Haluan kepri 24jul15

Click here to load reader

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    320
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 24jul15

Transcript of Haluan kepri 24jul15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: M Syahdan, Layouter: Ricoh Polda

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Jumat, 24 Juli 20157 Syawal 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 24/7TAHUN KE 14

    Sikap Anda"BUKAN kecerdasan Anda, melainkan sikap Anda -

    lah yang yang akan mengangkat Anda dalamkehidupan." (bc)

    Jenguk AyahVelove Vexia

    Jenguk Ayah Hal 7

    2 Tersangka Hal 7

    Ada Siswi Hal 7

    2 Tersangka KKP DitahanKARIMUN (HK) Penyidik Kejaksaan Negeri TanjungbalaiKarimun akhirnya menahan dua tersangka kasus dugaankorupsi pembangunan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)Karimun senilai Rp3,4 miliar. Kedua tersangka adalah Ri,mantan Kepala KKP Karimun dan MZ, Pejabat PembuatKomitmen (PPK) pemba- ngunan gedung KKPtersebut. Keduanya dita- han di Rutan Karimun,Kamis (23/7) siang.

    JAKARTA (HK) Artis peran danmodel Velove Vexia (25) akhirnyadapat menjenguk ayahnya, pe-ngacara Otto Cornelius Kaligis,tersangka kasus dugaan suaphakim Pengadilan Tata UsahaNegara (PTUN) Medan, di RutanPomdam Guntur, Kamis (23/7).Untuk diketahui, semingguyang lalu Velove belum men-dapat izin dari Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK).

    "Hari ini (kemarin) faktanya,keluarga diberi kesempatan me-nemui Pak OC Kaligis," ucap jurubicara keluarga Velove, pengacaraAfrian Bondjol, kepada wartawan diPomdam Jaya Guntur, Jalan SultanAgung Nomor 33, Manggarai, Gun-tur, Jakarta Selatan.

    Pemeran sinetron, SeindahSenyum Winona ini datang keGedung KPK bersama sejumlahkerabatnya sekitar pukul 09.30 WIB.Mereka membawakan makananuntuk Kaligis dan diperiksa olehpetugas KPK. Sekitar 15 menitkemudian, Velove yang menge-nakan baju putih dan kacamatagelap keluar dari Gedung KPK.

    Sebelum ditahan, kedua ter-sangka yang tidak didampingi pe-ngacara ini menjalani pemerik-saan selama lebih kuranglima jam mulai pukul09.00 WIB hingga pukul13.45 WIB. Usai pemerik-

    saan kedua tersangka langsungdigiring ke Rutan Klas IIB

    Tanjungbalai Karimunmenggunakan mobil To-

    yota Innova warna hi-tam BP 1888.

    IlhamLiputan Karimun

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    TERSANGKA DITAHAN Dua tersangka dugaan korupsi pembangunan Gedung KKP Tanjungbalai Karimun, Ri dan MZ dikawal petugas kejaksaan saat menuruni anak tangga gedung KejariTanjungbalai Karimun. Keduanya langsung ditahan, usai menjalani pemeriksaan, kemarin.

    Ada Siswi Kelas VI SD Jadi PSK PanggilanBANDUNG (HK) Praktik wanita panggilan (gadis penghibur)di Bandung sulit dibendung. Bahkan usia perempuan pang-

    gilan tidak lagi dipedulikan. Ada anak yang baru duduk dikelas IV SD atau berumur 12 tahun pun dijadikan Alya (se-

    butan wanita panggilan).

    Kasus ini diungkapkan Ke-tua Pusat Pelayanan TerpaduPemberdayaan Perempuandan Anak (P2TP2A) Jawa Ba-rat, Netty Prasetiyani Her-

    yawan di Gedung Sate, Ban-dung, Kamis (23/7).

    Netty menjelaskan, anak ter-

    sebut sudah lama menjalani pekerjaanini. Anak ini memiliki ojek langganandan nomor ponsel tertentu yang bisamenghubungkan dia dengan pelang-gannya. "Bahkan di luar jam melayanipelanggannya, dia melayani tukangojeknya," ucap Netty.

    164 PerusahaanDilaporkan ke Kejari Tpi

    Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan Rp3 M

    TANJUNGPINANG (HK) Seba-nyak 164 perusahaan di Tanjung-pinang (Tpi) dan Bintan akan dila-porkan pihak BPJS ke KejaksaanNegeri (Kejari) Tanjungpinang da-lam waktu dekat ini. Laporan inilantaran perusahaan tersebut me-nunggak pembayaran iuran BPJSkesehatan dan ketenagakerjaan

    selama 4 bulan terakhir sebesarRp3 miliar lebih.

    "Dalam waktu dekat, daftar na-ma 164 perusahaan tersebut akankita serahkan ke pihak Kejari Tan-jungpinang untuk ditindak lanjutisesuai kesepakatan dan aturan hu-kum berlaku,"ucap Kepala Kantor

    164 Perusahaan Hal 7

    2 Provokator KerusuhanTolikara Ditangkap

    PAPUA (HK) Kepolisian Daerah (Pol-da) Papua menangkap dua provokator pe-nyerangan umat Islam saat salat Id diDistrik Karubaga, Tolikara, Papua, Ka-mis (23/7) sekitar pukul 17.00 WIT.Kedua provokator yang saat ini sudahditetapkan tersangka adalah HK danJW. Mereka adalah dari kubu yang me-nyerang lawan dan melakukan perusa-kan dan pembakaran. Keduanya akan

    2 Provokator Hal 7Yotje Mende

    Perampok Bersenpi Gasak Toko di BatamUang Rp2,7 M Dibawa Kabur Pelaku

    BATAM (HK) Kawanan ram-pok bersenjata api (bersenpi)berjumlah sekitar enam orangberaksi di Toko Planet Electro-nics, Kompleks Bumi Indah BlokI No 21/22 Nagoya, Batam, Kepu-lauan Riau, Kamis (23/7) sekitar

    pukul 17.30 WIB.Uang tunai senilai Rp2,7 mi-

    liar berhasil dibawa kabur pen-jahat tersebut. Bukan hanya itusaja, pelaku juga sempat me-mukul pemilik toko hingga kor-ban mengalami luka-luka.

    Informasi di lapangan menye-butkan, kawanan rampok datangke toko tersebut mengendaraimobil. Satu pelaku stand bay dimobil (sopir) dan lima lainnyamasuk ke dalam toko.

    Awalnya mereka berpura-pura belanja. Karena saat itu

    Perampok Bersenpi Hal 7

    NOV IWANDRA

    TOKO Planet Electronics, Nagoya yang digasak perampok.

    Ilustrasi

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    EKONOMI 2Jumat, 24 Juli 2015

    RALATSehubungan dengan Pengumuman KeduaLelang Eksekusi Hak Tanggungan PTBSM Cabang Tanjung Pinang, yang terbitdi Koran Haluan Kepri tgl 23 Juli 2015- No. 2. Tertulis Sebidang tanah seluas

    103,5 m2, seharusnya 96M2- No. 3 Tertulis SHM No. 7495/Tg Batu

    Sembilan, seharusnya SHM No. 7495/Batu SembilanUang Jaminan Tertulis Rp. 215.0004.000,seharusnya Rp. 215.004.000

    - No. 4. Tertulis SHM No. 3125/TG AyunSabatu Sembilan, Seharusnya SHM No.6125/Batu Sembilan

    TELAH HILANG1 (satu) lembar gambar

    Penetapan Lokasi asli an.PT. PUTRA FLONARA PERKASA

    Nomor : 25.21091081.04,tanggal 28 Juli 2005

    yang dikeluarkan olehKantor Otorita Batam

    2019, Tenaga Kerja Terserap 44.000JAKARTA (HK) Kepala Badan KoordinasiPenanaman Modal (BKPM) Franky Sibaranimemprediksikan serapan tenaga kerja lang-sung dari dampak nilai realisasi investasipada 2015-2019 sebanyak 44.000 orang,serta 160.000 pada serapan tenaga kerjatidak langsung.

    "Dampak baik dari targetrealisasi investasi hingga2019 adalah daya serap tena-ga kerja, yang bisa memban-tu perekonomian," kataFranky Sibarani usai me-nggelar jumpa pers mengenai"Rencana Penanaman ModalPMDN dan PMA" di Jakarta,Kamis (23/7) malam.

    Ia menjelaskan, satu pa-brik garmen bisa menyerapsebanyak 12.600 tenaga kerjajika perusahaanya kredibel,serta dari pabrik komponenotomotif bisa menyerap seki-tar 4.000 tenaga kerja. Jum-lah tersebut terus berjalanserta meningkat kemampuandaya serapnya. "Oleh karena

    itu, potensi aturan dan kebija-kan yang mendorong bany-aknya investasi perlu diren-canakan untuk menarik mi-nat izin prinsip investasi parainvestor," katanya.

    Sementara itu, pemerintahsedang menyiapkan finalisasitiga aturan baru dalam bentukPeraturan Menteri Keuangan(PMK) dan Peraturan Pemer-intah (PP) untuk mendukungpertumbuhan sektor investasiserta memperkuat basis distri-busi logistik di Indonesia yangmampu memberi dampakpada tenaga kerja.

    "Aturan ini muncul untukmendukung pertumbuhan in-vestasi serta memperbaiki

    pertumbuhan ekonomi secaraumum," kata Menteri Keuan-gan Bambang Brodjonegoro.

    Bambang mengatakanaturan tersebut adalah revisiPeraturan Menteri Keuangan130/PMK.011/2011 tentangfasilitas tax holiday, revisiPeraturan Pemerintah No-mor 2 Tahun 2011 tentangKawasan Ekonomi Khususdan revisi Peraturan Pemer-intah Nomor 32 Tahun 2009tentang Penimbunan Berikat.

    "Mengenai aturan taxholiday, PMKnya terbit date-line akhir bulan Juli atauawal Agustus. Sedangkan, PPsoal KEK dan gudang berikat,ini sudah dibahas di kantorMenko Perekonomian,mudah-mudahan terbit akhirAgustus atau awal Septem-ber paling lambat," katanya.

    Bambang mengatakantiga aturan baru ini terbit un-tuk mendukung aturan men-genai tax allowance yang sudahterbit sebelumnya dalam ben-tuk Peraturan PemerintahNomor 18 Tahun 2015 tentangFasilitas Pajak Penghasilan

    10 Negara Punya Gaji Tertinggi di DuniaBEKERJA di luar negeridengan gaji tinggi tentumenjadi impian banyak or-ang di Indonesia. Banyakdari mereka yang melaku-kan berbagai cara agar bisabekerja di luar negeri.

    Terkait dengan itu, se-tidaknya ada 10 negara yangmenawarkan gaji tinggi bagisiapa pun yang bekerja disana. Dikutip dari www.-topmensmagazine.com, ini-lah 10 negara yang dimak-sud:

    1. Amerika SerikatRata-rata pendapatan

    pekerja di AS sekitar 56.000dollar AS per tahun (Rp744,8 juta per tahun atauRp 62 juta per bulan) den-gan rasio pajak sebesar 23persen. Walau demikian,lama bekerja mereka men-capai 44 jam per minggu.

    2. IrlandiaRata-rata pendapatan

    tahunan pekerja di Irlandiamencapai 51.000 dollar ASper tahun atau sekitar Rp

    678 juta (Rp 56,5 juta perbulan). Meskipun perolehangaji ini di bawah Luksem-burg yang berada di urutanketiga. Namun, pajak ta-hunan yang dikenakan han-ya 18,9 persen, atau ter-endah di Eropa.

    3. LuksemburgRata-rata pendapatan

    warga Luksemburg sekitar55.000 dollar AS per tahunatau sekitar Rp 731 juta (Rp60,9 juta per bulan). Akantetapi, tingginya gaji itujuga dibarengi dengan ting-ginya pajak, yakni 28 persenper tahun.

    4. SwissWarga Swiss mendapat-

    kan gaji rata-rata per tahunsebesar 53.000 dollar ASatau sekitar Rp 704,9 juta(setara dengan Rp 58,7 jutaper bulan). Di sisi lain, pa-jak yang dikenakan untukwarga sebesar 30 persen.

    5. AustraliaAustralia juga masuk

    dalam salah satu negara

    dengan pendapatan peror-angan tertinggi di dunia.Pendapatan tahunan mere-ka rata-rata sebesar 51.050dollar AS atau sekitar Rp678,9 juta per tahun (Rp56,5 juta per bulan) dengan

    pajak sebesar 23 persen.Walau demikian, warganegara ini bisa menikmatiwaktu lebih banyak dengankeluarga karena waktu ker-ja mereka dalam seminggumaksimal hanya 35 jam

    atau 5 jam sehari.6. Inggris

    Pendapatan warga Ing-gris rata-rata sebesar41.000 dollar AS (setara Rp545,3 juta) per tahun atauRp 45,44 juta per bulan, den-gan pajak sekitar 25 persen.Di sisi lain, Inggris juga me-miliki dana publik untukmembiayai kesehatan danpendidikan. Akan tetapi,warga Inggris tak seberun-tung Australia karena wak-tu kerja di Inggris lebih pan-jang, yakni 42 jam per pe-kan atau 6 jam sehari.

    7. KanadaWarga Kanada memiliki

    income rata-rata sebesar45.000 dollar AS (Rp 598juta) per tahun atau Rp49,8 juta per bulan, denganpungutan pajak sebesar 23persen untuk membiayaikebutuhan dasar, seperti

    pendidikan dan kesehatan.Satu lagi, warga Kanadajuga bisa mengalokasikanwaktu lebih banyak bagikeluarga karena rata-ratawaktu kerja hanya sekitar36 jam per pekan atau 5,1jam sehari.

    8. NorwegiaWarga Norwegia boleh

    jadi bangga karena masukdalam daftar warga negaradengan pendapatan terting-gi di dunia, yakni 49.000dollar AS atau Rp 651 jutaper tahun (Rp 54,3 juta se-bulan). Akan tetapi, merekaharus merelakan 31 persenpendapatannya untuk pa-jak. Norwegia memiliki jamkerja maksimal 35 jam se-pekan atau 5 jam sehari.

    9. Korea SelatanRata-rata pendapatan

    warga Korea Selatan adalah36.039 dollar AS per tahun

    atau sekitar Rp 479,3 jutaper tahun (sekitar Rp 39,9juta per bulan) dengan besa-ran pungutan pajak sekitar18 persen. Namun, hal yangpaling memberatkan bagiwarga yang hidup di negaraini adalah rata-rata waktukerja yang lama, yaitu 42jam per minggu atau 6 jamsehari.

    10. BelandaBelanda adalah salah

    satu negara di Eropa denganaktivitas ekonomi tersibuk.Rata-rata pendapatan war-ga negara ini mencapai47,000 dollar AS (Rp 625juta per tahun atau setaraRp 52 juta per bulan). Se-bagai negara yang berhalu-an sosialis demokrasi, war-ga negara harus menyerah-kan 31 persen pendapatan-nya untuk pajak guna mem-biayai pendidikan dan kese-hatan. Sementara, waktukerja dalam sepekan dibawah 35 jam atau kurangdari 5 jam sehari. (net)

    untuk Penanaman Modal dibidang usaha tertentu.

    Untuk revisi aturan tax

    holiday, Bambang mengata-kan ada perubahan dari atu-ran sebelumnya, antara lain

    perluasan industri yang bisamenerima insentif ini darisebelumnya lima sektor men-

    jadi sembilan dan diberikanbagi industri strategis untukperekonomian nasional. (ant)

    Hari ini, Pertamina Luncurkan PertaliteDiperkirakan Harga Per Liter Rp8.400

    JAKARTA (HK) Produkbahan bakar minyak (BBM)terbaru dari Pertamina, Per-talite, akan mulai dijual hariini, Jumat (24/7). Namun se-cara resmi harga Pertalite be-lum pasti. Muhammad Ismet,Ketua II Hiswana Migas, men-gatakan belum mendapat su-rat resmi perihal penetapanharga jual bensin tersebut.Saat disinggung soal kabarbahwa harganya Rp 8.400 perliter, Ismet mengelak.

    "Saya belum berani bilangapakah itu Rp 8.400 per literatau berapa. Jadi saya tidaktahu harga pastinya," katadia, menjawab.

    Ismet mengatakan jaja-

    ran Hiswana Migas mendu-kung penjualan produk baruitu. Dia bilang pihaknya telahbeberapa kali menggelar per-temuan dalam rangka mem-bahas penjualan Pertalite.

    "Besok (hari ini,red) se-cara resmi diluncurkan diSPBU Abdul Muis, daerahTanah Abang. Jadi Pertaliteserentak akan dijual di 103SPBU," kata Ismet di Jakar-ta, Kamis (23/7).

    Pertamina mulai melun-curkan bensin jenis baru inisebagai upaya untuk tes pa-sar. "Kami merencanakanuntuk tes pasar Petralitetanggal 24 Juli 2015," kataDirektur Utama PT Pertam-ina, Dwi Soetjipto dalam Pe-resmian Proyek InfrastrukturMigas, Depot LPG TanjungPeriok, Jakarta, beberapahari lalu.

    Ia mengatakan denganproduk terbaru untuk bah-an bakar tersebut, dapatmemberikan pilihan sesuaidengan kebutuhan masya-rakat. "Itu adalah untukmemberikan pilihan yanglebih banyak kepada kon-sumen sesuai dengan spesi-fikasi kendaraan yang dimi-liki," ucapnya.

    Ia mengharapkan denganpeluncuran Petralite itu meru-pakan kemudahan yang lebihbaik bagi konsumen. "Orangbisa pindah dari Pertamax kePertalite dan lain sebagain-ya, itu pilihan yang merekalakukan," tukasnya.

    Sebelumnya, Dwi menga-takan pada tahap tes pasar,Pertamina akan menjualPertalite dengan total kuranglebih 500 kiloliter per hari di103 SPBU. "Kami kan ingin-nya satu SPBU bisa me-masarkan sehari 5 kiloliteratau 5.000 liter. Nah kalauseratusan SPBU, kurang leb-ih 500 kiloliter atau kuranglebih 500.000 liter," tuturnya.

    Ia tidak memberikan har-ga yang akan ditawarkan un-tuk membeli Pertalite, hanyasaja harga BBM tersebut be-rada di bawah harga Per-tamax dan di atas harga Pre-mium. (kcm)

    NET

    SAT NUSA Para pekerja di pabrik PT Sat Nusa Persada Tbk Batam sedang serius bekerja. Perusahaan ini, merupakan salah satu yang terbesar di Batamdengan jumlah pekerjanya cukup banyak

    NET

    SALAH satu SPBU di Jakarta akandijadikan depot Pertalite yang akandiluncurkan hari ini, Jumat (23/7).

    PHK Jadi Solusi PerusahaanUntuk Bayar THRJAKARTA (HK) Asosia-si Pengusaha Indonesia (Ap-indo) menyatakan, efisiensiperusahaan seperti melaku-kan Pemutusan Hubungan

    Kerja (PHK) bisa menjadicara perusahaan memba-yarkan Tunjuangan HaraiRaya (THR).

    Sebelum Lebaran 2015,banyak perusahaan yang be-lum membayarkan THR kepa-da para pegawainya, sepertiPT Jaba Garmindo yang din-yatakan pailit oleh Pengadilan

    Negeri Jakarta, semakinmenyulitkan hidup para peker-ja, yang belum terbayarkantuntutan gaji serta THR nya.

    "Efisiensi seperti PHK jugabisa menjadi untuk mem-bayarkan THR, makanya ka-lau untuk urusan seperti ituperusahaan hati-hati," kataKetua Umum Apindo HariyadiB Sukamdani kepada Oke-zone, Jakarta, Kamis (23/7).

    Hariyadi memastikan,sampai saat ini pembayarantunggakan THR kepada paraburuh sudah selesai diba-yarkan oleh para perusahaan.

    "Belum ada laporan, teta-pi mestinya sudah beres, kare-na kalau ada yang belum ter-bayarkan (THR) serikat pe-kerjanya akan kirim suratminta tolong," tutupnya. (oke)

  • CMYKEditor: Nana Marlina, Layout: Parlin

    CMYK

    USD/IDR

    Senin, 13 Juli 2015

    MYR/IDR

    JUAL BELI

    13,242.00

    3,484.28

    9,794.38

    EUR/IDR

    JPY/IDR

    CNY/IDR

    JUAL BELI

    2,188.02

    10,802.74

    2,166.10

    14,894.18 14,740.99

    3,522.32

    9,899.35

    13,376.00

    10,916.51

    393.76THB / IDR 389.70

    Jumat, 24 Juli 2015 3BisnisSumber: Bank Indonesia

    RI-Singapura Fokus Bahas Ekonomi

    JAKARTA (HK) Menteri Koordinator (Menko)Perekonomian, Sofyan Djalil hari ini bertemudengan Menteri Perdagangan dan Perindus-trian Singapura, Lim Hng Kiang. Pertemuantersebut membahas kelompok kerja (workinggroup) antara Indonesia dan Singapura.

    Working group Batam-Bin-

    tan-Karimun, transportasi

    dan connectivity, tourism, in-

    vestasi, tenaga kerja, agricul-

    ture. Kerja sama enam bidang

    itu," ujar Sofyan di Hotel Bo-

    robudur Jakarta, Kamis (23/7).

    Dia menjelaskan, keda-

    tangan Lim Hng Kiang terse-

    but juga sebagai partner ker-

    janya. Pasalnya, pada 28 Juli

    nanti Presiden Jokowi akan

    ke Singapura. Sehingga hasil

    pertemuan hari ini akan di-

    bahas pada pertemuan kedua

    Presiden tersebut.

    "Jadi Menteri Singapura

    datang sebagai working group

    partner dari saya, untuk me-

    laporkan kemajuan enam pe-

    kerjaan dari working group

    antara Indonesia dan Sin-

    gapura," jelas dia.

    Sementara itu, Deputi

    Bidang Pengendalian Penan-

    aman Modal BKPM, Azhar

    Lubis mengatakan pertemu-

    an hari ini membahas pen-

    ingkatan investasi Singapu-

    ra di Indonesia, yang berger-

    ak ke luar Pulau Jawa. Sep-

    erti infrastruktur, manufak-

    tur, termasuk hilirisasi.

    "Kita akan mengadakan

    pertemuan dengan singapu-

    ra, khususnya pengusaha-

    pengusaha multinasional

    yang bermukim di Singapu-

    ra. Ada opportunities, kebi-

    jakan kita lebih efektif dan

    Singapura akan memfasili-

    tasi," pungkasnya. (okz)

    A N T A R A

    TEKEN PERJANJIAN Menko Perekonomian Sofyan Djalil (tengah) berjabat tangan dengan Menteri Perdagangandan Industri Singapura Lim Hng Kiang (kanan) usai menandatangani perjanjian bilateral di Jakarta, Kamis (23/7).Perjanjian itu merupakan rangkaian dari pertemuan tingkat menteri (ministerial meeting) ke-5 dari enam kelompok kerjaekonomi antara pemerintah Indonesia-Singapura.

    Aturan Properti bagi Asing DifinalisasiJAKARTA (HK) Menteri

    Koordinator Bidang Pereko-

    nomian Sofyan Djalil menga-

    takan aturan mengenai kepe-

    milikan asing dalam sektor

    properti sedang dalam proses

    finalisasi dan segera efektif

    berlaku paling lama tiga bu-

    lan mendatang.

    "Mudah-mudahan ming-

    gu depan sudah bisa kita

    lakukan rapat koordinasi

    dan nanti kita umumkan

    syaratnya, pajaknya, uku-

    rannya dan lain-lain," kat-

    anya di Jakarta, Kamis.

    Sofyan memastikan atu-

    ran ini memberikan kesem-

    patan bagi warga negara as-

    ing untuk mendapatkan tem-

    pat tinggal di Indonesia, khu-

    susnya jenis apartemen. Na-

    mun, aturan ini bukan untuk

    kepemilikan rumah yang ber-

    diri langsung di atas tanah.

    "Kita memberikan ke-

    sempatan juga kepada war-

    ga negara asing, karena ba-

    nyak sekali ekspatriat di In-

    donesia, yang sebenarnya,

    mereka berhak memiliki

    properti. Tapi kita tentukan

    ukurannya berapa, dan bu-

    kan landed house," katanya.

    Ia mengatakan aturan ini

    juga memberikan kepastian

    hukum, karena selama ini

    banyak warga negara asing

    yang mengakali peraturan

    mengenai kepemilikan prop-

    erti, agar mempunyai tempat

    tinggal di Indonesia.

    "Selama ini penyelundu-

    pan hukum terjadi, di Bali

    mereka beli landed house

    tapi dia menikah dulu den-

    gan orang Indonesia. Jadi

    kenapa tidak kita formal-

    kan, tapi landed house ti-

    dak boleh dan apartemen

    mewah saja," jelas Sofyan.

    Ia memastikan hak ba-

    gi masyarakat berpengasi-

    lan kecil tidak dilanggar

    dengan adanya aturan ini,

    karena kepemilikan asing

    ini hanya berlaku untuk

    apartemen mahal. Pemer-

    intah , lan jut d ia , te tap

    menjamin kemudahan un-

    tuk mendapatkan rumah

    bagi warga kecil.

    "Yang penting hak warga

    negara Indonesia untuk men-

    dapatkan rumah harus di-

    jamin oleh pemerintah. Kita

    memberikan sejuta rumah

    bagi masyarakat berpeng-

    hasilan rendah, kalau proper-

    ti tingkat mewah bisa untuk

    asing," katanya.

    Selain itu, Sofyan menga-

    takan aturan yang mengikuti

    perkembangan properti di

    Malaysia ini dalam jangka

    panjang bisa memberikan

    kesempatan kerja, dan mem-

    bantu perekonomian nasion-

    al tumbuh lebih baik.

    "Industri properti ini bisa

    menciptakan lapangan kerja

    dan pertumbuhan ekonomi.

    Nanti kita kombinasikan

    dengan kemudahan izin ting-

    gal, apabila warga negara

    asing beli properti di Indone-

    sia, agar properti makin ber-

    kembang," ujarnya. (ant)

    Bea Masuk Produk Konsumsi NaikJAKARTA (HK) Menteri

    Perindustrian Saleh Husin

    mendukung kenaikan bea

    masuk produk konsumsi ma-

    syarakat yang diatur Peratu-

    ran Menteri Keuangan No-

    mor 132/0.10/2015.

    "Ini adalah salah satu

    langkah dalam melindungi

    industri dalam negeri. Negara

    manapun akan melakukan

    hal yang sama untuk melind-

    ungi industri," kata Menperin

    saat ditemui usai halal bi

    halal dengan pegawainya di

    Jakarta, Kamis (23/7).

    Selain itu, lanjutnya,

    aturan tersebut juga mere-

    dam masuknya barang ile-

    gal ke dalam negeri, sekali-

    gus memberi peluang in-

    dustri makanan dan minu-

    man di dalam negeri untuk

    meningkatkan daya saing.

    Sementara itu, Gabun-

    gan Pengusaha Makanan

    dan Minuman Indonesia

    menyambut baik kenaikan

    Bea Masuk sejumlah ba-

    rang konsumsi masyarakat

    dari 10 persen hingga 150

    persen tersebut.

    "Dalam PMK tersebut,

    Menkeu menaikkan bea

    masuk beberapa produk

    jadi makanan dan minu-

    man. Saya kira ini merupa-

    kan langkah bagus untuk

    harmonisasi," kata Ketua

    Gapmmi Adhi Lukman.

    Adhi mengatakan,

    meskipun kenaikan tarif

    tersebut tidak berlaku un-

    tuk negara-negara yang

    sudah ada kesepakatan

    Free Trade Agreement

    (FTA) dengan Indonesia,

    namun upaya tersebut di-

    nilai mampu mendorong

    industri mamin dalam ne-

    geri lebih maju lagi.

    "Ini menjadi pemicu me-

    ningkatnya industri mamin

    dalam negeri. Dengan kenai-

    kan bea masuk tersebut,

    otomatis industri dalam

    negeri akan semakin baik,"

    ujar Adhi. (ant)

    IST

    MENPERIN Saleh Husin menerima Sekjen Asosasi Persapatuan Indonesia(Apresindo) Binsar Marpaung pada Halal Bihalal Keluarga Besar KementerianPerindustrian, Kamis (23/7).

  • Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Arment Aditya, Layout: Agung Raharjo

    Pendidikan 4Jumat, 24 Juli 2015

    Asal Mula Sekolah, Ternyata Bermula dari Pengisi Waktu Luang

    Guru Dilarang GaptekJAKARTA (HK) Perkembangan dunia digitaltelah merambah bidang pendidikan. Iro-nisnya, mata pelajaran Teknologi InformasiKomunikasi (TIK) justru dihapus dari Kuri-kulum 2013. Para guru pun harus putar otakdan tidak gagap teknologi (gaptek) agar tidakketinggalan zaman di era serba digital ini.

    Salah satu guru di SMAPembangunan 4 Playen Gu-nung Kidul, Yogyakarta,Betty Sekarasih, menjelas-kan, meski sudah tidak ma-suk kurikulum, dia tetap me-nerapkan TIK dalam prosesbelajar mengajarnya.

    Saya mengemas kegia-tan belajar dalam bentukproject based learning me-madukan kurikulum nasion-al dan desain pembelajaranabad 21. Metode ini mem-buat siswa jadi lebih termoti-vasi, ujar Betty.

    Meskipun demikian, Bettykerap mengalami kendala,khususnya pada koneksi in-ternet. Dia pun mengakalinyadengan menggunakan modem

    sendiri. Guru bahasa Inggristersebut memakai berbagaiaplikasi komputer ketikamengajar seperti aplikasifoto, berbagi catatan, surveionline hingga Skype.

    Sementara itu, Totok Soefi-janto, Ed.D dari ParamadinaInstitute for Education Reformmengatakan, TIK harus di-gunakan secara terus menerusdalam pendidikan. Karena itu-lah, para guru seharusnya men-guasai TIK dalam kegiatan be-lajar sehari-hari.

    Dia mengilustrasikan,guru TIK memang menjadiorang penting dalam peng-gunaan TIK di sekolah. Teta-pi, jika semua guru belajarmenguasai teknologi, maka

    mereka tidak akan kesulitandalam menghadapi masalahketika guru TIK tidak hadir.

    Guru adalah kunci keber-hasilan pendidikan. Jadi mere-ka harus mau belajar, imbuhTotok dalam Media BriefingEducation Roundtable di Ener-gy Tower, belum lama ini.

    Selain di sekolah, institu-si pendidikan yang juga me-manfaatkan TIK dalam kegia-tan sehari-hari adalah Uni-versitas Terbuka (UT). Menu-rut Rektor UT Tian Belawati,sebagian besar proses pem-belajaran di UT mengguna-kan TIK mengingat perkulia-han di kampus tersebut ber-basis jarak jauh dan terbuka.

    Kami memanfaatkanTIK untuk mengontrol ham-pir 500 ribu mahasiswa. Be-berapa fasilitas yang dapatdimanfaatkan, seperti digitallibrary, online book store,bank soal, dry laboratory, lay-anan informasi dan masihbanyak lagi. Semua siswadapat mengakses materi se-cara online di web, tuturnya.

    Executive Director of Indo-nesia Mengajar, Hikmat Har-

    dono menjelaskan tentangpentingnya TIK untuk ke-pentingan pendidikan. KataHikmat, tim Indonesia Men-gajar sudah dibekali note-book, tetapi penggunaannyabelum bisa dimaksimalkan didaerah terpencil.

    Mereka masih terkenda-la jaringan, listrik, dan in-frastruktur lainnya, ujarHikmat.

    Plt. Kepala Pusat Infor-

    masi dan Humas (PIH) Ke-mendikbud Ari Santosotidak menampik bahwamasalah ketersediaan inter-net memang masih menjadi

    pekerjaan rumah untukmelakukan model pembela-jaran berbasis TIK, teruta-ma di daerah terpencil.Padahal, saat ini pendidi-

    kan konvesional tidak lagicukup untuk mempersiap-kan para siswa Indonesia kejenjang dunia kerja yangmodern, tuturnya. (oke)

    Supaya Tak Ketinggalan Zaman

    SEKOLAH berasal daribahasa Latin yakni skhole,scola, scolae atau scholaeyang berarti waktu leng-gang atau senggang. Halini bermula dari kebiasaanorang Yunani zaman dahu-lu untuk mengunjungi sese-orang yang dinilai pandaidi suatu tempat tertentuuntuk bertanya perihalyang ingin mereka ketahui.Kegiatan tersebut disebutscholae yang memilikimakna waktu luang yangdigunakan khusus untukbelajar hal tertentu.

    Kebiasaan tersebut mu-lanya dilakukan oleh parapria dewasa hingga akhirn-ya mereka mengajak anak-anak mereka kesana, teru-tama anak laki-laki yangnantinya juga akan menjadiayah. Seiring dengan per-kembangan zaman, sangayah yang tidak lagi mam-pu untuk mengajak ataumengajarkan anaknya se-suatu di waktu luang ter-sebut mulai menitipkansang anak kepada orangpandai tersebut. Semakinlama, anak yang dititipkan

    kepada seorang pandai ter-sebut semakin banyak hing-ga dibutuhkan tambahanbantuan orang.

    Akhirnya sang anak ban-yak menghabiskan waktubermain dan belajar di tem-pat orang pandai tersebut.Anak-anak tersebut belajarapa saja yang mereka perlu-kan hingga tiba waktunyamereka hidup sebagai priadewasa sebagaimana lazim-nya. Fungsi scholae matter-na (pengasuhan ibu sampaiwaktu tertentu) punberubah menjadi schola in

    loco parentis (lembaga pen-gasuhan anak di waktusenggang di luar rumah, se-bagai pengganti ayah danibu) dimulai. Itulah menga-pa lembaga semacam inikemudian disebut ibu asuhatau ibu yang memberi pen-gasuhan dan ilmu penge-tahuan (almamater).

    Seiring berputarnya rodawaktu, semakin banyak or-ang tua yang mempercaya-kan anaknya pada lembagapengasuhan seperti ini. Se-makin banyak anak tentusaja semakin banyak orang

    pandai sebagai pengasuhdan pendidik diperlukan.Mereka kemudian mencariorang yang mau memberi-kan waktu luangnya untukmemberikan ilmu penge-tahuan dalam ruang danwaktu tertentu. Atas jasadan waktu yang mereka lu-angkan tersebut, para orangtua membayar sejumlahtertentu. Dari sinilah kemu-dian berkembang bentuksekolah yang kita kenalsekarang dengan aturan-aturan tertentu dan se-bagainya. (edukasi)

    Siswa Indonesia Banyak yang PintarNamun Punya Kelemahan

    JAKARTA (HK) Kecer-dasan siswa Indonesia sudahtidak perlu diragukan lagi.Buktinya, banyak siswameraih prestasi di tingkatinternasional. Tetapi, adasatu kelemahan anak-anakIndonesia.

    Menurut Anggota Komisi XDPR RI, Teguh Juwarno, bany-

    ak anak Indonesia tidak bisamengemukakan gagasan den-gan baik. Sebenarnya, kuncisolusi masalah tersebut ad-alah kemampuan berbahasaIndonesia. Sayangnya, hinggakini pengajaran bahasa Indo-nesia tidak mendorong siswaagar bisa mengembangkandaya kreasi mereka.

    "Anak-anak Indonesiajuga tidak diajari kemam-puan untuk mengekpresikanpengalaman atau suasanahatinya," ujar Teguh dalamDiskusi Pendidikan di Ke-mendikbud, belum lama ini.

    Dia mencontohkan, jikaditanya tentang suatu acarayang baru saja dihadiri, makaanak-anak Indonesia hanyabisa menjawab dengan satu

    kata, "Seru." Namun ketikaditanya mengenai maksudkeseruan itu sendiri, diatidak bisa menjabarkannyadengan rinci.

    "Harusnya mereka bisa

    menjabarkan bahwa acaran-ya itu yang datang sekianribu orang, semuanya perpa-kaian putih dan sorak-sor-aknya sampai memecahkantelinga. Tapi ketika ditanya,'Seru itu apa?' Jawabannya,'Ya gitu, deh,'" papar Teguh.

    Berbeda halnya jika anak-anak bule yang ditanya. Mere-

    ka akan menjawab dan me-maparkan semua.

    "Ada masalah, yakni kitalemah dalam mengungkap-kan gagasan. Mulai dari se-kadar bertutur. Mereka tidakbisa menceritakan sesuatu,"imbuhnya.

    Selain bahasa, kata Teg-uh, masalah lain di forum-fo-

    rum internasional adalahketidakmampuan anak Indo-nesia mengajukan gagasandan berdebat. Penyebabnyaadalah kita tidak pernah di-latih untuk berdebat.

    "Mungkin aspek-aspek ituyang harus lebih banyak kitamunculkan," tambahnya.(dbs)

    Tak Hanya Penuh Talenta,Beberapa Selebriti AS Juga

    Lulusan Nilai TertinggiAMERIKA (HK) Beberapa

    selebriti yang penuh talenta

    ternyata juga sangat pintar.

    Seperti komedian Mindy Kal-

    ing, yang membintangi acara

    televisi AS "The Office," ad-

    alah lulusan Dartmouth Col-

    lege, salah satu kampus Ivy

    League, julukan untuk lemba-

    ga yang prestisius se-Ameri-

    ka dengan n i la i t e r t ingg i .

    Sambil bercanda, dia menga-

    takan tujuannya kuliah di ka-

    mpus Ivy League adalah un-

    tuk "mewujudkan kecintaan-

    nya pada orang kul it putih

    dan j ake t bermerek Nor th

    Face."

    Komedian berotak encer

    lain adalah Rashida Jones.

    Dia lulus dari Harvard pada

    tahun 1997, dan tidak hanya

    mendapat gelar dalam bidang

    akting, tapi juga aktif dalam

    kelompok sosial yang populer

    Hasty Pudding Club.

    Lulusan Harvard yang

    terkenal lainnya adalah aktris

    pemenang Oscar Natalie Port-

    man dan presenter acara kome-

    di televisi Conan O'Brien. Con-

    an juga pernah menjadi editor

    surat kabar humor The Har-

    vard Lampoon. Para selebriti

    ini menunjukkan bahwa pen-

    didikan tetap merupakan pri-

    oritas nomor satu dalam hidup

    mereka. (voa) Natalie Portman

    NET

    ANAK-anak sedang bermain sambil belajar. Seperti inilah asal mula berdirinya sekolah.

    IST

    BELAJAR KOMPUTER Guru di salah satu sekolah sedang ramai-ramai belajarkomputer, beberapa waktu lalu. Pemerintah mengimbau agar guru tidak gaptekteknologi supaya tidak ketinggalan zaman.

  • Opini & Layanan Umum 5Jumat, 24 Juli 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang : Perwakilan

    Perwakilan Lingga: PerwakilanKarimun: Perwakilan Natuna:PerwakilanAnambas:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, M.Syahdan,H. Kasri. : Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, EddySupriatna, Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti,Dedi Manurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), RudiYandri, Aspanel, Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar(Kabiro Bintan), Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi.

    Hengki Haipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Faturahman (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,

    Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Syahril, Mario Sardiman,Agung Raharjo, Parlin,Abi Hamdani. Richo R Fandi.Aswat,

    Grafis: Desain Iklan:Bintan:

    Manager Pemasaran & Promosi Manager Sirkulasi

    & Distribusi: HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan: Piutang:

    Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector: Tarif

    Iklan:

    Percetakan :

    Repro:

    Dicetak Oleh:

    : Agus Supriyanto,

    Malanton Hutagalung, : Junita Sari,

    Elny, Risnawati , Jordy,

    Ririn, Putra, Paruhum Nst.

    Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan Display BW hlm 1

    Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp. 35.000/mmk, iklan

    Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot Colour Rp.

    25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW Rp.

    25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan BW

    Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita Rp.10.000/mmk,

    Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan kolom (Maks 300

    mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius ( Kepala), Mulya

    Perbawa, Isman,Apin, Sofwan, Kholik,Angga, Ipo. M. Rafli, Fadli,

    Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri Printing. Isi diluar

    tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Agung Raharjo

    Penyakit Pasca-Lebaran

    Pengangkutan Sampah Belum Sesuai Harapan

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Polda Kepri Dinilai Lamban Tangani Perkara Korupsi- Supaya cepat harus lapor kapolda dong!

    Waria Curi Motor Buat Kencan- Karena waria juga manusia cin.

    P

    MOMENTUM Hari Raya Idul Fitri biasanya ditandai dengan anekahidangan. Sadar atau tidak, berbagai asupan yang tak diiringi

    dengan mengontrol pola makan, berpotensi menimbulkanmasalah kesehatan (sakit).

    Oleh : Oryz SetiawanAlumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat (Public Health)

    Unair Surabaya

    The Best Stories of Quran

    Resensi

    Jamuan Idul FitriOleh: A. SaifulUlum, S.Sos.I

    K olom Publik(Bagian Kedua)

    Judul: The Best Stories of QuranPenulis: CBM Creative Agency (Tim Erlangga For Kids)Penerbit: ErlanggaTebal: 225

    BUKU ini ditujukan untuk

    anak-anak. Disajikan

    dengan unsur cerita dan

    gambar mengenai nilai-nilai

    keteladanan dari Alquran

    yang bertujuan untuk

    menghidupkan konsep

    ketuhanan (ilahiyah). Terdiri

    dari 103 cerita yang diawali

    dari kisah penciptaan alam

    semesta, manusia pertama,

    sampai kisah dan sejarah

    Nabi.

    Tidak hanya untuk

    anak-anak, buku ini juga

    bisa dikonsumsi oleh orang

    dewasa dan terutama bagi

    siapa saja yang ingin

    belajar dan mengenal

    Islam.

    Pada kisah pertama dan

    kedua dipaparkan asal

    mula bumi terbentuk. Yang

    awalnya adalah kegelapan

    kemudian Allah menjadikan

    bumi beserta isinya untuk

    kelangsungan hidup

    manusia kelak. Kemudian

    kehadiran Adam di surga

    yang sempat ditolak oleh

    para malaikat. Namun

    setelah Allah menjelaskan

    baru lah para malaikat mau

    menerima dan bersujud

    kepada Adam. Hanya lah

    iblis, makhluk ciptaan Allah

    yang tak sudi bersujud

    kepada Adam. Bahkan ia

    bersumpah untuk menggo-

    da dan membawa sesat

    anak cucu Adam di muka

    bumi untuk berbuat

    maksiat (dan kerusakan).

    Mendengar perkataan iblis

    itu Allah menjawab:

    Pergilah engkau

    bersama pengikut-

    pengikutmu yang semuan-

    ya akan menjadi penghuni

    neraka. Engkau tidak akan

    berdaya menyesatkan

    hamba-hamba-Ku yang

    beriman kepada-Ku dengan

    sepenuh hatinya. (QS. Al-

    Araaf : 11-25 dan Shaad: 71-

    83)

    Sering kemudian orang

    menyalahkan setan sebagai

    alibi dari perbuatan

    buruknya. Apakah setan

    yang melakukan kejahatan?

    Manusia sendiri lah yang

    menjerumuskan dirinya ke

    dalam perbuatan menye-

    satkan. Perbuatan jahat

    yang ditiupkan setan ke

    dalam diri kita adalah

    bagian dari ujian keimanan

    kita kepada Allah SWT. Dan

    sesuai firman-Nya, maka

    godaan setan tidak akan

    bisa memasuki hati hamba

    yang beriman kepada-Nya

    dengan sepenuh hati.

    Semoga kia semua selalu

    berada di dalam lindungan

    Allah SWT dan dijauhkan

    dari godaan setan yang

    terkutuk. Amin yra.

    Kisah berikutnya adalah

    manusia-manusia pilihan

    Allah yang diutus sebagai

    nabi dan Rasul untuk

    memberikan pengajaran

    agama dari Allah terhadap

    umat manusia yang saat itu

    berada di jaman kegelapan

    (kebodohan) atau dikenal

    dengan jaman jahiliah.

    Buku ini meneladani

    sikap-sikap Nabi dan Rasul

    yang bisa menjadi panutan

    tidak hanya bagi anak-anak

    kita namun juga untuk diri

    kita sendiri di dalam

    mengarungi kehidupan.

    Barangkali, rutinitas dan

    hiruk pikuknya kehidupan

    telah membuat kita lupa

    akan makna hidup kita di

    dunia, peran dan tang-

    gungjawab kita terhadap

    diri sendiri dan sesama.

    Meluangkan waktu seben-

    tar untuk membacai

    kembali kisah-kisah di

    dalam Alquran mungkin

    bisa menjadi pengingat

    dan melembutkan hati kita

    kembali. Semoga. (ben)

    SEBELUM Lebaran 1436 Hpekan lalu, Dinas Kebersihandan Pertamanan Kota Batammengeluarkan kebijakan jikapara petugas kebersihanakan tetap bekerja pada harikedua dan ketiga Idul Fitri.Kebijakan itu dikeluarkanguna mengantisipasiterjadinya tumpukan sampahsaat Hari Raya. Berdasarkanjadwal yang dikeluarkanDinas Kebersihan danPertamanan Kota Batam,petugas kebersihan itu tetapmelaksanakan tugasnya padaSabtu dan Minggu. Sementa-ra pada hari H Lebaran parapetugas tersebut libur.

    Hal itu mendapat tangga-

    pan positif dari masyarakat.Soalnya, selama beberapatahun terakhir, terutamapada saat Idul Fitri, banyaksampah masyarakat diperumahan yang tidakdiangkut. Bahkan ada yanglebih dari sepekan sampahperumahan tidak diangkutsetelah Hari Raya. Namun,ketika Dinas Kebersihan danPertamanan Kota Batammengeluarkan kebijakan jikapara petugas tetap melak-sanakan tugasnya pada HariRaya kemarin, masyarakatmerasa terbantu, karena arealrumah mereka akan bebasdari sampah pada harikemenangan tersebut.

    Tapi, tepat pada hari H,ternyata kebijakan yangtelah dikeluarkan itu, belumlagi sesuai dengan harapanmasyarakat. Soalnya, daribanyak perumahan, tidak adapetugas kebersihan yangdatang mengangkut sampah.Berdasarkan data, adasejumlah perumahan, hanyayang pada Hari H Lebaran,petugas datang untukmengangkut sampah. Namun,setelah itu sampai kemarin,tidak ada lagi petugas yangmelaksanakan tugas sesuaidengan kebijakan yangdikeluarkan Dinas Kebersi-han dan Pertamanan KotaBatam itu. Kondisi ini jelas

    memberikan rasa kecewakepada masyarakat.

    Dari pengalaman yangsudah-sudah, diketahui jikavolume sampah di KotaBatam saat Lebaran bertam-bah 200 ton per hari darirata-rata 800 ton per harimenjadi 1.000 ton per hari.Jadi, dapat dibayangkanberapa besar sampah yangdihasilkan dari perumahanpada saat Hari Raya. Danberapa besar pula sampahjika tidak diangkut setelahdua hari setelah Idul Fitrihingga kemarin?

    Ini sebuah kondisi yangmeski menjadi perhatianserius dari Dinas Kebersihan

    Kota Batam. Apapun argumenyang disampaikan, masya-rakat tentu tahunya parapetugas dapat menjalankankewajibannya untuk menga-ngkut sampah pada saat itu.Termasuk juga hari-harilainnya. Masyarakat ingin adakonsistensi pengangkutanseiring dengan konsistensin-ya mereka membayar iuransampah kepada petugassetiap bulannya.

    Terkadang kita seringmenganggap entengpersoalan pengangkutansampah. Padahal hal yangsatu ini sering menjadisebuah penambah masalahdi tengah perkembangan

    Setidaknya, ada tiga

    katagori penyakit yang acap

    kali terjadi pasca-Lebaran.

    Pertama, penyakit

    kronis yang (kembali)

    kambuh. Tradisi silatur-

    ahim akan membuat kita

    banyak mengonsumsi

    hidangan yang disediakan.

    Kondisi ini memang tak

    bisa dihindari, tapi seti-

    daknya kita dapat mengon-

    trol pola makan.

    Pada umumnya penyakit

    kronis yang diderita adalah

    hipertensi, kolesterol,

    diabetes melitus, gagal

    ginjal, rematik, asam urat,

    hingga serangan jantung

    dan stroke. Kondisi ini

    dihadapkan pada menu

    hidangan yang serbainstan,

    manis, bersantan, berlemak

    tinggi, serta yang mengand-

    ung banyak kadar asam dan

    pedas sehingga bagi

    penderita diabetes mem-

    buat kadar gulanya tidak

    terkontrol.

    Penderita dengan

    hiperkolesterol atau asam

    urat tinggi juga dapat

    bertambah parah. Sedang-

    kan, penderita obesitas

    yang sebelumnya sudah

    mengalami penurunan berat

    badan, maka berat

    badannya akan kembali

    melonjak. Bagi yang sakit

    mag (lambung), tentu juga

    akan kembali kambuh

    karena konsumsi makanan

    yang cenderung pedas,

    asam, serta mengandung

    lemak, cokelat, dan keju

    secara berlebihan.

    Kedua, penyakit akibat

    kondisi fisik tubuh tidak

    sehat (kelelahan dan

    kecapaian). Kegiatan mudik

    dan Lebaran pada umumn-

    ya menimbulkan kelelahan

    dan kurang istirahat

    sehingga bila tak diiringi

    dengan pola makan yang

    sehat, kerap terjadi sakit

    flu, pilek, batuk, radang

    tenggorokan, serta infeksi

    saluran pernapasan akut

    (ISPA).

    Kondisi tersebut kian

    parah bila kondisi tubuh

    tidak fit serta terjadi pada

    kelompok rentan, seperti

    balita, anak- anak, dan

    golongan lansia.

    Ketiga, penyakit sebab

    minimnya higienitas

    personal dan sanitasi

    makanan.

    Pada suasana Lebaran,

    biasanya sisa sampah

    makanan dan lalat ada di

    mana- mana sehingga

    berisiko terhadap penyakit

    saluran pencernaan, seperti

    diare. Pada kelompok

    masyarakat perkotaan,

    keberadaan pembantu

    rumah tangga sangat

    dominan.

    Pada saat ditinggal

    mudik, biasanya beralih

    dengan membeli makanan

    di luar rumah yang

    terkadang belum men-

    jamin kebersihan dan

    kesehatannya. Akibatnya,

    tak jarang yang berakibat

    pada gang guan penyakit

    cerna.

    Kondisi tubuh sehabis

    berpuasa sebulan penuh

    membutuhkan adaptasi

    secara bertahap, terutama

    pada sistem percernaan

    yang di dalamnya terdapat

    enzim yang mengatur ritme

    hasil asupan makanan yang

    kita makan. Perlu diperha-

    tikan komposisi dan

    kandungan menu hidangan,

    terlebih bagi mereka yang

    meng idap penyakit kronis

    pada kelom- pok menjelang

    usia lanjut yang notabene

    rentan penyakit (kambu-

    han).

    Oleh karena itu, dibutuh-

    kan sikap kehati-hatian dan

    selektif yang terkait

    langsung dengan aspek

    kesehatan. Kita tidak boleh

    lepas kendali dalam

    menyantap setiap hidangan

    makanan maupun minu-

    man, apalagi dalam rentang

    waktu singkat secara

    berturut-turut.

    Secara metabolis, tubuh

    memerlukan keseimbangan

    komposisi makanan, air,

    dengan mengurangi konsum-

    si makanan berlemak dan

    bersantan, berkadar gula,

    serta makanan yang

    mengandung banyak kadar

    asam dan pedas sehingga

    setiap enzim yang terdapat

    dalam sistem pencernaan

    dapat berfungsi normal dan

    tak bekerja berlebihan

    akibat stimulan makanan

    yang kita telan, baik mulai

    dari saluran kerongkongan,

    lambung, usus (12 jari,

    halus, besar), hingga ke

    saluran pencernaan akhir.

    Dari perspektif agama,

    terdapat tuntunan dan

    petunjuk untuk mengendali-

    kan setiap asupan makan-

    an-minuman.

    Kita diharapkan ber-

    sikap sederhana dan

    melarang diri dari boros

    dalam konsumsi dan

    berpakaian. "Dan makan

    dan minum lah kalian, tapi

    janganlah kalian berlebih-

    lebihan. Sesungguhnya

    Allah tidak menyukai orang

    yang berlebihan."

    (QS al-A\'raf: 31).

    Riwayat lain menerang-

    kan, "Tiada tempat paling

    buruk selain perut yang

    diisi oleh manusia. Cuku-

    plah bagi manusia beberapa

    suapan sekadar untuk

    menegakkan tulang iganya.

    Jika dia mengisi perutnya,

    maka sepertiga untuk

    makan annya, sepertiga

    untuk minumnya, dan

    sepertiga untuk pernapasan

    (udara)- nya.\" (HR ath-

    Thabrani dan Ibnu Abi ad-

    Dunya).

    Berikut beberapa tips

    dan langkah pencegahan

    agar terhindar dari anca-

    man penyakit pasca-

    Lebaran. Pertama, ber

    istirahat yang cukup.

    Setelah mudik, kegiatan

    silaturahim biasanya

    kurang istirahat (tidur)

    sehingga menurunkan

    stamina dan daya tahan

    tubuh yang berakibat

    rentan terserang penyakit.

    Kita harus mampu

    mengatur dan mengendali-

    kan keseimbangan aktivitas

    dengan kondisi tubuh

    masing-masing.

    Bila terasa lelah,

    sebaiknya rehat sejenak,

    jangan terlalu dipaksakan

    yang nantinya berujung

    pada gangguan kesehatan

    sekecil apa pun.

    Kedua, memelihara,

    menjaga pola makan dan

    kebersihan makanan.

    Hampir dapat dipastikan

    sumber penyakit bermula

    dari tidak dapat mengontrol

    pola makan dan kurangnya

    aspek kebersihan sumber

    makanan yang langsung

    dimakan, diolah, hingga

    penyajiannya.

    Ketiga, bagi penderita

    penyakit kronis, harus tetap

    memperhatikan mengon-

    sumsi obat dan mengontrol

    pola makan. Kelompok ini

    harus ektrahati- hati setiap

    mengonsumsi makanan,

    terutama sumber makanan

    yang memperparah penyak-

    it, meski tergolong penyakit

    tidak menular, seperti

    diabetes, hipertensi,

    kolesterol, rematik, seran-

    gan jantung, hingga stroke.

    Karakteristik ini tetap

    berpotensi mengancam jiwa

    sewaktu-waktu.

    Keempat, menghindari

    mengonsumsi makanan

    yang mengandung kolester-

    ol dan lemak tinggi, seperti

    jeroan, seafood, dan kue-

    kue manis yang bisa

    meningkat kan risiko

    munculnya penyakit

    `akibat gaya hidup'.

    Kuncinya pada selektif dan

    mengontrol pola makan

    yang seimbang karena tren

    penyakit itu kini terus

    meningkat yang justru

    sudah menyerang usia

    produktif dan usia muda.

    Kelima, tetap mengon-

    sumsi buah dan sayur

    untuk membantu menyer-

    ap dan mengimbangi

    kolesterol yang bisa

    memicu awal terjadi

    penyakit. Selain itu, juga

    untuk melancarkan sistem

    pencernaan yang menjadi

    kanal utama muncul- nya

    penyakit karena asupan

    pangan pertama kali

    diolah oleh sistem pencer-

    naan tubuh sebelum

    hasilnya didistribusikan

    ke seluruh tubuh.***

    "DUNIA tidak akan mem-berikan medali kepadaAnda karena apa yang Andaketahui, tetapi mungkinakan memahkotai Andadengan kemuliaan dankekayaan atas apa yangAnda lakukan.

    (Napoleon Hill, Penulis)

    "DUNIA hanya biasdigenggam dengantindakan, buka denganpikiran. Tangan adalahperpanjangan pikiran."

    (Jacob Bronowski,Penulis)

    akap ijakBC

    kota seperti Batam. Karenaitu, kita mengharapkan,kebijakan dan aturan yangtelah dikeluarkan hendaknyasesuai dengan fakta di

    lapangan. Sebab, jika tidak,dikhawatirkan masalah iniakan menambah rentetanpersoalan di Batam padahari-hari kedepannya. ***

    2. SILLATURRAHIM dan Halalbi Halal

    Tradisi Halal bi Halal atauSillaturrahim sesame umatIslam setelah Ramadhanbanyak dilakukan oleh umatIslam, termasuk juga diIndonesia. Meskipun padadasarnya Halal bi Halal tidakmesti dilakukan setelahbulan Ramadhan atausetelah 'IdulFitri.

    Secara harfiah sillaturra-him berarti menghubungkankasih sayang. Hubungankasihsayang yang saratdengan nilai-nilai persau-daraan, kesetia kawanan, dansaling mengasihi baik antarasesame kaum muslimmaupun antara kaum muslim

    dengan non-muslim. Hubun-gan itu tak jarang rusakakibat ulah dan tindakan kitasendiri. Karena itulah, dalambulan Ramadahn danrangkaian sesudah-nya, yakni Idul Fitri,kita dianjurkanmenjalin kembali danmempererat talisillaturrahim dengansaling maaf-memaaf-kan satu sama lain.

    Rasulullah SAWbersabda, ''Maukah kalian akutunjukkan amal yang lebihbesar pahalanya dari shalatdan puasa? Yaitu engkaudamaikan orang-orang yangbertengkar, dan barang siapayang ingin panjang usia dan

    banyak rezeki, sambungkanlahtali sillaturrahim.'' (HR Bukhari-Muslim). Jadi, jelas bahwasillaturrahim dan halal bihalaladalah bagian dari perintah

    agama. Rasulullahsendiri telah membercontoh bagaimanapentingnya sillaturra-him itu kepada parasahabat. Beliau takhanya menunggudidatangi, tapi bahkanRasul terlihat sering

    mendatangi, menjalinsillaturrahim baik dengansesame umat Islam maupundengan umat agama lain.

    3. Semangat Baru dalamIbadah

    Beribadah kepada Allah

    hendaklah selalu disertai al-Khauf (takut) danar-Raja(berharap) serta al-Mahabbah(cinta). Mengharapkan pahalaketika beribadah adalahbenar dan memang itulahdiantara ajaran al-Quran danas-Sunnah, akan tetapi tentusaja kita harus memahamihikmah, tujuan dan pesanmoral dari ibadah puasaRamadhan, yaitu takwa.

    Apalah artinya seseorangyang ahli beribadah akantetapi ibadah tersebut tidakmerubah akhlaknya yangburuk. Orang yang memper-oleh kemenangan dankesuksesan pada bulanRamadhan adalah orangyang tetap istiqamah dan

    baik setelah selesai Ra-madhan karena ibadahbukan hanya pada bulanRamadhan akan tetapiseorang mukmin beribadahkepada Allah sampai datingkepadanya kematian. AllahTaalaberfirman: Dansembahlah Tuhanmu sampaidating kepadamu yangdiyakini (ajal). (QS. Al-Hijr: 99).

    Janganlah kita menjadiorang-orang yang hanyamengenal Allah di bulanRamadhan saja, setelahramadhan pun kita haruslebih dekat lagi kepada AllahSWT, kerjakan ibadah baik ituyang wajibnya dan jugayang sunnah-sunnahnya.

    Wallahualam

  • CMYK

    CMYK

    IklanJumat, 24 Juli 2015 6

  • Sambungan 7Jumat, 24 Juli 2015

    Ada Siswi Dari Halaman 1

    2 Provokator Dari Halaman 1

    164 Perusahaan Dari Halaman 1

    Jenguk Ayah Dari Halaman 1"Baru bisa (jenguk) dan baru

    dapat izin hari ini," kata Velovesaat hendak meninggalkan GedungKPK, kemarin.

    Velove menyebutkan, ia dankeluarganya mempersiapkan ber-bagai keperluan sebelum menje-nguk ayahnya. Ia berharap ayah-nya dalam kondisi baik dan sehat.

    "Kita keluarga lebih prepareuntuk ketemu Papa untuk ngobrolsama Papa karena kita kangen,"

    ujarnya.Velove mengaku kecewa atas

    sikap KPK yang melarangnyamenjenguk ayahnya pada HariRaya Idul Fitri. Ia bersama ke-luarganya sudah dua kali menda-tangi KPK, yakni pada Jumat (17/7) dan Sabtu (18/7). Ia menga-takan, kedatangannya tidak ber-kaitan dengan kasus yang menderaKaligis.

    "Saya benar-benar minta tolong

    kepada penyidik untuk dibantukeluarga kami dikasih izin, at leastlima menit atau sepuluh menituntuk bertemu sama Papa," harapVelove.

    Akhirnya Velove dan rombongankeluarga tiba di Rutan Guntur se-belum pukul 10.00 WIB, usai me-minta izin di Gedung KPK. Tak lamakemudian, anak-anak dan saudaraOC Kaligis yang lain juga menyam-bangi rutan tersebut. (kcm)

    Saat ini, anak tersebut tidak

    berada dalam perlindungan P2-

    TP2A. Sebab, sang ibu meminta

    kepada polisi untuk mendidik

    anaknya di rumah. Netty mengaku

    tidak bisa menjamin apakah anak

    tersebut tidak akan kembali men-

    jadi PSK panggilan. Sebab, dalam

    kasus seperti ini diperlukan pen-

    dampingan.

    P2TP2A terus berkoordinasi

    dengan Polrestabes Bandung. "Ka-

    lau dititipkan ke saya juga enggak

    akan mau, karena orangtua ingin

    mendidiknya," imbuh dia.

    Persoalan ini, sambung Netty,

    menjadi masalah baru bagi anak-

    anak di Jawa Barat, khususnya

    dan Indonesia pada umumnya.

    Menurut Netty, demi menyelesai-

    kan persoalan ini diperlukan kerja

    bersama antar semua pihak.

    Alasan Uang

    Alasan bocah ini menjadi PSK

    panggilan adalah soal uang saku.

    Namun, ia melihat ada yang jang-

    gal dengan alasan tersebut, jika

    dilihat dari jawaban si anak.

    "Tanyakan saja kepada ibu

    saya. Berapa banyak dia membe-

    rikan uang setiap hari," ucap Netty

    menirukan ucapan sang anak.

    Bagi Netty, alasan anak terse-

    but terdengar klasik, tapi agak

    aneh. "Mengapa anak kelas VI SD

    mencari jalan keluar dari kebu-

    tuhan uang sakunya yang lebih be-

    sar dengan melakoni PSK anak?"

    tutur Netty.

    Netty menilai, ada hal lain

    yang menjadi alasan si anak. Mi-

    salnya, ada tarikan lingkungan

    yang sangat kuat, sehingga anak

    bisa dengan mudahnya menjadi

    PSK. Tarikan lingkungan tersebut

    bisa berupa nilai-nilai dari taya-

    ngan televisi, hingga akses ke me-

    dia yang sangat global.

    Menurut Netty, persoalan ter-

    sebut harus menjadi perhatian

    bersama. Setiap institusi maupun

    masyarakat harus ikut andil, agar

    masalah yang dihadapi anak bisa

    diminimalisasi. Dia mencatat,

    kasus terhadap anak setiap tahun-

    nya meningkat.

    Disisir

    P2TP2A Jawa Barat beker-

    jasama dengan aparat Polrestabes

    Bandung segera menertibkan tem-

    pat-tempat yang memberikan jasa

    prostitusi dari kelompok anak.

    "Spa, apartemen, dan mal-mal

    di Kota Bandung akan disisir,"

    ujar, Netty Prasetiyani.

    Ia mengatakan, tempat prosti-

    tusi anak tidak hanya di eks loka-

    lisasi Saritem. Kini, lokasi-lokasi

    yang memberikan pelayanan anak

    yang dilacurkan (Ayla) menyebar

    ke sektor pelayanan publik. Se-

    perti yang terjadi di mal-mal.

    Terdapat SPG berusia anak

    yang merangkap sebagai Ayla.

    "Sebelum Ramadhan kemarin ada

    260 orang yang terjaring, lima di

    antaranya anak-anak dan dititip-

    kan ke P2TP2A. Setelah lebaran

    ini akan dilakukan penyisiran ke

    tempat-tempat publik tadi," im-

    buh Netty.

    Melihat fenomena mengerikan

    ini, Netty menyarankan tiga lang-

    kah yang bisa diambil. Pertama,

    razia tempat-tempat yang mem-

    berikan kemudahan dalam pros-

    titusi anak. Kedua, membongkar

    mafia atau mucikari yang terlibat.

    Terakhir, maksimalkan rang-

    kaian kerja. Sehingga anak yang

    ingin bersekolah bisa terlayani

    pelajarannya. Begitupun dengan

    anak yang perlu rehabilitasi, ter-

    fasilitas pekerja sosialnya, kon-

    selor, hingga psikolognya. "Tentu

    harus dilakukan penegakan hu-

    kum," kata dia.

    Menurut Netty, Razia akan

    dilakukan di Kota Bandung. Na-

    mun ia meyakini, Pemkot/Pemkab

    lainnya di Jabar akan melakukan

    hal yang sama. (kcm)

    diterbangkan ke Jayapura hari ini

    untuk menjalani pemeriksaan di

    Mapolda Papua."Ya betul sudah ditangkap, ta-

    di pukul 5 sore (17.00 WIT), menje-

    lang magrib. Besok pagi (hari ini)baru ke Jayapura. Mereka menja-

    di provokator atau oranng yang me-

    nyuruh melakukan penyerangan,"

    kata Kapolda Papua Irjen YotjeMende, kemarin,

    Mantan Kapolda Kepri ini men-

    gatakan kedua tersangka saat di-tangkap bersikap kooperatif dan

    tanpa perlawanan. Saat ini kedua

    tersangka dalam perjalanan me-

    nuju Wamena untuk persiapanpemberangkatan menuju Jayapu-

    ra dari pegunungan tengah meng-

    gunakan pesawat.Meski sudah ditangkap, namun

    kata Kapolda pihaknya belum mela-

    kukan penahanan terhadap kedua-nya. Pertimbangannya adalah kare-

    na situasi yang belum memungkin-

    kan untuk dilakukan penanahan.

    Kapolda mengatakan, dari pe-nyelidikan yang dilakukan kepoli-

    sian, kerusuhan tersebut terjadi

    secara spontan. Semua berawaldari penyelenggaraan kegiatan

    keagamaan yang berbeda pada

    waktu bersamaan. Umat muslim

    setempat melaksanakan salat Idsedangkan jemaat Gereja Injili di

    Indonesia (GIDI) sedang melak-

    sanakan seminar internasional.Sebelumnya, GIDI mener-

    bitkan surat edaran yang member-

    itahukan kegiatan seminar inter-nasional di Tolikara sekaligus

    meminta umat muslim setempat

    tak melaksanakan salat Id. Ketika

    umat muslim tetap melaksanakansalat Id, jemaat GIDI melakukan

    protes yang berujung kerusuhan.

    Di tempat terpisah, KapolriJenderal Badrodin Haiti mengata-

    kan kedua tersangka ini berasal

    dari GIDI. Mereka berprofesi pe-

    gawai swasta. "Pegawai bank,"kata Badrodin di Istana, Kamis

    (23/7).

    Menurut Badrodin, penetapantersangka berdasarkan alat bukti

    yang cukup. Keduanya diduga me-

    lakukan perusakan, kekerasaan danjuga penghasutan. Sejauh ini polisi

    belum memastikan motif para pel-

    aku melakukan penyerangan.

    "Baru juga diperiksa, dibawa keWamena atau Jayapura. Belum

    ditahan," tegas dia.

    Kronologi Kejadian

    Kerusuhan di Tolikara beraw-

    al dari adanya surat dari Badan

    Pekerja Wilayah Tolikara GIDI.Surat itu berisi larangan bagi

    umat Muslim untuk mengadakan

    shalat Idul Fitri di Tolikara.

    "Larangan itu dalam rangkapelaksanaan seminar dan KKR

    (Kebaktian Kebangunan Rohani)

    Pemuda GIDI internasional, 13sampai 19 Juli 2015," ujar Kapolri

    Jenderal Badrodin Haiti, kemarin.

    Kapolres Tolikara AKBP Suro-

    so, sebut Badrodin, menerima su-rat itu tanggal 13 Juli 2015. Suro-

    so lantas mengklarifikasi surat itu

    kepada presiden GIDI. PresidenGIDI menyatakan tidak menyetu-

    jui surat tersebut. Artinya, surat

    itu tidak resmi.Suroso lalu berkoordinasi den-

    gan Bupati Tolikara Usman Wan-

    imbo. Ia memberi tahu bahwa su-

    rat itu tak berlaku. Usman punbertanya ke panitia lokal acara

    GIDI perihal surat itu. Panitia

    menjawab telah mendapat pem-

    beritahuan pembatalan surat

    tersebut.Mengetahui surat tersebut ba-

    tal, Suroso dan Wanimbo telah

    menganggap persoalan itu 'clear'.Keduanya berkoordinasi dengan

    umat Islam di Tolikara dan mem-

    persilakan melaksanakan shalat

    Id dengan pengamanan. Rupanya,insiden tak terbendung.

    "Pada takbir ketujuh, datang-

    lah massa dan mengharapkanshalat dibubarkan. Kapolres dan

    staf bernegosiasi agar jamaah

    bubar usai melaksanakan shalat,"

    ujar Badrodin.Negosiasi kemudian gagal.

    Jumlah massa GIDI semakin ban-

    yak. Di tengah negosiasi, massamulai melempari jemaah dengan

    batu dan kayu. Polisi lalu melepas

    tembakan peringatan sebanyaktiga kali. Massa semakin beringas

    melemparkan batu. Polisi pun

    melepaskan tembakan ke tanah.

    "Maka itu, 12 korban itu rata-rata terkena luka tembak di kaki.

    Hanya satu yang kena pinggul dan

    itu meninggal dunia. Tapi itu sudahsesuai ketentuan," lanjut Badrodin.

    Seusai jatuh korban, massa

    membubarkan diri. Selagi bubar,

    mereka sempat membakar kios.Badrodin mengatakan, lantaran

    kios itu terbuat dari kayu, api pun

    dengan mudah merembet ke kiossebelahnya. Naas pula, kios itu

    sederet dengan mushala tempat

    shalat Id sehingga mushala ikutterbakar.

    Badrodin memastikan bahwa

    proses hukum atas insiden itu te-

    lah dilakukan. Sebanyak 50 orangsaksi dari kedua belah pihak di-

    periksa. Polisi menyasar pelaku

    pembakaran kios dan mushala ser-ta pihak yang mengeluarkan surat

    tersebut.

    Tersangka Bertambah

    Polda Papua masih terus men-dalami kasus kerusuhan di Tolika-

    ra tersebut.

    Kapolda Papua, Irjen Pol YotjeMende mengungkapkan, dari dua

    tersangka yang telah ditetapkan

    itu tidak menutup kemungkinanakan ada tersangka baru berdasar-

    kan analisa fakta dan data yang

    dilakukan penyidik. Sebab, peny-

    idikan kasus itu masih berjalan." Kemungkinan akan bertam-

    bah. Ini sesuai dengan perkemba-

    ngan kasus nanti. Kalau ada be-nang merah atau titik temu dari

    beberapa keterangan saksi yang

    ada, siapa pun yang terlibat akankami mintai keterangan," janjinya.

    Ketua dan Sekretaris

    Diperiksa

    Ketua GIDI Wilayah TolikaraNayus Wenda dan sang sekretaris,

    Marthen Jingga saat ini sedang

    menjalani pemeriksaan polisi.Keduanya merupakan orang yang

    menandatangani surat pemberi-

    tahuan yang melarang umat Islam

    salat Id di Tolikara itu."Masih kita periksa. Kita me-

    nunggu hasilnya," ujar Kapolri, Ba-

    drodin Haiti di rumah Kepala BINSutiyoso, Jakarta, Kamis (23/7).

    Kapolri mengatakan, salah satu

    pihak yang berpotensi menjadi pi-hak yang bersalah dalam insiden di

    Tolikara, yakni pembuat surat

    pemberitahuan seminar dan Ke-

    baktian Kebangunan Rohani (KKR)Gereja Injili di Indonesia (GIDI).

    Pembuat surat, kata Badrodin,

    bisa dikenakan pasal soal peno-

    daan agama. Surat diketahui berisi

    larangan umat Islam melaksana-kan shalat Id di wilayah Tolikara

    dan larangan bagi wanita Islam

    untuk mengenakan jilbab.Badrodin mengatakan bahwa

    pembuat surat juga bisa dikena-

    kan pasal penghasutan agar me-

    lakukan tindak kekerasan. Untukmenjerat pembuat surat dengan

    pasal ini, penyidik mesti mengkon-

    frontirnya dengan keterangan pel-aku pengerusakan sejumlah kios

    dan mushala terlebih dahulu.

    "Kita harus cek ke pelakunya,

    dia itu tergerak (menyerang) karenaapa? Apakah ada yang ajak? Atau

    karena surat yang dibuat ini? Paling

    tidak kita duga ada lebih dari satufaktor saja," ujar Badrodin.

    Sejauh ini, penyidik dari Polda

    Papua baru menetapkan dua ter-sangka atas kasus itu. Dua orang

    itu berinisial HK dan JW. Ber-

    dasarkan rekaman video, keduan-

    ya adalah provokator pelemparanbatu ke jamaah salat sekaligus

    pembakaran kios yang merembet

    ke Mushala Baitul Mustaqin.Insiden di Kabupaten Tolikara

    mengakibatkan puluhan bangunan

    kios dibakar, termasuk Mushala

    Baitul Mustaqin. Saat itu, ada duaacara yang dilaksanakan berdeka-

    tan. Selain perayaan Lebaran yang

    ditandai dengan shalat Idul Fitri,juga ada pertemuan pemuka gereja.

    Polri melepaskan tembakan ke

    udara untuk membubarkan mas-sa. Lantaran tak ada yang me-

    naatinya, Polisi kemudian me-

    lepaskan tembakan ke tanah. Seor-

    ang meninggal dunia dan 11 lain-nya luka-luka dalam insiden itu.

    Bendera Israel

    Tuduhan campur tangan asingdalam kerusuhan yang terjadi di

    Tolikara 17 Januari lalu kembali

    terlontar.

    Politikus Partai Keadilan Se-jahtera Hidayat Nur Wahid men-

    gatakan kemungkinan ada pihak

    asing yang diduga terlibat dalamkerusuhan tersebut. Hal ini bisa

    dilihat dari adanya bendera Israel

    di beberapa rumah di Tolikara,juga di tempat-tempat yang mu-

    dah dilihat warga Tolikara.

    "Kenapa ada bendera bangsa

    Israel di Papua? Ini sangat layakdipertanyakan," kata Hidayat

    yang juga Wakil Ketua MPR ini.

    Ia mengatakan, fakta ini dite-mukan tim Komat yang sudah ter-

    jun ke Tolikara Papua, sejak Sela-

    sa lalu. Gambaran bendera Israelitu menjadi aneh, karena selama

    ini Indonesia tidak menjalin hu-

    bungan diplomatik dengan Israel. "

    Bahkan di Jakarta pun kita mene-mui bendera ini. Ada apa dengan

    hal tersebut," kata Hidayat.

    Menurut Hidayat, permasala-han di Papua sangat rentan untuk

    menjadikan kepentingan bagi pi-

    hak asing mengeluarkan Papua

    dari NKRI. Soalnya di Papua ja-rang terjadi konflik antaragama,

    sekalipun ada hanya antarsuku.

    Karena itu, Hidayata mencurigai,konflik sengaja diciptakan agar

    situasi Papua memburuk.

    Jika memburuk pemerintah Indo-nesia bakal dianggap lalai atau

    tidak mampu menjaga stabilitas

    keamanan di Papua. Di sinilah per-

    an asing nantinya akan mengambilalih tanah Papua yang banyak sum-

    ber daya alamnya. (dtc/kcm/net)

    Cabang (Kakacab) BPJS Kete-

    nagakerjaan Kota Tanjungpinang,

    Dedi Yus Yulian, Kamis (23/7).

    Kata Dedi, selain 164 perusa-

    haan, pihaknya juga telah menyer-

    ahkan sebanyak 19 perusahaan di

    wilayah Tanjungpinang dan Bintan

    yang menunggak iuran BPJS ke-

    tenagakerjaan selama 4 bulan,

    sebesar Rp1,1 miliar kepihak Ke-

    jari Tanjungpinang.

    "Dari jumlah tersebut, baru

    sekitar 10 persen saja dari bebera-

    pa perusahaan yang beritikat baik

    untuk mengangsur pembayaran

    tunggakan iuran BPJS ketenaga

    kerjaannya," kata Dedi.

    Jumlah tunggakan tersebut,

    lanjut Dedi, sedianya sudah diser-

    ahkan oleh masing-masing perusa-

    haan bersangkutan ke pihak BPJS

    untuk dipergunakan bagi kepent-

    ingan jaminan kesejahan dari pe-

    kerja itu sendiri, ketika mendapat-

    kan musibah sakit dan perlu per-

    watan di rumah sakit yang telah

    ditunjuk oleh BPJS.

    "Hasil dari iuran BPJS terse-

    but, nantinya juga untuk menun-

    jung proses pembangunan di daer-

    ah. Karena jumlah yang terkumpul,

    kita serahkan ke kas negara untuk

    keperluan bersama," kata Dedi.

    Menurut Dedi, langkah penyer-

    ahan daftar nama perusahaan pe-

    nunggak iuran tersebut ke Kejari

    setelah pihaknya lebih dulu me-

    lakukan upaya pemanggilan, se-

    suai aturan yang berlaku. Namun

    hungga batas waktunya, perusa-

    haan bersangkutan belum juga

    mengindahkan.

    "Berdasarkan kerjasama

    (MoU) yang telah kita sepakati

    dengan pihak kejaksaan, maka

    langkah ini terpaksa kita lakukan.

    Nantinya, tugas dari pihak kejak-

    saan yang akan memanggil dan

    memproses pemilik perusahaan

    bersangkutan," ungkapnya.

    Dedi menyebutkan, sejumlah

    perusahaan yang terdata di BPJS

    tersebut, telah berbadan hukum

    jelas dengan mempekerjakan se-

    banyak 800 orang karyawan dan

    telah menunggak pembayaran iu-

    ran BPJS di atas 4 bulan.

    "Sesuai SOP yang kita miliki,

    untuk tunggakan iuran pertama,

    kedua dan ketiga, masih kita toler-

    ir sendiri melalui pendekatan dan

    pembinaan. Namun untuk tungga-

    kan 4 bulan ke atas, kita serahkan

    pihak kejaksaan yang diproses,"

    ucap Dedi.

    Berdasarkan ketentuan perun-

    dangan, yakni UU 24 tahun 2011

    tentang BPJS, maka bagi pemilik

    perusahaan yang nakal tersebut

    dapat dikenakan sanksi hukum

    berupa penjara selama 8 tahun

    dan denda Rp1 miliar.

    "Jika pemilik perusahaan ber-

    sangkutan tidak mampu mem-

    bayar sesuai batas waktu yang te-

    lah ditentukan, maka pihak kejak-

    saan dapat menyita seluruh aset

    dan kekayaan dari pemilik perusa-

    haan bersangkutan," terang Dedi.

    Dikatakannya, diantara jum-

    lah perusahaan yang menunggak

    iuran BPJS tersebut, ada yang

    mencapai Rp180 juta, di wilayah

    Tanjungpinang dan Bintan.

    "Sementara berdasarkan lapo-

    ran yang kami dapat dari karyawan

    yang bekerja di perusahaan terse-

    but, yang mana gaji mereka setiap

    bulan selalu dipotong. Nah, itu dia

    yang kami sesalkan, kenapa perusa-

    haan tersebut tidak langsung setor-

    kan setiap bulannya," ungkap Dedi.

    Untuk itu, pihaknya meminta

    agar Kejari Tanjungpinang dapat

    menindak serta membantu menye-

    lidiki perusahaan-perusahaan

    yang terkesan bandel tersebut agar

    dapat melunasi dan melakukan

    pembayaran tepat waktu.

    "Karena tindakan perusahaan

    bandel tersebut sangat merugikan

    banyak pekerja yang dengan rela

    memotong gajinya untuk mendap-

    atkan jaminan dari BPJS Ketena-

    gakerjaan," terang Dedi.

    Terpisah, Kepala Kejari Tan-

    jungpinang, Heri Ahmad Pribadi

    SH menambahkan, pembayaran

    tunggakan iuran BPJS ketenaga

    kerjaan oleh sejumlah perusahaan

    tersebut, dapat dilakukan lang-

    sung ke pihak BPJS bersangkutan,

    maupun pada pihaknya yang telah

    dipercayai sebelumnya.

    "Mereka (pemilik perusahaan)

    dapat saja langsung menyetorkan

    tunggakan iurannya ke pihak BP-

    JS bersangkutan, atau bisa saja

    melalui pihak Kejari Tanjung-

    pinang,"ucap Heri.(nel)

    Perampok Bersenpi Dari Halaman 1

    toko dalam keadaan sepi, pelaku

    kemudian langsung menutup pintu

    depan toko tersebut. Sebagian

    pelaku kemudian jalan menuju ke

    kasir yang dijaga pemilik toko

    sendiri dan langsung mengeluar-

    kan senjata api lalu menodong-

    kannya ke korban. Sempat terjadi

    perlawanan dari korban. Namun

    korban dipukul hingga tak tak

    berkutik. Begitu juga karyawan

    lainnya tak bisa berbuat banyak,

    karena ditodong dengan senjata.

    Bahkan mulut para karyawan yang

    rata-rata perempuan ini ditutup

    dengan lakban agar tidak bisa

    berteriak. Melihat seluruh korban

    sudah tak bisa berdaya pelaku

    lalu menguras uang di dalam laci

    kasir. Berhasil mendapatkan

    uang, pelaku kemudian kabur.

    Setelah pelaku kabur, pemilik toko

    berteriak meminta bantuan.

    Kasat Reskrim Polresta Ba-

    2 Tersangka Dari Halaman 1Tersangka Ri yang saat ini

    menjabat sebagai Kepala KKP,Merauke, Papua saat ditanya ter-

    kait penahanan dirinya ketika be-

    rada dalam mobil yang memba-

    wanya ke Rutan, ia hanya mengge-lengkan kepala sembari melam-

    baikan tangan. Hal ini seakan-

    akan ia memberi isyarat kalau di-rinya tidak melakukan tindakan

    dugaan korupsi proyek pemban-

    gunan Gedung KKP tersebut.Kepala Kejari Tanjungbalai

    Karimun Rudi Margono mengata-

    kan, alasan penahanan terhadap

    kedua tersangka ini berdasarkanpertimbangan subjektif dan objek-

    tif, agar perkara tersebut secepat-

    nya diselesaikan. Selain itu, untukmenghindari kekhawatiran mem-

    persempit persidangan atau meng-

    hilangkan barang bukti.

    "Penahanan ini termasuk bagi-an dari proses hukum dan memper-

    jelas status hukum tersangka, ser-

    ta menghilangkan keragu-raguandari keduanya. Jika tidak dilaku-

    kan penahanan, maka tersangka

    akan bertanya-tanya soal statushukumnya. Jika sudah seperti ini,

    maka dirinya pasti akan merasa

    siap untuk menjalani proses hu-

    kum selanjutnya," kata Rudi.Tersangka MZ ditahan ber-

    dasarkan surat penahanan dengan

    nomor: Print-01/N.10.12/T-2/07/

    2015 tanggal 23 Juli 2015. Semen-tara tersangka Ri ditahan ber-

    dasarkan surat penahanan dengan

    nomor: Print-02/N.10.12/T-2/07/

    2015 tanggal 23 Juli 2015.Kata Kajari, dugaan korupsi

    yang dilakukan tersangka adalah

    pengerjaan proyek belum selesai 100persen, namun uang negara sudah

    ditransfer ke rekening rekanan.

    "Pengerjaan baru sekitar 60persen, namun uang negara sudah

    ditransfer ke rekening rekanan.

    Jumlahnya bisa dikalikan dengan

    nilai kontrak proyek tersebut,"ungkap mantan penyidik KPK ini.

    Menurut Rudi, dalam menen-

    tukan kerugian negara, pihaknyatidak memerlukan audit dari

    Badan Pengawasan Keuangan dan

    Pembangunan (BPKP) atau Badan

    Pemeriksa Keuangan (BPK). Ala-sannya, audit BPKP ataupun BPK

    hanya salah satu alat bukti. Se-

    mentara, di dalam hukum acaraalat bukti tidak harus BPKP atau-

    pun BPK. Namun, bisa dari keter-

    angan saksi-saksi. Di tempat yang sama, Kepala

    Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus)

    Kejari Tanjungbalai Karimun Riz-

    ky Rahmatullah menambahkan,kedua tersangka akan menjalani

    masa tahanan sebagai titipan jak-

    sa di Rutan Klas II Tanjungbalai

    Karimun selama 20 hari ke depan,sembari menunggu berkas kedu-

    anya dilimpahkan ke bagian pe-

    nuntut umum.

    "Kami ingin berkas pelimpah-an kedua tersangka ini cepat sele-

    sai. Jika masih belum selesai,

    maka penahanan keduanya akandiperpanjang hingga 20 hari lagi.

    Setelah berkasnya selesai, maka

    keduanya akan langsung men-jalani persidangan di Pengadilan

    Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)

    Tanjungpinang," ungkap Rizky.

    Ia menambahkan, meski pi-haknya sudah menahan dua ter-

    sangka, namun proses hukum pe-

    nyelidikan pembangunan GedungKKP di Jalan Poros belum berakhir.

    Pihaknya, akan kembali memerik-

    sa sejumlah saksi yang terlibat

    dalam pengerjaan proyek melaluidana APBN tahun anggaran 2013

    lalu sebesar Rp3,4 miliar.

    "Kami akan terus mendalamikasus ini, saat ini ada sekitar 10

    orang saksi yang kami periksa, yang

    berasal dari internal KKP maupundari pihak luar yang terlibat dalam

    proyek tersebut. Jika terbukti ber-

    salah, maka kemungkinan akan

    ada penambahan tersangka baru.Kita lihat saja nanti perkembanga-

    nnya," pungkas Rizky. (ham)

    relang, Kompol Yoga Buana Dip-

    ta mengatakan perampok berha-

    sil membawa uang senilai Rp2,7

    miliar dalam dua kantor. Saat

    ini penyidik sedang melakukan

    olah TKP.

    Sementara korban menolak

    diwawancarai. Ia terlihat enggan

    membukakan pintu ruko. Hanya

    pihak kepolisian yang diperboleh-

    kan masuk ke dalam ruko untuk

    melakukan olah TKP. (vnr/bns)

    Chelsea DihantamNew York Red Bulls

    NEW JERSEY (HK) Kiprah

    perdana Chelsea di turnamen pra-

    musim International Champions

    Cup 2015 terpaksa berakhir me-

    malukan setelah takluk 4-2 di tan-

    gan New York Red Bulls yang han-

    ya diperkuat para pemain tim B

    dan akademi mereka, Kamis (23/7)

    pagi WIB di Red Bull Arena, Harri-

    son, New Jersey, Amerika Serikat.

    Asmir Begovic, yang menjalani

    debutnya bersama Chelsea, kebob-

    olan empat gol di babak kedua seir-

    ing Chelsea hanya bisa membalas

    dua gol melalui Loic Remy dan

    Eden Hazard. Ini menjadi salah

    satu kemenangan bersejarah yang

    dipetik Red Bulls mengingat tim

    kasta kedua mereka berhasil

    menghajar sang jawara Liga Prim-

    er Inggris yang diperkuat para pe-

    main top.

    Red Bulls, yang saat ini duduk

    di peringkat ketiga MLS Wilayah

    Timur, sebenarnya tampil tidak

    terlalu bagus di babak pertama

    setelah Remy mencetak gol pem-

    buka usai menuntaskan umpan

    Oscar di menit 27. Akan tetapi,

    armada Jose Mourinho justru

    kolaps di babak kedua seiring

    empat gol bersarang di gawang

    mereka dengan tiga di antaranya

    bahkan terjadi dalam rentang

    waktu delapan menit.

    Bencana langsung datang di

    menit 50 setelah Franklin Castel-

    lanos memaksimalkan back pass

    ceroboh dari John Terry untuk

    menyamakan skor. Beberapa me-

    nit berselang, Oscar nyaris me-

    ngembalikan keunggulan, namun

    sepakan kerasnya hanya menge-

    nai mistar.

    Justru Red Bulls yang berhasil

    membalikkan keadaan di menit 69

    melalui aksi Tyler Adams, remaja

    berusia 16 tahun. Sean Davis mem-

    perbesar keunggulan di menit 73

    setelah lini belakang Chelsea ga-

    gal menghalau umpan silang den-

    gan sempurna. Hazard kemudian

    memperkecil ketertinggalan men-

    jadi 3-2 lewat sepakan bebas aku-

    ratnya di menit 75.

    Dua menit berselang, gawang

    Begovic lagi-lagi jebol untuk kali

    keempat setelah Davis meman-

    faatkan kesalahan dari Ramires

    untuk mencetak gol keduanya di

    laga ini. The Blues pun mengakhiri

    laga dengan skor 4-2. Terry dkk.

    berharap bisa menebus kekalahan

    memalukan ini dalam dua laga ICC

    berikutnya kontra Paris Saint-Ger-

    main dan Barcelona. (glc)

  • Anambas 12Jumat, 24 Juli 2015

    Editor: Nikolas Ngao, Layouter: Parlin

    Pegawai Hadir Baru 50 PersenANAMBAS (HK) Hasil inspeksi mendadakyang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD)pada hari kedua, Kamis (23/7) menunjukkankehadiran para pegawai baru sekitar 50 persen.

    YudiLiputan Anambas

    Saat tim gabungan yang

    terdiri dari BKD, Satpol dan

    Inspektorat memasuki ruan-

    gan SKPD, untuk mengecek

    absensi, seluruh pegawai ya-

    ng ada di SKPD terkait tam-

    pak gusar. Sidak

    ini merupakan sidak yang

    kedua yang merupakan tin-

    dak lanjut sidak

    pertama yang telah dilaku-

    kan sebelum libur lebaran.

    Meski hasil sidak belum

    diketahui pasti rinciannya

    berapa pegawai yang

    tidak hadir karena cuti,

    izin atau sakit, dinas luar,

    dinas dalam dan

    tanpa keterangan (TK).

    Namun yang jelas dari hasil

    absensi yang

    berhasil dikumpulkan

    oleh tim, tingkat kehadi-

    ran pegawai di

    masing-masing SKPD pada

    hari kedua ini masih sangat rendah.

    Tingkatannya bervariasi,

    ada SKPD yang tingkat keha-

    dirannya hanya 50

    persen, namun ada juga

    yang mencapai 80 persen.

    Jika suatu SKPD dengan

    tingkat kehadiran 50 per-

    sen, artinya tingkat absensi

    mencapai 50

    persen. Tingkat absensi

    50 persen tersebut belum

    diketahui secara

    pasti berapa pegawai

    yang tidak hadir karena sak-

    it, cuti, izin, Dinas

    Dalam, Dinas Luar dan

    tidak hadir tanpa keteran-

    gan. Semuanya akan

    ketahuan setelah direkap.

    Sementara itu SKPD yang

    tingkat kehadirannya

    mencapai 100 persen hingga

    hari kedua ini belum ada.

    "Kalau ada yang belum

    hadir tanpa keterangan

    hingga saat ini maka

    dinyatakan tidak hadir

    tanpa keterangan. Tidak pe-

    duli itu pegawai

    biasa ataupun pejabat e-

    sselon," ungkap Kepala Bi-

    dang Kedisiplinan dan

    Kesra BKD Kabupaten

    Kepulauan Anambas, Nur-

    gayah disela-sela waktu luang

    saat sidak, kemarin.

    Sebelum menentukan hu-

    kuman terhadap pegawai

    yang nakal seperti ini

    pihanya akan mendata

    dulu dengan mengakumulasi

    jumlah pegawai yang

    absen dari awal sebelum

    lebaran hingga sesudah leba-

    ran. Dari data

    itulah nantinya akan dike-

    tahui siapa-siapa yang absen

    tanpa keterangan

    dan sekaligus berapa hari

    pegawai absen. Semakin ban-

    yak pegawai absen

    maka akan mendapatkan

    hukuman semakin berat. Hu-

    kumannya yakni berupa

    pemotongan tunjangan kesra.

    Untuk mengakumulasi

    jumlah absensi pegawai yang

    hingga kini belum

    masuk kerja, tim memin-

    ta agar SKPD yang bersangku-

    tan tetap mengirimkan

    rekap absen terbaru. Se-

    hingga pegawai yang saat

    ini belum hadir bisa

    ketahuan berapa hari me-

    reka absen. "Setiap SKPD

    melaporkan absensi

    terbaru kepada kita, jadi

    nanatinya akan ketahuan

    berapa hari total

    pegawai yang absen yang

    hingga kini belum hadir, jadi

    tinggal potongkesranya sa-

    ja," pungkasnya.***

    Warga Tolak Pembalakan Hutan di JemajaANAMBAS (HK) Ma-

    syarakat Jemaja Timur

    mendesak PT Kartika Je-

    maja Jaya (KJJ) untuk ti-

    dak melakukan peneban-

    gan hutan di Jemaja un-

    tuk perkebunan Karet.

    Seperti diketahui PTT

    KJJ te lah mengantongi

    beberapa izin untuk mem-

    buka lahan perkebunan di

    Pulau Jemaja. Di Sinyalir

    PT KJJ tersebut akan me-

    lakukan pembalakan liar

    di Jemaja sehingga akan

    merusak lingkungan di-

    daerah itu.

    Ketua LSM Tawas Indra

    Syahputra mengatakan un-

    tuk hari Jumat (24/7) sebany-

    ak 30 orang masyarakat Je-

    maja akan menyampaikan

    penolakan beroperasinya PT

    KJJ di Jemaja kepada DPRD.

    "Direncanakan hari ini

    kita akan bertemu dengan

    DPRD menyampaikan peno-

    lakan beroperasinya PT KJJ

    di daerah ini," kata Indra

    Syahputra. Kamis (23/7).

    Warga Tolak Pembala-

    kan Hutan di Jemaja in-

    dra mengatakan, masya-

    rakat nanti akan bertemu

    dengan Anggota DPRD

    dari Komisi II seperti H.

    Dhanun dan lainnya serta

    Ketua DPRD KKA Imran.

    Utusan masyarakat Jema-

    ja yang datang tersebut

    dari 4 Desa kuala maras,

    hulu maras, genting pu-

    lung dan Bukit Padi.

    "LSM Tawas sendiri di-

    minta untuk menjadi fasil-

    itastor perjuangan penola-

    kan PT KJJ." tegasnya.

    Menurut Indra, masya-

    rakat mendesak pemerintah

    daerah untuk selektif meman-

    dang sepak terjang PT KKJ

    yang sejak tahun 1999 hingga

    saat ini selalu saja melakukan

    tindakan kontroversi dan ak-

    hirnya melakukan pembala-

    kan hutan dijemaja.

    "Istilahnya kebun dibuat

    tak jadi namun hutan dibabat

    habis," ujarnya menyayangkan.

    Pada intinya kata Indra,

    masyarakat Jemaja Timur

    dengan tegas menolak ber-

    operasinya PT KJJ dengan

    alasan apapun juga, karena

    sampai saat ini belum ada

    satupun juga berkas yang

    masuk ditingkat desa keca-

    matan dan Kabupaten ten-

    tang tentang profil perusa-

    haan tersebut.

    "Hal ini tak dapat dibi-

    arkan dan harus segera di-

    atasi jangan sampai ak-

    hirnya masyarakatlah yang

    dirugikan," ungkapnya.

    Pada tahap awal kata

    Indra PT KJJ merencanakan

    pembabatan hutan dengan

    alasan membangun perke-

    bunan karet seluas 1000

    hektar. dari target 3.605

    Hektar. sesuai izin yang di-

    miliki PT KJJ tahun 1999.

    "Perlu diketahui izin yang

    ada tersebut disinyalir sudah

    kadaluarsa," paparnya.

    Indra berharap langkah

    masyarakat ini dapat dire-

    spon dengan baik oleh pihak

    yang berwenang sehingga

    hutan di Jemaja dapat les-

    tari dan alami.(yud)

    Hamid Rizal Siap Bertarungdi Pilkada Natuna

    TANJUNGPINANG (HK)

    Pemilihan Kepala Daer-

    ah (pilkada) kabupaten,

    kota maupun provinsi Kep-

    ulaun Riau (Kepri) kian de-

    kat. Komisi Pemilihan Um-

    um (KPU) dalam waktu de-

    kat ini akan membuka pen-

    dafaran bagi bakal calon

    (balon) Bupati, Walikota

    dan Gubernur untuk pilka-

    da lima tahun kedepan.

    Diantara sejumlah bakal

    calon Kepala Daerah yang

    akan bertarung, salah satun-

    ya adalah Drs H. A Hamid

    Rizal yang akan ikut dalam

    pilkada Kabupaten Natuna.

    Kesiapan mantan Bupati

    Natuna periode 2001-2006

    tersebut sudah diperhitung-

    kan secara matang jauh hari

    sebelumnya.

    Hamid Rizal nantinya

    akan mencalonkan diri se-

    bagai calon Bupati Kepala

    Daerah Kabupaten Natuna

    periode 2015-2020 menda-

    tang." Saya mencalonkan

    diri sebagai Bupati Natuna

    dan siap bertarung pada

    pemilukada Natuna 9 De-

    sember mendatang.

    Dan saya adalah mantan

    narapidana yang telah sele-

    sai menjalankan proses hu-

    kum tahun 2011 lalu dan

    kiranya masyarakat agar

    dapat memakluminya," kata

    Hamid Rizal di Tanjungpi-

    nang, Rabu (22/7).

    Lebih lanjut Hamid Ri-

    zal mengungkapkan, ala-

    san dirinya untuk maju

    bertarung di pilkada Natu-

    na adalah karena keingi-

    nan dan permintaan dari

    masyarakat luas, khususn-

    ya Kabupaten Natuna un-

    tuk bersama-sama mam-

    bangun dan memajukan

    Kabupaten Natuna.

    "Amanah yang telah di-

    percayakan oleh masyarakat

    ini untuk maju sebagai ca-

    lon Bupati Natuna menda-

    tang akan saya emban dan

    jalankan untuk ikut serta

    pada pilkada Kabupaten

    Natuna nanti," ujarnya.

    Untuk itu, Minggu depan,

    rencananya pada Senin men-

    datang Hamid Rizal akan

    mendaftarkan diri di kantor

    KPU Kabupaten Natuna un-

    tuk maju sebagai calon Bu-

    pati Natuna.

    Terkait dengan pasan-

    gannya untuk maju sebagai

    calon Kepala Daerah Kabu-

    paten Natuna mendatang,

    Hamid Rizal masih mera-

    hasiakannya. Yang jelas

    kata dia, untuk kenderaan

    atau partai sudah mencuk-

    upi dari kuota yang telah

    ditetapkan dan nantinya

    setelah pendaftaran akan

    diumumkan.

    "Setelah resmi mendatar

    di KPU nanti, kita akan men-

    gumumkan nama calon Wak-

    il Bupati Natuna dan juga

    partai yang mengusung pada

    pilkada Natuna mendatang,"

    katanya. (eza)

    Lelang Alkes Butuh Rp4 MANAMBAS(HK) Kepala

    Dinas Kesehatan Kabupaten

    Kepulauan Anambas Said

    Mohd. Damrie mengatakan,

    tahun ini memang ada pen-

    gadaan Alat Kesehatan(Alkes).

    Barangnya berupa alat ke-

    giatan untuk ibu dan anak, kamar

    operasi dengan angga-

    ran kurang lebih Rp4 miliar

    yang dibagi menjadibebera-

    pa paket pengadaan.

    Alkes tersebut nantinya

    akan ditempatkan di rumah

    sakit seperti Rumah

    Sakit Lapangan Palma-

    tak dan Rumah Sakit Berger-

    ak yang ada di Jemaja,

    beberapa puskesmas dan

    puskesmas pembantu (Pus-

    tu) yang ada di seluruh

    kecamatan yang ada di

    Anambas. Namun sayangnya

    saat ini belum

    dilakukan lelang, masih

    dalam persiapan.

    "Pengadaan alkes tahun

    ini ada, tapi sekarang ini be-

    lum dilelang,

    dananya bersumber dari

    Dana Alokasi Khusus (DAK),

    karena dari APD

    murni tidak ada," ungkap

    Said ketika ditemui di gedung

    DPRD Anambas

    beberapa waktu lalu.

    Kemungkinan besar kata

    Said, Alkes baru akan di-

    lakukan setelah lebaran

    ini. Menurutnya lelang

    alkes berbeda dengan lelang

    pengadaan lainnya

    karena harus jelas khu-

    susnya spesifikasi alkes itu

    sendiri. Jika tidak

    sesuai dengan apayang

    diharapkan maka bisa mem-

    bahayakan pasien.

    "Lelang alkes ini lebih ru-

    mit, karana pembandingnya

    harus ada, sesuai

    dengan kebutuhan atau

    tidak. Jadi tidak sembaran-

    gan untuk melelang

    Alkes ini," ungkapnya lagi.

    Yang harus diperhatikan

    kata Said, juga lebih banyak

    yakni mulai harga

    harus sesuai dengan di-

    lengkapi gambar, harus lihat

    di e-katalog juga,

    apakah barang tersebut

    ada di e-katalog atau tidak,

    karena kalau

    barang itu ada di kata-

    log, maka kita wajib belan-

    ja dari katalog itu.

    "Karena