Haluan kepri 02sep13

Click here to load reader

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    327
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Gerbang Berita Masyarakat Kepri

Transcript of Haluan kepri 02sep13

  • Senin, 2 September 201326 Syawal 1434 H

    TERBIT 24 HALAMAN, NO 2/9 TAHUN KE 12

    HARGA ECERAN Rp2.000,- HARGA LANGGANAN Rp52.500,- UNTUK LUAR KOTA TAMBAH ONGKOS KIRIM

    HALUAN KEPRI SATU-SATUNYA KORAN BACAAN MASYARAKAT KEPRI

    Website:www.haluanmedia.com

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Dimas

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    CMYK

    CMYK

    Website: www.haluankepri.com

    Penampungan TKI di Tpi Ricuh

    Warga Tolak Pembangunan Tower Hal 917Hal

    Setan Merah Hal 7

    Bantah Ganti Hal 7

    MerenungkanMERENUNGKAN dan menjadi arif ke-tika bersikap dalam menjalani setiapdetik perjalanan hidup akan membawadampak besar bagi kehidupan kita.Setidaknya, akan menjadi pribadi yanglebih kuat dan lebih bijak dalam segalaaspek kehidupan. (wpc)

    Setan Merah Terjungkal di AnfieldLiverpool Pimpin Klasemen

    LIVERPOOL (HK) Manchester United harusmenelan pil pahit

    usai dikalahkanLiverpooldalam lanjutan

    Liga Inggris di Anfield, Minggu (1/9) malamWIB. The Reds dapat poin maksimal berkatgol Daniel Sturridge di menit keempat.

    Kemenangan ini mem-buat Liverpool sementara

    memuncaki klasemen PremierLeague. Steven Gerrard dkk

    meraih nilai sempurna sem-bilan dari tiga pertandingandengan catatan belum pernahkebobolan. Mereka unggul duapoin atas Chelsea di urutankedua.

    Dari catatan BBC, ini ada-lah start terbaik di tiga lagapertama Liverpool dalam 19musim terakhir.

    Selain itu, calon penghunibaru Anfield seperti MamadouSakho, Victor Moses dan TiagoIllari berada di stadion gunamenyaksikan pertandingantersebut. Sepertinya peres-mian transfer tinggal me-

    nunggu waktu saja.Wayne Rooney yang sebe-

    lumnya bermain sejak menitawal ketika menghadapi Chel-sea, kali ini tak sanggup me-nemani rekan setimnya meng-hadapi Liverpool.

    Laga baru berjalan 4 menit,Sturridge sukses menjebol ga-wang tim tamu melalui sun-dulan kepalanya. Berawal daricorner Steven Gerrard, bolajatuh di kepala Daniel Aggerdan sundulannya tepat me-ngarah ke kanan gawang. Na-mun Sturridge yang berada didekat David de Gea, mampumengubah arah bola. 1-0, tuanrumah memimpin.

    Agnes Monica

    Bantah Ganti Nama

    Seleksi CPNS Sarat Penyimpangan

    Sebarkan Semangat Cinta di Kepri

    "Jika Pemilu Legislatif Hari Ini"

    "Jika Pemilu Hal 7

    Anggota DPRD Batam versi Haluan Kepri

    Halal Bihalal Punggowo

    Sebarkan Semangat Hal 7

    BATAM (HK) Ratusan ri-bu warga asalPulau Jawa di

    seluruh Ba-tam dans e k i t a r -nya tum-pah ruahmenghadi-

    ri Halal Bi-halal Pung-

    gowo di GOR Te-menggung Abdul Jamal Batam,Minggu (1/9). Gubernur KepriHM Sani dan Wakil GubenurSoerya Respationo, serta sederetpejabat dan tokoh Kepri berbaurdengan masyarakat. Kemarin,GOR Temenggung Abdul Jamaldan sekitarnya jadi lautan ma-nusia. Aneka hiburan pun digelar.

    Ketua Panitia acara halal bi-halal, Istono dalam sambutan-nya mengatakan bahwa acaraini mengangkat tema "Ber-budi Bowo Leksono Manung-

    galing, Lathi Lan Pakarti" yangberarti "Berbudi Luhur, SatunyaKata dan Perbuatannya".

    "Saya sebagai ketua panitiaberharap tema ini dapat menjadipedoman dan diamalkan oleh selu-ruh warga Jawa di dalam peran-tauan ini," kata Istono.

    Pungguwo, sambungnya, meru-pakan sarana pemersatu bagiseluruh paguyuban yang ada diseluruh Batam. Bukan sebagaiprimordial yang mengagungkansatu suku tertentu saja.

    "Paguyuban sebagai wadah cer-minan Bhineka Tunggal Ika, di ma-na meski kita berbeda-beda, tetapitetap satu juga, yaitu Indonesia.Itulau keunggulan kita," katanya.

    Untuk membuktikan hal ini,panitia selain mengundang 76paguyuban, 27 komunitas pung-gowo muda, juga mengundang se-luruh paguyuban dari seluruh su-ku yang ada di Pulau Batam.

    Hal ini diamini oleh KetuaLAM Batam, Nyat Kadir. Dia me-

    nyampaikan rasasalutnya ter-hadap ke-bersama-an ter-sebut.

    "Sa-ya me-n y a m -paikan ra-sa salut, ke-pada para wargaJawa yang hadir.Tahniah, luar biasaramainya," ujarnya.

    Acara ini, sambung-nya merupakan buktibahwa seluruh pung-gowo kompak dan ber-satu padu. "KepadaKi Lurah, adinda sa-ya, Soerya Respatio-no, saya ucapkan se-lamat karena sanggupmembina hubunganyang baik dengan orangmelayu dan etnis lainnya,"kata Nyat.

    JAKARTA (HK) Proses seleksi penerimaancalon pegawai negeri sipil (CPNS) dinilaibelum bebas dari praktik korupsi, kolusi dannepotisme (KKN). Lembaga pemantau masihmenemukan adanya titik rawan atau pe-nyimpangan dalam penyeleksian.

    Dugaan masih terjadinyapenyimpangan disampaikanlembaga pemantau, yaituKonsorsium LSM SeleksiCPNS (KLPC). Lembaga itumenemukan adanya titik ra-wan dalam penyeleksian ber-dasarkan pengalaman CPNStahun-tahun sebelumnya.

    Menurut Divisi monito-ring Pelayanan Publik ICWSiti Juliantari, masih ba-nyaknya penyimpangan da-lam proses rekruitmen. "Pro-ses ini (rekruitmen CPNS)sarat dengan penyimpangan,mulai dari proses pendaf-taran sampai pada peneta-

    pan yang lulus, sarat denganpraktik-praktik kecurangan,"ujar Juliantari dalam jumpapers terkait Proses SeleksiCPNS di Kantor ICW, Jakar-ta, Minggu (1/9).

    Ia menjelaskan, dalamperekrutan CPNS, sebagianpelamar tidak memenuhi kri-teria sebagai honorer K2 (ka-tegori 2). "Sebagaimana dike-tahui, peserta honorer K2merupakan pegawai honoreryang bekerja pada instansipemerintah pusat dan daerahselama minimal satu tahunsebelum Desember 2005. Pe-

    JAKARTA (HK) Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) menyentil Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), terkait mandegnya kasus suap impordaging. DPR menilai kasus tersebut masih jauhdari selesai.

    Bambang Soesatyo, salah seorang anggotaDPR mengungkapkan kerja KPK dalam kasussuap impor daging tidak menunjukkan progres.

    "Satu hal yang sudah pasti, penyelidikan danpenyidikan atas kasus ini tidak boleh berhentipada mereka yang sudah ditetapkan sebagaitersangka saat ini. Sebab, perselingkuhan diranjang kartel impor daging sapi melibatkansejumlah sosok yang belum jelas identitasnya,"kata anggota Komisi III DPR ini di Jakarta,Minggu (1/9).

    Bambang mengatakan, mengacu pada reka-man pembicaraan telepon sejumlah pihak yangdiperdengarkan di Pengadilan Tipikor Jakarta,pekan lalu, ia berpendapat bahwa KPK masihharus mendalami kasus ini.

    MALUKU DIGUNCANG GEMPA 6,6 SRAMBON (HK) Gempa bumi ber-kekuatan 6,6 Skala Richter (SR)mengguncang Kabupaten MalukuBarat Daya (MBD), Provinsi Ma-luku, Minggu (1/9) malam, sekitarpukul 20.32 WIT.

    Data yang dikeluarkan BadanMeteorologi, Klimatologi dan Geofi-sika( BMKG) Ambon menyebutkanepisentrum gempa berada pada7.75 Lintang Selatan (LS) dan128.40 Bujur Timur (BT), dengankedalaman 123 kilometer di bawahpermukaan laut.

    Lokasi gempa berada pada po-sisi 222 kilometer arah Timur LautMaluku Barat Daya.

    Sekretaris Badan Penanggu-langan Bencana Daerah (BPBD) Ma-luku Kifly Wakanno mengemukakan,

    pihaknya belum mengetahui dam-pak dari gempa yang wilayahnyaberdekatan dengan Timor Leste.

    "Kami masih berkoordinasi de-ngan BPBD Maluku Barat Dayauntuk memantau kemungkinan

    ada kerusakan akibat gempatersebut," ujarnya.

    Akibat gempa tersebut, wargasempat berhamburan ke luarrumah.

    "Gempa dirasakankuat oleh masyarakatMaluku Barat Daya. Ma-syarakat berhamburankeluar rumah," ujar KepalaHumas BNPB Sutopo Purwodalam keterangannya.

    Sutopo mengatakangempa itu dirasakan olehwarga selama kurang le-bih 10 detik. Sutopo be-lum mendapatkan datamenyeluruh mengenai aki-bat gempa ini.

    Maluku Diguncang Hal 7

    Seleksi CPNS Hal 7

    Kasus Impor Daging

    DPR Sentil KPKLorenzo Jegal Marquez

    SILVERSTONE (HK) Pe-balap Yamaha, Jorge Lorenzoberhasil mematahkan rekor trenempat kemenangan beruntunyang sebelumnya diraih Mar-quez. Lewat pertarungan me-negangkan di lap terakhir, JorgeLorenzo berhasil memenangi

    MotoGP Inggris di Sirkuit Silver-stone, Minggu (1/9) malam WIB.

    Dengan tambahan 25 poinini, Lorenzo masih berada diposisi ketiga dengan raihan 194poin. Sedangkan, puncak klase-men masih dikuasai oleh Mar-quez dengan 233 poin disusul

    oleh Dani Pedrosa di tempatkedua 203 poin.

    Dalam balapan itu, Lorenzosempat terlihat cukup aman un-tuk menjadi pemenang, sebelumharus bersusah payah memper-tahankannya di lap-lap terakhir.

    Pebalap Yamaha itu startlebih baik daripada Marquez,yang menjadi pemegang poleposition. Sejak itu Lorenzo terusberada paling depan, sementaraMarquez terus mengekor namunsulit mendekati rivalnya itu.

    Catatan untuk Marquez, ri-der tim Repsol Honda itu ia barudiumumkan mengikuti lomba dimenit-menit terakhir, karenasebelumnya terjatuh dan cederabahu kiri di warm-up lap, be-berapa jam sebelum balapan.

    Kejutan dilakukan Marquezdi tiga lap terakhir ketika ia

    Lorenzo Jegal Hal 7 DPR Sentil Hal 7

    BATAM (HK) "Jika Pemilu Le-gislatif Hari Ini." Demikian kalimatsederhana yang kami sampaikankepada seluruh pembaca HaluanKepri. Mulai besok, Selasa (3/9) dansetiap bulan, sampai pelaksanaanPemilu Legislatif April 2014 men-

    datang, Haluan Kepri akan mener-bitkan calon legislatif yang layakduduk di kursi Dewan Perwakilan

    Rakyat Daerah (DP-RD) Batam versiHaluan Kepri.

    Hal ini berda-

    sarkan penilaian atau semacam"polling" terhadap seluruh calonlegislatif (caleg) yang namanyatelah ditetapkan Komisi PemilihanUmum (KPU) Kota Batam sebagaicalon tetap yang akan menjadi pe-serta pada Pemilu 2014 mendatang.Seluruhnya berjumlah sebanyak598 orang. Dari ratusan orang itu,

    nantinya akan terpilih sebanyak11,96 persen atau 50 orang yangmenjadi wakil masyarakat Batamuntuk duduk di DPRD Kota Batam.

    Rinaldi Samjaya, Pemimpin Re-daksi Haluan Kepri mengungkapkan,apa yang dilakukan Haluan Kepri iniuntuk melihat dan menelaah, sejauhapa kualitas dari seluruh caleg KotaBatam tersebut.

    "Kami memiliki lima kriteriapenilaian yakni pengalaman poli-

    tik, integritas, kapasitas, tidakcacat hukum (baik negara, sosial,dan moral), dan elektabilitas,"jelas Rinaldi.

    Dijelaskannya, telaah tentanganggota Dewan Batam versi HaluanKepri "Jika Pemilu Legislatif HariIni" telah dimulai sejak Daftar CalonSementara (DCS) lalu. Dan diperku-at ketika Daftar Caleg Tetap (DCT)Kota Batam telah dikeluarkan KPUBatam.

    NET

    LORENZO juarai MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (1/9) malam WIB.

    DanielSturridge

    JAKARTA (HK) Penyanyiyang tengah menggarapalbum internasionalnya,Agnes Monica, memban-tah isu dirinya mengubah

    nama demi karier inter-nasionalnya.

    Beberapa bulan yanglalu, Agnes tampil di SanFrancisco menyanyikan

    RITUAL REOG Salah satu tokoh adatasal Jawa melakukanritual sebelum aksi ReogPonorogo dimulai di GorTemenggung AbdulJamal, Minggu (1/9),dalam acara Halal BihalalPunggowo. Acaratersebut dihadiri GubernurKepri HM Sani, pejabatdan tokoh di Kepri, sertaribuan warga.

  • Editor: Nana Marlina, Layouter: Syahril

    2Senin, 2 September 2013E k o n o m iWorld Technopolis Association

    DR H Syamsul Bahrum (PhD)[email protected]

    PEMERINTAH Korea Selatan meru-pakan salah satu negara yangselalu mendorong kemajuan ber-sama dalam pengembangan Peme-rintah dan masyarakat yang ber-basis teknologi dan tata-kelolapemerintahan yang moderen.Asosiasi Pemerintah Daerah yangmenerapkan manajemen siber-netika (ICT/information and com-munication technology) dalambentuk E-Government juga ber-basis di Korea Selatan (Seoul) yangdikenal dengan WeGO ( World E-Government Organization). KoreaSelatan juga menjadi basis terben-tuknya W TA ( World TechnopolisAssociation). Dalam sejarah pen-dirian WTA tercatat di Kota Daejeon(Korea Selatan) dimana 22 Wali-kota yang berasal dari 10 negara

    bertemu dan berinisiatif dan ber-komitmen membentuk WTA (Aso-siasi Kota Teknopolis/berbasisHightech tingkat Dunia).

    Suatu pertemuan dalam skalabesar dilanjutkan di tahun 1998 dikota yang sama (Daejeon) dimanaikut serta pula anggota IASP (Inter-national Association of Science Park)-yakni asosiasi international kawasanindustri berbasis sains dan teknologi(STP/Science and Technology Park)untuk memperkuat kota-kota mode-ren yang berbasis sains dan tekno-logi (Science Cities). WTA berusahamenyatukan antara kebijakan publikPemerintah dibidang pengemba-ngan teknologi dengan perguruan

    tinggi atau akademisi yangakan mengembangkan sainsdan teknologi dan duniausaha yang akan membiayai,melakukan R and D (Researchand Development) sertayang akan memanfaatkansecara komersial atas ber-bagai teknologi yang diha-silkan. Disamping itu jugadiharapkan khususnya di negara-negara berkembang semakin banyaktumbuh kelompok masyarakat me-nengah yang memiliki semangatkewirausahawan dan menerapkan

    kemajuan sains dan tekno-logi (technopreneurship).WTA terus berkembang pe-sat dan berbagai programterus disusun berbagai ins-titusi yang berkaitan de-ngannya terbentuk sepertiWTA General Assemby)/Sidang Tertinggi WTA, UPF(University President Fo-

    rum), Technomart, IJR (InternationalJoint Research), pengembanganjaringan informasi berbasis tek-nologi saintifik, dan mendorongpengembangan berbagai STP (Sci-

    ence and Techno Park) khususnya dinegara-negara berkembang. Ditahun 2013 misalnya diadakan pulaWTA Daejeo High Tech Fair yang ke10 yang mengangkat thema Cre-ative Industry and Eentreprene-urship EcoSystem. Sampai denganDesember 2012, WTA tumbuh men-jadi organisasi internasional yangdisegani dengan 84 anggota (Kota/Provinsi) dari 43 negara (http://[email protected]).

    Keberadaan WTA sudah tidakdiragukan lagi, apalagi Asosiasi Kota-kota Berbasis Teknologi ini jugaberkolaborasi dengan berbagaiinstitusi dunia yang terkenal ter-masuk dibawah PBB (Perserikatan

    Bangsa-Bangsa). Beberapa WTAsPartners misalnya UNESCO, UN-CTAD (United Nations Conferenceon Trade nad Development) ber-pusat di Geneva (Swiszerland),INSME (International Network SMEs)yang berpusat di Roma/Italia, ISE-SCO (Islamic Body on Ethics ofScience and Technology) yangberbasis di Kota Rabat/Maroko, IASP,Asia Pacific City Summit. ASPA (AsianScience Park Association) berbasisdi Kota Daegu (Korea Selatan), dll.Pemerintah Indonesia, melaluibeberapa Pemerintah Daerah Pro-vinsi, Kabupaten dan Kota pastimampu menjadi bagian dari kema-juan yang dicapai oleh WTA tersebut,dan Indonesia memiliki segala-galanya untuk bisa mencapainya.Insya Allah kita memahaminya.***

    BTP Launching Pekan DepanBATAM (HK) Batam Techno Park (BTP),yaitu pusat bisnis inkubator segera dilun-curkan (launching) oleh Menteri Riset danTeknologi (Menristek), pekan depan.

    Kesubdit Monitor danEvaluasi, Industri dan Per-dagangan BP Batam, Tri No-vianto Putra mengatakan,Batam Techno Park akan ber-kantor di Politeknik NegeriBatam. Bila, sudah dires-mikan, diharapakan geliatindustri kecil khususnya yangbersinggungan dengan tek-nologi akan semakin pesat.

    Kalau tidak ada halang-

    an, 11 September soft laun-ching oleh Menristek. Kitaberharap, inovasi teknologiakan berkembang. Kita bisalihat, Microsoft, Apple, Sam-sung, semua berasal dari tec-hno park yang ada di nega-ranya, kata Tri, kemarin.

    Ia menjelaskan, Batamnantinya akan fokus pada cirikhas daerah. Seperti tekno-logi elektronik, shipyard bah-kan perencanaan ke depan,mengarah pada teknologimaritim. Dengan adanya Ba-

    tam techno park sendiri, akanmeningkatkan bisnis inku-bator teknologi.

    Apalagi, kebutuhan peru-sahaan diperkirakan akanterjadi pada 2015 yang secaraterus-menerus memberikanefisiensi bagi perusahaan.

    Katanya, Batam TecnoPark merupakan hasil reko-mendasi rod map BP Batamyang dibuat konsultan. BPBatam memiliki center ofscience yang berguna meni-ngkatkan kualitas industri.Dengan demikian, pada 2015industri di Batam harus naiklevel atau naik kelas. Tapidalam waktu dekat, pihaknyaakan membangun dari sisiinfrastruktur.

    Dalam soft launching na-

    nti, juga akan ada MoU an-tara Pemerintah Provinsi Ke-pri, Pemko Batam dan BPBatam. Ini terkait pembang-unan, gedung yang akan di-pakai nantinya. Sebab, per-kembangan teknologi, harusada campur tangan peme-rintah, tambah Tri.

    Saat ini, lanjut Tri, parapengusaha manufacturinghanya mengandalkan mu-rahnya operasional perusa-haan. Namun belum ada ino-vasi teknologi dalam menu-runkan cost lainya. Karenaitu, diperlukan Batam TechnoPark yang memberikan halterbaru.

    Untuk program awal, pi-haknya akan membidik ka-langan akademisi, bisnis-

    man dan goverment. Di manaketiga ini mempunyai peranuntuk mengembangkan in-dustri ke depan. Kagiatan ini,memiliki resiko tinggi. Ka-rena itu, jika ada mahasiswaPoliteknik yang mempunyai

    ide, pemerintah dalam hal inisebagai inkubator harus siapmembantu.

    Inkubator ini fungsinyauntuk mendorong perusaha-an lebih cepat. Menristek,sangat mensupport kegiatan

    seperti ini. Di Batam ada be-berapa sektor yang dikem-bangkan. Terutama sektormanufacturing, electronic,supporting oil and gas, per-kapalan dan bidang anima-si, pungkas Tri. (mnb)

    Harga Produk Elektronik Naik 5 PersenBATAM (HK) Melemahnyanilai tukar rupiah terhadapdollar Amerika Serikat dandollar Singapura, membuatharga produk elektronik me-ngalami kenaikan hingga 5persen di Batam. Salah sa-tunya di pusat perbelanjaanTop 100, Jodoh, Batam.

    Beberapa produk elektro-nik yang mengalami kenai-kan harga adalah mesin cuci,TV, laptop,camera, kipas an-

    gin, rice cooker, kulkas danmini compo.

    Rata-rata kenaikan seki-tar 5 persen dari harga sebe-lumnya, ujar Aceng, pemilik to-ko Indo Perkasa di pusat perbe-lanjaan tersebut, Minggu (1/9).

    Mesin cuci merk Sharpkapasitas 6 kg sebelumnyaRp1,2 juta, kini menjadi Rp-1,8 juta. Sementara, laptop(komputer jinjing) rata-ratamengalami kenaikan harga

    sekitar Rp300 ribu untuksemua merek.

    Namun, lanjut Aceng, bi-la masyarakat ingin mem-bayar secara kredit, tidakada masalah, karna tidakada kenaikan suku bunga dilembaga-lembaga pembi-ayaan seperti Adira.

    Tidak ada kenaikan sukubunga semuanya disesuaikandengan harga barang elektronikbila ingin membeli dengan cara

    kredit beber Aceng.Sementara itu, Toni, pe-

    milik toko JVC Electronik dipusat perbelanjaan yang sa-ma menyatakan, harga pro-duk elektronik sangat ber-gantung pada nilai tukar ru-piah terhadap dollar Singa-pura. Hampir 90 persen ba-rang elektronik yang kamijual impor dari Singapura,hanya 10 persen dari Jakar-ta, ujarnya.

    Hal serupa juga diung-kapkan Jimmy, pedagangjam tangan beserta aksesorisjam di mal tersebut. Kitaterima dollar Singapura bila

    ada yang memilikinya. De-ngan begitu harganya tidaknaik, ujar Jimmy sembarimengatakan nilai tukar ru-piah terhadap dollar Singa-

    pura semakin lemah.Di sejumlah tempat pe-

    nukaran uang (money changer),kemarin, harga jual Rp9.135dan beli Rp8.791. (cw80)

    DOK

    HARGA ELEKTRONIK Toko elektronik di salah satu pusat perbelanjaan di Batam. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadapdollar Amerika Serikat maupun dollar Singapura, berimbas pada naiknya harga jual elektronik di Batam.

    TaslimahuddinLiputan Batam

  • Editor:Nana Marlina,Layouter: Syahrial Anwar

    3Senin, 2 September 2013

    CMYK

    CMYK

    Pemerintah Dinilai Tutup MataTerkait Lele Ilegal Banjiri Kepri

    Darul QutniLiputan Tanjungpinang

    TANJUNGPINANG (HK) Ketua KamarDagang Dan Industri (Kadin) KotaTanjungpinang, Bobby Jayanto mengakusangat geram dengan membanjirnya leleimpor yang masuk secara ilegal ke Kepri.Dalam kasus ini, pemerintah, khususnyaaparat penegak hukum dinilai tutup mata.

    Mari kita kembali me-renung ke belakang sejenak,kenapa ini semua bisa terja-di dan sudah berlangsunglama. Saya menilai dalam halini ada kesalahan dari pihakpemerintahan bagian penga-wasan barang impor masukyang tidak resmi di lapa-ngan, kata Bobby kepadaHaluan Kepri, Minggu, (1/9).

    Menurut dia, kalau leleilegal yang masuk hanya satu

    ekor, mungkin masih bisamaklumi karena bisa disim-pan dalam kantong celana,akan tetapi lele yang masuksetiap malam melalui pela-buhan tikus berjumlah sa-ngat banyak, mencapai pulu-han ton dalam kemasan tongplastik yang berisi minimal8 ton lele.

    Kalau dengan jumlahyang begini besar, aparattidak mengetahui sudah ke-terlaluan namanya. Belumlagi bila didalam tong leletersebut diboncengi barang

    terlarang lainnya, akan men-jadi sangat rawan bagi negaraini, ujarnya.

    Bobby mengaku tidak he-ran bila BNN (Badan Narko-tika Nasional) mengatakanKepri sebagai pintu masukNarkoba kedua di Indonesia.Namun apakah aparat ke-amanan Indonesia sudah per-nah memikirkan permasala-han ini yang dapat mengan-cam hancurnya generasimuda Indonesia? tanyanya.

    Saya menilai aparat pe-merintahan kita belum per-nah berpikir sejauh ini halyang akan mengancam keutu-han NKRI. Kita tidak ber-maksud menuding pihak pe-merintah, mungkin semua iniyang bertangung jawab ada-lah oknum yang di lapangan,tetapi seharusnya instansiyang berkaitan harus selektifmenugaskan oknum di garisterdepan, minimal loyalitasn-ya dan yang terpenting adalahnasinalismenya seberapatinggi, ucap Bobby.

    Jikalau oknum yang bertu-gas digarda terdepan inginmengkhianati NKRI, lanjutdia, maka musnahlah masadepan bangsa Indonesi.

    Seperti ketahui bersamaberapa banyak anggaran pe-

    merintah pusat yang disalur-kan melalui pemerintahdaerah untuk bantuan danpembinaan bagi petani ter-nak lele setiap tahunnya.Namun tidak ada hasil yangdapat dicapai dikarenakanbantuan yang sampai ke ta-ngan petani tidak mampumemandirikan mereka, apa-lagi dihadapkan dengan per-saingan yang tidak sehat den-gan disengajakan kran imporlele dibuka untuk kepenti-ngan oknum yang memper-kaya diri. Hal ini tanpa sadartelah merugikan dana ma-syarakat Indonesia melaluiAPBN/APBD yang dikucur-kan setiap tahunnya, terma-suk sekelompok peternaklele di Batam dan sekitarnya.

    Melalui media ini, sayaingin menghimbau kepadapemangku kuasa di negeri ini,marilah kita sama-samatingkatkan jiwa cinta bangsadan sayang akan generasipenerus anak cucu kita denganmemperhatikan hal sekecilapapun. Mari kita jaga keutu-han NKRI, tunjukkan komit-men tinggi sebagai pemegangamanah, imbaunya.

    Ditegaskannya, sebagaiseorang aparat negara ama-nah diberikan untuk mela-

    yani dan mengamankan wi-layah Indonesia yang setiapsaat rawan dengan penyelun-dupan. Sekarang tinggal kese-riusan aparat terkait dilapangan, apakah memilikikomitmen untuk membantu

    mengangkat harkat dan kese-jahteraan kelompok masya-rakat kecil, salah satunyapeternak lele.

    Kalau bukan aparat pe-mangku kuasa yang memper-hatikan, siapa lagi yang bisa

    Sembuhkan Penyakit KronisDengan Therapy Ozone

    BATAM (HK) Terobosanbaru di bidang kesehatan te-rus dilakukan untuk mengo-bati berbagai penyakit kronisseperti gangguan sirkulasidarah, diabetes dan penyakitjantung. Therapy ozone meru-pakan teknologi pengobatanmasa depan yang alamiah,aman dan efektif.

    Konsultan Therapy KlinikBatam Health Care Center(BHCC) Meilyna, memapar-kan, ozone merupakan kom-

    ponen udara segar yang ter-jadi secara alami, hasil reak-si sinar UV matahari den-gan lapisan atas atmosfirbumi. Ozone untuk pengoba-tan dibuat dengan mengak-tifkan oksigen berstandarmutu medis dengan meng-gunakan listrik.

    Ada beberapa metodetherapy ozone yang ditawar-kan di klinik BHCC, dimanapenerapannya disesuaikandengan kondisi pasien.Salah satu metode yang pa-ling diunggulkan adalah me-

    tode apheresis, dimana da-rah pasien ditarik melaluisatu lengan, diproses ozo-nisasi dan difilter di luar tu-buh, kemudian disirkulasikembali melalui lengan sa-tunya. Proses ini berjalan se-lama 1 jam, akan terlihatsecara langsung warna darahyang semula gelap berubahmenjadi merah cherry te-rang. Metode ini lebih opti-mal, karena selama 1 jamtherapy total jumlah darahyang dimasukan oksigen-ozon bisa mencapai 3-4 liter.

    Terapi komplimenterozon sangat efektif untukpasien gangguan sirkulasidarah, penyakit jantung, hi-pertensi, kolesterol tinggi,asam urat tinggi, diabetes,hepatitis, alergi, Hepatitis,infertilitas dan impotensi.Baik untuk anti kanker, anti-aging dan kecantikan, pa-par Meilyna.

    Pada penderita diabetesmellitus, terapi ini berman-faat untuk menurunkan ka-dar gula dalam darah, me-ningkatkan fungsi pankreassecara maksimal dalam pro-duksi insulin, melancarkansirkulasi darah, meningkat-

    kan sistem antioksidan,meningkatkan sistem imun,dan memaksimalkan oksige-nasi ke seluruh jaringan. Ap-likasi ozon therapy juga da-pat menyembuhkan ulkuspada diabetic foot (luka/borok pada kaki) yang me-ngakibatkan harus dilaku-kan amputasi pada jari ataubahkan kaki penderita.

    Informasi lebih lanjut,hubungi Klinik BatamHealth Care Center di Kom-plek Lumbung Rezeki Blok D/No 1, JL Sultan Abdurrah-man, Nagoya, Batam, Telp0778-3300100/452568, HP0821 2293 0500. (pti)

    kami harapkan. Inilah bagianjeritan hati masyarakat kecilumumnya yang mendamba-kan adanya perbaikan ke-hidupan yang layak sebagaipemilik sah republik ini,tandas Bobby Jayanto. ***

    DOK

    PANEN LELE Rial, petani lele di Temiang saat akan memanen lelenya beberapa waktu lalu. Lele ilegal yang marak di Batamsangat merugikan petani. Diharapkan aparat tegas menindak pelaku.

    IST

    MARIANA DJANAKA, salah satu pasien Batam Health Care Centre sedangmengikuti sesi therapy ozone, beberapa waktu lalu.

  • D u n i a 4Senin, 2 September 2013

    Editor: R Ghafur, Layouter: Syahrial Anwar

    Diserang, Suriah Siap MembalasDAMASKUS (HK) Suriah memperkirakanserangan militer akan terjadi setiap saat.Mereka pun menyatakan, siap melakukanpembalasan. Saat ini, para ahli PBB yangmenyelidiki dugaan serangan gas telahmeninggalkan Suriah.

    Keberangkatan para pe-meriksa itu membuka pintubagi kemungkinan seranganpimpinan Amerika Serikatsetelah Presiden Barack Oba-ma memberikan indikasinyaadanya intervensi militer.

    "Kami memperkirakansatu serangan akan dilaku-kan pada setiap waktu. Kamisiap membalas pada setiapwaktu," kata pejabat yangenggan disebutkan namanyakepada AFP, Sabtu (31/8).

    Tim pemeriksa PBB yangberanggotakan 13 orang dan

    dipimpin Ake Sellstrom me-ninggalkan hotel mereka diDamaskus dalam satu konvoisebelum subuh. Mereka me-masuki Lebanon beberapajam kemudian.

    Menurut rencana, merekaakan memberikan laporanlangsung setibanya di NewYork kepada Sekjen PBB BanKi-moon. Termasuk rinciankesimpulan mereka terkaitserangan gas beracun di dae-rah pinggiran Damaskuspada 21 Agustus.

    Pemerintah Obama me-

    ngatakan, tidak perlu me-nunggu hasil pemeriksaanitu. Dikatakan, laporan in-telijennya memberikan buktikuat pemerintah Seuriah me-lancarkan serangan senjatakimia yang menewaskan1.429 orang termausk seti-daknya 426 anak-anak.

    Pernyataan itu mendapattanggapan yang menghinadari sekutu dekat Suriah,Presiden Rusia Vladimir Pu-tin. Ia menuding, tuduhanpemerintah Suriah meng-gunakan senjata kimia se-bagai omong kosong.

    Prancis memberikan du-kungannya pada rencana AS.Dikatakan, satu pesan kerasharus dikirim kepada peme-rintah Bashar. Tetapi paraanggota parlemen Inggrismenolak terlibat dalam aksimiliter. Sejumlah sekutu ASpun mengatakan tidak akanikut serta. (rol)

    Artefak Zaman Besi Ditemukan di Es MencairOSLO (HK) Mencairnyalapisan es di pegunungan diNorwegia akibat pemanasanglobal telah memunculkansuatu penemuan artefak pe-ninggalan masa silam.

    Salah satu penemuan iniadalah sebuah tunik dari za-man besi, anak panah danbusur fragmen dari zamanNeolitikum yang diperki-rakan berusia sekitar 6000tahun.

    Temuan ini diterbitkandalam dua makalah di jurnalAntiquity.

    Penemuan baru ini sa-ngat penting untuk meng-gambarkan bagaimana kai-tan dunia pakaian dan pro-duksi tekstil Eropa utara de-ngan bangsa Romawi, kataMarianne Vedeler dari Uni-

    versitas Oslo, Norwegia, yangmeneliti pakaian tersebut.

    Tunik tersebut, dite-mukan di gletser Lendbreendi Norwegia, sebagian ber-warna keputihan akibat pa-paran matahari dan angin.

    Pakaian ini dibuat antaratahun 230 dan 390 Masehidan merupakan salah satudari hanya segelintir tunikyang berasal dari periode ini.Dua kain yang berbeda yangada dan ujung serat me-ngungkapkan bahwa kedua-nya terbuat dari wol.

    Melting patchesBenda bersejarah yang

    terkubur salju yang kini ter-ancam seiring perubahaniklim.

    Tunik dari Lendbreensekilas seperti sejenis pa-

    kaian hangat yang sering di-gunakan oleh pemburu yangkerap berburu di dataran esSkandinavia untuk mengejarrusa. Di baju itu tidak adatombol atau ikatan, tetapi ituhanya seperti sweater, kataVedeler.

    Artefak terawatSalju di pegunungan Nor-

    wegia dan di tempat lainyang dengan cepat mencairkarena perubahan iklim, kinimemunculkan penemuan-pe-nemuan baru yang begituterawat.

    Anak panah dan busurfragmen yang berusia jauhlebih tua dan juga ditemukandi dataran salju yang melelehdi bawah sinar matahari.

    Martin Callanan dariUniversitas Sains dan Tek-

    nologi Trondheim, Norwegiayang menulis makalahmengenai panah dan busurfragmen, mengatakan: Ke-tika orang kehilangan anakpanah, sulit untuk menemu-kan benda itu lagi di padangsalju.

    Selama ini, artefak-arte-fak ini terawetkan denganbaik mengingat tuanya usiadang tingkat kerapuhan me-reka. Namun seiring dengancepatnya salju mencair, ar-tefak lain mungkin bisa rusaksebelum sempat ditemukan.

    Jumlah dan keantikandari beberapa artefak ini be-lum pernah terjadi sebelum-nya di hampir sepanjangabad sejarah penelusuranladang salju di wilayah ini,kata Callanan. (dtc)

    Polisi Mesir Tahan Seekor BangauKAIRO (HK) Menahan sesorang yangdiduga mata-mata adalah hal biasa di tengahdua kubu yang bertikai. Namun, menahanseekor burung bangau, barangkali hanyaterjadi di Mesir.

    Burung itu diantar seo-rang warga di Provinsi Qena,450 km tenggara Kairo. Diamenduga burung adalah agenrahasia karena membawa

    perangkat elektronik. Kepalakeamanan di Qena menegas-kan petugas segera mema-sukkannya ke dalam selsambil menunggu petugas

    lain untuk meneliti burung ituberikut perangkat yang me-nempel di tubuhnya.

    Belakangan diketahuibangau itu bukan mata-mata. Alat yang menempel ditubuhnya bukanlah bahanpeledak atau perangkat ma-ta-mata, melainkan alat pe-lacak satwa liar untuk men-deteksi migrasi binatang itu.

    Kejadian ini bukan kalipertama burung terlibat da-lam konflik politik di Mesir.Beberapa bulan lalu, seorangwarga mengajukan laporanpolisi setelah menangkapmerpati dengan mikrofilm ditubuhnya. Lagi-lagi, parapejabat mengatakan pria itumenduga burung itu adalahagen rahasia karena mem-bawa perangkat elektronik.

    Mesir kembali terlempardalam konflik setelah peng-gulingan presiden oleh militer3 Juli lalu. Baik pemerintahdan warga kerap mencurigaisesuatu yang asing.

    Ratusan orang diduga te-was dalam bentrok antaraaparat keamanan dan pen-dukung mantan presiden Mu-hamad Mursi. "Kami meng-khawatirkan jumlah wargatewas yang terus bertambah,"kata Kepala Kebjiakan Luarnegeri Uni Eropa, CatherineAshton. (tmp)

    Belanda Minta Maaf kepada IndonesiaDEN HAAG (HK) Peme-rintah Belanda akan mem-buat permintaan maaf publikuntuk serangkaian eksekusiyang dilakukan oleh tentaraBelanda di bekas negara jaja-hannya di Indonesia, antaratahun 1945 dan 1949.

    Perdana Menteri BelandaMark Rutte juga mengumum-kan bahwa Belanda akanmemberi kompensasi sebe-sar 20.000 (sekitar US$26.000) kepada para jandakorban yang tewas.

    Duta besar Belanda diIndonesia akan hadir secararesmi menyampaikan per-mintaan maaf dalam upa-cara di Jakarta pada 12September, kata pernyataanpemerintah Belanda, Jumat(30/8).

    Belanda telah memintamaaf dan membayar kompen-sasi kepada keluarga orang-orang dalam kasus-kasus ter-tentu, tetapi tidak pernahmenyampaikan permintaanmaaf dan menawarkan kom-pensasi bagi para korban ek-sekusi secara umum.

    "Kita berbicara tentangperistiwa mengerikan dalamkasus-kasus tertentu akibateksekusi," kata Rutte. Tapidia menambahkan bahwa ia

    tidak akan menawarkan per-mintaan maaf atas tindakanmiliter Belanda secara ke-seluruhan di Indonesia.

    Mengenai peran Belandaselama konflik yang menye-babkan kemerdekaan Indo-nesia, Rutte mengutip kata-kata mantan Menteri LuarBegeri Ben Bot yang me-nyatakan bahwa "Belandamenemukan dirinya di sisisejarah yang salah" selamakonflik. Menurut Rutte, tetapseperti itulah pandangan pe-

    merintah Belanda soalperistiwa puluhan tahun laluitu.

    Dua proses hukum se-belumnya telah memaksaBelanda memberikan kom-pensasi sebesar 20.000kepada keluarga beberapakorban dan meminta maafkepada publik atas pembu-nuhan yang terjadi di Su-lawesi Selatan dan Rawa-gede, Karawang, Jawa Barat.

    Belanda mengatakan, tin-dakan hukum baru yang me-

    menuhi kriteria yang samadengan peristiwa di Ra-wagede dan Sulawesi Selatanjuga bisa mengakibatkanadanya kompnesasi dalamjumlah yang sama dari Be-landa.

    Ribuan orang Indonesiatewas dalam perang kemer-dekaan, yang berakhir padatahun 1949. Lebih dari 60tahun kemudian, soal peranBelanda selama perang itumenjadi isu rawan dalam hu-bungan dua negara.(tmp)

    Korupsi: Cina Targetkan PetinggiBEIJING (HK) Pemerin-tah Cinta menargetkan parapetinggi yang korup untukdibasmi. Salah satunya, pe-nyelidikan dugaan korupsiterhadap Jiang Jiemin, ke-pala komisi yang mengawasisatu BUMN negara itu.

    Kementerian Pengawa-san mengatakan Jiang di-duga melakukan pelang-garan berat disiplin. Diatidak secara terbuka mengo-mentari tuduhan itu.

    Istilah ini digunakan untukmerujuk kepada korupsi olehmanajer perusahaan negara.

    Sebelumnya, PresidenCina Xi Jinping telah ber-sumpah untuk memberantaskorupsi di Cina, ia mempe-ringatkan bahwa korupsi da-pat mengancam keberlangs-ungan Partai Komunis.

    Hingga Maret lalu Jiangmenjabat sebagai kepalaperusahaan China NationalPetroleum Corporation (CN-PC), yang menghadapi se-jumlah tuduhan korupsi.

    Pekan lalu diumumkanbahwa empat eksekutif CN-PC diselidiki terkait tudu-han korupsi.

    Dalam beberapa bulanterakhir publik telah melihatbeberapa kasus korupsi yangmelibatkan profil pejabattinggi, termasuk diantaranyayaitu pejabat senior partai BoXilai, yang diadili untuk kasuspenyuapan, penggelapan, danpenyalahgunaan kekuasaanpada bulan Agustus. Bo mem-bantah semua tuduhan ter-hadap dirinya.

    Pada awal Agustus lalu,manajer umum perusahaantelepon milik negara ChinaMobile Ltd. ditahan di se-latan provinsi Guangdong. Ia

    juga sedang diselidiki untukpelanggaran disiplin.

    Pengguna internet jugasemakin mengejar merekayang dianggap telah mela-kukan kesalahan melaluikampanye dan pengumumansecara online.

    Tetapi dalam beberapaminggu terakhir telah adatanda-tanda bahwa hal inimengkhawatirkan pemerin-tah. Sejumlah wartawan di-tangkap karena menyebar-kan desas-desus dan parablogger yang berpengaruh punditangkapi. (dtc)

    NET

    POLWAN CANTIK Briptu Eka Frestya, memiliki akun follower di akun twitternya @frestya88 sebanyak 17.986. Untuk page facebooknya, facebook.com/pages/Briptu-Eka-Frestya terdapat 17.127 orang yang like page facebooknya. Ia bagian fenomena polwan cantik yang ramah.

    NET

    BANGAU yang diduga mata-mata di Mesir.

    Mark Rute

    KBRI Bentuk SatgasMalaysia Razia Besar-besaran

    KUALA LUMPUR (HK)

    Ribuan pekerja Indonesia diMalaysia yang tidak memi-liki kelengkapan dokumen-tasi berpotensi terjaring ope-rasi Pekerja Asing TanpaIzin (PATI). Pemerintah Ma-laysia akan menggelar ope-rasi tersebut secara serentakmulai (1/9).

    Berdasarkan data, ter-dapat sekitar 200 ribu WNIyang menguruskan paspor-nya saat pemutihan PATI(6P) tapi belum mendapat-kan izin kerja dari Pemerin-tah Malaysia.

    Terkait rencana operasiPATI tersebut, pihak KBRIKuala Lumpur akan terusmemantau dan melakukan

    koordinasi dengan pihakMalaysia dengan memben-tuk tim satuan tugas.

    Kita inginkan setiapterjadi penangkapan itu dil-aporkan ke KBRI, kata Du-ta Besar Republik Indonesiauntuk Malaysia, HermanPrayitno saat menanggapirencana operasi PATI yangdilakukan oleh PemerintahMalaysia tersebut.

    Dalam hal ini, pihakKBRI Kuala Lumpur akan te-rus memantau dan melaku-kan koordinasi dengan pihakMalaysia dengan memben-tuk tim satuan tugas.

    Menurut dia, sebenarnyaPemerintah Malaysia telahsecara rutin melakukan pe-

    nertiban para PATI tersebutseperti yang terjadi di Johorataupun Tawau.

    Tentu dalam hal ini, katadia, mereka yang ingin be-kerja di Malaysia agar tertibaturan dengan memenuhihal-hal yang dipersyaratkanoleh negara ini terhadappara pekerja asing.

    Kami imbau agar su-paya yang datang ke Malay-sia untuk bekerja dengandokumen yang lengkap danmelalui perusahaan jasa pe-ngirim tenaga kerja yangtelah mendapatkan izin daripemerintah, ungkapnya.

    Dubes Herman berharapoperasi tersebut tidak me-nimbulkan kepanikan sertaberjalan dengan tertib danlancar. (rol)

    Darurat Salju di Peru MeluasLIMA (HK) PemerintahPeru telah menambah sem-bilan wilayah lain di negaraitu yang termasuk dalamstatus darurat akibat han-taman cuaca dingin yangtidak normal dan saljutebal.

    Sejauh ini sedikitnyadua orang tewas dan 33.-000 lainnya telah jadi kor-ban akibat serangan udaradingin, pejabat setempatmengatakan.

    Seorang pria tewasketika atap gubuknya run-tuh akibat beratnya bebansalju yang menumpuk diprovinsi Carabaya selatan,sementara tidak ada pen-jelasan mengenai sebab

    kematian korban kedua.Tiga orang diselamat-

    kan pada hari Sabtu (31/8)kemarin dari daerah yangsama setelah rumah me-reka dikepung salju.

    Petugas penyelamatmengatakan tiga orang ituyang semuanya adalah pe-rempuan menderita radangdingin dan kebutaan akibatsalju.

    Sementara itu, puluhanribu hewan dilaporkan matibeku selama seminggu ter-akhir.

    Presiden Peru OllantaHumala telah melakukankunjungan ke Apurimac,salah satu daerah yang pa-ling parah, untuk menga-

    wasi distribusi bantuandarurat.

    Keadaan darurat akandiberlakukan selama 20hari, kata pernyataan res-mi.

    Turunnya salju iniadalah yang terparah yangpernah terjadi di Peru se-lama sepuluh tahun ter-akhir, dan menewaskan pu-luhan ribu hewan peli-haraan seperti sapi dandomba, yang membuat pe-tani kian miskin.

    Badai dingin juga meng-hantam negara tetanggaPeru, Bolivia dan Paraguay,yang keseluruhannya telahmenewaskan lima orang.(dtc)

  • REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    Pojok

    Editor : Fery Heriyanto, Layouter: Syahril

    5Senin, 2 September 2013O p i n i & L a y a n a n U m u m

    Wakaf, Membangunkan Raksasa TidurOleh: Ir. Moch. Arief, Direktur Eksekutif Nurul Islam Group

    K olom Publik

    (Bagian Ketiga)

    SPPD Ganda di Pemkab Karimun

    Anggota DPRD Batam versi Haluan Kepri- Ayoo, coba tebak siapa aja ? Lis Mengutuk Pelaku Pedofilia- Sekalian dikutuk jadi batu aja pak wako !

    SECARA formal mendidik memang tanggung jawab seorang guru/dosen. Namun, secara moral mendidik adalah tanggung jawab kita

    semua umat manusia.

    Menjadi Pendidik yang Ikhlas

    Sombong

    enyanyahM

    MANUSIA bijaksana akanlebih banyak menciptakankesempatan dibandingmenemukannya

    Sir Francis Bacon

    KEBESARAN se-seorang tidak terlihatketika ia berdiri danmemberi perintah, tetapiketika ia berdiri samatinggi dengan orang laindan membantu orang lainuntuk mengeluarkanyang terbaik dari dirimereka guna mencapaisukses

    G. Arthur Keough

    C akap B ijak

    Oleh: M. Abrar Parinduri, MA

    Dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Wakil Sekretaris MajelisPengurus Pusat Asosiasi Dosen Indonesia

    Abu Abdurrahman Abdul-lah Ibn Umar Ibn Al Khattabmendengar Rasulullah ber-kisah tentang tiga orang dariumat terdahulu yang tengahmenempuh perjalanan danterjebak dalam sebuah gua.Ketiganya tidak bisa keluarkarena mulut gua tertututpbatu besar. Lalu, ketiganyaberdoa sambil mengingat danmempersaksikan dalam doa-nya kepada Allah tentang per-buatan baiknya yang pernahdilakukan sepanjang ia hidup.

    Lalu seorang diantara ke-tiganya berdoa sambil me-ngisahkan amalannya. Orangyang pertama berdoa, YaAllah dahulu saya memilikiorang tua yang harus diurusdengan baik. Saya tidak me-lakukan aktivitas apapunsebelum memberi minum,makan dan melayani keduaorang tua saya. Suatu kaliaku pergi mencari kayu bakarhingga kemalaman dan se-waktu pulang ke rumah, sayamendapatkan kedua orangtua sudah tertidur padahalsaya belum menyiapkan mi-numan air susu untuk me-reka. Dengan cepat saya me-nyiapkan susu untuk keduaorang tua saya dan sepanjangmalam berada di dekat me-reka dan berharap tengahmalam mereka terjaga daritidurnya agar saya bisa me-nyerahkan air susu ini ke-pada mereka. Sepanjang ma-lam saya memegang wadahitu, hingga terbit fajar ba-rulah kedua orang tua sayabangun dan meminumnya. YaAllah, jika aku melakukanitu semua dengan mengha-rapkan keridhoan-Mu dantercatat dalam amalan solehdisisi-Mu maka bebaskanlahkami dari himpitan batu be-sar ini. Maka batu itu punbergeser sedikit, tetapi me-reka bertiga belum dapatkeluar dari gua tersebut.

    Orang yang kedua pun ber-doa, Ya Allah dahulu aku pu-nya seorang paman dan ia me-miliki anak perempuan yangsangat cantik. Suatu hari pa-manku tidak sanggup mem-bayar utang yang aku pinjam-kan kepadanya lalu aku me-minta anak perempuannyayang cantik itu sebagai pene-bus utang tersebut. Dan ke-tika aku bersama anak pa-manku didalam sebuah ka-mar dan ia pun pasrah atasapa yang akan aku lakukankepadanya, namun aku tidakjadi melakukan perbuatanmaksiat itu dan segera ber-gegas bangkit karena teringat

    kepada-Mu dan aku bebaskanutang pamanku tanpa baya-ran apapun, maka jika itutercatat dalam amalan solehdisisi-Mu keluarkanlah kamidari gua ini. Dan batu besar itupun bergeser kembali, namunmereka bertiga masih belumdapat keluar dari gua tersebut.

    Sekarang giliran orang ya-ng ketiga berdoa, Ya Allahdahulu saya memiliki pekerjadan sebagai majikan saya se-lalu membayar upahnya de-ngan baik dan tepat waktu.Suatu hari pekerja saya pergidengan waktu yang bagitulama dan tidak sempat me-ngambil upahnya kepada sa-ya. Dari upahnya itu aku kem-bangkan usahaku dan men-dapat keuntungan yang ba-nyak. Hingga suatu hari pe-kerja itu datang dan inginmeminta upahnya. Lalu akuserahkan semua hasil usahayang berkembang dari upahtersebut. Ya Allah, jika per-buatan yang aku lakukan itutercatat dalam amalan solehdisisi-Mu, maka keluarkan-lah kami dari gua ini. Danbatu besar itu bergeser hinggaakhirnya ketiga orang terse-but berhasil keluar dari gua.

    Kisah ketiga orang dariumat terdahulu yang dikisah-kan Nabi kepada para saha-bat itu, merupakan contohtentang amal kebaikan yangdilandasi ikhlas, ternyata ber-buah pahala kebaikan dariAllah sehingga terbebas darimusibah. Allah memang me-miliki kehendak dan kekua-saan-Nya untuk memberi ke-mudahan bagi orang yang ikh-las dalam berbuat dan bera-mal. Kisah ini muktabar dinu-kilkan dalam kitab RiyahdusShalihin, dalam hadis yangdiriwayatkan oleh Bukhari danMuslim. Banyak kisah lain-nya, yang menunjukkan kemu-liaan perbuatan ikhlas.

    Ikhlas adalah kondisi ru-hani yang melahirkan niattulus dalam berbuat semata-mata karena Allah, tidakkarena motif dan kepenti-ngan lainnya. Dengan niatdan tujuan hanya karenaAllah, maka baik ringan

    maupun berat setiap orangyang melakukannya akandengan senang hati.

    Indikator PendidikYang Ikhlas

    Setelah kita memahamidengan seksama pengertiandari ikhlas maka selanjutnyakita perlu mengetahui apadefenisi dari pendidik. Ber-dasarkan UU No. 20 tahun2003, pendidik merupakantenaga profesional yang ber-tugas merencanakan dan me-laksanakan proses pembe-lajaran, menilai hasil pem-belajaran, melakukan pem-bimbingan dan pelatihan,serta melakukan penelitiandan pengabdian kepada ma-syarakat, terutama bagi pen-didik pada perguruan tinggi.

    Menurut hemat penulis,setidaknya ada tiga indikatoryang harus dimiliki oleh se-orang pendidik agar memilikijiwa ke-ikhlasan yakni per-tama, niatkan semata-matakarena Allah. Menjadi pen-didik dalam hal ini guru/do-sen tidak menutup kemung-kinan bahwa akan terjadiorientasi yang berbeda-beda.Sebagai seorang dosen, sayajuga tidak menafikkan diribahwa selain ingin mencarikeridhoan Allah kita bekerjajuga ingin mendapatkan ha-sil/upah yang layak untukmemenuhi kebutuhan hidupkeluarga. Rasanya sulit un-tuk menemukan seseorangyang jika ia bekerja hanyaingin mencari keridhoanAllah, dan tentu ini tidaksesuai dengan tuntunan sya-riat islam bahwa kita diwa-jibakan untuk membayarupah pekerja sebelum keri-ngatnya kering. Artinya, bah-wa ada tanggung jawab peme-nuhan hak kemanusiaan ya-ng harus kita penuhi.

    Penulis ingin bertanyakepada kepada pembaca, se-lain pengorbanan yang ikhlasantara orang tua dan anak-nya coba sebutkan lagi pe-ngorbanan siapa yang palinghebat di dunia ini untuk uku-ran manusia? Jawabnya ada-lah pengorbanan Abu Thalibterhadap Rasulullah SAW.

    Masih ingatkah kita ketikaAbu Thalib menawarkan Ra-sulullah SAW untuk dini-kahkan dengan wanita palingcantik pada masa itu sertadiberikan harta yang melim-pah, tetapi dengan syarat ia(Rasulullah) harus member-hentikan dakwahnya? Tapiapa yang terjadi ketika Ra-sulullah menolak tawarandari sahabat pamannya ter-sebut (golongan kafir qurai-sy). Abu thalib berkata, kalaumemang engkau menolaknyawahai anakku maka silahkanlanjutkan dakwahmu danaku (Abu Thalib) tidak akanmembiarkan tubuhmu ter-sentuh pedang kafir quraisysedikitpun. Subhanallah be-tapa ikhlasnya Abu Thalibmelindungi dan mendukungdakwah Rasulullah SAW,tetapi ada yang salah padadiri Abu Thalib yakni keikh-lasannya bukan didasarkankarena Allah SWT sehinggadi akhir hayatnya dia tidakmemeluk agama Islam. Daricontoh ini menjadi perhatianbagi kita perlunya menem-patkan niat yang ikhlas se-mata-mata karena Allah da-lam aktifitas pekerjaan yangkita lakukan, dan insya Allahdengan sendirinya kita akanmendapatkan buah dari ke-ikhlasan itu seperti bertam-bahnya gaji, naik pangkatatau jabatan dan lain se-bagainya.

    Kedua, mengajarkan ilmuadalah hal yang mulia disisiAllah. Hal ini merupakanindikator kedua untuk men-jadi pendidik yang ikhlas.Seorang pendidik haruslahmenyadari bahwa ilmu yangdia ajarkan kepada anak di-dik adalah sebuah kemuliaandihadapan Allah dan men-jadi penolongnya kelak ke-tika di akhirat. Bisa kah kitamembayangkan apa yangakan terjadi dengan kehi-dupan kita di dunia ini, jikatidak ada satupun manusiayang mau mengajarkan ilmukepada manusia lainnya,tentu kita akan kembali men-jalani kehidupan jahiliyahsebagaimana yang pernah

    terjadi sebelum Rasulullahdiutus ke dunia ini. Tidaklahberlebihan jika Allah sangatmemuji orang-orang yangberilmu dan akan mengang-kat derajatnya dalam kehi-dupan dunia dan akhirat ka-rena mereka laksana pelitayang menerangi kehidupan.Lihat saja orang-orang beril-mu yang telah pergi menda-hului kita, namanya tetaphidup di tengah-tengah kehi-dupan kita bahkan merekamenjadi inspirasi dalam ke-berlangsungan kehidupankita hari ini.

    Ketiga, mendidik adalahtanggung jawab bersama se-bagai manusia. Ini merupa-kan indikator terakhir untukmenjadi seorang pendidikyang ikhlas. Secara formalmendidik memang tanggungjawab seorang guru/dosenakan tetapi secara moralmendidik adalah tanggungjawab kita semua umat ma-nusia. Kesadaran ini harustertanam dalam diri kita ma-sing-masing, andaipun adaorang yang belum tahu bahwatugas mendidik adalah tang-gung jawab semua manusiamaka kita sebagai pendidikharuslah mampu memberi-kan pemahaman itu kepadamereka orang-orang yang be-lum tahu. Jika hal ini tidakkita perhatikan, maka ke-matian yang terjadi pada pe-ristiwa tawuran pelajar diJakarta beberapa bulan yanglalu tentu bisa terulang kem-bali. Selain karena faktorkurangnya perhatian darikeluarga, salah satu penye-bab terjadinya tawuran ter-sebut adalah dikarenakantidak adanya perhatian darimasyarakat sekitar terhadappara pelajar yang terlibatdalam peristiwa tawuran.

    Andaikata masyarakatyang melihat peristiwa tawu-ran tersebut sadar bahwamemberhentikan tawuranpelajar itu adalah tanggungjawab mereka sebagai ma-nusia yang diberikan akalpikiran untuk berbuat kebai-kan, maka tentu tidak akanada nyawa yang melayang.Inilah kesadaran yang harusterus terbangun dalam dirikita manusia dan lebih-lebihkita sebagai pendidik harusmengetahui bahwa mendidikanak-anak menjadi manusiayang baik bukanlah hanyatugas guru agama saja akantetapi tugas semua guru bi-dang studi dan tugas kitasemuayang telah menakdir-kan dirinya sebagai seorangpendidik.***

    MEMANG tidak mudah, selaintidak banyaknya asatidz ya-ng menguasai f iqih perwa-kafan modern sebagai jurupenerang (dakwah) , jugaminat SDM yang terjun di-dunia perwakafan masih sa-ngat minim. Hal ini bisa di-

    maklumi, sekiranyapengelolaan wakafsetidaknya bisa me-ngiringi perjalanansebagaimana pe-ngelolaan zakat(terutama oleh

    swasta) yang akuntable,kredibel, profesional danberwawasan bisnis , in-sya a l loh gayung akanbersambut.

    TantanganPerwakafan

    Visi BWI adalah Ter wu-judnya lembaga independenyang dipercaya masyarakat,mempunyai kemampuandan integr i tas untuk me-ngembangkan perwakafannasional dan internasional.

    Sedangkan mis inya yai tuMenjadikan Badan WakafIndonesia sebagai lembagaprofes ional yang mampumewujudkan potensi danmanfaat ekonomi harta ben-da wakaf untuk kepentinganibadah dan pemberdayaanmasyarakat.***

    LAPORAN Hasil Pemeriksaan(LHP) Badan Pemeriksa Ke-uangan (BPK) terhadap Peme-rintah Kabupaten Karimunmengungkapkan, ada potensikerugian negara yang besar-nya mencapai Rp66.467.000.Temuan tersebut berasal dariempat satuan perangkat kerjadaerah (SKPD). Jumlah yangbisa dikatakan tidak sedikit.Pasalnya, potensi kerugian ituberangkat dari kecuranganadministrasi perjalanan dinas.

    Dalam LHP itu, BPK merin-cikan berdasarkan pemeriksaansecara uji petik atas suratpertanggungjawaban (SPj) be-lanja perjalanan dinas di empatdinas tersebut diketahui ter-dapat perjalan dinas yangdibayarkan secara ganda sebe-

    sar Rp66.467.000. Dengan rin-cian, Dinas Pertanian dan Kehu-tanan sebesar Rp22.351.500,Dinas Pariwisata Seni dan Bu-daya sebesar Rp22.454.000,Dinas Perindustrian dan Per-dagangan sebesar Rp5.551.500dan Dinas Kelautan dan Peri-kanan sebesar Rp14.150.000.

    Berdasar Laporan RealisasiAnggaran (LRA) Tahun Ang-garan 2012 Pemkab Karimunmenyajikan anggaran belanjaperjalanan dinas sebesar Rp-87.881.837.350 dengan realiasisebesar Rp 80.645.919.450 atausebesar 91,7 persen. Jumlah itumeningkat sebesar Rp3.721.-125.450 dibandingkan denganrealisasi belanja perjalanandinas yang disajikan dalamLRA Tahun anggaran 2012

    sebesar Rp 76.924.794.000.Kita patut curiga atas te-

    muan itu. Meskipun sejumlahkalangan di DPRD Karimunmengaku tidak terkejut me-ngetahui temuan BPK terse-but. Bahkan, wakil rakyat me-nengarai, jumlah potensi keru-gian negara, seharusnya lebihbesar lagi dari apa yang dite-mukan BPK.

    Apa yang menjadi catatanBPK, wajib ditindaklanjuti olehaparat hukum. Itu kalau me-mang kita semua mengingin-kan pelaksanaan pemerinta-han yang bersih dan bebaskorupsi. Sebagai masyarakat,kita pun harus mengawaltemuan BPK ini. Kita membu-tuhkan transparansi penge-lolaan keuangan negara. Dan

    temuan BPK adalah salah satujalan untuk melihat keter-bukaan tersebut.

    Adanya surat perintah per-jalanan dinas (SPPD) ganda didalam pemerintahan, jelas-jelasmelanggar Pasal 132 Permen-dagri No 59 tahun 2007 tentangPerubahan Atas PermendagriNo 13 tahun 2006 tentangPengelolaan Keuangan Daerah.Di Karimun, hal itu berartimengangkangi Pasal 5 dan 6Peraturan Bupati Karimun No23 tahun 2012 tentang Perja-lanan Dinas bagi Pejabat, Pega-wai dan Pegawai Tidak Tetapdi Lingkungan Pemkab Kari-mun. Karenanya, kerugian nega-ra itu harus dikembalikan kekas negara dalam hal ini kasdaerah Pemkab Karimun.

    SPPD yang ganda, ada duakemungkinan. Pertama dise-ngaja, yang kedua memang

    karena kinerja di masing-masingempat SKPD tersebut burukdalam hal kerja administratif.Selaku pimpinan, selayaknyakepala dinas cermat memveri-fikasi segala macam admi-nistrasi di lingkungan kerjanya.Jika sampai kecurangan sepertiSPPD ganda ini lolos dari pe-ngamatannya, maka perlu ki-ranya kepala daerah dalam halini Bupati Karimun melakukanevaluasi total terhadap anakbuahnya.

    Kita tidak melihat besaratau kecilnya jumlah uangnegara yang hilang. Yang men-jadi fokus perhatian adalahperilaku curang yang men-jurus ke tindakan korupsiitulah yang penting untukdiberantas. Maka dari itu, te-muan BPK di empat SKPD diPemkab Karimun, tetap mustidikawal, baik itu oleh lembaga

    DPRD maupun aparat hukum,termasuklah lembaga swa-daya masyarakat dan ma-syarakat umum.

    Kepada para stake holder,kita mengimbau agar lebih telitidan jujur dalam menjalankantugasnya. Sejatinya, pemerintahadalah pelayan rakyat. Kitaberharap, tidak ada lagi per-jalanan-perjalanan dinas fiktifyang menggunakan uang ne-

    gara (rakyat), namun hasilnyabukan untuk kepentingan rak-yat. Bukan cuma di eksekutif,perjalanan dinas di legislatif(DPR/DPRD) juga patut ditekan.Karena tidak jarang kita men-dengar laporan bahwasanyaperjalanan dinas dengan me-ngatasnamakan studi bandingmaupun kunjungan kerja, tidaklebih daripada proyek pelesiransemata.***

    KADANG-KADANG, kita ge-leng kepala melihat sifat ma-nusia. Hanya berlebih sedikitsaja dari yang lain, sombo-ngnya langsung kelihatan.Ia lupa bahwa sifat som-bong yang dimilikinyahanya akan mengan-tarkannya ke pintuneraka. Nauzubillah.

    Kalau dipikir-pikir sebenarnyaapa sih yangmembuat manu-sia itu begitusombong?. Kalaudia sombong ka-rena kekayaan-nya, setelah ajalmenjemput takada gunanyaharta itu. Hartamenjadi milikorang yang hidup. Syukurkalau digunakan untuk amaljariyah oleh anak-anaknya.Sebaliknya, kalau menjadikonflik sesama anggota ke-luarga, tentu akan membuatyang meninggalkan harta itujadi tambah sengsara

    di alam kuburnya.Sombong karena kepin-

    taran. Okelah semasa muda,pendapatnya dibutuhkan ba-nyak orang. Hasil r iset dankajiannya ditunggu khalayak.Tapi apakah itu akan terusberlanjut, tentu tidak. Setelahmemasuki lansia, ingatannyaakan mulai tumpul dan ber-kurang. Dia mulai pikun seiri-ng berlanjutnya usia. Orangtidak akan meminta kajian danhasil risetnya. Jangankan un-tuk meminta hasil riset dankajiannya, mengurus dirinyasendiri saja sudah kewalahan.

    Kemudian, sombong karenajabatan. Orang yang sombongkarena jabatan, akan meng-ganggap dirinya paling ber-kuasa. Ia merasa angkuh kare-

    na jabatan yang disandangnyalebih tinggi dari orang lain. Pa-da masanya nanti ini juga akanberakhir menjadi kenangan.Setelah menjadi kenangan,

    yang ada hanya kese-dihan dan air mata.

    Setelah di-pikir-pikir dan di-bolak-balik, me-mang tak ada gu-nakannya som-bong.

    Tidak adayang lebih

    baik men-jadi orangy a n gr e n d a hhati dant a w a d u k .Sikap init i d a k

    hanya membuat orang lainsenang tetapi juga men-dekatkan kita kepada sur-ganya Allah. Amin.

    Orang yang rendah hatib u k a n b e r a r t i a k a n s e l a l ud i l e c e h k a n . J u s t e r u s e b a -l iknya, orang yang rendahhati ini akan sangat disegani.A p a l a g i k a l a u d i a p a n d a im e n g h a r g a i o r a n g l a i n d isekelilingnya.

    Per lakukan in i bertolakbelakangan dengan orangsombong. Seki las memangorang berdecak kagum de-ngan kelebihannya tetapi disisi lain orang berpikir kapanorang

    ini berhenti dari kesom-bongannya. Sehingga, ketika diaditimpa musibah, orang akanmembuka kesombonganya.

    Menjadi orang rendah hatiselain memang sudah bawaan,tetapi juga perlu latihan.

    Melatih hidup sederhanadan tidak glamor, kalau kitatermasuk orang berpunya danmemiliki kelebihan harta. ***

    Sofyan Wartawan Haluan Kepri

  • CMYK

    Editor: Arment, Layouter: SyahrilCMYK

    6Senin, 2 September 2013M e r a n t i

    S u m b a r - R i a u

    Harga BBM Picu Kenaikan InflasiBupati Duga Ada Praktek Kartel BBM Bersubsidi

    SELATPANJANG (HK) Mahlanya hargabahan bakar minyak (BBM) di KabupatenKepulauan Meranti memicu akan kenaikaninflasi Meranti. Padahal sejauh ini keber-hasilan Pemkab Kepulauan Meranti dalammeningkatkan laju pertumbuhan rata-rataekonomi sebesar 8,5%,.

    Ruslan NahrowiLiputan Meranti

    Bibit Sawit Palsu Rawan BeredarPADANG (HK) Ketua Gerakan PetaniKelapa Sawit Indonesia (Gapki) SumbarBermansyah Sinaga, mengimbau ma-syarakat yang bergerak di bidang per-kebunan kelapa sawit, agar selektif me-milih bibit yang akan di tanam. Hal itu,seiring banyaknya peredaran bibit kelapasawit palsu di Sumbar.

    Ada tiga bibit sawit yangberedar di Sumbar, yakniDura, Pisifera, dan Tenera.Namun, hanya satu yang asli,yakni Tenera. Untuk itu, kamiberharap, petani kelapa sa-wit selektif memilih bibityang akan ditanam, ujarnya.

    Lanjutnya lagi, perbeda-an antara bibit kelapa sawitTenera dan Dura, hanya ter-lihat pada saat panen. Di-mana, cangkang Dura lebihtebal dari pada cangkang Te-

    nera. Dengan perbedaan kete-balan cangkang itu, makadaging bibit Dura, otomatisakan lebih tipis dengan buahTenera. Kalau dagingnyasudah tipis, otomatis har-ganya akan murah. Kalauharga sudah murah, otomatispetani akan merugi, ungkap-nya lagi.

    Sementara itu, KetuaAsosiasi Petani Kelapa Sa-wit Indonesia (Apkasindo)Sumbar mengatakan, Ir Az-

    mal Zubir mengatakan, dari354 ribu hektar perkebunankelapa sawit di Sumbar, ha-nya 54,7 persen yang dikelolaoleh pihak swasta. Artinya,hampir setengah dari 345ribu kehtar tersebut, dikelolaoleh masyarakat, atau petanibiasa. Pemerintah hanyabisa memenuhi bibit unggulsekitar 100 sampai 200 ribubibit. Padahal, kebutuhan-nya mencapai 400 lebih se-tiap tahun. dengan kebutu-han itu, otomatis peredaranbibit palsu sangat rawan se-kali, terangnya.

    Lanjutnya lagi, untuk ma-syarakat yang telah terlanjurmenanam bibit palsu terse-but, maka petani diharapkantekun unutk melakukan pera-watan, dan tahu mekanismepanen. Sehingga, harga jualsawit petani biasa, denganharga jual sawit Plasma bisabersaing. (hmg)

    Hal ini memberikan reaksipositif terhadap pertumbuhaniklim investasi yang dalamtiga tahun terakhir pertum-buhan investasi terus meni-ngkat dari berbagai sector.Namun, dibagian lain tidakterkontrolnya harga BBM pre-mium bersubsidi, turut men-dongkrak laju angka inflasi diMerantil sebesar 15% dan me-rupakan angka tertinggi padaempat tahun pasca pemekaranKabupaten Kepulauan Me-ranti dari Bengkalis.

    Jelas, mahalnya hargaBBM terutama premium, tu-rut menjadi salah satu faktoryang menyebabkan tingginya

    angka inflasi di Meranti.Harga eceran BBM premiumdi Meranti jauh dari HET,Rp20.000/botol aqua. Adaindikasi, peredaran BBMpremium di Meranti terjadipraktek kartel. Dalam satubulan, milyaran rupiah danasubsidi BBM yang dititipkanPemerintah melaui APMSraib dikorupsi oleh oknum-oknum yang terlibat dalampermainan peredaran ber-subisdi. Untuk itu, kita mintaagar pihak penegak hokummenyikapi persoaaln ini seca-ra tegas sesuai dengan aturanundang-undang ungkap Bu-pati Irwan kepada HaluanKepri, Minggu (1/9).

    Menurutnya, dengan ma-halnya harga BBM premiumyang diecerkan jelas akan

    berdampak luas pada semualini aktifitas ekonomi ma-syarakat. Dengan mahalnyaharga BBM premium, akanturut mendongkrak hargaberbagai barang. Apalagi de-ngan peta geografis Merantiyang merupakan wilayah ke-pulauan. Situasi ini tentunyaakan menuntut tambahanpembiayaan yang harus di-bayarkan masyarakat seba-gai konsumen ahirnya. Aki-batnya, jelas masyarakataklan semakin sulit. Disisilainnya kata dia, harga komo-ditas produksi perkebunanyang menjadi sumber eko-nomi masyarakat, anjlok.Dengan demikian, ada ketim-pangan yang sangat lebarantara kemampuan masya-rakat dengan harga barang.Buntutnya, kemampuan dayabeli masyarakat akan kebu-tuhan hidup dan barang-ba-rang konsumtif, akan turutmenurun.

    Suka-tidak suka, Pem-kab Meranti segera mengam-bil sikap tegas dalam menyi-kapi persoalan ini. Kita akanperintahkan Disprindag un-tuk memperketat pengawa-

    san dan pengaturan dalampendistribusian BBM bersu-bsidi, terutama jenis pre-mium. Tidak ada alasan un-tuk menolak, ini sudah sang-at mendesak dan kronis.Praktek pendistribusian B-BM bersudsidi sudah sepertikanker, yang harus diangkatkeluar dan dipotong. Kalautidak, ini akan menjalar danmenyebabkan kondisi eko-nomi Meranti turun bebas.Kita tidak mau hal ini terjadi,konsekuensinya siapapunyang terlibat dalam permai-nan dalam pendistribusianBBM bersubsidi yang tidahsehat, harus siap dan beranibertangung jawab secara hu-kum. Tidak ada toleransi bagisiapapun oknum yang ber-main di ranah ini, tegas Ir-wan dengan nada kesal.

    Cabut Izin APMSMenyinggung langkah tegas

    yang akan diambil PemkabKepulauan Merant dalam me-nyikapi mahalnya harga ece-ran BBM premium, Irwan me-negaskan pihaknya tidak se-gan-segan untuk mencabut izinoperasional APMS nakal yangterbukti terlibat dalam per-mainan kartelisasi pendis-tribusian BBM premium ber-subsidi. Sebelumnya APMS

    Swarjan sudah dicabut izinoperasionalnya, tidak tertutupkemungkinan akan menyusul

    DPRD Ingatkan Dishub MerantiTerkait Tindak Lanjut Pembangunan Dorak Port

    SELATPANJANG (HK) Komisi II DPRD KabupatenKepulauan Meranti mengin-gatkan pihak Dihub Merantiuntuk segera menggesa pe-ngerjaan proyek pembangu-nan Pelabuhan Dorak, yangkini belum berjalan maksi-mal. Dengan terus berjalan-nya waktu penggunaan ang-garan, dihawatirkan proyekpembangunan pelabuhan Do-rak disisi darat yang diang-garkan melalui dana APBD

    Meranti tahun 2013, terbe-ngkalai.

    Kalau hal ini terjadi diha-watirkan akan berdampakpada upaya Pemkab Merantimemaksimalkan penyele-saian pembangunan pela-buhan Dorak yng diset men-jadi pintu gerbang ekonomiMeranti masa depan.

    Hal ini diungkapkan Ke-tua Komisi II DPRD Kabu-paten kepulauan MerantiBasiran Sarjono menyikapi

    hasil peninjauan lapanganKomisi II DPRD Meranti ter-hadap pelaksanan pemba-ngunan pelabuhan Dorak ditahun anggaran 2013.

    Belum ada perubahanyang signifikan dilapangan.Untuk itu, kita minta instasniterkait, dalam hal ini DishubMeranti untuk menggesa pro-yek pembangunan pelabuhanDorak yang dianggarkan padatahun 2013 ini. Kita tidak inginserapan alokasi pengerjaanpembangunan pelabuhan Do-rak, tidak berjalan maksimal.

    Soalnya, waktu penggunaananggaran tahun 2013 terusberjalan, tinggal 4 bulan lasimasa efektif penggunaan ang-garan 2013 ungkap Basiran.

    Pembangunan PelabuhanDorak lanjut Basiran, meru-pakan salah satu programpembangunan yang menjadiskala prioritas bagi PemkabMeranti yang digesa pelak-sanaanya. Hal ini memangsangat dimaklumi. Selainkondisi pelabuhan TanjungHarapan yang sudah tidakresprentatif untuk menam-pung selurh aktifitas turunnaik penumpang domesticdan internasional, kondisi-nya juga sudah tidak l agi

    maksimal. Setiap pasangbesar, kawasan parker pela-buhan Tanjung Harapan se-ring direndam air masin se-hingga menganggu aktifitaspenumpang yang akan turunmaupun naik ke kota Selat-panjang.

    Kepala Dinas Perhubung-an dan Infokom KabupatenKepulauan Meranti, AzmiIbrahim mengatakan, pihak-nya terus berupaya meng-gesa pengerjaan pembang-unan pelabuhan Dorak disisidarat sebagaimana yangmenjadi kesepakatan dalamshering anggaran pembang-unan pelabuhan Dorak de-ngan Pemerinah Pusat. (rus)

    BLH Imbau Masyarakat TidakMembuka Lahan dengan Membakar

    TEMBILAHAN (HK) Ba-dan Lingkungan Hidup (BL-H) Kabupaten Indragiri Hilirmemberikan imbauan agarseluruh masyarakat Inhilkhususnya petani untuk ti-dak melakukan pembukaanlahan dengan cara dibakar.Imbauan ini disampaikanuntuk menghindari terjadikebakaran hutan dan lahanyang akan berefek timbulnyakabut asap. Apalagi disaatmusim kemarau dimana la-han menjadi kering dan sa-ngat mudah untuk terbakar.

    Demikian himbauan inidisampaikan Kepala BLHKab Inhil, Anwar Nawangmelalui Kabid KerusakanLingkungan, Ardi Yusuf.Berdasarkan pantauan sa-telit NOAA 18, untuk Inhil

    terpantau adanya 18 titikapi yang tersebar di dela-pan Kecamatan,TerangArdi.

    Ke delapan Kecamatan itudijelaskannya adalah Keca-matan Pelangiran, Teluk Be-lengkong,Batang Tuaka, Ga-ung Anak Serka (GAS), Ke-muning, Kempas, Tempulingdan Kecamatan Keritang. Ju-mlah titik api ini masih me-nurut Ardi, sudah jauh me-nurun dibandingkan satu mi-nggu sebelumnya yang men-capai 26 titik api. Namunmeskipun kini sudah jauhmenurun, untuk menghindarikembali bertambahnya seba-ran titik api, ia menyam-paikan agar masyarakat me-matuhi himbauan yang telahdisampaikan.

    Kebakarn TerparahMenurut Pakar lingku-

    ngan dari Universitas Riau,Prof Adnan Kasri, kabut asapdampak dari kebakaran la-han gambut kali ini palingparah sepanjang sejarah diProvinsi Raiu.

    "Sebelumnya di sekitar1997, kasus kebakaran hebatmemang sempat terjadi. Na-mun masih melanda sebagi-an besar kawasan hutanalam," kata Kasri, di Pekan-baru, belum lama ini.

    Dampak kabut asapnyaketika itu juga tidak separahkali ini, di mana pencemaranudara sudah jauh berada di-atas ambang normal.

    Namun saat ini, kata Ad-nan, yang namanya hutan diRiau tidak ada lagi. Yang

    dominan sekarang adalahgambut terbuka tanpa tu-tupan vegetasi berarti.

    "Juga tidak akan mudahdipadamkan dengan caraapapun mengingat lahangambut yang terbakar me-miliki kedalaman hingga li-ma meter," katanya.

    Upaya "modifikasi cuaca"ini dikabarkan membutuh-kan anggaran lebih dari Rp20miliar. Namun wahana yangdikerahkan sangat terbatas,yaitu hanya satu unit pesawatC-130 Hercules TNI AU, satuunit pesawat NC-212 Cassa,dan beberapa helikopter.

    Mereka akan menabur ga-ram untuk "mengumpulkan"potensi awan hujan di ataslokasi-lokasi yang terbakar.(hmg)

    KAPAL BARANG Aktifias eskpor sagu Meranti dipelabuhan kapal barang Tanjung Harapan Selatpanjang, Meranti. Bongkarmuat barang di pelabuahn ini cukup padat.

    NET

    FAUZIAH Gambus, artis Malaysia saat menyusuri Sungai Hulu Bokor di Merantimenggunakan sampan, bebeapa waktu lalu. Artis yang satu ini tertarik akankeindahan pantai Meranti

    NET

    PADAMKAN API-Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang melahap hutan. Kebakaran hutan ini akibat petani membuka lahan pertanian dengancara dibakar.

    NET

    PULUHAN hektar bibit kelapa sawit di areal lahan. Di Padang cukup banyak bibit kelapa sawit palsu beredar.

    APMS yang lainnya. Untuk itu,selain memperketak penga-wasan Disprindag diperintah-

    kan untuk menindak tegas pe-ngecer nakal yang menjual ma-hal harga premium. ***

  • berhasil menyalip Lorenzo, me-masuki sebuah tikungan. Lorenzotampak "panas" dan berhasil ba-las melakukan overtake tak be-berapa lama kemudian.

    Pertarungan pun semakin me-manas. Marquez terus memberitekanan besar pada Lorenzo, sam-pai kemudian berhasil menyodok-nya di lap terakhir. Dalam kondisikrusial, Lorenzo berhasil merebut

    kembali posisinya menjelang se-buah tikungan, dan kali itu ber-hasil mengamankannya sampaigaris finis dikibarkan.

    Marquez harus puas denganposisi runner-up. Sedangkan tem-pat ketiga diduduki Dani Pedrosa,yang sejak pertengahan lombamerapat ke dua rivalnya itu, tapitak pernah bisa menyentuhnya.

    Ini menjadi kemenangan keem-

    pat Lorenzo di musim ini, atau yangpertama sejak seri di Catalunyapada 16 Juni. Koleksi poinnya men-jadi 194, bergeming di posisi ketiga.

    Marquez, yang memenangi em-pat seri sebelumnya secara berun-tun, tetap memimpin klasemensementara berkat total lima keme-nangan dari 12 seri. Jumlah poin-nya adalah 233, atau unggul 30angka di atas Pedrosa. (dtc)

    S a m b u n g a n 7Senin, 2 September 2013

    "Jika Pemilu Dari Halaman 1Sebarkan Semangat Dari Halaman 1

    Seleksi CPNS Dari Halaman 1

    DPR Sentil Dari Halaman 1

    Bantah Ganti Dari Halaman 1

    "Ya, apa yang kami lakukan inimerupakan versi Haluan Kepriberdasarkan pengamatan, peni-laian, dan interaksi secara lang-sung maupun tidak langsung padacaleg, tokoh-tokoh partai yangmasuk dalam "radar" Haluan Ke-pri," terangnya lagi.

    Apa yang dilakukan ini, tam-bah pria yang akrab disapa Aldiini, sekaligus ingin melihat sejauhmana budaya politik para politikusyang berkembang pada saat ini.

    "Saat ini ada budaya politik dikalangan politikus yang lebih ber-orientasi pada kekuasaan. Budayaseperti itu dinilai berdampak bu-ruk pada tidak berjalan baiknyademokrasi. Kita ingin melihat haltersebut pada caleg Batam se-karang ini," ujarnya lagi.

    "Setiap bulan bisa saja beru-bah-ubah caleg yang akan tampil diHaluan Kepri. Tepatnya, jika awalSeptember ini dilakukan pemilulegislatif, maka menurut versiHaluan Kepri, ada 50 orang yanglayak duduk. Demikian pula bulanberikutnya hingga April 2014 men-datang," paparnya lagi.

    Sementara Andi, Redaktur Pe-laksana I Haluan Kepri mengung-kapkan, apa yang dilakukan Ha-luan Kepri ini diharapkan akanmenjadi semacam "interaksi lang-

    sung" media ini dengan masya-rakat dan seluruh caleg.

    "Artinya, ketika seseorang te-lah mencalonkan diri menjadi ca-leg dan telah pula ditetapkansebagai caleg, jelas dia telah harusbisa mengemban amanat masya-rakat. Maka, untuk ke depan kitaakan melihat, sejauh apa peranseorang caleg di tengah-tengahmasyarakatnya. Bersungguh-sung-guhkah dia menjadi caleg? Ja-wabannya ada pada caleg itu sen-diri," ungkap Andi.

    Lima kriteria yang dijadikansebagai dasar penilaian, terangAndi, akan difinalisasi denganobjektifitas oleh Haluan Kepri.

    "Tergantung dari masyarakatmelihat hasilnya setiap bulan.Demikian pula caleg yang dinilailayak itu. Bagaimana dia meresponapa yang dibuat Haluan Kepri, itukembali terpulang kepada caleg itusendiri," papar Andi.

    Ditambahkan mantan koordi-nator liputan Haluan Kepri ini, ma-syarakat kini ingin caleg atau wakilrakyat yang duduk di dewan ituadalah orang-orang yang berkua-litas dan menjalankan fungsi le-gislasi, anggaran, dan pengawasan.

    "Bukan yang berpikiran untukmendapat kekuasaan dan kemak-muran segelintir orang. Untuk itu,

    marilah kita bersama-sama mem-berikan sumbangsih guna men-dapatkan wakil rakyat yang benar-benar berkualitas," imbuhnya lagi.

    Redaktur Politik Haluan KepriRahmat Ghafur menambahkan,setelah menerbitkan "Daftar ang-gota DPRD Batam versi HaluanKepri", dalam waktu dekat jugaakan menerbitkan daftar yang samauntuk sejumlah DPRD kabupaten/kota se-Kepri, serta untuk DewanPerwakilan Daerah (DPD) dan De-wan Perwakilan Rakyat (DPR).

    "Setelah merilis anggota DPRDBatam versi Haluan Kepri, makadalam waktu dekat kami juga akanmengeluarkan daftar anggota le-gislatif untuk sejumlah kabupa-ten/kota di Provinsi Kepri," ujarGhafur.

    Ghafur pun berharap, pihakyang masuk dalam rilis anggotaDPRD Kepri jangan jumawa ter-lebih dahulu. Begitu sebaliknyabagi caleg lain yang tidak termasukdalam rilis, jangan berkecil hati."Waktu masih panjang, masih adawaktu untuk masuk 50 besar,"katanya menyemangati.

    Penasaran siapa "AnggotaDPRD Batam versi Haluan Kepri,Jika Pemilu Legislatif Hari Ini",baca Haluan Kepri edisi, Selasa(3/9) besok. (fhy)

    Kekompakan ini sebenarnya

    sudah lama terjadi. Saat Indonesia

    belum merdeka, bangsa Jawa ba-

    nyak membantu Hang Nadim salah

    satu pahlawan kemerdekaan Re-

    publik Indonesia mengusir penjajah.

    Hal yang sama diungkapkan

    oleh Ketua Badan Pengusahaan

    Kawasan (BPK) Batam Mustofa

    widjaja. Kegiatan ini membuk-

    tikan kekayaan budaya bangsa

    justru menyatukan Indonesia.

    "Kegiatan budaya ini menun-

    jukkan kekayaaan bangsa Indone-

    sia yang terdiri dari mozaik-mo-

    zaik yang menyatukan Indonesia,"

    paparnya.

    Ki Lurah Punggowo Soerya

    Respationo, dalam sambutannya

    meminta agar semangat cinta

    dapat disebarkan di seluruh Ke-

    pri. Hal ini tertulis di dalam

    Hadis Thabrani yang mengata-

    kan bahwa sayangilah mereka

    yang dibumi, maka yang di langit

    akan menyayangimu.

    "Dari semua yang saya sampai-

    kan, intinya adalah kita tidak bisa

    hidup sendiri. Orang Jawa harus

    bisa saling berkasih sayang dengan

    semua suku apapun," pesan Soerya.

    Tak hanya saling menyaya-

    ngi, pria yang juga menjabat

    sebagai Wakil Gubernur Kepri

    ini mengatakan bahwa ada dua

    prinsip yang harus diterapkan

    bagi warga Jawa dalam meran-

    tau. Pertama adalah di mana

    langit dijunjung, di situ bumi

    dipijak. Artinya adalah setiap

    warga Jawa yang merantau harus

    saling menghormati warga dan

    adat istiadat setempat.

    Kedua, lanjutnya, adalah bagi

    setiap warga perantau, harus

    tetap mengingat adat istiadat

    asalnya. "Dimanapun sedulur-

    dulur berada, Jangan sekali-

    sekali melupakan adat istiadat

    leluhurnya. Kalau sampai lupa,

    bisa kualat," tegas Soerya.

    Di tempat yang sama, Guber-

    nur Kepri HM Sani dalam pesan-

    nya mengucapkan terimakasih

    kepada seluruh warga Jawa yang

    ikut membantu pembangunan Pro-

    vinsi Kepri.

    "Pertama, saya secara tulus

    mengucapkan terimakasih terha-

    dap seluruh warga Jawa yang su-

    dah banyak membantu pemba-

    ngunan Provinsi Kepri. Harapan

    saya, ke depan harus lebih kita

    tingkatkan. Karena masih banyak

    pembangunan yang harus kita lak-

    sanakan. Karena jika bersama

    maka pembangunan yang berat ini

    lebih ringan lagi," ucapnya.

    Lebih dari itu, ia juga meminta

    agar setiap warga Kepri termasuk

    warga Jawa untuk berpikir maju

    ke depannya. Hal ini diwujudkan

    dengan bergandengan tangan

    tidak pandang suku untuk sama-

    sama maju.

    "Dan ini sudah kita lakukan, dan

    harus ditingkatkan. Segala per-

    bedaan itu harus kita sinergikan.

    Harus saling mengisi dan mengi-

    ngatkan antara satu sama yang lain

    serta harus menghilang sikap saling

    menyalahkan," harapnya.

    Terakhir, Gubernur sepakat

    dengan Ki Lurah bahwa dalam ke-

    hidupan ini harus membuat orang

    lain hidup bahagia. "Bagaimana

    agar kita bisa bermanfaat dengan

    orang lain," pungkasnya.

    Acara Halal Bihalal Punggowo

    ini juga diisi dengan aksi panggung

    Didi Kempot dan Yati Pesek. Di

    akhir acara, Punggowo memberi-

    kan hadiah delapan motor. Tak

    lupa Gubernur Kepri memberikan

    dua paket Umroh kepada warga

    yang beruntung. (r/cw75)

    gawai honorer yang bekerja setelahbatas waktu tersebut, tidak dapatdimasukkan pada peserta honorK2. Uji publik atas data ini masihbelum diketahui hasilnya denganbaik," kata Juliantari.

    Selanjutnya, lanjut Juliantari,ada diskriminasi pada seleksiadministrasi bagi pelamar ter-tentu dengan nomor ujian danlokasi ujian. Lalu, adanya rawanpemerasan atau praktik suap,pungutan liar oleh pejabat, ataupihak-pihak tertentu dalam melo-loskan sejumlah pelamar.

    "Selain itu, ketika pendaftaranjuga masih ditemukan manipulasi.Para calo mendatangi para pendaftardan menjanjikan dengan bayar Rp 80juta sampai Rp 100 juta untuk lolosmenjadi CPNS," tuturnya.

    Lanjut Juliantari menjelaskan,adanya kebocoran soal TKD (TesKemampuan Dasar ) dan Tes Ke-mampuan Bidang (TKB). "Keboco-ran terutama terkait dalam peng-gandaan dan distribusi soal dariperusahaan percetakan sampaipada lokasi ujian. Motifnya antaralain adanya perilaku kolektif timpanitia di di daerah ataupun pusatuntuk meloloskan orang tertentuatau menjual kunci jawaban,"imbuh Juliantari.

    Selain itu, adanya praktik per-jokian dalam TKD dan TKB. "Se-telah tes berlangsung masih adajuga masalah ditemukan misalnyakertas jawaban belum disegel jadikemungkinan bisa diubah, " ung-kap Juliantari.

    Tidak hanya itu, kata Julianta-ri, ada penambahan pelamar yanglolos TKD dan TKB pada pengu-muman resmi di pemerintah dae-rah dan mendapatkan NIP meskitidak mengikuti proses seleksi.

    "Selesai tes, masalah yang dite-mukan misalnya yang tidak lulustetapi mendapat nomer induk pe-gawai," pungkasnya.

    Meski belum yakin bebas daripraktik korupsi, kolusi dan nepo-tisme (KKN), namun ICW meng-apresiasi perubahan sistem pere-krutan CPNS oleh KementerianPendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sejak tahun lalu.

    "Kami sangat mengapresiasiapa yang telah dilakukan KemenPAN -RB yang dari tahun lalu su-dah mengubah sistem yang ada,"ujar juliantari.

    Atur Migrasi PNSDalam hal lain, guna mengatur

    tingginya migrasi PNS ke kotabesar, saat ini Kementerian Pen-dayagunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bersama DPR tengah meng-godok rancangan UU AparaturSipil Negara (ASN).

    "Dalam UU itu, birokrasi ituoleh PNS dan pegawai pemerintahdengan perjanjian kerja (PPPK),"kata Asisten Deputi PerencanaanBidang SDM Kemenpan-RB, ARizal, Sabtu (31/8) lalu.

    Rizal mengungkapkan ranca-ngan undang-undang ini diharap-kan dapat menekan migrasi PNS

    ke kota-kota besar. Dia membericontoh untuk PPPK nantinya akanada aturan renumerasi yang lebihlayak. Sehingga bisa menekanhasrat mereka untuk meningalkandaerah terpencil.

    "(kontraknya) Bisa satu ataudua tahun. Bagi mereka diberikanrenumerasi tinggi supaya, kata-kanlah guru diberi Rp 5 juta perbulan. Jadi, mereka tidak maupindah ke kota," jelas Rizal.

    Rizal melihat banyaknya tena-ga pendidik yang meninggalkandaerah dan menuju ke kota dise-babkan dua hal. Pertama, adalahalasan yang sulit dicegah. Ada yangikut suaminya yang pindah tugaske kota," ungkapnya.

    Alasan kedua adalah kesem-patan memberikan les tambahanyang lebih banyak di kota-kotabesar, di banding di daerah ter-pencil. "Kalau di daerah merekadibayar pakai ayam, pakai buah-buahan. Di kota, mereka dibayarpakai uang," lanjut Rizal.

    Rizal percaya, dengan perjanjianyang diatur dalam undang-undang,nantinya kondisi tersebut bisadiminimalisir. Apalagi, kini belanjapegawai naik enam persen dibandingtahun lalu, di tingkat K/L dan Pemda.

    Anggaran belanja pegawai padaAPBN-P 2013 tercatat sebesarRp233 triliun, atau sebesar 2,5persen dari produk domestik bruto(PDB). Anggaran belanja pegawaidalam APBN 2014, naik Rp43,7triliun menjadi Rp276,7 triliun, atau2,7 persen dari PDB. (kcm/ant)

    "Bagaimana pun, KPK harusmenjawab pertanyaan publik yangingin tahu siapa yang dimaksuddengan Pak Lurah, Bunda Putri,Haji Susu, Sengman serta Widhi,"kata politisi Golkar itu.

    Artinya, lanjut dia, perseling-kuhan penguasa-pebisnis dalamkasus suap impor daging sapi ti-dak hanya melibatkan para ter-sangka yang perkaranya sedangberproses di pengadilan Tipikorsaat ini. Terbukti bahwa impordaging sapi dikendalikan olehkartel.

    "Sangat memprihatinkan ka-rena perselingkuhan penguasa-pebisnis bisa mempreteli ataumereduksi wewenang pejabattinggi negara. Kartel yang diba-ngun Bunda Putri bahkan bisamendikte kabinet untuk mener-bitkan kebijakan-kebijakan yangsesuai dengan keinginan kartel,"ungkap dia.

    Bambang menilai, kasus suapimpor daging sapi menjad buktibahwa kartel terbentuk karenabertemunya kepentingan oknumpenguasa dan pebisnis.

    "Pemerintahan yang indepen-den dan bebas dari kepentingantidak akan memberi akses bagi ter-bentuknya kartel," kata Bambang.

    Sementara itu, Sekretaris Ka-binet Dipo Alam membantah na-manya dikait-kaitkan dengan ka-sus suap impor daging sapi itu.

    Seperti diketahui, dalam rekamanpercakapan Ridwan Hakim, LuthfiHasan dan Bunda Putri yang dipu-tar di persidangan, muncul namaDipo.

    "Bukan nama saya itu. Itu kanbukan Dipo Alam, ada pemain bolanamanya Dipo Alam, ada polisi diLombok namanya Dipo Alam, adapenjahit namanya Dipo Alam, adawarung padang yang punya DipoAlam," tutur Dipo usai mengantarPresiden SBY ke luar negeri diBandara Halim Perdana Kusuma,kemarin.

    Dipo menegaskan dirinya tidakkenal dengan Ridwan Hakim, Bun-da Putri dan Yudi Setiawan.

    "Nggak tahu saya, setelah men-dekati, sekarang ke anak dan pim-pinan (PKS), sebelumnya Fahri,bilang kenal Yudi Setiawan, sayakenalnya Yudi Wowor, itu adik istrisaya. Saya kenal bunda, tapi Bun-da Sri kakak saya, Bunda Putrisiapa yang tahu," ungkapnya.

    Merasa dicatut namanya nggakPak? "Apa hubungannya saya de-ngan impor sapi? Itu kan kemen-terian teknis kan," jawabnya.

    Dipo juga tak tahu dengan na-ma Sengman yang muncul dalamsidang kasus suap impor sapi de-ngan saksi Ridwan Hakim yangdisebut sebagai utusan SBY.

    Jubir Presiden Julian AldrinPasha sebelumnya sudah mem-bantah bahwa tidak ada nama

    Sengman sebagai utusan resmiPresiden SBY yang tercatat disekretariat negara. Saat dikon-firmasi ke Setkab Dipo Alam, diajuga mengaku tidak mengetahuinama tersebut.

    "Yang saya tahu tukang seng,"jawab Dipo.

    Sekadar mengingatkan, dalamkasus dugaan suap impor dagingsapi KPK telah menentapkan seba-gai tersangka dan menahan LuthfiHasan Ishaq, Ahmad Fathanahdan dua direktur PT IndogunaUtama, yakni Juard Effendi danArya Abdi Effendi.

    Dalam kasus ini, Luthfi danFathanah diduga menerima suapdari PT Indoguna terkait kebijakanimpor daging sapi. Informasi dariKPK menyebutkan, ada komitmenRp40 miliar yang diduga dijan-jikan kepada Luthfi. Komitmenitudihitung dari banyaknya kuotadaging yang diizinkan, dikalikandengan Rp5.000 per kilogram da-ging.

    Adapun uang Rp1 miliar yangdisita dari proses tangkap tanganKPK diduga sebagai uang mukadari komitmen Rp 40 miliar ter-sebut. Luthfi diduga menggu-nakan pengaruhnya sebagai Pre-siden Partai Keadilan Sejahterasekaligus anggota DPR untukmengintervensi pihak-pihak yangberwenang mengatur impor dagingsapi. (ant/dtc/kcm)

    "Coke Bottle", hasil kolaborasinya

    dengan Timbaland. Disc Jokey

    yang mengiringi Agnes meneriak-

    kan "give it up to Agnes one time"

    yang terdengar seperti "Montana".

    Kabar ia berganti nama menjadi

    "Agnes Montana" pun merebak di

    dunia maya.

    "Itu nggak benar," kata Agnes

    seraya tertawa saat mengadakan

    jumpa media peluncuran album

    barunya "Agnez Mo" di Indomaret

    Point Convenience Store, Kemang,

    Jakarta Selatan, Jumat lalu.

    Perihal albumnya yang ber-

    judul "Agnez Mo" pun bukan da-

    lam rangka mengganti nama untuk

    kariernya di mata internasional

    nanti.

    "Nama album itu karena nama

    (akun) Twitter @agnezmo. Jadi,

    nggak ada mau ganti nama," jelas

    pelantun "Paralyzed" itu.

    Meski membantah mengganti

    nama, Agnes membenarkan diri-

    nya tengah bekerja sama dengan

    Timbaland, produser yang telah

    banyak bekerja sama dengan pe-

    nyanyi sekaliber Justin Timber-

    lake.

    "Video klip dengan Timbaland

    itu benar," katanya.

    Agnes Monica belakangan ini

    berada di Amerika Serikat untuk

    mengerjakan materi album inter-

    nasionalnya. Ia menampik bila

    disebut pindah ke negeri Paman

    Sam.

    "Pekerjaan di sana cukup besar

    jadi lebih banyak di sana untuk

    sekarang. Pada akhirnya ada di

    dua negara," katanya. (ant)

    Setan Merah Dari Halaman 1Gol Sturridge bertahan hingga

    menit ke-30. Pasukan BrendanRodgers pun mendominasi jalan-nya pertandingan. Namun sejauhini tidak ada peluang berarti yangbisa mengubah kedudukan.

    Statistik pertandingan punmenguatkan argumen di atas. Ger-rard dkk melakukan percobaan seba-nyak empat tendangan. SementaraUnited tiga kali tendangan.

    Sebelas menit berselang, per-tandingan cenderung semakin ke-tat dan terbilang keras. WasitAndre Marriner mengeluarkanempat kartu kuning. Satu untukLiverpool (Aspas 35') dan tigauntuk United (Cleverley 35', Persie39' & Carrick 41').

    Namun, hingga babak pertamaberakhir, kedua tim tak mampumengubah kedudukan 1-0.

    Sejauh ini The Kop konsistenmendominasi jalannya pertan-dingan, dan cukup mengimbangiperlawanan juara bertahan Pre-

    mier League musim lalu.Babak kedua berjalan, David

    Moyes sepertinya meminta anak-anak asuhnya untuk berani me-nyerang. Pasalnya, hingga menitke-60, United sanggup mengurungtim tuan rumah.

    Namun, baik Van Persie mau-pun Wellbeck tak sanggup me-nyamakan kedudukan. 0-1 untukLiverpool.

    Agger sebagai jenderal lini be-lakang The Kop, disibukkan de-ngan skema-skema serangan Uni-ted. Bisa dibilang tim tuan rumahtengah terkurung dan berada da-lam kondisi tertekan.

    Berdasarkan statistik pengua-saan bola sejauh ini, Liverpoolhanya mampu menguasai laju per-tandingan sebanyak 43 persen,sedangkan United 57 persen.

    Glen Johnson yang tampil apikdi pertandingan ini harus mening-galkan lapangan akibat cedera,setelah berbenturan dengan kaki

    sang kapten; Patrice Evra. AndreWisdom menggantikan posisinyapada menit ke-78'.

    RVP sebenarnya memiliki pe-luang emas menyamakan kedu-dukan di menit 87', usai menerimaumpan terobosan dari Chicharito.Namun, tendangan kaki kanan eksArsenal itu masih melebar di kirigawang Simon Mignolet.

    Pertandingan memasuki menitke-90, dan ofisial wasit memberi-kan waktu tambahan lima menit.Apakah United mampu mencurisatu poin di Anfield. Apakah goldari Sturridge di babak pertamasanggup menjaga 100 persen keme-nangan Liverpool? Menarik untukkita tunggu.

    The Kop ternyata mampu men-jaga 100 persen kemenangan diPremier League dalam tiga laga.Sturridge yang hari ini juga beru-lang tahun, memberikan keme-nangan penting bagi Liverpool atasUnited. 1-0. (bbc/oke)

    "Kami masih melakukan pe-

    mantauan," kata Sutopo.

    Menurut Sutopo, daerah se-

    kitar pusat gempa adalah pulau-

    pulau kecil yang tersebar. Hal ini

    menyebabkan akses terbatas di

    sekitar Laut Banda.

    "Ini menyebabkan kendala da-

    lam pemantauan secara cepat,"

    ujar Sutopo.

    Provinsi Maluku merupakan

    salah satu daerah rawan gempa

    dan tsunami karena terletak pada

    pertemuan tiga lempeng besar,

    yakni Pasifik, Indo Australia, dan

    Eurasia.

    Lempeng Indo Australia yang

    masuk ke bawah lempeng Eurasia

    bertemu dengan Lempeng Pasifik,

    sehingga mengakibatkan patahan

    yang tidak beraturan.

    Sementara itu, di hari yang

    sama, gempa juga mengguncang

    Kaimana, Provinsi Papua Barat.

    BMKG menyatakan gempa bumi

    di tenggara Kaimana itu berke-

    kuatan 5,3 skala Richter (SR).

    Gempa tersebut tidak berpotensi

    menimbulkan ancaman tsunami.

    Lokasi gempa di daratan Pa-

    pua; 76 km tenggara Kaimana

    Papua Barat; 189 km timur laut

    Maluku Tenggara; 193 km barat

    daya Teluk Wondama; 394 km

    barat daya Manokwari Papua

    Barat; dan 3.015 km timur laut

    Jakarta.

    Beberapa hari belakangan, se-

    bagian wilayah Indonesia digun-

    cang gempa yang kekuatannya

    lumayan besar. Pada Rabu (28/8),

    gempa bumi berkekuatan 5,5 skala

    richter dirasakan warga di Pesisir

    Selatan, Sumatera Barat. Data

    BMKG gempa terjadi di 74 km

    BaratLaut Sungai Penuh di ke-

    dalaman 24 km.

    Sebelumnya, Jumat (23/8),

    Bali juga diguncang gempa ber-

    kekuatan 5,4 SR. Masyarakat

    yang sedang menjalani aktivitas

    ketika gempa mengguncang, lang-

    sung berlarian ke tempat-tempat

    yang aman. (ant/dtc/kcm/rol)

    Perajin Tempe Mogok ProduksiJAKARTA (HK) Ribuan pera-

    jin tempe dan tahu di Tanah Air

    bakal mogok pada 9-11 September

    2013. Mereka menuntut Kemen-

    terian Perdagangan segera mener-

    bitkan Surat Persetujuan Impor

    (SPI) Bulog dan Gakopindo (Ga-

    bungan Koperasi Tempe Tahu Se-

    luruh Indonesia) agar kedua lem-

    baga bisa mengimpor kedelai, dan

    bebas dari tekanan kartel kedelai.

    Demikian disampaikan Ketua

    Umum Gapindo Aip Syaifudin,

    Minggu (1/9). Selanjutnya, Ga-

    pindo atas nama ribuan perajin

    tempe tahu tersebut menuntut

    pemerintah mengembalikan tata

    niaga kedelai ke tangan Bulog.

    "Sekarang sudah terbukti

    bahwa kartel importir kedelai

    tidak memiliki tanggung jawab

    sosial kepada para perajin tem-

    pe-tahu. Yang mereka pikir cuma

    untung meski dengan mencekik

    hidup para perajin tempe-tahu,"

    tandas Aip.

    Menurut dia, di era Presiden

    Soeharto, tata niaga kedelai dimo-

    nopoli Bulog. "Selama Bulog me-

    monopoli tata niaga kedelai, harga

    kedelai, baik kedelai lokal maupun

    impor, stabil," ujar Aip.

    Di era tersebut, para perajin

    tempe-tahu dan keluarga mereka

    sejahtera. Bahkan setelah me-

    nyelesaikan sekolah anak-anak

    mereka, sebagian besar keluarga

    para perajin tempe-tahu bisa

    membiayai pergi haji orangtua

    mereka. "Sekarang jangankan

    membiayai sekolah anak-anak,

    hidup sehari-hari sudah susah

    karena melambungnya harga ke-

    delai impor yang membuat harga

    tempe melampaui ambang batas

    psikologi pembeli," tekan Aip.

    Ia kecewa, janji Presiden Su-

    silo Bambang Yudhoyono bahwa

    Indonesia bakal swasembada ke-

    delai tahun depan kini jauh dari

    harapan. "Sekarang saja, 90 per-

    sen kebutuhan kedelai nasional

    berasal dari kedelai impor," ucap

    Aip. (kcm)

    Maluku Diguncang Dari Halaman 1

    Lorenzo Jegal Dari Halaman 1

    10 Terbaik Hasil Balapan MotoGP InggrisPosisi Pembalap Negara Tim Catatan Waktu

    1. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 40m 52.515s2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 40m 52.596s3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 40m 54.066s4. Valentino Rossi ITA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 41m 5.748s5. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 41m 5.813s6. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 41m 12.742s