Haluan kepri 26feb16

Click here to load reader

  • date post

    26-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    293
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 26feb16

Transcript of Haluan kepri 26feb16

  • Alexandra Asmasoebrata

    Orang Beriman"Orang beriman yang benar-benar

    memahami hakikat kehidupandunia, takkan pernah mem-

    biarkan dirinya tenggelamdalam kesenangan sehingga

    membuat dirinya lupa.Demikian pula saat

    mengalami kesedihan, iajuga tidak akan mem-

    biarkan dirinya tenggelamdalam keputus-asaan.." (bc)

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Jumat, 26 Februari 2016

    17 Jumadil Awal 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 26/2 TAHUN KE 15

    Editor: RGhafur, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo Ray

    City Perkasa .. Hal. 7Bangga dengan .. Hal. 7

    Wapres Minta .. Hal. 7Kejari Selidiki .. Hal. 7

    Bangga denganRio HaryantoJAKARTA (HK) Siapa sih yang nggakbangga dengan keberhasilan RioHaryanto jadi pembalap Indonesia perta-ma yang masuk ke ajang Formula 1. SahabatRio dari kecil, pembalap wanita AlexandraAsmasoebrata pun juga mengungkapkankebanggaannya kepada pria 23 tahun itu.

    Alexandra mengaku dia akan selalumendukung kiprah Rio di kancah internasio-nal. Apalagi baginya, Rio sudah jadi teman

    City Perkasa di KievKIEV (HK) Manchester City berhasil mencukur Dynamo Kievdengan skor 1-3 di leg pertama babak 16 besar Liga Champi-ons di Olympic Stadium, Kamis (25/2) dinihari WIB.

    Meski sempat memberikan perlawananalot di pertandingan ini dan membalas satugol melalui Vitaliy Buyalsky, Kiev tak bisamenghindar dari kekalahan setelah ga-wangnya dibobol oleh Sergio Aguero, DavidSilva dan Yaya Toure.

    Kiev mencoba untuk mengontrol jalan-nya pertandingan di awal babak pertama.Mereka berusaha memperlambat tempopermainan. Strategi ini berhasil membuat

    mereka melepas sejumlah se-rangan ke dalam kotak pe-nalti sang tamu.

    Akan tetapi, Kiev justrutertinggal lebih dahulu. Dimenit ke-15, berawal dari se-pak pojok, Aguero menyambarbola hasil sundulan Yaya Toure di

    DAK Kepri CapaiRp13,53 Triliun

    TANJUNGPINANG (HK) Minimnya penerimaan DanaBagi Hasil (DBH) Migas dari Pusat ke Provinsi Kepri,ternyata berbanding terbalik dengan besaran transferDana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan APBN2016 ke provinsi ini. Kepri mendapat DAK melesathingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

    Data Direktorat Jenderal Per-bendaharaan Kantor Wilayah Pro-vinsi Kepri, rincian dana APBN2016 berdasarkan Perpres 137tahun 2015 yang dikucurkan Pusatke Provinsi Kepri dari APBN 2016

    murni mencapai Rp13,53 triliun.Alokasi DAK tersebut, berupa

    program kegiatan pada BelanjaKementerian Negara, Lembagasebesar Rp5,68 trilun dan BelanjaTransfer APBN ke Daerah berupa

    Dana Desa sebesar Rp7,85 triliundari total APBN yang diterimaProvinsi Kepri.

    K e p a l aKantor Wila-yah DirektoratJenderal Perben-daharaan ProvinsiKepri, Didyk Choiroelmengatakan, Alokasi

    DAK Kepri .. Hal. 7

    WAPRES MINTA KOTA BUATPERDA KEBERSIHAN

    LOMBOK (HK) WakilPresiden Jusuf Kalla (JK)meminta seluruh DPRD

    Kota se-Indonesia untukmembuat peraturan

    daerah (Perda) soalkebersihan. JK jugameminta izin pem-buatan lapanganhijau untuk kegia-tan masyarakatdiperbanyak.

    "DPRD harus bikinaturan, setiap orang ha-rus bersihkan depan ru-

    mahnya, termasuk selo-kan. Sehingga tidak timbul-

    kan banjir," ujar JK dalamsambutannya di acara RapatKerja Nasional (Rakernas)

    Asosiasi DPRD Kota Selu-ruh Indonesia (Adeksi) diLombok, Nusa TenggaraBarat (NTB), Kamis (25/2).

    Dengan perda kebersi-han yang keluarkan olehDPRD, maka pemerintahdaerah dapat mengatursetiap orang untuk ber-tanggungjawab soal ke-bersihan.

    "Kalau di luar negeri ada saljuorang yang jatuh di depan rumah-nya maka yang tanggung rumah sa-kit adalah yang punya rumah kare-na tidak bersih. Itu hal-hal yangharus dilihat secara rinci, itu tugasAnda," terangnya.

    Kejari Selidiki PembangunGOR Karimun

    KARIMUN (HK) Kejaksaan Negeri(Kejari) Tanjungbalai Karimun men-cium adanya indikasi dugaan korupsipembangunan gedung olahraga (GOR)Indoor di Jalan Poros. Proyek itu diker-jakan PT Tamako di 2008-2010 dengananggaran sekitar Rp1,8 miliar.

    Penyidik pun sudah memeriksasejumlah pegawai di Pemkab Karimun,seperti Bagian Keuangan Setdakab danDinas Pekerjaan Umum (PU).

    Kepala Seksi Pidana Khusus (KasiPidsus) Kejari Tanjungbalai Karimun Riz-ki Rahmatullah, Kamis (25/2) menga-takan, pemeriksaan itu berawal dari lapo-ran masyarakat terkait eskalasi pro-yek pada 2009 lalu. Pihak-nya menerima laporanadanya indikasi pe-malsuan tan-

    datangan terkait pencairan dana proyek."Kami baru meminta keterangan

    kepada sejumlah pihak terkait proyektersebut. Ada beberapa data yang kamiperlukan dari mereka. Kami baru duakali melakukan pemeriksaan, kemarinBagian Keuangan Pemkab Karimun danyang tadi Dinas PU," ungkap Rizki saatditemui di kantornya.

    Kata Rizki, pemanggilan sejumlahpegawai di Pemkab Karimun tersebuthanya untuk mengsinkronkan data denganinformasi yang diperoleh penyidik terkaitpembangunan GOR Indoor tersebut.

    "Ini baru pemeriksaan awal,belum lagi masuk ke pulbaket.

    Hanya untuk mencocokkan

    Dua Pelaku Dibekuk di Sagulung

    Pria Tewas 19 TikamanBATAM (HK) Hendri Hamdani (31),warga di Kampung Durian, Bengkong te-was bersimbah darah dengan 19 tika-man, Rabu malam (24/2) malam. Tidaksampai 24 jam, polisi berhasil mem-bekuk pelaku pembunuhan Arif danRonal di Kawasan Putri Hijau, Kecama-tan Batuaji, Kamis (26/2) sore.

    Kapolsek Bengkong, AKP Syamsur-izal mengatakan, pelaku menghabisinyawa Hendri dengan sebilah pisauyang sudah dipersiapkan oleh pelaku.

    "Pelaku menghabisi nyawa korbanlantaran sakit hati dengan perkataankorban. Sebelumnya korban hendakmeminjam sepeda motor Arif, tapi tidakdikasih pinjam, kemudian korban mengo-mel-ngomel kepada Arif sampai menge-lurkan kata kotor," terang KapolsekBengkong.

    Sakit hati mendengar perkataankorban, pelaku yang benama Arif yangjuga sebagai tersangka utamadan otak pembunuhan,pergi ke tempattinggal korban,dengan memba-wa sebilah pi-sau yang sudahdisiapkan.

    Sementara,Ronal yangbertugas se-bagai joki ha-

    nya menung-

    gu di motor

    tidak jauh

    dari tempat

    Pria Tewas .. Hal. 7

    Ruslan Pasole

  • sambungan7 Jumat, 26 Februari 2016

    City Perkasa ..... sambungan Hal. 1

    Kejari Selidiki ..... sambungan Hal. 1

    Bangga dengan ..... sambungan Hal. 1

    Wapres Minta ..... sambungan Hal. 1

    DAK Kepri ..... sambungan Hal. 1

    sejak mereka masih sama-samaanak-anak.

    "Memang aku sama Rio Har-yanto dari kecil udah bareng-ba-reng, gue inget banget dari kitamasih culun. Gue umur 11, dia 6tahun. Bertahun-tahun satu timsama Rio kita pernah rasain gi-mana berjuang bareng, kita sa-ma-sama mencari sponsor, kitamencoba naik tingkat bareng.Dan F1 itu juga adalah cita-citaaku, sampai aku merinding dia disana," kata Andra ditemui di

    kawasan SCBD, Jakarta Selatan,Rabu (24/2).

    Meski Alexandra belum dapatkesempatan untuk tampil di F1seperti mimpinya selama ini, diatak merasa iri sama sekali dengankeberhasilan Rio. Baginya, Riosudah mewakili harapannya se-lama ini.

    "Mungkin kesempatannyaudah nggak bisa aku dapatin. Bu-kannya aku sekarang iri ataubenci sama Rio, aku turut bangga.Memang bukan aku yang bisa ke

    sana, bukan aku yang ada di sana.Tapi, at least, ada orang Indo-nesia yang bisa mewakili. Mung-kin bukan aku, tapi ada temanberjuang bareng bisa mewakili,"pungkasnya.

    Andra sendiri bukanlah pem-balap kemarin sore. Dia pernahmendapat penghargaan dari MURIsebagai pembalap wanita perta-ma di Indonesia. Di kancah inter-nasional-pun Andra tercatat se-bagai pembalap wanita pertamadi Asia. (kpl)

    dalam kotak penalti. Tanpa ba-nyak kontrol ia pun langsung men-jebol gawang Shovkovsky.

    Gol tersebut mengubah arahpermainan. City menjadi kian be-ringas dan terus menghadirkantekanan bagi sang tuan rumah.Pasukan Manuel Pellegrini ituakhirnya bisa kembali mencetakgol di menit ke-40.

    Setelah melakukan kerjasamayang apik dengan Aguero, Sterlingmengirim umpan datar ke tiangjauh dari sisi kanan gawang Kiev.Tanpa ada kesulitan berarti, Silvalangsung menendang bola masukke gawang. Skor kini menjadi 0-2.

    Gol tersebut menjadi penutupbabak pertama.

    Usai turun minum, Serhiy Re-brov meminta anak-anak asuhnya

    untuk bermain lebih agresif. Citypun akhirnya dibuat kerepotanoleh sang tuan rumah meski se-sekali bisa melancarkan seranganke pertahanan Kiev.

    Usaha Kiev akhirnya membuah-kan hasil positif pada menit ke-58.Buyalskyy menendang bola darijarak sekitar 17 meter. Bola sempatmembentur badan Otamendi danberbelok arah sebelum akhirnyamelesat masuk gawang tanpa bisadicegah Hart. Skor kini menjadi 1-2.

    Gol tersebut membuat skuatKiev makin bersemangat menye-rang demi menyamakan kedudu-kan. City pun akhirnya mencobauntuk menyiasatinya dengan me-makai strategi counter attack.

    Kiev pun akhirnya kian ungguldalam hal penguasaan bola di ba-

    bak ini. Akan tetapi City bermainlebih tenang dalam bertahan danjustru cukup sering menghadirkanmara bahaya di dalam kotak ter-larang Kiev. beberapa peluang puntercipta bagi The Citizen.

    Namun dari semua peluang itu,hanya satu yang berbuah gol, yaknipada menit ke-90. Setelah mela-kukan umpan one-two dengan Fer-nando, dari depan kotak penaltiYaya Toure melepas sepakan me-lengkung dengan kaki kirinya. Gol.Skor menjadi 1-3.

    Gol itu menjadi penutup per-tandingan tersebut. City meng-akhiri laga dengan skor mantap 1-3. Hal ini akan membuat merekabisa melakoni laga leg kedua de-ngan cukup nyaman nantinya diEtihad. (bln)

    JAKARTA (HK) Jaksa AgungMuhammad Prasetyo mengung-kapkan, keputusan melakukandeponering atau mengesamping-kan berkas perkara dua mantankomisioner KPk, Abraham Samaddan Bambang Widjojanto sudahfinal.

    Semua pertimbangan sudahmatang dan prosesnya akan segeradiselesaikan.

    "Sudah final. Semua pertim-bangan dari pihak lain kita terimadan kita tinggal rumuskan. Tidakharus buru-buru, saya harap pekandepan selesai," kata Prasetyo, diKompleks Istana Kepresidenan,Jakarta, Kamis (25/2).

    Prasetyo menuturkan, seluruhproses deponering akan disampai-kan kepada Presiden Joko Widodo.Laporan itu dikhususkan padahal-hal yang bersifat strategis.

    "Tidak berarti presiden men-campuri proses hukum. Presidenmenanyakan, mengarahkan agarsemua perkara ditangani dengancepat itu saya pikir memang se-harusnya gitu," ujarnya.

    Abraham ditetapkan menjaditersangka kasus dugaan pemalsu-an dokumen. Selain Samad, polisijuga telah menetapkan wanitayang dibantu Samad memalsukandokumen, yakni Feriyani Liem.

    Adapun, Bambang adalah ter-sangka tersangka perkara dugaanmenyuruh saksi memberi keteran-gan palsu di Sidang MahkamahMK, pada 2010 silam. Saat itu,Bambang adalah kuasa hukumUjang Iskandar, calon Bupati Ko-tawaringin Barat.

    Kepolisian menangani kasusAbraham dan Bambang ini setelahKPK menetapkan Komjen BudiGunawan sebagai tersangka. Ba-nyak aktivis menyebutkan bahwaperkara Samad dan Bambang me-rupakan bentuk kriminalisasi.

    Berkas kedua perkara itu kinisudah sampai pada tahap penun-

    tutan. Jaksa Agung lalu memper-timbangkan perkara itu deponer-ing alias dikesampingkan atasdasar kepentingan umum.

    Sementara, Presiden Joko Wi-dodo meminta perkara yang men-jerat Abraham dan Bambang seg-era diselesaikan. Jokowi memintaJaksa Agung untuk mencari carapenyelesaian yang tidak melang-gar hukum.

    "Presiden ingin perkara-perka-ra yang berkaitan dengan KPK dis-elesaikan karena ini sudah cukuplama. Tentu dengan alasan-alasanyang bisa dibenarkan secara hu-kum," kata Staf Khusus PresidenBidang Komunikasi, Johan BudiSP beberapa hari lalu.

    Kembali kepada Deponeringkasus Abraham dan Bambang,Prasetyo menyatakan keputusanitu diambil karena kedua tokohtersebut adalah pegiat antikorupsi.

    "Saya ingin jelaskan, pember-antasan korupsi adalah kepentin-gan umum. Kami tahu bagaimanaakibat yang ditimbulkan akibatpidana korupsi yakni bukan hanyamerampas hak hidup dan ekonomi,tapi juga sosial politik," ujar Pra-setyo beberapa waktu lalu.

    Dia menyebutkan, ketika adaseorang pegiat antikorupsi dipi-danakan atau terkena kasus pi-dana, maka akan menurunkan se-mangat pemberantasan korupsi.

    "Tentunya kami khawatir (ka-sus terkait pegiat korupsi) nantiakan melanggar kepentinganumum," lanjut dia.

    Tak jadi persoalan, lanjutPrasetyo, apabila Abraham danBambang saat ini sudah tidaklagi menjabat sebagai komisionerKomisi Pemberantasan Korupsi(KPK).

    Menurut eks politikus PartaiNasional Demokrat tersebut, pre-dikat aktivis pemberantasan ko-rupsi pada dua orang itu tidak lan-tas hilang di mata masyarakat.

    Komisi III DPR sebelumnyasudah menerima surat pertimban-gan Kejaksaan Agung yang akanmengeluarkan deponir untuk ka-sus Abraham dan Bambang. Na-mun, pilihan deponir ditolak olehKomisi III DPR.

    Wakil Ketua Komisi III DPRDesmond J Mahesa mengungkap-kan tidak ada unsur kepentinganumum yang mengharuskan perka-ra itu dihentikan.

    "Kita tolak," kata Wakil KetuaKomisi III DPR Desmond J Mahesabeberapa waktu lalu.

    Desmond mengatakan, KomisiIII menilai tak ada alasan kepentin-gan bagi kejaksaan untuk menges-ampingkan kasus Abraham danBambang. Sebab, keduanya tak lagimenjabat sebagai pimpinan KPK.

    "Beda dengan Bibit-Chandrayang waktu itu masih menjabat,ada kepentingan umumnya," kataPolitisi Partai Gerindra ini.

    Desmond menambahkan, de-ponering justru bisa mendegradasikerja institusi kepolisian yangsudah mengusut kasus ini. KomisiIII juga, lanjut dia, melihat depon-ering ini menandakan tidak profe-sionalnya kinerja kejaksaan da-lam melakukan penyidikan danpenuntutan.

    "Ditambah catatan, yang dulusaat mereka jadi komisaoner KPKmereka menantang tidak bersalahdan akan membuktikan di penga-dilan. Kok sekarang kesannyamereka takut kalau deponering,"ucap Desmond.

    Kendati demikian, lanjut dia,keputusan Komisi III DPR untukmenolak deponering kasus Abra-ham dan Bambang ini tidak bersi-fat mengikat. Bahkan sebenarnyakejaksaan tak perlu memintapendapat DPR untuk melakukandeponering.

    "Ini sepertinya Kejaksaan me-minta legitimasi kita," tambah-nya. (kcm/dtc)

    Kasus Abraham-Bambang Di-deponering

    JK juga mengatakan pola pikirkeberhasilan rumah sakit dapat di-ukur dengan banyaknya jumlahpasien harus segera diubah. Makinbanyak pasien, berarti suatu kotamemiliki banyak penyakit dantidak sehat.

    "Kota itu kotor, banyak demamberdarah, air tergenang. Kota yangbaik, ada rumah sakit tapi isinyasetengah, nah itu kota yang baikkerena orangnya sehat," ucapnya.

    Selain itu, JK meminta kepadaanggota DPRD untuk dapat mem-perbanyak izin pembangunan la-pangan hijau di kota. Lahan kosongtidak harus diubah menjadi maldan bangunan lainnya.

    Keberadaan lapangan hijaumenurut JK akan membantu ma-syarakat untuk dapat berolahragadan memiliki arena bermain bagianak-anak.

    "Ada lahan sedikit dibikin mal,DPRD kasih izin juga. Besok lagitolak. Kota yang baik kalau ru-mahnya bersusun, bisa 4 susuntak usah ada lift, supaya ada lahanhijau supaya tidak macet. Nah itukenapa antara lain suapaya rumahtercapai," terangnya.

    Belum OptimalAnggota Fraksi Partai Golkar

    DPRD Kota Batam, Ruslan (Pa-sole) mengaku jika Kota Batamsudah membuat Perda Kebersihanyakni Perda Nomor 5 tahun 2001.Perda Kebersihan itu sudah diini-siatori oleh anggota DPRD Batamperiode 2000-2014.

    Tidak hanya itu, kata Ruslan,Batam juga sudah menelorkan PerdaNomor 11 tahun 2013 tentang Pen-gelolaan Sampah sebagai tindak lan-jut dari Perda Kebersihan tersebut.Perda itu katanya dalam upayamewujudkan Batam Bersih Sampah.

    "Cuma saja kata Ruslan, perdatersebut belum berjalan secaramaksimal," kata Ruslan.

    Ruslan sepakat dengan usulanWakil Presiden Jusuf Kalla yangmengharuskan semua kota mem-buat Perda Kebersihan. Jika perluusulnya, Perda Kebersihan menga-tur Satgas Sampah yang mengon-trol budaya tidak tertib masya-rakat membuang sampah.

    "Kalau ada Satgas itu, sayayakin Batam bersih dari sampah.Got atau selokan juga tidak adaada sampah lagi. Karena gara-gara sampah menumpuk di selo-kan, hal ini bisa mengakibatkanbanjir," katanya.

    Ruslan pun mengharapkanpemerintah nyinyir memberipenyadaran akan pentingnyamenjaga kebersihan lingkungankepada masyarakat. Karena se-jauh ini masih banyak masya-rakat yang kurang tertib dalammembuang sampah sehingga me-numpuk, mengundang bau danpenyakit.

    Sebelumnya, Dinas Kebersihandan Pertamanan (DKP) Kota Ba-tam sesungguhnya sudah bertekadmemberlakukan Peraturan Dae-rah (Perda) Nomor 5 tahun 2001

    tentang kebersihan Kota Batamsecara optimal.

    Bahkan akan menerapkansanksi hukum sebagaimana diaturdalam perda tersebut yakni, pen-jara selama tiga bulan dan dendaRp 50 juta. Aturan ini juga termuatdi dalam Perda Nomor 5 tahun2001 pasal 15 ayat 1 Bab X tentangketentuan pidana dan denda.

    Pasal tersebut berbunyi Pe-langgaran terhadap ketentuan pa-sal 14 ayat 1 dan ayat 1A diancamhukuman pidana kurungan sela-ma-lamanya tiga bulan atau den-gan setinggi-tingginya Rp 50 juta.Pasal 14 ayat 1 A ini menegaskanSetiap orang atau badan dilarangmembuang sampah di luar tempatpenampungan sampah.

    Kepala Bidang KebersihanDKP Kota Batam Faisal Rizal duatahun lalu menyatakan, pihaknyakini sudah membentuk tim untukmemberlakukan Perda KebersihanKota Batam. Hal itu pun guna un-tuk memberikan saksi bagi wargaBatam yang membuang sampahtidak pada tempatnya.

    Pada bulan Maret 2013 iniPerda tersebut akan dijalankandan kami juga sudah membentuktim memantau perda kebersihanBatam, ujar Kabid KebersihanDKP Kota Batam, Faisal Riza.

    Diberlakukan perda kebersi-han Kota Batam ini diharapkanbisa menjadi kota bersih dan ter-hindar dari sampah-sampah yangmenumpuk. (dtc/fur)

    data saja," sambungnya lagi.Menurutnya, saat diperiksa

    penyidik, pegawai di Dinas PUmenjelaskan kalau anggaran pro-yek pembangunan GOR Indoor ter-sebut tidak ada masalah, bahkanpelaksanaan proyek tersebut su-dah diaudit oleh Badan PemeriksaKeuangan dan Pembangunan (BP-KP) Kepri beberapa waktu lalu.

    Pantauan di lapangan, tigaorang staf Dinas PU Karimun se-jak pagi sudah mendatangi Gedung

    Kejari Tanjungbalai Karimun,mereka adalah Up, Ze dan Pa untukmemenuhi panggilan penyidik.Ketiganya yang datang menge-nakan pakaian batik langsungmenuju ruang pemeriksaan di lan-tai dua Kejari.

    Salah seorang staf Dinas PU, Zekepada wartawan mengakui kalaupemanggilan padanya terkaitpembangunan GOR Indoor. Na-mun, Ze tidak mau memberikanpenjelasan lebih rinci apa saya

    yang ditanyakan penyidik kepada-nya. Dia hanya mengaku meleng-kapi sejumlah data yang diper-lukan penyidik.

    "Pemanggilan ini terkait pem-bangunan GOR Indoor. Saya di-minta memberikan sejumlah ber-kas oleh penyidik. Kalau penyidikminta, saya berikan. Namun, sayabelum tahu persoalannya sepertiapa. Saya hanya memenuhi pang-gilan penyidik di Kejari saja,"ungkap Ze sambil berlalu. (ham)

    Belanja Transfer dan Dana Desayang diperoleh Provinsi Kepri ta-hun 2016 sebesar Rp7,77 triliunitu, merupakan penjumlahan alo-kasi dana transfer yang telahditetapkan berdasarkan PerpresNomor 137 tahun 2015 tentangRincian APBN 2016 dan berda-sarkan Permen Keuangan No-mor:259/PMK.07/2015 tentangKurang dan Lebih Bayar DBHSumber Daya Alam menurut Pro-vinsi dan Kabupaten/Kota.

    "Berdasarkan penjumlahan-nya, porsi alokasi terbesar terda-pat pada DAU dengan besaranRp3,84 triliun, kemudian DBHRp2,16 triliun dan mengalami pen-ingkatan sebanyak 24,69 persen,"ujarnya.

    Bila dilihat secara parsial,memang terdapat penurunan danaDBH sebesar Rp11,38 milliar. Na-mun penurunan tersebut didomi-nasi oleh anjloknya harga komodi-tas SDA seperti Minyak, Gas, Mi-neral dan Batubara.

    "Tetapi pada dana DAK men-ingkat sangat signifikan yangmencapai 50 persen tahun 2016,dengan total Rp5,68 triliun, beru-pa belanja dan kegiatan proyekyang dilakukan, Kementerian,Lembaga, dan dana Desa dariAPBN Pusat ke daerah," ujarnya,Kamis (25/2).

    Dari transfer dana perimbangansebesar Rp7,84 triliun tersebut tam-bah Didyk, alokasi dana BelanjaModal Pemerintah sebesar Rp1,79triliun. Bahkan sebesar Rp1,33 trili-un dialokasikan untuk proyek-proyekstrategis Pusat di Provinsi Kepri.

    Sejumlah Proyek strategistersebut, seperti PembangunanGedung dan Bangunan sebesarRp190 miliar di 7 kabupaten/kota,proyek jalan dan jembatan sebesarRp398 miliar lebih, pembangunanpelabuhan sebesar Rp252 miliarlebih, proyek Pembangunan Ban-dara Udara Sebesar Rp112 miliarlebih dan proyek pembangunanSumber Daya Air dan jaringansebesar Rp376 miliar lebih.

    "Seluruh proyek ini tersebar di7 Kabupaten/Kota di Kepri, denganpersentase terbesar berada diBatam dengan total nilai proyekRp661,25 miliar," ungkapnya.

    Saat ini, dari total nilai proyekAPBN yang ada di Kepri ujarDidyk lagi, sudah berjalan sesuaidengan pelaksanaan kontrak yangsudah dilakukan masing-masingLembaga dengan pihak ketiga(kontraktor pelaksana).

    "Sampai dengan 18 Februari2016, dari total dana APBN untukpelaksanaan proyek strategis diKepri ini, sebanyak 55 kontrak pro-yek strategis dengan nilai kontrak

    Rp590,34 miliar sudah ditanda-tan-gani. Dan saat ini, sebanyak 31 kon-trak, telah melakukan pencairandana atau termin tahap pertamasebesar Rp68,65 miliar," ujarnya.

    Dengan pola pelaksanaan ang-garan yang sedang berlangsung,Didyk mengharapkan agar proyek-proyek strategis APBN 2016 diKepri, dapat segera diselesaikansehingga masyarakat dapat mera-sakan manfaat serta multiplayerefek dari pelaksanaan kegiatanpekerjaan proyek tersebut.

    "Dengan gambaran ini, seba-gaimana yang dikatakan Guber-nur, kendati DBH Kepri mengala-mi penurunan, tetapi fasilitasfiskal keuangan daerah dari APBNtidak mengalami perubahan atasbertambahnya alokasi dana DAKyang diwujudkan dengan belanjamodal, pelaksanaan proyek pem-bangunan," sebutnya.

    Dibandingkan tahun lalu, pel-aksanaan kontrak kegiatan tahun2016 ini lebih cepat, karena 2016ini sesuai dengan instruksi Pres-iden sejak November 2015 lalu,penyusunan pelaksanaan kontraksudah dilakukan.

    "Sedangkan mengenai capaianprogres pelaksanaan keuangandan fisik, dari alokasi dana APBNke Daerah, sekitar 90 sampai 95persen," ujarnya. (fur/btd)

    tinggal korban.

    "Arif yang bertugas sebagai tu-

    kang eksekusi, sementara Ronal

    hanya menunggu diatas motor

    tidak jauh dari kosan korban," ujar

    Syamsurizal.

    Sementara, pengakuan tersang-

    ka menghabisi korban dengan cara

    menusuk-nusuk korban dengan

    membabi buta. Tapi sebelum me-

    nusuk, pelaku menerajang korban

    terlebih dahulu hingga terlentang.

    Setelah terjatuh, pelaku tidak

    segan-segan menghujani korban

    dengan tusukan, sambil membe-

    kap mulut korban.

    "Pelaku menusuk sambil mem-

    bekap mulut korban, dengan wak-

    tu singkat. Menurut hasil otopsi,

    terdapat 19 tusukan pada korban,"

    kata Syamsurizal.

    Bertengkar dengan Istri

    Korban sendiri, diketahui bek-

    erja sebagai tukang bangunan. Se-

    belum tewas ia sempat bertengkar

    dengan istrinya.

    Saat korban ditemukan tewas,

    istri korban tidak berada di kost.

    Usai bertengkar, sejak pagi istri

    korban pergi dari rumah dan tak

    kunjung pulang hingga malam.

    Korban sempat meminjam

    handphone pemilik kos untuk

    menghubungi istrinya.

    "Korban ada masalah dengan

    istrinya, tapi saya tidak tau apa

    masalah dia. Korban juga sempat

    menelepon istrinya melalui HP

    saya, karena korban tidak ada pul-

    sa. Tapi belum sempat berbicara

    telepon terputus," kata pemilik

    kos, Gito.

    Bahkan Hendri sempat makan

    di rumah Gito. Setelah makan ia

    pergi, sebelum pergi ia sempat

    meninggalkan uang jajan untuk

    anak Gito.

    "Setahu saya dia baik, bahkan

    sudah saya anggap anak sendiri.

    Makan sering di rumah saya dan

    juga sering kasih anak saya jajan,"

    ujar Gito.

    Lokasi kamar kos Hendri bera-

    da di samping rumah Gito.

    Sementara itu, hasil otopsi ter-

    hadap korban di Rumah Sakit Oto-

    rita Batam, korban yang berasal

    dari Aceh itu ditemukan 9 luka

    tusuk di bagian iga sebelah kiri, 2

    luka tusuk di bagian perut kanan,

    selain itu buah zakarnya juga din-

    yatakan pecah. (vnr/btn)

    Pria Tewas ..... sambungan Hal. 1

    Dugaan Korupsi Bansos Batam

    GAB Desak Kejati Tetapkan TersangkaTANJUNGPINANG (HK) Gar-da Andalas Bersatu (GAB) mende-sak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Ke-pri untuk menetapkan tersangkakasus dugaan korupsi Hibah danBantuan Sosial Pemerintah KotaBatam periode 2011-2012 senilaiRp66 miliar. Ia pun meminta Ke-jati mengusut tuntas kasus ini.

    "Salah satu atensi perjuanganGAB ya, itu, pemberantasan korup-si. Karena bahayanya nyata danterang benderang merusak bangsa,"kata Presiden GAB, Galemoth Ari-tonang didampingi Menteri Hukumdan HAM GAB, Ibnu Hajar SH,Senin (22/2) di Batam Centre.

    Seperti ketahui, Asisten PidanaKhusus (Aspidsus) Kejati Kepri, MRahmad, SH menyatakan, KejatiKepri akan menetapkan tersangkakasus bansos Pemko Batam periode2011-2012 Februari ini. Kasus inibergulir dan memeriksa sejumlahpetinggi Satuan Kerja PerangkaDaerah (SKPD) Pemko Batam danpuluhan saksi.

    Dugaan korupsi ini bermula ke-tika Pemko Batam menganggarkandana hibah sebesar Rp66 miliar ditahun 2011. Pemko Batam kemudi-an memberikan belanja hibah inidalam bentuk uang yang diberikankepada pemerintah atau pemerin-tah daerah lainnya, kelompok ma-syarakat dan perorangan.

    Dengan rincian, PemerintahPusat Instansi Vertikal Rp11,2miliar, Organisasi Semi Pemerin-tah Rp3,2 miliar, dana bantuanoperasional sekolah (BOS) ke se-kolah swasta Rp15,6 miliar, kelom-pok masyarakat Rp21,6 miliar danperorangan Rp14,8 miliar hinggatotal keseluruhan Rp66,5 miliar.

    Sistem penyaluran dana inidengan mekanisme LS ditransferdari kas daerah Kota Batam kepa-da rekening penerima hibah. Bela-kangan terungkap bahwa belanjahibah yang disalurkan ini tidaklengkap dengan laporan pertang-gungjawaban dan naskah hibah.Belanja hibah itu dianggarkanpada dokumen pelaksanaan ang-

    garan (DPA) dan sekretariat daer-ah selaku satuan kerja pengelolakeuangan daerah (SKPKD).

    Diungkapkan Galemoth, pi-haknya prihatin atas maraknyakasus korupsi di Kepri. Ia men-dukung upaya pemberantasan ko-rupsi yang gencar dilakukan olehpihak kejaksaan dan kepolisian.

    "Korupsi itu bahaya laten danharus menjadi musuh bersama,"kata Galemoth.

    Ia pun menegaskan tengah me-nagendakan demo besar-besaranuntuk mensupport aksi bersih-ber-sih para penegak hukum terhadappelaku pembegal uang rakyat. Ka-tanya, sebagai masyarakat pi-haknya tidak rela uang rakyatdikeruk untuk memperkaya diri.

    Dalam kesempatan itu, Galem-oth pun mengimbau kepada siapap-un yang terlibat dalam kasus bansosnanti untuk tidak pasang badan. Iaberharap, pihak terkait bisa membu-ka kasus ini secara terang benderang.

    "Jangan mentang-mentangatasan, lalu dibela dan pasangbadan. Ini tidak baik untuk pem-berantasan korupsi," katanya.

    Direktur Batam Institute, Eri-son juga menantang kejaksaanuntuk segera menetapkan tersang-ka kasus bansos dan dana hibahKota Batam 2011-2012. Ia ber-harap, pihak penegak hukum tidak'masuk angin' dalam pengusutankasus tersebut.

    Sementara itu, Wakil KepalaKejaksaan Tinggi (Wakajati) Ke-

    pri, Asri Agung Putra SH, menga-takan, proses penanganan danpenyelidikan sejumlah kasus dug-aan korupsi yang ditanganai Ke-jaksaan Tinggi Kepri, hingga saatini masih terus berjalan.

    Penyidik terus melakukan pe-manggilan dan pemeriksaan se-jumlah pihak yang terlibat, terus di-lakukan dalam proses penyelidikan,pengumpulan data dan dokumen.

    Wakajati yang juga Ketua Timdan Koordinator Penanganan Ka-sus Korupsi Kejaksaan Tinggi Ke-pri itu juga mengakui, dalam pen-anganan dan penyelidikan se-jumlah kasus korupsi yang dilaku-kanya, juga telah memanggil se-jumlah pejabat. Sebagai pihakyang mengetahui dan berkaitanlangsung dengan dugaan korupsidalam setiap Kegiatan yang di laku-kan penyelidikan.

    "Hingga saat ini, seluruh prosespenyelidikanya masih berjalan dankami akan terus merampungkan,pelaksanaan penyelidikan, hinggaditemukan unsur melawan hukumdan kerugian negara yanng disebab-kan," ungkap Asri, Kamis (25/2).

    Terkait dugaan korupsi Rp66miliar dana Bansos Batam yangdiduga dikorupsi, Asri Agung men-gatakan, penetapan tersangka ka-sus tersebut tinggal menghitunghari. Dengan penyelidikan yangdilakukan secara marathon danmemeriksa ratusan orang, dalamwaktu dekat, tersangkanya akanditetapkan. (fur/btd)

    NET

    PRESIDEN Garda Andalas Bersatu (GAB), Galemoth Aritonang saat memberi pernyataan untukmendesak kejaksaan menetapkan tersangka Bansor Batam 2011-2012 beberapa hari lalu.

  • ekonomi2 Jumat, 26 Februari 2016

    Editor: Amir Yunus , Layout: Hermanto pili

    Ekonomi Kreatif Tergantung PariwisataPEKANBARU (HK) Gubernur ProvinsiKepri, H Muhammad Sani menekankanekonomi kreatif akan semakin berkembangjika dunia kepariwisataan terus tumbuh.Untuk terus tumbuh, konsep, strategi dankebijakan kepariwisataan harus mendukungsektor ini. Apalagi Secara nasional Keprimenempati peringkat ketiga kunjunganwisatawan manca negara

    Strategi kepariwisataanKepri langsung disampaikanGubernur Sani dalam Work-shop Ekonomi Kreatif danPariwisata Bersempena pel-antikan Ikatan Keluarga Al-umni Fakuktas Ekonomi (IK-AFE) Universitas Riau, Ka-mis (25/2) di Gedung Daerah,Pekanbaru, Riau. Selain Gu-bernur Sani, tampil juga se-bagai pembicara dalam work-shop tersebut Plt GubernurRiau Arsyadjuliandi Rah-man, Chairman Riau Pos Gr-oup Rida K Liamsi dan DirutBank RiauKepri Irvando Gus-tari.

    Tahun lalu sebanyak 2.0-37.673 wisatawan asing ma-suk melalui Kepri. Tahun initarget meningkat menjadi 2,6juta wisman.

    Dalam Workshop dengantema Menjadikan Riau danKepulauan Riau sebagai Des-tinasi Unggulan Kepariwi-

    sataan, Gubernur Sani men-yampaikan, bahwa Kepri me-mpunyai potensi yang baik dibidang pariwisata.

    Agar segala potensi ke-pariwisataan itu terus men-ingkatkan kunjungan wis-man ke Kepri, Sani menye-butkan ada tiga konsep yangdikembangkan . Ketiganyaadalah how to manage, how topromote dan how to service

    Saat ini, kata Sani, pem-prov terus memanage potensiyang sudah ada menjadi dayatarik kedatangan wisman. Diseluruh tingkat dua di Kepri,semua punya potensi wisata.Untuk itu, aksebilitas, am-enitas dan atraksi harus su-dah terpenuhi. Secara akse-bilitas, semua daerah tujuanwisata harus sudah terhu-bungi dengan semua modatransportasi baik laut, udaradan darat. Secara amenitas,berupa akomodasi, shoping,

    kuliner, sport, entertainmentjuga tersedia. Demikian jugadengan atraksi berupa wisataalam, budaya dam buatan.

    Kita memanjakan wi-satawan. Mereka akan terusdatang kalau dimanjakan,kata Gubernur Sani.

    Menurut Ayah Sani, pang-gilan akrab Gubernur Kepri,jumlah wisatawan dunia cuk-up banyak, Kepri harus dapatmendatangkan mereka se-banyak mungkin setiap ta-hun.

    Sementara untuk how topromote, menurut Ayah Sani,Kepri harus terus menjualnyadengan bagus dan semenarikmungkin.

    Kalau kita tidak promo-sikan bagaimana tahu. Kitaharus berani menjual, misal-nya masjid dari putih telor.Dengan pandai menjual, akanmembuat rasa ingin tahu pel-ancong, kata Ayah Sani.

    Untuk how to service, me-nurut Gubernur adalah mem-beri pelayanan dan rasa nya-man kepada para pelancongyang datang. Kalau merekadilayani secara baik dan me-rasa nyaman, mereka akanterus datang, kata Sani.

    Saat ini, kata Sani, pem-prov terus berusaha supayaada penerbangan langsungapakah dari Tiongkon ataiKorea Selatan ke Kepri. Kare-na bandara Han Nadim bisa

    menampung pesawat ber-badan besar.

    Kalau ini kita lakukanyakinlah pariwisata akanberjalan dengan baik. Im-plikasinya ekonomi kreatifakan tumbuh dan berkem-bang, kata Sani.

    Sani yakin, para turis inisenang berbelanja dan punyakeinginan untuk membeli ya-ng tinggi. Jadi tumbuh danberkembangnya ekonomi ke-eatif kalau pariwisata ber-kembang, kata Ayah Sani.

    Dalam kesempatan terse-but, juga dilakukan penanda-tangan nota kesepahamanantara Pemprov Kepri danPemprov Riau. Ruang lingk-up kerja sama itu antara lainpengembangan ekonomi krea-tif dan pariwisata di Riaudan Kepri, peningkatan ke-mampuan SDM, pengemban-gan potensi daerah serta m-endorong pertumbuhan ek-onomi daerah berbasis pari-wisata dan ekonomi kreatif.

    Sementara itu, Andi Rah-man, panggilan akrab Gubrimengatakan, saat ini unggu-lan Riau makin parah, salahsatunya sektor migas. Kare-na itu, Riau harus beranimengangkat sektor pariwisa-ta.

    Pariwisata berbasis bu-daya, bisalah menolong ek-onomi Riau yang sekarangini, katanya. (r/ays)

    Indonesia-Ceko Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

    JAKARTA (HK) Ment-eri Luar Negeri RI Retno LPMarsudi melakukan perte-muan dengan Menteri LuarNegeri Ceko Lubimir Zao-

    ralek di Gedung Pancasila,Kementerian Luar Negeri,Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

    Dalam pertemuan terse-but, kedua Menlu menanda-tangani perjanjian pemben-tukan forum konsultasi bilat-eral dan perjanjian bebasvisa untuk paspor diplomatikdan dinas RI-Ceko.

    Selain penandatangananperjanjian, Menteri Retnojuga membahas mengenaiberbagai peningkatan hubun-gan bilateral di bidang ek-onomi.

    Kami membahas berb-agai potensi kerja sama un-

    tuk menerjemahkan hubun-gan baik kedua negara men-jadi kerja sama yang salingmenguntungkan, ujar Ment-eri Retno saat memberikanketerangan usai pertemuantertutup.

    Sementara itu, Menlu Za-oralek membawa 31 orangpelaku bisnis yang rencanan-ya akan bertemu dengan be-berapa pengusaha Indonesiadalam pertemuan bisnis sela-ma kunjungan diplomatikn-ya, dari 25-27 Februari 2016.

    Para pengusaha Ceko ters-ebut bergerak dalam bidangpotensial, yakni pertanian,

    pertambangan, gelas dan ke-ramik, industri pesawat ter-bang, militer, dan pertahan-an.

    Kami berkomitmen un-tuk meningkatkan kerja sa-ma, terutama di sektor bisnisdan ekonomi. Seminar bisnisjuga akan dilakukan selamasaya di sini, ujar Menlu Zao-ralek.

    Selain itu, pertemuan ke-dua menteri ini juga mem-bahas kerja sama terkait pa-riwisata, energi, pendidikan,teknologi informasi, dan up-aya pemberantasan teroris-me internasional. (kom)

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    Editor: Amir Yunus, Layout: Agung R

    bisnis3 Jumat, 26 Februari 2016

    RezaLiputan Batam

    Givri LouGugat Inul Vizta

    JAKARTA (HK) InulVizta, rumah karaokeyang dimiliki pedangdutInul Daratista, tak henti-hentinya mendapatkanmasalah soal pelangga-ran hak cipta. Kali ini,Inul Vizta menerimagugatan yang sama daripedangdut Givri KDIatau Givri Lou.

    Givri berang menge-tahui lagu miliknya yangberjudul 'Disini Tuh GakSakit' masuk dalamdaftar lagu yang ada dioutlet Inul Vizta. Padahal, Givri tak pernah memberi-kan izin kepada siapapun untuk memasukkan lagu ituke rumah karaoke.

    "Klien kami merasa tidak pernah memberikankuasa kepada siapapun untuk mendengarkan lagutersebut ke pihak mana pun," ucap kuasa hukumGivri Lou, M Linggar Afriyadi saat ditemui di kan-tornya di kawasan MT Haryono, Jakarta Selatan,Selasa (23/2).

    Secara jujur, Givri mengungkapkan, senang bukankepalang lagunya masuk dalam daftar lagu di rumahkaraoke Inul Vizta. Namun sayangnya, ia tak merasamemperoleh timbal balik secara ekonomi dari kemun-culan lagunya di rumah karaoke Inul Vizta.

    "Bagaimana pun, kami berhak mendapatkan hakekonomi dalam bentuk royalti atas penggunaan lagutersebut sesuai peraturan perundangan yang berlaku,"kata istri pengusaha asal Batam itu.

    Givri pun mengatakan kalau pengaduannya kepa-da rumah karoke Inul Vizta sudah terlebih dulu didis-kusikan dengan Direktorat Jenderal Hak KekayaanIntelektual (HaKI) Kementerian Hukum dan HAMRepublik Indonesia.

    "Terkait royalti, kami tidak menuntut besarannya.Justru kami serahkan ke Kementerian Hukum danHAM yang tahu format hitungannya terkait hak cipta.Ada rumusnya di sana," Givri menimpali. (lp6)

    Givri Lou

    Beli 1, Bisa Dapat 2 ApartemenPromo Gila-gilaan dari Blisspark Apartemen

    BATAM (HK) PT Adhitya Inti Graha selakudeveloper hunian termegah, terlengkap danexclusive di Batam kembali memberikanpromo gila-gilaan. Dimana setiap pembeliakan mendapatkan kesempatan memperolehgrand prize, yaitu 1 unit apartemen lagi danhadiah menarik seperti motor Honda Vario,Iphone 6, dan hadiah lainnya.

    Promo gila-gilaan itu akandiberikan dalam peluncuranperdana Tower B nanti, Sabtu(27/2) di Swiss BelHotelHar-bour Bay. "Beli satu apartemen,berkesempatan mendapatkangrand prize 1 unit apartemenlagi," ungkap Manager Bliss-park Apartemen, Kelven keawak media, Kamis (25/2).

    Menurutnya, saat ini apar-temen bukan sekedar kebutu-han tetapi menjadi gayahidup, terutama executiveyang sibuk dan sering berper-gian. Keamanan, kenyaman-an dan fasilitas yang komplitmenjadi keungulan yang adadi Bliss Park. Sehingga men-jadi komitmen untuk men-jamin keadaan aman, nya-man dan terawat fasilitasnyakarena secara terus-menerusberkerja sama dengan JLL(Jones Lang Lasalle) yangmerupakan building manage-ment terbaik di dunia.

    Pembangunan Bliss Parksendiri dikerjakan oleh PTTata Mulia Nusantara, se-buah kontraktor swasta ber-pengalaman. Perusahaan inipunya rekam jejak yang men-

    tereng dalam menanganipembangunan proyek besarseperti apartment, hotel me-wah dan resort di tanah air .

    Setelah mencapai penjua-lan 90% dan proses penyelesa-ian pembangunan Tower A,Bliss Park Apartment mem-perkenalkan Tower kedua, yaituTower B yang akan di Launch-ing pada Sabtu (27/2). Tower Bmerupakan apartment yangditargetkan untuk para inves-tor dan Eksekutif di Batam,singapore dan sekitarnya.

    "Kami menerapkan OneStop Living dengan memban-gun Apartment, Shopping Ar-cade, Hotel beserta fasilitaspenunjangnya. Untuk tower Asemua unit yang dijual FullyTahun ini akan diadakan se-rah terima untuk Bliss ParkTower A," kata Kelven.

    Dengan mengusung temahunian mewah serta fasili-tasfasilitas bertaraf Inter-national dan terlengkap, Blis-spark menawarkan berbagaifasiltias kelas satu kepadapenghuninya. DiantaranyaInfinity Pool beserta KidsPool dan Cabbanas, Play-ground Area, Sky Garden,BBQ area, Jogging Track den-gan pemandangan Kota

    Batam dan Singapura, sertaExecutive Lounge dan Shop-ping Arcade.

    Selain fasilitas itu, BlissPark apartemen terletak dilokasi yang sangat strategis diBatam dengan diapit duajalan utama yaitu Raden Pa-tah dan jl. Yos Sudarso sertadidukung dengan fasilitasumum seperti Mall, SekolahInternational, Rumah SakitInternational dan Harbour Bayyang dapat di tempuh dalamwaktu 5 menit, dengan Feng-shui terbaik dengan berlatarbelakang sebuah gunung yangdiartikan sandaran dan meli-hat pemandangan laut yangdiistilah bagaikan duduk diKursi Tahta Kerajaan.

    Pasti UntungMasih kata Kelven, Batam

    merupakan salah satu ger-bang perdagangan dan bisnisinternasional Indonesia kare-

    na letaknya berbatasan lang-sung dengan Negara tetangga,memiliki kunjungan wisata-wan mancanegara yang ber-kunjung ke Batam tiap tahunsemangkin meningkat denganrata rata kunjungan 100,000orang wisatawan perbulan.57% nya berasal dari Singapu-ra dan Malaysia.

    Bukan itu saja, setiap bu-lan peningkatan jumlah pe-kerja di Singapura yang ting-gal dan menetap di Batamjuga semangkin meningkatdengan jumlah ekspatriatyang mencapai 8000 jiwa,membuat harga hunian (apar-tment) di Batam terus men-galami kenaikan dengan hargarental apartemen yang rela-tive tinggi dalam mata uangSGD berkisar diantara SGD2500SGD 3500 per bulannya.

    Kota Batam sebagai tu-juan pariwisata maupun bis-

    nis di posisi ke tiga setelahBali dan Jakarta, menjadikankota Batam sebagai tujuanuntuk berinvestasi propertiyang lebih menguntungkandibandingkan kota besar lain-nya di Indonesia.

    Kondisi investasi sepertiini menghasilkan persentasinilai sewa vs nilai investasiyang sangat tinggi di daerahBatam dengan yield 17%-19%,dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Jakarta 5%-7%, Bali 9%-11% dan lainnya.Apalagi bila dibandingkandengan negara tetangga terde-kat seperti Singapura danMalaysia dengan yield 3% - 4%.

    Untuk mendapatkan in-vestasi dengan promo me-narik, bisa datang langsung kemarketing gallery Blisspark diJl. Gunung Bromo no. 1, LubukBaja Nagoya, Batam atau da-pat hubungi 0778- 426999. (r)

    Amir YunusLiputan Batam

    ISTIMEWA

    MAKET Blisspark Apartemen.

  • Editor : Arment, Layout : Restu

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    pendidikan4 Jumat, 26 Februari 2016

    DIBUTUHKAN

    SEGERA !Sekolah SALMAN AL FARIZI

    BATAM

    1. Tamatan Pondok Pesantren

    Modern GONTOR

    2. LPGTK

    3. Tenaga Administrasi

    4. Tenaga Pendidik Strata 1

    Diutamakan :

    1. Mampu berbahasa Inggris

    2. Mampu mengoperasikan

    komputer

    Lamaran ditujukan /

    Menghubungi :

    Alamat : Kampung Odesa Blok A

    16 No. 7 - 8 Batam Centre.

    Depan Bandara Hang Nadim)

    Contact Person : 0813 7219 7046- 0812 6627 3743

    SMKN 5 Batam Gelar Simulasi UNBKBATAM (HK) Untukmembiasakan siswa-siswipeserta Ujian Nasional Ber-basis Komputer (UNBK),Kamis (25/2), SMKN 5 Ba-tam menggelar simulasiUNBK di ruangan multime-dia. Kegiatan UNBK dilaku-kan sekolah ini persis seper-ti aslinya, mulai dari tatacara siswa masuk hinggamengerjakan soal UN. Mas-ing-masing siswa mengerja-kan dalam satu unit kom-puter dan diawasi oleh paraguru dengan soal berbasiskomputer.

    Simulasi UNBK ini, lang-sung dipandu pihak Kemen-dikbud, saat itu siswa diba-gi menjadi dua sesi sesi pagipukul 07.30 WIB sampai 09-.30 WIB, dan sesi siang dim-ulai pukul 10.00 WIB sam-

    pai 12.00 WIB. Untuk simu-lasi UNBK ini diikuti 283siswa yang terbagi dalam 6ruangan, dengan jumlah serv-er sebanyak 7 ruang dan me-makai 140 unit komputer.Siswa yang diberi simulasiini sebanyak 6 bidang keju-ruan, antara lain Multime-dia, Teknik Komputer Jarin-gan, Instrumen Listrik, Ran-cang Bangun Kapal, Pengela-san Kapal, dan PermesinanKapal. Sedangkan materisimulasi meliputi mata pel-ajaran yang di UN-kan, yak-ni matematika, bahasa Ing-gris, bahasa Indonesia, danbidang kejuruan yang dipela-jari siswa.

    Menurut Hari Kurnia se-

    laku Koordinator Pelaksana,bahwa pelatihan simulasi hariini merupakan pelatihan yangkedua. "Simulasi yang perta-ma telah diberikan pada bulanJanuari lalu, dan nanti gladiresiknya akan dilaksanakanpada bulan Maret mendatang.Adapun gladi resik itu sendirimerupakan rangkaian pelati-han simulasi, dimana data se-cara keseluruhan baik itu soalmaupun data siswa sudah val-id 100 persen, dan nantinyamenjadi acuan untuk pelak-sanaan UN pada bulan Aprilmendatang,"terang Hari.

    Ditambahkannya, bah-wa simulasi ini diberikanagar siswa mengetahui ba-gaimana bentuk model dari

    soal UN dan juga menge-tahui ruang ujiannya. "Sim-ulasi kedua ini sudah meru-pakan validasi dan datadari simulasi yang pertama,dari mulai data siswa mau-pun soalnya. Nanti UASdan UN kita menggunakansistem online. Sedangkanuntuk try out sekolah kamisudah berikan kepada sis-wa untuk yang pertama pa-da bulan Desember 2015lalu, dan yang kedua bulanJanuari 2016, dan nantiyang ketiga akan diberikansekitar pertengahan Maret2016," jelas Hari.

    Dikatakannya, pada si-mulasi yang pertama ke-marin, siswa masih mengal-

    ami kesemrawutan menger-jakan soal di dalam simu-lasi."Jadi untuk yang keduaini, siswa sudah mulai men-guasai medan. Diharapkan

    Persiapkan US Siswa Diawal SemesterDilakukan SDN 02 Nongsa

    Arment AdityaLiputan Batam

    BATAM (HK) Siswa-siswi kelas VI di di SDN02 Nongsa mempersiapkan diri menghadapiujian sekolah (US) mulai dari awal semester.Persiapan tersebut mulai dari membahasmateri kelas sebelumnya, juga melatihmengerjakan soal-soal yang mengacu padakisi-kisi US.

    Menurut Kepala SekolahSDN 02 Nongsa, SupriatiSPd untuk persiapan UStahun ini ada perubahandidanding tahun lalu, yaknidiawal semester dengan me-

    nambah jam usai pelajaranutama. Hal ini dilakukanagar siswa lebih matangmenghadapi US ini.

    "Kalau kita adakan pe-nambahan pelajaran ataupemantapan US ini jam 2atau siswa pulang dulu, be-lum tentu siswa ini pada ha-dir pada pemantapan US.Makanya kita berlakukanusai jam pelajaran utamadilanjutkan dengan peman-tapan," ujarnya usai mengha-diri Konferensi VI PGRI KotaBatam di Vista Hotel, Rabu(24/2) lalu.

    Selain dilakukan peman-tapan, pihaknya juga telahmelakukan try out, baik tryout sekolah maupun kecama-tan. "Untuk try out baru tiga

    kali, sekolah dua kali, keca-matan sekali. Saat ini

    tinggal lagi melak-sanakan try outtingkat kota saja,"jelasnya.

    Namun dari ha-sil try out tersebut,untuk mata pelaja-ran matematika di-nilai masih kurang.

    Maka dari itu pihaknya te-lah menggembleng siswa-siswi yang nilainya masih be-lum memenuhi standar SKLUS. Namun demikian, hasilperolehan try out sekolah inisecara keseluruhan dariyang pertama hingga keduaada peningkatan nilai. Begi-tu pula dengan hasil nilaiUS, dari tahun ke tahun sela-lu ada peningkatan.

    Upaya lainnya dilakukanSupriati, yakni dengan me-manggil orang tua untuk disa-ma-sama mengawasi danmembina anaknya di rumah,karena bila dilihat dari moti-vasi anak belajar dinilainyamasih kurang. "Guru disekolah sudah maksimalmemberikan pelajaran, begi-tu pula dengan motivasi bela-jar kepada anak didik, ham-pir setiap hari diberikan,"katanya.

    Menanamkan kejujurandalam diri siswa merupakansebuah hal yang sangat ber-harga karena dengan memili-ki sifat jujur menjadi sebuahbekal utama dalam meraihkeberhasilan yang hakiki.Hal tersebutlah yang terusditekankan Dinas Pendidi-kan Kota (Dispendik) Sura-baya, baik kepada siswa atau-pun guru ketika akan mengh-adapi ujian nasional (UN).

    Supriati mengaku bang-ga masyarakat mesih mem-percayai sekolahnya dalammendidik anak, seperti ter-lihat dari jumlah siswa yangmendaftar setiap tahunnyaselalu mengalami kenaikan.Begitu pula dengan lulusan,

    cukup banyak yang diterimapada sekolah favorit danbisa berprestasi disekolahlanjutan.

    "sejauh ini US yang dige-lar di sekolah kita berjalandengan baik, karena baik

    guru maupaun para siswasangat menjunjung tingginilai-nilai kejujuran dan ke-mandirian anak. Bagi kamiapapun hasilnya yang palingpenting ialah bagaimanamenanamkan nilai kejujuran

    dan kemandirian pada anak.Namun alahamdullilah hasilUS cukup lumayan bagus,"ucapnya.

    Sebagai Kepala Sekolah,Supriati kerap mengimbaukepada para guru untuk

    memberikan penguatan ke-pada siswanya, selain mem-berikan pelajaran rutin dis-ekolah juga melatih parasiswa dengan mengerjakansoal-soal try out. Para gurujuga diharapkan menyiapkanberagam strategi dalammendampingi para siswamenyiapkan US ini. "Paraguru kita minta untuk meny-iapkan strategi dalam me-motivasi anak mengerjakansoal-soal latihan baik try outatau latihan soal dalam keg-iatan belajar sehari-sehari,sehingga nantinya hasil yangdiperoleh masksimal," jelasSupriati lagi. ***

    nanti dalam pengerjaan UNmereka betul-betul sudahsiap dan hasilnya optimal,"harapnya.

    Selain itu, kata Hari, saat

    ini masih ada kendalasinkronisasi antara serverlokal sekolah dengan serv-er pusat di Jakarta. "Mu-dah-mudahan pada saatgladi resik nanti kendalatersebut sudah tera-tasi,"pungkasnya.(cw54)

    IST

    PEMANTAPAN US Siswa SD sedang mengikuti pemantapan US yang diadakan sekolah seusai jam pelajaran utama. Selain pemantapan siswa peserta US ini,telah diberikan try out guna menguji kemampuan siswa menghadapi US nenti.

    SISWA SMKN5 sedangmengikutisimulasi UNBK,Kamis (25/2).Simulasi diSMKN 5 Batamtelah dilakukandua kali gunamembiasakansiswamengerjakansoal melaluikomputer.

    DIAN/HALUAN KEPRI

    Supriati SPdKepala Sekolah SD 02 Nongsa

  • Lagi, Pembunuhan di Batam

    opini5 Jumat, 26 Februari 2016

    PARA ahli psikologi dan kesehatan berdebat apakah ketertarikanterhadap sesama jenis (the same sex attraction) yang meliputi gay dan

    lesbianisme bersifat alamiah atau pengaruh lingkungan. Satupendapat mengatakan bahwa gen tertentu menjadi sumber

    ketertarikan terhadap sesama jenis (KSJ).

    Kokoh Hadapi Pengaruh Negatif

    PEMBUNUHAN kembali terjadidi Batam. Kali ini korbannya,Hendri Hamdani (31). Pekerjabangunan ini ditemukan tewasdengan kondisi mengenaskandi dalam kamar kosnya, GangManggis RT/RW 02/04 Kelurah-an Sadai, Kecamatan Bengkong,pada Rabu (24/2) malam. Di tu-buh pria asal Aceh itu ditemu-

    Pendapat kedua men-gungkapkan, KSJ terjadi se-mata-mata karena faktorlingkungan. Masing-masingpihak memberikan argumenuntuk mendukung kebenaranklaimnya. Penulis mengambilposisi yang jelas, yaitu manu-sia diciptakan Allah dengankeadaan yang sebaik-baiknya(ahsani taqwim).

    Manusia diciptakan me-miliki fitrah atau sifat asalyang positif, baik secara biol-ogis, afektif, kognitif, maupunspiritual. Khusus biologis, Al-lah secara tegas menyebut je-nis kelamin manusia hanyadua, yaitu laki-laki dan perem-puan, tidak ada jenis ketiga.

    Argumen bahwa kromosomxq28 menjadi dasar klaim gaydan lesbianisme adalah alami-ah tidak kuat secara ilmiah(lihat tulisan Aliah BP Hasan,Fitrah Heterosekual Manusia).Kromosom tersebut hanya ilu-si belaka karena berbagai risetdari para ahli yang lebih berko-mpeten menolak adanya kro-mosom xq28 itu. Karenanya,penulis yakin bahwa tidak adaalasan biologis untuk terjadin-ya KSJ.

    Pengaruh lingkunganPendapat yang tidak diper-

    debatkan oleh semua ahli ad-alah peran lingkungan. Sekalipun ahli tertentu berpandan-gan, faktor biologis berpen-garuh atau lebih berpengaruhdibanding faktor lingkunganyang pasti mereka sepakatlingkungan berpengaruh.

    Teori terkenal yang men-gungkap pengaruh lingkun-gan dirumuskan oleh psiko-log Albert Bandura, yaituteori belajar sosial. Teori inimengungkapkan, individumemahami sesuatu, tertarik,dan bahkan menunjukkanperilaku tertentu itu diin-spirasi, dipengaruhi, difasili-tasi oleh orang lain, terutamaorang-orang yang dianggappenting oleh individu. Seor-ang remaja atau orang dew-asa bisa saja akhirnya memi-lih gaya hidup KSJ denganpenyebab paparan, pengala-man, dan contoh dari lingkun-gannya.

    Jauh hari sebelumnya, Na-bi Muhammad sudah mem-beri pesan tentang pengaruhlingkungan, terutama keduaorang tuanya. Anak-anak me-

    njadi diri mereka yang riil(yang digambarkan sebagaiYahudi, Nasrani, Majusi) san-gat dipengaruhi lingkungan-nya, terutama orang tua.

    Di berbagai hadis, NabiMuhammad mengingatkankekuatan lingkungan dalammemerah atau menghijaukananak. Seorang yang saleh darikalangan ulama salaf, bahkanmengatakan, "Wahai anakku,aku melakukan kebaikan agarengkau juga melakukannya."Ini semua terjadi karena kesa-daran akan kuatnya pengaruhlingkungan.

    Lingkungan yang ada dihadapan individu bisa beru-pa positif dan sebaliknya.Lingkungan itu memberikanpengaruh, baik melalui per-encanaan (by design) maupuntidak terstruktur atau tidakterencana. Pertanyaannya,apakah ideologi dan gaya h-idup ketertarikan sesama je-nis yang berpengaruh kepadaindividu itu bersifat by designatau berjalan alamiah?

    Penulis tertarik denganpernyataan Fahira Idris--ang-gota DPD dari wilayah DKIJakarta--bahwa ketertarikansesama jenis menyebar tidakhanya melalui stimulasi yangberjalan tanpa perencanaan,tetapi melalui propaganda.Bukti penyebaran paham,gaya hidup, atau perilaku ke-tertarikan sesama jenis ter-encana adalah keterlibatanlembaga PBB, yaitu UNDPdan lembaga milik pemerin-tah Amerika Serikat (US-AID) dalam proyek The BeingLGBT in Asia Phase 2 Initia-tive, sebuah proyek memaju-kan kesejahteraan kaum les-bian, gay, biseksual, dan tra-nsgender (LGBT) ini.

    Tentu, proyek ini diarah-kan untuk membangun opinidengan memberi edukasiKSJ adalah perilaku normal.

    Kelompok pro-LGBT begitugencar melakukan demon-strasi, advokasi, kampanye,bahkan membangun penga-ruh terhadap pengambilankebijakan. Kepentingannyajelas, yaitu memperbanyakpopulasi LGBT dan meni-ngkatkan penerimaan KSJsebagai perilaku normal.

    Dengan derasnya propa-ganda itu, individu yang me-nyediakan diri menerima in-formasi dan persuasi itu bisasaja terpengaruh. Teori da-lam psikologi sosial menu-njukkan, individu cenderungmengatakan "ya" atas infor-masi yang didesakkan kepa-da mereka. Karena, bilang"ya" adalah cara termudahuntuk menanggapi kampa-nye atau propaganda.

    Apabila ungkapan "ya"ini sering ditunjukkan indi-vidu, mereka mengarahkandirinya untuk memberi duku-ngan pada propaganda yangmenerpa mereka. Bisa dibay-angkan apa yang terjadi padasebagian anak muda kitasaat kampanye dan contoh itumenerpa mereka dalam fre-kuensi yang banyak dan ku-run yang lama.

    Apalagi, yang memperke-nalkan paham dan gaya hidupKSJ memiliki ciri psikologisyang disukai, seperti kehanga-tan. Disebut oleh para ahlipsikologi, kehangatan meru-pakan karakteristik pokokyang memengaruhi kesan in-dividu mengenai orang lain.

    Secara perlahan, individumemiliki sikap positif ter-hadap orang dan benda (ra-mah, gembira, terbuka, tulus,jujur, hangat, periang, dansebagainya) tersebut. Peranini paling mungkin dilakukankonselor pro-KSJ. Ringkaskata, kalau pihak yang mem-beri informasi, memersuasi,dan memfasilitasi itu berke-

    Oleh: Fuad NashoriDewan Pakar Asosiasi Psikologi Islam

    kan sembilan luka tusuk senja-ta tajam di bagian iga sebelahkiri dan perut bagian kanan.

    Pembunuhan itu tentu me-mbuat kita sedih, trenyuh dangeram. Simpati, duka dan doamasyarakat untuk arwah Hen-dri yang dibunuh itu adalahwujud keprihatinan kita. Men-gapa pembunuhan itu masih

    saja terjadi di sekitar kita?.Sebelum peristiwa tragis

    menimpa Hendri, sudah bany-ak peristiwa pembunuhan lain-nya terjadi di Batam, Kepri.

    Masyarakat juga belum lupaakan dua kasus pembunuhanterhadap wanita sebelumnya.Kasus pembunuhan terhadapChintya, pengantin baru di Be-

    ngkong yang mayatnya dibuangdalam parit jalan keluar Hotel Vis-ta, Baloi. Selain itu kasus pemer-kosaan disertai pembunuhanterhadap seorang Dwiwana JuliAnggi (17) warga Acasia GardenBlok C2 No 3 Patam Lestari, Seku-pang. Mayat korban kemudiandibuang di Bukit Dangas, Kelu-rahan Patam Lestari, Kecamatan

    SEJARAH Andalusia adalahkisah tentang kegemilangankaum muslimin yang berhasilmenaklukkan wilayah di ben-ua Eropa, yang kemudian me-ngisinya dengan tinta emas ke-jayaan dan keunggulan perad-abannya. Ketika wilayah An-dalusia, yang saat ini terletak diSpanyol dan sebagian kecil Por-tugal berada di bawah kekua-saan kaum muslimin, jejak-je-jak kecemerlangan peradabanmereka menjadi rujukan bang-sa-bangsa Eropa. Banyak ilmu-wan dan ulama yang ahli da-lam berbagai bidang, yang ke-mudian menjadi pionir ilmupengetahuan, serta menjadiacuan ilmuwan-ilmuwan Barat.

    Andalusia, negeri yang in-dah dan eksotis, berada dibawah kekuasaan kaum mus-limin, selama kurang lebih 800tahun atau 8 abad lamanya.Dari tahun 92 H/711 M hinggatahun 797 H/1492 M. Kek-hilafahan Islam dan dinasti-dinasti kaum muslimin berha-sil mengubah wilayah di dat-aran Eropa itu menjadi simbolkegemilangan peradaban dankekuatan kaum muslimin. Parasejarawan yang meneliti

    Judul: Bangkit dan Runtu-hnya AndalusiaPenulis: DR. Raghib As-SirjaniPenerbit: Pustaka Al-Kaut-sarCover: Hard CoverIsi: 911Ukuran: 15.5 x 24.5 cm

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp. (0778)427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Narkoba Marak karena Banyak Pelabuhan Tikus- Pelabuhan tikus jadi kambing hitam.

    DAK Kepri Capai Rp13,53 Triliun- Bisa bayar insentif guru nggak ya?

    P

    Andalusia

    Resensi

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Maulana Ilham

    negeri Andalusia banyak men-ceritakan, bagaimana umat Is-lam yang bercokol di wilayahitu berhasil memberikan sum-bangsih bagi peradaban danilmu pengetahuan ke segalapenjuru di Eropa.

    Jika hari ini kita mengenalkota-kota indah seperti Barce-lona, Madrid, Valencia, Sevilla,Granada, Malaga, Cordova, dansebagainya yang tersohor diSpanyol sebagai basis klub-klub sepak bola ternama sertamenjadi tujuan wisata dunia,maka ketahuilah bahwa padamasa lalu kota-kota tersebutdihuni oleh kaum muslimin,dan berada di bawah pemer-intahan Islam.

    Kota-kota di Andalusiapada masa lalu juga menjadipusat-pusat ilmu pengetahuandengan berbagai perpustakaanyang megah dan ulama-ulamayang terkenal. Masjid-masjidberdiri megah, simbol-simbolkeislaman tersebar di manama-na. Begitulah keadaan negeriAndalusia pada masa lalu,negeri yang sampai hari inimasih lekang dalam ingatankaum muslimin, meskipun se-jarahnya kini telah berubah.

    Buku ini adalah rekam je-jak sejarah, tentang bangkitdan runtuhnya kekuasaan Is-lam di Andalusia. Sangat pent-ing bagi mereka yang inginmengetahui bagaimana Islambisa berkuasa danberkembang di daratan Eropa.Sayang jika buku ini Anda le-watkan! (wec)

    "MARAH itu gampang. Tapimarah kepada siapa, den-gan kadar kemarahan yangpas, pada saat dan tujuanyang tepat, serta dengancara yang benar itu yangsulit."

    (Aristoteles, Filsuf)

    "KESAKITAN membuatAnda berpikir. Pikiranmembuat Anda bijaksana.Kebijaksanaan membuatkita bisa bertahan dalamhidup."

    (John Pattrick, Ilmuwan)

    akap ijakBC

    pribadian hangat, peluangterpengaruh menjadi sema-kin besar.

    Apa yang tampak indah disekitar kita belum tentu baikdan benar. Bahkan, ia bisasaja buruk bagi kita. Atau, se-suatu yang buruk bisa sajadianggap baik, menjadi tren,dan akhirnya diikuti orang.

    Apa yang sebelumnya di-percayai orang sebagai se-suatu yang patut dihindariternyata bisa berubah menja-di sesuatu yang wajar, bahkanseharusnya dilakukan. Duniaterus berputar dan kadangnilai-nilai hidup yang jelas-jelas benar dijungkirbalikkan.

    Dalam komunitas kecildan dalam kelompok sebayapada anak muda, kadang mu-ncul nilai-nilai yang khas.Pada kelompok tertentu, ke-hebatan atau keunggulan ter-letak pada karakter dan per-ilaku buruk yang bisa merekatunjukkan.

    Sejumlah komunitas me-muja kekerasan, hedonisme,dan kebebasan seksual. Yangpatut diwaspadai, boleh jadiKSJ pada kelompok tertentudianggap wajar dan petua-langan yang mendebarkan.KSJ dipopulerkan sebagaigaya hidup masa kini.

    Pentingnya perankeluarga

    Menghadiri derasnya in-formasi, persuasi, dan fasili-tasi tentang KSJ, keluargamemegang peran vital. Den-gan cinta yang dimilikinya,keluarga (terutama ayah danibu) berperan menanamkannilai-nilai atau prinsip nilaikepada anak-anaknya.

    Salah satu nilai utamayang perlu dihidupkan orang-tua kepada anak-anaknyaadalah iman. Iman ditandaikeyakinan kepada Allah danmengikuti apa yang ditun-tunkan-Nya. Iman yang

    kokoh akan mengembalikanindividu kepada perintah Tu-han dan larangan-Nya.

    Ayah yang menyayangiibu, ibu yang menyayangi ay-ah, anak dan orang tua yangsaling menyayangi menjadifondasi untuk memudahkanhidup dan berkembangnyanilai-nilai hidup yang benar.

    Sebaliknya, keluarga yangbermasalah, terutama yangdipenuhi kekerasan atau con-toh perilaku seks bermasalah,menjadi tempat persemaianhidupnya nilai-nilai negatif.Bahkan, kondisi psikologisyang penuh trauma itu menja-di dasar anak-anak untukmembenci lawan jenis danmenyukai sesama jenis.

    Selain keluarga, lingkun-gan pergaulan yang saleh me-mberi sumbangan pada ko-kohnya diri seseorang ketikamenghadapi terjangan pen-garuh informasi, persuasi,dan fasilitasi KSJ.

    Lingkungan ini terdiriatas orang-orang yang ber-pikir dan berperilaku saleh.Bila kita hidup bersama me-reka, kita dibiasakan ber-pikir dan berperilaku saleh.Secara teknis, lingkungan initerdiri atas orang-orang yangsecara tegas berpihak kepadakebenaran yang bersumberdari agama.

    Berkaitan dengan KSJ,mereka menyatakan bahwaKSJ adalah terlarang dalamagama. Teman adalah cer-min diri kita. Sebaliknya,lingkungan yang tidak salehmenihilkan pengaruh tun-tunan Allah dan rasul-Nyasebagai pedoman berpikirdan berperilaku.

    Lingkungan sosial NabiLuth didominasi praktik sek-sual menyimpang dalam ben-tuk KSJ. Sekali pun NabiLuth terus berjuang menga-rahkan mereka hidup normal,mereka abai. Lingkungan se-jenis ini sudah terjadi di ber-bagai negara Barat dan Am-erika Latin masa kini, bah-kan mereka melegalkan pe-rnikahan sejenis.

    Boleh jadi, lingkungan se-perti ini ada di dekat tempattinggal kita. Anak-anak he-ndaknya kita biasakan untukmemilih nilai, keyakinan,cara berpikir, dan perilakuyang benar yang bersumberdari agama.***

    Sekupang dan baru ditemukan,Rabu (24/6) lalu.

    Kasus pembunuhan ini bu-kan hanya sekali saja terjadi,tapi sudah berulangkali. Khususpembunuhan terhadap wanitamuda tersebut memang sam-pai saat ini pelakunya belumterungkap. Sementara sebagi-an pelaku pembunuhan ter-hadap warga Batam lainnyasudah ditangkap polisi.

    Meski demikian, dari kejadi-

    miliki implikasi sosial.Padahal seharusnya dari

    mulai ibadah rutin kesehar-ian kita, sepertishalat, dzikir, bacaAl Quran, puasa Se-nin-Kamis; hinggaibadah pada waktu-waktu tertentu sep-erti puasa Ramadh-an, shalat Id, qur-ban dan lain-lain.Semua itu, selainberdimensi vertikal, juga me-miliki dimensi horisontal (so-sial) Islam tidak melulu ber-bicara mengenai ibadah wa-jib (mahdhah, vertikal), tapijuga ibadah sosial (ghairumahdhah, horisontal). Tidakada yang lebih penting dariyang lainnya. Keduanyaharus serimbang, seiring-sejalan. Saling melengkapi,saling menyempurnakan.Melakukan ibadah wajib se-mata, adalah orang yang me-rugi, karena belum memberi

    TIDAK sedikit umat Islamyang masih terjebak pada rit-ualisme. Melakukan sebuahibadah hanya sekedar men-jalankan perintah atau untukmendapatkan pahala sema-ta. Mereka tanpa sadarmemisahkan antara urusandunia dengan urusanakhirat, atau dengan katalain; ibadah yang dilakukan-nya hanya berefek pada ke-hidupan akhirat saja.

    Akibatnya, tak jarangmereka melakukan suatuamalan hanya mengutama-kan

    kuantitas tanpa mem-perhatikan kualitas, per-buatan yang berulang-ul-ang, tanpa pemaknaan danpenghayatan. Padahal, set-iap ibadah yang kita lakukanharus diikuti proses transen-densi dan kontemplasi. Danyang terpenting adalah set-iap ibadah ritual selalu me-

    manfaat kepada sesama(bangsa dan negara). Sedang-kan melakukan ibadah so-

    sial tanpa dibarengiibadah wajib, makaakan sia-sia.

    Pada kenyataan-nya, masih banyakumat Islam di Indone-sia yang masih mema-hami bahwa kesale-han di mata AllahSWT hanya kesalehan

    pribadi semata. Sementara,kesalehan sosial belum diang-gap sesuatu yang penting danmenjadi bagian dari hidupkeseharian. Padahal, dalamajaran Islam, banyak menga-ndung nilai-nilai sosial yangmemiliki peran yang sangatbesar dan signifikan dalampembangunan bangsa.

    Berikut beberapa nilaisosial Islam yang bisa di-jadikan sebagai modaldasar pembangungan bangsa,di antaranya, pertama.

    Taawun (Tolong-Menolong).Memiliki sifat suka me-nolong merupakan salahsatu ciri orang yang beri-man (At-Taubah: 71). Me-nolong tanpa pamrih, tulus,dan hanya mengharap keri-dhaan Allah semata. Bukanmenolong karena berharapimbalan materi atau ingin di-puji oleh orang lain. Tolong-menolong harus dalam hal ke-baikan dan kemaslahatan,bukan dalam hal keburukandan kezhaliman. Tolong me-nolong dalam skala kecilseperti menolong tetanggaatau menolong rekan kerja.Sedangkan menolong dalamskala yang luas, seperti yangkuat menolong yang lemah,yang kaya menolong yangmiskin, yang berkuasa me-nolong yang terzhalimi.

    Suka menolong harus men-jadi kesadaran iman bagi set-iap Muslim. Buat apa kita ra-jin beribadah tapi enggan me-mberikan pertolongan. Buatapa kita kaya-raya tapi hanyauntuk diri sendiri dan enggan

    berbagi. Mengapa kita tidakmalu mengaku Muslim jikatidak memiliki kepedulianpada orang lain. Mengapa kitamesti bangga telah menjadiorang sukses, jika di sekitarkita masih banyak orang yangkesusahan. Dan bagaimanakita bisa percaya diri mengakusebagai pejuang, apabila kitamembiarkan penyakit sosialmakin merajalela.

    Menyantuni fakir-mis-kin, mengurus anak yatim,menolong kaum dhuafa; bu-kanlah tugas pemerintahsaja. Tapi tugas kita se-mua. Tugas setiap orangyang mengaku beriman.Kalau ada tetangga kitayang miskin, kalau ada dikampung kita yang menja-di pengemis, kalau masihbanyak di desa kita yangtidak mampu sekolah; jangan

    langsung menyalahkanpemerintah. Salahkan dirikita sendiri. Mengapa kitatidak membantu mereka,mengapa kita tidak pedulidengan mereka.***

    Terjebak dalam RitualismeK olom Publik

    an pembunuhan ini, tentu kitasepakat bahwa kejahatan dalambentuk apapun memang harusdiberengus. Rasa aman ma-syarakat harus menjadi prioritasutama. Kepolisian harus bekerjakeras menjaga masyarakat dariancaman para penjahat yangmembuat kita tak nyaman.

    Kasus pembunuhan ter-hadap Hendri, Chintya dan Dwi-wana adalah salah satu contohbagaimana kejahatan mengin-car kita. Dari kasus ini tentu se-makin menggugah kesadarankita bahwa kejahatan berada disekitar kita. Keluarga kita (sua-mi, istri, atau anak-anak kita)bisa saja menjadi korban.

    Perilaku jahat dan kadang di-sertai kesadisan, membuat kitaharus ekstra waspada, bahwayang bisa melindungi diri adalahdiri kita sendiri. Kesadaran sep-erti ini harus kita tumbuhkan.Jangan sampai kasus pembunu-han terulang dan terus terulang.

    Kita juga mendesak kepoli-sian untuk mengungkap pelakupembunuhan tersebut. Kita san-gat percaya, polisi bisa me-nangkap mereka. Kita juga san-gat yakin, sebagai lembaga pe-melihara Kamtibmas, polisi jugatidak akan pernah membiarkanmasyarakat hidup dalam ke-tidaknyamanan. Semoga***

    (Bagian Pertama)

  • CMYK

    iklan6 Jumat, 26 Februari 2016

    CMYK

  • CMYK

    CMYK

    8 Jumat, 26 Februari 2016Ardina Rasti

    KetagihanGanti Warna Rambut

    JAKARTA (HK) Ikut ambil bagian dalam film DREAMS, Ardina Rastimemutuskan untuk mengubah warna rambutnya sampai menjadi 7

    warna. Tapi, rupanya aktris sekaligus penyanyi cantik yang satuini justru semakin ketagihan untuk mengganti-ganti warna ram-butnya begitu proses syuting film selesai.

    "Iya ini karena karakter Karinaini. Di film ini Karina rambutnyaada 7 warna. Itu jadi tantanganterberat aku sih secara rambut

    aku selama ini lurus panjanghitam. Nah di film Dreams iniKarina itu diva banget yangjadi center of attention. Jadigimana caranya aku merubahdiri aku dalam bentuk fisikyang menandakan akusebagai Karina. Akhirnyaaku pilih cat warna rambut 7warna. Selesai syuting filmaku ketagihan jadi ganti-ganti warna," jelas Rastisaat bermain di Tebet,Jakarta Selatan, Senin (22/2)lalu.

    Di sisi lain, warna-warna yang diterapkan

    pada rambutnya itu juga membuat Rasticukup kerepotan dalam merawatnya. Yap, inikarena warna rambutnya harus dicuci satuper satu, tidak boleh sekaligus.

    "Cuci rambutnya agak repot karena harussatu-satu warna. Makanya karena udahluntur gini aku satu warna aja agak ribetsoalnya," lanjut mantan aktris film VIRGINitu.

    Namun meski Rasti suka mengganti-gantiwarna, nyatanya ia sama sekali tidak khawat-ir dengan kesehatan rambutnya. Selainmemakai obat yang sehat, ia juga tahu betulbagaimana harus merawat rambutnya yangberwarna-warni itu.

    "Awal-awal sih iya karena harus pakaiproses bleaching, cuma aku rawat denganbahan alami. Karena ini temporary jadi gakbertahan lama, paling sebulan. Kalau bosenaku sengaja lunturin warnanya," pungkaslawan main Fatin Shidqia Lubis itu.(mdc)

    MUMBAI (HK) Sanjay Dutt, akhirnya bisamenghirup udara bebas, Kamis (25/2). Selainkeluarga dan sahabat, seluruh fans Sanjay Dutttentu bersukacita atas kabar kebebasannyasetelah tiga tahun ia dipenjara.

    Sebuah harian terkemuka melaporkan bahwaSanjay Dutt berada di rumah tahanan, ia menjabatsebagai pekerja semi-terampil dan melakukan

    berbagai kegiatan selama menjalani masa tahanan-nya.

    Bintang film Agneepath membuat tas kertas danbahkan bekerja sebagai penyiar untuk sebuah radio internal

    rumah tahanan. Melalui radio tersebut, ia sempat berbicaratentang meninggalkan dunia kejahatan dan melakukan hal-halbaik dalam hidup.

    Jadi untuk gaji yang diterima tahanan disesuaikan denganaturan dan peraturan dari penjara. Saat bebas dari penjaraSanjay Dutt seharusnya menerima gaji sebesar Rs38.000 atausenilai Rp7,5 juta. Namun, itu tidak akan terjadi. Aktor inihanya akan menerima gaji dari Rs450 atau senilai Rp88 ribu.

    Sebuah sumber mengatakan kepada media harian di sana,"sang aktor setidaknya menerima Rs 38.000 tapi ia telahmenggunakannya untuk membeli keperluan sehari-hari selamadi penjara. Saldo yang harus dibayar kepadanya hanya Rs450.Kami menghitung pengeluaran yang telah Sanjay habiskan dipenjara setelah menyesuaikan dengan Fixed Date of Release(FDR). Setelah itu kita kemudian menghitung gajinya sebesarRs35 per hari dan telah dinaikkan menjadi Rs50 setelah efektanggal 1 September 2015."

    Sanjay Dutt diketahui terlibat kasus kepemilikan sejatailegal dan kasus terorisme di Mumbai pada 1993 silam yangmenewaskan lebih dari 250 orang. Hingga akhirnya Mei2013 lalu, Sanjay ditetapkan bersalah dan menjalanihukuman lima tahun penjara. (lp6)

    Sanjay Dutt

    Cuma DigajiRp88 Ribu

    Judika

    Cara LindungiKeluarga Kecil

    JAKARTA (HK) Maraknyakejahatan terhadap anak mem-buat penyanyi Judika lebihprotektif terhadap keluargakecilnya. Pelantun "SampaiKau Jadi Milikku" itubahkan sengaja mengajariputrinya, Cleo Deborasupaya tidak mudahdekat dengan orang yangtak dikenal.

    Saat ditemui dikawasan Kebon Jeruk,Jakarta Barat Selasa(24/02), Judika men-gakui jika sang anakbelakangan mulai jagajarak dengan orang yangtidak dikenalinya. Haltersebut dipercaya agarpada saat dewasa,Cleo tak sembarangkenalan dengan orang.

    "Saya sudah ajarianak saya darisekarang, kalo diatidak boleh dekatdengan sembarangorang," ucap Judika.

    Menurutnya, jikaCleo bertemu denganorang yang tidakdikenalinya, iaakan menangis.Gadis kecil itusudah terbiasa berkumpuldengan keluarga dan temandekatnya saja.

    "Sekarang dia nangis kalauketemu orang yang enggak diakenal. Makanya dia cuma dekatsama keluarga aja," ujarnya.

    Selain itu, Judika juga rajinberkomunikasi dengan sangistri, Duma Riris perihal anak-anaknya. Judika berharap

    dapat terus memantaukeadaan keluarga kecilnyadi sela sela kesibukannyadi dunia entertaiment.

    "Komunikasi samakeluarga juga harusintens. Aku selalu nelponistri untuk mengetahuikondisi anak di jam-jam kerja,"tutupnya.(lp6)

    LOS ANGELES (HK) Demi Lovato kembalike dunia hiburan musik dengan karya barun-ya, 'Stone Cold'. Di lagu ini, Demi Lovatomenunjukkan kemampuan vokalnya dengangenre balada.

    Demi Lovato telah menyiapkan video klip'Stone Cold' dengan spesial yang dirilismelalui situs berbagi video YouTube. Divideo, penyanyi yang terkenal melalui lagu'Heart Attack' ini terlihat sangat menghayati.Akibatnya, penggemar yang menyaksikanvideo klip Demi Lovato ini ikut terbawaemosi dan meneteskan air mata.

    Video tersebut dimulai dengan DemiLovato yang tertatih mendaki gunungbersalju, scene berganti memperlihatkanartis jebolan Disney itu tampil polostanpa make up--tengah duduk di sebuahbak mandi besar berisi air. Meski begitu,wajah Demi Lovato terlihat tetap cantik.

    Selanjutnya, adegan lainnya menun-jukkan Demi Lovato terlihat merasakankesedihan yang begitu mendalam.Kekasih Wilmer Valderrama initampak frustrasi hingga menenggelam-kan dirinya ke dalam bak mandi.

    Pada scene berikutnya, terlihatDemi berjalan di pegunungan bersal-ju menggunakan mantel tebal danmenunjukkan emosi yang sama dariscene sebelumnya sampai ia terlihatmenangis.

    Pelantun 'Let It Go' ini menutupvideo klipnya, 'Stone Cold' denganmengeluarkan nada tingginyayang terdengar sempurna untuksebuah penutup di akhir lagu.

    Scene terakhir terlihat DemiLovato berdiri menghadapmatahari tenggelam, menjadibagian yang menutup video klipini dengan indah dan sempur-na. Sementara itu, rencanan-ya Demi akan melakukanserangkaian tur di AmerikaUtara pada pertengahantahun ini.(lp6)

    Demi Lovato

    Tampil Polos

    Chelsea Islan

    Pengalaman Syutingdi Jepang

    JAKARTA (HK) Chelsea Islanbaru saja menyelesaikan syutingprogram serial televisi di Jepang.Selama berada di Negeri Sakura,wanita kelahiran Amerika Serikat 2

    Juni 1995 itu mengaku mendapatbanyak pengalaman baru untuk

    kariernya di dunia perfilman.Pemain sitkom Tetang-

    ga Masa Gitu ini punmengungkapkan perbe-daan syuting di Jepangdengan Indonesia.Apalagi, Jepangmemang dikenal dengannegara yang disiplin.

    "Ya di sana harusbenar-benar menghargai

    waktu, harus disiplin,"kata Chelsea Islan, saat

    ditemui di bilangan Cikini,Jakarta Pusat, Rabu (24/2).

    Chelesa Islan mengatakan

    menjalani syuting di Jepangtidaklah mudah. Walaupunterbilang sukses di Indonesiadalam dunia perfilman, tetapidirinya mengaku kesulitan di saatberadu akting dengan aktorJepang.

    "Awalnya agak susah ngomongsama lawan main aku yang dariJepang. Jadi, ya aku ngomong pakaibahasa Inggris aja. Dan drama tvseries ini ada tiga bahasa, Indone-sia, Inggris, dan Jepang. Syutingnyajuga di Yogya dan Jepang," sambungChelsea.

    Meski syuting sudah usai,namun Chelsea Islan belum maumembocorkan judul series yang diaperankan tersebut. "Belum bisadikasih tahu, kalau rilis bulanMaret ada preskon di Indonesia,kalau tayang di Jepang mungkiApril," jelasnya.(lp6)

    Editor: Ika, Layout: Mario

  • 9Jumat, 26 Februari 2016

    CMYK

    Editor: Sofyan, Layouter: Agung RCMYKNarkoba Marak ... Hal. 10

    Eks Gafatar Enggan Bertobat

    PariadiLiputan Batam

    BATAM CENTRE (HK) Ketua MUI Batam,Usman Ahmad mengungkapkan 106anggota eks Gerakan Fajar Nusantara(Gafatar) yang dibina di Asrama Haji, Batamselama dua Minggu lebih enggan bertobatdan kembali ke ajaran Islam. Kalau pun matimereka tidak mau dimakam secara Islam.

    Mereka seperti sudahterdoktrin sehingga tidakmau di-Islamkan kembali,bahkan matipun merekatidak mau dimakamkan se-suai syariat Islam, ujar Us-man yang dihubungi melaluisambungan teleponya, Kamis(25/2).

    Menurut Usman, sesuaiajaran Islam mereka kansudah murtad sehingga perludiberikan pembinaan agarkembali ke ajaran semulayakni Islam.

    Namun mereka tetaptidak mau. Bahkan merekajuga tak mau dikatakan se-bagai eks anggota Gafatartetap harus Gafatar walau-

    pun organisasi ini sudah di-bubarkan.

    Usman menyebutkan,mereka tetap dengan keper-cayaan syahadat baru, nabibaru, tidak sholat, tidak pua-sa dan tidak wajib zakat.

    Sepertinya, mereka su-dah terhipnotis atas keper-cayaan yang mereka anutyang tidak bisa diotak-atik,walaupun sudah diberikanpembinaan, katanya.

    Berbagai cara sudah di-lakukan untuk mengembali-kan mereka ke jalan yang be-nar. Bahkan mereka sudahdirukiah. Tapi mereka tetaptidak mau. Ironisnya, tiadarasa penyesalan sedikitpundari raut wajah mereka.

    Meskipun sulit mengem-

    Eks Gafatar ... Hal. 10

    Bakamla Bagikan 300Life Jacket ke NelayanKodim 0316 Batam Turun ke Masyarakat Pulau

    BARELANG (HK) Ba-dan Keamanan Laut (Ba-kamla), Republik Indonesia(RI) membagikan 300 lifejacket kepada masyarakatnelayan, Kamis (25/2).

    Life jacket merupakansarana pengamanan diriyang memadai, demi kea-manan dan keselamatannelayan saat beraktivitasdi laut. Dengan mengena-

    kan life jacket, diharapkanmemberikan sebuah keper-cayaan diri bagi nelayandalam menjaga keselama-tan di laut.

    Kasubdit Potensi Pe-ngembangan dan Keaman-an Laut RI, Kolonel Mar-itim M Irawadi mengata-kan penyerahan life jacket

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    KOLONEL Maritim M. Irawadi, didampingi Letkol Inf. Anderson Nanang Dwi,Kepala Bakamla Batam, Letkol Davit, dan perwakilan Lanal Batammemasangkan life jacket kepada salah seorang nelayan Pulau Akar, Barelangdi Kantor Bakamla RI Batam Pulau Setokok, Barelang, Kamis (25/2) siang.

    Bakamla Bagikan... Hal. 10

    Wawako KesalTiga Kadis Absen

    Pembukaan Musrenbang

    BATUAJI (HK) WakilWalikota Batam, HM RudiSE tampak kesal saat me-ngetahui beberapa pimpinansatuan kerja perangkat daer-ah (SKPD) Kota Batam takmenghadiri pembukaan Mu-syawarah Rencana Pemban-gunan (Musrenbang) yangdigelar di kantor Camat Bat-uaji, Rabu (24/2) malam.

    Meskipun pimpinan SK-PD yang tidak hadir ini mem-inta izin tidak datang mela-lui pesan singkat kepada Wa-likota Batam terpilih itu,

    Rudi tetap mengabsen

    mereka. Pimpinan SKPDyang tidak hadir itu adalahKadis Kesehatan Batam,Chandra, Kadis KetenagaKerjaan Batam, Zarefriadidan Kadis Pendidikan Ba-tam, Muslim Bidin.

    Sementara pimpinanSKPD yang hadir adalah Ke-pala Dinas PU Batam, YusMasnur, Kepala PMP-KUKM,Febrialin, Kadis Pariwisata,Yusfa Hendri, dan Rudi Pan-jaitan. Kadis DKP Batam, Su-laiman Nababan, Kadis Ko-

    Kapolda: Demo Lebih Tepat di DPRDNONGSA (HK) Kapolda Ke-pri Brigjend Pol Sam Budigus-dian berpendapat, demonstrasiyang dilakukan berbagai ele-men masyarakat lebih tepatdilakukan di rumah rakyat(DPRD).

    "Kalau menyampaikan as-pirasi itu, lebih tepatnya di ru-mah rakyat, (DPRD), maksudn-ya di gedung DPRD atau pe-merintah setempat," kata SamBudigusdian melalui sambun-gan telepon, Kamis (25/2).

    Untuk Batam, lanjut dia, ti-

    tik demontrasi lebih tepat dikawasan Dataran Engku Putri,lantaran kawasan tersebut de-kat dengan gedung DPRD danPemko Batam.

    "Logikanya, rakyat men-yampaikan aspirasinya, gakmungkin di rumah atau di tem-pat lain. Tempat yang lebih te-pat tentu di rumah rakyat,"ujarnya.

    Namun demikian, ia me-nyerahkan keputusan tersebut

    Wawako Kesal ... Hal. 10

    Kapolda: Demo ... Hal. 10 Budigusdian

    Narkoba Marak karena Banyak Pelabuhan TikusBATAM CENTRE (HK) Tersebarnya ratusan pelabu-han tikus atau pelabuhantidak resmi di Kota Batam,dinilai menjadi faktor utama

    maraknya peredaran narko-ba dan barang ilegal dalamjumlah besar.

    Hal itu dikemukakananggota Dewan Pertimban-

    gan Presiden (Wantimpres)Sidarto Danusubroto ketikamelakukan kunjungan keKota Batam, Kamis (25/2).

    Saya mendapatkan infor-

    masi, jika Pulau Batam san-gat banyak pelabuhan tikus-nya, malah pelabuhan tikussudah menjadi gajah (bany-ak), kata Sidarto saat mem-berikan pandangannya.

    Dilanjutkan dia, per-masalahan ini sangat kru-sial, sebab jika pelabuhantikus sudah menjadi gajah(banyak) maka potensi pen-giriman barang ilegal melaluijalur laut semakin terbukalebar.

    Termasuk, salah satunyanarkoba yang telah menjadimusuh bangsa. Dan bisamerusak generasi bangsatentunya.

    Dikatakan dia, selain le-tak Pulau Batam yang san-gat strategis karena beradadi jalur perdagangan dunia,Batam juga sangat berdeka-tan dengan negara tetangga.

    Karena itu, lanjut dia,perlu hadirnya sosok leaderyang berani sehingga rewardand punishment (penghar-gaan dan hukuman) bisa dite-gakkan bersamaan dengankarakter absolut power, agarmampu mengubah kemapan-an kedalam zona nyaman di

    Pererat Hubungan Emosional,TNI-Polri Gelar Olahraga Bersama

    SEKUPANG (HK) Untukmenjaga keutuhan dan ke-daulatan NKRI. TNI bersamaPolri menggelar olahraga ber-sama di lapangan bola vollydepan Mako Danramil RayonII Batam Barat, Sekupang,Kamis (25/2) pagi.

    Olahraga bersama itudihadiri Kapolsek Seku-pang, Kompol Ferry Afrizon,kemudian Kapolsek Batuaji,Kompol Andy Rahmansyah

    Pererat Hubungan ... Hal. 10

    DELMAWAN/HALUAN KEPRI

    MASAK NASI Kaum ibu eks anggota Gafatar sedang memasak nasi di dapur umum Tagana Asrama Haji, Kamis (25/2). Mereka enggan bertobat, meskipun telah dibina selama dua Minggu.

    DEDI MANURUNG/HALUAN KEPRI

    WAWAKO Batam Rudi saat membuka Musrenbang di kantor Camat Batuaji,kemarin malam.

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    ANGGOTA TNI dan Polisi berfoto bersama sebelum melakukan olahraga bersama,Kamis (25/2).

  • Editor: Sofyan, Layouter: Agung R

    batam10 Jumat, 26 Februari 2016

    Pererat Hubungan ..... sambungan Hal. 9

    Eks Gafatar ..... sambungan Hal. 9

    balikan mereka ke ajaran Is-lam, Usman mengimbaumasyarakat agar tetap me-nerima mereka.

    Sebagai anggota eks Gafa-tar, mereka selalu dipantauaparat kepolisian, pemerin-tah daerah melalui Lurah,RT dan RW setempat.

    Pantauan Haluan Kepri,selama dua hari ini sebagiananggota eks Gafatar telah dip-ulangkan ke daerah asal.Mereja ada yang dijemputkeluarga atau orang terdekat.

    Dari 106 anggota eksGafatar, sudah 7 kepala kelu-arga yang dipulangkan. Saatini yang tinggal hanya 27 or-ang asal Batam.

    27 orang ini sedang men-cari rumah kos untuk memu-lai hidup baru.

    Pemulangan seluruh anggo-ta eks Gafatar ke dearah mas-ing-masing menggunakan bi-aya sendiri serta tidak menda-

    pat bantuan dari pemerintah.Namun sebelum pulang,

    seluruh eks anggota Gafatarsudah didata pihak InafisPolresta Barelang, Dinsos,Kemenag dan Kesbangpol.Keberadaan mereka akan di-pantau supaya tidak mere-sahkan masyarakat dimanamereka tinggal.

    Hanya tinggal 27 orangkami di sini, dengan 4 kepalaKeluarga, besok atau lusa kamiakan keluar dan kos di tempatlain memulai hidup baru, katasalah seorang anggota eks Gafa-tar berinisial Dn saat ditemuidi Dapur Umum Tagana asra-ma Haji, Kamis (25/2).

    Ia mengaku akan mengon-trak rumah dengan biayasendiri tanpa bantuan pemer-intah daerah. Berbeda di daer-ah lain, seperti Jawa untukhidup sementara merekamendapat bantuan Rp15 jutaper kepala keluarga. ***

    minfo Batam, Salim Siregar,Kadis BPM PTST, GustianRiau, Kadis Dishub Batam,Zulhendri, Kadis DisperindagBatam, Rudi Sakyakirti danKadis Distako Batam.

    Musrenbang itu juga diha-diri Lurah se-Batuaji besertaperangkat RW/RT dan tokohmasyarakat. Tampak hadirjuga 5 orang anggota DPRDBatam dapil V, yakni JuradoSiburian, Marlon Siahaan,Sugito, Hekky.

    " Meskipun saya dapatpesan singkat dari para kadisyang tak hadir ini, saya akantetap absen mereka, karenahari ini pembukaan pertamatapi mereka tak datang, danseharusnya SKPD Batamharus hadir semua. Ini takada, saya heran," ujar Rudisaat pembukaan Musren-

    bang tersebut.Dalam pembukaan Mus-

    renbang itu, Rudi menam-pung semua saran dan keluhkesan dari tokoh masyarakatdan perangkat RW/RT setem-pat maupun anggota DPRDBatam.

    " Ini kan, Musrembangpertama untuk Tahun 2016ini, akan tetapi realisasinyatahun 2017 mendatang ini.Ini hanya membahas angga-ran serta menerima keluhkesah masyarakat ini. Mus-renbang ini akan dibahas lagidi tingkat kota nantinya,"kata Rudi saat menyampai-kan sambutannya.

    Camat Batuaji, RinaldyPane membenarkan pem-bahasan pertama untukMusrenbang pertama. Yangdibahas dalam Musrenbang

    adalah terkait rencana pem-bangunan infrastruktur sep-erti jalan semenisasi, drain-ase untuk atasi banjir danpemukiman kumuh. Kemudi-an selanjutnya adalah ten-tang pendidikan, sampah dankesehatan.

    " Ini Musrenbang perta-ma untuk tahun 2016 ini, na-mun realisasinya adalah un-tuk tahun 2017 mendatangini. Yang dibahas itu adalahterkait rencana pembangu-nan infrastruktur diantaran-ya jalan semenisasi, drain-ase untuk mengatasi banjirdan kumuh. Kemudian ten-tang pendidikan dan keseha-tan," kata Rinaldy Pane saatitu, Kamis (25/2) pagi.

    Dikatakan Pane, yang ke-tiga menjadi skala priotas-kan dalam pembahasan

    Musrenbang tadi malam.Lagian, masyarakat meng-inginkan ketiga item terse-but. Namun, ini baru usulan.

    Karena masih dirapat-kan ditingkat kota Maretmendatang, lantaran angga-ran terbatas.

    Camat Batuaji ini jugaberharap agar ketiga itemtersebut bisa direalisasikandari tingkat pemerintah KotaBatam. Karena ini kepentin-gan masyarakat Kota Batampada khususnya KecamatanBatuaji.

    " Saya berharap sekaliketiga item ini bisa direal-isasikan pemerintah KotaBatam, karena ini fokus un-tuk kepentingan masyarakatKota Batam, pada khususnyakecamatan Batuaji," tutupn-ya menjelaskan. (ded)

    bertujuan memberikan pe-mahaman kepada masya-rakat nelayan, yang sehari-hari beraktifitas di laut.

    Dengan menggunakanlife jacket yang baik dan be-nar saat melaut, tentu akanmenjadi sebuah tameng kese-lamatan bagi para nelayandalam mencari ikan, maupunmelakukan aktifitas lainnyadi laut, kata Kolonel Mar-itim M Irawadi di KantorBakamla RI Batam di PulauSetokok, Barelang.

    Diterangkan M. Irawadi,sebenarnya keamanan dankeselamatan bagi para ne-layan dan pengguna jasatransportasi laut, bukan tu-gas pihak Bakamla RI, akantetapi menjadi tanggung-jawab semua pihak, terma-suk pemerintah.

    Jumlah life jacket 65 ribuunit life jacket ke nelayanhampir di seluruh Indonesia.Sebelumnya kita dibagikan-nya ke nelayan IndonesiaTimur, sekarang dibagian

    Barat, papar M. Irawadiyang mengaku dari TNI ADSatuan Kavaleri ini.

    Nah, ujar Kasubdit Baka-mla RI ini, kita berharap keg-iatan ini untuk bisa ditindak-lanjuti pemerintah daerah,dan instansi terkait denganmelibatkan TNI-Polri.

    Kali ini, kita melibatkanKodim 0316 Batam untukbisa membagikan 300 lifejacket ke masyarakat nelay-an seputaran wilayah Bare-lang, secara gratis. Selainmembagikannya, kita jugameminta Kodim agar bisamensosialisasikan peng-gunaan life jacket dengan be-nar, tukas Kolonel MaritimM. Irawadi.

    Komandan Kodim 0316Batam, Letkol Inf AndersonNanang Dwi SIP sangat bert-erimakasih kepada pihakBakamla RI yang telah mem-berikan sarana keselamatanbagi para nelayan di Bare-lang. Dengan demikian, tentukeselamatan para nelayan

    akan lebih terjamin.Batam dan Kepri ini 96

    persen lautan. Kehidupanmasyarakat lokal sebagaipara nelayan tradisional yangterpencar di pulau-pulau.Kami sangat berterimakasihatas semua bantuan dan per-hatian ini, sehingga bisamemberikan motifasi baginelayan dalam mencari naf-kan di laut, ungkap Andreas.

    Kita semua berharap, ucapDandim yang baru seminggubertugas di Batam ini, agarsemua masyarakat nelayanbisa menggunakan life jacketdengan benar, dan menjagan-ya agar tidak cepat rusak.

    Kita akan segera mem-bagikan life jacket ini secaraprorata kepada nelayan dangunakanlah dengan benar.Ingat keselamatan itu ad-alah pilihan yang utama.Jika para nelayan berangkatke laut luas dengan tujuanmencari nafkah bagi keluar-ga, tentu harus kembali pu-lang dengan selamat, dapat

    ikan yang banyak, demi anakdan istri yang terus berdoa,dan menunggunya, paparAnderson.

    Mengingat bulan inimusim utara, ungkap Ander-son, tentu cuacanya dan anginkurang bersahabat bagi paranelayan. Dari itu, tingkatkanlebih dari sistim keselamatan,agar jangan menjadi korban.

    Bulan-bulan ini cuacakurang bersahabat, karenahujan, angin badai dan gelom-bang laut yang besar. Dari itumari tingkatkan keselama-tan kita semua para nelayan,agar tidak menjadi korbanketika mencari nafkah dilau-tan itu, tukasnya.

    Sementara, Wanto, per-wakilan nelayan dalam me-masang life jacket secarasimbolis mengucapkan teri-makasih kepada BakamlaRI, Kodim 0316 Batam, ser-ta pihak instansi pemerintahlainnya, yang telah pedulidengan keselamatan nelayandi Barelang. (vnr)

    Bakamla Bagikan ..... sambungan Hal. 9

    Wawako Kesal ..... sambungan Hal. 9

    serta Kapolsek Sagulung,AKP Chrisman Panjaitan.Mereka didampingi anggotamasing-masing.

    Adapun tema yang di-usung dalam olahraga bersa-ma ini "TNI-Polri bersamamenjaga keutuhan NKRI".Agenda ini serentak dilak-sanakan di seluruh Kodam IBukit Barisan. Namun, sebe-lum dilakukan olahraga ber-sama ini, TNI -Polri melak-sanakan senam bersama,yang dilanjutkan dengan larijarak tempuh 1,5 kilometer.

    Komandan Daerah Mi-liter (Danramil) Rayon IIBatam Barat, Sekupang,Kapten Inf Wanlentin Sina-ga mengatakan, kegiatan inidilakukan serentak olehTNI-Polri di seluruh KodamI Bukit Barisan.

    Acara yang sama ini juga

    dilaksanakan di Kodim 0316Batam.

    Ivent ini untuk memper-erat hubungan emosionalantara TNI-Polri, terutamamereka yang bertugas dilapangan.

    Pria asal Medan ini jugamengungkapkan, tujuandari kegiatan ini guna me-ningkatkan keharmonisasisesama TNI-Polri untukmenjaga kedaulatan negaraIndonesia sendiri, agar te-tap fokus melayani masya-rakat dengan ikhlas.

    Sinaga sangat berteri-makasih kepada pihak ke-polisian di wilayah BatamBarat, atas kelancaran agen-da ini. Mudah-mudahan, ke-depannya semakin solid dansemakin akrab dalam melak-sanakan tugas.

    " Saya sangat berteri-

    makasih kepada pihak ke-polisian karena mendukungkegiatan ini. Mungkin pihakkepolisian yang mengundangkami, kami pun siap dan ka-pan saja diundang kami pas-ti hadir, suatu saat elemenmasyarakat bisa ikut," pa-parnya Sinaga.

    Kapolsek Sagulung, AKPChrisman Panjaitan yangikut senam pagi juga mengu-capkan terimakasih kepadaTNI AD atas terselenggaran-nya iven ini. Ia juga mengata-kan, dengan adanya kegiatanini kedepannya TNI dan Polrimakin solid.

    " Saya dan Kapolsek lain-nya juga berterimakasih ke-pada TNI. Mudah-mudahankedepan TNI dan Polri se-makin solid dalam menjagakeamanan Kota Batam ini,"ujar Chrisman. (ded/vnr)

    kepada DPRD dan pemerin-tah setempat. Dimana lokasiyang dipilih untuk berdemon-trasi, biarlah kedua instansiitu yang memutuskan.

    "Kalau pa