Haluan kepri 15apr15

Click here to load reader

  • date post

    21-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    257
  • download

    9

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 15apr15

Transcript of Haluan kepri 15apr15

  • CMYK

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    Ayushita

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Produk Lokal

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Rabu, 15 April 201525 Jumadil Akhir 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 15/4 TAHUN KE 14

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Produk Lokal Hal 7

    Mengajarkan IlmuSESUNGGUHNYA pahala orangyang mengajarkan ilmu adalah sepertipahala orang yang belajar darinya,dan ia masih memiliki kelebihandarinya. Oleh karena itu, pelajarilahilmu dari ahlinya dan ajarkanlahkepada saudara-saudaramu seba-gaimana ulama telah mengajar-kannya kepadamu. (brb)

    JAKARTA (HK) Di tengah serbuanproduk kosmetik dari berbagai negara,aktris Ayushita Nugraha lebih memilihkosmetik buatan Tanah Air. Ia mantapmengatakan produk lokal mampu bersaingdengan luar negeri.

    "Karena yang mengerti jenis kulit Asiakan kita sendiri," ujar Ayushita usai pelun-curan produk salah satu produk kecantikandi Jakarta, Selasa (14/4).

    Bila mengandalkan produk luar negeriuntuk merawat kulit, Ayushita khawatirhasilnya tidak maksimal karena tidak dibuatkhusus untuk kulit Asia.

    Dalam menjaga kecantikan wajah, aktris"Tidak Bicara Cinta" itu tidak pernahmeninggalkan pelembab dan tabir surya

    Batam Terancam Krisis Listrik

    BATAM (HK) Kota Batam terancam krisislistrik. PT Pelayanan Listrik Nasional (brightPLN Batam) memprediksi kondisi terburukitu akan terjadi sekitar dua bulan ke depan,jika tarif listrik tidak dinaikkan.

    Soerya yang merupakan pem-bina olahraga tarung drajat diKepri ingin menguji bagaimanakemampuan anggota Satpol PP,yang juga adalah anggota tarungdrajat itu. Selain Soerya, BupatiKarimun Nurdin Basirun dan Ke-tua DPRD Jumaga Nadeak jugaikut diminta memukul anggotaSatpol PP dari KKA itu.

    "Pukul saja yang keras, pak, ja-ngan tanggung-tanggung. Mereka su-dah terlatih," kata Soerya memintakepada Jumaga Nadeak dan NurdinBasirun untuk mengeluarkan

    Soerya 'Pukul' Anggota Satpol PP AnambasAtraksi Peringati HUT Satpol PP Ke-65

    KARIMUN (HK) Wakil Gubernur KepriSoerya Respationo menendang dan

    memukul anggota Satpol PP Kabu-paten Kepulauan Anambas (KKA), diCoastal Area Tanjungbalai Karimun,Selasa (14/4). Anggota Satpol PP itu

    sampai terpental jatuh. Tendangan ituhanyalah bentuk ujian yang dilakukan

    Soerya, kepada anggota Satpol PPsaat berlangsungnya Hari Ulang Tahun

    (HUT) Satpol PP ke-65.

    Liputan: Ilham

    Soerya 'Pukul' Hal 7

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    WAGUB Kepri Soerya Respationo menguji fisik anggota Satpol PP Anambasdengan cara memukul perut yang bersangkutan, saat atraksi rangkaian HUT SatpolPP ke-65 di Karimun, Selasa (14/4).

    PLN Lobi Pemerintah Restui Kenaikan Tarif

    PLN beralasan, merosot-nya nilai tukar rupiah terha-dap dollar Amerika adalahsalah satu pemicunya. Akibat-nya, biaya operasional sepertipembelian bahan bakar batu-bara dan gas untuk pembang-kit listrik menjadi bengkak.Selama kurun tiga bulan te-

    rakhir, PLN sudah menang-gung kenaikan biaya opera-sional sebesar Rp18 miliar.

    "Setiap bulan, PLN me-ngeluarkan sekitar US$ 6juta untuk membeli batu ba-ra dan gas. Kalau kurs dolarnaik Rp1.000 saja, sama de-ngan kenaikan Rp6 miliarsetiap bulannya. Kalau dollarsampai selisih Rp3 ribu se-perti sekarang ini, maka ada

    sekitar Rp18 miliar saya ha-rus tanggung. Ini sudah ber-jalan 4 bulan," kata DirekturUtama PLN Batam DadanKurniadipura saat jumpapers di Kantor PLN Batam,Batam Centre, Selasa (14/4).

    Dengan kondisi kesulitankeuangan yang kini tengahmelilit perusahaan, Dadanmenyebut solusinya adalahdilaksanakan PenyesuaianTarif Listrik Berkala (PTLB),atau menaikkan tarif listrik.Masalahnya, kata dia, PTLBtidak bisa dilakukan karenaterhalang UU No 23 tahun2014 tentang PemerintahDaerah di mana kewenangan

    SarmaLiputan Batam

    Batam Terancam Hal 7

    Seleksi Calon Kapolri DipercepatJAKARTA (HK) Uji ke-patutan dan kelayakan Ko-misaris Jenderal BadrodinHaiti sebagai calon KepalaPolri di DPR akan diper-cepat. Langkah itu dilaku-

    kan agar tak bertabra-kan dengan acara Kon-ferensi Asia-Afrikayang akan diseleng-garakan mulai 19-24April mendatang.

    "Kita ingin ini ce-pat selesai, minimalKamis (16/4) sore,sudah dibawa keparipurna dan di-

    putuskan," kata Wakil Ke-tua DPR Fadli Zon di Kom-pleks Parlemen, Senayan,Jakarta, Selasa (14/4).

    Rencananya, kata Fadli,Rabu (15/4) hari ini, KomisiIII akan berkunjung ke ke-diaman Badrodin sebagaitahap awal dari uji kepa-tutan dan kelayakan. Lalupada Kamis, akan dilang-sungkan uji kepatutan dankelayakan di DPR.

    Komisi III DPR akanlangsung melakukan rapatpleno untuk menentukan

    Seleksi Calon Hal 7

    Polisi GeledahRumah Denny

    JAKARTA (HK) Pe-nyidik Direktorat TindakPidana Korupsi BadanReserse Kriminal Polrimelakukan penggele-dahan di dua lokasi,Selasa (14/4), terkaitkasus payment gate-way atau pembayaranpembuatan pasporsecara elektronik. Sa-

    lah satu tempat yaknirumah mantan WakilMenteri Hukum dan HAMDenny Indrayana.

    "Iya, benar, ada (pen-

    ggeledahan) di rumah dia (Den-ny)," ujar Kepala Tim 5 Subdi-rektorat II Tipikor BareskrimPolri AKBP Syamsu Bahri.

    Selain rumah Denny In-drayana, polisi juga meng-geledah salah satu ruangandi Plaza Asia, Jalan JenderalSudirman, Jakarta Pusat.Penggeledahan dimulai seki-tar pukul 09.00 WIB. Menu-rut Syamsu, penggeledahanitu masih terkait dengan per-kara dugaan korupsi dalamsistem payment gateway.

    Polisi Geledah Hal 7

    DERMAWAN/HALUAN KEPRI

    DIREKTUR Utama PLN Batam Dadan Kurniadipura (baju batik) menjelaskan kondisi kelistrikan kepada wartawan,Selasa (14/4).

    Perang Bintang Hal 7

    PERANG BINTANGPARIS (HK) Laga panasbakal tersaji di Parc des Prin-ces kala tuan rumah PSGmenerima kunjungan Bar-celona dalam perempat finalLiga Champions 2014/15,Kamis (16/4) dini hari WIB.

    Paris Saint Germain la-yak mengutuki ketidakbe-runtungan mereka yang di-tinggal beberapa pilar jus-

    tru saat harusmenjamu Barce-lona. Meski da-

    lam kon-

    disi pincang, Les Parisienstak hilang keyakinan untukbisa menang.

    Yang sudah dipastikanabsen pada leg pertamababak delapan besar LigaChampions sejak beberapapekan lalu adalah ZlatanIbrahimovic. Ibra harusmenjalani hukuman akibatkartu merah yang dia dapatsaat PSG mendepak Chel-sea di perdelapan final lalu.

    Juga tidak bisa bermain

    Badrodin Haiti

  • Sambungan 7Rabu, 15 April 2015

    Batam Terancam Dari Halaman 1

    Soerya 'Pukul' Dari Halaman 1

    Seleksi Calon Dari Halaman 1

    Polisi Geledah Dari Halaman 1

    demi menghindari risiko muncul-nya flek hitam di kemudian hari.

    "Tidak hanya untuk perem-puan, laki-laki juga butuh pakaisunblock karena matahari Jakartatidak bersahabat," ujar penyanyiyang menelurkan album "MorningSugar" itu.

    Gadis 25 tahun itu tidak asinglagi dengan make up karena diri-nya telah berkecimpung di duniahiburan sejak belia. Dalam merias

    diri untuk bekerja, misalnya tam-pil di televisi, anggota grup musikBukan Bintang Biasa itu kerapberdandan sendiri tanpa diriasmake up artist.

    "Kecuali heavy make up mi-salnya untuk nyanyi di panggungyang penonton di ujung harusbisa melihat kalau aku dandan,"tutur dia.

    Ayushita juga menjaga kecan-tikan wajah dan tubuh dengan ba-

    nyak minum air mineral, berolahraga serta menjaga pola makan.Aktris yang gemar melakukan yogadan pilates itu sudah lama tidakmengonsumsi nasi untuk menjagabentuk badan ideal. Sebagai gantikarbohidrat, dia mengonsumsipasta atau kentang.

    "Kadang-kadang aku kasihreward untuk diri sendiri, misalnyamakan mie atau makan yang 'jo-rok-jorok'," seloroh dia. (ant)

    Produk Lokal Dari Halaman 1

    seluruh tenaganya memukul ang-gota Satpol PP dimaksud. Namun,baik Nurdin maupun Nadeak hanyamemberikan pukulan ringan saja.

    Rangkaian HUT Satpol PP ke-65 dan Satuan Perlindungan Ma-syarakat (Satlinmas) ke-53 itu,juga dimeriahkan atraksi kayubalok yang ditampilkan oleh ang-gota Satpol PP Kota Batam. Mere-ka menampilkan formasi meman-jat, melompat dan berlarian di ataskayu balok yang dipegang pasukanpraja wibawa itu. Di ujung formasi,kayu balok itu membentuk tulisanSatpol PP.

    Tidak ketinggalan, anggotaSatpol PP dari Karimun selakutuan rumah menampilkan senamborgol dan tongkat T Polri. Penam-pilan anggota Satpol PP itu takkalah menariknya dari anggotaSatpol PP lainnya di Kepri. Atraksiyang ditampilkan anggota SatpolPP Karimun mendapat pujian daripengunjung.

    Soerya dalam sambutannyamengucapkan terima kasih ataspengabdian yang dilakukan SatpolPP dan Satlinmas selama ini. Dia

    juga mengucapkan selamat HUTSatpol PP ke-65 dan Satlinmas ke-53, semoga dengan usianya yangsemakin matang bisa bekerja lebihprofesional dalam mengembantugas-tugasnya.

    "Satpol PP dan Satlinmas me-rupakan institusi yang sangatpenting dan strategis bagi jalan-nya roda pemerintahan di daerah.Sejalan dengan hal itu, peran Sat-pol PP dan Satlinmas harus men-jadi perhatian pemerintah daerah,tanpa perhatian pemerintah dae-rah maka hasil yang akan dicapaitidak akan maksimal," terangSoerya.

    Menurutnya, peningkatan pe-ran Satpol PP yang harus melak-sanakan urusan wajib yang berkai-tan dengan pelayanan dasar, makayang harus dilakukan adalah peru-bahan pola fikir, pola sikap danpola tindak dari Satpol PP. Sebab,selama ini yang tergambar dalambenak masyarakat tentang sikapdan tindakan Satpol PP adalahkasar, beringas dan sewenang-wenang.

    "Semangat yang ada pada Sat-

    pol PP bisa menjadi bumerang, ke-tika tidak didukung oleh profesio-nalitas, hal ini disebabkan hanyakarena kerja keras tanpa didukungoleh kerja cermat dan kerja cerdas.Sehubungan dengan hal itu, makaKemendagri mendorong profesio-nalisme Satpol PP melalui jabatanfungsional melalui Permenpan RBno 04 tahun 2014 tentang JabatanFungsional Satpol PP dan AngkaKreditnya," pungkas Soerya.

    Wagub juga mengingatkanagar profesionalisme Satpol PPterus ditingkatkan. Menurut priayang akrab disapa Romo itu, kewi-bawaan Satpol PP bukan diukurdari pakaian dan atributnya. Me-lainkan dari konsistensinya me-negakkan aturan.

    "Senjata bukan wibawa kalian,tetapi wibawa yang harus menjadisenjata kalian. Kerahkan seluruhkemampuan membantu kepaladaerah dan memberikan pelayanankepada masyarakat, tingkatkanprofesionalisme dan jaga selaluhumanisme dalam setiap pelaksa-naan tugas," ujar Soerya dari mim-bar inspektur upara. (ham)

    Direktur Tindak Pidana Ko-rupsi Badan Reserse KriminalPolri Brigjen (Pol) Ahmad Wiyagusmeralat pernyataan di atas danmembantah bahwa penggeleda-han bukan di rumah Denny. Peng-geledahan dilakukan di dua kantorvendor payment gateway. Dua kan-tor vendor yang dimaksud adalahPT Nusa Satu Inti Arta (Dokku) diPlaza Asia Office, Jalan JenderalSudirman, Jakarta Pusat, dan PTFinnet Indonesua di Menara Bi-dakara, Jalan Gatot Subroto, Ja-karta Selatan.

    PT Finnet Indonesia diketahuiadalah anak perusahaan PT Tel-kom yang bergerak di bidang sis-tem pembayaran elektronik. Se-mentara PT Nusa Satu Inti Artha

    merupakan perusahaan teknologiinformasi dengan brand Doku.

    Sebelumnya Bareskrim sudahmenggeledah ruangan di kantorKemenkumham. Ruangan itu me-rupakan ruangan bekas Denny sa-at masih menjabat sebagai wa-menkumham.

    Dari hasil penggeledahan di Ke-menkumham, diperoleh sebanyak299 item yang terdiri atas surat-surat, dokumen, proposal dan notulenrapat terkait Payment gateway.

    Dalam kasus itu, penyidik te-lah menetapkan Denny sebagaitersangka. Penyidik mengenakanPasal 2 ayat (1), Pasal 3 dan Pasal23 Undang-Undang Nomor 31 Ta-hun 1999 tentang Tindak PidanaKorupsi juncto Pasal 421 KUHP

    juncto Pasal 55 ayat (1) ke satuKUHP tentang penyalahgunaanwewenang secara bersama-sama.

    Berdasarkan pemeriksaan se-jumlah saksi, Denny disangka me-nunjuk langsung dua vendor yangmengoperasikan sistem paymentgateway. Vendor itu pun membukarekening untuk menampung uangpungutan pemohon paspor.

    Uang itu mengendap di reke-ning vendor selama beberapa hari,kemudian baru ditransfer ke kasnegara.

    Belakangan, penyidik juga me-nemukan bukti bahwa Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK) pernahmengeluarkan rekomendasi bahwasistem payment gateway itu memi-liki risiko hukum. (kcm/ant)

    lolos tidaknya Badrodin. Hasilrapat pleno itu langsung dibawa keparipurna.

    "Paripurnanya jadi yang kitapercepat. Semakin cepat kita pu-nya Kapolri baru, semakin baik,"ucap Fadli.

    Awalnya, rapat pleno baruakan dilangsungkan pada Jumat.Adapun rapat paripurna baru akandilangsungkan pada Senin pekandepannnya.

    Hal serupa disampaikan WakilKetua DPR lainnya, Fahri Hamzah.Dia mengaku percepatan prosesseleksi Calon Kapolri ini adalahpermintaan langsung dari Komisi III.

    "Kami dapat pesan singkat(SMS) karena ini ada KAA, KomisiIII minta paripurna lebih cepat,"katanya.

    Sementara itu, sampai tadimalam, Komisi III DPR RI me-ngadakan Rapat Kerja denganKomisi Kepolisian Nasional dalamrangka membahas calon Kapolri.

    "Saya selaku Ketua Kompolnashadir memenuhi panggilan KomisiIII DPR RI karena rencananya mere-ka pada Kamis (16/4) mengadakan

    uji kelayakan dan kepatutan PakBadrodin Haiti," kata Ketua Kom-polnas Tedjo Edhie Purdjiatno.

    Tedjo mengaku kehadiran ha-nya memenuhi undangan KomisiIII, sehingga tidak tahu menahumengenai kepastian rencana jad-wal uji kelayakan dan kepatutancalon Kapolri.

    Dia mengatakan jadwal uji ke-layakan dan kepatutan itu me-rupakan domain Komisi III DPR RIsehingga Kompolnas tidak akanikut campur.

    "Ya itu urusan Komisi III DPRRI (jadwal uji kelayakan dan kepa-tutan) dan saya hanya datangmemenuhi undangan," ujarnya.

    Wakil Ketua Kompolnas TjahjoKumolo mengatakan kehadiranKompolnas di Komisi III DPR RImerupakan rangkaian dari prosesuji kelayakan dan kepatutan calonKapolri.

    Anggota Kompolnas AdrianusMeliala mengatakan rapat denganKomisi III DPR RI membahas duahal yaitu pencalonan Komjen PolBadrodin Haiti sebagai calon Ka-polri dan pendapat Kompolnas

    mengenai Perppu nomor 1 tahun2015 mengenai Plt Pimpinan KPK.

    Dia mengatakan sudah men-jadi tradisi sebelum dilakukan ujikelayakan dan kepatutan calonKapolri, Komisi III mengadakanrapat dengan Kompolnas.

    "Pertemuan ini hal biasa kare-na setahun lalu sebelum uji kela-yakan dan kepatutan Pak Sutar-man, Kompolnas diundang untukdimintai pendapatnya," katanya.

    Dia berjanji akan mengungkap-kan segala hal dan informasi yangdimiliki lembaga tersebut apabiladibutuhkan Komisi III DPR RI.

    Badrodin Haitu diajukan sete-lah Presiden Joko Widodo mem-batalkan pelantikan Komjen BudiGunawan yang sudah mendapatpersetujuan DPR untuk menjadiKapolri. Budi Gunawan sempatditetapkan tersangka oleh KPK,tetapi belakangan Hakim SarpinRizaldi memutuskan penetapantersangka itu tidak sah.

    Jokowi juga sudah menjelas-kan kepada DPR mengapa di-rinya mengajukan calon baruKapolri. (ant/kcm/dtc)

    pemerintah daerah (Pemko Batam)untuk mengelola ketenagalistri-kan dialihkan ke Pemerintah Pro-vinsi (Pemprov) Kepri.

    "Jika itu (PTLB) tidak dipu-tuskan, Batam akan kritis, ucapDadan.

    Dadan berharap, PTLB harussegera dilakukan guna kelanjutanpelayanan ketenagalistrikan kepa-da masyarkat. Karena, jika tidaksegera ada payung hukum yangjelas hingga 2 bulan ke depan, PLNdipastikan tidak akan sanggupmemenuhi kebutuhan bahan ba-karnya sendiri.

    "Kami berharap transisi initidak berlangsung lama, palingtidak Pemprov Kepri bisa mener-bitkan peraturan gubernur (per-gub) tentang ketenagalistrikan.Kami membutuhkan PTLB sese-gera mungkin," tukasnya.

    Dalam jumpa pers tersebut,hadir juga pejabat dari PemprovKepri, yakni M Darwin yang menja-bat sebagai Sekretaris DistambenProvinsi Kepri. Selain itu, tampakhadir Guru Besar Hukum TataNegara Universitas Andalas, SaldiIsra. Saldi diundang khusus oleh

    PLN, untuk mempelajari UU No-mor 23 Tahun 2014.

    Terkait kondisi yang kini se-dang dihadapi PLN Batam, Se-kretaris Distamben ProvinsiKepri, M Darwin mengatakan,Pemprov Kepri tengah mengu-payakan sejumlah cara agar ma-sa transisi peralihan kewena-ngan UU Nomor 23 Tahun 2014tersebut tidak mengganggu pe-layanan ketenagalistrikan diBatam.

    "Dalam rangka menghindaristagnansi pelayanan publik, Pem-prov menginiasi proses transisi ini.Sudah ada rapat dengan seluruhstakeholder agar transisi bisadilakukan dengan baik dan tidakmenganggu pelayanan kelistrikanhari per hari," ujarnya.

    Sementara itu, Saldi Isra me-ngaku telah mengusulkan terben-tuknya produk hukum berupa Pera-turan Gubernur Untuk mewadahiproses-proses yang berimplikasi ke-pada proses pelayanan kelistrikan.

    "Karena ini adalah kewena-ngan yang diberikan oleh Undang-undang, Gubernur bisa melahirkanPergub. Nanti kalau ingin ada pe-

    raturan yang lebih komprehensif,baru buat Ranperda. Tapi utukkebutuhan mendesak, maka bsiadibuatkan Pergub," paparanya.

    Selanjutnya, gubernur jugadisarankan untuk menggelar per-temuan dengan seluruh stakeholer,untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang akan timbul sebe-lum dan setelah masa transisitersebut. Dalam pertemuan nan-tinya bersama stakeholder, diha-rapkan juga mengundang bebe-rapa unsur kementerian sepertiKemendagri, Kemenkumham danKementerian ESDM.

    "Pertemuan harus segera dila-kukan, agar bisa dijelaskan lang-kah apa yang harus diambil. Kalaumasalahnya sudah diidentifikasi,maka bisa mengambil langkahuntuk mengatasi persoalan yangakan timbul. Undang juga Kemen-dagri, Kemenkumham dan Ke-menterian ESDM, agar ada kesa-maan pemahaman dalam mem-buat dasar hukum tersebut. Tentulangkah harus diambil memilikidasar hukum yang kuat gar tidakmenimbulkan masalah belaka-ngan," kata Saldi. ***

    Gelar Perkara Komjen BG BatalJAKARTA (HK) Acara gelarperkara kasus yang dituduhkanterhadap Komjen Budi Gunawan(BG), Selasa (14/4), batal dilak-sanakan. Gelar perkara itu awal-nya bakal digelar di Gedung Ba-reskrim Polri.

    "Mohon maaf, gelar perkarayang semula akan dilaksanakansiang ini (kemarin, red) ditunda.Akan diberi info lebih lanjut," ujarKepala Biro Penerangan Masya-rakat Divisi Humas Polri Brigjen(Pol) Agus Rianto.

    Agus mengatakan, alasan pe-nundaan karena agenda penyidikyang padat, mulai dari pelaksa-naan Rapat Kerja Teknis hinggagelar kasus narkotika yang akandipimpin oleh Kepala BareskrimKomjen Budi Waseso.

    "Banyak giat yang harus dilak-sanakan mereka yang terlibat (ge-lar perkara BG). Ada Rakernis,ada rilis narkoba, macam-macam-lah, jadi gelar perkaranya ditundadulu," ujar Agus.

    Rencananya, gelar perkara Bu-di tersebut akan melibatkan se-jumlah unsur, mulai dari KomisiPemberantasan Korupsi (KPK),Kejaksaan Agung, Pusat Pela-poran dan Analisis Transaksi Ke-uangan (PPATK), sejumlah ahlihukum, dan unsur media massa.

    Adapun ahli hukum yang diun-dang yakni Romly Atmasasmita,Nasrulah, Yenti Ginarsih, danlain-lain.

    Terpisah, Wakil Ketua KomisiIII DPR RI Benny K Harman me-nyatakan, Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) harus dilibatkandalam gelar perkara kasus yangdituduhkan kepada Komjen BG.

    Kehadiran KPK akan mem-bantu terungkapnya proses danmekanisme penetapan Budi Guna-wan sebagai tersangka.

    "KPK harus dilibatkan dalamgelar perkara kasus Budi Gunawan,"kata Benny, di Gedung Parlemen.

    Benny menuturkan, KPK harusmempertanggungjawabkan pene-tapan status tersangka terhadapBudi Gunawan. Apabila KPK gagalmembuktikan bahwa penetapantersangka terhadap Budi itu se-suai prosedur dan mekanisme yangada, pimpinan lembaga anti-ko-rupsi itu terancam terkena sanksiyuridis.

    Politisi Partai Demokrat itumelanjutkan, status tersangkayang diberikan KPK terhadap BudiGunawan telah menimbulkan ke-gaduhan politik. Ia berharap, ka-

    sus ini menjadi pembelajaran ber-sama, khususnya untuk KPK agarlebih berhati-hati dalam menyeli-diki sebuah kasus dan menetapkanseseorang menjadi tersangka.

    "Penetapan tersangka Budi olehKPK itu harus diaudit secara tran-sparan, akuntabel, dengan men-jauhi motif politik," ungkapnya.

    Anggota Komisi III DPR lain-nya, Muhammad Misbakhun me-ngatakan Polri idealnya mengun-dang KPK dalam gelar perkara BG.

    "Kalau tidak diundang, KPKtidak bisa mengecek apakah gelarperkara itu berjalan dengan seha-rusnya," kata dia.

    Namun, lanjut Misbakhun,Polri berwenang sepenuhnya untukmengundang atau tidak KPK da-lam gelar perkara. Menurut dia,tidak ada peraturan yang meng-haruskan Polri mengundang KPKdalam gelar perkara tersebut.

    Hal serupa disampaikan Anggo-ta Komisi III DPR lainnya AkbarFaizal. Menurut dia, kehadiran KPKpenting agar kasus Budi Gunawanini menjadi jelas masalahnya.

    "Kan ada yang mengatakanKPK berlebihan, ada yang menga-takan ada dasarnya. Jadi baiknyaKPK hadir," ucap Akbar.

    Sementara itu, Wakil KepalaPusat Pelaporan dan Analisis Tran-saksi Keuangan Agus Santoso me-nyampaikan bahwa pihaknya be-lum menerima undangan dari Ke-polisian untuk mengikuti gelarperkara kasus Budi Gunawan.

    "Setahu saya sampai pagi ini(kemarin, red) belum ada (unda-ngan). Saya cuma baca di koran,katanya demikian (PPATK diun-dang)," kata Agus.

    Selebihnya, Agus menyampai-kan bahwa PPATK siap jika di-minta Kepolisian untuk menjelas-kan laporan hasil analisis (LHA)PPATK terkait rekening Budi Gu-nawan. Namun, Agus menekankanbahwa LHA tersebut merupakandokumen rahasia yang tidak bolehdiungkap kepada publik.

    Dengan demikian, mustahilbagi PPATK untuk mempresen-tasikan LHA terkait Budi Guna-wan dalam sebuah gelar perkarayang dilakukan secara terbuka.

    "Mengingat LHA PPATK meru-pakan dokumen yang berisi dataintelijen keuangan yang menurutUndang-Undang dikategorikansebagai bersifat rahasia, makatidak menungkinkan LHA itu di-presentasikan secara terbuka ataudipublikasikan," tutur Agus.

    Selama ini, kata dia, LHA PP-ATK hanya disampaikan kepadapenyidik. Jika diperlukan pendala-man, penyidik berhak memintakepada PPATK untuk menelusu-rinya lebih jauh. PPATK juga siapmenyediakan ahli jika penegakhukum memerlukan keteranganahli dalam proses penyidikan.

    "Apabila dalam proses penyi-dikan diperlukan keterangan ahli,maka PPATK akan menugaskanseorang Ahli TPPU untuk mem-bantu proses penyidikan," ujarAgus.

    ICW Curiga

    Ketua Divisi Hukum dan Moni-toring Peradilan Indonesia Corrup-tion Watch Emerson Yuntho me-nilai, gelar perkara kasus KomjenBudi Gunawan patut dicurigai. Iamenduga, gelar perkara ini bagiandari upaya menghentikan pengu-sutan kasus Budi Gunawan.

    "Sudah bisa ditebak arahnyaingin kasus dihentikan," ujarEmerson.

    Ia juga mengkritisi beberapadari ahli hukum yang diundangdalam gelar perkara adalah merekayang selama ini tidak pro KPK, diantaranya Chairul Huda, RomlyAtmasasmita, dan Nasrullah.

    "Romli dan Chairul Huda ada-lah saksi ahli untuk BG di sidangpraperadilan," kata Emerson.

    Mengenai tak diundangnya pa-ra pegiat antikorupsi, Emerson takmempermasalahkannya. "Kamijuga enggak mau datang kalaudiundang," kata dia.

    Dalam gelar perkara tersebut,Polri mengundang perwakilan me-dia serta sejumlah ahli di bidanghukum. Polri juga mengaku mengun-dang Komisi Pemberantasan Korup-si, PPATK, dan Kejaksaan Agung.

    Namun, KPK juga mengakubelum menerima undangan gelarperkara. (kcm/dbs)

    Budi Gunawan

    akibat sanksi larangan bertandingadalah Marco Verratti. SementaraDavid Luiz dan Thiago Motta harusmenepi karena cedera yang meredadapat pekan lalu.

    Meski tanpa kehadiran empatpemainnya, PSG tetap dalam keya-kinan tinggi saat menjamu Bar-celona. Membuat skuat besutanLaurent Blanc tetap pede adalahserangkaian hasil bagus yang di-dapat di kompetisi domestik.

    PSG sukses menundukkanMarseille yang jadi pesaing utamamereka di Ligue 1 pada awal Aprillalu dan dilanjutkan dengan keme-

    nangan 4-1 saat berhadapan de-ngan St Etienne di semifinal PialaPrancis. Momentum itulah yangakan coba dijaga saat Barca da-tang berkunjung.

    "Apakah saya merasakan mo-mentum? Saat ini begitulah kon-disinya. Kami banyak berlatihfisik (di jeda musim dingin) danhari ini, di tahapan yang lebihlanjut, kami dalam kondisi bagus,"sahut Blanc di Reuters.

    Di sisi lain, kubu Barcelonatengah berada dalam atmosferpositif akhir-akhir ini, meski dilaga teranyar Lionel Messi cs ha-

    nya mampu bermain imbang 2-2kontra Sevilla.

    Absennya Dani Alves diyakinitak akan memberikan masalahbesar bagi entrenador Luis En-rique. Posisi yang ditinggalkanAlves kemungkinan bakal digan-tikan Adriano.

    Kedua tim sendiri sudah per-nah dua kali berhadapan di mu-sim ini, dengan hasil masing-masing tim saling mengalahkan.PSG sendiri memenangi perte-muan di Parc des Princes denganskor 3-2 pada penyisihan gruplalu. (dtc/bln)

    Perang Bintang Dari Halaman 1

    Partai 'Ganda' Tak Dapat Ikut PilkadaJAKARTA (HK) Komisi Pemi-lihan Umum (KPU) mengungkap-kan kisruh yang terjadi dalamtubuh partai politik sehingga me-lahirkan dualisme kepemimpinanatau ganda akan mengancam ke-ikutsertaan partai tersebut dalamPemilihan Umum Kepala Daerahserentak akhir 2015 ini.

    "Bisa disebut begitu jika kis-ruh internal dalam tubuh partaitidak terselesaikan saat pendaf-taran peserta Pilkada," kata Ang-gota KPU Ida Budhiati di Jakarta,Selasa (14/4).

    Kendati demikian Ida men-jelaskan hal tersebut ada dalamrancangan peraturan KPU yangmenyebutkan partai yang ada

    dualisme kepemimpinan tidakbisa mendaftar untuk mengikutitahapan pemilu.

    "Ya ada dalam rancangan pe-raturan dan itu sudah kami sam-paikan secara lisan dalam rapatPanitia Kerja Komisi II," katanya.

    Lebih lanjut dia mengatakanhal tersebut ada kemungkinanberubah jika ada kesepakatan diantara dua pihak yang bersengketa.

    "Dua pihak itu tidak bisa men-daftar kecuali ada islah di antarakeduanya," ujarnya.

    Ida menambahkan, KPU me-miliki kebijakan untuk menjadi-kan keputusan Kemenkumhamsebagai pedoman, karena Un-dang-Undang Parpol yang menya-

    takan seperti demikian."UU Parpol sediri yang katakan

    bahwa pergantian kepengurusandidaftarkan pada Kemenkumham.Dan jika keputusan Kemenkum-ham jadi objek sengketa di lem-baga peradilan maka KPU tidakbisa mengabaikan keputusan lem-baga hukum tersebut," ujarnya.

    Kemungkinan tidak ikut ser-tanya Parpol dalam Pilkada ituakan dialami dua partai yaituGolkar dan PPP karena ada dua-lisme kepemimpinan di dalam-nya. Golkar terbagi antara kubuAbu Rizal Bakrie dan Agung Lak-sono, sedangkan dualisme PPPmembagi faksi Djan Faridz danRomahurmuziy. (ant)

    KPK Nilai Jero Wacik Tak KooperatifJAKARTA (HK) Kepala Ba-gian Pemberitaan dan PublikasiKomisi Pemberantasan KorupsiPriharsa mengatakan, mantanMenteri Energi dan Sumber DayaMineral Jero Wacik tidak koo-peratif dalam proses penyidikan.Jero yang juga mantan MenteriKebudayaan dan Pariwisata itubeberapa kali mangkir dari pang-gilan penyidik dalam dua kasus du-gaan korupsi yang menjeratnya.

    "Jero Wacik di (kasus) Kemen-budpar tidak koperatif. Di (kasus)ESDM juga tidak. Penyidik bisamelihat ini sebagai tidak koope-ratif," ujar Priharsa, Selasa (14/4).

    Jero merupakan tersangka ka-sus dugaan pemerasan di dua ke-menterian, yaitu KementerianESDM dan Kementerian Kebuda-

    yaan dan Pariwisata. Jika Jero eng-gan diperiksa lagi sebagai ter-sangka dalam panggilan berikut-nya, KPK akan melakukan upayapaksa untuk menghadirkan Jero.

    "Jadi bisa dipanggil paksaberdasarkan subjektifitas pe-nyidik," kata Priharsa.

    Kuasa hukum Jero, Sugiyono, se-belumnya menyatakan bahwa pihak-nya masih menunggu proses pra-peradilan karena telah terdaftar diPengadilan Negeri Jakarta Selatan.

    Jero menggugat KPK atas pe-netapannya sebagai tersangkadalam kasus dugaan melakukanpenyalahgunaan wewenang dalamkapasitasnya sebagai MenteriKebudayaan dan Pariwisata pe-riode 2008-2011 dan MenteriEnergi dan Sumber Daya Mineral

    tahun 2011-2013.Pada kasus di Kemenbudpar,

    dugaan korupsi yang dilakukan Je-ro terkait penggunaan anggaranuntuk memperkaya diri atau oranglain saat masih menjabat sebagaiMenbudpar. KPK menduga keru-gian negara yang disebabkan Jerosenilai Rp7 miliar.

    Selain kasus tersebut, KPKjuga menetapkan Jero sebagaitersangka kasus dugaan pemera-san di Kementerian ESDM.

    Dalam kasus tersebut, pene-tapan Jero sebagai tersangkamerupakan hasil pengembanganproses penyidikan kasus dugaankorupsi pengadaan di SekretariatJenderal ESDM yang menjeratmantan Sekretaris Jenderal ES-DM Waryono Karno. (kcm)

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    I k lan 2Rabu, 15 April 2015

  • Editor: Nana Marlina , Layouter: Parlin

    CMYK

    CMYK

    USD/IDR

    Selasa, 14 April 2015

    SGD/IDR

    MYR/IDR

    JUAL BELI

    12,914.00

    3,487.91

    9,474.69

    EUR/IDR

    JPY/IDR

    CNY/IDR

    JUAL BELI

    2,124.19

    10,775.14

    2,103.02

    13,799.25 13,657.85

    3,525.88

    9,572.17

    13,044.00

    10,886.33

    401.23THB / IDR 396.99

    Rabu, 15 April 2015 3BisnisSumber: Bank Indonesia

    Nasabah BRI Tpi Dapat Honda BeatDouble Untung BritAma Periode 2

    TANJUNGPINANG (HK) Bank Rakyat Indone-sia (BRI) Cabang Tanjungpinang (Tpi) menye-rahkan hadiah berupa sepeda motor (HondaBeat) kepada nasabahnya yang beruntungdalam program Double Untung BritAma Periode2 di Kantor BRI Tanjungpinang, Jalan TeukuUmar, Jumat (10/4) lalu. Penyerahan hadiahdilakukan langsung oleh Pimpinan CabangBank BRI Tanjungpinang Dodo Marjanto.

    Eva FransiskaLiputan Tanjungpinang

    Secara rutin, Bank BRIterus memberikan apresiasikepada nasabahnya dalambentuk reward atas keaktifanmelakukan transaksi e-bank-ing dan tambah saldo. Rewardberupa hadiah diberikan jugasebagai bukti bahwa BRI ad-alah bank yang mampu me-menuhi harapan masyarakatdalam berbagai kegiatannyadalam mengembangkan bis-nis, serta kegiatan simpanpinjam dengan memberikan

    kemudahan bagi kelancarankeuangan nasabah.

    Demi kemudahan nasa-bah juga, bank pelat merahini membeli dan mengelolasendiri satelit 'BRI Sat', yangmenjadikan BRI sebagai ba-nk dengan fitur-fitur terleng-kap saat ini. Hal ini dituju-kan untuk menghadirkan ke-mudahan dan kenyamananbagi nasabahnya.

    Dikatakan Dodo, penari-kan undian Double UntungBritAma Periode 2 dilakukanpada Desember 2014 di Ba-tam. Saat ini adalah penyer-

    ahan undian tersebut kepadanasabah BRI Tanjungpinangyang beruntung mendapatkanhadiah.

    "Hadiah diberikan per wi-layah kerja. Untuk BRI Ca-bang Tanjungpinang, nasa-bah dapat sepeda motorHonda Beat dan Voucher be-lanja. Pemenang sepeda mo-tor adalah nasabah BRI Ki-jang atas nama Thiam Liam,"sebut Dodo Marjanto.

    Di samping hadiah undiandi tingkat wilayah, BRI CabangTanjungpinang juga memilikiprogram undian berhadiah perkantor cabang yang diundi set-iap 6 bulan sekali. Undian iniberhadiah mobil, sepeda mo-tor, dan produk elektronik.

    "Untuk masyarakat yangberada di wilayah kerja kantorcabang BRI Tanjungpinang,yaitu Tanjungpinang, Bintan,Natuna, Daik Lingga dan An-ambas, mari menabung diBRI, rebut hadiah menariknya."ajak Dodo Marjanto.

    Bank BRI memiliki jarin-gan terbesar dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia ***

    IST

    SERAHKAN HADIAH Pemimpin Cabang BRI Tanjungpinang Dodo Marjanto, didampingi Assiten Manager menyerahkan hadiah Honda beat kepada Thiam Lian,pemenang hadiah undian double untung BritAma, di Kantor BRI Cabang Tanjungpinang, Jumat (10/4). Selain sepeda motor, BRI Cabang Tanjungpinang juga menyerahkanhadiah voucher kepada nasabah yang beruntung.

  • Pendidikan 4Rabu, 15 April 2015

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri, silahkan hubungiwartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Arment Aditya, Layout: Agung Raharjo

    DIBUTUHKAN SEGERA :25 STAF AIRLINES BANDARA

    LOWONGAN KERJA

    SYARAT :

    - PRIA / WANITA

    - USIA MAX 27 TAHUN

    - PENDIDIKAN SMU/D3/S1

    DI TADIKAPURI AIRLINES BUSSINESS CARRIER,JL. TIBAN I BLOK C NO. 148 BATAM,

    HUBUNGI : (0778) 322310, 0821 3891 3430

    LANGSUNG INTERVIEW

    GedungGapuro JL. KudaLaut Kav.121.Batu Ampar, Batam

    SMK MULTISTUDI HIGH SCHOOL( Akriditasi A )

    Find Your Best Future Here !

    Sekolah Percontohan Kurikulum 2013

    Te l p : 0 7 7 8 - 4 2 2 8 5 9 , 0 7 7 8 - 4 2 2 8 4 9

    E m a i l : h u m a s m h s @ g m a i l . c o m

    Dibuka Pendaftaran SiswaBaru TP. 2015/2016Jurusan:Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),TeknikKomputerdanJaringan (TKJ), Akuntansi Keuangan

    Gelombang II

    I

    Rp. Ribu750

    Management Training Systems

    Adalah SOLUSInya....!!!

    ANDA BUTUH SekolahBERKUALIATASMURAHTRANSPORTASI TEREJANGKAU

    SMK

    Komp Grand California Blok B1 No 1-4 dan B2 No 9-11 Batam Center Telp 474 300/ 474 400 Hubungi 0822 8511 0832 (Rini) /0852 7225 7627 (Enny)/ 0853 7434 4582 (Ronald)

    Management Training SystemsSMK

    MEMBUKA KELAS BARU

    TAHUN AJARAN 2015/2016

    JURUSANPerhotelan Akuntansi IT RPI

    Daftarkan diri anda Segera...!!!Gelombang I -Jan Rp. 500.000s/d Feb

    Gelombang II -Maret Rp. 1.500.000s/d April

    Gelombang III -Mei Rp. 2.500.000s/d Agustus

    Seragam

    Satu set Seragam putih abu-abu

    Satu set Seragam biru kotak kotak

    Satu set Seragam olahraga

    ? GratisFlashdisk

    Always On

    Bonus

    Juara I OSN IPS Tingkat Kota BatamBATAM (HK) Tak disangka-sangka namaDavid Richardo Sibarani keluar sebagaijuara I OSN IPS tingkat Kota Batam yangbaru-baru ini di gelar Disdik Kota Batam.

    Siswa dari SMPN 16 Ba-tam ini oleh banyak peser-ta OSN, termasuk juritidak diperhitungkan samasekali bakal memboyongjuara I OSN IPS. Pasalnya,setiap kali OSN digelar

    yang selalu mendominasiitu kebanyakan pesertadari SMP favorit.

    Bahkan Kepala Sekolahdan guru di SMPN 16 Batamjuga mengaku tak percayaakan kemampuan anak di

    diknya itu hingga meraih jua-ra I OSN IPS, karena ke se-harian David lebih mengua-sai pelajaran IPA ketimbangIPS. Namun dengan penuhkeyakinan dan percaya diri,David dapat membuktikankalau dirinya mampu menyisihkan peserta darisekolah favorit.

    "Aku merasa yakin bisa,makanya belajar setiap hari.Apalagi pelajaran ekonomiitu setelah dipelajari cukup

    mengasikan," ujar Davidyang saat ini baru duduk di-bangku kelas VIII di SMPN16 Batam.

    Dengan meraih juara IOSN IPS ini, maka David di-percaya akan mewakili Ba-tam pada OSN tingkat Pro-vinsi. David juga menarget-kan bisa lolos di tingkat na-sional dan meraih juara.

    "Target lolos tingkat na-sional dan meraih juara.Makanya saat ini persiapan

    terus saya lakukan denganbimbingan guru di SMPN 16Batam," kata David penuhoptimis.

    David sendiri termasuksiswa yang cukup pandai danselalu masuk rangking 10besar di sekolah. Malahbaru-baru ini David juga di-percaya mewakili sekolah-nya ikut dalam pemilihanSiswa Berprestasi tingkatKota Batam.

    David dilahirkan di Ba-

    tam pada 15 Agustus 2.000merupakan anak terakhirdari tiga bersaudara pasangan Yones Sihombing dan RRiston Sibarani. Ia bercita-cita ingin menjadi dokter,makanya paling suka dengan pelajaran IPA.

    "Belajar IPA itu asik danmenyenangkan bikin kitapenasaran, terutama mengenai anatomi tubuh mahlukhidup" ucap cowok yang hobimain batminton ini. (men)

    David Richardo SibaraniSiswa SMPN 16 Batam

    Siswa Santai Kerjakan Soal UN

    Muslim Pantau Hingga Belakang Padang

    BATAM (HK) Memasuki hari kedua pelak-sanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di Batam, Dinas Pendidikan(Disdik) mengklaim berjalan lancar.

    Bahkan, dengan sistemyang baru saat ini, para siswalebih santai menghadapi UN.

    Beda ketika UN sebagai pe-nentu kelulusan, siswa nam-pak terlihat tegang dan seri-us mengerjakan soal UN.

    "Ngapain harus stres,santai aja lagi UN kan bukanpenentu kelulusan. Lagianyang menentukan kelulusanitu kan sekolah, kita pasti

    lulus," ujar Rafi salah seor-ang peserta UN penuh keyakinan menjawab Haluan Ke-pri, Selasa (14/4).

    Bukan hanya Rafi tapiRahmat juga mengaku halyang sama. Bahkan kata Rah-mat mengerjakan soal UN itusama halnya ketika menger-

    jakan soal-soal ulangansekolah, karena pikiran tidaklagi dihantui rasa ketakutantak lulus UN. "Gak stres seper-ti ketika kita UN SMP dulu,sekarang kita en-joy aja pem-bawaannya.Malah untukp e r s i a p a nUN, aku ja-rang belajarhanya men-gandalkanpemantapandi sekolahsaja," akuRahmat.

    Menanggapi haltersebut Kepala Disdik KotaBatam Drs H Muslim Bidin,berharap meskipun nilai UNtidak lagi mutlak sebagai pe-nentu kelulusan, namun siswatetap berusaha keras mendapatkan nilai yang terbaik. Kare-na nilai UN ini sebagai dasaruntuk masuk ke perguruan ting-gi negeri (PTN).

    Disadari Muslim dengankebijakan baru UN bukanpenentu kelulusan itu, mem-

    buat siswa kurang termotiva-si untuk berusaha mencapainilai terbaik dalam UN. Mes-ki kata dia, guru telah berusa-ha memaksimalkan potensisiswa agar bisa meraih nilaiUN, dengan harapan bisa di-terima di perguruan tingginegeri atau perusahaan yangsesuai keinginan siswa. Pa-salnya kata Muslim, nilaiUN ini juga akan dimasukandalam ijazah, maka dari itusiswa tetap harus serius me-ngerjakan soal UN ini supayanilai ijazahnya bagus.

    "Bagi yang tidak melan-jutkan kuliah, kan ijazah inibisa digunakan buat melamarkerja, begitu pula bagi yangakan melanjutkan kuliah se-bagai patokan lolos PTN bilanilai UN-nya bagus," katanya.

    Dijelaskan Muslim, bah-wa syarat kelulusan sekolahitu sangat diperhitungkanyang memuat tiga syarat, di-antaranya pertama siswaharus menyelesaikan semuaprogram pendidikan di se-kolah tersebut, kedua siswaharus berperilaku baik, danketiga siswa harus lulus ujiansekolah. Jadi kata dia nilaiUN ini juga termasuk dalamsyarat pertama, yaitu pro-gram pendidikan selama tigatahun yang harus diselesai-kan siswa melalui UN.

    Sementara pada hari kedua UN ini, Muslim selainmenemani anggota DPD-RImeninjau UN di SMAN 1 Ba-tam, juga melihat kelancaranUN di Belakang Padang.Muslim berencana akan terus memantau hingga pelak-sanaan UN berakhir, karenaia punya target tahun inisiswa di Batam bisa lulus100 persen dan mendominasiperolehan nilai tertinggi UNse Kepri. ***

    Arment AdityaLiputan Batam

    Drs H Muslim BidinKadisdik Kota Batam

    ARMENT/HALUAN KEPRI

    PENGAWAS UN Seorang

    Pengawas UN diSMAN 1 Batam

    sedang memberi-kan penjelasan

    kepada salahseorang peserta

    UN pada harikedua, Selasa

    (14/4). Pelaksan-aan UN kali ini

    ditanggapi santaioleh peserta tidak

    setegang ketikaUN tahun lalu.

  • Opini & Layanan Umum 5Rabu, 15 April 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang & Bintan:

    Perwakilan Lingga: Perwakilan Karimun:Perwakilan Natuna: Perwakilan Anambas:

    Perwakilan Meranti:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, H. Kasri.: Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, Eddy Supriatna,

    Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti, DediManurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), Rudi Yandri, Aspanel,Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar (Kabiro Bintan),

    Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi. HengkiHaipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Hendra (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).

    CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Ali Mahmud

    Syahril,Mario Sardiman, Agung Raharjo, Parlin, Abi Hamdani. Richo R Fandi. Aswat,Grafis: Desain Iklan:

    Manager Pemasaran & Promosi HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan:

    Piutang: Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector:

    Tarif Iklan:

    Percetakan :

    Repro: Dicetak Oleh:

    : Malanton Hutagalung, :

    Junita Sari, Riska, Risnawati ,

    Jordy, Ririn, Revaldi,

    Paruhum Nst. Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan

    Display BW hlm 1 Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp.

    35.000/mmk, iklan Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot

    Colour Rp. 25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW

    Rp. 25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan

    BW Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita

    Rp.10.000/mmk, Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan

    kolom (Maks 300 mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius (

    Kepala), Mulya Perbawa, Isman, Apin, Sofwan, Kholik, Angga, Ipo.

    M. Rafli, Fadli, Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri

    Printing. Isi diluar tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Abi Hamdani

    Satpol PP dan Penegakkan Aturan

    Judul Buku: Pola makan RasulullahKarya: Prof. DR. Abdul Basith Muhammad As Sayyid

    Pola Makan Rasulullah

    Resensi

    "Untuk mencapaikesuksesan, kita janganhanya bertindak, tapijuga perlu bermimpi,jangan hanya be-rencana, tapi juga perluuntuk percaya"

    (Anatole France)

    "Manusia tak bisamenemukan samuderabaru sepanjang diatidak punya keberanianuntuk memalingkanpandangan matanyadari pantai"

    (Andre Gide)

    Menjadi Tumpuan

    Hari Selasa , 14 Apr i l 2015

    merupakan sa lah satu har i

    yang barangkali paling ber-

    makna bagi Satuan Polisi Pa-

    mong Praja (Satpol ) PP di

    Provinsi Kepri. Pada tanggal

    itu, setiap tahun selalu diper-

    ingat i sebagai Har i Ulang

    Tahun (HUT ) para penegak

    Peraturan Daerah (Perda) ters-

    ebut. Lazimnya tahun-tahun

    sebelumnya, pada tahun ini

    peringatan HUT Sapol PP ke-

    53 tingkat Provinsi Kepri di-

    pusatkan di Kabupaten Ka-

    rimun, dihadiri Wakil Guber-

    nur Kepri, Soerya Respationo.

    HUT Satpol yang dirangkai-

    kan dengan peringatan hari

    jadi Satuan Per l indungan

    Masyarakat (Linmas) di Pro-

    vinsi Kepri ini dilaksanakan

    secara sederhana.

    Seiring peringatan HUT Sat-

    pol, tidak ada salahnya kita

    merenung, mengintrospeksi

    diri sembari meneropong ja-

    gat Satpol PP masa kini. Sat-

    pol PP, sebagai penjaga wi-

    bawa Praja, memang selalu

    berada digaris depan ketika

    Perda hendak ditegakkan.

    Namun, tak jarang, kala men-

    jalankan tugas, personil Sat-

    pol PP terkadang dihadap-

    kan pada situasi dilematis. Di

    satu sisi peraturan mesti dite-

    gakkan, tapi disisi lain, pel-

    anggar yang hendak ditert-

    ibkan kebanyakan masya-

    rakat kelas bawah. Sehingga

    seakan-akan Satpol PP i tu

    menjadi musuh masyarakat.

    Menyikapi masalah ini ten-

    tu, satuan penegak Perda itu

    kedepannya dituntut harus

    lebih humanis dalam men-

    e r t i b k a n p a r a p e l a n g g a r

    Perda. Lakukan pendekatan

    preventif dalam setiap pe-

    negakkan Perda. Jangan ber-

    sikap arogan.

    Misalnya, ketika akan men-

    ertibkan pedagang kaki lima

    (PKL) dibahu jalan atau tro-

    t o a r. B e r i k a n p e m a h a m a n

    dulu tentang Perda i tu ke

    para pedagang, lakukan di-

    alog, jangan langsung rep-

    resif. Kalau tindakan represif

    t e n t u h a s i l n y a j u g a a k a n

    kontraproduktif.

    Ini juga sesuai dengan pern-

    yataan Wakil Gubernur Kepri

    Soerya Respationo. Ia meng-

    ingatkan agar profesionalis-

    me dan kewibawaan Satpol

    PP bukan diukur dari paka-

    ian dan atributnya. Melain-

    kan dari konsistensinya me-

    negakkan aturan.

    MARAKNYA peredaran produk pangan berbahaya akhir-akhir inimengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat, terutamaanak-anak kita, termasuk yang beredar di lingkungan sekolah.

    Selama ini, anak sekolah memang tak lepas dari makanan maupunjajanan populer.

    Oleh : AHMAD REDIPengajar Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara, Doktor Hukum

    dari Universitas Indonesia

    UU Lembaga Kepresidenan

    Oleh: Munawwir Bisri, S.Hi.MAK olom Publik

    akap ijakC B

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: re-

    ojok

    Batam Terancam Krisis Listrik- Emang siapa yang ngancam pak?

    Banjir di Barelang Belum Bisa Diatasi- Cuma doa menjadi solusinya.

    P

    Pembentukan lembaga-

    lembaga yang berada lang-

    sung di bawah Presiden dan

    Wakil Presiden yang bertu-

    gas membantu secara teknis

    dan administrasi Presiden

    sebagai kepala negara dan

    kepala pemerintahan, dalam

    praktiknya disesuaikan den-

    gan selera masing-masing

    Presiden dan wapres yang

    berkuasa.

    Tiap rezim kepemimpi-

    nan Presiden dan Wapres

    terdapat selera kelembaga-

    an yang berbeda-beda. Ber-

    beda dengan cabang kekua-

    saan lain yang bentuk ke-

    lembagaan, tugas pokok,

    dan fungsi atas dukungan

    teknis dan administrasi tel-

    ah ajeg sesuai UU yang men-

    jadi payung hukumnya. Lem-

    baga itu, antara lain, MPR,

    DPR, DPD, dan DPRD yang

    memiliki payung hukum UU

    No 17 Tahun 2014, Mahka-

    mah Agung dengan payung

    hukum UU No 13 Tahun 19-

    85 sebagaimana terakhir di-

    ganti dengan UU No 3 Ta-

    hun 2009, Badan Pemeriksa

    Keuangan dengan UU No 5

    Tahun 1973 sebagaimana

    telah diganti dengan UU No

    15 Tahun 2006, Mahkamah

    Konstitusi yang diatur de-

    ngan UU No 24 Tahun 2003

    sebagaimana diubah tera-

    khir dengan UU No 4 Tahun

    2014, dan Komisi Yudisial

    dengan UU No 22 Tahun 20-

    04 sebagaimana telah di-

    ubah dengan UU No 18 Ta-

    hun 2011. Lembaga-lemba-

    ga itu ada dalam UUD 1945.

    Tidak hanya lembaga di

    atas yang kelembagaan te-

    lah ajeg, bahkan lembaga di

    bawah kekuasaan presiden

    pun memiliki kelembagaan

    yang ajeg sebagaimana Ke-

    menterian Negara dengan

    UU No 39 Tahun 2008, Ke-

    polisian RI dengan UU No 2

    Tahun 2002, Kejaksaan RI

    dengan UU No 16 Tahun

    2004, dan Tentara Nasion-

    al RI dengan UU No 34 Ta-

    hun 2004.

    Terdapat pula lembaga

    nonstruktural yang juga

    telah ajeg kelembagaannya

    berdasarkan UU, misalnya

    Badan Informasi Geospa-

    sial , Komisi Pemilihan

    Umum, Ombudsman, Lem-

    baga Perlindungan Saksi

    dan Korban, Komisi Pem-

    berantasan Korupsi, dan

    banyak lembaga/badan

    lainnya.

    Presiden memegang ke-

    kuasaan pemerintahan seba-

    gaimana diatur dalam UUD

    1945. Pasal-pasal yang men-

    gatur lembaga kepresidenan,

    meliputi Pasal 4, Pasal 5,

    Pasal 6, Pasal 6A, Pasal 7,

    Pasal 7A, Pasal 7B, Pasal

    7C, dan Pasal 8 sampai Pa-

    sal 15 UUD 1945. Beberapa

    UU yang terbentuk terkait

    pelaksanaan lembaga kepre-

    sidenan meliputi UU No 19

    Tahun 2006 dengan Dewan

    Pertimbangan Presiden, UU

    No 39 Tahun 2008 tentang

    Kementerian Negara, dan

    UU No 42 Tahun 2008 ten-

    tang Pemilihan Umum Pres-

    iden dan Wapres.

    Lalu, bagaimana peng-

    aturan kedudukan lembaga

    kepresidenan; tugas dan

    kewenangan, baik tugas

    dan kewenangan maupun

    tugas dan kewenangan wa-

    pres; hubungan kerja lem-

    baga kepresidenan dengan

    lembaga tinggi negara dan

    lembaga negara lainnya;

    hak, kewajiban, dan laran-

    gan; sekretariat lembaga

    kepresidenan; kekebalan

    presiden dan wapres; serta

    tindakan polisional bagi

    presiden dan wapres, saat

    ini belum diatur jelas da-

    lam suatu UU. Hal ini ber-

    beda dengan lembaga lain,

    khususnya cabang-cabang

    kekuasaan sebagaimana

    diatur UUD 1945.

    Dalam konteks sederha-

    na, misalnya, mengenai

    lembaga kepresidenan da-

    lam aspek kelembagaan an

    sich, maka dampak ketia-

    daan pengaturan terlihat

    terjadinya tumpang-tindih

    kewenangan unit-unit kerja

    yang berada langsung di

    lembaga kepresidenan di

    lingkungan istana. Presiden

    memiliki kesekretariatan,

    baik presiden sebagai kepa-

    la pemerintahan maupun

    kepala pemerintahan.

    Saat ini, telah ada dua

    lembaga yang menjalankan

    fungsi itu, yaitu Sekretariat

    Negara dan Sekretariat

    Kabinet. Namun, anehnya

    dua unit itu terdapat perbe-

    daan kedudukan, yaitu Sek-

    retariat sebagai suatu Ke-

    menterian Negara se-

    bagaimana diatur dalam

    UU Kementerian Negara,

    sedangkan Sekretariat Kab-

    inet tidak menjadi kemente-

    rian sesuai UU Kementerian

    Negara dan hanya lembaga

    setingkat menteri.

    Bila ingin konsisten, se-

    baiknya Sekretariat Negara

    sebagai kementerian nega-

    ralah yang memiliki peran-

    an pembantu presiden da-

    lam bidang kesekretariatan

    presiden sebagai kepala ne-

    gara maupun kepala pemer-

    intahan atau dapat saja

    tetap Sekretariat Kabinet

    sebagai pembantu presiden

    dalam bidang kesekretaria-

    tan presiden sebagai kepala

    pemerintahan, tapi kedudu-

    kannya harus setara dengan

    Sekretariat Negara sebagai

    suatu kementerian negara.

    Eksistensi kedua lemba-

    ga ini sangat rentan terjadi

    tumpang-tindih kewenan-

    gan, bahkan duplikasi kewe-

    nangan karena ruang ling-

    kup presiden sebagai kepa-

    la negara dan kepala pe-

    merintahan perbedaannya

    sangat t ipis . Belum lagi

    adanya unit yang tiba-tiba

    dibentuk oleh presiden di

    lingkungan sekretariat kep-

    residenan. Padahal, unit ter-

    tentu itu bisa saja memiliki

    tugas pokok dan fungsi yang

    hampir sama dengan kedua

    sekretariat tersebut, misal-

    nya di era Kabinet Jilid I

    Presiden SBY dibentuklah

    Unit Kerja Presiden Pen-

    gelolaan Program dan Re-

    formasi yang selanjutnya

    bermetafora menjadi Unit

    Kerja Presiden Bidang Pen-

    gawasan dan Pengendalian

    Pembangunan (UKP4) di

    Kabinet Jilid II Presiden

    SBY.

    Hal itu pun dilanjutkan

    di era Presiden Jokowi den-

    gan membentuk Unit Staf

    Kepresidenan yang dipimpin

    oleh kepala Staf Kepreside-

    nan. Pembentukan unit ini

    menjadi lembaga yang dap-

    at mereduksi kewenangan

    wapres, para menteri koor-

    dinator dan menteri lainnya,

    termasuk menteri sekretar-

    is negara dan sekretaris

    kabinet di lingkungan lem-

    baga kepresidenan.

    Kelembagaan kepreside-

    nan harus ajeg mengingat

    lembaga kepresidenan se-

    bagai dapur sekaligus pintu

    terakhir kebijakan negara,

    bahkan sebagai jantung

    negara sehingga kedudu-

    kannya sangat vital.

    Tidak hanya dari aspek

    itu, hal lain terkait pengatur-

    an mengenai kedudukan lem-

    baga kepresidenan; tugas dan

    kewenangan, baik tugas dan

    kewenangan maupun tugas

    dan kewenangan wakil pres-

    iden; hubungan kerja lemba-

    ga kepresidenan dengan lem-

    baga tinggi negara dan lemba-

    ga negara lainnya; hak, kewa-

    jiban, dan larangan; sekretar-

    iat lembaga kepresidenan;

    kekebalan presiden dan wap-

    res; serta tindakan polisional

    bagi presiden dan wapres,

    pun saat ini berbeda dengan

    lembaga lain yang telah ajeg

    dengan UU yang dimiliki seh-

    ingga keberlanjutan, stabili-

    tas, dan kekuatan kelem-

    bagaannya kosinsten. Akhir-

    nya, menurut penulis, UU

    khusus mengenai lembaga

    kepresidenan merupakan hal

    yang sudah tidak dapat lagi

    ditunda.***

    Akhir-akhir ini banyak sekali

    penyakit menakutkan yang

    muncul akibat dari pola ma-

    kan yang tidak benar, yang

    mejadikan makanan hanya

    s e b a g a i p e n g h i l a n g r a s a

    l a p a r d a n p e m b e r i k e n i k -

    m a t a n s e s a a t , t a n p a m e -

    medulikan kandungan dan

    kehalalannya.

    Padahal jauh-jauh hari Rasu-

    l u l l a h S AW te l a h m e n g a -

    jarkan cara makan yang baik

    d a n b e n a r, ya n g t i d a k s e -

    kedar membuat k i ta sehat

    d a n k u a t , t a p i j u g a k e b a l

    terhadap serangan berbagai

    penyakit. Pertama, Apa saja

    m a k a n a n y a n g b a i k d a n

    menyehatkan menurut Ra-

    s u l u l l a h S AW ? K e d u a , B a -

    gaimana Rasululah SAW. me-

    ngatur waktu makan sehari-

    hari? Ketiga, Menu apa saja

    y a n g b i a s a b e l i a u s a n t a p

    setiap harinya sehingga ja-

    r a n g s e k a l i p e n y a k i t b i s a

    hinggap di tubuh beliau?

    keempat, Kapan waktu ma-

    kan dan minum yang tepat

    m e n u r u t R a s u l u l l a h S AW ?

    Kelima, Bagaimana kiat-kiat

    Rasululla saw. dalam meng-

    gunakan makanan dan mi-

    n u m a n s e b a g a i o b a t y a n g

    bisa menyehatkan sekaligus

    menyembuhkan penyakit?

    Penulis buku ini berusaha

    menguraikan hal di atas se-

    cara gamblang dengan di-

    sertai dalil pendukung sem-

    b a r i m e n g g a m b a r k a n b e r -

    bagai makanan berkualitas

    dan baik yang dimuat dalam

    al-Qur`an dan as-Sunnah, se-

    ka l igus d ianjurkan supaya

    dikonsumsi oleh orang sehat

    maupun orang sakit. Di ba-

    gian akhir, penulis juga mem-

    berikan beberapa t ips dan

    resep makanan yang bisa di-

    manfaatkan untuk menyem-

    b u h k a n b e r b a g a i m a c a m

    penyakit, mulai dari penyakit

    r i n g a n s a m p a i b e r a t , d a r i

    gangguan saat sedang da-

    tang bulan sampai penyakit

    kanker dan tumor. (wec)

    Semangat membebaskan

    umat dari berbagai kelema-

    han, menjadi salah satu

    misi Islam. Ketika pertama

    kali lahir, Islam membebas-

    kan umat dari keterbela-

    kangan, moral, sosial dan

    pengetahuan. Dalam kewa-

    jiban zakat juga terkand-

    ung semangat membebas-

    kan kelemahan dan kesen-

    jangan. Karena alasan inil-

    ah,muncul wacana peng-

    entasan kemiskinan dihu-

    bungkan dengan zakat se-

    bagai alternatif pemecah-

    annya, ini sangat rasional

    dan argumentatif.

    Salah satu solusi efektif

    membangun umat dalam

    mengentaskan kemiskinan

    dan kebodohan adalah den-

    gan memberdayakan zakat

    sebagai salah satu potensi

    umat Islam yang harus di-

    kembangkan secara maksi-

    mal. Zakat dari sisi ajaran,

    merupakan kewajiban yang

    harus dipenuhi oleh setiap

    muslim berharta baik yang

    sudah dewasa maupun an-

    ak-anak. Dari sisi lain, za-

    kat juga merupakan aset

    umat yang secara periodik

    dikeluarkan. Seba-

    gai implikasi dari

    kewajiban itu, ter-

    kumpullah harta

    dan benda dalam

    jumlah yang sangat

    besar dan diperun-

    tukkan bagi lapisan ma-

    syarakat yang berhak men-

    erimanya.

    Dari sini zakat mengemban

    misi membangun tatanan

    kehidupan sosial ekonomi

    masyarakat yang seimbang.

    Zakat bertujuan memeliha-

    ra denyut nafas kesejahter-

    aan yang adil bagi setiap in-

    dividu. Secara fungsional, ia

    juga mengatasi kemiskinan,

    mencairkan kesenjangan so-

    sial antara kaum kaya dan

    kaum yang tidak mampu.

    Karena itu, zakat juga din-

    yatakan sebagai ibadah ma-

    liyah yang berdampak posi-

    tif dalam membebaskan ke-

    lemahan umat.

    Secara tegas, banyak

    ayat Alquran menjelas-

    kan agar kekayaan itu

    bisa berputar dalam se

    mangat kebersamaan

    dan keadilan. Alquran

    juga memberikan per-

    hatian agar kita harus ber-

    bagi dengan masyarakat

    yang belum hidup wajar,

    Q.S. al-Maun ayat1-2;-

    Tahukah kamu (orang) yang

    mendustakan agama?. Itu-

    lah orang yang menghardik

    anak yatim. Dan tidak men-

    ganjurkan memberi makan

    orang miskin. Didalam ay-

    at ini juga menegaskan ke-

    pada kita bahwa sholat

    saja tidak cukup, bahkan

    sholat seseorang dianggap

    Nol jika tidak menunaikan

    zakat, sebab j ika sholat

    tidak bisa merubah karak-

    ter seseorang untuk men-

    jadi pembayar zakat atau

    dermawan maka sia-sialah

    sholatnya.

    Zakat juga mengajarkan

    peningkatan kualitas sum-

    ber daya umat. Sebab,umat

    yang berkualitas adalah

    yang terbebas dari ketertin-

    dasan baik fisik maupun

    mental, seperti kemiski-

    nan, kebodohan dan keter-

    belakangan. Itulah sebab-

    nya,pengentasan kemiski-

    nan, selain ditempuh me-

    lalui bantuan yang bersifat

    konsumtif, juga perbaikan

    aspek produktif lainnya,

    seperti perbaikan layanan

    kesehatan, pembinaan kre-

    ativitas kewirausahaan

    dan kesiapan mental serta

    peningkatan kualitas pen-

    didikan.

    Jika zakat kemudian di-

    nilai berkaitan dengan up-

    aya membangun kualitas

    sumber daya manusia; ka-

    rena ia merupakan asset

    yang tumbuh dan berkem-

    bang dimasyarakat, lebih-

    lebih pada masyarakat yang

    memiliki tingkat religiusi-

    tas yang tinggi; karena za-

    kat merupakan salah satu

    perintah agama; karena ia

    menjadi rukun ketiga yang

    didirikan dalam memban-

    gun Islam. Tidak hanya dari

    sisi untuk kemapanan kebu-

    tuhan hidup yang bersifat

    ekonomis, tetapi lebih dari

    itu, zakat juga diharapkan

    dapat berfungsi untuk men-

    ciptakan sumber daya ma-

    nusia yang siap pakai. Ten-

    tunya dengan cara member-

    dayakan zakat, infak, dan

    shadaqah kepada Pengelola

    Zakat yang Professional.

    Wallahu alam.***

    Sebagai perpanjangan tan-

    g a n k e p a l a d a e r a h d a l a m

    penegakkan Perda, Satpol PP

    serta Linmas memang wajib

    meningkatkan kemampuan

    profesionalnya dengan ko-

    mpetensi di bidang tugasn-

    ya. Sehingga Satpol PP tidak

    hanya mengandalkan otot

    semata, namun juga pikiran

    dan perasaannya.

    Satpol PP juga harus dapat

    menunjukan sikap simpatik,

    dan tidak garang dalam me-

    lakukan tugasnya. Sebagai

    penegak Perda dan penjaga

    ketentraman masyarakat dan

    ketertiban umum, Satpol PP

    diharapkan memiliki kompe-

    tensi dan integritas sehing-

    ga masyarakat merasa nya-

    man dan terlindungi. Tunju-

    kan s ikap yang kooperati f ,

    persuas i f dan komunikat i f

    kepada masyakat saat me-

    lakukan penertiban sehing-

    ga Satpol PP tidak mempun-

    yai kesan menyeramkan di

    masyarakat.

    Guna merealisasikan semua

    itu, perlu diingatkan bahwa

    S a t p o l P P i t u a d a l a h S D M

    unggulan, yang harus memi-

    liki pemahaman dalam me-

    mahami Perda dan memiliki

    pengetahuan ada penyim-

    pangan lapangan atau tidak

    dengan potensinya sendiri .

    Sehingga Satpol dapat men-

    jadi garda terdepan menja-

    ga citra dan wibawa pemer-

    intah. Satpol PP tidak boleh

    l a g i m e l a k u k a n k e k e r a s a n

    dengan alasan apapun. Se-

    baiknya kedepankan cara-

    cara d ia log dan persuas i f ,

    tidak bertindak kasar dalam

    pelaksanaan tugas. Untuk itu

    engan peringatan hari jadi ke

    53 ini harus dijadikan momen-

    tum perubahan sikap dan

    cara pandang Satpol PP. Tah-

    nia...53 tahun Satpol PP...***

  • IklanRabu, 15 April 2015 6CMYK

    CMYK

  • CMYK

    CMYK

    8Rabu,

    15 April 2015

    Editor: Ika, Layouter: Novrizal Jambak

    Disparbud Luncurkan

    Tanjungpinang BedelauCikal Bakal Pengembangan Potensi PariwisataTANJUNGPINANG (HK) DinasPariwisata dan Kebudayaan (Dispar-bud) Kota Tanjungpinang menggelarfestival Bedelau, sebagai ajangpromosi wisata Kota Tanjungpinang.Pertunjukan kesenian dan budayayang direncanakan dilaksanakansetiap bulan tersebut dikonsepdengan teknologi digital yangmemudahkan masyarakat untukmenyaksikannya.

    Pemerintah Kota (Pemko)Tanjungpinang melalui DisparbudKota Tanjungpinang meluncurkanTanjungpinang Bedelau, Sabtu (4/4) dilapangan Pamedan yang dibukaSekretaris Daerah Kota Tanjungpi-nang Riono. Ribuan masyarakat yanghadir saat itu ikut menyaksikanlaunching Tanjungpinang Bedelauyang digelar dengan konsepteknologi digital.

    Riono dalam sambutannya padalaunching Tanjungpinang Bedelaumengatakan, kegiatan ini merupakansalah satu upapa Pemko Tanjungpi-nang untuk mengembangkan danmemperkenalkan potensi pariwisata,baik di Kepri maupun skala nasionalserta internasional.

    Dikatakan, sebagai ibu kotaProvinsi Kepri, Tanjungpinang harusmampu menjadi yang terdepan.Karena Provinsi Kepri bisa diharap-kan menjadi lumbung wisata diProvinsi Kepri, selain Kota Batam,Kabupaten Bintan dan Karimun."Acara ini bukan kegiatan seremoni-al, akan tetapi sebagai pengemban-gan potensi pariwisata di KotaTanjungpinang dan salah satulangkah pemerintah untuk men-ingkatkan kunjungan wisatawandalam mewujudkan visi dan misiKota Tanjungpinang," kata Riono.

    Dengan Tanjungpinang Bedelaulanjut Riono, nantinya diharapkanbisa menjadi cikal bakal pengemban-gan potensi pariwisata di KotaTanjungpinang.

    "Peluncuran logo TanjungpinangBedelau merupakan saat yang tepatdan efektif untuk mengenalkan sertamenginformasikan kepadamasyarakat luas dan pengunjungmengenai program baru PemkoTanjungpinang. Sehingga, lebihdikenal dan diminati wisatawan sertadapat meningkatkan kesejahteraanmasyarakat Kota Tanjungpinang,"paparnya.

    Riono berharap peluncuranTanjungpinang Bedelau bisamenggambarkan sebuah potensipariwisata dan budaya Kota Tanjung-pinang. Kemudian juga disertaidengan masyarakat Tanjungpinangyang cantik, lawa, ramah, elok,nyaman, anggun dan indah menujuTanjungpinang Bedelau 2020mendatang.

    Kepala Dinas Pariwisata danKebudayaan Kota TanjungpinangJuramadi Esram mengatakan,peluncuran logo TanjungpinangBedelau menjelang tahun 2020,merupakan tekad masyarakat yangingin mejadikan TanjungpinangBedelau di tahun 2020 mendatang.

    "Tanjungpinang adalahibu kota Provinsi Kepri danmenjadi salah satu tujuanwisata, selain Batam,Bintan dan Karimun,"kata Juramadi.

    Juramadi Esram menambahkan,kedepan pariwisata Tanjungpi-nang harus mampu bersaingdengan daerah lain dan menjaditujuan utama bagi wisatawan keProvinsi Kepri. TanjungpinangBedelau harus dibarengi denganperubahan karakter masyarakatyang Bedelau juga.

    "Kita butuh kerja keras dariseluruh lapisan masyarakat,pemerintah dan pelaku seni dalammengembangkan potensi wisataKota Tanjungpinang. Supaya bisabersama-sama membuktikanbahwa Kota Tanjungpinangmemang Bedelau," katanya.

    Pariwisata merupakan salah satusumber pendapatan yang potensial,dan berperan sebagai stimulanpertumbuhan ekonomi daerah

    Untuk memajukan pertumbuhanindustri pariwisata di Provinsi Keprikhususnya Kota Tanjungpinang,berbagai strategi terus dibangun,sehingga kualitas produk kepariwi-sataan mampu menjadi daya tarikuntuk mendukung pencapaian target9 juta wisatawan mancanegara ketanah air, salah satunya adalahdengan diluncurkannya Tanjungpi-nang Bedelau.

    Juramadi Esram menjelaskan'bedelau' diambil dari bahasa Melayuyang artinya cantik dan menarikperhatian. Kata itu kerap disampaikanmasyarakat Tanjungpinang saatmemuji apapun yang dilihatnya.Bedelau dijadikan festival yangpertama kali digelar di Kota Tanjung-pinang.

    "Keberhasilan program ini akanmempengaruhi sektor pariwisata.Wisman tidak akan berkunjung keTanjungpinang kalau kota ini tidakaman," katanya.

    Festival itu akan menampilkanberbagai pagelaran budaya se-Nusantara, mulai dari Melayu, Jawa,hingga Sunda serta pertunjukkantarian daerah dan penampilan senilainnya. Festival TanjungpinangBedelau itu juga tidak hanya berisiimbauan atau ajakan kepadamasyarakat untuk menjaga kebersi-han dan kenyamanan, melainkanakan dimeriahkan penyanyi ibu kotayakni Ihsan, Winda dan Ajeng.

    Program Tanjungpinang Bedelauditargetkan tercapai pada 2020. Targetitu dapat tercapai bila masyarakatbersinergi dengan pemerintah untukmewujudkannya. Tanpa kerja samayang baik antara masyarakat danpemerintah sambungnya, Tanjungpi-nang Bedelau tidak akan tercapai.

    "Kami akan mengajak masyarakatuntuk bekerja sama untuk mewujud-kan Tanjungpinang yang lebih baik,"ujarnya

    Peluncuran TanjungpinangBedelau diisi dengan pagelaran senitari zapin, puisi, kolaborasi tari-tarian,fashion show, drama kolosal tentangpotensi budaya dan kuliner. Tidakketinggalan juga pertunjukanbarongsai serta penampilan artisJakarta yaitu Winda dan Ikhsan Idol.

    Pengembangan PariwisataLebih lanjut Esram

    menggatakan, pengem-bangan potensi

    pariwisata terbuktimampu memberi

    dampak positifdalam

    hidup masyarakat. Kota Tanjungpi-nang merupakan Ibu Kota dariProvinsi Kepulauan Riau yangmemiliki potensi pariwisata untukdikembangkan seperti beragambudaya, sejarah dan pemandanganyang indah.

    Pengembangan dunia pariwisatatelah mengalami berbagai perubahandari waktu ke waktu. Baik perubahanpola, bentuk dan sifat kegiatan.Pembangunan kepariwisataan padahakekatnya untuk mengembangkandan memanfaatkan obyek serta dayatarik wisata yang berupa kekayaanalam yang indah, keragaman flora,fauna, seni budaya, peninggalansejarah, benda-benda purbakalasertakemajemukan budaya.

    Dengan ditetapkannya Undang-Undang No.32 Tahun 2004 yangmenjadi landasan berlangsungnyasistem desentralisasi dan otonomidaerah di Indonesia. Denganadanya otonomi daerah tersebut,maka pemerintah pusat harusmemberikan pembagian kekuasaankepada daerah untuk mengelolasumber daya sehingga adanyatanggungjawab dari pemerintahdaerah untuk mengelola secaraefisien dan efektif yang nantinyamenjadi sumber daerah untukPendapatan Asli Daerah (PAD).

    "Pengembangan potensipariwisata di Tanjungpinang jugatelah terbukti mampu memberidampak positif dengan adanyaperubahan yang besar dalam hidupmasyarakat. Secara ekonomi pariwisa-ta memberi dampak dalam pendapa-tan income per kapita dan penam-bahan devisa negara," katanya.

    Pada dasarnya lanjut Esram,pembangunan destinasi pariwisatatidak hanya bertujuan untukmeningkatkan kunjungan wisatawansaja namun juga sebagai upayauntuk mendistribusikannya secaralebih proposional baik dari segijumlah maupun pendapatan daerahdan masyarakat.

    Tanjungpinang merupakan IbuKota dari Provinsi Kepulauan Riau,dimana beragamnya budaya, situs-situs sejarah dan pemandangan yangindah di kota ini, seperti wisatasejarah Pulau Penyengat, Wisata KuilReliji, Wisata Kebun Senggarang,Wisata Bahari Dompak, dan WisataKuliner, dapat menjadi potensipariwisata jika di kembangkandengan baik.

    Dipaparkan, dalam rangkameningkatkan promosi pariwisatadapat dilakukan yaitu mengembang-kan koordinasi dengan stakehoklderterkait. Dalam meningkatkan promosiperlu disusun program-programpemasaran pariwisata secara terpadudan dirancang bersama antarseluruh elemen pemangku kepentin-gan.

    Kemudian, menciptakan citradaerah tujuan wisata dalam hal iniwisata sejarah dan budaya dapatmemberikan pengalaman kepadawisatawan, meningkatkan usahapromosi obyek dan daya tarik wisatayang ada.

    Tujuan dari promosi ini adalahmembentuk meningkat-

    kan citra dari KotaTanjungpi-

    nang sebagai salah satu daerahtujuan wisata yang potensial.Sehingga menyebabkan naiknyatingkat kunjungan wisatawan.

    Disamping itu juga, mengem-bangkan materi informasi kepariwi-sataan. Usaha promosi produk wisatamelalui penyebaran brosur atau bukusaat ini perlu ditingkatkan lagi sepertipembuatan CD interaktif dan websitemengenai kepariwisataan untukmempromosikan kepariwisataan KotaTanjungpinang

    Mengembangkan kelembagaanyang dapat mendukung pemban-gunan kepariwisataan Kota Tanjung-pinang. Upaya kelembagaan yangdapat dilakukan dengan pembinaankelompok sadar wisata denganmenanamkan prinsip yang terdiriatas aman, tertib, bersih, sejuk, indah,ramah-tamah dan kenangan

    Pembinaan kelompok swadayamasyarakat dan kelembagaan lainnyayang terkait dan mendukungpengembangan wisata Kota Tanjung-pinang. Sebagian dari kelompok-kelompok wisata tersebut bergerak diberbagai bidang usaha jasa pariwisa-ta termasuk jasa homestay, cendrama-ta, jasa pemandu wisata dan lainnya.

    Berbicara mengenai kepariwi-sataan di Kota Tanjungpinangmemiliki kelebihan tersendiri perlupenanganan dan perhatian lebihoptimal dari seluruh elemen pemerin-tah dan pihak swasta. Potensipariwisata Tanjungpinang jugaberada pada wisata sejarah, wisatareligi dan wisata kuliner.

    Sebagai pusat bekas kerajaanJohor-Riau, Tanjungpinang benyakmenyimpan dan memiliki berndabersejarah dan peningggalan masalalu yang disebar di beberapawilayah Kota Tanjungpinang. TerlebihPulau Penyengat dengan segalapeninggalan sejarah didalamnyayang telah ditetapkan sebagaiwarisan budaya nasional. Penyengatmerupakan objek wisata yangmampu mengundang kedatanganwisatawan mancanegara danwisatawan domestik ke Tanjungpi-nang," papar Esram.

    Tanjungpinang lanjutnya, jugamemiliki potensi wisata kuliner, yangjustru terletak pada ketersediaan dankeanekaragaman masakan-masakantradisional dan penganan khasdaerah. Namun tentunya hal ini perludikemas lebih baik lagi, sehinggadapat dipasarkan lebih optimal.

    "Selain mengedepankan Pulaupenyengat sebagai destinasiunggulan pariwisata, saat ini PemkoTanjungpinang tengah mengem-bangkan wisata mangrove di kotarebah, bukit manuk dan taman buahdi Senggarang," katanya.

    Ini dilakukan jelas Esram sebagaistrategi untuk lebih mendukungupaya peningkatan kunjunganwisatawan luar negeri."Saat ini, kamitengah menyusun desain peningka-tan sarana dan prasarana di beberapaobjek pariwisata. Dengan dasarpemikiran bahwa kemudahan aksesdan kenyamanan merupakan faktoryang ikut menentukan peningkatanindustri kepariwisataan," ungkapnya.

    Narasi dan Foto :Disparekraf Tpi

    SAMBUTAN Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esrampada peluncuran logo Tanjungpinang Bedelau.

    SAMBUTAN Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono pada peluncuran logo TanjungpinangBedelau.

    FOTO bersama usai peluncuran logo Tanjungpinang Bedelau.

    PERSEMBAHAN Ihsan Idol dan Winda Idol pada peluncuran logo Tanjungpinang Bedelau.

    TARI persembahan pada peluncuran logo Tanjungpinang Bedelau.

    PENAMPILAN seni dan budaya lokal yang ditampilkan menjadikan gelaran ini sarat akan warnakeberagaman seni dan budaya yang dimiliki oleh Kota Tanjungpinang.

    MASJID Sultan Riau di Pulau Penyengat yang merupakan salah satu obyek wisata di KotaGurindam.

    TANJUNGPINANG International Dragon Boat Raceyang merupakan Annual Event di Kota Tanjungpinang.

  • Editor: Sofyan, Layouter: Novrizal JambakCMYK

    CMYK

    BatamRabu, 15 April 2015 9

    NONGSA (HK) Badan Penge-lolaan (BP) Batam selaku OtoritasPengelolaan Bandara Hang Nadimtelah menganggarkan dana Rp27miliar untuk perbaikan pagar danpengadaan CCTv di bandaratersebut. Ini dilakukan untukpengamanan sekaligus mengan-tisipasi masuknya penumpanggelap ke pesawat.

    " Sudah diajukan Rp27 miliar tahun iniuntuk perbaikan pagar dan pengadaan kamerapengintai (CCTv)," kata Kasubdit Humas danPublikasi BP Batam Ilham Eka Hartawanmelalui sambungan hanphonenya, Selasa (14/4).

    Ia menceritakan, pada Selasa (7/4) lalu,Mario Steven Ambarita berhasil masuk kekawasan Bandara Internasional Sultan SyarifKasim II Pekanbaru. Mario kemudian me-nyelinap ke pesawat Garuda Indonesia GA-177rute Pekanbaru-Jakarta dan bersembunyi dibagian roda.

    Untuk mengantisipasi supaya kejadianserupa tidak terjadi di Bandara Hang Nadim,Batam maka BP Batam merasa perlu mela-kukan perbaikan pagar dan menambah CCTvdi lokasi bandara yang memang sangat luas.

    " Lokasi Bandara Internasional HangNadim Batam sangat luas jadi butuh pe-ngamanan dan pengawasan ekstra. Perbaikanpagar juga butuh anggaran besar," kata Ilham.

    Menurut dia, kondisi pagar luar kawasan

    BATAM CENTRE (HK) Badan Kependudukan danKeluarga Berencana Nasion-al (BKKBN) kembali melaku-kan pendataan penduduk se-cara nasional pada 1 hingga31 Mei mendatang. Dan, un-tuk Provinsi Kepri, BKKBNKepri akan menerjunkan 3ribu kader sebagai pendata.

    " Untuk di Kepri, kita akanterjunkan 3 ribu pendata diseluruh Kepri," ungkap Kepa-la BKKBN Kepri, Sugiono dikantornya Batam Centre, Se-lasa (14/4).

    Untuk menjadi pendata,lanjut Sugiono, BKKBN sudahmelakukan Training of Train-er (ToT) kepada kader sebagaibekal latar belakang. Selainitu, BKKBN juga sudah me-lakukan orientasi pendataandi Kabupaten Natuna, Anam-bas, Bintan, Lingga dan Ka-rimun secara simultan.

    Tujuan dari pendataanitu, kata Sugiono, adalah un-tuk memperoleh data basiskeluarga dan individu anggo-ta keluarga, sehingga BKK-BN dapat melakukan inter-vensi dalam bidang kepen-dudukan dan KB.

    BP Batam Anggarkan Rp27 MiliarPerbaiki Pagar Bandara

    Gedung Puskesmas KampungCunting Tak Berfungsi

    BATUAJI (HK) Gedungpusat kesehatan masyarakat(Puskesmas) pembantu diKampung Cunting, Kelurah-an Tanjunguncang, Batuajiyang sudah selesai dikerja-kan, hingga kini belum jugadifungsikan. Padahal, kalaudilihat dari fisik bangunanterlihat sangat megah.

    Menurut keterangan war-ga sekitar, pembangunannyasudah rampung pada akhirDesember tahun 2014 lalu.Karena lama kosong, gedungPuskesmas ini jadi menakut-kan pada malam hari.

    Belum difungsikannya ba-ngunan puskesmas itu menja-di tanda tanya besar di benakwarga sekitar. Bangunan yangcukup mewah itu selayaknyasudah bisa digunakan. Sebel-umnya, warga juga sudah per-nah meminta Dinas Keseha-tan Kota Batam segera meng-gunakan gedung ini tapi tak

    ada tanggapan.Yamidi, warga setempat,

    mengatakan, bangunan Pus-kesmas ini sudah tiga bulanselesai dikerjakan dan kemu-dian dijanjikan akan difung-sikan Maret lalu.

    Tapi, sampai sekarangbelum ada tanda-tanda ban-gunan ini akan difungsikan.Bangunan ini dinilai hanya

    membuang-buang anggaran." Janjinya Maret kemarin

    difungsikan, tapi sekarangsudah April belum juga di-fungsikan," kata Yamidi, ke-marin.

    Dikatakan dia, terus ter-ang, warga sekitar ini sangatmengharapkan keberadaan

    BP Batam Hal 10

    Perantau Kijang Hal 10

    PariadiLiputan Batam

    BKKBN Terjunkan 3 Ribu KaderPendataan Kependudukan 2015 di Kepri

    BKKBN Terjunkan Hal 10

    Gedung Puskesmas Hal 10

    Bocah Hilang di Hutan SeitemiangSEKUPANG (HK) MaretIqbal Harianto (12) alias Iqbal,pelajar kelas 5, Madrasah Ibtid-aiyah (MI) Mardotillah Keca-matan Batuampar dilaporkanhilang di hutan Seitemiang,Sebtu (7/4) lalu.

    Iqbal yang saat itu meng-gunakan baju gamis warna kun-ing, bercelana dongker serta ber-peci hitam, hilang usai menun-aikan shalat Ashar di MasjidNur Anwar, Seitemiang, Kelu-rahan Tanjung Riau, Kecama-

    tan Sekupang.Kedatangan Iqbal di ka-

    wasan itu bersama adik danibundanya Intan Sitqomah (35)untuk menemui saudaranya diKebun Sayur, Seitemiang. Se-mentara Iqbal sendiri tinggal di

    Bengkong Sadai Blok B nomor14, Kecamatan Bengkong.

    " Warga yang sudah berusahamencari Iqbal beramai-ramai, diseputaran perkebunan dan hutan

    Bocah Hilang Hal 10

    PerantauKijang BakalGelar Mubes IBATU AMPAR (HK) Sejumlah perantau

    asal Kijang akan menggelar musyawarah

    besar (Mubes) pertama pada tanggal 19 April

    2015 mendatang. Adapun tema yang diusung

    dalam Mubes tersebut "Kenal Dekat Saudara

    Separantauan Kijang ".

    Menurut Ketua Panitia Perwira Gatra,

    peserta Mubes tidak hanya mereka yang

    tinggal di Kepri, tetapi juga di daerah lain

    seperti Jakarta, Malaysia dan Singapura.

    " Panitia juga mengundang warga Kijang

    yang tinggal di pulau-pulau sekitar Kijang,

    Banjir di Simpang BarelangBelum Bisa Diatasi

    PERLIHATKAN FOTO-Intan Sitqomah (35),memperlihatkan foto MaretIqbal, anaknya yang hilang diKebun Sayur, Seitemiang,Sabtu (11/4). Saat itu, Iqbalmengenakan baju gamis.

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    GEDUNG PUSKESMAS yang belum difungsikan.

    SEKUPANG (HK) Hingga saat

    ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU)

    Kota Batam belum bisa mengatasi

    banjir yang menggenangi Simpang

    Barelang tepatnya menuju KUA

    Sagulung, Selasa (14/4).

    Meskipun ruas jalan raya itu

    merupakan jalan nasional yang

    dibuat melalui Kementerian Peker-

    jaan Umum Pusat. Tetapi hal terse-

    but menjadi terkendala, karena

    lambatnya antisipasi instansi ter-

    kait mengatasi banjir.

    " Lokasi tergenangnya banjir itu

    ruas jalan nasional. Dari Simpang

    Panbil hingga Sim-

    pang Basecame,ter-

    masuk paritnya,"

    ujar Kepala Dinas Pe-

    kerjaan Umum (PU)

    Batam Yumasnur,

    kemarin.

    Ia menyebutkan,

    tidak hanya ruas jalan

    nasional yang menjadi

    kendala.Tetapi lokasi

    jalan yang menyekung

    ditambah derasnya air

    hujan, membuat badan

    jalan cepat terendam air. Kondisi itu

    sudah dilaporkannya ke Kementrian

    PU melalui Satuan Kerja (Satker). "

    Kita sudah laporkan Kementrian pusat

    melalui satker. Namun belum diket-

    ahui, apakah hal itu sudah dalam pen-

    anganan atau belum," ujarnya.

    Walaupun jalan tersebut, ranah-

    nya Kementrian Pusat, PU Batam

    tetap memantau jalan yang ter-

    genang banjir. Namun Dinas PU

    Kota Batam mengakui, permasalan

    banjir selalu terjadi di kota besar.

    Pertumbuhan pembangunan

    baik rumah dan ruko, menjadi salah

    satu faktor tertutupnya drainaise

    hingga mengakibatkan banjir. Con-

    tohnya, dari simpang Muka Kuning

    menuju Batuaji banyak bangunan

    yang sedang dalam pengerjaan.

    Tentu resapan air hujan tidak

    tertampung lagi akibat banyaknya

    pohon yang sudah ditebang.

    "Perkembangan Batam sangat ce-

    pat, tidak jauh dari lokasi banjir

    simpang Barelang, banyak pemban-

    gunan yang tengah dilakukan aki-

    batnya drainase tersumbat," kata

    Yumasnur.(cw94)

  • Editor: Sofyan, Layouter: Syahril

    Metro Batam 10Rabu, 15 April 2015

    Bocah Hilang Dari Halaman 9

    BP Batam Dari Halaman 9

    Seitemiang. Tapi, tetap tidakmenemukan Iqbal," kata Intanberurai air mata.

    Menurut Intan, Iqbal ituanak yang penurut dan selalutaat beribadah, apalagi setelahsetelah ayahnya meninggal.

    " Ketika di masjid, sayashalat bersama jamaah lain-nya. Tapi, saya tidak melihatIqbal. Usai shalat dan berdoasaya hanya melihat adik Iq-bal, Margareta yang ikut sha-lat Ashar berjamaah itu. Taklama, datang Iqbal dan diashalat Ashar sendiri," terangIntan ini.

    Usai anak sulungnya itusholat dia memanggil Iqbaldan menanyakan kenapashalat Ashar berjamaah ter-lamat, dekat tempat lokasiberwuduk di masjid kebunsayur itu.

    " Iya mak, aku terlambatshalat lantaran menolong se-orang anak kecil yang terjatuhke parit depan itu. Lalu, akuantarkan dia pulang ke ru-mahnya di ujung sana," jawabIqbal seperti ditirukan Intan.

    Penasaran, Intan pun me-nanyakan berapa umur anakkecil yang ditolongnya itu dandimana rumhanya.

    lalu, Iqbal mengajak Intandan adeknya menunjukan ru-mah anak kecil yang di to-longnya tadi.

    Intan pun mengikuti lang-kah Iqbal yang sudah berlariduluan di jalan kecil berse-mak di perkebunan sayur itu.

    " Tiba-tiba, ada orang ya-ng berteriak maling...ma-ling... Lalu, anak saya Iqbalketakutan dan berlari den-gan kencang mendengar teri-

    akan itu, entah arah kemana.Saat itu, saya berusaha

    mengikuti Iqbal dari bela-kang bersama adeknya," ter-angnya.

    Merasa tidak melihat Iq-bal lagi dari pandangan ma-tanya, Intan menanyakankepada pemilik kebun yangsedang berdiri dekat rumah-nya.

    " Pak, apa ada melihatanak saya dengan berbajukoko kuning, celana dongker,serta memakai peci hitammelintas disini...?. Lalu, or-ang itu menjawab, ada. Tadidia berlari ke arah semak-semak yang menuju jalanraya itu. Lalu saya denganMargareta mengejarnya hing-ga tembus ke jalan raya. Tapi,saya panggil-panggil Iqbalsudah tidak tampak lagi dan

    tidak tau lagi dia lari arahkemana," tutur Intan.

    Perangkat RT Kebun Sa-yur Seitemiang, Salma men-gungkapkan, mereka sudahberupaya mencari Iqbal ke-mana-mana secara beramairamai hingga larut malam.

    Namun, hingga hari keti-ga Iqbal tidak ketemu juga.Makanya pada hari Sabtu(11/4) lalu, kami membuatlaporan ke Polsek Sekupangtentang anak hilang.

    Kapolsek Sekupang, Ko-mpol Rimsyahtono mengakusudah menginformasikan kemasyarakat di seputaranBatuaji dan Sekupang.

    Bagi warga yang melihatMaret Iqbal Harianto (12)alias Iqbal dengan ciri-ciri diatas, segera menghubungi pi-hak Kepolisian. (vnr)

    Puskesmas. Sebab, bila adayang sakit ringan, mereka takperlu lagi ke rumah sakit.

    Untuk itu, ia berharapkepada Pemerintah Kota agarsegera memfungsikan gedungpuskesmas ini. Jangan hanyajanji-janji saja, karena wargadi sini sudah muak dengan

    janji-janji yang tak pernahditepi. " Saya harap Puskes-mas ini segera difungsikan,jangan janji-janji terus,"ucapnya.

    Di tempat yang sama, Suli-mah yang rumahnya persis didepan gedung Puskesmasnyajuga menuturkan hal yang

    sama. Jika gedung puskesmasini difungsikan pasti kebe-radannya tidak lagi menakut-kan pada malam hari.

    " Gara-gara gedung puske-mas ini, saya jadi takut kelu-ar malam. Apalagi beberapawarga mengaku pernah meli-hat sosok yang menyeramkan

    di gedung puskesmas itu,"ujarnya.

    Sulimah sangat meng-harapkan gedung puskesmasini bisa segera digungsikan.Dengan demikian, jika adaanggota keluarganya yangsakit, tak perlu jauh lagi per-gi ke rumah sakit. (ded)

    Gedung Puskesmas Dari Halaman 9

    Bandara Internasional HangNadim Batam saat ini ba-nyak yang sudah rusak meskipada bagian dalam sekitarlandasan juga ada pagar pe-ngaman lagi.

    " Jadi, selain mengandal-kan pagar. Nantinya, semuasisi juga akan terpantauCCTv. Peningkatan penga-manan ini untuk memasti-kan tidak ada gangguan da-lam penerbangan di HangNadim Batam," kata Ilham.

    Dikatakan dia, bandaraInternasional Hang Nadim

    Batam memiliki seluas 1.700hektare. Dari jumlah terse-but baru 25 persen yangdimanfaatkan. Antara lainuntuk landasan pacu, ter-minal penumpang dan kargo,area parkir, dan pusat per-baikan pesawat milik LionGroup.

    Sisanya sekitar 75 persenmasih berupa hutan lindung,meski di dalamnya juga ter-dapat pemukiman tidak be-rizin. Meski sudah berkali-kali ditertibkan namun, pe-mukiman tidak berizin ter-

    sebut terus tumbuh.Bandara Internasional

    Hang Nadim Batam memilikilandasan pacu hingga 4,025kilometer dengan kapasitaspenumpang mencapai limajuta orang per tahun. Pada2014, jumlah penumpang su-dah mencapai 4,8 juta orang.

    " Untuk sementara, petugasDirektorat Pengamanan (Dit-pam) BP Batam akan selalukeliling memastikan agar tidakada penyusup masuk kawasanterlarang bandara," kata Ilhammengakhiri. ***

    " Dengan data yang riel,kita dapat melakukan inter-vensi dalam membangun ke-luarga sejahtera," katanya.

    Dari hasil pendataan nan-ti, akan tergambar berapakeluarga yang menggunakanKB, jenis KB yang digunakan,dan berapa jumlah bayi un-tuk dapat dimasukkan da-

    lam program bina keluargabalita.

    Untuk sistem pendataan,3 ribu kader yang dilengkapidengan tanda pengenal akanmendatangi langsung rumahsetiap keluarga atau pen-gumpulan data by name byaddres selama tanggal diten-tukan di atas.

    Selain informasi tentangpendataan, dalam kesempa-tan itu juga disampaikan bah-wa pada Tanggal 29-30 Aprilmendatang bertempat di Tan-jungpinang akan dilakukanRapat Kerja Daerah (Rakerda)

    " Sebagai tindak lanjutdar Rakernas sebelumnya,"ucap Sugiono didampingi se-

    jumlah stafnya.Dalam Rakerda tersebut,

    akan dilakukan evaluasi terha-dap kinerja di tahun 2014, ter-masuk apa capaian-capaian,apa kendala dan apa inisiatifbaru dalam mensukseskan pro-gram BKKBN."Kita juga akanmerencakan program di tahun2015," pungkasnya. (ays)

    BKKBN Terjunkan Dari Halaman 9

    Untuk Pilwako Batam

    PAC Gerindra Jagokan Iman

    DOK

    IMAN Sutiawan saat foto bersamaSekretarisnya Wawan Koswara.

    Perantau Kijang Dari Halaman 9baik di Pulau Dendun,

    Mantan Besar, Numbing,

    Mapur, Koyang, termasuk

    warga Kijang darat baik war-

    ga Batu Km 18, Korindo Aba-

    di dan daerah lainya yang

    masuk dalam daerah Kijang,"

    kata Perwira.

    Ia menyebutkan, tujuan

    digelarnya Mubes, selain un-

    tuk menjalin tali silaturahmi

    sesama perantau Kijang yang

    tersebar di Indonesia dan luar

    negeri, juga dilakukan pe-

    milihan ketua yang akan me-

    mimpin paguyuban ini dua

    tahun kedepan 2015-2017.

    " Untuk calon ketua su-

    dah ada tujuh orang yang

    menyatakan akan maju. Na-

    mun mereka belum meleng-

    kapi syarat adiministrasi.

    Nama-nama tersebut ada-

    lah Ahmad Mipon,Hoksin,-

    Alam Sharudin, M.Sahyuti,

    Herli Irawan, Dwi Suwando

    dan Perwira Gatra ," ujar

    Perwira yang ditemui di

    Nagoya, Senin (13/4).

    Lena Kamarul, panitia

    lainnya mengimbau seluruh

    warga Kijang di Batam ber-

    partisipasi atau paling tidak

    hadir pada acara ini. Ia me-

    ngatakan warga Kijang yang

    tinggal di Batam diperki-

    rakan sekitar 800 orang.

    " Tokoh masyarakat Ki-

    jang sudah berhasil juga di-

    undang di acara tersebut

    antara lain HM Sani yang

    sudah 25 tahun tingal di Ki-

    jang dari 1964-1987, As-

    man Abnur yang besar di

    Kijang, Eko Prasojo Wakil

    Menteri Pendayagunaan

    Aparatur Negara dan Re-

    formasi Birokrasi Indonesia

    dan masih banyak yang

    lain tokoh dari kijang yang

    belum terekpos di pub-

    lik,"jelas Lena. (cw93)

    BATAM CEBTRE (HK) Langkah Ketua DPC PartaiGerindra Batam, Iman Su-tiawan menuju pencalonan se-bagai kandidat pada Pemili-han Walikota (Pilwako) Batamyang diusung oleh Partai Gerin-dra, tinggal selangkah lagi.

    Pasalnya, mayoritas Ket-ua Pimpinan Anak Cabang(PAC) Gerindra Batam ter-ang-terangan memberikandukungan ke Iman Sutiawan.

    "Kinerja Pak Iman Su-tiawan selama 5 tahun tera-khir sudah kita lihat bersama,Pak Iman berhasil mengantar-kan 6 perwakilannya di DPRDBatam, karenanya ini menjadipertimbangan kita bersama,"demikian penggalan kalimatdukungan yang disampaikanoleh Ketua PAC Gerindra Sei-beduk, Nurdin Ariyanto, saatmemberikan pandangan di ac-ara Rakorcab DPC GerindraBatam, kemarin.

    Tinggal satu langkah yangdimaksudkan, lanjut Nurdin,bahwa ketuanya hanya me-nunggu restu dari Dewan Pimp-inan Pusat (DPP) Gerindra se-laku pemegang mandat kebija-kan siapa yang akan diusungGerindra di Pilwako. Karenamenurutnya, dua komponentpenting yakni pengurus dankader partai dan juga sejumlahpaguyuban sudah terang-teran-gan memberikan dukungan.

    "Tinggal restu DPP, karenakita di pengurus dan juga sejum-lah paguyuban sudah bulatmendukung pak Iman," tegasNurdin ke Haluan Kepri, Selasa

    (14/4) di bilangan Batam Cen-tre. Sejumlah paguyuban yangtelah memberikan dukungan keIman, yakni paguyuban ma-syarakat Nusa Tenggara Timur(NTT), paguyuban warga Sun-da, paguyuban Palembang danjuga paguyuban masyarakatlainnya.

    "Pemberitaan di media,sejumlah paguyuban sudahmemberikan pernyataan si-kap mendukung Iman untukdidukung oleh Gerindra kePilwako," katanya.

    Sebelumnya Tokoh ma-syarakat asal NTT di Batam,Ibrahim Weto dan AhmadHasan menilai Iman Sutia-wan yang telah dipercaya se-bagai Ketua DPC Partai Ger-indra Batam dan sekaligusdipercaya sebagai Wakil Ket-ua II DPRD Batam, tentu

    sudah terseleksi secara ke-mampuan dan sangat layaktampil sebagai pemimpin.

    "Seorang Iman sudah terujimemimpin partai besar Gerin-dra, dan ia juga sudah menja-di simbol partai di Legislatif,kami mendukung Iman maju diPilwako Batam," ujar IbrahimWeto baru-baru ini.

    Senada disampaikan Ah-mad Hasan, bahwa Imansangat cocok mendampingiRudi yang mantap maju se-bagai cal