Haluan kepri 08jul15

Click here to load reader

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    299
  • download

    25

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 08jul15

Transcript of Haluan kepri 08jul15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Andi, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Rabu, 8 Juli 201521 Ramadhan 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 8/7 TAHUN KE 14

    KesabaranKESABARAN itu ada dua macam:kesabaran terhadap sesuatu yangkamu benci dan kesabaranterhadap sesuatu yang kamusukai. (Ali bin Abi Thalib r.a.)

    04:32 04:42 12.12 15.37 18.17 19.31

    Batam dan Sekitarnya

    JADWAL SHALAT

    Rabu, 8 Juli 2015

    Imsak Subuh Dzuhur Ashar Magrib Isya

    FokusUrus Anak

    Inneke Koesherawati

    Fokus Urus Hal 7

    JAKARTA (HK) Artis peran InnekeKoesherawati (39) untuk sementarawaktu tidak ingin berkecimpung kedalam dunia seni peran. Alasannya, iamerasa sudah tak ada semangat untukterjun kembali di industri hiburan.

    "Sudah enggak ada gairahnya. Sudahenggak ada arah ke sana. Sudah enggakkangen. Jadi sudah sama sekali enggak ada(keinginan untuk kembali bermain di du-nia seni peran)," ujar Inneke usai meng-hadiri peresmian butik milik Umi Pipik, diThamrin City, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

    Meski sudak tidak tertarik, Innekemengatakan, dirinya masih saja men-dapat tawaran berakting dari sejumlahrumah produksi.

    Tiap Korban Dapat Rp4 JutaPemprov Kepri Serahkan Bantuan Korban Hercules

    Bantuan diserahkan secara simbolisoleh Kepala BPBD Provinsi Kepri, Adi

    Irawan kepada Bupati Natuna, Ilyas Sabli, diruang rapat kantor Bupati dan disaksikan

    sejumlah kepala SKPD Natuna, Selasa (7/7).Adi Irawan menyebutkan, besaran bantuan ba-

    gi korban jiwa sudah menjadi ketetapan Gubernur

    Basko: Menyantuni Anak Yatim Itu WajibBATAM (HK) Badan Amil Zakat(BAZ) Kota Batam bekerjasamadengan Haluan Kepri membagikan250 paket sembako kepada anakyatim, kaum duafa, dan loper koran,Selasa (7/7). Penyerahan paket sem-bako tersebut digelar saat bukapuasa bersama keluarga besar Ha-

    luan Kepri dan anak yatim di GedungBatam Press Centre, Kantor HaluanKepri, Batuampar, Batam.

    CEO Haluan Media Group Bas-rizal Koto yang biasa disapa Baskomengatakan, acara buka puasabersama dan menyantuni anakyatim merupakan agenda wajib

    dan rutin dilaksanakan setiaptahun oleh Haluan Media Group.Tidak hanya di Batam, hal serupajuga digelar di seluruh cabang usa-ha Basko Holding, yaitu di Ja-karta, Padang, dan Riau.

    "Tiga hari lalu buka puasa ber-sama kita gelar di Jakarta, kemarin

    di Padang (Haluan), hari ini (ke-marin, red) di Batam, Insya Allahbesok di Pekanbaru (Haluan Riau),"ucap Basko saat memberi sambutandi hadapan karyawan Haluan Kepri,tamu undangan, anak yatim dankaum duafa.

    Basko: Menyantuni Hal 7

    RANAI (HK) Pemerintah Provinsi Keprimelalui Badan Penanggulangan Ben-cana Daerah (BPBD) Provinsi Kepri

    menyerahkan bantuan korban pesa-wat Hercules C-130 kepada Bupati

    Natuna, Ilyas Sabli. Tiap korbanatau ahli waris menerima ban-

    tuan sebesar Rp4 juta.

    FaturrahmanLiputan Natuna

    Siap TempurTEXAS (HK) Tuan rumah yang juga juara bertahanAmerika Serikat sedang dalam kondisi siap tempur dan

    akan memulai perjuangannya di ajang turnamenPiala Emas atau Gold Cup 2015 dengan menghadapiHonduras pada laga pertama Grup A, Rabu (8/7) pagi

    WIB di Toyota Stadium, Frisco, Texas.

    Amerika Serikat punya keun-tungan besar dalam upayanyamempertahankan gelar juara Pia-la Emas yang di rengkuhnya 2 ta-hun silam. Mengingat kali ini ber-tindak sebagai tuan rumah. Dengandi arsiteki pelatih berpengalamanseperti Jurgen Klisman, wajar jikaAmerika Serikat kembali di ung-

    gulkan di turnamen ini.Selain itu Amerika Serikat juga

    punya skuat yang cukup mumpunikarena di pekuat pemain yangpunya pengalaman di liga eropaseperti Bradley dan Dempsey. Timbesutan Juergen Klinsmann inijuga sudah sangat berpengalaman

    Siap Tempur Hal 7

    Siap Dilantik Jadi Panglima TNIJAKARTA (HK) KepalaStaf Angkatan Darat (KSAD)Jenderal Gatot Nurmantyoakan dilantik menjadi Pang-lima TNI di Istana Negara,hari ini, Rabu (8/7). Ia akanmenggantikan Jenderal Moel-doko yang akan pensiun pada1 Agustus 2015 nanti.

    Gatot menyatakan sudahmendapat kabar mengenaipelantikannya sebagai Pang-lima TNI. Namun sayangnya,ia tak bersedia memberikanbanyak komentar.

    "Benar, informasi yang sayadapat memang demikian. Doa-kan saja," ungkap Gatot usaiacara buka bersama di Mabes

    TNI Cilangkap, Jakarta Ti-

    mur, Selasa (7/7).Konfirmasi acara pun

    diamini oleh PanglimaTNI Jenderal Moeldoko.Namum menurutnya,Gatot belum akan res-mi menggantikannyasampai serah terimajabatan dilakukan.

    "Dijadwalkan me-mang besok. Jam 12.45WIB, rencana begitu pe-lantikan bapak PanglimaTNI. Besok (hari ini, red)baru pelantikan, serahterima perlu adaupacara besar.Memerlukan

    Tiap Korban Hal 7

    Siap

    Dilantik

    Hal 7Gatot

    DERMAWAN/HALUAN KEPRI

    SERAHKAN SANTUNAN CEO Haluan MediaGroup Basrizal Koto (kiri)menyerahkan santunansecara simbolis kepadaperwakilan anak yatim daribeberapa yayasan pantiasuhan yang diundang, diacara buka puasa bersamaHaluan Kepri, Selasa (7/7).Selain uang, para anakyatim dan loper koran jugamenerima paket sembako.

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    EKONOMI 2Rabu, 8 Juli 2015

    Citilink Siapkan 230 Penerbangan / HariSelama Lebaran

    JAKARTA (HK) Maskapai berbiayamurah (LCC) Citilink Indonesia menyiap-kan sedikitnya 230 penerbangan perhari atau meningkat 19 persen daripenerbangan normal yang mencapai194 penerbangan per hari.

    Citilink juga menyedia-kan sebanyak 140.760 kursitambahan sebagai langkahantisipasi menghadapi lonja-kan penumpang di Hari RayaIdul Fitri 1436 H.

    Penambahan frekuensipenerbangan tersebut mulaiberlangsung sejak tanggal 10Juli dan akan berlangsungterus hingga 27 Juli 2015.Untuk memenuhi penambah-an frekuensi tersebut Citilinkmemaksimalkan penerban-gan dari Bandara Cengka-reng dan Halim Perdana Ku-suma, kata President & CEOCitilink Indonesia AlbertBurhan dalam keterangantertulisnya, Selasa, (7/7)

    Citilink mengajukan 36penerbangan tambahan (ex-tra flight) per hari untuk rute-rute yang selama ini terkenalpadat. Peningkatan signifi-kan terjadi untuk rute Jakar-ta Surabaya, Jakarta - Med-an, Jakarta Padang, Jakar-ta Solo, dan Jakarta Ma-lang, dan juga rute-rute lain.Dengan rata-rata penambah-an penerbangan ekstra ant-ara satu penerbangan hinggaempat penerbangan di rute-rute padat.

    Penerbangan Jakarta(Cengkareng) Padang meru-pakan rute yang mendapat-

    kan penerbangan tambahanterbesar. Dari dua kali pener-bangan menjadi enam kalipenerbangan atau mendap-atkan empat penerbangantambahan. Ini menunjukkanpeningkatan yang signifi-kan, kata Albert.

    Rute penerbangan padatlainnya adalah Jakarta Surabaya yang menjadi 17penerbangan per hari (sepu-luh penerbangan dari Ban-dara Cengkareng dan tujuhpenerbangan dari BandaraHalim Perdana Kusuma).Begitu juga dengan Jakarta -Medan menjadi delapan pen-erbangan (empat penerban-gan dari Cengkareng dan em-pat penerbangan dari Ha-lim), Jakarta Solo danJakarta - Malang masing-masing menjadi dua pener-bangan dalam sehari.

    Kami memaksimalkanpenggunaan 35 pesawat Air-bus A320 yang kami miliki.Semua pesawat juga mengal-ami pemeriksaan yang lebihbaik supaya tidak ada men-galami masalah keterlam-batan. Demikian pula darisegi pelayanan sebelum, sela-ma, dan sesudah penerban-gan terus kita tingkatkan se-suai spirit Citilink, yaituSimple, On-time, dan Conve-

    nience, kata Albert.Data Kementerian Per-

    hubungan memperkirakanpenumpang angkutan udaraselama periode mudik Leba-ran 2015 diperkirakan men-capai 6,3 juta orang atau naik56 persen dari realisasitahun 2014 yang mencapai4,04 juta penumpang. Pen-umpang domestik diperkira-kan mencapai 5,4 juta orang,sedangkan penumpang luarnegeri 800.000 orang.

    Peningkatan tersebut di-picu musim mudik yang lebihlama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan berte-patan dengan liburan seko-lah. Tahun 2015, pemerintahmenetapkan musim mudikselama 26 hari, sementarapada tahun 2014 tercatat 16hari.

    Operator pesawat udaradan bandara juga menyata-kan kesiapannya dengan me-nambah kapasitas angkutanmenjadi 7 juta kursi atau se-banyak 280.786 kursi perhari. Angka tersebut men-ingkat signifikan dari realisa-si kapasitas pada 2014 yang4,39 juta kursi

    Direktur Komersial Cit-ilink Indonesia Hans Nugrohomengatakan, berbagai ke-mudahan juga dilakukan Cit-ilink bagi penumpangnya.Untuk semua tujuan pener-bangan tambahan selamamusim Lebaran akan diberi-kan harga spesial.

    Pembelian tiket pesawatmulai tanggal 2 hingga 27Juli 2015 sudah dikenakandiskon sebesar 10 persen. Dis-kon ini bisa dinikmati pel-anggan Citilink yang membe-li tiket pesawat lewat aplika-si ponsel dan situs Citilink,ujarnya. (dtc)

    PT CBP Group Bagikan 800 Paket SembakoBATAM (HK) Sebagai

    bentuk kepedulian terhadap

    sesama, PT Citra Buana

    Prakarsa (CBP) Group mem-

    bagikan 800 paket sembako

    di dua tempat, yaitu di Tan-

    junguma dan Kampung Pel-

    ita. Bantuan sembako diser-

    ahkan oleh Presiden Direk-

    tur PT Citra Buana Prakar-

    sa Group, Jimmi Ho kepada

    perwakilan warga yang men-

    erima bantuan tersebut, Se-

    lasa (7/7).

    Di Kelurahan Tanjungu-

    ma, Jimmi Ho didampingi

    General Manager PT Citra

    Buana Prakarsa Jong Hua,

    menyerahkan 500 paket

    sembako kepada perwak-

    ilan warga, dan disaksikan

    langsung oleh Lurah Tan-

    junguma Syahrial, SE. Se-

    mentara di Kampung Peli-

    ta, Jimmi Ho menyerahkan

    300 paket sembako kepada

    perwakilan warga yang me-

    nerima bantuan dengan

    disaksikan langsung oleh

    Lurah Kampung Pelita

    Raja Indra Jaya.

    "Bantuan ini merupa-

    kan agenda rutin tahunan

    PT Citra Buana Prakarsa

    Group. Dan ini kegiatan ke-

    10." ucap Jimmi di sela-

    sela penyerahan bantuan di

    Tanjunguma.

    Jong Hua menambah-

    kan, setiap tahun PT Citra

    Buana Prakarsa Group

    membagikan sembako se-

    banyak dua kali, yaitu

    menjelang Lebaran Idul

    Fitri dan saat perayaan ul-

    ang tahun Harbour Bay,

    yang merupakan kawasan

    terpadu yang dikembang-

    kan dan dikelola PT Citra

    Buana Prakarsa yang

    diresmikan pada 6 Novem-

    ber 2006 silam.

    "Ini bantuan ke-10 PT

    Citra Buana Prakarsa

    Group. Kegiatan ini rutin

    digelar sebagai bentuk CSR

    (corporate social responsi-

    bility). Dan ini merupakan

    komitmen kami untuk ter-

    us menggelarnya setiap

    tahun." ucap Jong Hua.

    Jelang Lebaran, sebut

    Jong Hua, bantuan diuta-

    makan kepada kaum duafa

    sebagai bentuk berbagi den-

    gan sesama, terutama bagi

    mereka yang akan meraya-

    kan Lebaran. Sedangkan

    bantuan pada perayaan ul-

    ang tahun Harbour Bay, pi-

    haknya mendatangkan

    anak yatim dan membagi-

    kan bantuan ke panti. "Se-

    moga dengan bantuan ini

    mereka akan terbantu, dan

    dapat digunakan sebagaim-

    ana mestinya. Kita ber-

    harap dengan bantuan ini

    mereka melewati lebaran

    dengan senyuman." ucap

    Jong Hua.

    Di Tanjunguma, bantu-

    an diserahkan kepada per-

    wakilan nelayan, serta

    kaum duafa yang dikoor-

    dinir oleh Kelurahan Tan-

    junguma. Begitu juga den-

    gan Kampung Pelita, di

    mana penyalurannya juga

    dikoordinir oleh pihak kelu-

    rahan.

    "Kita mengucapkan teri-

    makasih kepada PT Citra

    Buana Prakarsa Group yang

    rutin memberikan bantuan

    kepada warga sekitar, teru-

    tama yang kurang mampu.

    Bantuan ini akan langsung

    didistribusikan sesuai

    nama yang telah terdaftar."

    ucap Lurah Tanjunguma

    Syahrial SE.

    Senada juga disampai-

    kan Lurah Kampung Pelita

    Raja Indra Jaya. Bantuan

    sembako berisikan beras,

    gula, minyak goreng, mie in-

    stant dan tepung terigu

    tersebut akan disebar

    melalui RT.

    "Yang membagikan pa-

    ket sembako ini RT mas-

    ing-masing. Di kelurahan

    ini ada 18 RT, tetapi tidak

    semua RT yang mendapat-

    kan, kita salurkan kepada

    mereka yang benar-benar

    membutuhkan, terutama di

    RT Seraya Atas." papar

    Raja Indra Jaya. (pti)

    Mudah, Belanja Pakai XL TunaiMEDAN (HK) Provider

    seluler XL meluncurkan XL

    Tunai, yaitu layanan uang

    elektronik. XL Tunai ini mem-

    berikan cara mudah dan cara

    cerdas kepada pelanggan

    saat bertransaksi.

    XL Tunai merupakan

    layanan uang elektronik dari

    XL yang memungkinkan pel-

    anggan XL melakukan tran-

    saksi keuangan hanya den-

    gan menggunakan ponsel

    nya, jelas Haryo Wibowo,

    Vice President XL West Re-

    gion, saat menggunakan tran-

    saksi XL Tunai di salah satu

    toko waralaba di Jalan Set-

    iabudi Medan, Selasa (7/7).

    Beragam fasilitas melalui

    XL Tunai, telah mengajak

    pelanggan XL memasuki cara

    dan gaya baru berbelanja se-

    cara mudah, aman, praktis

    dan cerdas. Mulai dari beli

    pulsa XL, bayar tagihan, be-

    lanja di toko, belanja online,

    serta kirim uang ke dalam

    dan luar negeri yang semuan-

    ya dapat dilakukan kapan

    saja dan dimana saja.

    Tersebarnya toko warala-

    ba di berbagai penjuru kota,

    telah ikut mendorong se-

    makin meningkatnya peng-

    gunaan XL Tunai di kalangan

    pelanggannya. Pelanggan XL

    akan semakin terbiasa, dan

    merasakan kemudahannya

    saat berbelanja.

    Salah satu toko warala-

    ba, yang telah bekerjasama

    dengan XL untuk memperke-

    nalkan program XL Tunai

    adalah Alfamart. Di seluruh

    Alfamart di Indonesia, sudah

    bisa menggunakan fasilitas

    XL Tunai, sambung Haryo.

    Segera daftarkan no XL

    anda ke XL Center terdekat

    serta isi saldo XL Tunai anda.

    Untuk mengetahui informasi

    dan bertransaksi meng-

    gunakan XL Tunai cukup te-

    kan *123*120# dari ponsel

    Anda.

    Prosesnya cukup mudah

    dan cepat. Cerita seorang

    Tasya, bisa menjadi pengala-

    man yang menarik untuk

    kita dengar. Tasya, sudah

    menggunakan fasilitas XL

    Tunai selama 1 tahun.

    Selain praktis karena

    belanja tanpa perlu memba-

    wa uang tunai, saya juga bisa

    datang ke Alfamart di saat

    hari kerja maupun di hari

    libur, ujar Tasya sambil

    menunjukkan belanjaan

    berupa minuman sirup dan

    kue kering untuk menyambut

    Idul Fitri nanti.

    Pengalaman singkat Ta-

    sya, semakin meyakinkan

    pelanggan XL lainnya, agar

    tak perlu khawatir bila lupa

    membawa uang cash atau

    ingin aman bertransaksi.

    Belanja dengan meng-

    gunakan XL Tunai juga

    tidak ada pembatasan, seh-

    ingga konsumen bisa bebas

    belanja berapapun. Kartu

    XL di handphone, selamat

    berbelanja dengan aman dan

    selamat mempersiapkan

    Idul Fitri 1436 H. (r/and)

    RUU JPSKBerikan Kepastian Hukum

    JAKARTA (HK) MenteriKeuangan Bambang Brodjo-negoro mengatakan Rancan-gan Undang-Undang JaringPengaman Sistem Keuanganakan memberikan kepastianhukum kepada para pengam-bil keputusan terkait penan-ganan krisis.

    "Keberadaan UU JPSK iniakan memberikan kepastianhukum nantinya. Jadi setiaplangkah tindakan langsungjelas, ada landasan hukumnya.Semua clear, melakukan itubukan untuk kepentingan pri-badi maupun golongan," ujarn-ya seusai menghadiri RapatParipurna DPR RI di Jakarta,Selasa (7/7).

    Menkeu mengatakan den-gan adanya landasan hukumyang kuat terkait penanganankrisis, seharusnya tidak adalagi keragu-raguan dari pen-gambil kebijakan apabila ada

    keputusan yang harus diru-muskan dalam waktu singkat.

    Sebelumnya, para pen-gambil kebijakan masih ragu-ragu dalam mengambil kebija-kan karena belum ada aturanperundangan yang jelas dalampenanganan krisis, setelahPerppu Nomor 4 Tahun 2008tentang JPSK tidak mendap-atkan persetujuan DPR untukmenjadi UU.

    Namun, pemerintah yangsegera mengajukan kembalipembahasan RUU JPSK, set-elah Perppu JPSK dicabut, te-lah merevisi beberapa pasalagar tidak lagi menimbulkanpenafsiran ganda dan pengam-bilan keputusan yang meragu-kan dari pemangku kebijakan.

    Salah satunya adalah ke-pastian pemberian status kel-ompok bank berdampaksistemik yang akan diputus-kan oleh Bank Indonesia dan

    Otoritas Jasa Keuangan padamasa normal atau jauh harisebelum krisis tiba.

    "Penentuan lembagakeuangan atau bank yang ber-dampak sistemik itu tidak di-lakukan pada masa kritis, tapisudah jauh-jauh hari. Padamasa normal kita sudah pun-ya kategori bank yang terma-suk bank berdampaksistemik," kata Menkeu.

    Ia menambahkan peneta-pan bank berdampak sistemikitu akan mempertimbangkanbeberapa faktor termasuk be-saran aset. Namun meskipunada penetapan tersebut, bu-kan berarti bank tersebutpada saat sekarang sedangterkena krisis.

    "Bukan banknya ber-masalah, banknya oke tidakada masalah, tapi karena luasbesarnya aset bank tersebutmaka bisa berdampaksistemik. Ini sudah ditentukanpada masa kondisi normal, bu-kan saat krisis. Sistemik dili-hat dari konsep dasarnya bu-kan dari kondisinya," ujarMenkeu.

    Ia mengharapkan RUUJPSK yang akan dibahas padamasa sidang DPR mulai Agus-tus hingga Oktober 2015 inibisa bersinergi dengan protokolkrisis manajemen, yang menja-di andalan pemerintah, ketikabelum ada aturan baku untukantisipasi terhadap krisis.

    Sementara, apabila dalamperiode ketika RUU JPSKmasih dilakukan pembahasandengan DPR, ada situasi krisisyang bisa mempengaruhiperekonomian Indonesia,maka pemerintah akankembali mengajukan Perppuuntuk memudahkan koordina-si dan penanganan krisis.

    "Kalau besok krisis, makaRUU yang tadi akan dimaju-kan untuk dijadikan Perppu,"jelas Menkeu. (ant)

    IST

    BANTUAN SEMBAKO Presiden Direktur PT Citra Buana Prakarsa (CBP) Group Jimmi Ho, didampingi GM PT CBP Jong Hua, menyalami lansia penerimasembako dalam program corporate social responsibility (CSR) disaksikan Lurah Tanjunguma Syahrial SE (kanan belakang) di Kantor Lurah Tanjunguma, Batam,Selasa (7/7). PT CBP memberikan bantuan 500 paket sembako di Kelurahan Tanjunguma dan 300 paket sembako di Kelurahan Kampung Pelita, Batam.

  • CMYK Editor: Ika, Layout: Parlin

    CMYK

    3Rabu,

    8 Juli 2015

    BKOW Kepri Bagikan 231 Paket Sembako GratisTANJUNGPINANG (HK) Ba-dan Koordinasi Organisasi Wanita(BKOW) Provinsi Kepri membagi-kan sedikitnya 235 paket sembilanbahan pokok (sembako) kepadakaum dhuafa, termasuk petugaskebersihan di Kecamatan Tanjung-pinang Timur dan Bukit Bestari.Kegiatan berlangsung di Asramahaji Tanjungpinang, Senin (6/7).

    Disamping Ketua BKOW KepriHj Syamsinar Yusuf, serta ketuadewan penasehat BKOW Kepri, Hj

    Aisyah Sani, hadir juga AsistenBidang Kesra, mewakili WalikotaTanjungpinang, H Lis Darmansyah,termasuk Ketua Persit KartikaCandra Kirana. Korcab Rem 033 PD1 Bukit Barisan, Ny dr Retno AdiatiMargiyono MA, istri dari komandankorem 033 Wira Pratama, BrigjenTNI Eko Margioyono, serta berbagaiketua dan pengurus organisasi ke-wanitaan di Tanjungpinang

    Ketua BKOW Kepri Hj Syamsi-nar Yusuf mengatakan, kegiatan

    ini merupakan agenda rutin yangselalu dilakukan pada bulan Ra-madhan menjelang Idul Fitri, Haltersebut sebagai salah satu ben-tuk nyata yang ditunjukkan olehpihaknya untuk selalu berbagidengan sesama.

    "Pada kesempatan ini, kamimenyampaikan maaf, karena un-tuk tahun ini, bantuan sembakoyang mampu bisa kita berikan bagipetugas kebersihan hanya sebanya115 orang di dua kecamatan saja,

    yakni kecamatan TanjungpinangTimur dan Bukit Bestari. Sedan-gna bantuan untuk kaum dhuafaada sebanyak 116 orang," ucapSyamsinar

    Lebih lanjut disampaikan,pembagian sembako yang dilaku-kan oleh BKOW Kepri selama inimenyebar kesejumlah Kabupat-en-Kota di Kepri secara bergili-ran. Sedangkan untuk kota Tan-jungpinang, sudah dua kali dilak-sanakan sejak 6 tahun silam.

    "Kegiatan serupa pada tahunsebelumnya, telah kita laksanakandi Kota Batam, termasuk Kabu-paten Natuna, Lingga dan Ka-rimun. Sedangkan untuk Kabupat-en Kepulauan Anambas, kita be-lum bisa melaksanakan, karenabelum adanya GOW yang merekabentuk," kata Syamsinar.

    Sementara Asisten bidang KesraPemko Tanjungpinang, Ahadi, men-yampaikan ucapan serta penghargaankepada BKOW Kepri, dalam membagi-

    kan tali kasih kepada sebagian wargakurang mampu di wilayah ini.

    Ketua penasehat BKOW Kepri,Ny Aisyah Sani juga menyampai-kan penghargaan kepada segenappengurus BKOW Kepri atas upayayang telah dilakukan selama ini.

    "Semoga untuk kedepannya halsosial seperti ini dapat ter\us di-lakukan, bahkan bisa lebih dit-ingkatkan lagi," imbuhnya.

    (Foto dan Narasi Asfanel)

    KETUA BKOW Kepri Hj Syamsinar Yusuf dan Ketua penasehat BKOW Kepri, Ny AisyahSani beserta pengurus BKOW Kepri foto bersama.

    SYAMSINAR Yusuf berikan sambutan. KETUA BKOW Kepri Hj Syamsinar Yusuf secara simbolis menyerahkan sembako kepadapetugas kebersihan Kota Tanjungpinang.

    KETUA penasehat BKOW Kepri, Ny Aisyah Sani secara simbolis menyerahkan sembakokepada petugas kebersihan Kota Tanjungpinang.

    ASISTEN Bindang Kesra Pemko Tanjungpinang Ahadi secara simbolismenyerahkan sembako kepada petugas kebersihan Kota Tanjungpinang.

    KETUA Persit Kartika Candra Kirana. Korcab Rem 033 PD 1 BukitBarisan, Ny dr Retno Adiati Margiyono, menyerahkan sembako.

    SEJUMLAH Pengurus BKOW Kepri foto bersama penerima bantuansembako secara simbolis

    KETUA BKOW Kepri Hj Syamsinar Yusuf dan Ketua penasehat BKOWKepri, Ny Aisyah Sani beserta sejumlah pengurus BKOW Kepri.

  • Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Edy, Layout: Agung Raharjo

    Pendidikan 4

    SEAMEO Sediakan300Beasiswa ke Tiongkok

    Kemendikbud-PBNUKerja Sama di BidangPendidikan Karakter

    JAKARTA (HK) KementerianPendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud) menjalin ker-ja sama dengan Pengurus Be-sar Nahdlatul Ulama (PBNU) dibidang pendidikan karakteranak bangsa guna mencegahterus merebaknya radikalismedi Indonesia.

    Kerja sama ditandai den-gan penandatanganan notakesepahaman oleh MenteriPendidikan dan KebudayaanAnies Baswedan dan KetuaUmum PBNU KH Said Aqil Sirojdi Gedung PBNU, Jakarta, Ju-mat, usai buka bersama.

    "Sudah terbukti bahwa lu-lusan pondok pesantren me-miliki sikap nasionalisme yanglebih baik dibandingkansekolah umum. Ini yang akanditularkan oleh Nahdlatul Ul-ama ke siswa-siswa di sekolahumum," kata Said Aqil.

    Melalui kerja sama terse-but, diharapkan akan tersebarluas sifat moderat ala NU yang

    target akhirnya adalah mence-gah terus menyebarnya sikapradikal.

    "Sudah terbukti juga kalaupelaku tindakan radikal lebihbanyak dari lulusan sekolahumum. Itu yang harus diputus,dan NU memiliki tugas mem-bantu pemerintah melakukan-nya," kata Said Aqil.

    Melalui kerja sama itu pulaSaid Aqil meminta Kemendik-bud untuk melibatkan NUdalam penyusunan buku-buku mata pelajaran yang be-lakangan seringkali disisipidengan ajaran-ajaran radikal.

    "NU tidak kekuranganSDM untuk bisa membantupemerintah mencegah radikal-isme terus menyebar luas," kataSaid Aqil.

    Menteri Anies sendiri tidakmemberikan sambutan padaacara itu. Ia langsung pamitusai membubuhkan tandatangan karena harus segerahadir di Istana Presiden. (ant)

    PASURUAN (HK) Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara(Southeast Asian Ministers of EducationOrganization (SEAMEO) menyediakan 300beasiswa bagi pelajar SLTA se-Indonesiauntuk mengikuti studi lanjutan di Tiongkok.

    Program itu menyediakanbeasiswa pendidikan D-3 danS-1 bagi 300 pelajar asal In-donesia, yang diharapkan 150di antaranya dari Jawa Ti-mur, kata Direktur SEAMEORegional Open Learning Cen-tre (SEAMOLEC) Gatot HariPriyowiryanto seusai loka-karya dan sosialisasi bea-siswa Tiongkok di PendopoBupati Pasuruan, Kamis.

    "Pada tahun 2014, Indone-sia mendapat jatah peserta140 mahasiswa, sebanyak 84peserta berasal dari Jatim, 20peserta di antaranya berasaldari Kabupaten Pasuruan.Sedangkan pada tahun ini

    kami menargetkan 300 peser-ta beasiswa, 150 peserta dian-taranya berasal dari Jatim,dan dari Kabupaten Pasuru-an bisa dua kali dari jumlahsebelumnya," ujarnya.

    Lebih lanjut dia me-ngungkapkan program bea-siswa tersebut merupakansalah satu bentuk harmon-isasi dan percepatan pem-bangunan sumber daya ma-nusia memasuki persainganpekerja terlatih dan kalan-gan profesional seiring diber-lakukannya ASEAN Econom-ic Community (AEC) 2015.

    "Kami berupaya mendid-ik para pelajar lulusan SMA

    dan SMK mulai angkatan2012 hingga angkatan 2015untuk mendaftar beasiswa keTiongkok, agar nantinya di-harapkan bisa menjadi tena-ga terampil dan profesionalyang siap ditempatkan didu-nia kerja internasional agarsiap bersaing di dunia inter-nasional," tuturnya.

    Beasiswa ada tiga jenisyaitu secara penuh meliputibiaya pendaftaran kuliah danbiaya pendidikan, biaya hi-dup, dan asrama. Beasiswaberupa biaya pendidikan danasrama, serta beasiswa 50persen yang meliputi asra-ma, biaya hidup yang ditang-gung 50 persen, dan biayapendidikan juga ditanggung50 persen.

    "Syarat untuk mendaftarbeasiswa antara lain memil-iki motivasi tinggi, lima be-sar terbaik di sekolahnya,serta lulus seleksi seperti teswawancara dan tes tulis. Bea-siswa ini juga dibantu oleh

    pemerintah provinsi sebesarRp1,5 juta untuk pembuatanvisa, dan lainnya," jelasnya.

    Sementara itu, KepalaBidang Pendidikan MenengahKejuruan dan Perguruan Ting-gi Dinas Pendidikan Jatim,Hudiyono mengatakan Pem-prov Jatim mengalokasikananggaran yang bisa menopangkebutuhan calon mahasiswayang mendapatkan programbeasiswa di Tiongkok.

    Subsidi sebesar Rp1,5juta ini diharapkan dapatmeningkatkan motivasi dan

    semangat belajar para maha-siswa yang dipersiapkan un-tuk bekerja di perusahaanasal Tingkok di Indonesia.

    "Sebanyak 10 SMK di Ja-tim telah mengerjakan pem-buatan alat pertanian yangterdiri dari 64 komponen, kec-uali mesin. Sekarang ini sudahmelayani pesanan 50 unit alatpertanian dengan rata-rataproduksi 3 alat pertanian perhari. Rencananya kami jugaakan merancang sepeda anginsebagai langkah lanjutan,"kata Hudiyono. (ant)

    NET

    KERJA SAMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bidang pendidikan karakter anak bangsaguna mencegah terus merebaknya radikalisme di Indonesia.

    MUI: TayanganTelevisi Selama

    Ramadhan MembaikJ A K A R T A

    (HK)

    M a j e l i s

    U l a m a

    I n d o -

    n e s i a

    (MUI)

    meng-

    apre-

    s i a s i

    p r o -

    g r a m

    televisi

    s e l a m a

    bulan Ra-

    madhan pada

    tahun 2015 yang

    saat ini memasuki pekan

    ketiga dengan kualitas sub-

    stansi yang lebih baik dari

    periode sebelumnya.

    "MUI ingin memberi

    apresiasi setinggi-tinggin-

    ya terhadap kinerja peker-

    ja televisi yang semakin

    tahun semakin baik," kata

    Ketua Komisi Informasi

    dan Komunikasi MUI

    Imam Suhardjo di Gedung

    MUI Jalan Proklamasi,

    Jakarta, Selasa (7/7).

    Imam mengatakan per-

    baikan yang ada saat ini da-

    pat terlihat dari intensitas

    tayangan yang tidak men-

    didik seperti komedi menje-

    lang waktu sahur dan ber-

    buka puasa dengan banyak

    konten yang dianggap

    kurang mendidik karena

    terkesan 'sarkastik'.

    "Acara yang tidak men-

    didik seperti komedi menje-

    lang sahur dan berbuka yang

    banyak menampilkan tay-

    angan tidak mendidik den-

    gan banyak mengeluarkan

    makian-makian, hinaan,

    celetukan yang menyasar

    fisik dan sebagainya, saat

    ini sudah jauh berkurang.

    Kita patut apresiasi kontri-

    busi mereka," ujar Imam.

    Hal tersebut, kata

    Imam, tidak terlepas dari

    kontrol yang lebih cermat

    dari berbagai lembaga dan

    masyarakat, selain kesedi-

    aan lembaga penyiaran itu

    sendiri untuk

    bersama-sa-

    ma mem-

    p e r b a i k i

    diri.

    MUI,

    d a l a m

    peman-

    t a u a n -

    n y a

    memper-

    hat ikan

    program

    k h u s u s

    keagamaan

    dan HVSB (ho-

    ror, violence, sex dan

    banyolan). Dia menilai ke-

    banyakan semua lembaga

    penyiaran mempersiapkan

    program tayangan Ra-

    madhan dengan lebih baik

    dan berlomba untuk menja-

    di contoh.

    "Seperti film seri berla-

    tar sejarah, komedi situasi

    keseharian yang kaya akan

    unsur pendidikan dan lain-

    nya, mereka semua berlom-

    ba. Seperti biasa, program

    yang sukses tahun lalu akan

    diikuti oleh lembaga penyia-

    ran yang lain dengan berb-

    agai modifikasi," katanya.

    Menurut catatan yang

    dimiliki MUI, saat ini masih

    ada sekitar dua stasiun tele-

    visi yang masih menayang-

    kan program yang kurang

    mendidik.

    "Namun kondisi ini meru-

    pakan kebalikan dari waktu

    yang lalu di mana hanya ada

    dua atau tiga stasiun televi-

    si yang menayangkan pro-

    gram positif," ujarnya.

    Imam berharap melalui

    upaya perbaikan ini, ke

    depannya acara televisi bisa

    berisi program acara yang

    bermanfaat untuk memben-

    tuk karakter bangsa.

    Kita harap ke depan akan

    semakin baik sehingga ac-

    ara TV itu, baik di luar Ra-

    madhan dan utamanya di

    dalam Ramadhan, bersih

    dari acara yang tidak ber-

    manfaat," ujarnya. (kcm)

    101 Guru Dikirimke Papua Barat

    MANOKWARI (HK) Ke-menterian Pendidikan danKebudayaan Republik Indo-nesia mengirim 101 tenagaguru sekolah dasar ke Provin-si Papua Barat untuk men-gatasi kekurangan guru sertameningkatkan pendidikandasar di provinsi itu.

    "Guru yang dikirim olehKementerian Pendidikan danKebudayaan ke Papua Baratmerupakan program guru gar-da depan guna meningkatkanmutu pendidikan di daerahterpencil dan tertinggal di Indo-nesia," kata Wakil GubernurPapua Barat Irene Manibuy diManokwari, Jumat.

    Dia mengatakan, guruyang dikirim ke Provinsi Pap-ua Barat itu tersebar di empatKabupaten yaitu KabupatenManokwari Selatan sebanyak30 orang, Kabupaten Tam-brauw 10 orang, KabupatenSorong 30 orang dan Kabu-paten Raja Ampat 31 orang.

    "Pemerintah ProvinsiPapua Barat berharap gurugarda depan yang dikirim pe-merintah pusat ini dapatmeningkatkan mutu pendid-

    ikan dasar di empat kabupat-en tersebut," kata Wagub.

    Ia mengakui bahwa Pro-vinsi Papua Barat masih ke-kurangan tenaga guru teruta-ma guru sekolah dasar, namunPemerintah Provinsi maupunKabupaten terus berupaya un-tuk menambah guru sekolahdasar dari tahun ke tahun.

    "Pemerintah Provinsi Pa-pua Barat sedang menyuratpula kepada Presiden melaluiKementerian Pendidikan danKebudayaan Republik Indone-sia untuk menambah lagi jum-lah guru sekolah dasar karenamasih sangat kurang," ujarnya.

    Selain itu, katanya, pen-didikan dasar di provinsi itusangat memprihatinkan danperlu dibenahi oleh DinasPendidikan secara serius.

    Menurutnya, sejak dilantikmenjadi Wakil Gubernur dirin-ya memantau aktivitas beber-apa sekolah dasar di pinggiranManokwari, ibu kota ProvinsiPapua Barat. Ia mengatakankondisinya sangat mempri-hatinkan karena aktivitas be-lajar tidak berjalan sepertiyang diharapkan.(ant)

    Rabu, 8 Juli 2015

  • Opini & Layanan Umum 5Rabu, 8 Juli 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang : Perwakilan

    Perwakilan Lingga: PerwakilanKarimun: Perwakilan Natuna:PerwakilanAnambas:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, M.Syahdan,H. Kasri. : Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, EddySupriatna, Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti,Dedi Manurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), RudiYandri, Aspanel, Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar(Kabiro Bintan), Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi.

    Hengki Haipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Faturahman (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,

    Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Syahril, Mario Sardiman,Agung Raharjo, Parlin,Abi Hamdani. Richo R Fandi.Aswat,

    Grafis: Desain Iklan:Bintan:

    Manager Pemasaran & Promosi Manager Sirkulasi

    & Distribusi: HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan: Piutang:

    Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector: Tarif

    Iklan:

    Percetakan :

    Repro:

    Dicetak Oleh:

    : Agus Supriyanto,

    Malanton Hutagalung, : Junita Sari,

    Elny, Risnawati , Jordy,

    Ririn, Putra, Paruhum Nst.

    Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan Display BW hlm 1

    Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp. 35.000/mmk, iklan

    Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot Colour Rp.

    25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW Rp.

    25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan BW

    Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita Rp.10.000/mmk,

    Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan kolom (Maks 300

    mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius ( Kepala), Mulya

    Perbawa, Isman,Apin, Sofwan, Kholik,Angga, Ipo. M. Rafli, Fadli,

    Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri Printing. Isi diluar

    tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Abi Hamdani

    Berharap Idul FitriBersama

    Krisis Air di Ungar

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    PNS Dilarang Minta THR?- Sebaiknya memberi biar masuk syurga

    Hang Nadim Mulai Dipadati Pemudik?- Semoga tidak didominasi TKI

    P

    Sebentar lagi kita akan mengakhiri puasa Ramadhan. Banyakkalangan bertanya-tanya, kapan Idul Fitri? Bersama ataukah

    ada perbedaan?

    Oleh : Ahmad IzzuddinKetua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia, Dosen UIN

    Walisongo Semarang

    Judul Buku: Shahih Fikih WanitaKarya: Syaikh Muhammad Al-Utsaimin

    Shahih Fikih Wanita

    Resensi

    Rekam Jejak Waqaf di IndonesiaOleh: Ir.Bimo Prasetyo

    K olom Publik

    KURANGILAH rasa ingintahu Anda tentang orang,perbanyaklah rasa ingin tahutentang ide, gagasan, danpemikiran

    (Marie Curie (1867-1934),Ilmuwan)

    BELAJAR tanpa berpikir takada gunanya. Berpikir tanpabelajar sangat berbahaya

    (Soekarno (1901-1970),Presiden Pertama RI)

    akap ijakC B

    KRISIS air bersih mengancamdan sedang terjadi di sejum-lah daerah di Kundur, Karimun.Persediaan air bersih baik un-tuk minum maupun keperlu-an lainnya semakin sulit didapat. Beberapa kampungyang masuk dalam wilayahKelurahan Alai yakni Laut Jam-bu, Laut Kulah dan Desa Sun-

    gai Buluh hingga kini masihmengandalkan air sumur. Itupun secara bergil ir untukmendapatkan air tersebut.

    Memang sebelumnya pe-merintah telah membangunfasilitas air bersih menggu-nakan Anggaran PendapatanBelanja Negara (APBN) beber-apa tahun lalu di daerah terse-

    but. Namun air bersih itu tidaklagi mengalir ke rumah warga.

    Sehingga saat ini wargapun terpaksa mengandalkanair sumur. K arena semak inbanyak warga memakai airsumur dan seiring makin ja-rang turun hujan air sumurpun semkin menipis. Wargapun melakukan berbagai up-

    aya untuk memenuhi kebu-tuhan air, di antaranya mem-beli dari sumber air di daer-ah la in . Kondis i in i tentumemprihatinkan sekali . Se-bab dar i tahun ke tahunmasyarakat terkadang men-gangkut air ke sumur umumyang jaraknya cukup jauh.

    Sementara untuk mem-bangun sumur di rumah mere-ka memang tidak bisa karenastruktur tanah dan kadar air

    cukup asin,. Apalagi kampung-kampung yang krisis air ber-sih tersebut memang merupa-kan wilayah pesisir yang de-kat laut dan jauh dari sumberair. Kesulitan warga ini me-mang sungguh nyata sehing-ga membutuhkan perhatianserius dari pemerintah.

    Fakta-fakta kesulitan war-ga untuk mendapat air bersihtersebut dikemukakan untukmenyadarkan kita betapa

    berharga nilai air bersih keti-ka menjadi barang yang lang-ka. Banyak orang yang keha-bisan dan harus berjuang be-rat untuk memenuhi kebutu-han air. Ada daerah yang ke-langkaan air bersih, sehinggaorang atau daerah yang ber-lebih air bisa lebih men-syukuri dan menghargai jikamemang tidak memiliki ke-sempatan untuk membantuyang kekurangan.

    Kita masih sering menyak-sikan di rumah-rumah wargayang kelebihan air, merekamembuka keran selebar- leb-arnya. Air dibiarkan tumpahterlalu banyak ketika meng-gunakan air untuk berbagaikeperluan rumah tangga. Un-tuk itu sudah saatnya menan-

    amkan kesadaran untuk ber-empati kepada orang ataudaerah yang kekurangan air.Perlu lebih efisien menggu-nakan air dalam berbagai kep-erluan.

    Untuk daerah yang mulailangka air, pemerintah harusmulai memetakan potensi danarea kekeringan. Langkah an-tisipasi perlu disiapkan sejaksekarang, mulai dari penyedi-aan dana yang cukup untukpengedropan, memperbaikisumur-sumur dalam, mencarisumber- sumber air, maupunmengajak pihak swasta untukturun membantu daerah yangkekurangan air. Jangan sampaipada puncak kekeringan, war-ga di daerah kebingunganmencari air. Semoga. ***

    Di antara kebaikan yangpaling utama bagi wanita -baikia sebagai ibu, saudari, putri,maupun istri- adalah mempel-ajari hukum-hukum agama,syariat-syariat, dan kewajiban-kewajiban yang dibebankankepadanya. Mereka membutu-hkan kepada cahaya dan ilmudalam menyembah Allah Sub-hanahu wa Taala. Mereka jugamerupakan individu yang me-miliki beban sebagaimanalaki-laki. RasulullahShallallahualaihi wa Sallam pun selalubertemu dengan wanita dimasjid Madinah. Mereka seri-ng bertanya dan memintapenjelasan kepadanya. Rasu-lullah pun menjawab pertan-yaan dan keingintahuan mere-ka tentang segala hukum ag-ama. (Shahih Al-Bukhari: 1/36,IX/124)

    Beramal dengan hadits-hadits shahih dengan fiqihsebagai ilmu yang memetakanpembahasan antara hukum-hukum Allah dan amal per-buatan mukallaf adalah jami-nan mutu bagi diterimanyaamal ibadah di sisi Allah danterjaganya ajaran agama darinoda-noda bidah, kerancuanpemahaman dan kesesatan.Oleh karena itu, kita wajibmemperhatikan wanita musli-mah dengan sekuat tenaga,apalagi di zaman sekarang inisehingga kita dapat mem-bimbing dan mengarahkanmereka ke jalan keselamatan

    yang diridai oleh Allah danRasulullah Shallallahu alaihiwa Sallam. (Syaikh MuhammadAl-Utsaimin)

    Kutipan tulisan di atas di-ambil dari buku Shahih FiqihWanita karya Syaikh Muham-mad Al-Utsaimin. Syaikh Al-Utsaimin dilahirkan pada 27Ramadhan 1347 H di kota Un-aizah, Arab Saudi. Kemudianselanjutnya pada masa hidup-nya, menempuh pendidikanIslam dengan mempelajari tau-hid, tafsir, hadits, dan fiqh se-lama 11 tahun.

    Buku ini menceritakan ten-tang hukum-hukum dan kon-sep yang islami seputar iba-dah yang selalu melibatkankaum hawa, dari mulai babbersuci hingga jual beli. Nah,lebih lengkapnya, apa aja sih,yang dikupas di kitab ini? Seg-era miliki. (wec)

    Dasar penetapan Idul

    Fitri pada dasarnya berlan-

    daskan pada hadis, Berpua-

    salah karena melihat hilal

    dan berbukalah karena meli-

    hat hilal. Apabila tertutup

    awam, maka sempurnakan-

    lah.

    Dari hadis ini secara garis

    besar memunculkan perbe-

    daan pemahaman, yakni ali-

    ran rukyat dan aliran hisab.

    Hal ini wajar karena hadis ini

    masih mengandung (mu-

    htamil) beberapa arti, di ant-

    aranya rukyah bil ilmi (yang

    melahirkan aliran hisab) dan

    rukyah bil ain (yang melahir-

    kan aliran rukyat).

    Bahkan di Indonesia ter-

    dapat banyak aliran dampak

    dari perbedaan pemahaman

    hadis hisab rukyat tersebut.

    Namun, yang banyak mewar-

    nai dalam wacana peneta-

    pan awal Ramadhan, Syaw-

    al, dan Dzulhijah selama ini

    adalah aliran rukyat satu

    wilayah negara (rukyah fi

    wilayatil hukmi) yang dipa-

    kai Nahdlatul Ulama, aliran

    hisab wujudul hilal yang dipa-

    kai Muhammadiyah, dan his-

    ab imkanurrukyat yang dipa-

    kai pemerintah.

    Walaupun ada aliran

    rukyat internasional yang di-

    pakai oleh Hizbut Tahrir, ali-

    ran kejawen, dan lainnya.

    Apalagi masing-masing ali-

    ran juga sering kali mengelu-

    arkan fatwanya. Wajar jika

    sering terjadi perbedaan.

    Menurut perhitungan his-

    ab hakiki kontemporer, ijtima

    (konjungsi matahari dan bulan

    akhir Ramadhan 1436 H terja-

    di pada Kamis legi, 16 Juli

    2015/29 Ramadhan 1436 H

    pada pukul 08.25.30 WIB. Saat

    matahari terbenam pada Ka-

    mis 16 Juli 2015, tinggi bulan

    di wilayah Indonesia sudah

    positif. Di Pelabuhan Ratu,

    misalnya, tinggi bulan men-

    capai +2 derajat 42 menit.

    Mengingat posisi bulan

    tersebut secara hisab dengan

    kriteria wujudul hilal mau-

    pun kriteria imkanurrukyat

    2-3-8 sudah dapat memasti-

    kan bahwa awal Syawal 14-

    36 H pada 16 Juli 2015 (set-

    elah Maghrib). Bagaimana

    dengan rukyat pada Kamis 16

    Juli 2015? Apakah para ahli

    rukyat dapat berhasil meli-

    hat hilal atau citra hilal pada

    16 Juli 2015?

    Mengingat posisi bulan

    dan matahari pada 16 Juli

    2015, hilal tersebut tergolong

    sulit untuk bisa diamati wa-

    laupun memenuhi kriteria

    imkanurrukyat 2-3-8. Kesem-

    patan untuk pengamatan hi-

    lal setelah matahari terbe-

    nam relatif sangat singkat.

    Di Pelabuhan Ratu, mis-

    alnya, matahari terbenam

    pada pukul 17.51 WIB dan

    disusul bulan terbenam pu-

    kul 18:06 WIB atau 15 menit

    setelah matahari terbenam.

    Elongasi atau jarak sudut

    matahari dan bulan menca-

    pai 5 derajat 14 menit pada

    pukul 17:51 WIB. Sedangkan,

    elongasi matahari dan bulan

    mencapai 4 derajat 55 menit

    pada pukul 14:00 WIB.

    Dukungan cuaca yang rela-

    tif kering pada Juni maupun

    Juli memberikan harapan

    keberhasilan pengamatan hi-

    lal awal Syawal 1436 H. Wa-

    laupun rukyat pada Kamis 16

    Juli 2015 dilakukan dengan

    teleskop pada siang hari, cit-

    ra hilal yang telah memenuhi

    kriteria 2-3-8 tergolong san-

    gat sukar diamati.

    Pengamatan hilal siang

    hari (sebelum matahari ter-

    benam) selain dimaksudkan

    memperoleh citra sabit bulan

    yang akan menjadi cikal ba-

    kal hilal yang dapat diamati

    dengan mata bugil, juga un-

    tuk mengetahui gerak harian

    dan posisi bulan setiap saat

    sehingga pengamatan hilal

    dapat berkonsentrasi ke arah

    yang ditunjukkan oleh te-

    leskop untuk mencegah keke-

    liruan objek langit yang akan

    diamati.

    Untuk seluruh wilayah

    Indonesia dari Merauke sam-

    pai Sabang ketinggian hilal

    mari dari +01 derajat 39

    menit sampai +02 derajat 55

    menit. Pelabuhan Ratu, Jawa

    Barat, yang biasa dinyatakan

    berhasil melihat hilal dengan

    ketinggian hilal mari +02

    derajat 25 menit.

    Dari data hisab ini dapat

    dipastikan bahwa Muham-

    madiyah (aliran hisab wu-

    judul hilal) akan berhari raya

    pada Jumat pahing, 17 Juli

    2015, karena jelas ketinggian

    hilal sudah di atas ufuk. Begi-

    tu pula pemerintah jika me-

    mang konsisten dengan prin-

    sip hisab imkanurrukyat,

    mestinya walau tetap menu-

    nggu hasil pelaksanaan ru-

    kyatul hilal pada sore hari

    Kamis legi, 16 Juli 2015, tapi

    ketinggian hilal menurut

    standar tradisi Indonesia 2

    derajat biasanya dapat dili-

    hat (dirukyat) sehingga ten-

    tunya akan menetapkan 1

    Syawal 1436 H jatuh pada

    Jumat pahing, 17 Juli 2015

    sehingga puasa Ramadhan-

    nya hanya 29 hari.

    Sedangkan, Nahdlatul

    Ulama yang memakai aliran

    rukyat dalam satu wilayah

    negara (rukyah fi wilayatil

    hukmi), penentuannya masih

    menunggu hasil rukyat yang

    dilakukan pada sore hari,

    Kamis legi, 16 Juli 2015. Na-

    mun, mestinya Nahdlatul

    Ulama dapat mempertim-

    bangkan hasil hisab yang me-

    nunjukkan ketinggian hilal

    yang ditradisikan di Indo-

    nesia bisa dilihat, yakni 2

    derajat.

    Apalagi di Nahdlatul Ula-

    ma juga banyak pakar hisab

    yang terwadahi dalam La-

    jnah Falakiyyah Nahdlatul

    Ulama. Karena Indonesia

    termasuk daerah yang sulit

    untuk rukyat karena tropis

    (curah hujan termasuk ting-

    gi). Apalagi menurut ramalan

    BMKG ada kemungkinan

    mendung, jika Nahdlatul Ul-

    ama patent harus dengan

    hasil rukyatul hilal, jika ter-

    lihat akan ber-Idul Fitri

    sama, yakni Jumat, 17 Juli

    2015.

    Namun, jika tidak berha-

    sil dilihat, harus menyem-

    purnakan 30 hari bulan

    puasa(istikmal), yang berar-

    ti Jumat pahing, 17 Juli 2015

    masih tanggal 30 puasa Ra-

    madhan. Sedangkan, Hari

    Raya Idul Fitri pada Sabtu

    pon, 18 Juli 2015.

    Karena ini masalah fikih

    sosial, kiranya penetapan

    awal Ramadhan, Syawal, dan

    Dzulhijah ini idealnya jika

    kita sepakat untuk bersama-

    sama, cukup ada satu ifta

    atau itsbat dalam satu nega-

    ra sebagaimana negara lain,

    seperti Malaysia, misalnya,

    percaya pada ifta atau itsbat

    pemerintah.

    Sehingga kebersamaan

    akan dapat terwujud dengan

    baik, sebagaimana kaidah fikih

    hukmul hakim ilzamun wa

    yarfaul khilaf (penetapan pe-

    merintah menyelesaikan dan

    menghilangkan perbedaan).

    Tidak seperti selama ini, mas-

    ing-masing ormas mengeluar-

    kan fatwa, walaupun mereka

    juga ikut sidang itsbat yang

    digelar pemerintah.

    Snouck Hurgronje (orien-

    talis Belanda) pernah menga-

    takan , Tak usah heran jika di

    negeri ini (Indonesia) hampir

    setiap tahun timbul perbe-

    daan tentang awal dan akhir

    puasa. Bahkan terkadang per-

    bedaan itu terjadi antara ka-

    mpung yang berdekatan.

    Merujuk pada hasil hisab

    di atas kiranya Idul Fitri

    1436 semoga ada tim yang

    berhasil melihat hilal agar

    tidak terjadi perbedaan, yak-

    ni pada Jumat pahing, 17 Juli

    2015. Kompak merayakan

    Idul Fitri kiranya lebih enak

    daripada merayakan pada

    hari yang berbeda karena

    akan lebih terasa nikmat,

    syiar agama lebih baik.***

    (Bagian Pertama)

    BILA anda memiliki 2 Ha lahan

    produktif , berapakah hasil

    yang bisa anda peroleh sela-

    ma setahun? Bila tanah anda

    ternyata 156.600 Ha, berapa-

    kah kapitalisasi produktivitas-

    nya? 156 ribu hektar adalah

    luas tanah waqaf yang ter-

    daftar di Kemenag RI, yang

    sayangnya terserak

    dilebih dari 403 ribu

    lokasi. Artinya luasan

    rata-rata hanyalah 0.4

    Ha/lokasi. Dengan lu-

    asan sebesar itu, tidak

    besar kapitalisasi pro-

    duktivitas yang bisa

    diharapkan. Yang leb-

    ih menarik adalah, 2/3 meru-

    pakan tanah wakaf untuk

    makam dan rumah Ibadah, si-

    sanya pendidikan dan < 0.1%

    dengan peruntukan produktif.

    Untuk memahami angka-ang-

    ka tersebut, periodisasi waqaf

    di Indonesia dapat memberi-

    kan gambaran latar belakang-

    nya. Pembagian periode terse-

    but menggambarkan cara

    pandang waqif dan praktek

    waqaf yang berkembang ser-

    ta tidak dibatasi oleh pem-

    bagian berdasarkan tahun

    atau dekade secara kaku.

    Periode Tradisional. Istilah

    tersebut digunakan untuk

    menandai cara padang

    dan praktek waqaf

    yang lebih sederhana.

    Pada periode ini, waqaf

    lahan mayoritas dipe-

    runtukkan untuk ru-

    mah ibadah, lahan pe-

    makaman dan sarana

    pendidikan. Periode ini

    menandai manfaat sosial se-

    bagai tujuan utama waqaf.

    Perilaku tersebut juga nampa-

    knya didorong oleh kondisi

    umat Islam Indonesia yang

    miskin, tertinggal, dan di-

    bawah tekanan penjajah atau

    baru saja merdeka sehingga

    manfaat sosial seperti pendid-

    ikan dan pemakaman lebih

    dikedepankan. Waqaf untuk

    tujuan produktif masih sangat

    minim dan dapat diabaikan.

    Periode peralihan dimulai

    sekitar dasarwarasa 70 dan 80.

    Periode ini ditandai dengan

    penggunakan lahan waqaf un-

    tuk kegiatan-kegiatan eko-

    nomi. Umumnya peralihan ini

    dimulai dilahan rumah ibadah

    dan sarana pendidikan. Pen-

    gelolaan yang lebih tertata

    menjadi pembeda dengan

    waqaf produktif di periode Tr-

    adisional. Kegiatan produktif

    memanfaatkan lahan waqaf

    tersebut umumnya untuk me-

    nopang aktivitas sosial yang

    dikelola nazhir, seperti subsidi

    biaya sekolah, santunan anak

    yatim. Ciri lain dari periode ini

    adalah ketidak hadiran hukum

    positif yang melandasi aktivi-

    tas tersebut. Munculnya organ-

    isasi & program waqaf adalah

    cirri lainnya. Beberapa organ-

    isasi tersebut adalah Pondok

    Pesantren Modern As-Salam

    Gontor dan Badan Waqaf Uni-

    versitas Islam Indonesia.

    Periode modern ditandai

    dengan lahirnya UU no 41 ten-

    tang Pengelolaan Waqaf pada

    tahun 2004. Inilah produk hu-

    kum positif dengab nuansa

    kental waqaf produktif. Pada

    periode ini dimulainya pe-

    manfaatan dana waqaf untuk

    tujuan produktif langsung

    seperti pembiayaan mudhar-

    abah atau investasi pada in-

    strumen-instrumen investasi

    syariah, bentuk-bentuk yang

    tidak hadir sebelumnya. Peri-

    ode ini juga menghasilkan le-

    cutan edukasi dan pengelo-

    laan harta waqaf.

    Meski secara keseluruhan

    ragam pengelolaan waqaf di

    Indonesia diwarnai oleh per-

    kembangan pengelolaan wa-

    qaf di Timur Tengah, khususn-

    ya Mesir, namun pengelolaan

    waqaf di Indonesia tetap had-

    ir dengan cirinya yang khas.

    Seperti halnya zakat, gerakan

    waqaf di Indonesia dimotori

    oleh elemen masyarakat. Pe-

    merintah yang menyadari

    perkembangan tersebut kemu-

    dian menyediakan landasan

    formalnya. Ini pula yang mem-

    bedakan Indonesia dengan

    Malaysia dan Singapura. Wa-

    qaf dikedua Negara tersebut

    adalah hasil kebijakan pemer-

    intah. Sementara di Indonesia

    adalah hasil gerakan ma-

    syarakat, yang meski dengan

    laju yang lebih rendah, namun

    hadir dengan momentum ya-

    ng jauh lebih tinggi. Jumlah

    penduduk yang lebih tinggi

    dipadukan dengan kebangki-

    tan kesadaran secara komunal

    ditingkat akar rumput, waqaf

    di Indonesia diperkirakan akan

    sangat mewarnai model pen-

    gelolaan waqaf sekurangnya

    di Asean. ***

  • CMYK

    CMYK

    IklanRabu, 8 Juli 2015 6

  • Sambungan 7Rabu, 8 Juli 2015

    Fokus Urus Dari Halaman 1

    Siap Dilantik Dari Halaman 1

    Tiap Korban Dari Halaman 1

    Siap Tempur Dari Halaman 1

    "Yang nawarin banyak. Ya film,sinetron, FTV, tapi niatnya sudahenggak ke sana," kata Inneke."Yang ngajak aku tuh film islamisemua," sambungnya.

    Namun, istri Fahmi Darmawan-

    sya tersebut tak menutup ke-mungkinan suatu ketika nanti akankembali ke dunia yang membesarkannamanya. "Enggak tahu ke depanseperti apa, akan terjadi apa, siapatahu ke depan shooting lagi," ujar dia.

    Untuk sementara ini Innekemengaku ingin berkonsentrasimengurus anaknya yang masihbelia. "Pengin ngurus anak-anakaja. Sampai mereka benar-benarbisa ditinggal. Bares deh," ucapnya.

    di kompetisi internasional, sepertiPiala Dunia, Piala Emas dan PialaKonfederasi.

    Sebaliknya Honduras yang di-kenal dengan Julukan Los Ca-trachos mempunyai prestasi yangsangat buruk. Di Piala Emas, Hon-duras hanya mampu bertahanhingga putaran kedua. Dan diajang Piala Dunia 2014 merekaharus gagal di putaran pertama.

    Namun Honduras yang sadartidak di favoritkan di laga ini, akanmencoba tampil maksimal untukmembuat kejutan perdana. Di ba-wah tangan dingin pelatih JorgePinto memang tidak ada namapemain yang cukup mentereng na-manya di liga top Eropa. Tapi inibukan berarti akan menjadi ala-san bagi Honduras untuk menye-rah sebelum bertanding.

    Dilaga kali ini peluang keduatim untuk meraih kemenangan sa-ma-sama cukup besar. NamunAmerika Serikat nampaknya ma-sih favorit di laga ini selain di un-tungkan dengan main di depanpublik sendiri. Amerika Serikatjuga punya keunggulan 3 keme-nangan atas Honduras di 5 per-temuan terakhir yang membuat ASsemakin di unggulkan. (ibc/gbc)

    Kepri melalui surat keputusangubernur. Bantuan diberikan ke-pada penumpang pesawat Hercu-les asal

    Natuna yang dibuktikan de-ngan data identitas diri sepertiKTP dan KK.

    "Bantuan ini akan kita serah-kan kepada keluarga korban atauahli warisnya. Nanti yang akanmenyerahkan bagian Kesra Kabu-paten Natuna, karena yang lebihmengetahui data riilnya adalahPemkab Natuna," katanya.

    Bupati Natuna, Ilyas Sablimenyambut baik bantuan yangdiberikan Pemprov Kepri kepadakeluarga korban. Pihaknya me-nyatakan segera mendata calonpenerima santunan agar tidakterjadi kesalahan.

    "Kita tunjuk Bagian Kesra un-tuk mendata ahli waris yang akanmenerima bantuan ini, sesuai ara-han BPBD, yang berhak menerimabantuan adalah korban yang ting-gal di Natuna dan dibuktikan de-ngan KTP dan KK," katanya.

    Ilyas menerangkan, menurutdata manifest penumpang Her-cules C-130 yang jatuh di Medan,jumlah korban tujuan Natuna se-banyak 61 jiwa. Namun jumlahkorban yang merupakan pendudukasli Natuna dan dipulangkan ke

    Natuna sebanyak 23 jenazah.Saat ini, kata dia, jumlah jena-

    zah yang sudah dipulangkan keNatuna sebanyak 18 jenazah, danmasih ada 5 jenazah lagi yang ma-sih dalam proses pencocokan DNA.

    TNI AU CariSementara itu di Jakarta, Ke-

    pala Staf TNI Angkatan UdaraMarsekal Agus Supriatna menga-takan, hingga saat ini, TNI AUbelum menemukan pemilik antenayang diduga menjadi penyebabjatuhnya Hercules C-130 di Me-dan, pekan lalu. Menurut Agus,dugaan tersebut diketahui melaluihasil investigasi sementara.

    "Pemilik antena belum kete-mu, kabur," ujar Agus, saat dite-mui seusai mengikuti acara bukapuasa bersama TNI dengan Pre-siden dan Wakil Presiden, di Ma-bes TNI Cilangkap, kemarin.

    Agus mengungkapkan, dari ha-sil investigasi sementara, diketa-hui bahwa Hercules yang lepaslandas dari Lanud Soewondo, padaSelasa (30/6), pukul 11.45 WIB,mengalami kerusakan pada mesinnomor empat. Hal tersebut menye-babkan pilot Hercules memilih un-tuk menambah kecepatan dan ber-putar kembali ke arah landasan.

    Saat ingin menambah kecepa-tan, kata Agus, Hercules terhalang

    antena yang tingginya melebihi150 kaki. Akibatnya, pilot menga-rahkan pesawat ke arah kanan,dan menabrak kubah sebelum ak-hirnya jatuh.

    Agus membantah masalah ke-lebihan beban menjadi penyebabjatuhnya pesawat. Menurut dia,aturan penerbangan sudah me-ngatur mengenai berat maksimalmuatan dalam pesawat.

    "Tidak ada, mana ada pener-bangan boleh over load. Ngarangitu, tidak ada," kata Agus.

    Sebelumnya, saat ditemui padaKamis (2/7) di Lanud Halim Per-danakusuma, Jakarta, Kepala Di-nas Penerangan TNI AU MarsmaDwi Badarmanto mengatakanbahwa meski ada masalah mesin,pesawat jenis angkut militer itusebenarnya bisa saja selamat jikatidak menabrak antena.

    Dwi meyakini, jika hal itu ter-jadi di bandara seperti Halim yangtak memiliki hambatan di luarlapangan udara dengan antenatinggi, maka pesawat bisa kembaliselamat. Namun, menurut dia, dilingkungan Lanud Soewondo, Me-dan, terdapat antena-antena tinggi.

    Padahal, dalam aturan pener-bangan, sebut Dwi, tidak boleh adaobstacle atau gangguan pada na-vigasi penerbangan. (kcm)

    persiapan," ucap Moeldoko di lokasiyang sama.

    Menurut Moeldoko, ada tigaperwira tinggi yang berpeluangmenggantikan Gatot sebagai KS-AD. Namun ia belum bersediamembocorkan siapa yang berpe-luang dari tiga nama perwira tinggibintang tiga tersebut.

    "Belum ada (pengganti KSAD),masih diajukan. Minimum ada 3lah," tutur jenderal bintang 4 itu.

    Pelantikan Jenderal Gatot se-bagai Panglima TNI akan bersa-maan dengan pelantikan KepalaBIN Letjen (Purn) Sutiyoso. Kedua-nya mendapat restu dari DPR RI.

    Sebelumnya, Presiden Jokowimenegaskan bahwa seluruh per-syaratan administratif yang di-butuhkan bagi pelantikan calonPanglima TNI dan Kepala BIN itusudah lengkap.

    "Iya (dilantik bareng), tapi nan-ti," kata Presiden Jokowi usaishalat taraweh di Istana Bogor,Minggu (5/7) malam.

    Jenderal Gatot Nurmantyoakan menggantikan posisi senior-nya Jenderal Moeldoko yang akanmemasuki usia pensiun pada 1Agustus mendatang, sementaraLetjen Purn. Sutiyoso akan meng-gantikan posisi Kepala BIN sebe-lumnya, yaitu Letjen TNI Purn.Marciano Norman.

    Pencalonan Gatot Nurmantyodan Sutiyoso telah mendapatkanpersetujuan dalam rapat paripurnaDPR-REI, pada Jumat (3/7) lalu.

    Sebelum dilantik sebagai Pang-lima TNI, Gatot yang lahir diTegal, Jawa Tengah, pada 13 Ma-ret 1960 menjabat sebagai KepalaStaf TNI Angkatan Darat (KSAD)ke-30. Jabatan itu disandangnyasejak 25 Juli 2014 setelah ditunjukPresiden Susilo Bambang Yudho-yono untuk menggantikan JenderalTNI Budiman.

    Gatot adalah lulusan AkademiMiliter tahun 1982. Dia berpe-ngalaman di kesatuan infanteribaret hijau Kostrad. Gatot jugapernah menjadi Komandan Ko-diklat TNI-AD, Pangdam V/Bra-wijaya, dan Gubernur Akmil. Saatini, Gatot tercatat sebagai KetuaUmum PB FORKI periode 2014-2018.

    Curhat ke JokowiKemarin, Presiden Joko Widodo

    dan Wakil Presiden Jusuf Kallahadir di acara buka puasa bersamadi GOR Ahmad Yani, Mabes TNICilangkap. Panglima TNI JenderalMoeldoko yang menjadi tuan ru-mah sempat menyampaikan ke-inginan para prajurit dalam acarabuka bersama itu.

    "Kami prajurit menginginkankekuatan TNI dipercepat," ungkap

    Moeldoko dalam sambutannya.Meski demikian, kata Moel-

    doko, TNI memahami bahwa nega-ra memiliki keterbatasan. TNI pundisebutnya akan senantiasa beker-ja yang terbaik bagi negara.

    "TNI sangat memahami kon-disi ekonomi nasional dan ke-mampuan anggaran yang dimi-liki negara. Kami memahamiketerbatasan negara. Tapi apa-pun keterbatasannya, TNI tidakpernah surut pengabdiannyauntuk bangsa dan negara," kataMoeldoko.

    "Kami selalu memberikan pe-ngabdian yang terbaik, kontribusipada kondisi politik, stabiltaspolitik dan keamanan selalu kamiperhatikan, sehingga pembangu-nan ekonomi nasional dapat lan-car, sehingga masyarakat cepatmendapat kesejahteraan," sam-bung Moeldoko.

    Moeldoko berjanji bahwa TNIakan selalu mengawal pemerin-tahan Jokowi-JK. "Agar presidendan wapres serta jajaran dapatbekerja dengan tenang, tidak bolehdiganggu siapapun," tuturnya.

    Acara buka bersama ini di-hadiri pula oleh Kapolri JenderalBadrodin Haiti, serta sejumlahjajaran menteri kabinet kerja se-perti Menkopolhukam Tedjo EdhyPurdijatno. (ant/dtc/kcm)

    Terlibat Skandal Seks

    Enam Praja IPDN Riau DikeluarkanPEKANBARU (HK) DirekturInstitut Pemerintahan Dalam Ne-geri Riau, Rizka Utama memban-tah adanya kasus pemerkosaan disekolah tersebut. Ia mengklari-fikasi yang terjadi adalah kasusskandal seks melibatkan enampraja yang kini sudah dikeluarkandengan tidak hormat.

    "Jadi bukan kasus pemerko-saan, tapi kasus asusila," kataRizka Utama kepada wartawan diPekanbaru, Senin.

    Sebelumnya, Menteri DalamNegeri Tjahjo Kumolo pada Jumat(3/7) mengungkap adanya kasuspemerkosaan yang melibatkanpraja di IPDN Rohil. Menurut Riz-ka, telah terjadi salah informasiterkait kejadian sebenarnya ke-pada Mendagri.

    "Akan segera saya berikan kla-rifikasi," ujar Rizka.

    Ia menjelaskan, praja yangterlibat skandal seks adalah duapraja wanita yang berinisial W danR. Mereka diduga melakukan per-buatan asusila terhadap empatpraja laki-laki.

    "Dua wanita merupakan prajayang baru pindah dari Jatinangor,mereka masih tingkat II dan te-man satu kamar. Mereka itu me-mang sering berbuat begitu waktumasih di Jatinangor. Kita heranmengapa bisa lulus, praja sepertiitu," katanya.

    Ia mengatakan kedua prajawanita itu berasal dari JawaBarat. Keenam praja tersebutsudah dikeluarkan, namun ia tidakmerinci empat praja laki-laki yangterlibat.

    Menurut dia, kasus tersebutsudah terjadi sejak awal tahun2015. Kasus itu terungkap setelah

    dokter dan pihak rektorat curigakarena mereka terlihat seringletih, lesu tidak pernah kondisi fit.

    "Setelah dicek oleh dokter ter-nyata mereka itu ya begituan, se-perti kelainan begitulah," katanya.

    Sementara itu, Kapolres Ro-hil AKBP Subiantoro mengata-kan tidak pernah menerima la-poran dari pihak IPDN maupunkorban terkait kasus perkosaan.Menurut Subiantoro, pihak ke-polisian tidak akan tinggal diamapabila kasus pemerkosaan pra-ja itu benar terjadi. Namun, iamengaku heran mengapa korbanmaupun pihak sekolah tidak me-lakukan pelaporan.

    "Kita siap saja untuk mena-ngani kasus ini, tapi seharus-nya untuk pemerkosaan adalahdelik aduan dari korban," ka-tanya. (ant)

    Hang Nadim Mulai Dipadati PemudikBATAM (HK) Bandara Inter-nasional Hang Nadim Batam mu-lai dipadati calon penumpangpesawat yang ingin mudik kekampung halaman untuk meraya-kan Hari Raya Idul Fitri 1436Hijriyah.

    "Kondisinya cenderung mulairame dibandingkan hari-hari se-belumnya. Mungkin karena ber-barengan dengan libur sekolah,jadi banyak yang mudik duluan.Khususnya anak-anak usia se-kolah," kata Kepala BagianUmum Bandara InternasionalHang Nadim Batam, Suwarso diBatam, Selasa (7/7).

    Suwarso mengatakan, padahari-hari biasa jumlah penum-pang yang meninggalkan Batamberkisar 7.000 orang. Namun da-lam beberapa hari terakhir su-dah meningkat meski belum sig-nifikan.

    Untuk mengurai kepadatan

    yang terjadi pada pintu masukkeberangkatan Bandara Inter-nasional Hang Nadim Batam,pihak bandara mengambil ke-bijakan mengoperasikan dua pin-tu masuk yang ada.

    "Karena padat, kami buka duapintu keberangkatan yang ada.Karena calon penumpang yanghendak berangkat memang ba-nyak," kata dia.

    Salah seorang penumpang Ga-ruda Indonesia tujuan Surabaya,Lilis mengatakan, mumpung lagimasa libur sekolah ingin me-ngajak dua anaknya mudik lebihcepat sekalian berlibur di kam-pung halaman.

    "Mumpung lagi libur, jadi pu-lang lebih cepat. Apalagi anak-anak juga libur sekolah. Lagiantiketnya kalau mepet-mepet Le-baran makin mahal," ujarnya.

    Sementara itu, perwakilanmanajemen Citilink Batam me-

    nyatakan sejak beberapa hariterakhir seluruh kursi penerba-ngan terisi hampir 100 persen.

    "Semua pesawat rata-ratasudah terisi 100 persen sejakbeberapa hari ini. Kalau diban-dingkan hari-hari biasa, me-mang sudah meningkat," kataDistrik Manajer Citilink Ba-tam, Hendra.

    Citilink, kata dia, saat inimelayani penerbangan Batam-Cengkareng tiga kali sehari, Ba-tam-Padang tiga kali sehari, Ba-tam-Surabaya dua kali sehari,Batam-Medan dua kali sehari,Batam-Palembangg dua kali se-hari, dan Batam-Pekanbaru duakali sehari.

    "Mulai H-7 kami akan me-nambah penerbangan masing-masing satu kali sehari ke Su-rabaya dan Jakarta. Tiket masihbisa dibeli diloket Bandara HangNadim," kata Hendra. (ant)

    Basko: Menyantuni Dari Halaman 1Dalam kesempatan itu, Basko

    turut menyampaikan maaf lahir

    bathin kepada para pemimpin

    daerah di Kepri, relasi Haluan

    Kepri serta warga Kepri.

    "Atas nama pemimpin Haluan

    Media Group, saya menyampaikan

    permohonan maaf jika kami per-

    nah melakukan salah dan khilaf,"

    kata Basko menutup sambutan

    singkatnya.

    Acara buka puasa bersama dan

    berbagi dengan anak yatim bagi

    keluarga besar Haluan Media

    Group merupakan agenda rutin

    sebagai bentuk kepedulian ter-

    hadap sesama, di samping juga

    wujud syukur atas karunia yang

    diberikan Allah SWT kepada ham-

    banya.

    Buka puasa bersama sekaligus

    sebagai wahana menjalin tali sila-

    turahmi tersebut turut dihadiri

    anggota DPRD Provinsi Kepri Su-

    kri Fahrial, anggota DPRD Batam

    Erizal Kurai, Pengurus IKSB Hen-

    dri Mulia, Sekretaris Organda Pro-

    vinsi Kepri Mulawarman, Ketua

    Dewan Redaksi Haluan Kepri H

    Kasri, WPU Haluan Kepri Sofialdi,

    Pemimpin Redaksi Rinaldi Sam-

    jaya, serta seluruh karyawan Ha-

    luan Kepri dan perwakilan di se-

    jumlah daerah.

    Dalam acara tersebut, Muham-

    mad Ulil Amri membacakan ayat

    suci Alquran, serta siraman rohani

    dari Ustad Utri Yanto. Ustad Yan-

    to mengajak hadirin untuk terus

    bersyukur atas nikmat yang telah

    dilimpahkan oleh Allah SWT. Di-

    katakannya, salah satu bentuk

    syukur adalah membersihkan hati

    dari penyakit hati dan senantiasa

    ingat kepada Allah, sehingga me-

    miliki rasa sosial yang tinggi.

    "Namun, jika kita kufur nik-

    mat, maka Allah akan mencabut

    kenikmatan tersebut," katanya

    saat memberi tausiyah.

    Ustad Utri Yanto mengingat-

    kan bahwasanya anak yatim me-

    rupakan tanggung jawab kita ber-

    sama. "Dengan menyantuni anak

    yatim, merupakan salah satu wu-

    jud syukur atas nikmat yang dilim-

    pahkan Allah SWT, dan ridha

    Allah bersama orang-orang yang

    bersyukur." ujarnya.

    Acara tersebut ditutup de-

    ngan pembagian santunan ke-

    pada anak yatim dari panti asu-

    han Darut Taqwa Bengkong PL-

    TD dan panti asuhan Arrahman

    Tanjung Sengkuang, serta pem-

    bagian sembako. (pti)

    PNS Dilarang Minta THRJAKARTA (HK) Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK) me-ngirimkan surat himbauan ke-pada para kepala lembaga peme-rintahan dan menteri untuk me-larang penyelenggara negara danpegawai negeri sipil (PNS) me-minta Tunjangan Hari Raya.

    "Permintaan dana atau ha-diah sebagai Tunjangan Hari Ra-ya atau sebutan lain oleh pegawainegeri atau penyelenggara negarakepada masyarakat atau peru-sahaan baik secara lisan atautertulis pada prinsipnya dilarangkarena merupakan penyalah-gunaan wewenang yang dapatmenjurus ke arah tindak pidanakorupsi atau dapat menimbulkanbenturan kepentingan atau me-nurunkan kepercayaan masya-rakat," demikian pernyataan da-lam surat imbauan ini.

    Imbauan dikeluarkan pada 1Juli 2015 dan ditujukan kepadaKepala Mahkamah Agung, Mah-kamah Konstitusi, pimpinan lem-baga tinggi, komisi negara, JaksaAgung, Kapolri, Pangilma TNI,Menteri Kabinet Kerja, kepalalembaga pemerintahan non ke-menterian, gubernur/bupati/wa-likota, para ketua DPRD, DirektsiBUMN/BUMN, ketua KADINIndonesia, ketua Asosiasi peru-sahaan di Indonesia hingga pim-pinan perusahaan swasta.

    Pimpinan instansi atau lem-baga pemerintah juga dimintamelarang penggunaan fasilitasdinas seperti kendaraan opera-sional dinas oleh pegawai untukkepentingan pribadi seperti untukkegiatan mudik.

    "Karena merupakan bentukpenyalahgunaan fasilitas ne-

    gara/daerah, menimbulkan ben-turan kepentingan sehingga da-pat menurunkan kepercayaanmasyara-kat kepada pegawainegeri atau penyelenggara ne-gara," sambung KPK.

    Pimpinan kementerian/lem-baga/pemda dan BUMN/BUMDdiharap memberikan imbauansecara internal pejabat danpegawai di lingkungan kerjanyauntuk menolak pemberian gra-tifikasi yang berhubungan de-ngan jabatannya dan berlawa-nan dengan kewajibannya danmenerbitkan surat terbuka/iklan melalui media massa yangditujukan kepada para pemang-ku kepentingan agar t idakmemberikan pemberian dalambentuk apapun kepada parapejabat dan pegawai di ling-kungan kerjanya. (ant)

    Gelar Juara Mayweather DicabutJAKARTA (HK) Pertandingan

    tinju terakbar sepanjang sejarah

    yang dimenangkan oleh Floyd

    Mayweather Jr atas lawannya

    Manny Pacquaio pada Mei lalu

    menuai masalah. Diberitakan

    koran the Guardian, Selasa, (7/7),

    gelar yang disandang Mayweather

    dicabut lantaran petinju yang

    akrab dipanggil Money telah ti-

    dak memenuhi aturan yang ber-

    laku.

    Gelar Mayweather lainnya

    seperti World Boxing Champion-

    ship (WBC) dan World Boxing

    Association (WBA) juga terancam

    dicabut pada Jumat nanti. Hal itu

    akan dilakukan bila dia tidak

    mau membayar denda USD 200

    ribu (RP2,6 miliar) sebagai upah

    pertandingannya melawan Pac-

    man pada 2 Mei silam. Disebut-

    kan penghasilan Money melebihi

    USD 200 juta (Rp2,6 triliun).

    Situs ESPN.com melaporkan

    Mayweather sudah menyalahi

    aturan pemegang gelar tinju, de-

    ngan memiliki dua sabuk dalam

    kelas yang sama. Pria ini sudah

    diberi tenggang waktu untuk me-

    mutuskan satu pilihan dalam dua

    gelar juara yang disandangnya,

    namun dia tidak juga memberi

    keputusan.

    "Komite Organisasi Kejuara-

    an Tinju Dunia (WBO) sebenarnya

    tidak memperbolehkan petinju

    memiliki dua gelar. Dalam kasus

    Mayweather, dia telah diberi

    waktu untuk memilih, namun dia

    tidak mengindahkannya. Aki-

    batnya gelar juara kelas berat

    WBO dicabut karena dia tidak

    mematuhi aturan," ucap WBO

    dalam pernyataanya, Senin ke-

    marin, (6/7).

    "WBO selalu menaruh hormat

    terhadap Floyd Mayweather de-

    ngan apa yang sudah dicapainya,

    namun setiap gelar pasti mem-

    punyai hak dan tanggung jawab

    yang wajib dipatuhi, dan dikon-

    disikan dengan aturan yang ber-

    laku," sambung WBO.

    Pertandingan Pacman dan

    Mayweather pada Mei lalu me-

    mang penuh kontroversi. Per-

    tandingan yang diadakan di

    Amerika Serikat itu dimenang-

    kan oleh Mayweather dengan

    selisih angka yang tak terlalu

    jauh. (mdk)

    DOK

    PRAJURIT TNI AU menurunkan peti jenazah salah satu korban Hercules C-130, yang tiba di Bandara Lanud Ranai, Jumat (3/7) lalu.

    Mayweather

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Ika, Layout: Novrizal

    8Rabu,

    8 Juli 2015

    BPMD - Kesbang Karimun Gelar Rakor dan Pembinaan FKUB se-KabupatenBADAN Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ke-satuan Bangsa (BPMD dan Kesbang) KabupatenKarimun menggelar kegiatan rapat kerja (raker) danpembinaan kepada Forum Kerukunan Umat Beraga-ma (FKUB) untuk beberapa Kecamatan di Kabupat-en Karimun.

    Hal itu dilaksanakan dalam rangka menyamakanpresespsi dan saling berkoordinasi mengenai langkahdan strategi dalam menyelesaikan persoalan yangterjadi dilapangan. Kegiatan tersebut diikuti olehpengurus FKUB di masing-masing Kecamatan mulaidari tokoh agama, MUI, Camat, Lurah dan lainnya.***

    Narasi: GaniFoto: Dokumentasi BPMD Kesbang Karimun

    HM Asyura Dilantik Jadi Ketua Forki KarimunMasa Bhakti 2015-2019

    HM Asyura dilantik sebagai ketua

    Federasi Olahraga Karate-Do Indop-

    nesia (Forki) Cabang Kabupaten

    Karimun masa bhakti 2015-2019,

    yang proses pelantikannya digelar di

    Gedung Nasional oleh Sekretaris

    Umum (Sekum) Pengprov Forki

    Kepri Ai Aprianto, Senin sore (6/7).

    Usai dilantik HM Asyura men-

    gaku siap memajukan Forki Ca-

    bang Kabupaten Karimun di ting-

    kat Provinsi Kepri maupun Na-

    sional. Itu dibuktikan dengan telah

    dilaksanakannya beberapa kegia-

    tan sebelum kepengurusannya di-

    lantik. Kegiatan yang dimaksud

    seperti mengirim wasit ke Jawa

    pada Maret lalu untuk dilatih,

    mengikiuti Kejurnas Inkanas,

    mengikuti PON Mahasiswa di Ba-

    tam dengan perolehan medali beru-

    pa empat emas, satu perak dan

    satu perunggu.

    Selain itu pula menurut Asyura,

    beberapa anggota Forki telah me-

    ngikuti DKC Open Internasional

    Batam, TC PON, mengikuti O2SN

    tingkat SD dan SMP di Karimun

    yang berhasil merebut satu satu

    perak dan dua perunggu.

    "Jadi masih banyak kegiatan

    lain yang telah kami lakukan sebe-

    lum dilaksanakannya pelantikan

    ini. Dari masa kemasa kita tahu

    Forki banyak melahirkan atlet-at-

    let. Tentunya kami akan tetap men-

    jaga tradisi agar atlet kita di Pro-

    vinsi Kepri dan khususnya di Kabu-

    paten Karimun dapat mengisi

    prestasi dalam PON mendatang

    yang beberapa atletnya sudah di-

    lakukan TC," ucap Asyura. ***

    Narasi dan Foto: Gani

    PARA peserta mengikuti rakor dan pembinaan FKUB di Kecamatan Kundur Barat CAMAT Meral Eko Riswanto menyampaikan pemaparan

    FOTO bersama usai rakor dan pembinaan FKUB di Kecamatan KarimunSEKRETARIS FKUB Kabupaten Karimun, Endang Sri Wahyu dan Camat Karimun Ramli bersama anggota FKUBlainnya menyampaikan pemaparan saat jalannya rakor dan pembinaan FKUB

    SEKRETARIS FKUB Kabupaten Karimun, Endang Sri Wahyu dan Camat Kundur Barat, Anji Trisno KAPOLSEK Meral, AKP Sulam menyampaikan pemaparan RAKOR dan pembinaan FKUB di Kecamatan Tebing

    PARA pengurus Forki Cabang Kabupaten Karimun ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya MENYANYIKAN lagu Indonesia Raya PARA FKPD dan tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum Forki CabangKabupaten Karimun, HM Asyura dan pengurus lainnya

    SEKUM Pengprov Forki Kepri Ayi Aprianto menyerahkan bendera pataka kepada Ketua UmumForki Cabang Kabupaten Karimun, HM Asyura

    SAMBUTAN dan pengarahan Sekum Peng-prov Forki Kepri Ayi Aprianto

    SAMBUTAN Ketua Umum Forki CabangKabupaten Karimun, HM Asyura

    PELANTIKANFoto bersama usai pelantikan pengurus Forki Cabang Kabupaten Karimun

  • Editor: Sofyan, Layouter: NovrizalCMYK

    CMYK

    BatamRabu, 8 Juli 2015 9

    Kapolsek Nongsa Tolak DikonfirmasiTahan Truk Limbah

    Badan Narkotika Nasional Provinsi(BNNP) Kepulauan Riau

    Menuju Provinsi Kepulauan Riau Bebas Narkoba 2015

    Pencegahan Berawaldari Keluarga

    DUKUNGAN keluarga merupakan salah satu faktor pentingdalam pemulihan seorang pecandu narkoba. Oleh karena ituwawasan dan pengawasan keluarga memiliki peran strategisdalam membentuk pertahanan terhadap bahaya penyalah-gunaan narkoba. Berbekal hal tersebut Bidang Pencegahandan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kepri melakukan sosial-isasi dan diskusi interaktif keluarga di Jodoh, Jumat (4/7).

    PariadiLiputan Batam

    NONGSA Kapolsek Nongsa KomisarisPolisi C Bambang Heriyanto menahan truktransporter limbah yang mengandung BahanBerbahaya an Beracun (B3) dengan nomorpolisi BP 9520 ZG. Limbah tersebut terdiridari cover sludge (limbah mesin).

    Sudah empat hari lorysaya ditahan di sini (PolsekNongsa). Kami hanya mem-

    bawa limbah B3, kata priayang mengaku sebagai kernettruk tersebut, Selasa (7/7).

    Ia mengatakan limbah B3

    Pencegahan Berawal Hal10

    Kapolsek Nongsa Hal10

    TAKAdeli TawarkanDiskon Hingga 40%

    BATAM (HK) Meraya-kan Idul Fitri 1436 H,TAKAdeli meluncurkanpromo TAKAdeli Eid Mu-barak Collection 2015.Berbagai koleksi tersediamulai dari hampers collec-tion, cookies collection,cake collection yang diser-tai dengan diskon spesialhingga 40 persen untukAnda yang ingin memberi-kan hadiah sempurna un-tuk berbagi dengan kelu-arga, teman, dan atau ko-lega.

    TAKAdeli Eid Mubarakhampers collection, cocokuntuk kebahagian ber-sama di momen spesial.Alih-alih menjadi hadiah,setiap hampers (hantaran)disusun dan dihiasi dengansangat sempurna. Kualitasproduk dengan standaryang tinggi di setiap itemdari koleksi hampers akanmenjadi hadiah yang indahbagi keluarga, teman atau

    kolega. Hampers collectionini ditawarkan dengan har-ga mulai dari Rp350.000.

    TAKAdeli Hal10

    Tersangka Alat UjiLaboratorium Tak Ditahan

    Dinilai Kooperatif selama PemeriksaanNONGSA (HK) Meski su-dah ditetapkan sebagai ter-sangka, Subdit III DirektoratKriminal Khusus (Ditreskrim-sus) Tipikor Polda Kepri tak

    menahan Kasi Perizinan Di-rektorat Lalulintas Barang BPBatam Heru Purnomo.

    Alasannya, karena HeruPurnomo dianggap cukup ko-

    orporatif saat menjalani pe-meriksaan selama tigahari berturut-turut di Mapol-da Kepri. Heru Purnomo di-tetapkan sebagai tersangka

    Tersangka Alat Hal10

    PROMO LEBARAN MenyambutLebaran, TAKAdeli Cake Boutiquesmenghadirkan TAKAdeli Eid Mu-barak Collection 2015 denganberbagai model hantaran, cookies,cake serta diskon spesial hingga 40persen. Promo ini sangat sempurnauntuk berbagi dengan keluarga,teman atau kolega.

    PARIADI/HALUAN KEPRI

    ANGKUT LIMBAH Seorang warga melihat truk yang mengakut limbah B3 di halaman Polsek Nongsa, Selasa (7/7). Truktersebut ditahan polisi tanpa jelas proses hukumnya.

  • Metro Batam 10Rabu, 8 Juli 2015

    Editor: Sofyan, Layouter:Novrizal

    Pencegahan Berawal Dari Halaman 9

    Tersangka Alat Dari Halaman 9

    karena diduga melakukankorupsi terhadap proyek pen-gadaan alat uji laboratoriumsenilai Rp3.4 miliar.

    Hrp koorporatif saat di-periksa selama tiga hari diMapolda Kepri, atas dugaankorupsi pengadaan alat laborBP Batam, kata DirekturDirektorat Reserse KriminalKhusus (Ditkrimsus) PoldaKepri, Kombes Syahar Dian-tono yang ditemui di ruangkerjanya, Selasa (7/7).

    Ia menyebutkan, ada lebihkurang 101 pertanyaan yangdiajukan penyidik kepada di-rinya terkait pengadaan alatlaboratorium milik BP Ba-tam dengan pagu Rp3.4 mil-yar tahun 2014. Semua pert-anyaan dijawab dengan lan-car oleh Hrp.

    Syahar menyebutkan,saat ini baru Hrp yang

    ditetapkan sebagai tersang-ka dalam kasus ini, namuntidak tertutup kemungkinanbakal ada tersangka baru,itu berdasarkan hasil pe-ngembangan penyelidikandalam waktu dekat ini,kata Syahar.

    Keterangan Syahar Dian-tono ini berbeda dengan ket-erangan Kasubdit III TipikorDitreskrimsus Polda KepriAKBP Arif Budiman.

    Arif mengatakan, pihakn-ya masih memeriksa dan ke-mungkinan besok (kemarin)sudah selesai dan kita tah-an, kata Arif Budiman, Se-nin (6/7).

    Kata Arif, dari pemerik-saan tersangka Hrp, pihakn-ya akan segera menentukantersangka baru dari kasus inilebih dari tiga orang.

    Ada tersangka baru leb-

    ih dari tiga orang. Tetapi kitalihat habis pemeriksaandulu, kata Arif.

    Senin (6/7), Hrp menda-tangi Polda Kepri memakaibaju kemeja putih danbawahan hitam. Hrp, hanyadidampingi dua orang pen-gacara yang sebelumnya di-dampingi oleh empat orangpengacara. Ya kali ini han-ya dua orang pengacarayang dampingi, ujar Arifsingkat.

    Hrp yang menjabat se-bagai Kasi Perizinan Direk-torat Lalulintas Barang BPBatam, merupakan tersang-ka dalam kasus pengadaanalat uji laboratorium BP Ba-tam tahun 2014. Hrp didugatelah menyalahgunaan ang-garan pengadaan alat uji la-bor tersebut dari pagu angga-ran Rp3,4 miliar. (tim)

    Bertujuan untuk mening-katkan wawasan dan kewas-padaan keluarga di Kepri,penyuluh BNNP Kepri, Kor-nelius Bolis Balawanga men-yampaikan, pihaknya turunke lapangan selalu dengantiga misi, yaitu yang pertama,mengkampanyekan programP4GN, kedua, mengajak parapenyalahguna narkoba untukpulih, dan yang ketiga, men-

    guatkan para mantan pecan-du yang telah pulih agar tetapjauh dari narkoba (relapse)dan berbagi cerita kepadaorang-orang dekatnya ten-tang dampak-dampak nega-tif narkoba.

    Disampaikan Kornel, be-berapa pecandu ada yang te-lah menjalani rehabilitasi,namun, karena kurangnyamotivasi dan pengawasan

    dari keluarga akhirnya ia ber-henti dari program rehabilita-si dan kembali menggunakannarkoba.

    Dalam hal ini, niat daripenyalahguna saja tidak cuk-up, karena itu kami menga-jak keluarga agar terus men-dukung mereka. Lingkunganmasyarakat juga harus ikutmendukung, jangan menguci-lkan," ucap Kornel.

    Sementara Itu, KepalaBidang Pencegahan dan Pem-berdayaan MasyarakatBNNP Kepri, Ali Chozin, me-nambahkan, bahwa hidupberkecukupan tidak menja-min anak atau keluarga ter-hindar dari resiko pengaruhnarkoba. Karenanya komuni-kasi dan perhatian yang di-berikan akan mempengaruhiperilaku dalam keluarga.

    "Komunikasi yang intimakan memperkuat hubunganantar anggota keluarga seh-ingga pengaruh buruk dari

    luar dapat dieliminasi, ujarAli.

    Dikatakan Ali, orang tuadiharapkan tidak menyem-bunyikan anaknya yang men-jadi korban penyalahgunaannarkotika.

    Para penyalahguna itusebenarnya sedang menderi-ta sakit akibat kecanduan-nya. Sakitnya mudah kam-buh dan obatnya hanya mela-lui rehabilitasi, ungkap Ali.

    BNN memastikan bahwaidentitas para pecandu yangdirehabilitasi dijamin kera-hasiannya.

    Tidak dituntut pidanadan gratis. Ini amanat un-dang-undang. Jadi ingat, jan-gan dibiarkan. Harus dipak-sa melaporkan diri kepadaBNN untuk rehabilitasi, ka-rena pengguna narkoba lebihsenang menjadi pencandu.Untuk itu, kita mengimbaukepada keluarga untuk me-laporkan," tambahnya. (r)

    IST

    KEPALA Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kepri, AliChozin, tengah memberikan penjelasan tentang bahaya narkoba.

    Seperti tahun- tahun sebel-umnya, dalam memyambut hariraya Idul Fitri 2015, kami akanpuaskan para pecinta cake bua-tan TAKAdeli Cake Boutiquesdengan mengusung tema TAKA-deli Eid Mubarak Hampers Col-lection. Cake yang yang disusundan dihiasi sedemikian rupa,dan pastinya dengan rasa khasTAKAdeli. ujar Manager Mar-keting TAKAdeli Cake Bouti-ques Batam, Bahar, Senin (6/7).

    Takadeli cookies collec-tion, menawarkan berbagaivariasi cookies yang bercitrarasa tinggi, unik mulai darikurma cookies, chox fudge,peas cookies, choconut cook-ies, Idul Fitri cookies sertabanyak pilihan cookies lain-nya yang ditawarkan dengan

    harga mulai dari Rp50.000per toples. Cookies tersebutsangat pas untuk disajikansaat lebaran nanti. Jadi gakbikin Anda binggung dalammenjamu tamu yang berkun-jung ke rumah Anda. sebutBahar.

    Selain itu, pada Lebaranini, TAKAdeli ingin meman-jakan para customer tak seba-tas 24 rasa yang telah menja-di favorit dan 16 rasa terbaru,tetapi juga tampilan kreasiunik yang disajikan. Berb-agai kreasi cake dipersem-bahkan untuk para customermulai dari icing 3D cake yangdidekorasi berbentuk bedug,kabah, serta masjid. Creamcake dengan cake edible dis-ertai berbagai nuansa ucapan

    Idul Fitri.Sementara, pada promo

    TAKAdeli discount collection,semua jenis produk di atasdapat dinikmati dengan ber-bagai pilihan diskon mulaidari 15 persen untuk semuaproduk, tanpa minimum be-lanja, yang pastinya gak bikinribet. Serta diskon yang lebihbesar dengan berbelanja me-nggunakan kartu kredit BCA,BII, BRI dan Mandiri sebesar20 persen dan pengguna kar-tu kredit Bukopin sebesar 40persen.

    Segera pesan dan dapat-kan TAKAdeli Eid MubarakCollection 2015 di semua out-let TAKAdeli melalui linetelp 0778 467 564 / 468 564sekarang juga. (cw93)

    TAKAdeli Dari Halaman 9

    yang diangkutnya itu berasaldari salah satu perusahaan diTanjung Uncang. Rencananya,limbah tersebut akan diang-kut menuju KPLI, PT Desa AirKargo di Kabil. Namun di ten-gah jalan truknya ditahan dandigiring ke Polsek Nongsa.

    Pria lainnya yang beradadi tempat yang sama men-gaku heran dengan tindakanpolisi kepadanya. Jika benar

    terjadi pelanggaran atas apayang dilakukannya seharusn-ya diproses sesuai hukumyang berlaku atau melimpah-kan kasus tersebut BapedalKota Batam.

    Kapolsek Nongsa Komis-aris Polisi C Bambang Heri-yanto yang dicoba dikonfirma-si di kantornya menolak dite-mui. Bapak tidak bersediamenemui media, kata salah

    seorang anggota jaga usaikeluar dari ruang Kapolsek.

    Kepala Bapedal Kota Ba-tam Dendi Purnomo yang di-konfirmasi soal penangkapanitu mengaku terkejut denganinformasi itu. Selaku penga-was limbah, ia mengaku be-lum mendapat laporan daripolisi.

    Belum tau saya, ini sayabaru dengar (Polsek truk an-

    Edo Terjun Bebas dari Jembatan Barelang

    gkut limbah), kata DendiPurnomo.

    Pantauan Haluan Keprilimbah B3 sisa pengerjaansandblasting serta coversludge yang diangkut trukBP 9520 ZG warna hijau di-parkirkan didepan halamanMapolsek Nongsa di Kabil,Kecamatan Nongsa. Limbahtersebut berada sekitar 8Jumbo Beg. ***

    Kapolsek Nongsa Dari Halaman 9

    Tak Bisa Bayar Utang kepada Pacar

    BARELANG (HK) Untung Edo Widodo (28),warga Kavling Bukit Indah Sanjulung Blok FNo 3 RT06/RW10, Nongsa, nekat terjun be-bas dari Jembatan I Barelang, Senin (6/7)sekitar pukul 22.40 WIB.

    Aksi itu dilakukannya ka-rena tak mampu membayarutang kepada kekasihnyaMaria sebesar Rp3 juta. Sebe-lum terjun, Edo sempat men-itipkan helm, kunci motordan barangnya kepada sepa-sang kekasih yang sedang ke-can di jembatan itu.

    Edo berangkat dari ru-mahnya menuju Jembatan IBarelang menggunakan sepe-da motor Yamaha Mio warnahitam Bp5230 MC. Hinggakini, polisi belum menemu-kan jasad Edo. Upaya pen-carian pun terus dilakukan.

    Menurut Lashu, tetanggaEdo kejadian itu dipicu olehtindakan sang kekasih Mariayang datang ke rumah Edountuk menagih utang.

    Saat itu, Maria datangtidak sendiri melain bersamaseorang lelaki yang didugapacar barunya bernama Heri.

    Karena tak ada uang, Edotak bisa membayar utangnyakepada Maria. Mungkin malubercampur sakit hati karenacemburu, Edo nekat melom-pat dari Jembatan I Barelanghingga tak muncul lagi.

    " Saat itu, Maria datangke rumah Edo bersama seor-ang lelaki dan dikatakan ka-lau lelaki itu seorang polisiyang bertugas di Jakarta.Padahal, Maria itu masihkekasih Edo. Mereka belumputus," katanya.

    Apalagi saat itu ayah kor-ban Joni (57), sudah berjanjiakan membayar utang anakn-ya itu setelah dirinya terimagaji dari tempat kerjanya.Tapi, korban tetap tak maubapaknya yang membayarutangnya kepada kekasihnya.

    " Saya yang punya utang,kok bapak pula yang mem-bayarnya," ungkap Joni me-nirukan ucapan anaknya.

    Dengan rasa malu yangtak tertahankan, Senin ma-lam, Edo pun langsung pergi keJembatan 1 Barelang sen-dirian.Setiba di Jembatan 1Barelang, Edo sempat dudukdi atas motornya yang saat ituterparkir di atas jembatan.

    " Korban sempat duduk-duduk di atas motornya sam-bil kirim pesan ke pacarnya

    itu. Dan, saya sempat me-manggilnya untuk menawar-kan makanan yang saya jualini," ujar Eri, penjual makan-an dan minuman ringan diatas Jembatan 1 Barelang.

    Masih kata Eri, usai kirmpesan itu, korban masuk kepinggiran Jembatan 1 Bare-lang sambil menenteng sebuahhelm berwarna merah milikn-ya. Di pinggir jembatan itu,korban pun langsung meng-hampiri sepasang kekasihyang saat itu sedang kencan dipinggiran jembatan.

    Semua barangnya mulaidari helm, kunci motor Yama-ha serta handpone diberikankepada pasangan kekasihyang sedang kencan di pinggi-ran jembatan tersebut.

    " Bang, saya titip helmserta kunci dan barang ba-rang saya ya. Soalnya kawansaya akan datang menjem-putnya," ungkap Eri meniruucapan korban kepada pa-sangan itu.

    Selesai menitipkan barang-barangnya, korban pun permisikepada dua sejoli itu dan danlangsung melompat ke bawahJembatan 1 Barelang.

    "Saya tidak tahu bahwadia (Edo, red) mau bunuh diri,dan korban itu tiba-tiba per-misi dan terjun ke bawahJembatan 1 Barelang," ujarHeri saat itu.

    Mendengar kejadian itu,teman-teman korban lang-sung berdatangan ke Jem-batan 1 Barelang. Namunsetibanya di Jemabatan IBarelang, mereka tidak lagimenemukan Edo.

    "Saya dikirim pesan olehkorban supaya datang keJembatan 1 Barelang untukmenjemput barang-barangn-ya," ungkap Eko (25) temankorban berurai air mata.

    Sesaat ditemui di Jem-batan 1 Barelang itu, Eko jugasempat menunjukkan smsterakhir korban yang bertulis-kan, "Saya hanya menyusah-kan saja. Saya sudah di Jem-batan 1 Barelang. Helm, kun-ci dan motornya sudah sayatitip kepada orang," .

    Tak lama setelah terjunbebas, warga sekitar sempat

    melihat tubuh korban men-gapung di permukaan lautsambil berteriak minta to