Haluan kepri 24jun16

Click here to load reader

  • date post

    03-Aug-2016
  • Category

    Documents

  • view

    264
  • download

    3

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 24jun16

Transcript of Haluan kepri 24jun16

  • Gatot

    Sahabat"JIKA sahabat pernah membuatmu

    terluka, berpikirlah bahwa dia hanyamanusia biasa yang tak sempurna, jikasahabat pernah membuatmu marah,berpikirlah bahwa bukan hanya diayang pernah berbuat salah..." (bc)

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFOBERLANGGANAN:082385861119

    Editor: R Ghapur, Layouter: Agung Raharjo, Grafis: Charis Junianto

    Raisa Andriana

    Ingin Karyanya .. Hal. 7

    Jumat, 24 Juni 2016

    19 Ramadhan 1437 H

    TERBIT 24 HALAMAN,

    NO 24/6 TAHUN KE 15

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Ingin KaryanyaDinikmatiInternasional

    Gol Dramatis .. Hal. 7

    Nelayan RI .. Hal. 7

    JAKARTA (HK) Vokalis dan penciptalagu Raisa Andriana (26) mengaku inginkaryanya dinikmati oleh para pendengarmusik internasional.

    "Ya, pasti saya pengin punya interna-tional album, pasti pengin banget punya in-ternational audience. Jadi, pelan-pelan merintis,"ujar Raisa dalam acara temu media, di Kafe Pisa,Menteng, Jakarta Selatan.

    Awal bulan Ramadhan 1437 Hijriah, Raisa sempat

    JAKARTA (HK) Kondisi perairanNatuna yang memanas ditanggapi olehPanglima TNI Jenderal Gatot Nurman-tyo. Panglima menjamin Kepulauan Na-tuna dalam keadaan kondusif. Dia me-mastikan TNI siap siaga mengamankanwilayah yang berada di Laut China Sela-tan itu.

    Pengaman sudah siap, tanggungjawab TNI. Saya jamin (aman), ungkapGatot usai menghadiri acara buka bersa-ma di kediaman Ketua Dewan Perwak-ilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Jakarta, Rabu (22/6).

    Dia menambahkan, pemerintah Indonesia tidak perlu berk-oordinasi dengan China untuk mengamankan Kepulauan Na-tuna. Sebab, wilayah tersebut bukan di bawah kuasa China.

    Enggak perlu koordinasi, itu wilayah kita sendiri kok.Koordinasi apaan, emang gua pikirin. Pokoknya Natuna aman.Saya jamin, tandasnya.

    Sebelumnya, insiden melibatkan kapal sipil Tiongkok

    ImamLiputan Natuna

    Nelayan RI Perlu Ramaikan NatunaNATUNA (HK) Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengunjungi Natuna, Kamis (23/6).Ia menginginkan nelayan Indonesiameramaikan perairan Natuna.

    RANAI (HK) Kunjungan Presiden Jokowi tidak disia-sia-kan Bupati Natuna Hamid Rizal untuk menyampaikan ber-bagai keluhan dan kendala yang dihadapi dalam menjalan-kan pemerintahan di sana. Bupati menyampaikan keluhanitu ke Gubernur Kepri bahwa Natuna banyak mengalamikendala terutama dalam komunikasi.

    Natuna katanya masih krisis telekomunikasi. Nelponsaja susah Pak Gubenur, signalnya putus-putus kalaunelpon. Kalau untuk internet sama halnya juga sangatbermasalah. Tentu ini sangat menjadi kendala kami.Semoga aja persoalan ini dapat diprioritaskan agarpemerintah provinsi bisa mendorong untuk dapat men-

    Gol Dramatis Irlandia MelajuItalia vs Republik Irlandia : 0-1

    PRANCIS (HK) Republik Irlandia memaksaItalia untuk menelan kekalahan 1-0, Kamis(23/6) dini hari WIB, di laga penutup Grup EEuro 2016. Hasil ini sekaligus memastikansatu tiket bagi Rep Irlandia untuk berlaga dibabak 16 besar.

    Antonio Conte melaku-kan delapan pergantian,tapi secara mengejutkan me-mainkan Leonardo Bonucciyang sudah mengantongisatu kartu kuning. FedericoBernardeschi, Ciro Immo-bile, Mattia De Sciglio, danSimone Zaza turut meramai-kan pergantian tersebut. Di

    Kunjungan ini sebagaipenegasan posisi kedaulatanNegara Kesatuan RepublikIndonesia (NKRI) yang kerapmenjadi daerah pencurianikan oleh nelayan asing.

    Dalam kunjungan itu,Presiden menggelar rapat ter-batas di atas kapal KRIImam Bonjol yang lego jang-kar di perairan

    Penagi. Rapat tertutup itudiikuti Menteri KoordinatorPolitik, Hukum dan Keaman-an (Menko Polhukam) LuhutBinsar Pandjaitan, MenteriLuar Negeri Retno Marsudi,Menteri ESDM Sudirman

    Said, Menteri Kelautan danPerikanan Susi Pudjiastuti,Menteri Perencanaan Pem-bangunan Nasional SofyanDjalil, Sekretaris KabinetPramono Anung dan Pangli-ma TNI Jenderal TNI GatotNurmantyo. Tidak keting-galan Gubernur Kepri NurdinBasirun serta Bupati NatunaHamid Rizal juga turut da-lam rapat terbatas tersebut.

    Sudah ada pikiran pres-iden untuk mengalihkanhampir 6.000 kapal nelayandekat Jawa yang sudahcrowded bisa juga main disini, dari pada orang lain yangmain di sini, ucap Menko

    Panglima: NatunaAman, Saya Jamin!

    Panglima: Natuna .. Hal. 7

    Hamid SampaikanKendala Komunikasi

    41 Perda KepriDihapuskan

    TANJUNGPINANG (HK)

    Keputusan pemerintah pu-sat yang menghapuskansebanyak 3.143 peraturandaerah (perda), juga ber-dampak di Provinsi Kepri.

    Sebanyak 41 Perda dilingkungan Provinsi Kepriakan masuk kepada daftarperda-perda yang akansegera dihapuskan tersebut.

    Hal ini disampaikan Ke-pala Biro Hukum Pemerin-

    tah Provinsi Kepri EkoMaryati di Tanjungpinang,Kamis (23/6).

    Dikatakan Eko, pengha-pusan perda tersebut meru-pakan salah satu upaya pe-merintah pusat untuk lebihmenggerakkan investasi diIndonesia. Sehingga Perda-perda yang dihapuskanpunmerupakan perda-perda

    41 Perda .. Hal. 7

    Kedatangan JokowiDisambut Hujan Lebat

    NATUNA (HK) Kedatangan PresidenJoko Widodo ke Natuna disambut hujanlebat. Jokowi tiba di Natuna sekitarpukul 10.00 WIB menggunakan pesawatKepresidenan bersama sejumlah ment-eri Kabinet Ker-ja, Kamis.

    Kedatangan

    Jokowi ke Natuna adalah untuk melihatlangsung keamanan laut yang manasekarang ini kondisi dan situasi laut yangberbatas langsung dengan Laut CinaSelatan yang semakin panas setelahkapal nelayan Tiongkok di tem-bak TNI AL karena mencuri ikandi laut Natuna tanpa izin.

    Pantauan di lapangan, sete-lah beberpa lama Jokowi meng-injakkan kaki di Natuna hujan

    Kedatangan Jokowi .. Hal. 7

    HambatInvestasi

    Hamid Sampaikan.. Hal. 7

    IMAM/HALUAN KEPRI

    JOKOWI DI NATUNA 1. GUBERNUR Kepri, Nurdin Basirun ikut mendampingi Presiden Jokowi di KRI Imam Bonjol di perairan Natuna, Kamis (23/6). 2. PRESIDEN Jokowi setibanya di KRI Imam Bonjol.3. PRESIDEN Jokowi berbincang-bincang dengan Menko Polhukam, Luhut Panjaitan di KRI Imam Bonjol. 4. PRESIDEN Jokowi memandang perairan Natuna dari KRI Imam Bonjol.

    1

    2 3 4

    NET

    BUPATI Natuna, Hamid Rizal mendengarkan pengarahan dari Gubernur Kepri, NurdinBasirun beberapa hari lalu.

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Hestu P

    ekonomi2 Jumat, 24 Juni 2016

    Perketat Pengawasan Investasi BodongKemenkop Awasi Oknum-oknum Koperasi

    JAKARTA (HK) Kementerian Koperasi danUKM memperketat pengawasan terhadappraktik penghimpunan dana masyarakat danpengelolaan investasi bodong yang didugadilakukan oknum-oknum koperasi.

    Deputi Bidang Pembia-yaan Kementerian Koperasidan UKM Braman Setyo diJakarta, Kamis (23/6), men-gatakan pengawasan ketatterhadap koperasi yang di-duga melakukan praktik me-nyimpang dilakukan se-bagai bentuk pencegahan danpenanganan dugaan tindakanmelawan hukum.

    "Penghimpunan dana ma-syarakat yang tidak sesuaidengan prinsip koperasi ber-potensi meresahkan dan me-rugikan masyarakat sehing-ga harus ada perketatan pen-gawasan sebagai bentuk anti-sipasi," katanya.

    Braman mengatakan pi-haknya bahkan telah turutserta menandatangani notakesepahaman bersama ant-ara Menteri dan PimpinanLembaga tentang KoordinasiPencegahan dan PenangananDugaan Tindakan MelawanHukum di Bidang Perhim-punan Dana Masyarakat danPengelolaan Investasi (Sat-gas Waspada Investasi) yang

    di selenggarakan OJK pada21 Juni 2016.

    Braman mewakili Ment-eri Koperasi dan UKM turutserta menandatangani notakesepahaman tersebut.

    Ia mengatakan, Kemente-rian Koperasi dan UKM se-cara internal telah memben-tuk satuan tugas pengawa-san Koperasi Simpan Pinjamyang tersebar di 34 provinsidi seluruh Indonesia.

    "Selanjutnya pada 2016melalui Keputusan Presidenmengadakan reorganisasi Ke-menterian Koperasi dan UKMdengan terbentuknya DeputiPengawasan," katanya.

    Braman menambahkan,pihaknya juga telah melaku-kan upaya pencegahan yaknidengan mengadakan edukasidan literasi modal penyer-taan pada koperasi sesuaidengan pasal 42 UU Nomor25 Tahun 1992 dan PP Nomor33 Tahun 1998 tentang Mod-al Penyertaan pada koperasi.

    "Sayangnya hal ini yangsering ditafsirkan dan diter-

    apkan berbeda dalam peng-himpunan dana masyarakatdan pengelolaan investasipelaksanaan kegiatan eduka-si dan literasi di 15 provinsi,"katanya.

    Oleh karena itu, Kement-erian Koperasi dan UKM jugasecara gencar melaksanakansosialisasi dan advokasi pen-gawasan modal penyertaanpada koperasi sehingga in-strumen modal penyertaantidak disalahgunakan danditerapkan secara tidak se-suai dengan ketentuan yangberlaku pelaksanaan kegia-tan sosialisasi dan advokasidi 10 provinsi.

    "Kami telah melakukanpenanganan kasus-kasus se-cara mandiri internal Kemen-terian Koperasi dan UKMmaupun secara bersama-sa-ma dengan satgas waspadainvestasi," katanya.

    Ia mencontohkan, kasus-kasus yang diselesaikan ant-ara lain pada Koperasi Ban-tu Pengusaha Rakyat (BPR)Medan, Sumatera Utara, Ko-perasi Ar-Ridho Bima Nu-santara Karawang, Jawa Ba-rat, Koperasi Sejahtera Ber-sama Bogor, Jawa Barat, K-SP Artama Dana BersamaDepok, Jawa Barat, dan Kop-erasi Nasari Semarang, Ja-wa Tengah.

    Sedangkan kasus-kasus

    sedang dalam proses penye-lesaian di pengadilan yakniKoperasi Karang Asem Bali,Koperasi Sumber Insan Man-diri Sidoarjo, Jawa Timur,Koperasi Pondok Pesantren

    Panca Hidayah Tulungagung,Jawa Timur, Koperasi LangitBiru Tangerang, Banten, Kop-erasi Cipaganti, Bandung,Jawa Barat.

    "Diharapkan dengan di-

    tandatangani nota kesepaka-tan ini kasus-kasus yang a-kan terjadi dapat diminimal-isasi melalui upaya-upayapencegahan secara terpadu,terkoordinasi dalam satuan

    tugas, dan nantinya akandisinergikan sistem penga-wasannya dengan Deputi Pe-ngawasan Kementerian Kop-erasi dan UKM Meliadi Sem-biring," katanya. (okz)

    Angkasa Pura l B