "Minimalsaudara kita yang kurang

    mampu ini bisa membuatkue menyambut lebarannanti. Sumbangan sembakoini murni bantuan darisekolah-sekolah di Batam,kalau PGRI dalam hal inihanya menyampaikanamanat dari sekolah saja,"kata Rustam.

    Dikatakannya, bahwabaksos seperti ini merupa-kan kegiatan rutin PGRI Ko-ta Batam setiap tahun padabulan Ramadhan. Dengantujuan berbagi dengan sesa-ma, dan menjalin silaturah-

    mi antara PGRI dengan ma-syarakat."Meski bantuantidak seberapa, tetapi jan-gan dilihat dari nilainya.Namun bentuk kepeduliandan niat tulus dari anggotaPGRI Kota Batam untukmembantu mengurangi be-ban masyarakat yangkurang beruntung," ucapRustam.

    Turut hadir pada Kegia-tan tersebut, Wakil KetuaPGRI Kota Batam SahirSPd, Sekretaris PGRI KotaBatam Drs Hernowo MMserta Wakil SekretarisVadilifa SAg.

    Semua Kelas Terapkan K-13BATAM (HK) Kabid Dikdas Disdik KotaBatam Rustam Efendi SE MSi, mengatakanpenerapan Kurikulum 2013 (K-13) di Batamberjalan lancar. Hingga kini penerapan K-13belum menemukan kendala yang berarti.Bahkan untuk tahun ajaran baru 2015/2016mendatang, semua kelas menerapkan K-13,karena pola Kurikulum KTSP telah berakhirpada lulusan kemarin.

    "Kemarin memang masih

    terkendala buku pegangan

    siswa dan guru, tapi

    sekarang telah diata-

    si. Bahkan para gu-

    ru juga sudah pan-

    dai cara mem-

    buat RPP, serta

    penilaian sis-

    wa," ujar Rustam disela-sela

    buka puasa bersama dengan

    1.000 guru, Minggu (28/6).

    Menurut Rustam, pada

    tahun ajaran baru nanti, se-

    mua kelas dari SD

    dan SMP di

    Batam akan

    menerap -

    kan buku

    K-13. "Ka-

    lau ke-

    marin kan kelas VI SD dan

    kelas IX SMP masih meng-

    gunakan Kurikulum KTSP.

    Nah sekarang kelas VI SD

    dan kelas IX SMP sudah ma-

    suk pada kelas menggunakan

    K-13," jelasnya.

    Diakuinya, bahwa faktor

    terbesar penentu keberhasi-

    lan menerapkan K-13 itu,

    yakni kesesuaian kompeten-

    si pendidik dan tenaga kepen-

    didikan (PTK) dengan kuriku-

    lum dan buku teks, serta di-

    dukung faktor pendukung

    yang terdiri dari tiga unsur

    diantarnya pertama keterse-

    diaan buku sebagai bahan

    ajar dan sumber belajar yang

    mengintegrasikan standar

    pembentuk kurikulum, kedua

    penguatan peran pemerintah

    dalam pembinaan dan penga-

    wasan, ketiga adalah pengua-

    tan manajemen dan budaya

    sekolah.

    "Memang dari kesemua

    itu yang paling penting lagi

    untuk keberhasilan K-13 ini

    adalah kesiapan guru, kare-

    na tugasnya mendorong pe-

    serta didik untuk mampu

    lebih baik dalam melaku-

    kan observasi, bertanya,

    bernalar, dan mengkomuni-

    kasikan atau mempresenta-

    sikan, terhadap apa yang te-

    lah mereka peroleh atau

    mereka ketahui setelah me-

    nerima materi pembela-

    jaran. Nah melalui empat

    tujuan itu tadi, kita harap-

    kan siswa memiliki kompe-

    tensi sikap, keterampilan,

    dan pengetahuan jauh lebih

    baik. Sehingga mereka ak-

    an lebih kreatif, inovatif,

    dan lebih produktif. Dari si-

    nilah guru dituntut tidak

    hanya cerdas melainkan ju-

    ga adaptif terhadap per-

    kembangan," ucap Rustam.

    HUMAS PGRI KOTA BATAM

    KEGIATAN BAKSOS Ketua PB PGRI Kota Batam Rustam Efendi SE MSi didampingi Sekretaris PGRI Drs Hernowo MM, foto bersama anak yatim dalam kegiatan baksos PGRI di Kecamatan Belakang Padang, Senin (29/6) (foto tengah). Sementara foto kiri, WakilKetua PGRI Kota Batam Sahir SPd menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Sekupang, dan foto kanan Wakil Sekretaris PGRI Kota Batam Vadilifa SAg menyerahkan juga bantuan sembako kepada masyarakat Tanjunguma.

    Arment AdityaLiputan Batam

    Anak Buruh Diterima Kuliah di UGMSEDERHANA. Begitulah penampilan Revina Latifah,putri dari pasangan suami istri (pasutri) Holidin dan

    Khotijah yang bekerja sebagai buruh panggul dipelabuhan dan buruh kelapa sawit. Jauh dariorangtua, Revina mencoba memecahkan kacameraih harapannya untuk kuliah di Universi-tas Gadjah Mada (UGM).

    Hidup terpisah dari or-

    angtua dan tinggal berdua

    dengan neneknya, Tukem, di

    Somogede, Kaburikan, Wa-

    daslintang, Wonosobo Jawa

    Tengah, tak mengendurkan

    semangat Revina mengejar

    cita-cita kuliah di UGM. Kon-

    disi ekonomi keluarga yang

    serba kekurangan memaksa

    Revina menjalani semua itu.

    Ia pun memaklumi manaka-

    la orangtuanya terpaksa per-

    gi ke Kalimantan menjadi

    buruh kelapa sawit demi

    menyambung hidup keluarga.

    "Gimana lagi, di sini Bap-

    ak juga buruh tani. Penghasi-

    lannya hanya Rp550 ribu per

    bulan," ujarnya dilaman

    UGM belum lama ini.

    Bagi Revina, kondisi eko-

    nomi keluarga yang pas-pa-

    san menjadi cambuk dalam

    meraih prestasi. Hal itu, ia

    tunjukkan saat duduk di

    bangku SMA Muhammad-

    iyah I Wonosobo, di mana

    Revina selalu menduduki

    ranking pertama.

    Tidak hanya itu, Revina

    pernah meraih juara III Olim-

    piade Geografi Nasional

    tahun 2014 yang diselengga-

    rakan Fakultas Geografi

    UGM. Juara I Envi Camp re-

    gion DIY-Jateng tahun 2014

    bertema "Be Fun with Karst".

    "Untuk OSN saya lolos

    seleksi di tingkat kabupaten

    dan provinsi namun gugur di

    Pelatnas. Kalau sekarang

    saya diterima di UGM mu-

    ngkin karena saya sudah

    sering mengikuti lomba-lom-

    ba geografi, jadi saya merasa

    senang sekali," katanya.

    Revina mengaku sangat

    bersyukur diterima kuliah di

    UGM lewat jalur beasiswa

    bidikmisi. Dengan begitu, ia

    merasa bisa membantu merin-

    gankan beban hidup orangtu-

    anya. Revina menuturkan, or-

    angtuanya sangat senang ma-

    nakala ia memberitahukan

    dirinya diterima kuliah di

    UGM. Bahkan orangtuanya,

    tak kuasa menahan haru kare-

    na ia kuliah dengan mendapat

    beasiswa bidikmisi. (oke)

    UN Dijadikan Pemetaan

    Sementara terkait ujian nasion-

    al (UN) pada K-13 nanti, kata Rus-

    tam, tidak lagi dijadikan penentu

    kelulusan. Melainkan dijadikan

    pemetaan dan evaluasi pendidikan

    dimasing-masing daerah. Bahkan

    nanti nama UN itu juga akan digan-

    tikan dengan ujian tingkat kompe-

    tensi (UTK) atau evaluasi na-

    sional (ENAS). Namun

    untuk UTK dan

    ENAS ini

    akan diber-

    l a k u k a n

    pada tahun

    2016 men-

    d a t a n g ,

    setelah se-

    luruh ting-

    katan/ke-

    las telah

    menerap -

    kan kuriku-

    lum K-13.

    ***

    Rustam Efendi SE MSiKabid Dikdas Disdik Batam

    Revina Latifah

    1.000 Paket Semboko Dibagikan

  • Opini & Layanan Umum 5Selasa, 30 Juni 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang : Perwakilan

    Perwakilan Lingga: PerwakilanKarimun: Perwakilan Natuna:PerwakilanAnambas:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, M.Syahdan,H. Kasri. : Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, EddySupriatna, Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti,Dedi Manurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), RudiYandri, Aspanel, Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar(Kabiro Bintan), Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi.

    Hengki Haipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Faturahman (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,

    Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Syahril, Mario Sardiman,Agung Raharjo, Parlin,Abi Hamdani. Richo R Fandi.Aswat,

    Grafis: Desain Iklan:Bintan:

    Manager Pemasaran & Promosi Manager Sirkulasi

    & Distribusi: HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan: Piutang:

    Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector: Tarif

    Iklan:

    Percetakan :

    Repro:

    Dicetak Oleh:

    : Agus Supriyanto,

    Malanton Hutagalung, : Junita Sari,

    Elny, Risnawati , Jordy,

    Ririn, Putra, Paruhum Nst.

    Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan Display BW hlm 1

    Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp. 35.000/mmk, iklan

    Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot Colour Rp.

    25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW Rp.

    25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan BW

    Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita Rp.10.000/mmk,

    Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan kolom (Maks 300

    mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius ( Kepala), Mulya

    Perbawa, Isman,Apin, Sofwan, Kholik,Angga, Ipo. M. Rafli, Fadli,

    Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri Printing. Isi diluar

    tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Abi Hamdani

    MerehabilitasiPenyalahguna Narkoba

    Hutan di Kepri Rusak

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Wabup Bintan Kaget Ada Obat Kadaluarsa- Kagetnya benaran ngak pak wabup?

    Rini Bantah Hina Jokowi- Awas politik kotor mulai bermain!

    P

    PECANDU dan korban penyalahguna narkotika dinilai enggan untuklapor diri ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) disebabkan olehanggapan bahwa Narkoba merupakan aib keluarga, takut apabilamelapor diri akan dijadikan target operandi pihak berwajib, masih

    banyak yang tidak mengetahui adanya tempat layanan IPWL (Insti-tusi Penerima Wajib Lapor), masih beranggapan bahwa jika lapordiri akan dipenjara dan pasrah karena melihat dari faktor ekonomi

    yang merasa diri mereka miskin dan tidak akan sanggup membayarbiaya pemulihan atau rehabilitasi.

    Nining Setyawati, S.Kom & Anne Putri Harini, S.I.Kom, Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batam

    Judul: Because of Winn DixiePenulis: Kate DicamilloPenerjemah: Diniarty PandiaPenerbit: PT Gramedia Pustaka UtamaTebal: 174

    Kadang-kadangrasanya semua orang di

    dunia ini kesepian. (hala-man 128)

    Suatu hari seorang anak pe-rempuan bernama Opal Indiasedang berada di sebuah tokomakanan ketika tiba-tiba keg-aduhan terjadi. Ada banyaksekali makanan bergulingan kelantai dan para karyawan tokoberlarian ke sana kemari sam-bil melambaikan tangan. Awal-nya Opal tak menyadari bah-wa semua itu adalah ulahseekor anjing sampai kemudi-an ia melihatnya. Seekor anjingbesar yang jelek namun memi-liki senyum memesona. Anjingitu tersenyum dan berhenti te-pat dihadapannya sebelum ke-mudian berlari menuju ke arahmanajer toko yang berteriak-teriak.

    Tanpa berpikir panjang Opalmembawa Winn Dixie pulangbersamanya. Ia akan memintaijin ayahnya untuk memeliharaWinn Dixie. Ayah Opal adalahseorang pendeta dan merekaberdua belum lama pindah keNaomi, Florida. Ibu Opal mening-galkan Opal ketika ia masih kecil.Opal senantiasa merasa kesepi-an karena ayahnya begitu sibukdengan kegiatan berkhotbah-nya. Opal juga tak memiliki ban-yak kawan, karena memang takbanyak anak tinggal di sana.Hanya beberapa dan tampakn-ya mereka pun tak ingin berde-katan dengan Opal karena kha-watir diadukan segala perbua-tan mereka kepada pendeta.

    Kehadiran Winn Dixiememberi keajaiban-keajaibankecil pada Opal. Karena WinnDixie ia berkenalan denganGloria Dump, Otis, Miss Franny.Gloria Dump seorang nenektua yang penglihatannya su-dah kabur dan Dunlap sertaStevie Dewberry, anak-anakseusia Opal menjulukinya se-bagai nenek sihir. Mereka takutberdekatan dengan Gloria

    Dump. Otis, seorang pemudaaneh yang dianggap berba-haya karena pernah dipenjaraserta Miss Franny penjaga per-pustakaan yang kemudianmengenalkan Opal kepadapermen hasil ramuan kakekbuyutnya. Permen itu menyaji-kan sensasi rasa manis danmelankolis bagi yang me-nyicipnya. Permen itu adalahuangkapan kesedihan sangpenciptanya, yang kehilanganorang tua serta saudara-sau-dara perempuannya dalamperistiwa perang saudara dankesakitan. Hal itu membuatOpal teringat kepada Ibunya.

    Apakah menurutmu se-mua orang merindukan sese-orang? Seperti aku merindu-kan mamaku? (halaman 130)

    Seperti biasa Kate Dicamil-lo menyuguhkan kisah yangmengharu biru. Walau taksepuitis karya-karya Kate dibuku lainnya, namun cerita inipun tak kalah bagusnya. Katemenyisipkan pesan mengenaikasih sayang.

    Tuhan yang baik, kami bert-erima kasih untuk karunia-karu-nia rumit dan indah yang Kauberikan pada kami dalam dirikami masing-masing. Dan kamiberterima kasih untuk tugasyang Kau serahkan pada kami,yaitu saling menyayangi sebaikmungkin, seperti Kau menyay-angi kami. (halaman 148)

    Dan bagaimana kita bela-jar untuk mengikhlaskan sese-orang atau sesuatu. Tidak mu-ngkin kau bisa menahan se-suatu yang ingin pergi. Kauhanya bisa menyayangi apayang kau miliki selama kaumemilikinya. (halaman 154)

    Serta bagaimana kita me-mandang orang lain tanpamengkaitkan dengan masa la-lunya yang buruk. Kau tidak se-lalu bisa menilai orang dari hal-hal yang pernah mereka laku-kan. Kau harus menilai orangdari apa yang mereka lakukansekarang. (halaman 95). (ben)

    KEPALA Dinas Kehutanan,Pertanian, Perkebunan danPeternakan Provinsi KepriSaid Jaafar mengeluhkankerusakan hutan di Kepri.Keluhan tersebut wajar ter-lontar mengingat parahnyakerusakan hutan yang me-merlukan penanganan untukmemulihkannya. Informasidisampaikan Kadis Kehutan-an bahwa saat ini luas hutandi Kepri hanya mencapai 887ribu hektare saja. Ini sangatkecil jika dibandingkan den-gan hutan yang dimiliki pro-

    vinsi lainya di Indonesia.Tiap tahunnya, dari luas

    hutan di Kepri tersebut se-bagiannya terbakar. Sebagi-an lainnya pembalakan liar,penambangan hingga pem-bangunan pemukiman. Aki-batnya tanah cenderung kri-tis dan gundul mengakibat-kan penurunan debit air.

    Dalam pemberitaan hari-an ini beberapa hari lalu sem-pat muncul adanya waduk-waduk di Kabupaten Kari-mun maupun di Pulau Ta-rempa sudah mengalami ke-

    keringan akibat penurunandebit air setiap musim kema-rau. Begitu juga di SeipulaiTanjungpinang. Bisa dibay-angkan, dampak yang ditim-bulkan dan harus ditanggungoleh masyarakat.

    Hutan yang seharusnyamenjadi salah satu paru-parulingkungan, untuk menambahoksigen bagi makhluk hidup,baik bagi satwa penghuni hu-tan itu sendiri maupun di luarhutan, justru dapat menjadibeban. Karena gundulnya hu-tan akan menimbulkan keter-

    gangguan ekosistem. Keter-gangguan ekosistem hutantentu akan berdampak gang-guan pula terhadap kehidup-an di daratan. Misalnya gang-guan banjir kiriman di musimhujan atau kekeringan dan ke-sulitas air di musim kemarau.Ini selalu dirasakan masya-rakat di Kepri akibat kerusa-kan hutan tersebut.

    Untuk itu kedepannya di-harapkan adanya pengawa-san yang ketat aparat yangberwenang seperti polisi hu-tan (Polhut) agar sungguh

    DI ERA modernisasi dan glo-balisasi saat ini, rasanya bicarakebaikan standar nilai yangdibangun tentulah ala baratyang hedonis materealistis. Sifatini mereduksi dan memasungmanusia dan kehidupannya ha-nya pada tampilan fisik belaka(artifisial). Aktifitas hariannyahanya sekedar untuk memenuhihajat fisiknya, dan orientasihidupnya sebatas hanya untukkesenangan dunia. Sekedar con-toh kecil, pesatnya perkem-bangan dunia mode/gaya saatini dimana kita bisa lihat mulaidari busana, rambut, tato tubuhserta beragam kemarakan dun-ia hiburan mewakili hal ini. Punsoal moral dan tata nilai, uku-rannya adalah sejauh mana se-suai dengan apa yang merekasebut sebagai hak asasi manu-sia atau HAM. HAM seolah-olahtelah menjadi agama baru. Dan,agama yang sebenarnya (Islam)dianggapnya telah usang. Seke-dar contoh adalah adanya gera-kan di negeri kita ini untukmembolehkan perkawinan la-ki-laki dengan laki-laki atau gay,dan dengan sebaliknya yangdisebut dengan lesbian. Atasnama HAM, fitrah manusia ter-ancam dan rusak. Dan saat ini diBatam ada komunitas Laki SukaLaki-Laki atau disingkat LSLLyang anggotanya berjumlah se-kitar tiga ribu anak-anak usiaremaja. Masya Allh, bukankah ini

    praktik menyimpang dari kaumNabi Luth yang kemudian AllahSWT mengazabnya dengan hu-jan batu sijjil dari neraka sertamengubur mereka hi-dup-hidup denganmembalikkan bumi ya-ng dipijaknya. Naudzu-billahi mindzalik.

    Standar nilai yangdibawah Islam, me-mandang manusia ad-alah makhluk muliabukan pada sisi fisik belaka,namun ada pada nilai perilaku,moral agama yang disebut se-bagai taqwa. Sesuai firma-Nya,Sesungguhnya orang yangpaling mulia diantara kamu di-sisi Allah yaitu orang yang pal-ing taqwa diantara kamu. (QS.Al Hujuraat [49]: 13). Inilah der-ajat tertinggi seorang manusia,dan ketaqwaan inilah yangsenantiasa mengantarkan ma-nusia untuk senantiasa ber-buat kebajikan. Rasulullah jugamenegaskan dengan sabdanyayang mulia yang diriwayatkanimam Muslim, SesungguhnyaAllah tidak melihat kepada jas-ad-jasad kalian dan tidak jugakepada rupa-rupa kalian akantetapi Allah melihat kepada ha-ti-hati kalian (dan amalan-am-alan kalian). Niat atau maksuddi dalam hati, serta amal-amalkitalah yang menjadi penentukebaikan.

    Oleh karena itu, siapapun

    kita harus menjalankan ke-hidupan ini penuh dengan ke-baikan dan harus senantiasamengelola kebaikan itu. Be-

    rikut adalah hal-halpenting agar kita se-nantiasa mengelolakebaikan itu : Perta-ma Sahabat Rasulull-ah sekaligus khalifahAli k.w menuturkanperkataan yang san-gat mashur, Kebai-

    kan yang tidak terorganisirdapat dikalahkan oleh kejaha-tan yang terorganisir. Masifn-ya kemaksiatan dan kemunka-ran hari ini, menjadi ibroh bah-wa kita harus menata kebai-kan (kebenaran) ini agar ber-daya dalam melawan ke-munkaran yang terjadi.

    Kedua, ketahuilah bahwaIblis dan bala tentaranya ten-tu tidak akan tinggal diam ke-pada orang-orang yang se-nantiasa mengelola kebaikan.Iblis menjawab: Demi kekua-saan Engkau aku akan menye-satkan mereka semuanya, kec-uali hamba-hamba-Mu yangmukhlis di antara mereka. (QS.As Shad: 82-83). Lawan utamadalam mengelola kebaikan da-tang dari Iblis laknatullah. Sia-papun akan diperdaya Iblisdan bala tentaranya hingga ditikungan terakhir saat sakrat-ul maut kecuali yang memilikisikap ikhlas. Inilah syarat da-

    lam mengelola kebaikan.Ketiga Allah SWT melipat-

    gandakan pahala bagi orang-orang yang berbuat kebaikanapalagi mampu mengelolanyaminimal mendapat 10 kebaikan.Dari Abu Hurairah, Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam ber-sabda, Allah Taala berfirman:Jika hamba-Ku bertekad me-lakukan kejelekan, janganlahdicatat hingga ia melakukannya.Jika ia melakukan kejelekantersebut, maka catatlah satukejelekan yang semisal. Jika iameninggalkan kejelekan terse-but karena-Ku, maka catatlahsatu kebaikan untuknya. Jika iabertekad melakukan satu kebai-kan, maka catatlah untuknyasatu kebaikan. Jika ia melakukankebaikan tersebut, maka catat-lah baginya sepuluh kebaikanyang semisal hingga 700 kalilipat. (HR. Bukhari dan Muslim).

    Pertama Mengelola kebai-kan menjadi cara ampuh un-tuk menguatkan modal sosial.Modal sosial yang kuat akanmenjadikan kohesitas keprib-adian dan hubungan antrapribadi di dalam masyarakatakan semakin baik. Ini modalbesar bagi wujudnya masya-rakat madani (adil, aman, mak-mur dan sejahtera) yang di-landasi oleh nilai-nilai keper-cayaan, penghormatan, kejuju-ran, tenggang rasa, bekerjasa-ma, tolong menolong dan

    tanggungjawab.Kedua Mengelola kebaikan

    menjadi bukti kebenaran (sid-diq) atas keimanan dan wujudketaqwaan kepada Allah SWT.Kebajikan itu bukanlah meng-hadapkan wajahmu ke arahtimur dan ke barat, tetapi ke-bajikan itu ialah (kebajikan)orang yang beriman kepadaAllah, hari akhir, malaikat-ma-laikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan hartayang dicintainya kepada kera-bat, anak yatim, orang-orangmiskin, orang-orang yang da-lam perjalanan (musafir), pe-minta-minta, dan untukmemerdekakan hamba sahaya,yang melaksanakan shalat danmenunaikan zakat, orang-or-ang yang menepati janji apa-bila berjanji, dan orang yangsabar dalam kemelaratan, pen-deritaan dan pada masa pep-erangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan merekaitulah orang-orang yang ber-takwa. (QS. Al Baqarah[2]: 177).

    Saatnya kita mulai meng-elola kebaikan sekecil apapundalam hal apapun dan dalamkondisi bagaimanapun, walauhanya sekedar tersenyum. Ra-sulullah SAW bersabda, Jangan-lah kamu meremehkan kebai-kan sekecil apa pun, sekalipunitu hanya bermuka manis saatberjumpa saudaramu. (HR. Mus-lim). Wallahualam bishawab. ***

    Kebaikan

    Because of Winn Dixie

    Resensi

    Oleh : Ir. Moch. Arief, Direktur Eksekutif Nurul Islam Group, BatamK olom Publik

    Kini penanganan pecandu

    dan korban penyalahguna nar-

    kotika ke dalam tempat reha-

    bilitasi telah diatur dalam

    peraturan bersama yang dis-

    epakati oleh Mahkamah Ag-

    ung, Kementerian Hukum dan

    HAM, Jaksa Agung, Polisi Re-

    publik Indonesia, Kementerian

    Kesehatan dan Badan Narko-

    tika Nasional. Adapun tujuan

    dari Peraturan Bersama ini

    antara lain untuk menurunkan

    jumlah pecandu narkotika dan

    korban penyalahgunaan nar-

    kotika melalui program pengo-

    batan, perawatan dan pemuli-

    han dan tetap melaksanakan

    pemberantasan peredaran ge-

    lap Narkotika, serta upaya

    untuk mengurangi jumlah ter-

    sangka atau terdakwa yang

    ditempatkan di dalam Lapas

    atau Rutan yang sudah kelebi-

    han kapasitas.

    Badan Narkotika Nasional

    (BNN) melalui program reha-

    bilitasi 100.000 penyalah guna

    narkotika membagi dua alur

    tahapan pelaksanaan rehabil-

    itasi bagi pecandu dan korban

    penyalahguna narkotika, yaitu

    jalur Volunteer (Suka Rela Me-

    lapor) dan Compulsory (yang di-

    wajibkan menjalankan proses

    rehabilitasi). Pembagian ini

    dibedakan dari segi bagaima-

    na cara mendapatkan penyalah

    guna narkotika yang akan me-

    laksanakan proses pemulihan

    atau rehabilitasi. Bagi pecandu

    dan korban penyalah guna ya-

    ng dengan suka rela (volunteer)

    datang melapor ke lembaga re-

    hab/BNN akan dilakukan skri-

    ning dan asesment oleh IPWL/

    BNN/BNN Provinsi/Kota/Ka-

    bupaten. Setelah didapat hasil

    asesment oleh tim asesor BNN

    maka bisa ditentukan tahap

    pemulihan bagi pecandu/kor-

    ban penyalah guna narkotika,

    apakah menjalani rawat inap

    atau cukup menjalani rawat

    jalan. Hal ini berlaku juga bagi

    pecandu atau korban penyalah-

    guna yang didapat melalui

    penjangkauan oleh tim jangkau

    damping BNN dan LSM yang

    bekerjasama dengan BNN.

    Sedangkan bagi korban pe-

    nyalahguna narkotika yang

    didapat oleh petugas pember-

    antasan BNN melalui kegia-

    tan razia, dilaksanakan proses

    Asesment oleh Tim Asesmen

    Terpadu yang didalamnya me-

    liputi tim kesehatan (psikolog,

    dokter), hukum (Jaksa, Penyid-

    ik BNN, Polri) dan BAPAS apa-

    bila tersangka adalah anak-

    anak. Prosedur asesmen telah

    dipaparkan sebelumnya dalam

    tulisan di kolom opini ini den-

    gan judul Asesmen dan Ren-

    cana Terapi Gangguan Peng-

    gunaan Narkotika.

    Setelah korban dan pen-

    yalahguna narkotika men-

    jalani proses pemulihan atau

    rehabilitasi, mereka tidak

    dibiarkan begitu saja. Bagi

    penyalahguna yang telah sele-

    sai menjalani rawat inap,

    mereka menjalani tahapan

    di dalam rumah dampingan

    dan bagi penyalahguna yang

    telah selesai menjalani pros-

    es rawat jalan (6-8 kali perte-

    muan) akan diberdayakan ke

    dalam sanggar seni dan krea-

    si dengan tujuan agar mere-

    ka dapat berkarya dan mam-

    pu bersosialisasi kembali ke

    tengah-tengah masyarakat

    sampai akhirnya mereka be-

    nar-benar pulih terbebas dari

    kecanduan akan barang ha-

    ram narkotika.

    Saat ini BNN juga telah

    melaksanakan proses pemu-

    lihan atau rehabilitasi di

    dalam Lembaga Pemasya-

    rakatan (Lapas). Menurut

    data yang kami terima, ham-

    pir 60% atau dari 1.128 na-

    rapidana, 693 diantaranya

    tersangkut kasus penyalah-

    gunaan Narkotika. Apabila

    hal ini dibiarkan, maka tidak

    menutup kemungkinan bah-

    wa penghuni lapas akan pe-

    nuh dengan narapidana ka-

    sus narkotika yang berdam-

    pak buruk selama mereka

    menjalani masa hukuman.

    Mereka tidak akan sembuh

    namun semakin parah. Oleh

    karena itu, Peraturan Bersa-

    ma yang telah disepakati

    juga bertujuan sebagai petun-

    juk teknis pelaksanaan reha-

    bilitasi di lapangan oleh petu-

    gas di institusi terkait.

    Apabila masyarakat atau

    keluarga pecandu dan korban

    penyalah guna narkotika akan

    melapor diri secara sukarela

    dapat mendatangi tempat-

    tempat IPWL, khususnya di

    Batam, yakni: Puskesmas

    Lubuk Baja, Puskesmas Bot-

    ania, Puskesmas Sei Langkai,

    Puskesmas Sei Pancur, Pus-

    kesmas Belakang Padang,

    RSUD Embung Fatimah, RS

    Bhayangkara Polda Kepri, RS

    Elizabeth, dan Klinik OZON.

    Untuk mendapatkan infor-

    masi lebih lengkap tentang

    Pencegahan dan Pemberan-

    tasan Penyalahgunaan dan

    Peredaran Gelap Narkotika

    (P4GN) di wilayah Kota Batam,

    masyarakat dapat menghu-

    bungi kontak person petugas

    BNN Kota Batam yaitu: Ucok

    085265440030, Nining 0813-

    65411772, Anne 082174066-

    641, Dian 082283555927 dan

    Rita 085272102554. Dengan

    adanya pemahaman tentang

    hal ini, kita percaya, korban ba-

    ranga haram itu dapat ditekan.

    Untuk itu, mari bersama kita

    wujudkan generasi emas, ge-

    nerasi sehat tanpa narkoba. ***

    PENDIDIKAN merupakanurat nadi pembangunanbangsa di Tanah Air. Untuk itupemerintah sudah sepantas-nya memprioritaskan pemba-ngunan bidang pendidikandan memusatkan perhatianuntuk berinvestasi SDMmelalui pendidikan

    (Eros Djarot, Seniman)

    SAYA melakukan kesalahandalam drama. Saya pikirdrama hadir ketika sangaktor menangis. Ternyata,drama justru ketika penontonmenangis

    (Frank Capra, Sutradara)

    akap ijakC B

    (Bagian Pertama)

    menjalankan kewajibannyadi lapangan. Jangan, sampaikasus-kasus kerusakan hu-tan dan pencurian kayu just-ru melibatkan oknum di da-lamnya.

    Di sisi lain masyarakat,khususnya yang masih terbi-asa menjadikan hutan se-bagai lahan untuk mencurikayu perlu terus-menerus dis-adarkan betapa pentingnyagerakan rehabilitasi tana-man hutan. Pemerintah jugasecara bersama-sama denganLSM harus memprakarsai

    adanya gerakan masyarakatcinta hutan ini. Jelaskan kemasyarakat untung dan rugikalau membat hutan.

    Namun yang terpentingadalah kesadaran kita agartidak lagi membabat hutansembarangan. Kemudian un-tuk langkah selanjutnya ba-

    gaimana upaya-upaya pe-nanggulangan secara ber-kesibambungan hutan yangtelah rusak tersebut. Penang-gulangan ini penting karenauntuk kepentingan kesejah-teraan bersama saat ini,maksimal bagi anak cucukita kelak. Semoga. ***

  • CMYK

    CMYK

    IklanSelasa, 30 Juni 2015 6

  • Sambungan 7Selasa, 30 Juni 2015

    Suka yang Dari Halaman 1

    Siap Tegur Dari Halaman 1

    PDI-P Dianggap Dari Halaman 1

    Senayan City, Jakarta Pusat, be-berapa waktu yang lalu.

    "Pastinya kita (harus) tahupenempatan makeup kalau maukemana-mana. Jangan selalu pakaimakeup panggung aja, kan nggakenak dilihat. Sebagai seorang wanita,kita harus bisa percaya diri," ZaskiaSungkar menambahkan.

    Zaskia tak memiliki tips khususdalam mengaplikasikan makeup,karena ia suka sesuatu yang simple.

    Namun ada satu bagian makeupyang tak mungkin ia lupakan.

    "Yang penting bersihin muka,muka aku sensitif. Aku paling pakeBB cream aja sama bedak padat.Aku lebih suka natural. Tapi te-tap, kalau keluar nggak pakaimaskara nggak pede.

    Meskipun mengaplikasikanlipstik, maskara dan sunblockuntuk perlindungan kulit dinilaicukup mudah, Zaskia mengaku tak

    ahli memakai eyeshadow ataumakeup berat lainnya. Pintar me-milih makeup adalah kunci pen-ting penampilan Zaskia.

    "Pastinya kita (harus) tahupenempatan makeup kalo maukemana-mana. Jangan selalu pa-kai makeup panggung aja, kannggak enak dilihat. Minimal pakailipstik, bedak, eyeliner. Sebagaiseorang wanita, kita harus bisapercaya diri," pungkasnya. (kpl)

    Aset Nazaruddin Ratusan MiliarJAKARTA (HK) Jaksa KomisiPemberantasan Korupsi (KPK)Yudi Kristiana menyatakan bahwaaset mantan Bendahara UmumPartai Demokrat Muhammad Naz-aruddin mencapai ratusan miliarrupiah. Karenanya, KPK butuhketelitian memverifikasi hartatersebut untuk dimasukkan dalamdakwaan tindak pidana pencucianuang (TPPU).

    "Sekarang kasus TPPU dengantersangka PK MZ sedang dalampenyelesaian verifikasi antaraperistiwa pidana dan asetnya yaituantara kedudukan Pak MZ sebagaianggota dewan dan kepemilikanasetnya, baru dirunut dan diikutialat bukti yang mendukung terkaitaset yang disangkakan yaitu tindakpidana pencucian uang, karenaasetnya banyak sekali hingga ratu-san miliar rupiah," kata Yudi Kris-tiana dalam diskusi media di ge-dung KPK Jakarta, Senin (29/6).

    Hingga saat ini masih ada se-jumlah perkara Nazar yang di-tangani KPK, antara lain adalahdugaan tindak pidana korupsipenerimaan hadiah terkait pelak-sanaan proyek PT Duta GrahaIndah dan TPPU Pembelian Sa-ham PT Garuda.

    Yudi ikut menangani kasus inisejak awal kasus Nazaruddin ter-kuak pada tahun 2011. Yudi jugaikut dalam tim satuan tugas yangmenangani kasus suap pembaha-san anggaran di Kementerian Pe-muda dan Olahraga dan Kemente-rian Pendidikan dan Kebudayaandengan terdakwa mantan anggotaDPR dari fraksi Partai DemokratAngelina Sondakh.

    "Saya masih jadi salahsatu jaksa yang menangaiperkara TPPU itu, dansekarang sedang berjalanmemverifikasi aset yangdi-TPPU-kan. Kenapalama? Karena banyaknyaasetnya, dan memang ban-yak sekali, baik berupatanah, rekening, rumah,aset-aset perusahaan,"tambah Yudi.

    KPK menurut Yudijuga sudah memblokir sejumlahharta Nazaruddin.

    "Kalau rekening sudah diblokir,aset juga diblokir dan tim jaksasudah ada kesepahaman denganpenyidik mengenai tindaklanjutikasus ini. Tentang progress-nyasuatu saat akan disampaikan,"tambah Yudi.

    Dalam perkara ini, Nazaruddindiduga melakukan pencucian uangkarena membeli saham PT GarudaIndonesia dengan menggunakanuang hasil tindak pidana korupsiterkait pemenangan PT DGI se-bagai pelaksana proyek wisma at-let SEA Games 2011.

    Kasus tersebut terungkap saatmantan Wakil Direktur KeuanganPermai Grup, Yulianis saat ber-saksi dan mengungkapkan bahwaperusahaan milik Nazaruddin Per-mai Grup membeli saham PT Ga-ruda Indonesia senilai totalRp300,85 miliar pada 2010.

    Pembelian saham perdanaPT Garuda Indonesia itu dilaku-kan oleh lima perusahaan yangmerupakan anak perusahaanPermai Grup.

    Rincian saham itu terdiri

    Rp300 miliar untuk 400juta lembar saham danfee Rp850 juta untukMandiri Sekuritas. Pem-bayaran dilakukandalam 4 tahap, yaknitu_nai, melalui RTGS(real time gross settle-ment) dan transfer se-banyak 2 kali.

    Nazaruddin adalahterpidana tujuh tahunperkara suap Wisma At-

    let SEA Games XXVI Palembang,KPK juga masih menyelidikisejumlah kasus korupsi lain yangmelibatkan perusahaan Nazarud-din seperti kasus pembangunanpabrik vaksin flu burung di Band-ung dan pembangunan laboratori-um di beberapa universitas.

    Pasal yang disangkakan ter-hadap Nazaruddin adalah pasal12 huruf a atau huruf b, subsiderpasal 5 ayat 2, subsider pasal 11UU No 31 tahun 1999 sebagaima-na telah diubah menjadi UU No 20tahun 2001 tentang penyelenggaranegara yang menerima suap ataugratifikasi dengan ancaman pi-dana penjara seumur hidup ataupidana penjara paling singkat 4-20tahun dan pidana denda Rp200-Rp1 miliar.

    Sedangkan pasal tindak pi-dana pencucian uang yaitu pasal 3atau pasal 4 juncto Pasal 6 Un-dang-Undang Nomor 8 Tahun 2010tentang Tindak Pidana Pencucianuang dengan ancaman pidana ter-hadap orang yang melanggar pasaltersebut adalah penjara palinglama 20 tahun dan denda palingbanyak Rp10 miliar. (ant)

    yan kesehatan agar bisa lebihmeningkatkan pelayanan yangakan diberikan kepada masya-rakat. "Ya kita minta ini (pe-ngawasan obat) bisa lebih diin-tenskan lagi secara internalnya,agar hal serupa tidak terjadi la-gi," katanya.

    Diberitakan sebelumnya, ber-bagai jenis obat-obatan yang su-dah kadaluarsa dan memasukiakhir masa kadaluarsa didugakuat masih banyak beredar di

    RSUD Bintan. Hingga saat ini,obat-obat tersebut belum jugadimusnahkan oleh pihak RSUD.

    Obat-obat yang sudah kada-luarsa seperti misalnya jenis obatinjection Otsu MgSO44 yang di-produksi oleh PT Otsuka Indonesiadengan tanggal produksi 16 Ja-nuari 2010 dan expired tanggal 16Januari 2015. Selain itu, obatinjection jenis Calcii Gluconas 100mg/ml yang diproduksi Juni 2011dan masuk masa expired Juni

    2015, hingga saat ini belum jugadimusnahkan.

    Dua jenis obat injeksi tersebutpernah diterima keluarga seorangpasien, yang beberapa waktu lalupernah dirawat di RSUD Bintan.

    Atas temuan obat yang kada-luarsa itu, keluarga pasien men-desak ada tindak tegas diberikankepada pihak RSUD Bintan. Iajuga minta obat-obat yang sudahdan segera memasuki masa ka-daluarsa dimusnahkan. (cw95)

    tersebut," ucap Ikrar.Ia mengatakan, jika PDI-P ti-

    dak puas dengan kinerja menteritertentu, maka partai berlambangbanteng ini bisa menyampaikan-nya langsung secara tertutup ke-pada Jokowi. Begitu pula jika PDI-P ingin meminta tambahan jatahmenteri.

    "Namun, Anda ingat Presidentidak seratus persen diusung PDI-P. Ada 'saham' yang lain, termasukyang non-partai," ucapnya.

    Terkait rumor tentang MenteriRini, Ikrar berharap Presiden Joko-wi tidak terpengaruh dengan de-sas-desus hingga tekanan politikterkait perombakan kabinet.

    "Presiden tidak boleh terpe-ngaruh," ujar Ikrar.

    Ia menekankan, Jokowi harustetap berpegang pada hasil kinerjasetiap menteri.

    "Dasar dari reshuffle itu adalahkinerja, bukan isu politik yangdisebarkan dan di-blow up begitubesar. Penyebaran isu itu hanyabagian dari intrik," kata Ikrar.

    Apalagi, lanjut Ikrar, hak untukmencopot dan mengangkat men-teri sepenuhnya prerogatif pre-siden. Jika kinerja pemerintahandan kabinet memburuk, maka Pre-siden yang paling bertanggungjawab. Sebaliknya, jika kinerjapemerintahan positif, maka Pre-siden pula yang paling layak men-dapatkan apresiasi.

    "Biar lah presiden menilai sen-diri. Pasti Presiden sudah ada lahlaporan menteri yang negatif danpositif," katanya.

    Sementara itu dari Moskow,Rusia, Wakil Ketua DPR FadliZon menduga lemparan pernya-taan dari Mendagri Tjahjo Ku-molo ini memang tidak bisa dile-paskan dari wacana reshuffleyang makin menguat. Dugaan-nya, mungkin saja ada rencanabesar untuk menjegal orang-orang tertentu agar tersingkirdari kabinet.

    "Saya kira ini ada kaitan de-ngan rencana reshuffle ada targetmungkin orang-orang tertentu di-

    keluarkan," kata Fadli di sela-selakunjungan kerjanya.

    Namun di balik itu, Fadli me-nyayangkan soal isu hina Jokowiini justru keluar dari dalam inter-nal kabinet sendiri. Waketum Par-tai Gerindra ini mengaku heranantar kabinet justru malah salingserang di depan publik.

    "Ini bukti pemerintahan dike-lola dengan cara warung kopi, ma-sa bisa di antara kolega saja me-ngumbar di depan publik," sindirFadli.

    Kondisi ini justru membuatpublik menilai bahwa anak buahJokowi tidak solid dalam bekerja.Bukannya saling bahu membahumenutup kelemahan masing-ma-sing, mereka justru saling serang.

    Seharusnya, lanjut Fadli, ma-salah ini cukup dibicarakan dalaminternal kabinet saja. Atau Tjahjolangsung saja menyebut siapamenteri yang dimaksud.

    "Orang disuruh menebak-ne-bak, emangnya teka teki," tandas-nya. (kcm/dtc/mdk)

    Jokowi. "Coba tanya datanya, da-sarnya dari mana," kata Rini.

    Ketika wartawan menyebut,ada pernyataan politikus PDIP,Masinton Pasaribu, yang menga-takan, menterinya adalah perem-puan dari sektor ekonomi, Rinibalik melemparkan ke wartawan.

    "Sekali lagi, itu dari mana?Coba tanya ke dia dari mana dasar-nya, datanya dari mana. Tanyamereka yang bicara, jangan kesaya," kata Rini.

    Rini menegaskan, sebagai pem-bantu presiden, ia siap melak-sanakan tugas apa pun. Termasukkemungkinan jika ia diganti.

    Sebelumnya, Menteri DalamNegeri Tjahjo Kumolo mengatakanada menteri di dalam Kabinet Ker-ja yang menghina Presiden JokoWidodo. Hinaan itu, kata Tjahjo,dilontarkan seusai rapat di IstanaNegara beberapa waktu lalu.

    Berikut ini adalah transkriprekaman yang beredar di kalanganwartawan, "Kalau memang sayaharus dicopot, silakan! Yang pen-ting Prsiden bisa tunjukan apakesalahan saya dan jelaskan bah-wa atas kesalahan itu, saya pantasdicopot! Belum tentu juga Presidenngerti, apa tugas saya. Wong Pre-siden juga nggak ngerti apa-apa."

    Di bagian bawah transkrip ter-tulis nama seorang menteri perem-puan dan tanggal 3 Juni 2015.Juga ada keterangan 'hasil reka-

    man' di teks tersebut.Menurut Tjahjo, aroma perom-

    bakan kabinet saat ini memangsudah mengemuka. Presiden Joko-wi, kata dia, sudah mengantonginama-nama menteri yang akandirombak. Apalagi ada menteriyang membangkang itu.

    Adapun politikus PDIP, Masin-ton Pasaribu, mengatakan bahwapenghina presiden merupakanmenteri perempuan. Petunjuk lain-nya adalah, kementerian yang di-pimpin wanita tersebut di bawahKementerian Koordinator BidangPerekonomian. Namun Masintontak menyebut secara gamblangsiapa menteri tersebut.

    Namun merujuk pada strukturke struktur kabinet, maka menteriyang ada di bawah kendali Kemen-terian Koordinator Bidang Pereko-nomian ada sepuluh menteri. Yak-ni, Kementerian Keuangan, Ke-menterian Ketenagakerjaan, Ke-menterian Perindustrian, Ke-men-terian Perdagangan, KementerianPekerjaan Umum dan PerumahanRakyat, Kementerian Pertanian,Kementerian Lingkungan Hidupdan Kehutanan, KementerianAgraria dan Tata Ruang/BadanPertanahan Nasional, Kemen-terian BUMN, serta KementerianKoperasi dan Usaha Kecil Me-nengah.

    Dari daftar itu, hanya ada duamenteri perempuan, yakni Menteri

    Lingkungan Hidup dan Kehutananyakni Siti Nurbaya dan MenteriBUMN Rini Soemarno. Siti diketa-hui berangkat dari Partai NasDemdan Rini adalah profesional.

    Mengarah RiniTerkait beredarnya transkrip

    rekaman itu, Koordinator BarisanRakyat Anti Korupsi dan Krimi-nalisasi (BRAKK) Hans Suta Wi-dhya mengatakan bahwa petunjuktersebut mengarah kepada MenteriBUMN Rini Soemarno, meski di-bantah oleh yang bersangkutan.

    "Memang hal ini menjadi perta-nyaan: Kenapa setelah bertengkardengan Megawati, sekarang Rinibuat front dengan Presiden Jokowi,sehingga yang membuat marahMenteri Dalam Negeri?" kata Hans.

    Menurut Hans, persoalan Men-teri Rini harus diselesaikan de-ngan cepat, karena hal itu akanmenimbulkan pro dan kontra dimasyarakat. Dia menambahkan,kondisi masyarakat sekarang ter-belah, sehingga emosi yang di ke-depankan.

    Sinyal dari Tjahjo Kumolo,kata dia, sebaiknya ditanggapiserius, karena bila didiamkanfriksi itu, akan menghambat jalan-nya pemerintahan.

    "Roda pemerintahan harus ber-jalan disiplin, dan Presiden RIharus punya keputusan tegas da-lam mengelola manajemen kon-flik," katanya. (tmp/dtc/rol)

    Rini Bantah Dari Halaman 1

    dari pemeriksaan petugas ban-

    dara," ungkap Made.

    Tersangka ingin bagaimana

    uang palsu itu bisa laku di pa-

    saran untuk bertransaksi. Salah

    satu caranya dengan membeli

    bahan bakar minyak (BBM) di

    Outer Port Limited (OPL). Untuk

    memudahkan transaksi di OPL,

    maka AG mencari orang yang

    tahu seluk beluk wilayah per-

    batasan. Akhirnya, dia berke-

    nalan dengan ZL yang bertugas

    di DKP Karimun.

    "Kalau uang palsu itu dibelan-

    jakan di tempat umum atau ditu-

    kar di money changer maka akan

    jelas ketahuan, karena secara fisik

    bahan kertas uang palsu ini masih

    kasar. Maka, satu-satunya cara

    agar uang palsu ini laku, maka dia

    ingin melakukan transaksi BBM

    di OPL. Akhirnya dia mencari

    orang yang mengerti dengan wi-

    layah perbatasan dan berkenalan

    dengan ZL," terang Made.

    Begitu kenal dengan ZL, AG

    merasa yakin kalau ZL bakal bisa

    membantunya untuk melakukan

    transaksi di OPL. AG pun mem-

    berikan kepercayaan kepada ZL

    untuk menyimpan upal itu di ru-

    mahnya. Namun, sebelum upal itu

    berhasil dibelanjakan di OPL,

    keduanya lebih dulu ditangkap

    polisi. AG ditangkap di Hotel Cen-

    tury Tanjungbalai Karimun.

    Dari keterangan AG, kata Ka-

    polres, dirinya mengaku masih

    menyimpan uang palsu lainnya di

    apartemennya di Sudirman Park

    Tower A lantai 17 kamar CG. Ang-

    gota Polres Karimun akhirnya me-

    lakukan pengembangan ke apar-

    temen AG. Di kamar itu hanya

    dijumpai Sudirman, adik tersang-

    ka. Sudirman mengaku kalau upal

    itu telah dibuangnya ke tong sam-

    pah begitu AG meninggalkan

    apartemennya.

    "Tersangka bakal dijerat de-

    ngan pasal 245 KUHP tentang

    uang palsu dengan ancaman huku-

    man 15 tahun penjara. Dari tangan

    tersangka disita 825 lembar uang

    palsu pecahan 100 Dollar Amerika.

    Dua amplop warna coklat, satu

    kantong plastik warna hitam dan 1

    ransel merek pengpai warna

    cream," pungkas Kapolres.

    Kepada wartawan, AG menga-

    ku awalnya tidak tahu perihal

    uang palsu itu. Ia berdalih, upal

    tersebut sengaja diberikan rekan-

    nya untuk biaya membuka toko

    obat di Papua. ***

    PNS Simpan Dari Halaman 1

    Nazaruddin

    Beredar, Moeldoko Gantikan TedjoJAKARTA (HK) Isu reshuffle

    atau pergantian Kabinet Kerja di

    era pemerintahan Jokowi semakin

    kencang. Sejumlah nama disebut-

    kan bakal dicopot atau digeser dari

    jabatannya.

    Isu reshuffle ini pertama kali

    diembuskan oleh Partai Demokra-

    si Indonesia Perjuangan (PDIP)

    yang menilai sejumlah menteri

    Jokowi tak maksimal bekerja. Isu

    ini semakin kencang ketika Koali-

    si Merah Putih ikut bersuara.

    Bahkan, beredar rumor sejum-

    lah menteri yang bakal terkena

    reshuffle. Panglima TNI Jenderal

    Moeldoko dikabarkan akan men-

    empati posisi sebagai Menteri

    Koordinator Bidang Politik, Hu-

    kum dan Keamanan. Jabatan ini

    masih disandang oleh Tedjo Edhy

    Purdijatno.

    Pencopotan Tedjo tersebut

    membuat kursi menteri dari Par-

    tai NasDem berkurang satu. Hal

    yang sama juga terjadi pada kader

    Partai Kebangkitan Bangsa, di

    mana Imam Nahrawi selaku Men-

    teri Pemuda dan Olahraga dicopot

    juga dari jabatannya.

    Selain itu, Menteri Badan Usa-

    ha Milik Negara Rini Soemarmo,

    Menteri Koordinator Bidang

    Perekonomian Sofyan Djalil serta

    Menteri Pertanian Amran Sulaim-

    an dicopot dari jabatannya. Jaba-

    tan yang dipegang Rini akan digan-

    tikan oleh Ignasius Jonan.

    Pergantian juga terjadi pada

    jabatan Sekretaris Kabinet, di

    mana Andi Widjajanto akan men-

    empati posisi sebagai Menteri Per-

    tahanan. Sedangkan Ryamizard

    Ryacudu dipercaya mengganti posi-

    si yang ditinggalkan Andi.

    Menteri Sekretaris Negara

    Pratikno akan digeser ke posisi

    baru, yakni Menteri Pendaya-

    gunaan Aparatur Negara dan Re-

    formasi Birokrasi. Jabatan ini

    masih disandang oleh Yuddy Chri-

    snandi, namun tak jelas Yuddy

    akan dipindahkan atau dicopot.

    Dari semua pemindahan terse-

    but, Partai Amanat Nasional men-

    dapatkan satu jatah posisi mente-

    ri, namun posisi yang pasti me-

    nunggu keputusan Jokowi. (mdk)

    kuat Kolombia (5-4). Sementaraitu, Paraguay secara mengejutkanmampu menyingkirkan salah satufavorit juara, Brasil di perempatfinal (5-3).

    Tak mau kecolongan lagi LaAlbiceleste akan menurunkan timserta performa yang terbaik gunamenghadapi Paraguay.

    Argentina sudah lama tak me-rasakan gelar Copa America. Pasu-kan Gerardo Martino terakhir kalimenjadi juara kompetisi ini padatahun 1993. Maka itu seluruh tim

    siap untuk mengalahkan Paraguaydemi lolos ke final Copa America.

    Sementara itu La Albirroja di-tuntut mengulang performa yangsama guna menciptakan kejutan sa-at bertemu Argentina di semifinal.

    Meski kalah kelas, skuat ara-han Ramon Diaz itu memiliki mo-dal positif berkat kemenanganatas favorit juara Brasil -- via adupenalti -- serta keberhasilannyamengimbangi Argentina 2-2 usaikemasukan dua gol lebih dulu pa-da babak penyisihan lalu.

    Di tengah-tengah rekor burukmelawan Argentina (sekali menangdalam lima pertemuan terakhir),Paraguay mengincar final CopaAmerica keduanya secara berun-tun. Kendati begitu, pemain Para-guay yakin timnya mampu memba-likkan prediksi banyak kalangan.

    Dilaga kali ini peluang keduatim untuk meraih kemenangansama-sama cukup besar, keduatim akan sama-sama memaksa-kan keberuntungannya untuk da-pat lolos ke final. (dtc/bln/kpc)

    Paksakan Keberuntungan Dari Halaman 1

    Helikopter MalaysiaMasuk Wilayah Indonesia

    NUNUKAN (HK) Satgas Pam-tas Yonif 521/Dadaha Yudha me-negaskan helikopter Malaysiayang mendarat di wilayah RI diPulau Sebatik Kabupatenn Nunu-kan, Kalimantan Utara tanpa izin.

    Komandan Kompi Pos Pengam-anan Perbatasan Satgas PamtasYonif 521/Dadaha Yudha Desa Aji-kuning Kecamatan Sebatik Tengah,Kapten Inf Sulistyanto di Sebatik,Senin menceritakan, kronologis he-likopter milik Malaysia tersebutmelintas di wilayah udara RI, Ming-gu (28/6) diperkirakan sekitar pu-kul 08.45 wita yang terbang dariarah timur ke barat tanpa izin.

    Pada saat itu, seorang prajuritsatgas pamtas melaporkan adan-ya helikopter yang melintas di wi-layah RI di Pulau Sebatik itu ke-padanya dan langsung melakukanpengecekan lalu tidak lama kemu-dian kembali lagi langsung men-darat di helipad di kawasan per-mukiman padat penduduk di DesaAjikuning Kecamatan Sebatik Te-

    ngah itu."Sewaktu ada helikopter yang

    melintas di wilayah kita (RI), salahseorang prajurit kami melaporkanhal itu. Jadi saya langsung me-lakukan pengecekan helikoptertersebut dari arah timur menujubarat," terang Sulistyanto.

    Ketika mendarat, lanjut dia,langsung memerintahkan seorangprajurit Satgas Pamtas Yonif 521/DY mendatangi helikopter tersebutuntuk mematikan mesin juga men-dapat kode dari pilot memanggilprajurit bersangkutan namun seki-tar 20 meter sebelum merapat dilokasi pendaratan langsung mem-bunyikan mesin terbang menujuwilayah Malaysia.

    "Helikopter warna putih miliksipil dengan nomor 9MFJHM saatmendarat langsung diperintahkanuntuk mematikan mesin untuk di-mintai keterangan tujuan mema-suki dan mendarat wilayah RI na-mun tiba-tiba langsung terbanglagi menuju wilayah Malaysia,"

    sebut dia.Sekaitan dengan pelanggaran

    yang dilakukan helikopter milikMalaysia ini juga langsung dikoor-dinasikan dengan Komandan Ko-ramil Sebatik selaku komandanwilayah agar tidak terjadi lagi halini di kemudian hari.

    Mengenai jumlah penumpanghelikopter tersebut, Sulistyantomenyatakan, tidak mendapatkaninformasi yang akurat karena saatmendarat tidak ada penumpangyang turun dimana baling-balingmasih berputar kencang.

    Adanya dugaan memiliki per-senjataan yang berada di atas he-likopter itu, dia tegaskan, sebe-narnya memang keinginannya se-laku penjaga wilayah perbatasanRI-Malaysia di daerah itu untukmelakukan pengecekan penump-ang dan kondisi di atasnya menga-ntisipasi terjadinya hal-hal yangtidak dikehendaki bersama tetapilangsung kabur ke arah wilayahMalaysia. (ant)

    Nasdem Dukung KMP Masuk KabinetJAKARTA (HK) Sekretaris

    Jenderal DPP Partai Nasdem Pa-

    trice Rio Capella mengatakan,

    partainya mendukung Koalisi Me-

    rah Putih masuk dalam Kabinet

    Kerja agar pemerintahan berjalan

    efektif dan efisien.

    "KMP masuk (Kabinet Kerja)

    itu baik, untuk DPR RI dan bangsa

    ini. Pemerintah bisa efektif dan

    efisien sehingga bagi Nasdem ti-

    dak ada masalah," katanya di Ge-

    dung Nusantara II DPR , Jakarta,

    Senin (29/6).

    Dia mengatakan, saat ini eva-

    luasi menteri penting dilakukan,

    terutama saat ini pemerintahan

    sudah berjalan selama delapan

    bulan. Namun yang penting me-

    nurut dia, rentang waktu delapan

    bulan itu sudah diketahui apakah

    para menteri itu telah menjalan-

    kan programnya atau belum.

    "Namun paling tidak dengan

    evaluasi itu kita bisa mengetahui

    apakah sudah mengerjakan pro-

    gram yang baik atau belum," ujar-

    nya.

    Patrice mengatakan, tidak bisa

    mengatakan bahwa menteri di

    bidang ekonomi yang paling lemah

    karena itu bisa berdampak kepada

    semuanya. (kcm)

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Ika, Layout: Syahril

    8Selasa,

    30 Juni 2015

    Melalui Safari Ramadan Walikota Batam Dr. H.Ahmad Dahlan Menyapa Masyarakat Hinterland

    BATAM Ramadhan 1436 H ini

    diawali safari ramadhan

    Walikota Batam, Dr. H.Ahmad

    Dahlan di daerah Hinterland.

    dibuka dengan silaturahmi

    ramadhan ke Pulau Panjang,

    Kecamatan Galang, Keesokan

    harinya, bersama rombongan

    menuju pulau Seraya di ke-

    camatan Bulang untuk berbuka

    puasa dan sholat tarawih

    berjamaah. Kemudian Dengan

    didampingi Ketua DPRD Kota

    Batam, Nuryanto dan Kapolresta

    Barelang, Kombes Asep Saefudin

    bersafari ramadhan di kampung

    Jawa, Kelurahan Sekanak Raya,

    Belakang Padang. Di tempat ini,

    Wako melakukan sosialisasi

    program air bersih untuk

    Belakang Padang, dilanjutkan

    dengan peresmian listrik di Pulau

    Pemping.

    Safari ramadhan, jelas Dahlan

    sebagai upaya merajut silaturahmi

    di bulan penuh berkah sekaligus

    menjemput aspirasi sembari

    mengevaluasi keberhasilan

    maupun program-program yang

    akan dilaksanakan oleh Pe-

    merintah Kota Batam dalam

    rangka mensejahterakan .***

    Kegiatan Penanaman Nilai Kepahlawanan,Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial

    Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2015KEMERDEKAAN yang telah diraihmelalui perjuangan dengan mengor-bankan jiwa dan raga maupun harta,merupakan sejarah yang tidak bolehdilupakan begitu saja oleh RakyatIndonesia. Semangat juang yang telahditunjukkan para pahlawan/pejuanghendaknya dapat terus dilestarikanmelalui Penanaman Nilai Kepahla-wanan, Keperintisan dan Kesetia-kawanan Sosial (K2KS) kepada gen-erasi muda khususnya di kalanganpelajar.

    Terjadinya transformasi nilai-nilai kepahlawanan dari pelaku se-jarah kepada generasi sekarang dangenerasi muda, sehingga terciptakesamaan Pola Pikir dan Pola Tin-dak tentang nilai-nlai Kepahlawan-an, Keperintisan dan Kesetiaka-wanan Sosial dalam bentuk nasio-nalisme, cinta tanah air, rela berkor-ban, yakin pada kekuatan bangsaserta bernegara dan berbudaya Indo-

    nesia.Pada tahun 2015 Dinas Sosial

    Provinsi Kepulauan Riau melaluiAnggaran APBN telah melaksana-kan beberapa kegiatan antara lainZiarah Wisata ke Makam Pahla-wan RH Fisabilillah dan MakamPahlawan Raja Ali Haji kepadaPelajar SLTA sebanyak 200 Orang.Bimbingan Guru kepada Guru SDsebanyak 60 Orang. OlimpiadeKepahlawanan Tingkat Provinsiyang diikuti sebanyak 15 SLTA.Pada pelaksanaan Kegiatan Olim-piade Kepahlawanan Tingkat Pro-vinsi, SMAN 2 Tanjungpinang ke-luar sebagai Juara I, Juara IISMAN 5 Tanjungpinang, Juara IIISMAN 1 Tanjungpinang. Dan un-tuk Juara I akan dikirim ke Ti-ngkat Nasional pada Bulan No-vember tahun 2015.

    Narasi dan Foto : Dinas Sosial Kepri

    WARGA Pulau Panjang kecamatan Galang gembira menyambut Walikota Batam besertaRombongan.

    MUSPIDA Kota Batam beserta Stakeholder bersama masyarakat bersyukur atas terangbenderangnya pulau Pemping Kecamatn Belakang Padang dengan Cahaya Listrik.

    " ASALAMULAIKUM " ujar Dr Ahmad Dahlan Walikota Batam Kepada Ibu-ibu warga PulauSeraya Kecamatan Bulang

    "ADIK adik sila makan Rotinya " ujar walikota batam kepada rekan rekan media yang ikutsafari romadan , lesehan di Ferry Batam 3 , sewaktu Jumpa Pers.

    KEPALA Dinas Sosial Provinsi Kepri, Drs Edi Rofiano MSi memberikan sambutan pada kegiatanziarah wisata di Pulau Penyengat.

    PESERTA kegiatan bimbingan guru.

    WARGA Pulau Seraya Kecamatn Bulang antusias bersilaturahmi dan berdialog dengan WalikotaBatam.

    WARGA Pulau Panjang dengan khusuk mendengarkan santapan rohani Ramadan menjelangberbuka Puasa bersama Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Rombongan

    IBU LITA , Warga Belakang Padang menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Walikota AhmadDahlan

    PESERTA yang tengah berdebat dalam rangka kegiatan olimpiade kepahlawanan. PESERTA mengikuti cerdas cermat kegiatan olimpiade kepahlawanan.KEPALA Dinas Sosial Provinsi Kepri, Drs Edi Rofiano MSi menyerahkan piala Juara I OlimpiadeKepahlawanan kepada SMA Negeri 2 Tanjungpinang.

    KEPALA Dinas Sosial Provinsi Kepri, Drs Edi Rofiano MSi menabur bunga di makam Raja HajiFisabililah pada kegiatan ziarah wisata.

    FOTO bersama peserta pada kegiatan ziarah wisata.

    FOTO bersama panitia dan peserta kegiatan bimbingan guru.

  • Editor: Sofyan, Layouter: NovrizalCMYK

    CMYK

    BatamSelasa, 30 Juni 2015 9

    PEMERINTAH KOTA BATAM

    DINAS KESEHATAN KOTA BATAMPEROKOK ANAK DAN REMAJA

    ANCAMAN BAGI MASA DEPAN BANGSAOleh : DYAH ARMA DEWIPetugas Promosi Kesehatan Puskesmas Galang

    JUMLAH perokok anak dan remaja seper-ti fenomena gunung es. Riskesdas (RisetKesehatan Dasar) 1995 menunjukan ada71.126 perokok anak (10-14 tahun) sedan-gkan tahun 2007 menjadi 426.124 orang.Berdasarkan hasil Riskesdas 2010 menun-jukan bahwa 19 persen remaja indonesiatelah merokok. Apabila melihat seringnyaditemui anak usia sekolah yang bahkanmasih menggunakan seragam sekolah se-dang merokok, ataupun munculnya per-okok usia balita bahkan usia bayi yang jugapernah menjadi ber ita besar di mediamassa baik cetak maupun elektronik, bisadipastikan jumlah perokok anak dan rema-ja yang belum diketahui masih cukup ban-yak. Walaupun belum menggambarkanjumlah sebenarnya, angka diatas seharus-nya menjadi perhatian semua pihak untukmulai serius melakukan pengendalian pe-rilaku merokok khususnya pada usia anakdan remaja.

    Saat ini indonesia masuk kedalam jaja-ran negara berkembang yang ingin men-jadi negara maju. Diperlukan pemban-gunan dan perbaikan di segala bidang yangmembutuhkan sumber daya manusia yangberkualitas. Anak-anak yang saat ini beru-sia antara 1 sampai 14 tahun dan remajayang saat ini berusia 15 sampai 19 tahunadalah sumber daya manusia yang akanberperan dalam pembangunan negara 10sampai 20 tahun ke depan.

    Untuk bisa menjadi generasi berkual-itas maka anak dan remaja selain harusmenguasai i lmu pengetahuan dan tek-nologi juga harus sehat baik secara fisik,mental maupun sosial.

    Bayangkan apabila negara nantinyadipenuhi oleh anak dan remaja yang sudahkecandua rokok. Merokok menjadi bagiandari gaya hidup bahkan budaya terutamadikalangan remaja. Di usia yang seharusn-ya digunakan untuk banyak belajar anakdan remaja justru terpapar residu racunrokok yang yang jumlahnya semakin ber-tambah berbanding lurus dengan usiamereka.

    Pengaruh racun rokok dapat menu-runkan menurunkan kemampuan bela-

    j a r, m e m o r i d a n d ay a i n g a t . Pe r l a h a ntapi past i efek negati f bagi kesehatanseperti serangan jantung, gagal ginjal ,serangan otak, akan dialami anak danremaja perokok. Ketika di usia produk-tif anak dan remaja yang saat ini mer-okok mengalami masalah kesehatan ka-rena merokok, mereka bukan merupa-kan aset negara melainkan justru men-jadi beban negara.

    Apabi la niat untuk mengendal ikanangka perokok anak dan remaja sudahm u n c u l p e r t a n y a a n s e l a n j u t n y a y a n gharus dijawab adalah apa yang harus di-lakukan dan bagaimana caranya. Diperlu-kan kajian yang mendalam dan menyelu-ruh dari berbagai bidang untuk menye-lesaikan masalah ini. Berdasarkan teori,nilai yang dimiliki oleh individu diadop-si dari lingkungan dimana dia berada. Re-maja dan anak sebagai individu memili-ki keluarga sebagai lingkungan yang ter-dekat . Kemudian remaja dan anak se-bagai indiv idu akan mengadopsi n i la iyang berkembang di masyakarat tempat-nya bersosialisasi. Selain itu media mas-sa merupakan suatu hal yang bisa mem-pengaruhi remaja dan anak untuk men-gadopsi suatu nilai.

    Mejadi dapat dimaklumi seorang anakdan emaja merokok apabila di dalam kelu-arga, ayah atau anggota keluarga yang lainmerokok, karena pada dasarnya anak ad-alah peniru perilaku orang dewasa diseki-tarnnya. Di beberapa kasus, anak yang mer-okok mencoba rokok milih ayah atau kera-batnya yang tanpa sengaja dia temukan.Seringkali awalnya perilaku anak merokokdianggap lucu dan tidak ditanggapi se-rius.saat orang tua sadar perilaku merokokpada anaknya harus dihentikan, anak sudahmengalami kecanduan. Dalam tahap inisangat sulit menghentikan keinginan anakmerokok. Pada awalnya orang tua berkerasnamun karena anaknya rewel, atau sampaisakit akhirnya orang tua tidak berdayamenolak permintaan rokok dari anaknya.Tanpa disadari perilaku orang tua yangmenyuruh anaknya membel ikan rokokjuga merupakan faktor yang memicu anak

    berkenalan dengan rokok.Pada remaja ketika kebutuhan aktu-

    alisasi diri muncul mereka berusaha me-nampakan peri laku yang membuatnyaditerima di l ingkungan tempatnya ber-sosialisasi. Dalam pergaulan remaja, mer-okok ser ing dianggap menjadi s imbolpersahabatan dan tentunya dianggapkurang gaul apabila tidak merokok. Apa-bila ingin masuk dalam satu komunitast idak jarang rokok menjadi kata kunciyang digunakan agar remaja bisa diteri-ma dengan baik. Dorongan dan ajakant e m a n s e p e r m a i n a n m e n j a d i f a k t o rpemicu bagi remaja untuk merokok. Ke-c a n d u a m e r o k o k d i a w a l i d e n g a n p e r -i laku hanya mencoba. Lama-lama mer-okok menjadi sebuah kebutuhan. Padakondisi ini peringatan dan anjuran dario r a n g t u a a t a u p u n a n g g o t a k e l u a r g ayang lain untuk tidak merokok menjaditidak mempan. Ada remaja yang sadaringin berhenti merokok namun akhirn-ya kembali merokok karena rayuan te-mannya.

    Pengaruh tampilan iklan rokok di me-dia massa ikut memperkuat dan memicuperilaku merokok anak dan remaja.

    Pendampingan dari orang tua dan ke-pekaan untuk memberikan penjelasanterhadap tontonan ataupun bacaan yangmengandung unsur ajakan merokok harusdilakukan oleh orang tua.

    Berdasarkan kondisi tersebut, maka da-pat disimpulkan bahwa bagaimanapun ke-luarga merupakan lingkungan paling pent-ing yang berperan dalam mencegah per-ilaku merokok anak dan remaja. Orang tuaterutama ayah merupakan contoh pentingyang bisa menanamkan perilaku tidak mer-okok. Melalui keteladanan ayah atau ang-gota keluarga untuk tidak merokok ditam-bah dengan penanaman nilai agama danpenjelasan rasional bahaya rokok diharap-kan perilaku merokok anak dan remaja da-pat dicegah. Mewariskan perilaku sehat danlingkungan sehat pada anak dan remajaakan menyelamatkan masa depan anak danremaja dan pada akhirnya menyelamatkanmasa depan bangsa.

    SAGULUNG (HK) Herman bin Adun (28),napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)Klas II Barelang, tewas mendadak, Minggu(28/6) pukul 02.00 WIB dini hari.

    Napi TewasMendadak

    Penyebabnya Masih Misterius

    Sebelum tewas, pria kela-hiran Tanjung Batu, Karimunyang terlibat kasus narkoba

    itu dikabarkan kejang-ke-jang di kamarnya blok D.

    Teman sekamar korban

    yang melihat kejadian itumelaporkan ke petugas La-pas. Oleh petugas Lapas, kor-ban dilarikan ke Rumah Sak-it Umum Daerah EmbungFatimah (RSUD-EF) Batam.Namun di perjalanan Her-man meninggal dunia.

    " Saat kejang-kejang, un-tungnya ada teman sekamaryang memang diajarkan P3K.Jadi, dia langsung cek ke-adaan korban. Melihat kon-disinya parah, kami langsungbawa ke rumah sakit," kataKalapas Klas II A Barelang,Farhan Hidayat yang ditemuidi ruang kerjanya, kemarin.

    Herman yang divonis hu-kuman 5 tahun 3 bulan itu,seharusnya telah bebas pada18 Maret 2015 silam. Namunkarena menjalani hukumansubsider alias tambahan se-lama 6 bulan, Herman belumbisa pulang.

    " Korban itu sudah men-

    1. Sonny Piliang ........................................................Rp.500.0002. Zal Joker ...........................................................Rp500.0003. Ipung Kurnia...........................................................Rp500.000

    Gempar PeduliGENERASI Muda Pariaman (Gempar)bekerjasama dengan Haluan Kepri membukadompet peduli untuk biaya operasi bayikembar siam Syafira Darmawan dan SakiraDarmawan. Bagi dunsanak yang inginmenyumbang dapat mengirimkan bantuannya ke rekening BRI dengan nomor0621-01-029466-50-4 atas nama sofyan.

    Gempar Peduli Hal 10 Napi Tewas Hal 10

    Dedi ManurungLiputan Batam

  • Metro Batam 10Selasa, 30 Juni 2015

    Editor: Sofyan, Layouter:Syahril

    4. Taherman Tanjung.................................................Rp150.0005. Meri Susanti........................................................Rp100.0006. Hamba Allah........................................................Rp50.000

    Jumlah Rp1800.000

    Gempar Peduli

    Napi Tewas Dari Halaman 9

    jalani 2/3 masa hukuman.Sekarang masa subsider. Se-benarnya bisa membayardenda, tapi dendanya Rp800juta dan subsider 3 bulan.Dan, sudah diberikan SuratKeterangan Pembebasan

    Bersyarat (SKPB), serta di-usulkan sebagai pegawai La-pas," kata Farhan.

    Farhan mengatakan, Her-man sama sekali tak memil-iki riwayat penyakit jantung."Dia sebelumnya baik-baik

    saja. Jam 2 itu entah kenapa,dia dikabarkan kejang-ke-jang," jelasnya.

    Ketika ditanyai mengenaiadanya kekerasan atau per-cobaan memakai narkobalagi, Farhan pun langsungmengelak. Ia menduga kor-ban terkena serangan jan-tung.

    Nani (27), istri Hermantak yakin suaminya terkenaserangan jantung. Selain takada riwayat penyakit jan-tung, dokter yang menanganijuga tak menjelaskan detil

    penyebab suaminya mening-gal.

    " Kata dokter, ketika tibadi rumah sakit sudah men-inggal. Jantungnya sudahmelemah, itu bukan penyak-it jantung," ujar Nani.

    Nani juga mengungkap-kan, jasad suaminya sudahselesai dimakamkan siangkemarin. "Saya masih di ka-mpung. Nanti setelah semuaselesai, saya mau ke lapaslagi," tutup Nani masih pena-saran dengan kematian sua-minya. *** BP Batam Tiru Keberhasilan

    Bandara Kansai JepangNONGSA (HK) DelegasiBadan Pengusahaan (BP)Batam mengunjungi BandaraKansai Jepang untuk mem-pelajari pengelola sebagaiupaya pengembangan Ban-dara Internasional Hang Na-dim Batam.

    " Kunjngan dilakukan ber-samaan dengan kegiatan pro-mosi investasi Batam di Je-pang pada 12 Juni lalu. Tuju-an kunjungan kebandara ter-sebut untuk meniru keber-hasilan manajemennya men-

    jadikan bandara tersebutsalah satu terbaik di dunia,"kata Direktur Humas danPromosi BP Batam, PurnomoAndiantono di Batam, be-berapa waktu lalu.

    Ia mengatakan, kunju-ngan tersebut dipimpin olehKepala BP Batam MustofaWidjaja dan diterima lang-sung oleh Chairman of Boardof new Kansai InternationalAirport Company Ltd besertabeberapa direktur dan asis-ten jajaran manajemen.

    "Kansai Airport sebagaibandara pengelola kargo ter-baik di dunia dan sebagaiterminal 'low cost carrier'terbaik di dunia tahun 2014/2015. Kami ingin mempe-lajari pengelolaanya untukditerapkan di Hang Nadim,"kata dia.

    Selain itu, Kesempatantersebut juga dimanfaatkanuntuk menjajaki peluang ja-lur penerbangan alternatifIndonesia-Jepang denganrute Osaka-Batam-Jakarta/Bali.

    Dengan penerbangan al-ternatif ini diharapkan nan-tinya wisatawan akan mem-peroleh akses cepat dan biayaperjalanan murah.

    Kemudian Kepala bersa-ma delegasi juga menyem-patkan mengunjungi Insti-tute for Global EnvironmentalStrategies (IGES) dan City ofYokohama terkait rencanakerja sama pengembanganBatam sebagai smartcity.

    Ketua KBRI untuk Jepa-ng, Edi Pratignyo yang jugaikut dalam rombongan me-ngapresiasi kegiatan yangdilakukan BP Batam sebagaibentuk pengembangan mar-ket yang ada di Batam, mem-berikan kemudahan insentifuntuk para calon investornya,serta informasi industri yangsaat ini sedang berkembangdan rencana pengembanganBatam sebagai smartcity.

    Sebelumnya, MustofaWidjaja juga mengatakanakan terus mengembangkanBandara Internasional HangNadim Batam mengingatjumlah penerbangan dan pe-numpang terus meningkatsignifikan.

    Selain memaksimalkankapasitas terminal satu hi-ngga delapan juta penumpangper tahun, BP Batam jugaakan membangun terminalkedua dengan kapasitas sama.

    "Kami harus mengantisi-pasi pertumbuhan penerba-ngan di Batam yang terusmeningkat signifikan. Ja-ngan sampai setelah tidakmampu lagi menampung barudirencanakan penembangan,"kata dia.

    BP Batam juga menawar-kan pada maskapai yang be-roperasi di Bandara Inter-nasional Hang Nadim Batamyang berminat untuk mem-bangun terminal dua. (ant)

    BP Batam Tolak PendirianPelabuhan Ikan Terpadu

    BATAM CENTRE (HK)Badan Pengusahaan Ka-wasan Perdagangan Bebasdan Pelabuhan Bebas Batammenolak pendirian pelabu-han ikan terpadu di PulauSetokok yang masuk wilayahkerja BP Batam karena tidaksesuai dengan rencana tataruang wilayah.

    " Pelabuhan ikan, pelelan-gan ikan tidak ada dalamRTRW KPBPB," kata Deputi 3Bidang Pengusahaan SaranaUsaha BP Kawasan BatamIstono di Batam, Senin (29/6).

    Menurut Istono, dalam

    RTRW KPBPB, Pulau Set-okok diperuntukkan untukkawasan pariwisata dan pe-rumahan. Tidak ada untukpelabuhan ikan.

    BP Batam akan mematu-hi RTRW yang sudah diran-cang bersama 15 kementeri-an, karena wilayah kerja BPBatam termasuk strategisnasional.

    Ia menyarankan pemerin-tah kota untuk mencari pulaulain untuk dibangun pelabu-han ikan, karena masih bany-ak pulau-pulau penyanggayang tidak masuk dalam wi-

    layah kerja KPBPB Batam." Di Batam ada banyak

    pulau yang bukan KPBPB,kenapa tidak di sana saja,kalau di KPBPB tidak bisakarena tidak sesuai denganRTRW," kata dia.

    Lebih lanjut, menurut dia,akan lebih baik bila pelabu-han ikan didirikan di Kabu-paten Natuna, agar lebihefisien." Daerah perikanan diNatuna. Dari pada dibawa keBatam jauh-jauh ikan mati.Lebih baik bangun di Natuna,kemudian langsung diekspor keJepang, Korea dan lain-lain itu,

    Mangkir dari Panggilan PenyidikTersangka korupsi Labor BP Batam Rp3,4 Miliar

    NONGSA (HK) Hrp, salahseorang pejabat BP Batamyang sudah ditetapkan menja-di tersangka kasus pengadaanalat uji laboratorium BPBatam senilai Rp3,4 miliar,mangkir dari panggilan peny-idik Direktorat Reserse Krim-inal Khusus (Ditrkrimsus) Pol-da Kepri, kemarin.

    "Hrp, sebagai pejabat BPBatam sudah ditetapkan se-bagai tersangka, namun ma-ngkir saat dipanggil penyidikdengan alasan ada acara pent-ing yang sedang dihadirinya,"kata Direktur Reserse KriminalKhusus Polda Kepri Kombes

    Syahardiantono yang ditemuidi Mapolda Kepri, Senin(29/6).

    Atas alasan tersebut, katadia, pihaknya akan melaku-kan panggilan kedua padaKamis mendatang. Namuntersangka juga sudah menya-takan kesediannya untuk da-tang pada panggilan kedua.

    " Hrp berjanji Kamis iniakan datang memenuhi pang-gilan penyidik dan siap di-periksa sebagai tersangka,"kata Syahar