Haluan kepri 24nov15

Click here to load reader

  • date post

    24-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    291
  • download

    8

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 24nov15

Transcript of Haluan kepri 24nov15

  • MulaiMULAI adalah kata yang penuh kekuatan. Cara terbaikuntuk menyelesaikan sesuatu adalah, mulai. Tapi jugamengherankan, pekerjaan apa yang dapat kita selesai-

    kan kalau kita hanya memulainya. (Clifford Warren)

    Millane Fernandez

    Suka Tantangan

    CMYK

    CMYK

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Selasa, 24 November 2015

    12 Safar 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 24/11 TAHUN KE 14

    Suka Tantangan Hal 7

    PB HMI Hal 7

    Barca Siap Hal 7

    Warga Ruli Hal 7

    JAKARTA (HK) Sejak kembali keIndonesia pada 2006, MillaneFernandez bukan hanya me-ngepakkan sayapnya di duniamusik. Wanita 29 tahun ini jugapernah main film, tepatnya diaberakting Terowongan Casa-blanca pada tahun 2007.

    Lama tak ada kabar tentangaktingnya, Millane ternyata se-dang fokus dengan karirnya dimusik. Tapi bukan berarti adikNino Fernandez ini tak adakeinginan untuk main film.

    "Aku lagi bener-bener superkonsen menyanyi. Coba kalauada yang peran penyanyi ataukonser film musik," kata Millanesaat ditemui di bilangan Ten-dean, Jakarta Selatan, beberapawaktu lalu.

    Bukan hanya ingin berperansebagai seorang musisi dalam

    Barcelona sedang panas-panasnya. Akhirpekan kemarin pasukan Luis Enrique tampilspektakuler dan membantai sang rival abadiReal Madrid 4-0 di Santiago Bernabeu untukmemantapkan posisi mereka sebagai pemimpin

    klasemen sementara La Liga. Sementara itu, I Lupi(julukan AS Roma) ditahan tuan rumah Bologna 2-

    Barca Siap Sambut Serigala RomaBARCELONA VS AS ROMARabu (25/11) Pkl. 02:45 WIB di beIN 2

    BARCELONA (HK) Barcelona akanmenjamu AS Roma di matchday 5 Grup ELiga Champions 2015/16, Rabu (25/11)dinihari WIB. Melihat perbedaan formkedua tim, laga di Camp Nou ini se-pertinya akan jadi sebuah arenaperburuan, yakni perburuan seri-gala-serigala Roma oleh Barcelona.

    Warga Ruli JodohHadang PolisiPenggusuran PemukimanDekat Hotel Oasis

    BATAM (HK) Penggusuran pemukiman liar dekat HotelOasis, Jodoh, Kecamatan Batuampar, Batam, Senin (23/11),oleh ratusan aparat gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan BPBatam mendapat perlawanan dari pemilik rumah. Puluhanwarga pemilik rumah liar (ruli) itu menghadang petugasdengan cara memblokade jalan sambil membawa senjataseperti panah dan samurai.

    Pariadi dan AriefLiputan Batam

    Warga juga memblokade jalan de-ngan cara memalangkan kayu, ke-mudian membakar ban. Aksi nekatini tak cuma diikuti pria dewasa, me-lainkan ibu rumah tangga dan anak-anak. Mereka bersatu menghadang

    aparat yang dilengkapi senjata apidan perlengkapan anti huru-hara.

    Sontak saja, aksi perlawanandari puluhan warga RT 04 RW 06Kelurahan Sei Jodoh itu, langsungdiladeni petugas. Untuk menghalaumassa yang membawa senjata ta-jam, aparat kepolisian melepaskan

    PEKANBARU (HR) Pengurus Besar (PB) Him-punan Mahasiswa Islam(HMI) menyayangkan aksiyang tidak terpuji dila-kukan penyemarak darioknum HMI asal Makas-sar, yang terjadi dalam

    beberapa hari terakhir.Selain itu, PB HMI ju-

    ga meminta maafkepada segenap la-pisan masyarakatRiau atas kejadiantersebut.

    PB HMI Minta Maaf

    HALUAN RIAU

    DELAPAN Rombongan Liar HMI di tangkap petugaskepolisian Polda Riau bersama Jajaran Polresta Pekanbaru,Senin (23/11).

    EVAKUASI NENEK Dua petugas polisi mengevakuasi seorangnenek, salah satu penghuni rumah liar dekat Hotel Oasis Jodoh,Batuampar, Batam, saat pemukiman tersebut hendak dibongkarpaksa, Senin (23/11). Aparat gabungan menembakkan gas air matauntuk membubarkan warga yang anarkis.

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Andika Kurniawan

    Politik 2Selasa, 24 November 2015

    Ilham & GaniLiputan Karimun

    PERBAWASLU RI NOMOR 10 TAHUN 2015

    TENTANG

    PENGAWASAN KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR

    DAN

    WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI

    SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA

    Pasal 15

    1. Bawaslu melakukan supervisi dan pembinaan kepadaBawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota terhadappelaksanaan pengawasan Kampanye Pemilihan.2. Bawaslu Provinsi melakukan supervisi dan pembinaankepada Panwas Kabupaten/Kota terhadap pelaksanaanpengawasan Kampanye Pemilihan.3. Panwas Kabupaten/Kota melakukan supervisi danpembinaan kepada Panwas Kecamatan terhadap pe-laksanaan pengawasan Kampanye Pemilihan.4. Panwas Kecamatan melakukan supervisi dan pembinaankepada PPL dan Pengawas TPS terhadap pelaksanaanpengawasan Kampanye Pemilihan.

    Pasal 16

    1. Dalam rangka optimalisasi pengawasan tahapanKampanye Pemilihan, Bawaslu, Bawaslu Provinsi, danPanwas Kabupaten/Kota dapat melakukan kerja samadengan instansi/lembaga terkait.2. Kerja sama sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dilakukan dengan prinsip kemandirian, keterbukaan,keadilan, kepastian hukum, profesionalitas, akuntabilitas,efesiensi, dan efektivitas sesuai dengan ketentuanPeraturan Bawaslu tentang Pedoman KerjasamaPengawasan Pemilihan Umum.

    Pasal 17

    1. Bawaslu melakukan koordinasi dengan Komisi PenyiaranIndonesia dan Dewan Pers mengenai pengawasanpemberitaan dan penyiaran Kampanye.2. Bawaslu Provinsi melakukan koordinasi dengan KomisiPenyiaran Indonesia Daerah mengenai pengawasanpemberitaan dan penyiaran Kampanye.

    KOLOM PANITIAPEMILIHAN KOTABATAM

    TAHUN 2015

    Debat Kandidat Paslon Karimun

    Aunur Rafiq Mampu Pukau HadirinKARIMUN (HK) Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Karimun menggelar debatkandidat tiga pasangan calon Bupati danWakil Bupati Karimun, yakni pasangan no-mor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (AR-AH), nomor urut 2 pasangan Agus Riono-Darwis (Armada) dan nomor urut 3 pasanganRaja Usman Aziz-Zulkhainen (Rusuk Be-razam) di Hotel Aston Karimun, Senin (23/11).

    Debat kandidat tersebutdipandu seorang moderatordari kalangan akademisi yak-ni Prof DR Firdaus, Guru Be-sar di Universitas Riau (Un-ri) sekaligus Wakil Rektor IUniversitas Maritim Raja AliHaji (Umrah) Tanjungpinang.Sang moderator merupakanputera asli Kepulauan Riaukelahiran Dabo, KabupatenLingga.

    ARAH yang diberi ke-sempatan pertama menyam-paikan visi-misinya suksesmemukau penonton yang me-menuhi ruangan lantai tujuhHotel Aston tersebut. AunurRafiq yang kebagian tugasmembacakan Visi-misi pa-sangan incumbent ini mampumenyesuikan waktu yang di-berikan moderator selama 5menit.

    Rafiq yang saat ini masihmenjabat sebagai Bupati Ka-rimun mampu menguasai se-cara penuh acara debat kandi-

    dat tersebut. Dari awal debathingga penutupan, Aunur Rafiqsecara terperinci menjelaskanKarimun dalam angka, mulaidari pertumbuhan ekonomihingga jumlah penganggurantanpa membaca konsep.

    Dalam visi-misinya, pa-sangan ARAH berjanji akankembali melanjutkan pemban-gunan yang telah dilakukan,ketika Rafiq menjadi WakilBupati Karimun selama 10tahun. "Visi kami, terwujudnyaKabupaten Karimun sebagaipusat pertumbuhan ekonomiberbasis maritim yang ter-depan berlandaskan iman dantaqwa," ungkap Rafiq.

    Ada tujuh misi yang dis-ampaikan pasangan ARAH,namun yang terpenting pa-sangan ini berjanji akan me-majukan ekonomi kerakya-tan. Jika terpelih, merekaakan menganggarkan pelati-han tenaga kerja sebesarRp7-8 miliar.

    Armada lebih cenderungmemuji keberhasilan pasan-gan ARAH dalam memimpinKarimun. Agus Riono selaku

    calon Bupati menyebut, mere-ka hanya akan mengisi ke-kurangan yang belum dilaku-kan pasangan incumbent ini."Kami memang belum pernahmemimpin Karimun, kamiakan mengisi kekurangan yangbelum dilakukan pemimpinterdahulu," ungkap Agus.

    Sementara, pasanganRusuk Berazam dari jalur in-dependen lebih menekankanpada persoalan penegakansupremasi hukum di Kari-mun. Pasalnya, Zulkhainenselaku calon Wakil Bupatimemiliki latar belakang hu-kum dan sehari-hari bekerjasebagai notaris.

    Debat kandidat itu tera-sa hidup ketika Raja Usman,calon Bupati Karimun daripasangan Rusuk Berazammempertanyakan kepadaAunur Rafiq apakah kapasi-tasnya saat ini sebagai calonWakil Bupati atau BupatiKarimun. Pertanyaan itu di-jawab Rafiq dengan menye-but, apa yang disampaikan-nya karena dia mengetahuiapa saja sudah dilakukansebagai Bupati Karimun danyang akan dilakukan jika ter-pilih nantinya.

    Ketua KPU KabupatenKarimun, Ahmad Sulton me-ngatakan, debat kandidatyang digelar tersebut meru-pakan rangkaian tahapanpelaksanaan Pilkada Kari-mun, yang difasilitasi olehKPU Kabupaten Karimun.Dengan tujuan untuk membe-dah visi dan misi strategi danprogram dari masing-masingpasangan calon.

    "Debat ini pertama kalidiselenggarakan dalam se-jarah Pilkada Karimun, den-gan harapan seluruh hadirinyang menyaksikan dapat me-lihat program dalam penge-mbangan Karimun kedepan.Kita juga berharap seluruhtahapan dapat berjalan lan-car aman dan kondusif, seh-ingga seluruh masyarakatdapat dengan gembira dantenang datang ke TPS pada 9

    Desember mendatang dalammenentukan pilihannya," ka-ta Sulthon.

    Sayangnya, dari debatkandidat yang digelar itu ha-dirin tidak diberikan kesem-patan untuk melemparkanpertanyaan kepada masing-masing pasangan calon. Seh-ingga menuai pertanyaan mi-ring lantaran ada salah satupasangan yang dengan lancarmampu menjawab pertan-

    yaan dari panelis. Berikutdengan bukti-bukti atau ang-ka yang dipaparkan seolahtelah terjadi kongkalikongsebelum debat dimulai.

    Ahmad Sulton memban-tah atas apa yang disangka-kan tersebut. Ia mengaku timpanelis baru kemarin malam(Minggu malam Senin-red)merumuskan pertanyaan un-tuk masing-masing pasan-gan calon dan tidak ada yang

    tahu apa saja yang disiapkan. "Tidak ada seperti itu,

    pertanyaan baru disiapkantadi malam dan tidak ada ko-munikasi sama sekali. Kitahanya menyampaikan sebe-lum debat digelar telah men-gundang pasangan calon gunamenjelaskan materi yangakan kita muat. Sehingga me-reka