Haluan kepri 23mar16

Click here to load reader

  • date post

    27-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    286
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 23mar16

Transcript of Haluan kepri 23mar16

  • "Tiga pilihan terbentang di hadapanmanusia, pertama, berarti di dunia dan

    akhirat, kedua, berarti di dunia dantidak diakhirat atau tidak berarti di

    dunia dan akhirat. Manakahyang akan engkau ambilwahai saudaraku?" (bc)

    Tiga Pilihan

    CMYKEditor: R Ghafur, Layouter: Agung Raharjo, Grafis: Richo Ray

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Rabu, 23 Maret 2016

    14 Jumadil Akhir 1437HTERBIT 24 HALAMAN,NO 23/3 TAHUN KE 15

    Zaskia Gotik

    Minta Maaf .. Hal. 7

    2

    MintaMintaMintaMintaMintaMaafMaafMaafMaafMaaf

    Sopir Demo .. Hal. 7

    Basko: Ke .. Hal. 7

    J A K A R TA ( H K ) Z a s k i a G o t i kmeminta maaf dengan mata me-merah karena merasa bersalahatas ucapannya yang asal bun-yi saat tampi l d i sebuah pro-gram televisi.

    Dalam acara itu, Zaskia bersa-ma Ayu Ting Ting dan Julia Perezmenjadi peserta sebuah kuis. Den-ny Cagur sebagai pemandu kuis itupun bertanya, kapan proklamasi di-kumandangkan. Zaskia malah men-jawabnya dengan nyeleneh, 'saatazan subuh', diikuti jawaban 'ngasal'lainnya yang menyebut tanggalproklamasi pada 32 Agustus.

    Begitu juga ketika ditanya lam-bang sila kelima Pancasila, Zaskiamengatakan sesuatu yang bikin ter-perangah: "Bebek nungging!

    Otoritas Belgia menyebut ledakan di bandaraBrussels sebagai serangan bom bunuh diri.

    Hingga berita ini diturunkan, menurutmedia setempat, jum-lah korban tewasakibat bom itutelah bertam-bah menjadi 34orang dan ratu-san lainnyaterluka. Saatledakan orang-orang berlari-an tidak tentuarah. Mereka ju-ga sangat kha-watir akan kemu-ngkinan serangansusulan.

    Foto-foto yang diung-gah ke media sosial mem-perlihatkan, massa berkerumundalam keadaan panik di bandara. Seor-ang ibu dan anak laki-laki berlumuran darah di kakidan wajah. Mereka pun menangis.

    Istri seorang anggota parlemen Belgia, yang se-dang berada di bandara, melaporkan, pecahan kaca

    Ribuan OrangMenjerit dan Berlarian

    BELGIA (HK) Ribuan orangpanik, menjerit, bingung,menangis, dan berlarian taktentu arah di BandaraZaventem, Brussels, Belgia, sesaatsetelah diguncang dua ledakan bomdi bandara itu, Selasa (22/3) pagi.

    Ledakan BomMengguncangBandara Belgia

    Natuna Jangan Dianggap SepeleRibuan Orang .. Hal. 7

    JAKARTA (HK) DPR RI mengingatkanpemerintah agar tidak menganggap remehpersoalan di Laut Cina Selatan, pascamasuknya kapal penangkap ikan KM KwayFey berbendera Cina ke Laut Natuna,Kepulauan Riau, Sabtu (19/3) lalu.

    Wakil Ketua DPR FahriHamzah mengatakan halitu kepada wartawan digedung DPR Jakarta, Sela-sa (22/3).

    Fahri menduga, saat inipemerintah Tiongkok, Cinasedang membangun porosmaritim, sejalan dengan

    apa yang sedang dilaku-kan pemerintahan JokoWidodo-Jusuf Kalla. Per-soalannya, Cina meletak-kan Laut Natuna dalampeta mereka.

    "Cina meletakan Natu-na dalam peta mereka dansekarang mereka mulai

    mengambil itu. Jadi pe-merintah jangan anggapremeh hal itu dan janganserahkan ke Ibu Susi (Men-teri KKP Susi Pudjiastuti).Karena Susi menteri tek-nis, kelautan," kata Fahri

    Natuna Jangan .. Hal. 7

    UU PPKSK JanganSampai Dilaksanakan

    JAKARTA (HK) DPR telahmengesahkan Rancangan

    Undang-Undang tentangPencegahan dan Penan-ganan Krisis Sistem Ke-uangan (RUU PPKSK)

    menjadi Undang-Undang,dalam Rapat Paripurna

    DPR, Kamis (17/03).Namun anggota Komisi

    XI DPR RI dari Fraksi PartaiGolkar, Muhammad Misba-khun mengharapkan agarUU tersebut jangan sampaidilaksanakan di masa-masamendatang.

    "UU ini perlu tapi sayatidak menginginkan UU ini

    Ketua BP BatamDitunjuk Hari IniBATAM (HK) DewanKawasan Nasional(DKN) akan menunjukKetua BP Batam hari inidalam rapat bersama de-ngan DKN Batam diJakarta, Rabu (23/3).

    Informasi yang diper-oleh, rapat kali ini melan-

    jutkan hasil sosialisasiDKN di Batam belumlama ini, seperti pengem-bangan Batam ke depan-nya dan pemilihan pimpi-nan BP Batam yang baru.

    Namun siapa yang akan

    Sopir Demo, Jakarta LumpuhJAKARTA (HK) Transportasi umum di Jakartabenar-benar lumpuh. Itu setelah hampir seluruhangkutan umum terutama taksi mogok di sejumlahtitik, Selasa (22/3) pagi. Tidak hanya mogok, sopiryang menolak angkutan umum berbasis online itujuga melakukan sweeping terhadap rekan-rekannyayang menolak mogok sehingga berujung ricuh.

    Di kawasan Blok M,Jakarta Selatan, saat adasatu taksi yang tetap meleng-gang membawa penumpang,ribuan sopir yang siap mogokmenyoraki taksi tersebut.Bahkan mereka melempar

    dengan botol air minum kemasan.Tak hanya itu, sejumlah tindakankekerasan juga terjadi di bebera-pa lokasi lainnya. Bahkan sampaimerusak kendaraan.

    Misbakhun Ketua BP .. Hal. 7UU PPKSK .. Hal. 7

    RIBUAN sopir taksi demo di Jakarta, kemarin.

  • sambungan7 Rabu, 23 Maret 2016

    Minta Maaf ..... sambungan Hal. 1

    Ribuan Orang ..... sambungan Hal. 1

    Ketua BP ..... sambungan Hal. 1

    dan ubin beterbangan melukaiorang-orang di sekitar pusatledakan. Orang-orang dieva-kuasi ke ruangan terbuka, diluar bandara, setelah petugasmenutup semua pelayanan didalam bandara. Penerbanganuntuk semua rute dihentikanuntuk sementara.

    Saksi mata mengatakan,ketika dua ledakan beruntun ituterjadi, bangunan di sekitarnyaberderit. Koresponden SkyNews di Timur Tengah, AlexRossi, yang berada di bandaradalam perjalanan ke Tel Aviv,Israel mengatakan, "Saya bisamerasakan bangunan bergerak.Ada dua ledakan. Semua orangdi sini berpikir, ini merupakanjenis serangan teror sekalipunbelum bisa diverifikasi oleh sia-pa pun di bandara," katanya.

    "Tidak tahu bagaimana le-dakan itu terjadi. Namun, tam-paknya Bandara Brussels telahmenjadi target serangan teror-is," katanya.

    "Kami semua sudah dipin-dahkan keluar menuju pintudarurat. Ada banyak orang yangkebingungan di sini. Namun, adasejumlah orang yang sangat ma-rah dan sangat ketakutan. Adakekhawatiran, mungkin ada pe-nyerang lainnya," ujarnya.

    Sirene Terus BerbunyiBunyi sirene terus terdengar

    pascaledakan di Stasiun MetroMaalbeek, Brussels tersebut.

    Setidaknya, hal ini yang dis-ampaikan Hany, seorang wargaasal Indonesia yang bekerja dikantornya, di kawasan Etter-beek, Brussels. Selain sirene,menurut dia, helikopter terden-gar lalu lalang. "Sirene samahelikopter saja enggak berhenti-henti dari tadi," katanya.

    Menurut Hany, suasana diBrussels belum kondusif. Trans-portasi umum terhenti pasca-ledakan tersebut.

    Hany mengaku berada diStasiun Maalbeek lebih kurang10 menit sebelum ledakan terja-di. "Bersyukur masih dikasihselamat," ujar dia.

    Ancaman teror telah men-ingkat di Belgia menyusul pe-nangkapan Salah Abdeslam, sa-lah satu pelaku teror di Paris,Perancis, tahun lalu. Abdeslamditangkap empat hari lalu da-lam kondisi terluka akibat bakutembak dalam penggerebekan disebuah apartemen di Brussels.

    Polisi Belgia mengatakan,ledakan yang terjadi di dekatlembaga dan perkantoran UniEropa itu menyebabkan sejum-lah korban tewas dan terluka.Namun, ia tidak menyebutkansecara detail.

    Menurut media resmi Belgiamengatakan Ledakan ini meru-pakan yang ketiga setelah dualedakan di Bandara Zaventem.Jumlah korban tewas di duatempat itu lebih dari 20 orang.

    Sama seperti akibat ledakandi bandara, orang-orang yangberada di stasiun juga berlarianmenjauh. Mereka panik. Korbanluka-luka langsung dilarikan kerumah sakit terdekat.

    Senapan SerbuPolisi Belgia, kemarin mene-

    mukan satu senapan serbuKalashnikov di lokasi ledakandi Bandara Brussels dan dite-mukan sebuah rompi bom yangbelum diledakkan di buang dibandara itu.

    Senjata ditemukan di samp-ing seorang pelaku bom bunuhdiri. Sedangkan korban tewasakibat serangan kembar padaSelasa pagi di bandara utamaZaventem dan satu ledakan distasiun metro Maalbeek telahmeningkat menjadi 34 orang.Lebih dari 130 orang terluka.

    Dalam sebuah kicauannyadi Twitter, Belgia Crisis Centremengatakan, tim ahli militertelah meledakan satu paketyang diduga bom di BandaraZaventem. Tidak lama setelah-nya terdengar ledakan kerasdan asap mengepul di balik ru-ang keberangkatan bandara.

    Seorang pejabat keamananEropa dalam kontak denganpolisi Belgia mengatakan seti-daknya satu dan mungkin duasenapan Kalashnikov telah dite-mukan di ruang keberangkatandi bandara Brussels.

    Pejabat itu berbicara dengansyarat anonim karena ia tidakberwenang untuk berbicara ten-tang investigasi yang sedangberlangsung.

    Shiraz Maher, seorang pe-neliti senior di The Internation-al Centre untuk Studi Radikal-isasi dan Politik Kekerasan diLondon, menyebut penemuansenjata dalam serangan teror diBrussels itu cukup signifikan.Maher mengatakan ini merupa-kan tantangan yang luar biasauntuk benua Eropa.

    Penemuan senjata laras pan-jang dan lolosnya paket bom kedalam bandara jelas merupakansebuah teka-teki besar bagi ke-amanan sekelas negara-negaraEropa, terutama Belgia, yang ting-kat keamannnya sangat tinggi.

    Korban WNIKementerian Luar Negeri RI

    melaporkan bahwa sementara inibelum ada informasi mengenaiwarga negara Indonesia (WNI)yang menjadi korban ledakan diBandara Brussels tersebut.

    Sebelumnya, dua ledakankeras meluluhlantakkan bagianpelaporan (check in) pesawatAmerican Airlines di BandaraBrussels.

    "KBRI di Brussels akan ter-us melakukan penelusuran danmengamati perkembangannya,"ujar Direktur Perlindungan WNIdan BHI Kemenlu RI Lalu Mu-hammad Iqbal, melalui pesansingkat, kemarin.

    Di tempat terpisah, Juru Bi-cara Kementerian Luar NegeriRI Arrmanatha Nasir mengata-kan, saat ini Kedutaan Besar RIdi Brussels terus menelusuriapakah ada warga negara Indo-nesia yang menjadi korban leda-kan bom di Brussels, Belgia.

    Kedutaan Besar RI masihterus melakukan koordinasidengan otoritas keamanan set-empat dan pihak rumah sakit.

    Menurut penuturan Ar-rmanatha, Kemenlu juga sudahmengeluarkan imbauan kepadaWNI untuk terus waspada danmenghindari tempat-tempatyang rawan serangan bom.

    "Menurut data kami, ada1.200 WNI yang sekarang bera-da di Belgia dan sebanyak 400WNI di Brussels," ujar Arr-manatha.

    ''Semua sedang kami hubun-gi untuk memastikan apakahmereka baik-baik saja," ujarnya.

    Pihak keluarga yang inginmemastikan keadaan sau-daranya di Brussels bisa lang-sung menghubungi KBRI di no-mor ini, +32 478957214.

    Hingga berita ini diturunkan,Kementerian Luar Negeri belummendapatkan informasi apakahada WNI yang menjadi korbandalam peristiwa tersebut.

    "Sampai saat ini, tidak adakabar kepada kami mengenaiadanya warga negara Indonesiayang menjadi korban," tuturArrmanatha. (kcm/net/dtc)

    Natuna Jangan ..... sambungan Hal. 1

    "Jujur pertanyaan itu berat,Neng tidak tahu jawabannya. Disitu lagi bercanda, happy, terusterbesit di pikiran Neng bilangitu. Ya Allah, Neng nggak senga-ja. Masa sih Neng mau jatuhinnegara atau jatuhin diri sendiri?Saya pendidikannya lemah, sayadari kampung. Saya salahkandiri sendiri, saya bodoh, lemah.Bebas masyarakat berkomentarapa pun, biar Neng jadi lebihbaik," ungkap pedangdut yangmenyebut dirinya Eneng itu.

    Saat menggelar jumpa persdi kantor Nagaswara, Jalan Jo-har, Jakarta Pusat, Selasa (22/3), Zaskia juga terlihat berkaca-

    kaca meski berusaha untuktegar. Ia mengakui kesalahan itusebagai keteledorannya pribadi.

    "Saya sama sekali tidak adaniat dan unsur kesengajaan, ituspontan saja," tuturnya.

    Latar belakang Zaskia yangdisebut tak lulus Sekolah Dasar(SD) disebut bukan jadi tooakukur kasus ini. Pihak kepolisianpun merasa sebagai public figur,harusnya Zaskia lebih arifdalam berucap.

    "Kita kan lihatnya dia publicfigur, pasti tiap tahun rayakankemerdekaan harusnya kantahu tuh. Nggak jadi tolok ukur(untuk pendidikan Zaskia),"

    ucap Kanit I Subdit Cyber CrimeDit Reskrimsus Polda MetroJaya, Kompol Nico Setiawan diDitreskrimsus Polda MetroJaya, Jakarta Selatan.

    Pihak kepolisian pun menye-but sampai saat ini masih men-coba untuk mengumpul alat-alatbukti untuk kasus Zaskia. Se-lain itu, beberapa saksi pun di-siapkan untuk dipanggil dandiperiksa untuk kasus tersebut.

    Kompol Nico menambahkansetelah memanggil para saksi,barulah pihak kepolisian akanmemanggil Zaskia. Pemanggi-lan Zaskia pun diagendakanpada minggu depan. (dtc)

    Politikus PKS itu mengata-kan persoalan Natuna ada poli-tik regional, militer, sehinggapemerintah Indonesia tidakboleh hanya menjadi penonton.Harus ada sikap tegas dari pe-merintah menyikapi masalahtersebut.

    "Harus ada sikap yang je-las dalam masalah ini. Pili-han-pilihan politik dan eko-nomi pemerintah setahu sayatidak pernah dibahas dalamkerangka persaingan negarabesar," pungkasnya.

    Di tempat terpisah, KetuaKomisi I DPR Mahfudz Siddiqmenuturkan, ketegangan yangterjadi di Perairan Natuna, Sab-tu (19/3) lalu, dapat mengan-cam hubungan baik yang telahterbangun antara Indonesia danCina.

    DPR pun mendukung lang-kah Kementerian Luar Negeriyang melayangkan nota proteskepada Pemerintah Cina.

    "Kasus ini merupakan pel-anggaran serius. Pihak Tion-gkok (Cina) semestinya menja-ga bangunan kepercayaan den-gan Indonesia," kata Mahfudzdalam pesan singkatnya.

    Ia meminta agar Cina mem-perhatikan persoalan ini secaraserius. Jika tidak, hubungan bi-lateral kedua negaralah yangdipertaruhkan.

    "Jika tidak, Tiongkok bisakehilangan teman dalam peran-peran yang sedang dikembang-kannya di kawasan ini," ucapnya.

    Senada dengan itu WakilKetua Komisi I DPR RI, TBHasanuddin menganggap tepattindakan Pemerintah Indonesiadengan menyampaikan proteskeras dan merencanakan lang-kah untuk membawa kasus inike Mahkamah Hukum Laut In-ternasional.

    "Harus kita dukung," katapurnawirawan Mayjen TNIAD ini.

    Mantan Sekretaris Militerini menambahkan, dunia inter-nasional, termasuk Cina, harusdiyakinkan bahwa wilayah seki-tar Natuna adalah wilayah ter-itori NKRI. Indonesia, kata dia,harus mempertahankan wila-yahnya dengan cara apa pun.

    Menurut dia, pemerintah

    harus segera memperkuat ke-mampuan Badan KeamananLaut (Bakamla). Dengan begitu,Bakamla sebagai lembaga pene-gak hukum dapat melakukantugasnya, seperti penegakanhukum, perlindungan, dan pe-nyelamatan di laut.

    "Negara harus segera me-lengkapi kapal-kapal patroliBakamla demi kepentinganbangsa dan negara. Ini sebuahkebutuhan yang menjadi sangaturgent untuk dilaksanakan,"ucap politisi PDI-P ini.

    Sebelumnya, KementerianKelautan dan Perikanan mende-teksi adanya pergerakan kapalyang diduga menangkap ikansecara ilegal di Perairan Natu-na, Sabtu (19/3) sekitar pukul14.15 WIB.

    Kapal itu diketahui sebagaiKM Kway Fey yang berbenderaCina. Kemudian, kapal milikKKP, yakni KP Hiu 11, menda-tangi kapal motor tersebut danmengamankan delapan awakbuah kapal (ABK). Susi menya-takan, meskipun kejadian ituada di wilayah perbatasan, ka-pal tersebut dinyatakan telahberada di Zona Ekonomi Eksk-lusif Indonesia.

    Kemudian, saat KM KwayFey akan dibawa petugas KKP,tiba-tiba datang kapal CoastGuard (penjaga pantai) Cina yangdatang mendekat. Kapal aparatCina itu menabrak Kway Fey.

    Dugaannya ialah agar kapalikan asal Cina itu tidak bisadibawa ke daratan Indonesia.Untuk menghindari konflik, petu-gas KKP meninggalkan KwayFey dan kembali ke KP Hiu 11dan hanya berhasil membawadelapan ABK. Kementerian LuarNegeri lalu melayangkan notaprotes kepada Pemerintah Cinaatas insiden tersebut. Dalamnota diplomatik itu, Indonesiamemprotes pelanggaran yangdilakukan Cina.

    Perhatian JepangPemerintah Jepang menaruh

    perhatian atas ketegangan yangmuncul antara Indonesia danCina terkait persoalan batasperairan di wilayah Natuna,Laut Cina Selatan.

    "Jepang menaruh perhatianterhadap langkah unilateral

    yang telah menaikkan tensihubungan antara Indonesia danCina di Laut China Selatan,"ungkap Menteri Luar NegeriJepang Fumio Kishida, di Tokyo,Selasa (22/3).

    "Kami berpikir, pihak-pihakyang terkait harus mencobamenahan diri, dan mencari pe-nyelesaian masalah melaluijalan dialog," kata dia.

    Dugaan pelanggaran kapalpenjaga pantai China di wi-layah Indonesia mengemukasetelah Menteri Kelautan danPerikanan Susi Pudjiastutimembeberkannya kepada me-dia, Minggu (20/3).

    Menurut Susi, kapal patroliKementerian Kelautan dan Peri-kanan Indonesia sempat me-nangkap sebuah kapal Cinayang diduga melakukan pen-angkapan ikan secara ilegal diperairan Natuna tersebut.

    Ketika kapal patroli me-lakukan pengawalan terhadapkapal ikan Cina, muncul kapalpenjaga pantai Cina yang me-ngejar dan menabrak kapal ikanagar rusak sehingga tak dapatditarik, demikian penjelasanSusi.

    Menanggapi hal itu, juru bi-cara Kementerian Luar NegeriCina, Hua Chunying mengata-kan, kapal nelayan dari nega-ranya menangkap ikan di tem-pat yang telah turun-temurundikunjungi.

    "Lokasi yang Anda sebut-kan, tempat insiden berlang-sung, merupakan kawasan pen-angkapan ikan tradisional Cina.Kapal nelayan Cina saat itumenjalankan aktivitas pen-angkapan seperti biasa didalam area itu," kata Hua. Soalkeberadaan kapal penjaga pan-tai Cina, Hua menyebut, kapalitu muncul untuk menyelamat-kan kapal nelayan Cina.

    "Pada 19 Maret, kapal nelay-an Cina diserang kapal bersen-jata Indonesia. Kapal penjagapantai lalu ke sana untuk menye-lamatkan tanpa memasuki per-airan Indonesia," kata Hua.

    "China juga segera memintaIndonesia untuk membebaskannelayan-nelayan Cina itu danmenjamin keselamatan mere-ka," kata Hua. (kcm/net)

    Meskipun tidak ada korbanjiwa dalam aksi itu, namun se-banyak 17 kendaraan rusak.

    "17 kendaraan rusak, taksi dansepeda motor," kata WakapoldaMetro Jaya Brigjen Nandang Ju-mantara di Gedung Kemenkopol-hukam, Medan Merdeka Barat,Jakarta Pusat, Selasa (22/3).

    Sementara itu Kepala UnitPenerangan Lingkungan Dik-yasa Direktorat Lalu LintasPolda Metro Jaya Ajun Komisa-ris Ponconingsih mengatakanpihaknya sudah mengerahkanpengamanan semaksimal mu-ngkin tapi memang jumlah pen-demo jauh lebih banyak.

    Pengamanan dilakukan ditempat-tempat yang menjadititik demo seperti depan gedungMPR, depan kantor Kementeri-an Perhubungan, dan di sekitarwilayah Istana Negara.

    Pengalihan arus lalu lintasjuga dilakukan di sejumlah titikjalan utama, salah satunya diJalan Gatot Subroto. "Kami laku-kan pengalihan arus lalu lintas.Tapi situasional tergantung kon-disi para pendemo," tuturnya.

    Untuk mengantisipasi keri-cuhan ia mengaku telah menem-patkan ribuan personel di titik-titik para pendemo melakukanunjuk rasa. "Kami sudah tem-patkan petugas di titik-titik raw-an pendemo melakukan aksinya.Pendemo juga sudah kami im-bau agar tetap tertib," ujarnya.

    Di tempat yang sama, MenkoPolhukam Luhut Pandjaitan me-minta agar aksi itu tidak terulang.

    "Kita semua menyampaikankepada taksi Blue Bird, Ex-press, Gojek, Grab menahandiri, tidak melakukan tindakanseperti tadi men-sweeping dansudah melakukan itu," kata

    Luhut. "Jangan ada provokatoryang macam-macam. Kami akantindak tegas," sambungnya.

    Sejauh ini, ada 83 orang yangditangkap terkait kericuhan terse-but. Status mereka akan ditentu-kan apakah terlibat dalam pidanaatau tidak. Mereka datang dariberbagai unsur, mulai dari sopirtaksi sampai ojek online.

    Penumpang MengeluhAksi demo dan mogok mas-

    sal yang dilakukan para sopirangkutan umum berimbas padajumlah kendaraan umum yangberoperasi. Hal ini dikeluhkanoleh para penumpang yang biasamenunggu bus di depan PlazaSemanggi, Jakarta Selatan.

    "Sudah beberapa jam nung-gu di sini" ujar Idris (36) yangsedang menunggu bus untukpulang ke Bekasi, Selasa (22/3).

    Idris mengatakan saat pu-lang kerja di kawasan Senayan,dirinya sudah mendapat busmenuju Bekasi. Namun, saatsampai di Semanggi, bus yangditumpanginya tidak melanjut-kan perjalanan karena masihtakut ada demo susulan.

    Hal senada diungkapkan Win-da (24) yang saat ditemui detik-com sudah menunggu bus jurusanUKI sekitar 30 menit, padahalbiasanya hanya 10 menit.

    "Karena saya berangkat pagijadi demo tadi siang sih enggakterlalu terasa efeknya. Tapi ka-sian teman-teman yang masuksiang, pada kesiangan semua,"ucap Winda di lokasi.

    Hal serupa diamini pulaoleh Arnold (27). Menurutnya,imbas dari demo dan mogokmasal tadi siang baru terasasaat pulang kerja.

    24 PerusahaanPolda Metro Jaya men-

    gumpulkan 24 perusahaantaksi terkait dengan demopara sopir yang berujungricuh. Polisi mengingatkanagar aksi demonstrasi harusdi lakukan sesuai denganaturan perundang-undanganyang berlaku.

    "Ya semua, ada 24 pengusa-ha taksi," ucap Kapolda MetroJaya Irjen Pol Moechgiyarto dikantornya, Mapolda Metro Jaya,Jakarta, Selasa (22/3).

    Moechgiyarto menegaskanperizinan melakukan aksidemonstrasi harus diajukansetidaknya 3 hari sebelumnya.Selain itu, tidak dibenarkanaksi sweeping saat melakukandemonstrasi.

    "Tapi saya hanya memberi-kan penjelasan kepada mere-ka kalau mau melakukan aksisilakan ajukan kembali dansudah tentu kita akan mrnga-mankan dengan baik. Kita be-lajar dari pengalaman hari ini(kemarin) supaya tidak teru-lang pelaksanaan kegiatan un-juk rasa yang akan dilakukanmungkin tiga hari ke depan-nya. Nah itulah nanti kita sa-makan persepsi kembali kepa-da para pengusaha taksi," ujarMoechgiyarto.

    Hal senada juga disampai-kan oleh Kabid Humas PoldaMetro Jaya Kombes Pol M Iqbal.Mantan Kapolres Jakarta Utaraitu berharap aksi anarkis ini jan-gan terulang lagi. Semua sopirtelah berkomitmen akan me-lakukan unjuk rasa secara amantanpa anarkis. Sampai saat inipihaknya sudah mengamankan83 orang dan saat ini masih di-lakukan investigasi. Bila melang-gar hukum akan ditahan, kataIqbal. (dtc/kcm/net)

    Sopir Demo..... sambungan Hal. 1

    dilaksanakan. Karena sayatidak ingin terjadi krisis keuan-gan," kata anggota Komisi XIDPR RI dari Fraksi PartaiGolkar, Muhammad Misba-khun dalam forum legislasi UUPPKSK bersama Kepala KajianMakro dan Perdagangan UI, DrFebrio Kacaribu, Selasa (22/3).

    Dengan adanya UU PPKSK,kata Misbakhun, kasus BLBI,Century, Bank Bali dan lain-lain tidak terulang dimana nega-ra harus mensubsidi para pemi-lik bank seperti yang terjadipada 1998 dan 2008.

    "Mereka yang disubsidi den-gan uang rakyat tersebut saat inimasih tercatat sebagai orang-or-ang kaya di Indonesia. Sedangkanrakyat yang mensubsidi merekaketika terjadi krisis masih tetapmiskin," ujar Misbakhun.

    Dengan adanya UU PPKSK,pemerintah harus mengaman-demen UU BI, UU LPS dan UUOJK. UU PPKSK memberikanjaminan bagi dunia internasion-al dalam penanganan krisiskeuangan di Indonesia karenatak ada lagi pengucuran danaperbankan yang mengalami kri-sis keuangan. Tak ada lagipenggunaan APBN untuk bail-out, tambahnya.

    Karena itu, kalau penera-pan UU ini diikuti dengan pen-gawasan dan pencegahan yangbaik, krisis perbankan dankeuangan bisa dihindari,sekaligus demi stabilitas sek-tor keuangan dan membangunkepercayaan dunia interna-sional terhadap Indonesia.Pengendali UU ini tetap bera-da pada Presiden RI.

    Dengan demikian, kata Mis-bakhun, Presiden RI tidak bisalagi mengeluarkan Perppu seper-ti kasus Century, yang ditolakDPR RI. Hanya saja dalam me-nyikapi krisis perbankan mela-lui UU ini, suatu kebijakan takbisa dikriminalisasi. Jadi, ke-bijakan menyikapi krisis itu takbisa dikriminaliasi, jelasnya.

    Febrio juga mengakui, UUPPKSK akan menjamin kepas-tian hukum bagi perbankandan investor khususnya dalammerespon gejolak di pasar glo-bal, dimana ekonomi nasionaltak bisa lepas dari pengaruhpasar global. Karena itu, Pres-iden Jokowi mengeluarkan pa-ket kebijakan ekonomi. Bah-kan sampai saat ini sudah 10paket ekonomi yang dikeluar-kan pemerintah. (sam)

    UU PPKSK ..... sambungan Hal. 1

    memimpin BP Batam ke depan-nya hingga saat ini belum dike-tahui. Namun, sebelumnya sem-pat mencuat bebarapa namayakni mantan Wakil GubernurKepri Soerya Respationo danmantan Walikota Batam Ah-mad Dahlan dan lainnya.

    Walikota Batam, HM Rudimengaku ikut diundang mengha-diri rapat tersebut. Sebagai ang-gota DK FTZ yang baru saja ter-bentuk, Rudi mengatakan, rapatitu beragendakan pembahasankepengurusan BP Batam.

    Disinggung siapa yang akanmemimpin BP Batam, Rudimengaku sampai saat ini, iasendiri belum diberi tahu, siapakandidat yang akan menjadiKetua BP Batam serta jajarandi bawahnya.

    "Besok (hari ini) ya nantikita lihat. Saya inikan tidakbisa mendahului. Sebab, sayajuga diundang oleh DK untukrapat," katanya. ?Selain pem-bahasan personel, rapat itu jugamembahas pengambilan kebi-jakan teknis BP Batam serta

    penerapan Kawan EkonomiKhusus (KEK) ke depan.

    Terkait dengan penunjukanKetua BP Batam yang baru,Direktur Promosi dan HumasBP Batam, Purnomo Andian-tono mengatakan pihaknya be-lum tahu dan menunggu kepu-tusan tersebut.

    "Kita juga wait and see(menunggu dan melihat). Kare-na pimpinan BP Batam tidakmasuk dalam DKN kan," ujarPurnomo Andiantono kepadawartawan, Selasa (22/3).

    Di tempat terpisah, Guber-nur Kepri HM Sani kemungkinantidak bisa hadir rapat pem-bahasan terkait BP Batam terse-but. Pasalnya, pada hari yangsama, Sani akan melantik BupatiKarimun, Aunur Raifq di GedungDaerah Kota Tanjungpinang.

    "Pak Gubernur melantikBupati Karimun besok (hari ini)di Gedung Daerah," ungkap Ke-pala Biro Humas dan ProtokolPemerintah Provinsi (Pemprov)Kepri, Heri Mokhrial kepadawartawan, kemarin.

    Presiden Joko Widodo sebel-umnya menginginkan anggotaBP Batam yang akan dibentukseluruhnya diisi oleh profesion-al berpengalaman.

    "Kalau bukan dari kalanganprofesional, tidak akan jalanini, kata Menteri KoordinatorPerekonomian Darmin Nasu-tion, yang juga telah ditunjuksebagai Ketua Dewan Kawasan.

    Sebagai lembaga negarayang sejak kelahirannya memi-liki orientasi pemberdayaanekonomi, BP Batam memangsudah dijalankan dengan tra-disi memilih pemimpin darikalangan profesional. Habibie,Ismeth Abdullah, hingga Mus-tafa Widjaya, sebelumnya ad-alah orang-orang dari kalanganprofesional yang dipercayamemimpin BP Batam.

    Sejumlah pengusaha men-gaku kalangan profesional di-anggap lebih menguasai ma-salah kota industri laiknyaBatam dan pengusaha yang in-gin berinvestasi terbantu ka-renanya. (btn/net)

    KANTORBP Batam

    yangterletak di

    BatamCentre

  • Editor: Amir Yunus , Layout: Hestu P

    ekonomi2 Rabu, 23 Maret 2016

    Siap Bantu Pemda Hadapi MEAPerjasi dan Aptaksindo Kepri Dikukuhkan

    TANJUNGPINANG (HK) Dua assosiasidi bidang kontruksi, yakni PerkumpulanRekanan Jasa Konstruksi Nasional (Per-jasi) dan Asosiasi Profesi Tenaga Ahli danTerampil Konstruksi Indonesia (Aptaksin-do) siap membantu pemerintah daerahdalam menghadapi Masyarakat EkonomiASEAN (MEA).

    Demikian disampaikankedua petinggi organisasiini, saat dilantik secararesmi oleh Badan PengurusNasional (BPN) di hotelPlaza, Sabtu (19/3) kema-rin, yang dirangkai denganmusyawarah provinsi yangdihadiri dewan pendiri RMuhammad Ali, pengurusPerjasi dan AptaksindoKepri, dan Lembaga Pe-ngembangan Jasa Kons-truksi Nasional (LPJKN).

    Ketua BPN Aptaksin-do Ferdi ST usai pengu-kuhan mengatakan, Ap-taksindo dan Perjasi me-rupakan dua asosiasi yangsejalan satu sama lain.Dimana Aptaksindo me-rupakan asosiasi yangmensertifikasi tenaga ker-ja dan pelaksanaan suatuproyek atau bangunan.

    Begitu juga dengan Per-jasi merupakan asosiasiyang dibentuk untuk mem-bantu rekanan atau pe-

    ngusaha konstruksi dalammenciptakan tenaga ahlidan terampil.

    "Jadi, tenaga ahli yangada di Kepri harus memi-liki sertifikat dalam me-laksanakan suatu peker-jaan dan ini juga meru-pakan suatu syarat dalammenghadapi masyarakatekonomi Asean (MEA).

    Untuk di Kepri sendiri,lanjut Ferdi, dua asosiasiini mendapat respon yangcukup tinggi. Sebab Kepridekat dengan negara te-tangga seperti Singapuradan Malaysia.

    "Kalau tidak kita anti-sipasi mulai dari sekarang,terutama dalam mengha-dapi MEA ini, maka negaraluar akan berbondong-bon-dong datang ke Kepri untukbekerja. Karena mereka te-lah memiliki sertifikat keah-lian sesuai dengan profesidan bidang masing-masing,"ungkapnya.

    Ketua Perjasi Kepri MNajib mengatakan, setelahdilakukan pengukuhan di-tingkat provinsi, nantinya

    menyusul akan dibentukPerjasi di masing-masingkota dan kabupaten.

    "Perjasi ini merupakanasosiasi untuk badan usaha,jadi kita memberikan serti-fikat badan usaha (SBU) un-tuk membantu rekanan beker-ja sesuai dengan bidang kahl-ian. Sedangkan Aptaksindomembantu pekerja untukmendapatkan sertifikat seba-gai tenaga ahli," papar Najib.

    Menanggapi keberada-an kedua assosiasi terse-but, Kepala Dinas TenagaKerja dan TransmigrasiProvinsi Kepri Tagor Napi-tupulu berharap bisa mem-bantu mendukung pemba-ngunan di Provinsi Kepri.

    "Kita menyambut baikdua asosiasi ini hadir diProvinsi Kepri, dan diha-rapkan dapat bermitradengan pemerintah daerahdalam mendukung prog-ram pembangunan di Pro-vinsi Kepri," imbuhnya.

    Dewan pendiri Aptak-sindo dan Perjasi R.M Alimengatakan, dua asosiasiini sejalan, dimana Perjasisatu sisi merupakan pem-binaan badan usaha danAptaksindo di sertifikatkeahlian yang bermitra de-ngan pemerintah.

    "Terkait denga MEA,dua asosiasi ini ingin me-lakukan kerjasama denganpemerintah, apalagi bany-ak tantangan kerja yangdatang dari luar. Merekadatang ke Indonesia, kare-na telah memiliki serti-fikat," katanya. ***

    RezaLiputan Tanjungpinang

    Organda Siapkan LangkahAtasi Kisruh Taksi Online

    Kemenhub Minta Organda Selesaikan Persaingan Usaha Taksi

    JAKARTA (HK) Kemen-terian Perhubungan (Kemen-hub) meminta OrganisasiGabungan Angkatan Darat(Organda) agar menjadi jem-batan penghubung untukmenyelesaikan persainganusaha yang dianggap timpa-ng antara perusahaan trans-portasi konvensional dantransportasi online.

    Menanggapi hal terse-but, Ketua Dewan Perwak-ilan Pusat Organda, Ad-rianto Joko Sutono, me-ngaku sampai saat ini pi-haknya belum mengetahuipermintaan Kementerianitu. Namun Organda men-

    yatakan kesiapannya apa-bila ditunjuk sebagai medi-ator kedua belah pihak.

    "Saya belum dengarsoal itu tapi kami siap me-lakukan apa yang diminta(pemerintah)," ujar Ad-rianto dalam konferensipers di kantor Blue Bird,Jakarta, Selasa (22/3).

    Sebelumnya, MenteriPerhubungan Ignasius Jo-nan menyebut bahwa an-gkutan transportasi ber-basis aplikasi online bu-kan termasuk dalam kate-gori angkutan umum, me-lainkan angkutan rental.Artinya, tidak ada keten-

    tuan besaran tarif yangditetapkan.

    Pemerintah sendiri,kata Jonan, tidak bisa me-mbatasi ketentuan besa-ran tarif angkutan yangmasuk dalam kategori re-ntal tersebut. Alasannya,pemerintah hanya menga-tur penetapan tarif batasatas dan tarif batas ba-wah untuk angkutan u-mum, yang terdaftar se-cara resmi.

    Maka dari itu, para pe-nyedia jasa transportasionline diminta untuk taatakan ketentuan undang-undang pengoperasian tr-

    ansportasi umum yangberlaku. Salah satunya,adalah bekerjasama den-gan badan hukum. Seh-ingga nantinya, tidak me-nimbulkan berbagai ma-cam polemik.

    Organda sendiri, lanjutJonan, diminta untuk men-jadi mediator untuk menso-sialisasikan rencana terse-but. Namun, pihak Organdasendiri masih enggan mem-berikan komentar lebih ja-uh terkait dengan hal itu.

    "Nanti akan ada pem-beritahuan lagi, apa yangakan dilakukan Organda,"ucapnya. (vvn)

    Pemkab Lingga Cari SolusiPemasaran Sagu

    LINGGA (HK) Pemerin-tah Kabupaten Lingga segeramencari solusi pemasarankomoditas sagu masyarakatyang akhir-akhir ini mengal-ami kelesuan.

    Bupati Lingga, Alias We-llo dalam pertemuannya b-ersama jajaran SKPD danKepala Desa se-KabupatenLingga di gedung daerah, Se-nin (21/3) malam, berjanjiakan menjawab permasala-han tersebut secepatnya.

    "Sagu ini menjadi be-ban saya karena tertuangdalam visi misi Lingga Ter-bilang. Secepatnya kitaakan mencarikan solusin-

    ya," kata dia.Dia mengatakan, daya

    beli sagu di pasar lokal masihrelatif kecil. Sementara un-tuk pasar luar, Lingga tidakmemiliki kuota ekspornya.Jadi harus bekerjasama den-gan daerah yang sudah me-miliki kuota ekspor sagu.

    "Kita minta Dinas perda-gangan menjajaki kerjasa-ma dengan daerah yang su-dah memiliki kuota eksporseperti Meranti. Kita lihatapakah mereka masih bisamenampung sagu kita. Ka-lau mereka belum over suply,kita akan buatkan MoU,"tutur Awe, sapaan akrabnya.

    Sebelumnya, dalam a-genda rapat terbuka terse-but Kades Musai Kecama-tan Lingga, H Syafri Sidekmenyampaikan keluhan pa-ra pekerja sagu di desanya.

    Dia memaparkan, sedi-kitnya 500 pekerja sagu seKecamatan Lingga, saat initerancam kehilangan pe-kerjaannya. Sementara 10-00 KK bakal terkena dam-pak kesulitan ekonomi.

    "Masalah ini cukup se-rius. Apalagi menjelangbulan Ramadhan dan Sya-wal yang kebutuhan ma-syarakatnya cenderung m-eningkat," kata dia.

    Informasi yang di dapat-kan dari masyarakat, un-gkap Sidek, saat ini para pe-nampung sagu mulai meno-lak sagu yang di jual warga.Alasan pasaran keluar daer-ah menjadi pemicu hal itu.

    "Warga saya baru-baruini mengaku, 50 karungsagu yang ia bawa ke pe-nampung di Desa Keran-din, di tolak," tuturnya.

    Untuk itu, pemerintahDesa khususnya desa peng-hasil sagu seperti Desa Mu-sai, Nerekeh, Pangfak Laut,Merawang, dan sekitarnya,berharap Pemkab dapatmenaungi kendala ini. (ant)

    VIVA

    DEMO SUPIR Demo supir taksi di Jakarta, Selasa (22/3) sempat memacetkan jalan protokol ibu kota. Aksi supir taksi ini dipicu kekecewaan sejumlaharmada karena keberadaan transportasi online.

    ANTARA

    SEORANG petani sagu tampak murung, sambil memperhatikan hasil produksinya. Belakangan ini harga sagu turundrastis sehingga masyarakat juga lesu.

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    bisnis3 Rabu, 23 Maret 2016

    Editor : Amir Yunus, Layout : Restu

    Promo Seru dari Canon JayaBisa Kredit Melalui Adira dan Kredit Plus

    Indra KusumaLiputan Batam

    BATAM (HK) Pusat kamera dan handphone Canon Jaya di Nahoya Hill,menyelenggarakan program beli pesawattelepon seluler (handphone) dan cameradigital berupa bonus. Diantaranya, freetas untuk semua jenis camera, free antigores kaca untuk semua jenis handphone, dan sejumlah bonus lainnya.

    "Berbelanja di Canon

    Jaya kami siapkan berag-

    am bonus menarik," un-

    gkap pemilik Toko Canon

    Jaya, Hery kepada Haluan

    Kepri, Selasa (22/3).

    Program promo seru

    tersebut, lanjut Hery, ber-

    laku untuk setiap pembe-

    lian semua tipe hand phone

    dan semua tipe camera.

    Dan menariknya lagi, pro-

    mo tersebut berlaku sam-

    pai akhir Maret 2016 men-

    datang.

    "Masih ada beberapa

    hari lagi, kami berikan pro-

    mo hingga akhir Maret ini,"

    terangnya.

    Lebih menariknya lagi,

    selain diberikan promo

    seru, para calon pembeli

    juga diberikan kelonggaran

    memiliki beragam hand

    phone dan camera secara

    kredit, pihaknya juga

    sudah bekerja sama den-

    gan Adira dan Kredit Plus.

    "Dengan hanya uang

    muka, pembeli bisa mem-

    baya pulang hand phone

    dan camera karena kami

    bekerjasama dengan Adira

    dan Kredit Plus," ujarnya.

    Tidak hanya berhenti

    sampai disitu kata Hery,

    karena untuk kreditpun

    Canon Jaya memberikan

    promo Free biaya adminis-

    trasi, sedangkan bagi yang

    sudah pernah kredit di

    Adira bisa mendapatkan

    produk yang diinginkan

    dengan tanpa uang muka.

    Masih kata Hery, selain

    beragam promo seru dan

    bonus tersebut, toko yang

    berada di lantai bawah

    Nagoya Hill tersebut juga

    menyediakan beragam je-

    nis HP semua merk, dan

    juga camera serta gopro,

    sehingga setiap pembeli

    bebas menentukan pili-

    Pilihan Menarik dan Terjangkau

    Optometrist Optical City Walk

    BATAM (HK) Sebagaiwujud komitmen memberi-kan yang terbaik bagi pel-anggan dan juga menjawabkebutuhan masyarakatakan kacamata, Optome-trist Optical yang berala-mat di Blok B No. 108 CityWalk menghadirkan berag-am pilihan menarik danterjangkau yang ditunjangdengan stayle dan kualitas.

    "Beragam pilihan me-narik dan terjangkau, kamihadirkan untuk memberi-kan kepuasan bagi pelang-gan," ujar Direktur Optom-etrist Optical, Maryonosaat Haluan Kepri men-yambangi tokonya, Selasa(22/3).

    Beragam pilihan yangdimaksudkan, lanjutnya,mulai dari sanglas yanghadir dengan beragam je-nis dan merk ternama, sep-erti Oaklay, Rayban danpolice serta lainnya.

    Sementara untuk un-tuk urusan frame, merekamenyediakan jenis danmerk seperti rayban, jag-uar, police, dan nike danautdo, serta masih banyakjenis lainnya. Sementarauntuk urusan softlens,mereka menyediakan x2dan acuvue sebagai produkbranding.

    "Sanglas dan frameyang kami hadirkan tentutidak asing lagi bagimasyarakat, dan ini meru-pakan kacamata berkuali-tas tinggi," terangnya.

    Sedangkan terjangkau,kata Maryono, harga-hargayang ditawarkan di opticn-ya tersebut bisa diband-ingkan dengan yang ada ditoko lainnya. Dimanamenurutnya dengan kuali-tas yang sama, ia men-jamin harga yang ditawar-kan akan lebih murah.

    Selain beragam pilihan

    tersebut, lanjut Maryono,Optometrist Optic mem-berikan kemudahan mela-lui program-program nyatamereka. Diantaranya, pro-gram khusus untuk Pe-gawai Negeri Sipil (PNS)dimana setiap PNS dapatmemiliki kacamatan den-gan cicilan tanpa bunga se-lama tiga bulan denganpersyaratan dan ketentu-an berlaku.

    "Kami juga memberi-kan program cicilan tanpabunga bagi PNS," katanya.

    Program lainnya, yakniprogram royalti, dimanasetiap pembelian softlenshingga 6 box, maka lang-sung mendapat 1 box soft-lens secara gratis dan ber-laku kelipatan.

    Masih kata Maryono,dalam wujud kepedulianmereka terhadap ma-syarakat, khususnya anaksekolah yang mengalamigangguan penglihatan teta-pi tidak punya uang yang

    cukup untuk membeli kaca-mata, Optometrist Optictelah meluncurkan pro-gram 1000 kacamata un-tuk anak sekolah.

    "Program seribu kaca-mata ini sudah berjalan,dan sebanyak 647 kaca-matan sudah diberikan ke-pada pelajar secara cuma-cuma," katanya.

    Terakhir, OptometristOptic bekerjasama denganHaluan Kepri akan mem-bagikan 200 kacamatabaca secara gratis kepadaPNS di Kota Batam. "Real-isasi program 200 kacama-ta ini bertepatan denganHari Ulang Tahun HaluanKepri, 9 April mendatang,"pungkasnya.

    Selain hadir langsungke pusat perbelanjaan CityWalk, pelanggan juga dap-at memperoleh informasidengan menghubungi lang-sung nomor hotline Optom-etrist Optic di 0851-0089-5566. (ays)

    Batam Gandeng Tujuh DistributorSalurkan Pangan Jambi ke Batam

    BATAM (HK) Pemerin-

    tah Kota Batam Kepu-

    lauan Riau menggandeng

    tujuh distributor untuk

    menyalurkan hasil pangan

    dari Kabupaten Kerinci,

    Jambi ke kota itu, sebagai

    realisasi kerja sama pan-

    gan Kepri-Jambi.

    "Ada tujuh distributor

    yang ikut, nama-nama

    distributornya dikumpul-

    kan oleh Disperindag,"

    kata Asisten Bidang

    Perekonomian Pemban-

    gunan Pemkot Batam

    Gintoyono Batong di Ba-

    tam, Selasa (22/3).

    Pemprov Kepri dan

    Pemprov Jambi sepakat

    melakukan kerja sama pa-

    ngan untuk memasok kebu-

    tuhan makanan ke provin-

    si yang berbatasan

    dengan em-

    pat negara

    itu. Untuk

    tahap awal,

    kerja sama

    itu dilaku-

    k a n

    antara Pemkot Batam den-

    gan Pemkab Kerinci.

    Selain untuk memasti-

    kan ketersediaan bahan

    pangan di Batam, kerja

    sama itu juga diharapkan

    dapat menurunkan harga

    pangan di kota industri.

    "Karena kerja sama

    dengan kelompok petani

    langsung dengan distribu-

    tor, sehingga bisa menekan

    harga," kata mantan Kepa-

    la Dinas Tata Kota itu.

    Sebenarnya selama ini,

    hasil tani dari Kabupaten

    Kerinci sudah banyak yang

    masuk Batam, namun har-

    ganya masih tinggi, karena

    penjualan dilakukan mela-

    lui tengkulak.

    Penjualan melalui teng-

    kulak dianggap merugikan

    petani dan masyarakat,

    karena harga petani

    ditekan, dan harga ke

    masyarakat ditinggi-

    kan.

    "Tapi dengan

    kerja sama,

    maka tidak

    akan me-

    rugikan

    petani, karena harga dari

    petani, dan juga mengun-

    tungkan masyarakat, kare-

    na harga petani lebih mu-

    rah," kata dia.

    Sebelumnya, Pemerin-

    tah Provinsi Kepulauan

    Riau dan Pemprov Jambi

    menjalin kerja sama me-

    liputi delapan bidang un-

    tuk memperlancar arus

    bahan pangan.

    Kepala Biro Perekono-

    mian Pemprov Kepri Chris

    Setyarso Triwinasis men-

    yatakan, kerja sama itu

    sangat penting karena

    Batam bergantung pada

    pasokan pangan daerah

    lain, mengingat terbatasn-

    ya daerah perkebunan di

    kota kepulauan itu.

    "Kami lihat Jambi 'over'

    produksi. Kalau kami bisa

    datangkan dari Jambi, oto-

    matis inflasi bisa lebih

    rendah," kata dia.

    Staf Ahli Bidang Eko-

    nomi Gubernur Jambi, Ta-

    gor Mulia Nasution men-

    yatakan produksi pangan

    di provinsi itu mengalami

    surplus, terutama komodi-

    tas kentang, beras, kelapa,

    kopi, gula merah, sayur-

    sayuran, wortel, cabai dan

    kacang panjang. (ant)

    hannya tanpa harus ber-

    pindah ke toko lain.

    "Untuk harga, boleh

    dibandingkan dengan tem-

    pat lain, kami jamin Canon

    Jaya lebih murah," katanya.

    Untuk informasi lebih

    lanjut, masyarakat bisa

    mengubungi ke nomer 082-

    388032828 dan 08127-

    0981112 atau bisa lang-

    sung datang ke toko Canon

    Jaya Blok LG 7 No. 9 & 10

    lantai dasar Nayoga Hill

    Batam. ***

    INDRA KUSUMA/HALUAN KEPRI

    BERAGAM KEMUDAHAN Dua orang pembeli dengan dilayani oleh seorang pelayan dari Canon Jaya tampak sedang tawar-menawar. Beragam kemudahan dan promo seru di toko handphone dan camera ini menjadikan toko ini ramai dikunjungi setiap harinya.

    IST

    OPTOMETRIST Optical yang terletak di Blok B No. 108 City Walk, menyediakan beragam kacamata dengan merk ternama namun tetap terjangkau.

    Gintoyono Batong

  • Editor : Arment, Layout : Restu

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,

    pendidikan4 Rabu, 23 Maret 2016

    Nilai 10 Siswa Diberi RewardUpaya Sekolah Motivasi Siswa Meraih Nilai US Tebaik

    BATAM (HK) Berbagai upaya dilakukanpihak sekolah dalam membekalisiswanya menghadapi ujian sekolah (US)terus dilakukan, mulai dari pemantapan,try out, hingga memberikan reward bagisiswa yang meraih nilai sempurna alias10 dalam US nanti.

    Arment AdityaLiputan Batam

    Juara FLS2N se Kecamatan Batam KotaBATAM (HK) Tiga pel-ajar dari SDN 001 BatamKota berhasil meraih juaradiajang FLS2N se Keca-matan Batam Kota, beber-apa waktu lalu. Merekaadalah Melisa Lee, NadyaPratiwi dan Muhammad

    Hisyam Akbar. Melisa Leeyang duduk dibangku kelas5B, setelah sebelumnyamengumpulkan prestasi diajang varia pendidikantingkat kecamatan meraihjuara 1 dan menjadi per-wakilan siswa berprestasi

    2016, dan diajang FLS2Ntingkat kecamatan menya-bet juara 1 cerita bergam-bar, dan juara 3 untukajang Olimpiade Matema-tika 5, serta juara harapan3 lomba menggambar danmewarnai di hotel Nagoya.

    Sementara NadyaPratiwi, siswi kelas 5Dmeraih juara 2 hasta karyadiajang FLS2N tingkat Ke-camatan Batam Kota. Iamengaku baru pertamakali mengikuti ajang inidan meraih prestasi. Se-

    dangkan Muhammad Hi-syam Akbar, masih siswakelas 5D meraih juara 3diajang tartil pada ajangFLS2N tingkat Kecama-tan Batam Kota. Hisyamjuga pernah meraih juara 1lomba adzan. (cw54)

    Seperti dilakukan SD-N 03 Batuaji, selain pe-mantapan lebih awalmulai dari tahun ajaranbaru, hingga menjanjikanpada siswanya akan di-berikan reward bi lameraih nilai 10.

    "Memang reward yangkita berikan itu tidak se-berapa guna memberikanmotivasi siswa agar sung-guh-sungguh menghadapiUS nanti. Seperti padaUS tahun lalu, malahada dua siswa kitaberhasil meraih nilaisempurna kita beri-kan dia reward beru-pa uang pembinaanRp200 ribuan,"ujar Kepala

    Sekolah SDN 03 BatuAji, Ellya Murfa SPd ke-tika itu didampingi gurukelas VI, Yeti Zaharakepada Haluan Kepri,Selasa (22/3).

    Menurut Ellya, moti-vasi belajar anak didik-nya tahun ini lebih ba-gus dilihat dari hasil tryout, baik di sekolah ma-upun tingkat kecamatandan kota selalu ada pe-ningkatan. Tidak salahbila Ellya sendiri padahasil nilai US tahun inimenargetkan siswanya

    bisa masuk 10 be-sar perolehan

    nilai US ting-kat se Kota Ba-tam. "Tahun la-lu sekolah kitaberada padaperingkat ke-

    d u a

    US tingkat kecamatan, danperingkat ke 17 tingkat kota.Nah target tahun ini sekolahmaupun siswa kita harus ma-suk 10 besar perolehan nilaitertinggi US se Kota Batam,"kata Ellya penuh optimis.

    Peserta US tahun ini diSDN 03 Batuaji berjumlah180 siswa yang terbagi dalamtiga lokal. Meski jumlah siswacukup banyak, namun moti-vasi belajar siswa dinilanyacukup bagus.

    Begitu pula dengan orangtua murid dalam menyukses-kan program US cukup men-dukung. "Kita telah memetakansiswa yang lemah digemblengoleh guru dan dilakukan tutorsebaya dengan cara belajar kel-ompok hingga benar-benar siswamemahami. Makanya target 10besar itu kita harapkan bisatercapai," ucapnya.

    Sementara kegiatan pe-

    mantapan dilakukan diSDN 08 Sagulung telah di-lakukan sejak Januari lalu.Jumlah peserta US tahunini di sekolah ini sebanyak161 siswa yang terbagi da-lam 4 lokal.

    Menurut Kepala Se-kolah SDN 08 SagulungMahmudi SPd, untukprestasi akademik anakdidiknya berada antaratengah-tengah. Sejauh

    ini lebih banyak meraihprestasi non akademik,baik bidang olah ragamaupun seni.

    "Untuk olimpiade IPAsiswa dari SDN 08 Sagulungmeraih juara tingkat gugus,dan untuk tari malah siswakita meraih juara umum.Begitu pula untuk olahraga

    futsal dan tenis meja bany-ak meraih juara. Namununtuk akademik, saat inisedang mempolanya yangkita sejalankan dengan mi-nat dan bakat siswa kita,"kata Mahmudi.

    Sementara pada UStahun ini, Mahmudi jugamemiliki target bila anakdidiknya bisa masuk 10 be-sar nilai tertinggi se KotaBatam. Karena ia menilai,guru telah banyak melaku-

    kan upaya dalam mem-bekali siswanya saat pe-mantapan US. Termasukkerap melakukan latihan-latihan soal yang mengacupada kisi-kisi US.

    "Kalau ada anak yanglemah kita panggil orang tuaagar sama-sama mengawasibelajar anaknya di rumah.Namun itu tadi, terkadangfaktor lingkungan juga yangbanyak mempengaruhinya,"jelasnya. ***

    Mahmudi SPdKepsek SDN 08 Sagulung

    Eliya Murfa SPdKepsek SDN 03 Batuaji

    Yeti Zahara SPdGuru Kelas VI

    siswa berprestasi foto bersama majelis guru

  • REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Natuna Jangan Dianggap Sepele-Memang seharusnya begitu Pak Cik...

    Ketua BP Batam Ditunjuk Hari Ini-Janjinya yang propesional ya?

    P

    Jangan Sampai Kita Kehilangan Generasi

    opini5 Rabu, 23 Maret 2016

    HAMPIR setiap hari kita mem-baca dan melihat di layar kaca,ada saja pengedar dan kurirnarkoba tertangkap olehBadan Narkotika Nasional(BNN), Polisi, dan juga TNI. Inimenunjukan jika narkobasudah kian merajalela di ten-gah masyarakat. Semakingencara upaya pencegahanperedaran dan penyalah-gunaan narkoba, semakingencar pula para pelaku me-masarkan barang haram itu.

    Tidak dipungkiri lagi, In-donesia selain wilayah pere-daran yang paling empuk, jugatelah menjadi salah satu pro-dusen narkoba. Banyak faktayang sudah dilihat. Ini sebuahkondisi yang tidak dapat di-pandang sebelah mata. Hariini mungkin belum ada ang-gota keluarga kita yang ter-jerat barang haram itu, tapi,besok-besok bukan tidakmungkin ada yang tergodauntuk mencoba. Ingat! Jikasudah pernah mencoba, akansangat susah untuk melepas-

    kannya. Jika telah kecanduan,disinilah malapetaka hadir.Kita berharap, jangan pernahada keluarga kita yang tergo-da untuk mencoba dan men-yalahgunakannya. Untuk itu,perlu ada langkah paripurnadari seluruh pihak agar pere-daran narkoba bisa berkurangdi wilayah Indonesia khusus-nya Batam dan Kepri.

    Melihat gesitnya upayapencegahan yang dilakukanoleh pihak berkompeten, BNNKota dan Kabupaten sertaProvinsi Kepri dan Polri serta

    BANYAK orang yang inginberusaha menjadi ahli ibadah,tapi tidak semua orang diberikesempatan oleh Allah untukberibadah kepadaNya. Olehkarena itu, beruntunglah or-ang-orang yang hari-harinyasenantiasa diisi denganibadah kepada Allah SWT, baikibadah wajib maupun ibadahsunnah, formal maupun infor-mal.

    Dunia biasanya diidentik-kan dengan hal-hal yangenak dan nikmat, sementaraibadah jauh dari itu. Oleh kare-na itulah, ibadah terkadangdianggap mengganggu danperebut kesenangan manu-sia, sehingga tidaklah meng-herankan bila banyak darimereka yang acuh tak acuh ,bahkan meninggalkannya.Sementara bagi ahli ibadah,ibadahnyalah yang justrumenjadi kelezatan yang takterkira, sehingga jangan he-ran bila banyak dari merekaacap kali suka abai dengankenikmatan dunia.

    Ahli ibadah biasanya dii-dentikkan dengan orangmiskin dan hidup susah, seh-ingga ia terus sibuk berib-adah meminta dan memintakepada Allah, sementara or-ang kaya sibuk mengurushartanya sehingga waktunya

    Judul Buku : MenjadiAhli Ibadah Yang KayaKarya: Ibnu Qayyim AlJauziyah

    kepada Allah menjadi sangatkurang atau bahkan tidak ada,padahal ahli ibadah itulahyang memiliki kekayaan yangpaling tinggi, sebab ia hanyabutuh Allah, dan tidak butuhkepada selainNya. Sementaraitu orang kaya malah sengsa-ra, karena kekayaannya selaluia butuhkan seakan akan iaadalah fakir miskin. Dan kinibanyak orang kaya yang ter-sadarkan dan rela meninggal-kan kekayaannya hanya un-tuk merasakan nikmatnyaberibadah kepada Allah danmenjadi kaya dengan sesung-guhnya.

    Kitab ini ditulis oleh ula-ma besar Ibnu Qayyim, danmerupakan kitab rujukan ter-populer, semoga kehadirankitab ini dapat memberikanmanfaat yang besar. Silahkanmemilikinya. (emc)

    Menjadi Ahli Ibadahyang Kaya

    Resensi

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Maulana Ilham

    Bagaimana kabar bumi hari ini? Apakah masih hangat mem-berikan ruang hunian bagi manusia atau sudah letih menang-gung 7,3 miliar manusia dengan segala perangainya? Manu-

    sia yang kini tengah dihadapkan pada perkembanganteknologi dan ilmu pengetahuan harus memilih bijak bertin-dak dalam mengelola bumi meski meraup hasil terbatas atau

    malah brutal mengambil segala yang diberikan alam.

    Oleh: Novi Asti LalasatiMahasiswa Geografi Lingkungan, Universitas Gadjah Mada

    Dari Lahir sampai Akhir, Kita Butuh Air Namun, perlu diingat

    ada satu komponen yang jikasalah langkah dikelola makaakan menjadi pembunuhpaling cepat kehidupan dibu-mi ini, air. Menyambut HariAir Sedunia, 22 Maret, tu-lisan ini dibuat untuk dire-nungkan dan lebih baik jikasolusi yang ditawarkan dap-at dilakukan dalam kehidu-pan sehari-hari.

    Sadarkah Anda bahwasekitar 70% tubuh orang de-wasa terdiri dari air. Saatlahir, air menyumbang seki-tar 80% dari berat badan se-orang bayi. Darah mengand-ung 92% air, tulang menga-ndung 22%, otak dan ototmengandung 75% air. Sela-ma hidupnya tubuh manusiakehilangan air melalui kerin-gat, buang air kecil, buang airbesar dan menghembuskannapas. Manusia hanya bisahidup kurang lebih sekitar 3hari tanpa air. Hal ini jugayang dialami oleh hewan. Se-dangkan tumbuhan membu-tuhkan air untuk proses fo-tosintesis, maka tanpa airkehidupan makhluk hiduppun berakhir.

    Mengutip pernyataanNational Geographic bahwa97,5 persen air di Bumi ad-alah air asin. Hanya 2,5 per-sennya air tawaryang ter-diri atas lapisan es, gletser,salju dan sisanya barulah airpermukaan dan air tanah.Dari jumlah itu 0,5% meru-pakan air tanah dan hanya0,01% merupakan gabunganair danau, sungai dan mataair. Jika semua air di bumidiumpamakan sebagai airdalam galon, air tawar yangbisa digunakan hanya seki-tar satu sendok makan.

    Tiap 1 dari 8 orang didu-nia kekurangan akses ke airbersih. Menurut laporan UNWater Organization, di 2011,768 juta orang tidak memil-iki sumber air bersih untukair minum dan 2,5 miliar or-ang tidak memiliki sumberair bersih untuk sanitasi. Airtidak hanya berperan me-menuhi kebutuhan manusia,hewan, dan tumbuhan. Salahsatu fungsi air yang tak kalahpentingnya adalah mengatursuhu bumi, karena pada da-sarnya air tidak hanya bersi-fat cair namun dapat pulaterbentuk sebagai gas O2yang menyelimuti atmosfer.

    Pertumbuhan pendudukdunia yang begitu pesattidak hanya mengancam ket-ersediaan air dalam segikuantitas, begitu pula kual-itasnya. Penggunaan air se-kitar 190 liter per orang set-iap harinya menyebabkan

    air terbuang sebagai limbahyang bercampur dengan bah-an kimia, belum lagi pence-maran sungai dan pembuan-gan limbah cair yang tak se-suai baku mutu. 4 liter be-nsin dapat mencemari seki-tar 2,8 juta liter air bersihdan sekitar 450 km3air lim-bah dialirkan ke daerah pa-ntai oleh aliran sungai set-iap tahunnya. Apakah airyang telah terkontaminasiini layak dikonsumsi? Tentusaja tidak.

    Air tidak dapat dilepas-kan dengan kehidupan dimuka bumi, sedari manusialahir, air menjadi alternatifproses kelahiran yaitu waterbirth, manusia tumbuh danberkembang membutuhkanair baik untuk konsumsi tu-buh maupun sanitasi bah-kan ketika manusia meng-hembuskan napas tera-khirnya, manusia tetap me-mbutuhkan air. Tidak adasatu aktivitas makhluk hi-dup di bumi yang bisa me-lepaskan ketergantungan-nya terhadap air bahkan ka-ktus sekalipun. Lantas se-berapa besar usaha manusiasebagai khalifahatau pen-gelola yang dipercaya Tuhandalam menjaga air?

    Air laut atau air asin ten-tu tidak layak dikonsumsimeski telah ada teknologidestilasi air laut yaitupenyulingan air laut menjadiair tawar dengan proses pe-manasan. Konsumsi air des-tilasi secara berlebih akanmenyerap lebih banyak CO2sehingga menyebabkan keas-amantubuh meningkat danmembahayakan kesehatanmanusia, karena padadasarnya tidak ada daur ul-ang yang akan menghasilkankualitas yang sama denganproduk aslinya.

    Kebutuhan air bersih ter-us meningkat seiring bertam-bahnya populasi penduduk,maka dibutuhkan kesadaranmasyarakat untuk mejaga airtetap bersih dan layak dikon-

    sumsi. Kepulauan Riau se-bagai salahsatu bentukanmorfologi perbukitan dan ter-diri dari 2.408 pulau dipasti-kan wilayah ini menghadapimasalah ketersediaan air ber-sih. Ditambah lagi, stratigrafiwilayah ini didominasi olehzona batuan beku granit plu-tonik berumur Trias Akhir. Ke-beradaan batuan granitik inimenghasilkan batuan ro-mbakan berupa batuan sedi-men kaya kuarsa, yang menu-tupi hampir sebagian besarpaparan Sunda dan Kepu-lauan Riau. Granit termasukdalam klasifikasi batuan be-ku, dimana bersifat imperme-able atau kedap air sehinggakecil kemungkinannya dite-mukan airtanah. Penyediaanair bersih terbatas pada aliranpermukaan yaitu sungai danair limpasan atau lazim dise-but run-off.

    Tidak semua pulau diProvinsi Kepulauan Riau me-miliki sungai yang layak men-jadi sumber air minum, seh-ingga upaya paling efektifguna memenuhi kebutuhanair bersih dibuatlah reser-voiratau bendungan buatanuntuk menampung hujan da-lam skala makro. Sayangn-ya, yang sering terlupakanadalah hampir seluruh mor-fologi wilayah-wilayah di Ke-pri didominasi perbukitandengan curah hujanringanyaitu berkisar 150-250 mmper bulan. Jika hanya menga-ndalkan sungai dan reservoirmaka daya tampungnya ten-tu saja terbatas karena tidaksemua lokasi memiliki kese-suaian dan kemampuan lah-an yang bisa dibuat sebagaireservoir. Oleh karenanya,hujan menjadi satu-satunyasumber air bersih yang bisadimanfaatkan masyarakatsecara gratis.

    Sayangnya, air hujanyang telah melewati dayatampung tanah untuk diser-ap (infiltrasi) dan tumbuhan(perkolasi) pada akhirnyaakan menjadi air limpasan

    TNI, tidak membuat para pel-aku gentar. Lihat saja, hampirsetiap sekali dua hari, minimalsekali seminggu, ada saja kur-ir atau pengedar yang ter-tangkap di Batam. Rata-ratamereka menyelundupkanbarang haram itu dari luarnegeri lewat pelabuhan resmidi Batam. Lewat pelabuhanresmi saja mereka beranimelakukan aktifitas ilegal itu,bagaimana lagi dengan pela-buhan ilegal yang jumlah pu-luhan di Batam? Ada indikasijika pelabuhan tak resmi itu

    yang terbuang begitu saja.Salahsatu sifat air adalahmengalir dari tempat tinggimenuju ketempat yang lebihrendah, yang pada akhirnyabermuara ke laut. Ketika airhujan telah menjadi air lim-pasan atau run-offyang men-galir dari wilayah perbukitanmenuju laut yang memangberada disekililing pulau,maka ratusan volume airyang sebenarnya layak di-gunakan terbuang percuma.Mengapa tanah akhirnyatidak mampu menyerap hu-jan yang turun? Selain di-karenakan litologi batuandan jenis tanah yang cepatjenuh terhadap air, pesatnyapembangunan menyebabkanruang terbuka hijau semakinberkurang. UU Nomor 26Tahun 2007 tentang pena-taan ruang mensyaratkanruang terbuka hijau padawilayah kota paling sedikit30% dari luas wilayah kota,ini membawa konsekuensisetiap lahan yang kita tem-pati, idealnya minimal 70%digunakan untuk bangunandan 30% untuk lahan hij-au.Realita yang ada tidaksemua pembangunan selarasdengan amanat UU Nomor26 Tahun 2007 ini, lahan ter-bangun mempunyai porsilebih besar karena dianggapmenopang perekonomiandaerah seperti lahan terban-gun untuk industri dan pu-sat perbelanjaan.

    Pakar Hidrologi sekali-gus Dosen Geografi Lingkun-gan, Universitas GadjahMada, Dr. M. Pramono HadiM.Sc menjelaskan bahwasatu-satunya solusi yang da-pat ditawarkan dalam men-gatasi masalah ketersediaanair bersih adalah dengan me-nerapkan zero run-off. Yangdimaksud zero run off adalahsetiap air yang tumpah dipe-karangan rumah tidak adayang boleh keluar dari pe-karangan rumahdengan caramembuat lubang biopori ataupenampung air hujan atau

    Jangan Mau Menjadi Seperti yang Ditetaskan Oleh: Ahmad FihriKolom Publik

    (Bagian Pertama)JIKA kedekatanmu denganagama semakin menjauhmaka sudah di pastikan hatiini tidak akan merasa ten-ang. Dan jika kedekatankita kepada Allah ber-masalah, maka sudah dipastikan ketenangan hidupkita juga akan selalu ber-masalah. Barang siapa yangpuluhan tahun hidupnyajungkir balik hanya untukurusan dunia, hanya inginmementingkan diri sendiri,

    tanpa perduli dengan ke-hidupan saudara temanataupun tetanggan-ya, padahal telahdatang kepadamereka seruan-seru-an untuk berbuatbaik kepada sesa-ma, niscaya akanAllah rendahkan de-rajatnya lebihrendah dari pada hewan.Akan Allah rendahkankedudukannya, akan Allahsulitkan hidupnya dan akan

    Allah berikan balasan yangsetimpal nanti di hari pem-

    balasan.Dalam QS Al

    Araf 7: 179, Allahmenjelaskan, Dansesungguhnya Kamijadikan untuk (isineraka Jahannam)kebanyakan dari jindan manusia, mere-

    ka mempunyai hati, tetapitidak dipergunakannya un-tuk memahami (ayat-ayatAllah) dan mereka mempun-

    yai mata (tetapi) tidak diper-gunakannya untuk melihat(tanda-tanda kekuasaan Al-lah), dan mereka mempunyaitelinga (tetapi) tidak diper-gunakannya untuk menden-gar (ayat-ayat Allah). Merekaitu sebagai binatang ternak,bahkan mereka lebih sesatlagi. Mereka itulah orang-or-ang yang lalai.

    Surat Al Qaf ayat 26,"Dan sesungguhnya Kamitelah meneguhkan kedudu-kan mereka dalam hal-hal

    adanya taman rumah. Lebihlanjut diterangkan zero run-off didasarkan pada luas lah-an bangunan dalam hal ini ru-mah dan ketebalan curah hu-jan. Jika luas atap rumah100m2 dengan ketebalancurah hujan 100mm per jamdan durasi hujan adalah 2jam maka volume run-off ya-ng harusnya disimpan ber-kisar 20m3, ini jumlah mini-mal penyimpanan air hujanjika menghitung luasan ataprumah yang menggantikanfungsi tanah dalam penyera-pan air. Rumah yang memili-ki perkarangan dapat mem-buat taman rumah baik lan-gung ditanam pada tanahmaupun menggunakan me-dia pot, sedangkan bagi ru-mah yang terbatas lahannyaapat membuat lubang bioporiberdiamater 10-30cm dengankedalaman 1 meter pada ti-tik-titik terluar rumah ataudapat pula menggunakan pe-nampung air hujan atau PAHyag dapat dihubungkan den-gan talang air.

    Mensiasati problemati-ka air bukan lah perkarasatu dua orang melainkansemua orang, karena air ti-dak pernah mengenal siapayang menjaga dan tidak me-njaganya, kesadaran manu-sia sebagai pengguna sekali-gus pengelola air mesti bi-jaksana dalam melakukanpenghematan, pengelolahanair daur ulang, pembuatanregulasi terkait air dan pe-manfataan sumber air. Ma-nusia, hewan dan tumbuhantidak akan bertahan hiduptanpa air, tetapi air tidakakan bertahan memenuhikebutuhan hidup hewan,tumbuhan dan manusia jikakita salah mengambil lang-kah dalam mengelola sum-berdaya air. Air adalah sum-ber kehidupan, dalam Al-Quran pun jelas tertulispada QS Al-Baqarah: 164Sesungguhnya dalam pen-ciptaan langit dan bumi, sil-ih bergantinya malam dansiang, bahtera yang berlayardilaut membawa apa yangberguna bagi manusia danapa yang Allah turunkandari langit berupa air, laludengan air itu Dia hidupkanbumi sesudah mati (keringn-ya) dan Dia sbarkan di bumiitu segala jenis hewan danpengisaran angina dana wanyang dikendalikan antaralangit dan bumi, sungguh ter-dapat tanda-tanda (keesaandan kebesaran Allah) bagikaum yang memikirkan.Mari berpikir dan bertindakmenyelamatkan sumberhidup kita, Air. ***

    KEBERHASILANmanusia ditentukan olehdirinya sendiri. Denganpilihan yang benar, iaakan bersinar. Sebagaimakhluk yang memilikikekuatan, kecerdasan,cinta serta sebagai tuandari pikiran-pikirannyasendiri. Ia memegangkunci untuk setiap situasi.(James Allen, Penulis)

    IMAJINASI adalah awaldari suatu kreasi. Andamembayangkan apayang anda inginkan,menginginkan apa yanganda bayangkan danakhirnya menciptakanapa yang anda dingin-kan...(George Bernard Shaw,Penulis)

    akap ijakBC

    dijadikan sebagai pintu ma-suk narkoba ke Batam. Kena-pa para pelaku masih beranimenyelundupkan narkoba kewilayah yang kita cintai ini?Konsistensi hukum barangkalisalah satu penyebabnya. Ban-yak yang menilai hukumanuntuk para pelaku terbilangringan. Tidak hanya itu, mere-ka yang telah divonis mati sajamasih tak jelas kapan ek-sekusinya, konon lagi, parapemain-pemain kecil? Tentumakin lemah hukuman untukmereka. Hal itulah yang dinilaimembuat para pelaku tidakpernah jera. Akibatnya, jika

    ada yang tertangkap, makaakan ada pemain baru yangmenggantikannya.

    Apapun alasannya, kitaberharap seluruh pihak yangberkompeten tidak pernahlelah untuk membasmi narko-ba dari bumi Indonesia. Tidakhanya itu, kita juga berharap,pihak terkait tidak pernah ber-henti untuk menggugah parapenyalahguna untuk tidakmengulang perbuatan mere-ka. Seperti yang kita ketahui,sekali mencoba, alamat tidakakan selamat. Bagaimana jikapara penyalahguna

    terus meningkat setiaptahunnya? Jelas akan mem-bahayakan kelangsunganbangsa dan negara. Karena itu,dukungan penuh dari berb-agai pihak sangat diharapkan.Jangan pernah memberikancelah untuk masuk narkoba

    ke tengah-tengah keluarga.Pemberantasan narkoba

    memang ampuh melalui pe-negakan hukum. Tapi, sisi lainyang paling ampuh adalahmenggalakkan tindakan pe-ncegahan lewat sosialisasi ba-haya narkoba di masyarakat,terutama di sekolah secaramasif. Tidak bisa tidak. Harussifatnya. Kalau bisa, masukanpencegahan narkoba sebagaisalah satu mata pelajaran disekolah. Hanya dengan adan-ya kesadaran kolektif, narko-ba ini bisa hilang dari mas-yarakat. Perlu kerja sama selu-ruh elemen serta konsistensihukum terhadap pelaku. Jikatidak, dikhawatirkan, kita akankehilangan generasi penerus.Jangan pernah lelah mengh-entikan peredaran narkoba.Mari selamatkan generasibangsa! ***

    yang Kami belum pernahmeneguhkan kedudukanmudalam hal itu dan Kami te-lah memberikan kepadamereka pendengaran, peng-lihatan dan hati; tetapi pen-dengaran, penglihatan danhati mereka itu tidak bergu-na sedikit juapun bagi mere-ka, karena mereka selalumengingkari ayat-ayat Al-lah dan mereka telah dil-iputi oleh siksa yang dahu-lu selalu mereka memper-olok-olokkannya.***

  • CMYK

    CMYK

    iklan6 Rabu, 23 Maret 2016

  • CMYK

    CMYK

    8P A R L E M E N T A R I ARabu, 23 Maret 2016

    :: TANGGAPAN DEWAN

    Pembaca yang terhormat.Jika anda ingin menyampaikan aspirasikeluhan, dan masukan kepada AnggotaDPRD Kota Batam, Kirimkan ke email:

    skpd.batamkota.go.id/setdprdbatam

    Perlu TidaknyaLegislatif TesUrinePertanyaan

    Yth Dewan Batam. Apakahanggota DPRD perlu dites urine?Terima kasih.

    Heri Kusworo

    Warga Sei Panas

    Jawaban

    Terima kasih atas pertanya-annya. Legislatif sebagaipanutan masyarakat harusbebas dari hal-hal yang burukdan tercela, salah satunya bebasdari narkoba. Karenanya, secarapribadi saya mendukungseluruh anggota legislatif diDPRD Batam dilakukan tes urine.Sehingga keberadaan Legislatifbenar-benar sebagai panutanmasyarakat.

    Harmidi Umar HusenAnggota Komisi I DPRD Batam

    Berapa Ranperdaakan Dibahas di2016?

    Pertanyaan

    DEWAN Batam Yth. Beraparencananya Peraturan Daerah(Perda) yang akan dibahas pada2016 ini? Terima kasih.

    Zulkifli I

    Warga Nongsa

    Jawaban

    Terima kasih atas pertanyaanyang disampaikan. sesuai denganhasil pembahasan di Balegda dankeputusan rapat telah diputuskandi pleno, ada 14 Ranperda akandibahas pada 2016 ini. Sesuaidengan semangat seluruhanggota DPRD Batam, kamioptimis 14 Ranperda akan bisadiselesaikan menjadi Perdasebagaimana harapan bersama.

    dr Idawati NursantiAnggota Komisi II DPRD Batam

    NuryantoKetua DPRD Batam

    "DPRD sudah membuatrekomendasi kepada

    kepolisian untuk men-indak segala bentuk

    perjudian...adapun isirekomendasi terkait

    perizinan gelper, pen-gawasan pelaksanaan,sanksi tindahkan tegasbaik administrasi mau-

    pun pidana sesuaiaturan yang berlaku.

    Kalau ditemukan adakegiatan judi, segeraditutup dan cabut izin

    usahanya"

    Editor: Ferry Herianto, Layouter : Agung R

    :: CAKAP DEWAN

    Komisi II DPRD Batam Terima

    Kunker DPRD Biak Numfor

    DPRD Batam Dukung Penertiban Bangunan IlegalKETUA DPRD Batam, Nuryantomengungkapkan, pihaknya sudahmengeluarkan rekomendasi kepadaPemko Batam supaya mengem-balikan fungsi lahan hijau.

    Rekomendasi tersebut dike-luarkan terkait rencana PemerintahKota Batam menertibkan bangunantak berizin yang berdiri di atas rowjalan.

    "Kita sangat mendukung,rekomendasi juga sudah kita ke-luarkan," kata Nuryanto, akhir pekankemarin.

    Untuk itu, Nuryanto juga

    meminta Wali KotaBatam tegas dan beranimenertibkan kios liaryang selama ini dinilaicukup mengganggupemandangan keindahanKota Batam.

    Kemudian, DPRDBatam juga mendukungrencana dan visi Pe-merintah Kota Batanyang mempunyai spirituntuk memberikanpelayanan yang terbuka, transparan,dan cepat.

    "Spiritnya kita sangatmendukung, supayaBatam juga bebas daripungli," katanya.

    Pemerintah Kota(Pemko) Batam akansegera mentertibkandelapan titik kios liaryang berdiri di lahanbuffer zone. Hal itudilakukan guna untukmengembalikan lahanarea penghijauan.

    Wakil Wali Kota Batam,Amsakar Achmad mengatakan

    bahwa Pemko Batam saat ini sedangmemetakan titik kios liar yang akanditertibkan dan persoalan kios liarmenurutnya menjadi fokus utamayang diselesaikan.

    "Tahun ini ada delapan titik, dantadi yang pertama kios liar di Sim-pang Panbil Mukakuning," kataAmsakar, Rabu (16/3).

    Amsakar juga menjelaskan padaprinsipnya Pemko Batam akanmembangun sinergi dengan ForumKomunikasi Pimpinan Daerah (FKPD)karena dalam penertiban merupakantugas tim terpadu. (r/btd)

    Nuryanto

    BATAM (HK) Komisi II DPRD Kota Batam menerima Kun-jungan Kerja (Kunker) Komisi II dan III DPRD KabupatenBiak Numfor Provinsi Papua di ruang rapat serbaguna,Selasa (22/3) siang. Rombongan diterima oleh Yudi KurnainSH, Ketua Komisi II DPRD Kota Batam bersama Hj Rekavenidan Ir Mulia Rindo Purba, serta juga dihadiri dari Dinasterkait yakni Dinas KP2K, dan Dispenda.

    Diskusikan Soal PAD

    Sementara DPRD Biak Numfordipimpin langsung oleh Ir. ZethSandy, M.M, Ketua DPRD BiakNumfor dan Godlief Kawer. S Hut,Wakil Ketua II Bidang Keuangan.

    Dalam pertemuan tersebut,sejumlah hal disampaikan oleh pararombongan kunker diantaranyaterkait dengan Pendapatan AsliDaerah (PAD), Ketenagakerjaan,Perhubungan, Perindustrian, serta

    Perikanan dan Kelautan.Zert Sandi mengungkapkan,

    dipilihnya Batam sebagai lokasiKunker dikarenakan banyak peratu-ran - peraturan di Batam yang bisadijadikan referensi karena memilikikesamaan wilayah kepulauan.

    "Karena adanya kesamaanbentuk daerah yakni kepulauan,kami memilih Batam. Yang sudahpastinya peraturan-peraturannya

    dapat juga diterapkan di kabupatenkami," ucap Ketua DPRD tersebut.

    Kemudian Wakil Ketua IIGodlief Kawer,S.Hut menyampai-kan bahwa selama ini KabupatenBiak PAD-nya hanya mencapaiRp18-19 M.

    "Bagaimana caranya agarmendongkrak PAD kami dibidangekuin karena melihat letak geografisyang sama seperti Batam?"tanyaGodlief. Berikutnya Yohan Anton,Ketua Komisi II menyebutkan bahwatarget pada 2015 lalu adalah Rp140miliar, namun dalam praktiknyatidak tercapai.

    "Kedatangan kami terkaitdengan peningkatan APBD. Biak danBatam sama-sama daerah kepu-lauan, dan sektor apa saja ygmembuat Batam bisa menggenjotPAD di sektor kelautan," ungkapnya.

    Menanggapi hal itu, Ir. MuliaRindo Purba mengatakan ada tigahal yang dapat dilakukan Biak.

    "Ada beberapa hal yang harus

    dilakukan, yakni harus ada campurtangan Pemerintah Pusat untuk fokusmembangun infrastruktur, kemudianadanya peningkatan pendidikangenerasi muda Biak dan peningkatanbelanja modal pada APBD," paparRindo.

    "Bekerja sama dengan pemerintahpusat untuk infrasturktur merupakanaset bagi Biak untuk menggaet parainvestor untuk berkunjung danberinvestasi disana," paparnyakembali.

    Pada kesempatan tersebut salahseorang rombongan juga memintaagar DPRD Kota Batam mau mempro-mosikan Kabupaten Biak kepada parainvestor yang ada di Batam.

    "Kami minta agar para anggotaDPRD Kota Batam bersedia 'mem-bisikkan' kepada para investor agarmau berwisata ke Biak. Daerah kamimemiliki pantai yang indah denganlaut yang masih bersih dan alami,"pinta salah seorang rombongan.(cw51)

    KETUA Komisi II DPRD Kota Batam, Yudi Kurnain dan Ketua DPRD Biak Numfor saat berdialog pada Kunkerterkait peningkatan PAD Biak Numfor.

    IR. MULIA Rindo Purba, M.Si, anggota Komisi II DPRD Kota Batam foto bersama dengan Ketua DPRD danPimpinan Komisi III DPRD Biak Numfor, Papua usai berdiskusi terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah(PAD).

    FOTO bersama Ketua DPRD Biak Numfor, Papua, Ir. Zeth Sandy,M.M. berserta Komisi II dan III DPRDKab. Biak Numfor didampingi anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Ir. Mulia Rindo Purba, M.Si.

    KOMISI II dan III DPRD Biak Numfor, Papua saat mendengarkan penjelasan dari Ketua Komisi II DPRDKota Batam terkait peningkatan PAD di Kota Batam dari tahun ke tahun.

    DRA. HJ. REKAVENY. Sekretaris Komisi II DPRD Kota Batam menghadiri Kunker Komisi II dan III DPRDKab. Biak Numfor, Papua.

    PERWAKILAN SKPD dari DInas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pemko Batam dan dinas KP2K menghadiriKunjungan Kerja Komisi II dan III DPRD Biak Numfor, Papua terkait peningkatan PAD dari sektor kelautan.

  • 9Rabu, 23 Maret 2016

    CMYK

    Editor: Sofyan, Layouter: MarioCMYK

    Warga Tagih ... Hal. 10

    Darman Tewas ... Hal. 10

    Iman 'Geruduk' ... Hal. 10

    Berkas Pemerasan ... Hal. 10

    Warga Tagih Janji Bapedal

    HabliLiputan Batam

    BATAM CENTRE (HK) Warga Baloi Kolam,Kelurahan Sungai Panas, Batam Kota menagihjanji Bapeddal yang akan memberikan informasiterkait izin Amdal pengerjaan proyek yang di-lakukan beberapa perusahaan di lingkungan itu.

    " Kami sejak tanggal 4 Ma-ret 2016 melakukan pengadu-an ke Bapeddal, terkait adan-ya pengrusakan lingkungankami, maka dari itu kami inginmempertanyakan apakah pe-rusahaan itu sudah mengan-tongi Amdal dari Bapeddal,"ujar Agung warga Baloi Ko-lam.

    Dikatakan dia, sebelumnyapengaduan yang telah diserah-kan ke Bapeddal tersebut, se-mua bukti yang dibutuhkan su-dah dipersiapkan dalam satuberkas seperti, foto nama peru-

    sahaannya serta berkas lainyang dirasa perlu.

    " Hal tersebut, sudah kamirundingkan dengan warga dalamsebuah forum, sebelum laporanini dibawa ke Bapeddal denganmengikut sertakan RW 16, RT 1,RT 2, RT 3, RT 5, RT 7, RT 8, RT9, RT 10," katanya.

    Dilanjutkan dia, pengaduanitu dibuat karena beberapa alatberat yang masuk di kawasanmereka sudah mengarah ter-hadap pengrusakan lingkungan,dampaknya terhadap utusanRT dan RW yang hadir dalamforum itu.

    Maka dari itu, seharusnya

    Iman 'Geruduk'Kantor BPM-PTSP

    Perihal Tiga Tahun IMB Masjid Tak Kelar

    BATAM CENTRE (HK)

    Wakil Ketua DPRD Batam yang

    juga Ketua Dewan Penasehat

    Masjid Nurul Huda, Iman Su-

    tiawan menggeruduk kantor

    Badan Penanaman Modal dan

    Pelayanan Terpadu Satu Pintu

    (BPM-PTSP) di lantai II Kantor

    Pemko Batam, Selasa (22/3)

    pagi.

    Kedatangan Ketua DPD Ger-

    indra Kepri ini, karena ia geram

    dan merasa dipermainkan oleh

    oknum BPM-PTSP Batam, se-

    bab hingga tiga tahun penguru-

    san Izin Mendirikan Bangunan

    (IMB) Masjid Nurul Huda di

    Perumahan Sirion, Kelurahan

    Patam Lestari, Sekupang tak

    juga kelar.

    "Apa masalahnya, seluruh

    dokumen sudah dilengkapi. Ma-

    na komitmen kalian katanya

    satu jam perizinan bisa kelar,"

    DOKUMEN GERINDRA

    WAKIL Ketua DPRD Batam yang juga Ketua Dewan Penasehat Masjid Nurul Huda, ImanSutiawan saat melaksanakan reses di tengah-tengah masyarakat. Iman berjanji untukkepentingan masyarakat dia siap turun langsung ke lapangan.

    Pinjam Uang ke Rentenir,Suami Aniaya Istri

    BATUAJI (HK) Juwita (30),ibu rumah tangga yang memili-ki sepasang anak mengalamilebam dan bengkak di bagianwajahnya setelah dihajar sua-minya, Selasa (22/3) sekitarpukul 10.00 WIB.

    Penyebabnya, hanya gara-gara Juwita meminjam uangRp1 juta dari retenir. Pemuku-lan itu dilakukan menggunakanbesi dan helm.

    Tak terima dengan pemuku-lan itu, wanita asal Bangka Be-litung yang tinggal di pemuki-man liar PT Hyundai, TanjungUncang, Batuaji langsung me-laporkan sang suami ke Ma-polsek Batuaji.

    Di depan SPKT Batuaji, Ju-wita menceritakan kejadiannyakepada polisi. Hal itu terjadigara-gara dirinya meminjamuang tunai sebesar Rp 1 juta

    kepada rentenir.Uang yang dipinjamnya itu

    digunakan untuk modalwarung. Ia memang tidak men-yampaikan kepada suaminyasaat meminjam uang tersebut.Hal itu diketahui suaminyasaat rentenir datang menagihutang ke rumah. Kebetulan saatitu Juwita di pasar membelikeperluan warungnya.

    " Memang, rentenir itu sem-pat datang ke rumah menagih.Karena aku bilang belum adaduit, jadi tak bisa bayar. Sayapun langsung pergi belanja kepasar Fanindo untuk belanjajualan di rumah," ujar Juwitasambil menangis menggendonganaknya.

    Juwita mengatakan, selamatiga tahun menjalin rumah tang-

    Pinjam Uang ... Hal. 10

    Dua Sejoli DitangkapSaat Konsumsi Narkoba

    Rekonstruksi Pengeroyokan di Bengkong

    Darman Tewas Akibat Tendangan di UluhatiBENGKONG (HK) Polisi

    Sektor Bengkong, menggelar

    rekonstruksi atas pembunu-

    han Darman Daren (45), yang

    tewas dikeroyok tiga (3) sat-

    pam, di Perumahan Winner

    Millenium, Bengkong, Batam,

    Selasa (22/3) siang.

    Dalam rekontruksi itu ter-

    ungkap, kalau korban tewas

    setelah ulu hatinya ditendang

    dengan telak oleh Agustinus

    Zendrato, salah seorang dari

    tiga satpam perumahan ter-

    sebut. Sehingga membuat tu-

    lang rongga dada korban pa-

    tah, mengenai jantung, dan

    paru-paru.

    Kondisi itu menyebabkan

    pendarahan didalam dada

    Darman dan sehingga akhirn-

    ya meninggal dunia.

    Kapolsek Bengkong AKP

    Syamsurizal mengatakan,

    ada 17 adegan yang dijalani

    ketiga pelaku dalam rekon-

    truksi tersebut. Khusus un-

    tuk adegan yang mematikan

    terdapat pada adegan ke-7,

    ketika Agustinus menendang

    Darman, dengan menggun-

    akan kaki kiri yang bersepa-

    tu.DELMAWAN/HALUAN KEPRI

    REKONSTRUKSI PENGANIYAAN Polsek Bengkong dan Tim Inafis Polresta Barelang menggelar rekonstruksi dugaan penganiayaan Darman oleh tiga orang Satoam perumahan Agustinus Zendrato, Sarif Sahala Siregardan Fanohugo Sihura di komplek perumahan Winner Millenium Mantion Bengkong,Selasa (22/3)

    Operasi Perdana BersinarJODOH (HK) Operasi BersihNarkoba (Bersinar) yang digelarperdana Tim Gabungan PoldaKepri bersama BNNP Keprimengamankan dua Sejoli kare-na diduga mengkunumsi narko-ba di hotel melati Garuda Mas,

    Jodoh, Senin (21/3) pukul 10.15WIB.

    Dalam operasi itu, puluhananggota Polda Kepri bersamaBNNP Kepri melakukan penyi-siran didua lokasi berbeda dib-ilangan Jodoh dan Nagoya. Jugaterlihat Tim Penjinak Bom (Ji-bom) turun ke lokasi yang sudahditargetkan.

    Petugas memasuki Hotelmelati Garuda Mas sekitar pu-kul 10.00 WIB dan langsungmelakukan penyisiran setiapkamar hotel dan membangun-kan penghuni hingga ke lantaitiga.

    Hasilnya, dua pasangan mu-da-mudi yang diduga sedangkonsumsi narkoba diboyong keBNNP untuk diproses lebih lan-jut. Keduanya dinyatakan posi-tif saat dilakukan tes urine.

    "Dua orang diamankan danpositif konsumsi narkoba," Kat-a petugas BNNP Kepri dilokasi,Namun enggan namanya dikor-bankan. Senin (21/03) malam.

    Kata Dia, operasi Bersinardibagi dua Tim?, serta langsungbergerak langsung menuju lokasiyang sudah ditentukan, operasiBersinar bertujuan menekanperedaran dan penguna narko-ba.

    "Lebih kurang 70 an personilditerjunkan," Ujarnya.

    Berkas PemerasanBIN Bodong P21

    6 Tersangka Diserahkan ke Kejaksaan

    BALOI (HK) Kasus penye-kapan dan pemerasan pengusa-ha Batam berinisial Dv, yangdiduga dilakukan anggota Ba-dan Intelijen Negara (BIN)"-Bodong", bersama lima rekan-nya telah dilimpahkan PolrestaBarelang ke Kejaksaan NegeriBatam, Selasa (22/3) sore.

    Pelimpahan itu dilakukansetelah berkas tersebut dinya-takan lengkap (P21). Keenamtersangka adalah Darwis, Ha-ripudin, Andi Burhanudin, Tam-

    rin dan Haris.Mereka ditangkap di dalam

    kamar sebuah hotel dibilanganNagoya, saat sedang beraksi.Sehingga, saat dicokok merekatidak bisa mengelak.

    Kasat Reskrim Polresta Ba-relang, Kompol Yoga Buanadip-ta Ilafi, mengatakan, kasus pe-merasan dan aksi penyekapanyang dilakukan oleh Deni, selakuanggota BIN Bodong bersamalima rekannya, sudah P21. Se-lanjutnya, BAP keenam ter-sangka itu berserta seluruhbarang bukti, diserahkan keKejaksaan Negeri (Kejari) Ba-tam, untuk segera disidangkan.

    "Berkas BAP BIN Bodongtelah P21. Ke enam tersangkaserta barang bukti, sudah kitaserahkan ke Kejari Batam, yangditerima langsung oleh JaksaPidana Umum, Wahyudi Bar-nad, di Kantor Kejari Batam,"kata Kompol Yoga, Selasa (22/3)sore, di Mapolresta Barelang.

    Selain menyerahkan berkas,dan enam tersangka, pihak pe-nyidik juga menyerahkan ba-rang bukti lainnya. Diantaranyasatu unit mobil, satu unit senja-ta jenis airsoft gun, senjatatajam berupa sebilah badik,KTA BIN, lencana BIN, sertauang tunai sebanyak Rp 5 juta,"

    Dua Sijoli ... Hal. 10 TERSANGKA BIN Bodong

  • batam10 Rabu, 23 Maret 2016

    Berkas Pemerasan..... sambungan Hal. 9

    Warga Tagih ..... sambungan Hal. 9

    Editor: Sofyan Layouter: Mario

    Iman 'Geruduk'..... sambungan Hal. 9

    Bapeddal bertindak dengancara menyegel alat berat mere-ka, apabila dua perusahaantersebut belum mengantongiizin Amdal. Tetapi jika Baped-dal memberikan izin Amdal ter-hadap perusahaan itu, ini men-jadi sebuah pertanyaan besar.

    " Berdarkan informasi yangkami dapat, laporan tersebutsudah diproses selama 14 hari

    kerja, ini sudah lebih kenapa be-lum juga ada kepastian Baped-dal," tekan Agung.

    Bahkan, Agung menyampai-kan apabila Bapeddal tidaksegera bertindak untuk melaku-kan penyegelan, maka wargaakan melakukan tindakan den-gan caranya sendiri.

    Padahal, di dalam aturan-nya itu sudah merupakan tu-

    poksi pengawasan dan pen-indakan dari Bapeddal, untukdiketahui perusahaan yangmelakukan penger jaan diBaloi Kolam adalah PT. MIPyang mana pengerjaannya diSubcon kan ke PT. Arsikon.

    Kepala Bapedala Kota Ba-tam Dendi Purnomo yang di-konfirmasi soal ini di kantornyatidak berada di tempat. ***

    ujar Iman dengan nada tinggi

    kepada petugas pelayanan di

    BPM-PTSP.

    Mendapat pertanyaan terse-

    but, staf honorer BPM-PTSP

    yang berada di lobi kantor, Rhe-

    za Arissaputra bergegas me-

    ngecek berkas pengajuan IMB

    masjid yang dimaksudkan. "Ber-

    kasnya belum lengkap pak," di-

    jawab Rheza ke Iman yang ber-

    diri di depan pintu masuk kantor

    tersebut.

    Mendapat jawaban terse-

    but, Iman naik pitam, karena

    merasa dipermainkan. "Petu-

    gas BPM di sana (Sumatera

    Promotion centre) bilang berkas-

    nya hilang. Disini bilang belum

    lengkap, mana yang benar," teri-

    ak Iman.

    Tak bisa memberikan jawa-

    ban yang memuaskan, staf

    BPM-PTSP tersebut menyaran-

    kan Iman untuk menunggu ata-

    sannya yang sedang rapat di

    lantai IV Gedung Pemko Ba-

    tam.

    "Demi kepentingan umat,

    sampai besokpun saya tunggu.

    Karena sampai matipun saya

    akan perjuangkan," tegas Iman.

    Setelah menunggu bebera-

    pa jam kemudian, Kepala

    BPM PTSP Gustian Riau da-

    tang menemui Iman Sutiawan.

    Gustian t idak dapat men-

    jawab sejumlah pertanyaan

    yang dilontarkan Iman, man-

    tan Ketua KNPI Batam ini

    terlihat tersudut dan menjan-

    j ikan menyelesaikan IMB

    yang dimaksudkan.

    "Tidak ada permasalahan,"

    ujar Gustian Riau menjawab

    pertanyaan Iman.

    Kepada sejumlah awak me-

    dia, Gustian mengaku lamban-

    nya proses perizinan bukan ka-

    rena petugasnya yang lalai. Na-

    mun kala itu, perizinan masih

    berada di Dinas Tata Kota Dis-

    tako (Distako). "Saya saja baru

    tau, belum masuk meja saya,"

    beber Mantan Kabid di Dispen-

    da Batam ini.

    Kepada awak media, Iman

    mengaku sangat kecewa den-

    gan kinerja BPM-PTSP Ba-

    tam, sebab untuk IMB masjid

    saja tidak bisa diselesaikan

    dalam waktu tiga tahun, pa-

    dahal untuk urusan izin yang

    lainnya seperti Gelper dan

    permainan lainnya bisa dise-

    lesaikan dalam waktu ses-

    ingkat-singkatnya.

    "Inikan lucu, untuk urusan

    IMB masjid tidak bisa disele-

    saikan dalam waktu tiga

    tahun, coba kalau izin gelper

    atau yang tempat hiburan lain-

    nya bisa selesai sehari," ke-

    tusnya.

    Atas kondisi tersebut, Iman

    meminta agar Walikota Batam

    Rudi segera mengevaluasi kiner-

    ja bawahannya tersebut, ter-

    lebih lagi kata Iman sebelumn-

    ya dalam beberapa pertemuan

    dengan pemuka agama disebut-

    kan bahwa Pemko Batam akan

    mempermudah legalitas

    masjid.

    "Ini aneh, pak wali saja meng-

    ingatkan agar seluruh masjid

    segera mengurus legalitasnya

    dan dipermudah, tapi oleh

    BPM-PTSP IMB masjid diham-

    bat," pungkas Iman.

    Sebelumnya, Ketua Pem-

    bangunan Masjid Nurul Huda

    Ajad Sudrajad mengatakan,

    tahun 2013 lalu pihaknya sudah

    melengkapi seluruh persyaratan

    administrasi. Pihak BPM- PTSP

    Pemko Batam menyampaikan

    jika permohonan IMB sudah

    cukup. (ays)

    ungkap Yoga."Semua berkas yang kita

    limpahkan ini sudah sesuaiBAP, dilengkapi pula barangbukti. Tugas kita telah selesai,untuk selanjutnya proses hukumakan ditindaklanjuti oleh Kejak-saan," tukasnya.

    Sementara, Wahyudi Bar-nad mengatakan, pelimpahan

    berkas kasus BIN Bodong daripenyidik Polresta Barelang keKejari Batam tersebut, meru-pakan tahap dua, atau P21.Selanjutnya, berkas itu didaf-tarkan kePengadilan Negeri(PN) Batam, untuk segera dis-idangkan.

    "Kasus BIN Bodong ini te-lah kita terima, karena telah

    P21. Ke enam tersangka dike-nakan dengan pasal 368, jochopasal 335 KUHP, yakni den-gan ancaman 12 tahun pen-jara. Untuk sementara, keenam pelaku kita titipkan kerumah tahanan (Rutan), La-pas Barelang, di Tembesi, me-nunggu jadwal sidang dimu-lai," ujar Bernad. (vnr)

    ga, As selalu memukulinya. Na-mun tidak separah sekarang,sehingga tak tahan lagi. Ia men-gaku ingin berpisah dengan As.

    Menurut dia, solusi yangbaik adalah bercerai. Ia ingin pu-lang ke rumah orantuanya diBangka Belitung. Ia tak men-yangka As akan setega itu me-mukulinya, padahal sewaktuberpacaran dulu suaminya baik-baik saja.

    " Sebelumnya tidak pernahseparah sekarang. Mau pisahdengannya tapi tak ada uangmau pulang ke rumah orangtuan-ya di Bangka Belitung," katanya.

    Dengan kejadian ini, Juwitaberharap suaminya tidak tem-peramental lagi kepada orang. Iamelapor ke polisi supaya As beru-bah tidak memukulinya lagi.

    " Saya ingin suami saya itutidak mengulangi lagi perbua-

    tannya, setelah dibawa ke kan-tor polisi," ujarnya.

    Sementara itu, As mengakukaget mendengar istrinya men-injam uang sama rentenir. Iamengatakan selama ini Juwitasering bertingkah sehingga takmampu menahan emosinyahingga memukulinya.

    " Tak tahan saya lagi, istrisaya se lalu bert ingkah,"ujarnya. (ded)

    Pinjam Uang..... sambungan Hal. 9

    " Korban tewas setelah tu-

    lang rongga dada dan tulang

    rusuknya patah di hantam pel-

    aku. Akibatnya, tulang itu men-

    genai jantung dan paru-paru

    korban, yang mengakibatkan

    pendarahan," terang Syamsur-

    izal.

    Diterangkan Kapolsek

    Bengkong, kejadian bermula

    saat alm Darman Daren, datang

    ke perumahan tersebut sekitar

    pukul 23:00 WIB, dengan

    menyelonong, tanpa menghirau-

    kan panggilan dari pihak sat-

    pam.

    Agustinus, Fanohugo Sihura

    dan Sarif Sahala, selaku sat-

    pam yang bertugas malam itu,

    terus mengikuti korban, dan

    mencoba melarang korban ma-

    suk ke perumahan tersebut.

    Setelah berlari kecil sepanjang

    50 meter, korban mengambil

    kayu broti yang ada di pinggir

    jalan.

    Lalu, Darman menggertak

    para satpam dengan menga-

    ngkat kayu tersebut.

    " Itu hanya gertakan saja.

    Setelah itu korban kembali ber-

    lari ke arah ujung perumahan

    dan bertemu dengan 2 orang

    perempuan. Kemudian, dua pe-

    rempuan itu menanyakannya

    kepada satpam, atas kejadian

    itu, hingga ketiga satpam

    mengejar korban," terang Syam-

    surizal.

    Nah, papar Kaposek, saat

    bercerita itu tiba-tiba saja Dar-

    man memukul kepala Fanohugo

    sebanyak tiga kali, dengan

    menggunakan kayu yang ada

    ditanganya. Melihat hal terse-

    but, Agustinus yang kebetulan

    berada didepan korban (Dar-

    man) langsung menolong Fano-

    hugo dengan cara menendang

    ulu hati korban.

    Kemudian, terang Syamsur-

    izal, Fanughugo memegang Dar-

    man dari belakang dan terus

    berusaha untuk memborgolnya.

    Namun Darman memberontak,

    sehingga terjatuh, dan kepalan-

    ya membentur sudut parit yang

    ada di perumahan itu.

    " Ketiga satpam ini terlibat

    perkelahian sampai Darman le-

    mas. Karena kondisi korban

    sudah lemas, ketiga satpam

    membawa korban ke Rumah

    Sakit Budi Kemuliaan (RSBK),

    untuk mendapatkan pertolon-

    gan. Tapi, setelah tiga jam dira-

    wat di IGD, Darman dinyatakan

    meninggal karena pendarahan

    dironggadadanya," ungkapnya

    lagi.

    Atas kejadian itu, ketiga

    pelaku dijerat pasal 170 tentang

    pengeroyokan bersama-sama,

    sehingga mengakibatkan kema-

    tian pada orang lain (Darman

    Daren) dengan ancaman huku-

    man maksimal 12 tahun pen-

    jara. (vnr)

    Darman Tewas ..... sambungan Hal. 9

    Usai melakukan razia di ho-tel Garuda Mas, Tom gabungankembali bergerak menuju hotelBali yang terletak dikawasanNewtown, Nagoya. Hotel yangmemiliki 200 kamar ini hampirmenyeluruh terisi oleh penghunibaik bagi PSK maupun TKI non-ptosedural yang baru kembalidari Malaysia.

    Rizam (35) warga Aceh, barutiba dari daerah asalnya bersa-ma empat rekannya sempat di-curigai mengkonsumsi sertamembawa narkoba, namun sete-lah dilakukan Test urin dinyata-kan negatif sedangkan obat yangdibawa teryata bukan narkobamelainkan obat tradisional.

    "Petugas sempat curiga danlakukan Test urine, namun nega-tif karean tidak seluruh orangaceh suka narkoba," Tuturnya.

    Hampir lebih kurang duajam tim gabungan melakukan

    pengeledahan seluruh kamarhotel Bali, tetapi tidak satupunberhasil menjumpai adanyapengguna maupun pengedar ba-rang haram di hotel standarekonomi tersebut.

    "Tak satupun kami temukanadanya pengguna maupun pe-ngedar narkoba," Kata An per-sonil Polda Kepri dilokasi.

    Sementara itu, Kapolda Ke-pri Brigjen Pol Sam Budigusdianmengatakan, hari operasi BersihNarkoba(Bersinar) dimulai se-cara serentak sesuai instruksiPresiden RI Jokowi Widodo, di-mana operasi digelar karena In-donesia da