Haluan kepri 04okt15

Click here to load reader

  • date post

    23-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    244
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 04okt15

Transcript of Haluan kepri 04okt15

  • Editor: Nando ,Grafis: Rico Ray, Layouter: SyahrilCMYK

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat HARGA ECERAN Rp2.500,KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Minggu, 4 Oktober 2015

    20 Dzulhijjah 1436 H

    TERBIT 16 HALAMAN,

    NO 4/10 TAHUN KE 14Website: www.haluankepri.com

    04:31 04:47 12:09 15:24 18:13 19:23

    Batam dan Sekitarnya

    JADWAL SHALAT

    Minggu, 4 Oktober 2015

    Imsak Subuh Dzuhur Ashar Magrib Isya

    Pica PriscillaSudah Punya Pacar

    ICA Priscilla tak maukalah dengan mantankekasihnya, BaimWong, yang saat ini

    dikabarkan tengah memilikikekasih baru. Miss Indonesia2010 ini mengaku kalausaat ini dirinya sudah takjomblo lagi alias sudahpunya pacar.

    "Sekarang aku nggakjomblo," kata Pica saatditemui di kawasan KebonJeruk, Jakarta Barat, Ju-mat (2/10).

    Meski mengaku sudah taksendiri lagi, namun Pica masihenggan membeberkan siapakah priayang berhasil merebut hatinya. Me-nurutnya, perihal masalah cintanyabiar ia saja yang mengetahui dan takmau mejadi konsumsi publik. "Itu sudahjadi kehidupan pribadi aku, jadi biar akusaja yang menikmatinya," ujar Pica.

    Saat disinggung lagi masalah keka-sihnya, Pica masih tetap dalam pendiri-annya dan tak mau terbuka mengenai priayang kini menjadi pacarnya. "Ada deh. Ra-hasia ah," elaknya. (l6)

    P

    EHARUSNYA matahari pagi sudahmenyeruak di rumah Achmad Firdaus

    (25). Usai subuh biasanya, sinar hangatmenusuk disertai kicau burung mene-lusup di beranda rumahnya. Namun su-dah beberapa bulan ini semua berbeda. Dikampungnya kini secercah sinar mataharisangat susah ditemui. Semuanya hanyaburam berkabut disertai aroma asap me-ngental di lubang hidung hingga me-nyesak dada.

    Firdaus setiap pagi sudahharus bergegas. Berseragammerah ditimpali garis perak,ia tunggang langgang menge-jar api ke dalam hutan. Iaberjuang keras untuk nya-wanya termasuk juga untukhidup seluruh orang di PulauSumatera.

    "Setiap hari kami harusberjalan berkilo-kilometermembawa mesin pompa se-berat 30 kilogram dan mener-obos api di hutan," ujar anggo-ta Manggala Agni Balai Kon-servasi Sumberdaya AlamSumatera Selatan tersebut,

    Rabu (16/9) lalu.Pekerjaan yang dilakoni

    Daus --sapaan Firdaus-- me-mang menantang bahaya.Bagaimana tidak, tak jara-ng, demi mencegah api mun-cul lagi, ia bersama puluhanrekannya harus menginap didalam hutan. Sebab itu jugakadang pria yang baru meni-kah lima bulan lalu ini keraptak tidur di rumah. Naman-ya juga tugas, jadi saya telahsiap untuk risiko ini. Istrisaya sudah mengerti dengankeadaan setiap bulan kema-rau, saya harus tidak pulang

    dan tidur di hutan untuk me-madamkan api di lahan gam-but, ujar suami Khadijah ini.

    Nun jauh di Riau. Sejakbencana jerebu mengepungRiau, Hasan (61) selaluwas-was siang dan ma-lam hari. Petani karetini begitu khawatirapi menjalar ke ke-bunnya. "Kadangada orang bukalahan atau me-mang lahannyaterbakar bisamenjalar ke la-

    Darurat Asap Hal 7

    S

    Arsenal vs MU

    Amankan TahtaMANCHESTER United (MU) menghadapiujian pertamanya setelah memuncaki kla-semen sementara Premier League denganbertandang ke markas Arsenal, EmiratesStadium, London, Minggu (4/10) malam WIB.MU bertekad mempertahankan tahta pun-cak klasemen dengan mengalahkan TheGunners.

    Pembunuhan Marak, Hal 7

    PEMBUNUHAN MARAK,

    WARGA RESAHSEJUMLAH kasuspembunuhan di KotaBatam terjadi akhir-akhir ini. Maraknyaaksi pembunuhan inimembuat masyarakatresah, apalagi polisisejauh ini belum ber-

    hasil mengungkapdan menangkappara pelakupembunuhan.

    Ada tiga ka-sus pembunuhanyang menjadi per-hatian masya-rakat saat ini dimana ketiganyabelum berhasil di-ungkap oleh polisi.Kebetulan kor-bannya sama-sama perempuanberusia mudadan jenazah keti-ganya ditemukandalam kondisimengenaskan.Ketiga kasus ituadalah pembunu-han DwiwanaJuli Anggi (17),warga AcaciaGarden Blok C2

    No 3 Patam Les-tari, Sekupang. Wan-

    ita yang bekerja sebagai

    sales promotion girl (SPG) diBCS Mall itu ditemukan da-lam kondisi tidak bernyawa diBukit Dangas, Kelurahan Pa-tam Lestari, Sekupang pada24 Juni lalu. Kedua, pembunu-han Try Chintya Prasetya (17)pada 8 Agustus silam. Jenazahpengantin baru itu ditemukandalam kondisi mengenaskandengan leher tergorok di pinggirjalan keluar Hotel Vista, Baloi.Terakhir, pembunuhan DianMilenia Afieta (16), pelajarSMAN 1 Batam. Jenazah Dianditemukan dalam kondisi te-was mengenaskan dengan lukatusuk di leher di kawasan hu-tan Dam Seiladi pada Minggu(27/9) pagi.

    Selain ketiga kasus pem-bunuhan itu, masih ada sed-eret kasus pembunuhan lain,

    Asep Safrudin MU datang ke markas TheGunnerd dengan trend positifmenang 3-0 atas Sunderlandpekan lalu sehingga menem-pati posisi puncak klasemen,dan menang 2-1 atas Wolf-burg di Old Trafford di ajangLiga Champios pertengahanpekan ini. Sebaliknya, Arsenal

    menjamu MU setelahkalah 2-3 di kanda-ng sendiri dariOlimpyakos diLiga Champi-ons. Namun, diajang PremierLeague, Arse-nal pekan lalu

    menang telak 5-2 di kandangLeicester City.

    Di klasemen sementara,Arsenal menempati posisi 4dengan nilai 13, terpaut tigapoin dari MU di puncak klase-men. Arsenal berpeluang meng-

    Amankan Tahta Hal 7

  • Editor: Nando , Layouter: Agung Raharjo

    Olahraga 2Minggu, 4 Oktober 2015Morata Minta GajiNaik Dua Kali Lipat

    TURIN (HK) Sensasi yangdibuat Alvaro Morata di LigaChampion tengah pekankemarin telah menaikkannilainya di Juventus secarasignifikan. Morata mencetaksatu gol yang ikut membawaJuventus mengalahkanSevilla 2-0, Rabu (30/1). Diamenyamai pencapaianAlessandro Del Piero pada1995/96, yang selalu mence-tak gol dalam lima partaiLiga Champion secaraberuntun.

    Seperti diberitakan

    Tuttosport, usai pertandinganJuventus langsung

    menggelar pertemuandengan perwakilan

    Morata. Si NyonyaTua ingin memasti-kan masa depansang striker adabersama mereka.

    Saat ini Morataterikat kontrakhingga 2019 dengan

    gaji 2,2 juta euro pertahun. Untuk menanda-

    tangani kontrak baru,pihaknya dikabarkan

    menuntut kenaikan gaji duakali lipat, yaitu antara 4hingga 4,5 juta euro.

    Pembicaraan antara agenJuanma Lopez dan DirekturJuventus, Giuseppe Marotta,masih akan berlanjut dalambeberapa pekan ke depan.Juventus pastinya merasapermintaan kenaikan gaji ituterlalu tinggi. Tapi, harusdiingat bahwa Real Madrid,yang mempunyai opsimembeli balik Morata,dengan mudah akan bisamemenuhi angka 4 sampai4,5 juta euro per tahun. (jc)

    Buffon Tak MasukDaftar Calon Peraih

    Gelar Ballon d'OrTURIN (HK) Penjagagawang andalan Juventus,Gianluigi Buffon, tidak akanmeraih gelar Ballon d'Or ataupemain terbaik dunia 2015versi FIFA. Pasalnya, namaBuffon tidak masuk dalamdaftar 59 calon peraih gelartersebut.

    Salah satu media di Italia,Gazzetta dello Sport, lang-sung menulis berita men-yangkut kabar tersebutdengan judul "Buffoonery",yang merupakan sebuah katadalam bahasa Inggris. Artidari kata Buffoonery sendiriadalah lelucon.

    Mengetahui berita tadi,pelatih berkebangsaan Italia,Marcelo Lippi, pun merasasepakat. Ia merasa herandengan keputusan FIFAterkait tidak adanya namaBuffon dalam daftarkandidat peraih Ballond'Or.

    "Saya tidak inginmenyinggungsiapapun, tetapisaya juga menga-nggap itu sebagaiBuffoonery (lelu-con) ketika Buffontidak masuk dalam59 kandidat peraihBallon d'Or," ujar Lippikepada Calciomercato.it,Jumat (2/10).

    "Saya tidak mengertidengan FIFA dan saya tidaktahu kriteria yang merekaterapkan. Namun, saya tidakakan memberikan pendapatmengenai teknisnya," kataLippi melanjutkan.

    Dengan terhapusnyanama Buffon, maka hanyaada dua pemain Italia yangtersisa dalam daftar calonperaih Ballon d' Or, yaituGiorgio Chiellini (Juventus)dan Andrea Pirlo (New YorkCity FC).

    Seremoni pemilihanBallon d'Or akan digelar pada11 Januari 2016. Pemenangpada edisi sebelumnyaadalah bintang Real Madridasal Portugal, Cristiano

    Ronaldo. (jc)

    Buffon

    Morata

    MILAN (HK) Meski masih jauh dari konsisten, AC Milansetidaknya terus meraih kemenangan saat main di SanSiro. Catatan bagus tersebut dalam ancaman saat Napolidatang berkunjung pada Senin (5/10) dini hari WIB.

    Sudah tigakekalahan

    diderita Milan diawal musim ini.

    Jumlah tersebutterlalu banyak memper-

    timbangkan liga baruberjalan enam pekan dan

    Milan sebenarnya sudahmenyiapkan diri dengan sangat

    baik untuk musim ini denganbelanja besar yang merekalakukan di jendela transfer.

    Sebagaimana dikeluhkanpelatih Sinisa Mihajlovic,inkonsistensi Milan bukan darisatu pertandingan ke pertandin-gan lain. Untuk laga selama 90menit saja Rossoneri dikeluh-kannya bermuka dua: oke di satubabak dan jeblok di 45 menitlainnya.

    Meski sudah tiga kali kalah,Milan setidaknya masih punyarekor 100% menang di San Sirodengan dua kali poin penuhdidapat di sana. Tapi itu jugadiraih dengan hasil-hasil yangkurang meyakinkan: 2-1 atasEmpoli, 3-2 ketika menjamuPalermo.

    Maka laga kontra Napolipada Senin dini hari WIB akanmenjadi tantangan besar bagiMilan untuk menjaga rekorkandang mereka tetap okesekaligus demi melanjutkanupaya mendaki ke papan atasklasemen. Napoli kini masihtertahan di papan tengah.Mereka mengumpulkan nilaisembilan dari enam pertandin-gan dengan catatan W2 D3 L1.

    Start yang buruk menjadipenyebab Napoli masih tertahandi posisi tengah klasemen.Namun dari beberapa pertandin-gan terakhir Marek Hamsik dkk.menunjukkan kalau merekasudah bangkit. Usai menelansatu kekalahan dan dua kaliimbang di tiga pertandinganawal musim, skuat besutanMaurizio Sarri meraih kemenan-

    gan-kemenangan penting daritim papan atas.

    Di pekan keempat merekamenggilas Lazio 5-0. Meskisempat dipaksa bermain imbang0-0 dengan Carpi, akhir pekanlalu mereka menundukkanJuventus dengan skor 2-1. Itubelum termasuk kemenangan 5-0 yang