Haluan kepri 26feb16

Click here to load reader

  • date post

    26-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    292
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 26feb16

Transcript of Haluan kepri 26feb16

  • Alexandra Asmasoebrata

    Orang Beriman"Orang beriman yang benar-benar

    memahami hakikat kehidupandunia, takkan pernah mem-

    biarkan dirinya tenggelamdalam kesenangan sehingga

    membuat dirinya lupa.Demikian pula saat

    mengalami kesedihan, iajuga tidak akan mem-

    biarkan dirinya tenggelamdalam keputus-asaan.." (bc)

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Jumat, 26 Februari 2016

    17 Jumadil Awal 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 26/2 TAHUN KE 15

    Editor: RGhafur, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo Ray

    City Perkasa .. Hal. 7Bangga dengan .. Hal. 7

    Wapres Minta .. Hal. 7Kejari Selidiki .. Hal. 7

    Bangga denganRio HaryantoJAKARTA (HK) Siapa sih yang nggakbangga dengan keberhasilan RioHaryanto jadi pembalap Indonesia perta-ma yang masuk ke ajang Formula 1. SahabatRio dari kecil, pembalap wanita AlexandraAsmasoebrata pun juga mengungkapkankebanggaannya kepada pria 23 tahun itu.

    Alexandra mengaku dia akan selalumendukung kiprah Rio di kancah internasio-nal. Apalagi baginya, Rio sudah jadi teman

    City Perkasa di KievKIEV (HK) Manchester City berhasil mencukur Dynamo Kievdengan skor 1-3 di leg pertama babak 16 besar Liga Champi-ons di Olympic Stadium, Kamis (25/2) dinihari WIB.

    Meski sempat memberikan perlawananalot di pertandingan ini dan membalas satugol melalui Vitaliy Buyalsky, Kiev tak bisamenghindar dari kekalahan setelah ga-wangnya dibobol oleh Sergio Aguero, DavidSilva dan Yaya Toure.

    Kiev mencoba untuk mengontrol jalan-nya pertandingan di awal babak pertama.Mereka berusaha memperlambat tempopermainan. Strategi ini berhasil membuat

    mereka melepas sejumlah se-rangan ke dalam kotak pe-nalti sang tamu.

    Akan tetapi, Kiev justrutertinggal lebih dahulu. Dimenit ke-15, berawal dari se-pak pojok, Aguero menyambarbola hasil sundulan Yaya Toure di

    DAK Kepri CapaiRp13,53 Triliun

    TANJUNGPINANG (HK) Minimnya penerimaan DanaBagi Hasil (DBH) Migas dari Pusat ke Provinsi Kepri,ternyata berbanding terbalik dengan besaran transferDana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan APBN2016 ke provinsi ini. Kepri mendapat DAK melesathingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

    Data Direktorat Jenderal Per-bendaharaan Kantor Wilayah Pro-vinsi Kepri, rincian dana APBN2016 berdasarkan Perpres 137tahun 2015 yang dikucurkan Pusatke Provinsi Kepri dari APBN 2016

    murni mencapai Rp13,53 triliun.Alokasi DAK tersebut, berupa

    program kegiatan pada BelanjaKementerian Negara, Lembagasebesar Rp5,68 trilun dan BelanjaTransfer APBN ke Daerah berupa

    Dana Desa sebesar Rp7,85 triliundari total APBN yang diterimaProvinsi Kepri.

    K e p a l aKantor Wila-yah DirektoratJenderal Perben-daharaan ProvinsiKepri, Didyk Choiroelmengatakan, Alokasi

    DAK Kepri .. Hal. 7

    WAPRES MINTA KOTA BUATPERDA KEBERSIHAN

    LOMBOK (HK) WakilPresiden Jusuf Kalla (JK)meminta seluruh DPRD

    Kota se-Indonesia untukmembuat peraturan

    daerah (Perda) soalkebersihan. JK jugameminta izin pem-buatan lapanganhijau untuk kegia-tan masyarakatdiperbanyak.

    "DPRD harus bikinaturan, setiap orang ha-rus bersihkan depan ru-

    mahnya, termasuk selo-kan. Sehingga tidak timbul-

    kan banjir," ujar JK dalamsambutannya di acara RapatKerja Nasional (Rakernas)

    Asosiasi DPRD Kota Selu-ruh Indonesia (Adeksi) diLombok, Nusa TenggaraBarat (NTB), Kamis (25/2).

    Dengan perda kebersi-han yang keluarkan olehDPRD, maka pemerintahdaerah dapat mengatursetiap orang untuk ber-tanggungjawab soal ke-bersihan.

    "Kalau di luar negeri ada saljuorang yang jatuh di depan rumah-nya maka yang tanggung rumah sa-kit adalah yang punya rumah kare-na tidak bersih. Itu hal-hal yangharus dilihat secara rinci, itu tugasAnda," terangnya.

    Kejari Selidiki PembangunGOR Karimun

    KARIMUN (HK) Kejaksaan Negeri(Kejari) Tanjungbalai Karimun men-cium adanya indikasi dugaan korupsipembangunan gedung olahraga (GOR)Indoor di Jalan Poros. Proyek itu diker-jakan PT Tamako di 2008-2010 dengananggaran sekitar Rp1,8 miliar.

    Penyidik pun sudah memeriksasejumlah pegawai di Pemkab Karimun,seperti Bagian Keuangan Setdakab danDinas Pekerjaan Umum (PU).

    Kepala Seksi Pidana Khusus (KasiPidsus) Kejari Tanjungbalai Karimun Riz-ki Rahmatullah, Kamis (25/2) menga-takan, pemeriksaan itu berawal dari lapo-ran masyarakat terkait eskalasi pro-yek pada 2009 lalu. Pihak-nya menerima laporanadanya indikasi pe-malsuan tan-

    datangan terkait pencairan dana proyek."Kami baru meminta keterangan

    kepada sejumlah pihak terkait proyektersebut. Ada beberapa data yang kamiperlukan dari mereka. Kami baru duakali melakukan pemeriksaan, kemarinBagian Keuangan Pemkab Karimun danyang tadi Dinas PU," ungkap Rizki saatditemui di kantornya.

    Kata Rizki, pemanggilan sejumlahpegawai di Pemkab Karimun tersebuthanya untuk mengsinkronkan data denganinformasi yang diperoleh penyidik terkaitpembangunan GOR Indoor tersebut.

    "Ini baru pemeriksaan awal,belum lagi masuk ke pulbaket.

    Hanya untuk mencocokkan

    Dua Pelaku Dibekuk di Sagulung

    Pria Tewas 19 TikamanBATAM (HK) Hendri Hamdani (31),warga di Kampung Durian, Bengkong te-was bersimbah darah dengan 19 tika-man, Rabu malam (24/2) malam. Tidaksampai 24 jam, polisi berhasil mem-bekuk pelaku pembunuhan Arif danRonal di Kawasan Putri Hijau, Kecama-tan Batuaji, Kamis (26/2) sore.

    Kapolsek Bengkong, AKP Syamsur-izal mengatakan, pelaku menghabisinyawa Hendri dengan sebilah pisauyang sudah dipersiapkan oleh pelaku.

    "Pelaku menghabisi nyawa korbanlantaran sakit hati dengan perkataankorban. Sebelumnya korban hendakmeminjam sepeda motor Arif, tapi tidakdikasih pinjam, kemudian korban mengo-mel-ngomel kepada Arif sampai menge-lurkan kata kotor," terang KapolsekBengkong.

    Sakit hati mendengar perkataankorban, pelaku yang benama Arif yangjuga sebagai tersangka utamadan otak pembunuhan,pergi ke tempattinggal korban,dengan memba-wa sebilah pi-sau yang sudahdisiapkan.

    Sementara,Ronal yangbertugas se-bagai joki ha-

    nya menung-

    gu di motor

    tidak jauh

    dari tempat

    Pria Tewas .. Hal. 7

    Ruslan Pasole

  • sambungan7 Jumat, 26 Februari 2016

    City Perkasa ..... sambungan Hal. 1

    Kejari Selidiki ..... sambungan Hal. 1

    Bangga dengan ..... sambungan Hal. 1

    Wapres Minta ..... sambungan Hal. 1

    DAK Kepri ..... sambungan Hal. 1

    sejak mereka masih sama-samaanak-anak.

    "Memang aku sama Rio Har-yanto dari kecil udah bareng-ba-reng, gue inget banget dari kitamasih culun. Gue umur 11, dia 6tahun. Bertahun-tahun satu timsama Rio kita pernah rasain gi-mana berjuang bareng, kita sa-ma-sama mencari sponsor, kitamencoba naik tingkat bareng.Dan F1 itu juga adalah cita-citaaku, sampai aku merinding dia disana," kata Andra ditemui di

    kawasan SCBD, Jakarta Selatan,Rabu (24/2).

    Meski Alexandra belum dapatkesempatan untuk tampil di F1seperti mimpinya selama ini, diatak merasa iri sama sekali dengankeberhasilan Rio. Baginya, Riosudah mewakili harapannya se-lama ini.

    "Mungkin kesempatannyaudah nggak bisa aku dapatin. Bu-kannya aku sekarang iri ataubenci sama Rio, aku turut bangga.Memang bukan aku yang bisa ke

    sana, bukan aku yang ada di sana.Tapi, at least, ada orang Indo-nesia yang bisa mewakili. Mung-kin bukan aku, tapi ada temanberjuang bareng bisa mewakili,"pungkasnya.

    Andra sendiri bukanlah pem-balap kemarin sore. Dia pernahmendapat penghargaan dari MURIsebagai pembalap wanita perta-ma di Indonesia. Di kancah inter-nasional-pun Andra tercatat se-bagai pembalap wanita pertamadi Asia. (kpl)

    dalam kotak penalti. Tanpa ba-nyak kontrol ia pun langsung men-jebol gawang Shovkovsky.

    Gol tersebut mengubah arahpermainan. City menjadi kian be-ringas dan terus menghadirkantekanan bagi sang tuan rumah.Pasukan Manuel Pellegrini ituakhirnya bisa kembali mencetakgol di menit ke-40.

    Setelah melakukan kerjasamayang apik dengan Aguero, Sterlingmengirim umpan datar ke tiangjauh dari sisi kanan gawang Kiev.Tanpa ada kesulitan berarti, Silvalangsung menendang bola masukke gawang. Skor kini menjadi 0-2.

    Gol tersebut menjadi penutupbabak pertama.

    Usai turun minum, Serhiy Re-brov meminta anak-anak asuhnya

    untuk bermain lebih agresif. Citypun akhirnya dibuat kerepotanoleh sang tuan rumah meski se-sekali bisa melancarkan seranganke pertahanan Kiev.

    Usaha Kiev akhirnya membuah-kan hasil positif pada menit ke-58.Buyalskyy menendang bola darijarak sekitar 17 meter. Bola sempatmembentur badan Otamendi danberbelok arah sebelum akhirnyamelesat masuk gawang tanpa bisadicegah Hart. Skor kini menjadi 1-2.

    Gol tersebut membuat skuatKiev makin bersemangat menye-rang demi menyamakan kedudu-kan. City pun akhirnya mencobauntuk menyiasatinya dengan me-makai strategi counter attack.

    Kiev pun akhirnya kian ungguldalam hal penguasaan bola di ba-

    bak ini. Akan tetapi City bermainlebih tenang dalam bertahan danjustru cukup sering menghadirkanmara bahaya di dalam kotak ter-larang Kiev. beberapa peluang puntercipta bagi The Citizen.

    Namun dari semua peluang itu,hanya satu yang berbuah gol, yaknipada menit ke-90. Setelah mela-kukan umpan one-two dengan Fer-nando, dari depan kotak penaltiYaya Toure melepas sepakan me-lengkung dengan kaki kirinya. Gol.Skor menjadi 1-3.

    Gol itu menjadi penutup per-tandingan tersebut. City meng-akhiri laga dengan skor mantap 1-3. Hal ini akan membuat merekabisa melakoni laga leg kedua de-ngan cukup nyaman nantinya diEtihad. (bln)

    JAKARTA (HK) Jaksa AgungMuhammad Prasetyo mengung-kapkan, keputusan melakukandeponering atau mengesamping-kan berkas perkara dua mantankomisioner KPk, Abraham Samaddan Bambang Widjojanto sudahfinal.