Haluan kepri [email protected]

Click here to load reader

  • date post

    21-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    261
  • download

    11

Embed Size (px)

description

Haluan kepri [email protected]

Transcript of Haluan kepri [email protected]

  • Seorang Ibu"SEORANG ibu tidak pernah memin-tamu untuk meletakkan duniadi tangannya, namun tutur katayang halus, perangai yangsantun, prilaku yang bertang-gung jawab dari seorang anakyaitu kebahagiaan bagi se-orang Ibu." (rbc)

    CMYK

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Editor: M Syahdan, Layouter: Novrizal, Grafis: Richo

    Dinda Kanya Dewi

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Pingin Hamil

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Jumat, 10 April 201520 Jumadil Akhir 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 10/4 TAHUN KE 14

    Pingin Hamil Hal 7

    JAKARTA (HK)Memerankan tokoh Mia,sang ibu hamil dalam Film Tuyul Part 1,membuat aktris Dinda Kanya Dewi me-nghabiskan sebagian waktu di depan televisi.

    "Refrensi untuk mendalami peran,sebelum syuting aku jadi sering nontoninfotainment. Lihat-lihat artis yang lagihamil. Baca-baca buku juga sih, juga belajarsama kakak aku waktu itu juga lagi hamil,"ungkap Dinda saat ditemui usai pressscreening Film Tuyul Part 1 di SetiabudiBuilding, Jakarta Selatan, Rabu (8/4) sore.

    Memerankan Mia di film besutan BillyChandra itu ternyata dapat memengaruhi dia.Wanita berusi 28 ini jadi kepingin hamil dantentu punya anak.

    "Iya, peran itu membuat aku punya hasratlebih besar lagi untuk hamil juga. Punya anak,seru kali ya" katanya. Tapi, saat ditanya kapan untukmewujudkan hasrat dia itu, Dinda menjawab,untuk tahun ini saja dia belum punya rencanamenikah.

    Belajar dan Jaga Kekompakkan* HUT Haluan Kepri ke-14* Bagi-bagi Koran Gratis

    Belajar dan Hal 7

    Wabup Karimun Rayakan HUT HK Ke-14

    Pejabat Jangan Takut DikontrolKARIMUN (HK) Pejabat maupunpengelola kehumasan jangan takutterhadap wartawan. Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPD) jangan

    alergi pada jurnalis. Karena war-tawan adalah mitra. Sehingga "pemburu"

    berita itu tidak boleh dijauhi.

    Hal itu disampai-kan Wakil Bupati Ka-rimun Aunur Rafiq sa-

    at bertandang ke Kan-tor Haluan Kepri Perwa-

    kilan Karimun untuk mem-berikan ucapan selamat HUTHaluan Kepri ke-14, kemarin.Kedatangan Aunur Rafiq di-dampingi Kepala Bagian

    Humas dan Protokoler Set-dakab Karimun MuhammadYosli beserta staf. Rombo-ngan Rafiq disambut WakilPemimpin Umum (WPU) Ha-luan Kepri, Sofialdi, KepalaPerwakilan Haluan KepriKarimun, Hengki Haipon be-serta seluruh staf dan karya-wan Haluan Kepri Karimun.

    "Pejabat itu kalau dikri-tik oleh media jangan marah.Memang sudah tugas mediauntuk memberikan kritikanterhadap kebijakan pemerin-tah. Tapi tentu saja kritikan

    Pejabat Jangan Hal 7

    Terorisme di Kepri Jadi Atensi

    BATAM (HK) Wakil Pemim-pin Umum (WPU) Haluan Kepri,Sofialdi mengatakan, kemajuansebuah media mas-sa selalu didukung

    oleh Sumber Daya Manusia(SDM) yang berkualitas serta timyang solid. Oleh sebab itu ia me-minta seluruh jajaran karyawaninternal untuk tidak menutup diri

    melakukan hal-hal baru, maubelajar serta menjaga kekompak-kan antar sesama tim kerja.

    "Marilah kita terus belajardan belajar tanpa hentinya wa-

    laupun Haluan Kepri sudah ma-tang dalam mencerdaskan ke-hidupan masyarakat Kepri,"kata

    TANJUNGPINANG (HK) Forum KomunikasiPencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Ke-pulauan Riau ( Kepri) tahun ini mendapat danasebesar Rp1 miliar dari Badan Nasional Pe-

    nanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mela-kukan penelitian terhadap permasalahan tero-risme di Kepri.

    Ketua FKPT Kepri ReniYusneli mengatakan hal itukepada wartawan, Rabu (8/4).

    "FKPT Kepri dapat danaRp1 miliar tahun ini untukmelaksanakan empat kegia-tan yang berhubungan den-gan sosialisasi kepadamasyarakat dan peneli-tian masalah teroris-me," katanya.

    Keempat kegiatan yangjadi atensi itu kata Reni telahdisampaikan Kepala BNPTdalam Rapat Kerja NasionalBNPT yang diikuti 26 FKPTSe-Indonesia yang dibuka ke-marin di Jakarta. Masing-masing provinsi mengirim 8orang pengurusnya.

    Terorisme di Hal 7

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    BALI (HK) Wakil Gubernur

    yang juga Ketua DPD PDIP

    Kepri, Dr HM Soerya Respa-

    tiono, SH, MH mendampingi

    Ketua Umum Partai Demokra-

    si Indonesia Perjuangan (PDIP)

    Megawati Soekarnoputri me-

    mimpin sidang Kongres IV

    PDIP di Hotel Inna Grand

    Beach, Sanur Bali, Kamis (9/4).

    Soerya terpilih mendampingi

    Megawati bersama sembilan

    ketua DPD lainnya.

    Pemilihan ini berdasar-

    kan peringkat 10 besar, hasil

    Soerya Dampingi Megawati Pimpin Kongres PDIP

    Soerya Dampingi Hal 7

    HUMAS SETDAKAB KARIMUN

    WAKIL Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Kabag Humas dan ProtokolerSetdakab Karimun M Yosli bersama Wakil Pimpinan Umum Haluan Kepri Sofialdibeserta karyawan meniup lilin HUT Haluan Kepri ke-14 di Kantor Perwakilan HaluanKepri Karimun, Kamis (9/4).

    Eva FransiskaLiputan Tanjungpinang

    RAYAKAN HUT Wakil Pemimpin Umum Haluan Kepri,Sofialdi didampingi Pemimpin Redaksi, Rinaldi Samjaya dan

    seluruh karyawan meneriakan yel-yel di sela-sela perayaan HUTHaluan Kepri ke-14 di Kantor Haluan Kepri, Bengkong Garama,

    Batam, kemarin.

    EVILIUS/HALUAN KEPRI

    NET

    DPD PDIP Kepri, Dr HM Soerya Respationo, SH, MH mendampingiKetua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) MegawatiSoekarnoputri memimpin sidang Kongres IV PDIP di Hotel Inna GrandBeach, Sanur Bali, Kamis (9/4).

  • Pingin Hamil Dari Halaman 1

    Terorisme di Dari Halaman 1

    Terkait film horor, artis cantikitu mengaku sebenarnya ia adalahsosok penakut.

    "Aku sebenarnya orangnyapenakut banget, banget. Pas akuditawarin f i lm ini , aku jugasempat mikir, iya, enggak, iya,enggak. Tapi, yang aku tahujuga, buat lawan rasa takut itu,ya aku harus main film horor,"katanya.

    Ini merupakan film horor keduayang dibintangi Dinda. Sebelum-nya, Dinda pernah membintangi

    film horor berjudul Beranak DalamKubur pada 2007 silam. Meskimemiliki pengalaman di film ho-ror, bukan berarti ketakutannyahilang begitu saja.

    "Ya, akhirnya main lagi filmhoror sejak sekian lama. Pas ade-gan nangis syuting, aku mendengarada yang menangis juga. Bahkanlebih sedih nangisnya, suara pe-rempuan," tambah Dinda.

    Situasi makin mencekam ka-rena lokasi syuting juga menye-ramkan. Villa di kawasan Puncak

    yang menjadi lokasi syuting sudahlapuk, sepi dan lama tidak di-tempati.

    "Aku sempat diam, karena akukira cuma aku saja yang dengar,karena itu pas scene aku kan. Tapi,ternyata enggak lama Billy (su-tradara) datang dengan wajahyang sudah tegang juga. Dia bilang,Din, lo dengar? tegas Dinda.

    Film Tuyul Part 1 produksiRenee Pictures bakal tayang, Ka-mis (9/4), di seluruh bioskop In-donesia. (net)

    itu bersifat positif dan memba-ngun," ungkap Rafiq.

    Sebagai pilar keempat dariempat pilar demokrasi, kata Rafiq,maka pers punya peranan sebagaikontrol sosial atas kebijakan pe-merintah. Tanpa pers, pemerintahbisa kebablasan. "Tentu saja, yangdiharapkan itu adalah pers yangbekerja secara profesional denganmendepankan etika pers dan war-tawan juga harus bekerja sesuaidengan kode etik jurnalistik," sam-bungnya.

    Kata Rafiq, saat ini pertum-buhan media sudah semakin ba-nyak. Mulai dari media televisi,cetak sampai kepada media online.Dari sekian banyaknya media yanghadir di Karimun, Haluan Kepritermasuk salah satu media yangsudah bekerja secara profesional. Ituditunjukkan dengan pola pemberi-taan yang tersaji di Haluan Kepri.

    "Jujur saya akui, Haluan Keprimemang media yang cukup kritisdalam mengontrol setiap kebi-jakan pemerintah. Koran ini beranimemuat berita yang kritis tapitetap dengan gaya bahasa yangsantun. Saya mengucapkan terimakasih kepada media ini yang telah

    berani memberikan kritikan danmenjalankan fungsi kontrol so-sialnya. Kami butuh media sepertiitu," terang Aunur Rafiq.

    Wakil Pemimpin Umum HaluanKepri Sofialdi menjelaskan, salahsatu fungsi dari pers adalah men-jalankan fungsi kontrol sosial dalammengawasi kebijakan pemerintahdisamping fungsi lainnya sebagaimedia pendidikan dan hiburan."Jadi sudah sewajarnya pers mela-kukan kritikan ketika menemukanadanya kebijakan pemerintah su-dah sangat tidak relevan lagi ter-hadap rakyat," kata Sofialdi.

    Dikatakan, setidaknya adaempat fungsi pers sebagai kontrolsosial yang terkandung maknademokratis, keempat fungsi kon-trol sosial itu adalah keikutserta-an pers bersama rakyat dalampemerintahan, pertanggungja-waban pemerintah terhadap rak-yat, dukungan rakyat terhadappemerintah dan kontrol masya-rakat terhadap tindakan-tindakanpemerintah.

    Kata Sofialdi, pers sangat be-sar pengaruhnya dalam mengon-trol kebijakan pemerintah. Diamencontohkan, ketika Haluan Ke-

    pri memuat berita adanya kesen-jangan kehidupan sosial antaramasyarakat dengan pejabat didaerahnya. Dan ketika berita itumuncul, ternyata langsung men-dapat respon dari pejabat daerahsetempat dengan mengubungi pi-hak terkait untuk membantu war-ganya itu.

    "Ini suatu bukti kalau pers itupaling berpengaruh. Maka dari itu,saya juga mengajak kepada pe-jabat di pemerintahan agar tidakperlu alergi, takut atapun men-jauhi pekerja pers. Karena, dalammenjalankan tugasnya, para war-tawan dituntut bekerja secaraprofesional dengan mengedepan-kan kode etik jurnalistik," pung-kasnya.

    Sebelum kedatangan AunurRafiq, Kantor Perwakilan HaluanKepri Karimun juga disambangianggota DPRD Provinsi Kepri Da-pil Karimun Rocky Marciano Ba-wole untuk bersilaturahmi se-kalian memberikan ucapan se-lamat ulang tahun kepada HaluanKepri ke- 14. Rocky berharap, agarHaluan Kepri selalu memberikanyang terbaik bagi masyarakatKarimun. (ham)

    Pejabat Jangan Dari Halaman 1

    Dalam rapat tersebut dibahasbagaimana proses pencairan, tek-nis kegiatan dan laporan pertang-gungjawaban. FKPT Kepri akanmelakukan kegiatan yang diprior-itaskan sehingga masyarakat dap-at merasakan manfaatnya.

    Sementara terkait penelitianpermasalahan terorisme Kepri,Reni menjelaskan FKPT akan me-nganalisa potensi teroris masuk keKepri, strategi pencegahan dan pen-anggulangannya. Kepri, menurutnyatermasuk wilayah yang terbuka. Ke-pri merupakan salah satu pintumasuk Indonesia yang berbatasandengan beberapa negara tetanggaseperti Malaysia dan Singapura.Namun berdasarkan data yang di-miliki, selama ini Kepri tidak pernahdijadikan sebagai basis perekrutanatau pun pelatihan teroris. Basisteroris di kawasan hutan, sepertiyang pernah diungkap aparat pene-gak hukum di berbagai daerah diSumatera dan Jawa.

    "Ya, Kepri memang wilayah ter-buka, namun masih aman. Meskidemikian pengawasan tetap harusdiperketat," katanya yang jugaAsisten I Pemerintah Kepri.

    Sementara terkait sosialisasipencegahan pengaruh terorisme,Reni mengatakan harus dilakukandi tempat yang tepat. Sosialisasiuntuk meningkatkan rasa nasion-alisme masyarakat.

    "Selama ini beberapa institusisudah melakukannya. Kami akanmelakukannya di tempat yang tepatdengan materi yang menarik danmudah dicerna masyarakat," ujarnya.

    Sebelumnya, BNPT khawatirkelompok teroris masuk ke Indone-sia melalui wilayah Kepri. Karenaitu perlu pengawasan ketat darisemua pihak.

    "Kepri merupakan daerah yangsangat strategis berada jalur lin-tasan negara-negara luar, bahkanberbatasan langsung dengan Malay-sia dan Singapura. Perlu penga-wasan ketat dari pihak-pihak ter-kait, dikhawatirkan teroris duniaakan masuk ke Indonesia melaluiKepri," ujar mantanH Kepala BNPTIrjen Pol Pur Ansyad Mbay usai pel-antikan dan pengukuhan forum koor-dinasi pencegahan terorisme (FKPT)Provinsi Kepri beberapa waktu lalu.

    Kelompok radikal ini, kata dia,sangat mengganggu stabilitaskeamanan nasional dan dapatmengakibatkan trauma menda-lam bagi korban.

    "Ini yang perlu kewaspadaandan antisipasi dari komponen danlapisan masyarakat. Pencegahanlebih baik daripada harus mengo-bati. Lebih baik waspada dari halyang tidak diinginkan terjadi didaerah kita," katanya. Persoalanterorisme, jelasnya, bukan tugaspemerintah semata, tetapi juga

    seluruh komponen bangsa."Penanganan terorisme di Indo-

    nesia menjadi contoh dan rujukanbagi negara lain. Kita dianggapberhasil menangani terorisme.Tetapi kita juga harus waspadapada mantan teroris yang telahmenjalani hukuman dan bebas.Hal ini dikhawatirkan merekaakan bergabung dengan kelom-poknya kembali," ungkapnya.

    Kepolisian Ri telah menangkap900 teroris, 600 di antaranya telahmelalui proses hukuman, sebagiantelah bebas, 90 orang ditembak ditempat.

    Gubernur Kepri yang diwakiliSekdaprov Kepri, Iwan Robert Lori-aux mengatakan pencegahan teror-is bukan hanya oleh pihak TNI danPolri semata. Tapi dengan melibat-kan seluruh elemen masyarakat,dalam pengawasan dan antisipasiakan lebih baik dan maksimal.

    Namun, kata dia, tak hanyaterorisme yang perlu diantisipasi,melainkan juga bahaya narkobayang kini menjadi ancaman seriusbagi masyarakat Kepri.

    "Indonesia saat ini bukan han-ya sebagai negara transit barangharam, tetapi sudah menjadi nega-ra produsen dan pemakai. Bela-kangan ini kita baca di media, diKepri ini beberapa kali polisi me-nangkap produsen narkoba," be-bernya. ***

    Sofialdi dalam sambutannya padaperayaan HUT Haluan Kepri ke-14yang jatuh pada 9 April, kemarin.

    Sofialdi kembali berharap,karyawan harus lebih kreatif un-tuk meningkatkan potensi-potensisehingga Haluan Kepri makin jayadan terpercaya di mata masya-rakat Kepri.

    Sementara itu, Pemimpin Re-daksi (Pemred) Haluan Kepri,Rinaldi Samjaya dalam sambu-tannya mengatakan, di hari ulangtahun ini, merupakan momen un-tuk lebih meningkatkan produkti-fitas agar Haluan Kepri menjadilebih baik dan bisa diterima di hatimasyarakat secara tulus dan ma-kin berkibar di wilayah Kepri.

    Haluan Kepri kata Rinaldi ataubiasa disapa Aldi ini, dibangun den-gan kerja keras sehingga saat inimenjadi koran harian menjadi ter-percaya dan paling berpengaruh diKepri.

    " Sekali lagi saya ucapkan teri-ma kasih terhadap karyawan yangtelah mengabdi puluhan tahun danyang ikut membesarkan Haluan

    Kepri. Sementara karyawan yangbaru bergabung agar lebih lagimenyumbangkan pingkiran dantenaga untuk lebih lagi membesar-kan Haluan Kepri," ujarnya.

    Perayaan HUT Haluan Keprike-14, Kamis (9/4) berlangsungsederhana dan penuh hikmah.Kegiatan diawali dengan pembagi-an 1.000 eksemplar koran secaragratis kepada masyarakat Batam.

    Aksi sebar koran gratis inidimulai pukul 07.00 WIB sampaipukul 07.30 WIB di tiga titik diKota Batam, yakni Simpang Jam,Simpang Rosdale, dan SimpangGraha Sulaiman, Nagoya. Kegia-tan yang digawangi oleh awak-awak media, mulai dari WPUHaluan Kepri, Sofialdi, PemimpinRedaksi, Rinaldi Samjaya, redpel,redaktur, wartawan, dan staffHaluan Kepri disambut antusiasoleh masyarakat.

    "Selamat yah ulang tahun, se-moga media Haluan Kepri lebihberpengaruh dan berkibar di hatimasyarakat Kepri," kata pengen-dara mobil, Apin di simpang jalan

    Graha Sulaiman, kemarin.Ucapan yang sama disampai-

    kan pengendara lainnya, FirdausSH. Pengacara yang sudah puluhantahun beracara di Pengadilan Ne-geri (PN) Batam ini mengaku bang-ga dengan Haluan Kepri yang sela-lu berani memberitakan masalahkorupsi, lingkungan maupun peja-bat yang tidak amanah dalam men-jalankan tugasnya.

    "Selamat HUT ke 14 HaluanKepri. Kami sebagai warga Batambangga dengan pemberitaan dHaluan Kepri. Kami berharap me-dia ini makin besar dan indenpen-den," katanya.

    Selain itu, sebagai bentukkebersamaan, Haluan Keprijuga merayakan HUT di KantorHaluan Kepri di Jln Yos Sudarso,No 9 Bengkong Garama, Batam.Perayaan dengan acara pemo-tongan kue ulang tahun ini dita-ta sebagai bentuk kebersamaanyang telah menjadi agenda rutinHaluan Kepri yang dulunya ber-nama Sijori Mandiri setiap ta-hunnya. (par)

    Pilpres tahun lalu. Ini menunjuk-

    kan kinerja kader PDIP Kepri di-

    apresiasi pesertas Kongres. Si-

    dang paripurna ini juga langsung

    menetapkan Megawati sebagai

    Ketua Umum 2015-2020.

    Soerya mengatakan, hasil pari-

    purna Kongres IV menetapkan

    Megawati sebagai formatur tung-

    gal untuk menyusun kepenguru-

    san. "Juga memberikan hak pre-

    rogatif kepada Bu Mega untuk

    mengambil langkah-langkah demi

    kepentingan bangsa," kata Soerya.

    Kongres IV PDIP ini dibuka

    langsung Ketua Umum Megawati.

    Presiden Joko Widodo dan Wapres

    Jusuf Kalla tampak hadir dalam

    pembukaan itu. Sejumlah Menteri

    Kabinet Kerja juga hadir, seperti

    Puan Maharani, Tjahyo Kumolo,

    dan lainnya. Tampak juga hadir

    ketua-ketua partai seperti Surya

    Paloh dari Nasdem, Muhaimin

    Iskadanr dai PKB, Wiranto dari

    Hanura dan lainnya.

    Dari Kepri, juga hadir Jumaga

    Nadeak, Bendahara DPD PDIP

    Kepri yang juga Ketua DPRD Kepri.

    Juga tampak hadir Sekretaris DPD

    PDIP Kepri Lis Darmansyah. Dari

    Kepri, ratusan kader, bersama

    pengurus DPC se-Kepri juga meng-

    hadiri Kongres ini.

    Kepercayaan kepada Soerya tak

    hanya sampai di sidang paripurna

    kongres. Mantan Ketua DPRD Ba-

    tam ini juga diminta untuk me-

    mimpin Sidang Komisi Rehabilita-

    si. Sidang ini tentang kader-kader

    yang dipecat dan diberhentikan dari

    partai, dan mereka mengajukan

    kesempatan untuk rehabilitasi.

    "Dalam sidang ini kita melihat

    bukti-bukti. Nantinya akan diten-

    tukan, apakah permohonan mereka

    dikabulkan atau ditolak," kata

    Soerya.

    Komisi ini seperti "hakim pen-

    cabut nyawa" untuk kader-kader

    yang bermasalah baik di DPR RI,

    DPRD, eksekutif maupun pengu-

    rus partai di segala tingkatan.

    Mendapat kepercayaan me-

    mimpin sidang-sidang tersebut,

    Soerya berharap hal ini menjadi

    motivasi kader-kader PDIP ke

    depannya. "Untuk kader-kader

    yang lain, hal semacam ini, hen-

    daknya menjadi motivasi. Karena

    suatu saat mereka yang akan me-

    mimpin DPD. Brerilah yang ter-

    baik untuk partai," kata Romo,

    panggilan akrab Soerya.

    Menurut Romo, prestasi ini se-

    mua tidak lepas dari kerja keras,

    kader dan simpatisan partai.

    Hadapi Pilkada

    Megawati Soekarnoputri men-

    gajak kadernya segera bekerja sete-

    lah kongres partainya di yang tengah

    digelar di Bali tuntas. Sebab, PDIP

    juga harus segera mengkonsolidasi-

    kan diri untuk menghadapi pilkada

    di 200 daerah lebih pada tahun ini.

    Megawati mengatakan, waktu

    untuk menghadapi pilkada seren-

    tak 2015 hanya tersisa 8 bulan saja.

    "Desember kita mempunyai tugas

    lagi, sebuah cara baru, pilkada ser-

    entak, kata Megawati saat men-

    yampaikan pidato pertamanya se-

    bagai ketua umum PDIP 2015-2020

    di Grans Inna Beach Hotel, Sanur,

    Denpasar, Kamis (9/4).

    Menurutnya, begitu kongres di

    Bali itu selesai maka kader PDIP

    harus segera bekerja lagi. "Begitu

    mereka pulang ke daerah masing-

    masing, tiada lagi hari selain untuk

    mempersiapkan pilkada itu," kat-

    anya.

    Karenanya, Megawati mengin-

    struksikan kader PDIP yang duduk

    di legislatif, eksekutif maypun

    struktur partai untuk segera berg-

    erak menyiapkan pilkada. "Supaya

    kita bisa masuk dengan mantap ke

    pilkada serentak," katanya. (r)

    Soerya Dampingi Dari Halaman 1

    Pertarungan Sulit ParmaENNIO TARDINI (HK) Pertandingan seru antara tuanrumah Parma vs Juventus dalam lanjutan kompetisiLiga Italia pekan ke 30 akan digelar di Stadion EnnioTardini, malam nanti Sabtu (11/4) pukul 23.00 WIB.

    Bermain di depan pendukungn-ya sendiri tidak membuat Parmadengan mudah akan meraih ke-menangan. Karena mereka akanmenghadapi calon peraih juaraLiga Italia musim ini, Juventus.Meski baru saja meraih hasil ma-nis di pertandingan terakhirnyadengan Udinese dengan skor 1-0,Parma tidak begitu dijagokan un-tuk menang di pertandingan ini.

    Sebab menghadapi Juventus,posisi mereka bak bumi dan lang-it. Bianconeri kokoh di puncakklasemen sementara sedangkanParma terperosok di dasar klase-men sementara. Dan mereka jelasmembutuhkan hasil positif untukbisa terlepas dari jeratan zonadegradasi.

    Pelatih Parma Roberto Dona-doni sepertinya masih akan meng-gunakan formasi yang sama seper-ti yang digunakan ketika men-galahkan Udinese, Massimo Coda

    yang bermain baik di laga tersebutmasih akan bermain mengisi pos dilini depan dengan didukung olehSivestre Valera yang juga mence-tak gol pada pertandingan terse-but juga Abdel Ghezzal.

    Sementara itu pelatih Juven-tus, Massimiliano Allegri sepertin-ya akan kembali merotasi pemain-nya pada partai kali ini. Mengh-adapi Parma sepertinya bukanlahpekerjaan yang sulit, tetapi man-tan pelatih AC Milan tersebutharus tetap waspada karena saatini konsentrasi mereka terpecah kebeberapa kompetisi.

    Setelah mendapatkan ke-menangan di Coppa Italia mengh-adapi Fiorentina, bisa dikatakanbahwa Juventus bisa kembalifokus ke Serie A dan Liga Champi-ons. Meski Parma tengah terpurukdan bisa dipastikan gelar juarabisa kembali didapatkan, Allegritentu tidak akan tampil sembrono

    dengan meremehkan lawannya,sebab tim besutan Donadoni bisasaja tampil mengejutkan karenamotivasi yang tinggi untuk bisalepas dari zona degradasi.

    Sementara itu dua pemain Ju-ventus, Andrea Pirlo dan Paul Pog-ba sepertinya belum bisa kembalidipasang pada pertandingan kaliini. Namun dengan adanya ArturoVidal dan Claudio Marchisio di linitengah bisa menggantikan perankedua pemain kunci yang dilandacedera. Roberto Pereyra yang men-cetak gol pada pertandingan mela-wan Fiorentina sepertinya jugamasih akan kembali mengisikekuatan di lini tegah.

    Sementara itu posisi AlvaroMorata yang akan absen karenamendapatkan hukuman sepertin-ya akan digantikan oleh FernandoLloriente yang pada saat mengh-adapi Fiorentina memulaipertandingan dari bangku cadan-gan. Pertandingan ini tentu sajatidak boleh membuat lengah pasu-kan Allegri, karena hal itu tentuakan menjadi modal yang burukbagi mereka untuk menyiapkanlaga di perempatfinal Liga Cham-pions leg pertama. (net)

    Belajar dan Dari Halaman 1

    Sambungan 7Jumat, 10 April 2015

    BBM Naik Lagi

    JAKARTA (HK) Pemerintah

    kembali memberikan sinyal adan-

    ya kemungkinan kenaikan harga

    bahan bakar minyak (BBM) pada

    pertengahan Juni mendatang. Ala-

    sannya, pada Juni sampai Septem-

    ber, permintaan minyak mentah di

    negara-negara barat melonjak

    tajam. Diperkirakan, kondisi itu

    membuat harga emas hitam terse-

    but rebound signifikan.

    Menteri ESDM Sudirman Said

    menyatakan, pemerintah mem-

    prediksi bahwa pada pertengahan

    tahun minyak dunia berada di har-

    ga USD 60 sampai USD 70 per

    barel. Saat ini harga minyak men-

    tah jenis brent diperdagangkan

    pada USD 58,16 per barel. "Ke

    depan kelihatannya ada kenaikan

    harga," ujarnya.

    Meski begitu, dia belum bisa

    memerinci besarnya kenaikan har-

    ga itu. Sebab, pemerintah masih

    menunggu perkembangan terbaru.

    Dia juga mengaku sedang mem-

    pertimbangkan pola penentuan

    harga BBM. Yakni, masih meng-

    gunakan review bulanan, dua mi-

    ngguan, atau ada pola baru.

    Dia menyampaikan hal terse-

    but karena ada beberapa usul soal

    penentuan harga BBM. Ada yang

    meminta durasinya diperpanjang

    menjadi tiap dua bulan. Dia men-

    erima masukan itu dan siap mend-

    iskusikannya dengan Komisi VII

    DPR. "Tapi, semakin panjang dur-

    asi, kalau ada kenaikan signifikan,

    langsung terasa mahalnya," ucap-

    nya.

    Pemerintah pun memprediksi

    harga minyak terendah pada 2015

    hanya pada Januari. Ketika itu

    harga minyak mentah di bawah

    USD 51 per barel. Pemerintah

    merespons hal tersebut dengan

    menurunkan harga premium dari

    Rp7.600 per liter pada awal Janu-

    ari menjadi Rp6.700 di tengah

    Januari.

    Direktur Pemasaran Pertami-

    na Ahmad Bambang mengungkap-

    kan, naiknya harga minyak dunia

    tidak bisa dihindari. Apalagi, Indo-

    nesia masih menggantungkan

    pada impor minyak untuk mem-

    buat premium maupun pertamax.

    Jadi, saat harga minyak mentah

    naik, itu dimungkinkan berdamp-

    ak pada nilai jual bensin di Indo-

    nesia.

    "Hari ini (kemarin) saja sudah

    naik USD 3 per barel," terangnya.

    Tetapi, kenaikan tersebut belum

    berdampak pada harga premium.

    Menurut dia, Pertamina akan me-

    lihat fluktuasi harga jangka pan-

    jang. Begitu pula pemerintah,

    tidak melihat perubahan harga

    sesaat.

    Misalnya benar harga minyak

    mentah pada pertengahan tahun

    nanti USD 70, dia memprediksi har-

    ga premium tidak lebih dari Rp 8.600

    per liter. Itu adalah harga yang diteta-

    pkan pemerintah pada November

    2014. "Pemerintah yang menentu-

    kan. Yang jelas, pasti di bawah No-

    vember," tandasnya. (Rpk)

    NET

    MENTERI ESDM,Sudirman Said (tengah) didampingi Sekjen ESD,M Mochamad Teguh Pamudji(kiri) dan Irjen ESDM Muchtar Husein di Komisi VII DPR, Rabu (8/4) lalu.

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    I k lan 2Jumat, 10 April 2015

  • Editor:Nana Marlina, Layouter: Parlin

    CMYK

    CMYK

    USD/IDR

    Kamis, 9 April 2015

    SGD/IDR

    MYR/IDR

    JUAL BELI

    12,908.00

    3,558.86

    9,515.67

    EUR/IDR

    JPY/IDR

    CNY/IDR

    JUAL BELI

    2,125.60

    10,723.60

    2,104.41

    14,051.05 13,908.37

    3,597.68

    9,618.59

    13,038.00

    10,836.10

    400.43THB / IDR 396.19

    Jumat,10 April 2015 3BisnisSumber: Bank Indonesia

    Penjualan Sepeda Motor Turun di TpiDampak Kenaikan Harga BBM

    TANJUNGPINANG (HK) Pascakenaikanbahan bakar minyak (BBM), penjualanmotor di Tanjungpinang mengalami pe-nurunan hingga 20 persen. Kondisi ter-sebut disampaikan sejumlah dealer se-peda motor di ibukota Provinsi Kepri ini.

    Eva FransiskaLiputan Tanjungpinang

    Dealer motor PT Duta

    Jaya Motor misalnya. Ma-

    najemen perusahaan ini

    mengaku penjualan kenda-

    raan bermotor tersebut san-

    gat jauh merosot dari ta-

    hun sebelumnnya, teruta-

    ma akibat dampak kenai-

    kan harga BBM yang di-

    lakukan pemerintah pusat.

    Menurut Eddy Kurnia-

    wan, pimpinan Duta Jaya

    Motor, penjualan di tahun

    2014 laku hingga 100 unit

    per bulan, di tahun 2015 han-

    ya sekitar 50 unit saja.

    Dikatakan Eddy Kurnia-

    wan, di tahun 2014, omsetnya

    mengalami kenaikan sebe-

    sar Rp200 juta dibandingkan

    tahun 2013. Di tahun 2015

    ini, ia meyakini omset akan

    menurun drastis.

    "Tahun 2015 ini omset

    akan menurun drastis," ucap

    Eddy, Rabu (8/4).

    Dia juga menambahkan

    bahwa penjualan berkurang

    bukan hanya diakibatkan

    kenaikan harga BBM, namun

    juga karena berkurangnya

    lapangan pekerjaan, sehing-

    ga minat pembeli juga men-

    galami penurunan.

    Sekarang penjualan me-

    nurun bukan cuma karena

    harga BBM yang naik, na-

    mun juga akibat kurangnya

    lapangan pekerjaan bagi

    masyarakat di daerah ini

    ungkapnya.

    Di tempat berbeda, dealer

    resmi Yamaha mengalami

    kestabilan dalam penjualan.

    Sejak Januari hingga Maret

    terjual sebanyak 1.382 unit

    kendaraan atau sekitar 460

    unit per bulan. Sedangkan

    pada tahun lalu penjualan

    dalam satu tahun mencapai

    sekitar 6.072 unit atau seki-

    tar 500 kendaraan per bulan.

    Dari data tersebut, terjadi

    penurunan sekitar 8 persen.

    Meski begitu, Novi, ad-

    ministrasi dealer resmi Ya-

    maha Tanjungpinang men-

    yatakan angka tersebut re-

    latif stabil.

    Saat ini penjualanan

    kami masih stabil, belum

    ada peningkatan atau pun

    penurunan yang signifikan,

    ungkap Novi

    Lain halnya yang dirasa-

    kan Widi, pemilik dealer Wi-

    di Motor. Ia mengaku bahwa

    saat ini penjualanan motor

    jauh merosot dibandingkan

    dengan tahun lalu. Pada Jan-

    uari 2015, ia hanya mampu

    menjual 3 unit saja, dan pada

    Februari dan Maret masing-

    masing dua unit.

    Saat ini penjualan saya

    jauh merosot, di sini sepi

    pembeli . Bulan kemarin

    hanya terjual 2 unit saja,

    ungkap Widi.

    Hal yang serupa juga di-

    rasakan oleh Sukirno, kepa-

    la cabang Perkasa Motor,

    dealer motor Suzuki di Tan-

    jungpinang. Dikatakannya,

    tahun ini penjualan motor

    turun drastis. Hal itu menu-

    rutnya karena ketidaksta-

    bilan harga BBM.

    Tahun ini sedikit sekali

    minat pembeli motor, biasa-

    nya dalam sebulan kita bisa

    menjual 50 unit lebih, namun,

    akhir-akhir ini dalam sebu-

    lan hanya 30 unit, ujarnya.

    Ia juga menambahkan,

    akhir-akhir ini penjualanan

    jauh merosot disebabkan su-

    kucadang motor Suzuki san-

    gat mahal dibandingkan de-

    ngan motor merek lainnya.

    Suzuki sangat sedikit

    sekali peminatnya. Dalam

    sebulan paling hanya terjual

    1 atau 2 unit saja (di satu

    gerai,red), tambahnya lagi.

    Selain kendaraan roda

    dua, kendaraan roda empat

    juga mengalami penurunan

    penjualan. Hal ini diutarakan

    Okta, karyawan CV Putra

    Mobilindo.

    Pastinya ada penuru-

    nan dalam penjualan mobil

    sejak awal tahun hingga

    sekarang, selain itu sain-

    gan dalam menjual mobil

    juga ketat. jelasnya.

    Untuk meningkatkan pen-

    jualan, Okta mempromosikan

    model-model mobil dengan

    menggunakan media sosial.

    Kegiatan ini sudah dila-

    kukannya sejak satu bulan

    terakhir ini. Walaupun be-

    lum ada peningkatan dalam

    penjualan mobil yang penting

    sudah usaha dengan mak-

    simal,ujarnya lagi. ***

    INT

    PENJUALAN TURUN Aktifitas di salah satu pabrik motor di Tangerang, Indonesia. Sejak Januari hingga Maret 2015, penjualan kendaraan roda dua di KotaTanjungpinang mengalami penurunan sekitar 20 persen, dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Dealer sejumlah sepeda motor menyebut penurunan terjadisebagai dampak kenaikan BBM dan minimnya lapangan kerja di ibukota Provinsi Kepri ini.

  • Pendidikan 4Jumat, 10 April 2015

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri, silahkan hubungiwartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Arment Aditya, Layout: Agung Raharjo

    GedungGapuro JL. KudaLaut Kav.121.Batu Ampar, Batam

    SMK MULTISTUDI HIGH SCHOOL( Akriditasi A )

    Find Your Best Future Here !

    Sekolah Percontohan Kurikulum 2013

    Te l p : 0 7 7 8 - 4 2 2 8 5 9 , 0 7 7 8 - 4 2 2 8 4 9

    E m a i l : h u m a s m h s @ g m a i l . c o m

    Dibuka Pendaftaran SiswaBaru TP. 2015/2016Jurusan:Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),TeknikKomputerdanJaringan (TKJ), Akuntansi Keuangan

    Gelombang II

    I

    Rp. Ribu750

    SDN 05 Sagulung Gelar Motivasi USBN

    Target Raih Peringkat I Nilai UN

    BATAM (HK) Kepala Sekolah SDN 05 Sa-gulung Revios SPd MSi bersama majelisguru, telah menargetkan sekolahnya bisameraih nilai ujian sekolah berstandarnasional (USBN) peringkat pertama.

    "Kalau untuk tingkat Keca-matan Sagulung diantara SDnegeri kita selalu meraih peringkat pertama dan kedua,seperti tahun lalu itu," ujar

    guru kelas VI SDN 05 Sagu-lung Ribudiyah dan guru aga-ma Amir Mahpud MPdi, usaimendampingi siswa kelas VImengikuti kegiatan MotivasiUSBN, serta Renungan ber-sama Tim Pendidikan Halu-an Kepri, Kamis (9/4).

    Menurut mereka, seko-lahnya mematok target terse-

    Arment AdityaLiputan Batam

    but karena melihat persiapanUSBN dilakukan di se-kolahnya cukup matang yangdimulai sejak Oktober tahunlalu. Begitu pula pihaknya te-lah beberapa kali mengada-kan try out dan hasilnya cukupmemuaskan selalu ada pen-ingkatan. "Malah 5 siswa kitaketika try out meraih nilaisempurna 100 untuk pela-jaran matematika, tapiuntuk IPA masih perlukita tingkatkan lagi,"sambung Amir sambildiamini Ribudiyah lagi.

    Sementara Revios ke-tika membuka kegiatanMotivasi USBN dan Renu-ngan mengatakan, bahwa ta-hun ini peserta USBN diSDN 05 Sagulung sebanyak150 orang yang terbagi da-lam 4 lokal kelas. Sejauh inisudah banyak dilakukan da-lam membekali siswanyamenghadapi USBN ini, se-lain pemantapan juga mela-kukan beberapa kali try out.

    "Mudah-mudahan sajadengan mendatangkan moti-vator USBN dari luar siswa-siswi kita lebih termotivasilagi dalam mengahadapiujian sekolah. Kita merasa

    optimis dengan perjuanganpara guru selama ini mem-persiapkan siswa-siswinya

    menghadapi ujian sekolahitu, harapan kita target itubisa tercapai," ucapnya.***

    Revios SPd MSiKepsek SDN 05 Sagulung

    Relawan Berbagi Ilmu di Kelas InspirasiBATAM (HK) Lebih dari

    100 relawan dari berbagai

    profesi mengajar seharian

    di Kelas Inspirasi di se-

    kolah SD yang ada di Kota

    Batam. Seperti di Kecama-

    tan Sagulung Kamis (9/4),

    mereka bersukaria menga-

    jar siswa yang tersebar di

    tiga sekolah yakni SDN 05,

    SDN 06, dan SDN 07.

    Selebihnya relawan ini di

    Kecamatan Nongsa me

    ngajar di dua SD, dan di

    Tanjungriau mengajar di

    tiga SD.

    Menurut Koordinator

    Relawan Kelas Inspirasi

    yang mengajar di SDN 05

    Sagulung Monalisa, ketika

    relawan mengajar bukan

    menyampaikan materi

    pelajaran melainkan mem-

    perkaya wawasan anak

    didik dengan banyak ber-

    cerita tentang pengetahuan

    umum, seni budaya dan se-

    jarah tanah air dan berba-

    gi pengalaman pribadi.

    "Setelah saya amati ,

    ternyata sekolah lebih ba-

    nyak mengajarkan sains

    dan materi pelajaran saja,

    namun untuk memperkaya

    wawasan seperti menge-

    nalan budaya dan sejarah

    tanah air sangat kurang.

    Maka dari itu, kita menco-

    ba melengkapi kekurangan

    itu,' ujar Monalisa disela-

    sela mengajar diKelas Ins-

    pirasi.

    Dikatakn Monalisa,

    bahwa Kelas Inspirasi ini

    tak sekadar menjadi ajang

    berbagi semangat berjuang

    mencapai c ita-cita dan

    pengetahuan profesi dalam

    satu hari. Namun kegiatan

    ini punya tujuan lain, yakni

    dijadikan ajang kesempa-

    tan si laturahim antara

    penggerak pendidikan di

    sekolah dengan kalangan

    profesional. (men)

    BUKAMOTIVASI

    Kepala SekolahSDN 05

    Sagulung ReviosSPd MSimembuka

    kegiatan MotivasiUjian bersama

    Tim PendidikanHaluan Kepri,Kamis (9/4).

    Kegiatan ini diikuti150 siswa-siswikelas VI di SDN

    05 Sagulung yangakan menghadapi

    ujian sekolah.

    AGUNG RAHARJO /HALUAN KEPRI

    AGUNG RAHARJO /HALUAN KEPRI

    KEPALA Sekolah SDN 05 Sagulung Revios SPd MSi foto bersama Relawan Kelas Inspirasi yang mengajar di sekolahnya.Sebanyak 16 relawan yang berkunjung ke sekolah ini.

    Amir Mahmud MPdi Ribudiyah SPd

  • Opini & Layanan Umum 5Jumat, 10 April 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang & Bintan:

    Perwakilan Lingga: Perwakilan Karimun:Perwakilan Natuna: Perwakilan Anambas:

    Perwakilan Meranti:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, H. Kasri.: Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, Eddy Supriatna,

    Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti, DediManurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), Rudi Yandri, Aspanel,Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar (Kabiro Bintan),

    Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi. HengkiHaipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Hendra (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).

    CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Ali Mahmud

    Syahril,Mario Sardiman, Agung Raharjo, Parlin, Abi Hamdani. Richo R Fandi. Aswat,Grafis: Desain Iklan:

    Manager Pemasaran & Promosi HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan:

    Piutang: Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector:

    Tarif Iklan:

    Percetakan :

    Repro: Dicetak Oleh:

    : Malanton Hutagalung, :

    Junita Sari, Riska, Risnawati ,

    Jordy, Ririn, Revaldi,

    Paruhum Nst. Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan

    Display BW hlm 1 Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp.

    35.000/mmk, iklan Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot

    Colour Rp. 25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW

    Rp. 25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan

    BW Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita

    Rp.10.000/mmk, Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan

    kolom (Maks 300 mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius (

    Kepala), Mulya Perbawa, Isman, Apin, Sofwan, Kholik, Angga, Ipo.

    M. Rafli, Fadli, Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri

    Printing. Isi diluar tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Abi Hamdani

    Curanmor di Batam

    Judul Buku: Al Bidayah wa an Nihayah , 22 Jilid lengkapKarya: Al Hafidz Ibnu KatsirPenerbit: Pustaka Azzam

    Al Bidayah wa An Nihayah

    Resensi

    HANYA tindakan yangmemberi kekuatanhidup; hanya sikap takberlebihan yangmembuat hidup penuhpesona

    (Jean Paul Richter)

    KARENA kita tidakbisa mengubah ke-nyataan, mari kitamengubah mata agarbisa melihat kenyataan

    (Nikos Kazantzakis)

    Kesempatan Kedua

    PENCURIAN kendaraan sepedamotor (curanmor) di Batamtergolong cukup tinggi. Daridata yang dikeluarkan Kepoli-sian Resort Kota (Polresta) Bare-lang, ada 44 unit sepeda mo-tor dari berbagai merk berha-sil diamankan dari 42 orangpelaku. Angka tersebut bisasaja lebih tinggi lagi dikarena-

    kan mungkin ada korbanyang tidak melapor. Kapolres-ta Barelang, Komisaris BesarPolisi Asep Safrudin menyam-paikan, puluhan tersangkadan juga puluhan barangbukti tersebut didapat darihasil Operasi Cipta Kondisi.Ada yang cukup menarik darihasil tangkapan polisi, dariketerangan pelaku, aksi curan-

    mor ini dilakukan dengan ber-macam alasan, salah satunyaterhimpit ekonomi. Selain itu,motif melakukan tindak keja-hatan itu adalah karena ke-canduan obat-obatan dannarkoba. Sehingga segalamacam cara ditempuh dan di-halalkan untuk mendapatkanapa yang mereka inginkan.Khusus untuk alasan pertama,

    terhimpit desakan ekonomi, initentu menjadi perhatian kita.Soalnya, para pelaku tergolonganak-anak muda atau remajaproduktif yang bisa melakukanpekerjaan untuk mendapatuang dengan cara halal. Namun,faktanya mereka melakukantindakan kejahatan untuk men-dapat uang. Yang pasti, apayang mereka lakukan jelas salah

    dan melanggar aturan dan nor-ma hukum yang berlaku diNegeri ini.Melihat maraknya aksi curan-mor di Batam jelas menjadiperhatian kita semua. Sebab,akhir-akhir ini, kejahatan yangsatu ini bisa dikatakan sangatbanyak. Tidak hanya terjadi diBatam, di daerah lain pun diKepri juga sama. Apalagi didaerah-daerah lainnya di Indo-nesia. Kejahatan ini terbilang

    membuat kita miris. Yang lebihmembuat kita terkaget-kagetadalah para pelakunya adalahmereka yang tergolong sangatmuda. Tidak sedikit yang beru-sia belasan tahun.Aksi - aksi ini jika tidak ditan-gani cepat dikhawatirkan akanterus membesar. Dan para pel-aku akan semakin membabib-uta melancarkan aksinya. Un-tuk itu, berkaca dari yangsudah - sudah, rasanya sudahada semacam solusi yang dap-at kita lakukan untuk memini-malkan kejahatan curanmor ini.Seperti yang kita tahu, parapelaku tidak sedikit yang beru-sia belasan. Artinya, mereka iniadalah anak-anak yang masihberada dalam perhatian orangtua, guru, dan masyarakatlingkungannya. Karena itu,salah satu upaya kita adalahbagaimana intens memberi-kan perhatian pada anak-anakremaja kita. Jangan biarkanmereka terjebak dalam per-

    gaulan yang tidak baik, yangselama ini disinyalir menjadipenyebab awal mereka me-lakukan kejahatan tersebut.Selanjutnya, bagaimana ma-syarakat dan pihak terkaitmemperbanyak kegiatan posi-tif untuk kalangan remaja.Bagaimana pihak terkait ber-pikir untuk menciptakan "are-na-arena" yang bisa membuatpara remaja itu terstimulusuntuk mengeluarkan potensipositifnya. Lalu, bagaimanapihak sekolah selalu menekan-kan pelajaran kepribadianpada siswa. Dalam arti kata, jikaada siswa yang mempunyaimasalah, jangan dibiarkanmereka mencari solusi sendiritanpa bimbingan dari guru.Dan banyak kegiatan-kegiatanpositif lainnya.Kembali, melihat banyaknyaaksi negatif yang ditunjukansebagain remaja saat ini, hen-daknya menjadi perhatian seri-us bagi kita semua. Semoga. ***

    MARAKNYA peredaran produk pangan berbahaya akhir-akhir inimengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat, terutamaanak-anak kita, termasuk yang beredar di lingkungan sekolah.

    Selama ini, anak sekolah memang tak lepas dari makanan maupunjajanan populer.

    Oleh : ORYZ SETIAWANAlumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

    Surabaya

    Keamanan Pangan

    Oleh: Ir. Bimo T PrasetyoK olom Publik

    akap ijakC B

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: re-

    ojok

    Pejabat Jangan Takut Dikontrol- Bagi yang takut, jangan jadi pejabat!

    Rikson Dihajar Oknum TNI-AL- Jangan main hakim sendiri om!

    P

    KISAH Fulanah diatas ad-

    alah contohnya. Dia mendap-

    atkan modal untuk berjualan

    sarapan didekat rumahnya.

    Yang dia jual adalah makan-

    an yang setiap pagi disiap-

    kan untuk keluarganya dita-

    mbah satu-dua menu sara-

    pan yang umum. Perlahan

    dia mengatasi semua tan-

    tangan yang muncul, dan up-

    ayanya mulai memperlihat-

    kan hasil. Usahanya mampu

    menopang keluarga dan pen-

    didikan anak-anaknya, bah-

    kan ketika suaminya harus

    berhenti bekerja sementara.

    Asetnya terus berkembang

    hingga datang saat dimana

    Fulanah tidak punya pilihan

    kecuali menjual usaha kepa-

    da tetangganya.

    Ia memang harus kehi-

    langan usahanya, tapi ia

    menjualnya dengan harga

    yang sepadan dengan kerja

    kerasnya. Tak lama kemudi-

    an, Fulanah memulai lagi

    dan mengulang keberhasi-

    lan yang serupa. Hari ini,

    dengan semua dinamikanya,

    dia jauh lebih mapan di-

    banding ketika dia memulai

    langkah pertamanya dulu.

    Tapi bukan status usah-

    anya yang hendak dijadikan

    ibroh. Adalah kisah perjala-

    nannya yang hendak kita

    ambil sebagai pela-

    jarannya. Fulanah

    adalah satu dari ri-

    buan, ratusan ribu

    bahkan jutaan wani-

    ta rumah tangga ya-

    ng luput dari pen-

    gamatan ketika topik ke-

    wirausahaan dibicarakan.

    Fulanah adalah sosok yang

    sangat biasa hingga dia dih-

    adapkan pada peluang, pa-

    da kondisi yang memancing

    karakter dan potensinya

    bertemu. Peluang muncul,

    sosok aslinya mulai mem-

    per--lihatkan diri. Petarung

    gigih itu melipat gandakan

    modal awal yang tak seber-

    apa hanya dalam kurun 2

    tahun. Ia memang harus

    berhenti sejenak, namun

    sejarah membuktikan ia

    memang mampu meman-

    faatkan kesempatan beri-

    kutnya. Untuk ukurannya,

    prestasi Fulanah bukan bi-

    asa-biasa saja.

    Pelajaran kedua adalah

    setiap orang dapat tumbuh

    bila kesempatan yang sama

    diberikan. Memberi kesem-

    patan bukanlah sekedar

    memberi sebuah peluang

    semata, namun juga pelu-

    ang, dorongan dan bantuan

    berikutnya. Bila Fulanah

    hanya menerima modal

    saja, boleh jadi kisah-

    nya akan berakhir ber-

    beda. Ketika memulai,

    Fulanah juga memerlu-

    kan pengetahuan bagai-

    mana mengelola, pelaja-

    ran dari mereka yang sudah

    lebih dulu menjalani, rekan

    berbagi cerita, teman tem-

    pat bertanya dan tentu saja

    dukungan ketika suatu

    waktu tersandung kerikil

    yang memang akan selalu

    ada. Ketika Fulanah harus

    berhenti sejenak dan men-

    galah demi keluarganya,

    kesempatan kedua, kesem-

    patan berikutnya harus te-

    tap disediakan.

    Pelajaran lain yang juga

    sama pentingnya adalah,

    untuk merubah Fulanah da-

    ri kondisi terjepit menjadi

    sosok yang berhasil mem-

    berdayakan dirinya, bukan-

    lah pekerjaan yang bisa di-

    lakukan oleh satu orang da-

    lam satu hari. Dukungan

    yang beragam dan berjang-

    ka panjang lebih berhasil

    bila dilakukan secara khu-

    sus oleh institusi yang fo-

    kus pada penyediaan duku-

    ngan tersebut. Maka bila

    kita berderma, membagi se-

    bagian rejeki sebagai modal

    bagi fulanah-fulanah diseki-

    tar kita, itu hanyalah lang-

    kah kedua, setelah tentu

    saja niat sebagai langkah

    pertama. Kisah Fulanah ad-

    alah contoh jelas tentang ke-

    harusan tersebut.

    Wanita seperti Fulanah

    adalah sosok yang nampak

    lembut dari luar, namun me-

    reka adalah para petarung ya-

    ng sekurangnya sama tang-

    guh dibanding pria. Pengab-

    dian pada suami dan anak

    tidaklah melemahkan mere-

    ka, namun justru mengasah

    potensi petarung mereka. Da-

    n ada hal lain yang juga sama

    sering luput dari pandangan

    kita. Bila seorang ayah mem-

    bawa pulang uang, maka ke-

    butuhan rumah, makan bagi

    keluarga, pendidikan dan

    kontribusi sosial berada sama

    penting. Artinya, semua harus

    dipenuhi. Namun bila seor-

    ang ibu membawa pulang ua-

    ng kerumahnya, asupan gizi

    dan pendidikan anak akan

    menjadi prioritas utama, jauh

    lebih didahulukan dibanding

    kebutuhannya dan kebutu-

    han suaminya.

    Hal tersebut berarti,

    memberdayakan wanita-wa-

    nita seperti Fulanah, bukan

    sekedar memberikan uang

    lebih kepadanya, namun se-

    cara langsung ikut mengata-

    si masalah gizi dan pendid-

    ikan anak-anak, generasi

    muda, generasi penerus per-

    juangan menegakkan kali-

    mat-kalimatNya.

    Bila ditambahkan faktor

    bahwa anak-anak lebih ban-

    yak menyerap perilaku ibu,

    belajar dari sosok ibu, maka

    menyediakan kesempatan

    memulai dan kesempatan-

    kesempatan yang lain bagi

    wanita, bagi ibu, maka ur-

    gensinya menjadi sangat

    nyata. Ibu yang gigih, ibu

    yang ulet, ibu yang mandiri

    akan menjadi sumber-sum-

    ber pelajaran yang tidak

    akan ada habisnya bagi an-

    ak. Peluang mereka menjadi

    sosok yang tangguh, sosok

    petarung yang ulung akan

    lebih besar tercapai. Gen-

    erasi semacam itulah yang

    kini sangat dibutuhkan oleh

    bangsa ini, oleh umat ini.

    Kesempatan kedua ad-

    alah apa yang mereka perlu-

    kan untuk merubah mereka

    dan negeri ini. Dan kesempa-

    tan itu sangat mampu kita

    sediakan, bila saja kita men-

    yadarinya.***

    Namun tanpa disadari,produk jajanan itu sebagiandi antaranya diduga mema-kai bahan tambahan maka-nan melebihi standar keten-tuan, seperti asam benzoat,sitrat, dan pemanis buatan(siklamat, aspartam, dansakarin). Selain ada bahantambahan berbahaya itu, di-duga kuat juga mengandungbahan berbahaya, misalnyaformalin, rhodamin B, hinggamethanil yellow yang seha-rusnya tidak boleh ada dalamproduk makanan.

    Pada umumnya aneka ja-janan itu dijual oleh parapedagang di luar lingkungansekolah yang diragukan hi-gienitas, tingkat kualitaskeamanan produk, dan ke-layakan pangan. Tingkat per-edaran dan konsumsi jaja-nan, makanan-minuman (ma-min) ringan dalam kemasansebagai bahan tambahan pa-ngan di luar lingkungan se-kolah diduga kuat mengan-dung bahan pengawet, pe-manis, pewarna buatan ber-bahaya, hingga mengandungzat-zat narkoba sehingga ber-potensi menimbulkan kera-cunan massal, gangguan ke-sehatan, hingga kematian.

    Kualitas jajanan anak ya-ng kurang baik bisa berdam-pak serius, terutama menyan-gkut asupan gizi anak bangsayang berdampak langsung bagikesehatan anak-anak kita.Padahal, pada masa-masainilah perkembangan fisik,kemajuan psikologis, sertapengenalan daya nalar mulaiberkembang secara optimal.

    Saat orientasi ekonomidalam bentuk mengeruk ke-untungan secara instan de-ngan mengorbankan kese-hatan orang kini menjadi me-nu harian di berbagai media.Berbagai macam pelanggaranterhadap produk pangan, tapihanya segelintir yang dapatdijebloskan di jeruji besi, si-sanya "nyaris tak tersentuh".

    Media gencar memberita-

    kan mi, tahu, ikan berforma-lin bercampur boraks, jaja-nan sekolah pemanis, pewar-na, pengawet berbahaya,hingga marak ditemukanmakanan berbahan daur ul-ang dari sampah sungguhmenggambarkan bahwa ne-geri ini berubah menjadi ru-mah sakit, bahkan kuburanraksasa bila kondisi tak ter-selesaikan dan pelaku takmemperoleh ganjaran setim-pal. Jika perlu, kejahatanterhadap keamanan panganjuga digolongkan sebagai ke-jahatan luar biasa, sepertihalnya narkoba, terorisme,maupun korupsi.

    Warung sekolahPada umumnya berbagai

    jajanan yang disediakan just-ru berasal dari luar lingkung-an sekolah yang notabenetingkat kebersihan, keama-nan, dan kelayakannya ma-sih (perlu) dipertanyakan.Keberadaan warung sekolah,seperti kantin, koperasi, ma-upun tempat-tempat di da-lam lingkungan sekolah yangmenyediakan aneka kebu-tuhan anak-anak sekolah(terutama sekolah dasar)yang semestinya relatif lebihdijamin oleh sekolah, iro-nisnya belum dimanfaatkan.

    Hal ini wajar sebab padaumumnya kebutuhan jajananyang disediakan warung se-kolah masih sangat terbatas,variasi pilihan yang minim,sehingga mereka lebih cen-derung memilih jajanan yang

    ditawarkan para pedagang diluar sekolah. Para pedagangyang umumnya berskala kecildan tradisional memiliki da-ya pikat lebih kuat denganmengandalkan insting bisnissederhana, bahkan terkadangmenawarkan berbagai ha-diah yang dikemas dalambentuk permainan menarik.

    Tingkat pemahaman an-ak usia sekolah memang be-lum sepenuhnya mampu me-ngadopsi setiap informasi.Daya pikir dan pemahamananak-anak belum sepenuh-nya dapat menyadari dam-pak bahaya yang mereka be-li. Mereka masih prematurhingga berdampak terhadapapa yang dilihat, didengar,dan dirasakan, termasukapa yang dikonsumsi.

    Kondisi inilah yang me-macu anak-anak sekolah cen-derung memilih aneka jaj-anan di luar lingkungan se-kolah sehingga pihak sekolahseyogianya tanggap terhadapkeberadaan mereka. Kantinsekolah seharusnya mampumemberikan jaminan keam-anan dan kelayakan maka-nan dan jajanan sekolah,menciptakan suasana keber-samaan dan keceriaan. Disisi lain, anak-anak tetapmendapat jaminan aspekkesehatan dengan upaya pe-ningkatan kualitas jajanan,kebersihan, kemudahan, danharga lebih terjangkau kan-tong mereka.

    Gerakan jajanan sehat

    Sebenarnya, kontribusimamin dan jajanan (kuda-pan) memiliki peran dalampemenuhan nutrisi tubuh.Sebab, rata-rata kebutuhanenergi dan protein sebesar 36persen dan 30 persen dipe-nuhi konsumsi pangan ja-janan (Komalasari, 1991).

    Kondisi ini sangat berpe-ngaruh terhadap stamina dankebugaran anak-anak selamadi sekolah yang pada giliran-nya berdampak pada efek-tivitas penyerapan pelajaran.Kasus keracunan pangan disekolah berdasarkan tempatkejadian dalam karakteristikepidemiologi KLB menempatiperingkat kedua setelah ke-racunan penganan hasil ola-han dan masakan di sektorrumah tangga.

    Meski dampak langsungkeracunan masih sporadis,mengingat derajat kesakitan(morbiditas) kasus dengantingkat korban kemassalantinggi sehingga perlu strategipengamanan pangan. Di an-taranya, pertama, mening-katkan aktivitas surveilanskeamanan jajanan anak se-kolah berbasis pendekatananalisis risiko, yakni me-lakukan pengkajian risikoterhadap identifikasi bahaya,karakteristik bahaya, kajianpaparan, dan karakteristikrisiko terhadap bahan pangan.

    Upaya penyuluhan, so-sialisasi dampak buruk jaj-anan yang tidak sehat, aspekpencegahan, hingga penanga-

    (Bagian Kedua)

    nan kasus keracunan massaljika terjadi serta terus meng-optimalisasi sistem keama-nan pangan jajanan anaksekolah sesuai potensi tiap-tiap sekolah.

    Kedua, memberdayakanpotensi sekolah melalui usa-ha kesehatan sekolah (UKS).Unit UKS merupakan salahsatu potensi layanan kese-hatan berbasis sekolah yangselama ini belum digarap op-timal sehingga lebih berfung-si sebagai miniatur tempatpengobatan dan pemeriksaankesehatan mini. SeyogianyaUKS ini lebih diarahkan se-bagai pusat aktivitas kese-hatan sekolah, termasuk up-aya pencegahan dini dan se-cara swadaya melakukan pe-nanggulangan sederhana ka-sus-kasus gangguan kese ha-tan di lingkungan sekolah.

    Ketiga, melakukan gerakan jajanan sehat, aman, danbergizi secara masif denganmelibatkan lintas sektor,swasta, dan masyarakat. Ju-ga, perlu dikembangkan sis-tem jejaring promosi keama-nan dan kelayakan produkjajanan. Anak-anak lebihbaik dianjurkan membawaperbekalan dari rumah agarterjamin keamanan maka-nan sekaligus dapat meng-hemat uang saku mereka.

    Pada akhirnya, merekaterbiasa untuk selalu men-jaga hidup sehat dan hemat.Inilah salah satu fungsi pen-didikan yang mengacu padapembentukan perilaku hi-dup bersih dan sehat (PH-BS) sejak dini.

    Di sisi lain, diperlukanpembinaan terhadap parapedagang mamin dan pro-duk jajanan, penggunaanbahan tambahan panganberbahaya, kebersihan ba-han baku, dan cara pengo-lahan hingga risiko kon-taminasi, kondisi higienis-sanitasi, serta dampak ya-ng timbul bagi kesehatananak-anak sekolah. ***

    Kitab tafsir terjemah Kitab AlBidayah wa An-Nihayah karyaImam Al Hafidz Ibnu Katsir -rahimahulloh- adalah salah satudari sekian kitab terbaik se-panjang sejarah islam yangmenjadi pondasi penulisan se-jarah Islam dan bangsa Arab.

    Kitab terjemah al bidayahwa an-nihayah ini menjadipintu masuk berbagai dekadepenulisan sejarah, dimana ki-tab al bidayah wa an-nihayahini ditulis pada akhir abad ke 8Hijriyah. Di samping itu, kitabini adalah sebuah karya seora-ng ulama yang ahli hadits yangmemahami hadits, yang mam-pu memperjelas kedudukanhadits dan menulis berbagaidasar-dasar ilmu hadits.

    Dalam kitab ini dijabarkanawal mula manusia yang men-jadi khalifah di muka bumi,kisah-kisah para nabi, danumat-umat terdahulu sesuaidengan penjelasan Al Qurandan hadits-hadits shahih. ImamIbnu Katsir -rahimahulloh- ju-ga mengupas tentang khabargharib (langka), munkar dankhabar yang bersumber darikaum bani Israil. Langkah se-lanjutnya dia menegaskantentang sejarah perjalananhidup Nabi Muhammad, -Sho-lallahu Alaihi Wassalam- dansejarah perkembangan Islamhingga pada masa hidup beliauimam ibnu katsir-rahimahulloh-( pada abad ke 8 Hijriah). Ke-mudian dia beralih pada pem-bahasan tentang fitnah (benca-na yang menimpa umat ma-

    nusia), tanda-tanda Hari Kiamat,dan berbagai kondisi kehi-dupan akhirat.

    Didalam kitab ini sung-guh-sungguh komprehensifmengupas tentang sejarahIslam, yang mana hati semuaorang berkeinginan meneli-tinya, rasa dahaganya terobatisetelah melihat berbagai ke-agungan sejarah kita umatIslam yang agung ini, yangmemecahkan kedalam sejarah,yang pemah menjadi pe-mimpin dunia untuk beber-apa abad lamanya, sejarahumat Islam pemah mengisidunia dengan nilai-nilai ke-benaran dan keadilan, setelahkezhaliman dan penyimpan-gan memenuhi dunia.

    Imam Ibnu Katsir -rahima-hulloh- meneliti tentang per-mulaan khalifah (orang per-tama di muka bumi), kisah-kisah para Nabi alaihi salamajmain-, bermacam-macamujian yang menimpa umatmanusia dan berbagai kisahpeperangan yang membawabanyak korban (al malahim)dengan penelitian yang sa-ngat mendalam, dia menyu-sun bahan-bahannya lang-sung bersumber dari Al Qurandan Sunnah Nabi -SholallahuAlai hi Wassalam- . Imam Ibnukatsir -rahimahulloh- me-ngelaborasi antara tafsir dansejarahnya, dia meneliti se-jarah Islam hingga tahun 767Hijr iyah, menghimpun berbagai peristiwa dan biografiorang-orang terkenal. (wec)

  • IklanJumat, 10 April 2015 6CMYK

    CMYK

  • CMYK Editor: Ika, Layouter: Agung R

    CMYK

    Iklan 8Jumat, 10 April 2015

  • Editor: Sofyan, Layouter: SyahrilCMYK

    CMYK

    BatamJumat, 10 April 2015 9

    Pedagang Pasar Avava ResahNAGOYA (HK) Sejumlah pedagang dipasar Avava Fresh Market Nagoya resahkarena terancam tidak bisa melanjutkanusahanya di pasar tersebut.

    Ini sehubungan akan di-alihkannya pasar tersebutkepada pihak ketiga.

    Surat pemberitahun pa-sar tersebut akan dialihkandisampaikan Manaje-men PT Tapa-

    nindo Utama selaku pemilikpasar kepada pedagang ta-nggal 7 April lalu.

    Dalam surat tersebut adatiga poin yang ditawarkan

    Nikolaus NgaoLiputan Batam

    Pedagang Pasar Hal 10

    Gustian Riau Bantah Tunjuk KonsultanStudi Kelayakan Alfamart

    BATAM CENTER (HK)

    Kepala Badan PenanamanModal (BPM) dan PelayananTerpadu Satu Pintu (PTSP),Gustian Riau membantahada kong-kalikong antaradirinya dengan minimarketAlfamart soal konsultan ya-ng digunakan untuk studi ke-layakan ekonomi minimarketAlfamart di Batam.

    Gustian Riau menegas-kan, konsultan yang diguna-

    kan oleh Alfamart untuk me-lakukan studi ekonomi bukanberdasarkan rekomendasi di-rinya ataupun BPM PTSPKota Batam. Konsultan yangdipakai berasal dari pergu-ruan tinggi di kota Batam.

    " Tidak benar itu, kamitidak pernah mengarahkankepada 1 konsultan. Yang me-njadi konsultan memang pe-rguruan tinggi, karena mere-ka independent. Mengenai

    perguruan tinggi mana, ituterserah Alfamart memilih-nya," tegas Gustian Riau yangdihubungi, Selasa (7/4) lalu.

    Sementara ketika dising-gung mengenai syarat pergu-ruan tinggi yang bisa dipakaiuntuk menjadi kon-sultan dalam mela-kukan studi ekono-mi, Gustian menga-takan harus meru-pakan perguruan ti-nggi yang sudah di-akreditasi.

    Di Batam adabeberapa pilihan, se-perti Politeknik Ba-tam, Uniba, Ibnu Si-na juga bisa, kemudian UIB.Yang jelas Perguruan Tinggitersebut harus sudah men-dapat akreditasi, jelasnya.

    Namun sampai saat ini,Alfamart belum menyerah-

    kan hasil studi kelayakanekonomi kepada BPM PTSP.Menurut Gustian, masih ter-sisa beberapa hari kedepansebelum waktu yang diberi-kan kepada Alfamart untukmelengkapi izin habis.

    Belum masuk kekita, karena waktunyajuga belum habis. Tapi,nanti jika waktunyasudah habis dan ber-kas kajian ekonomibelum juga selesai,kita akan tinjau kem-bali, ujarnya.

    Disinggung menge-nai izin lainnya, Gus-tian menyebut Alfa-

    mart telah menyelesaikansemua perizinan yang dibu-tuhkan. Hanya tersisa kajianekonomi saja, yang lain sudah

    Gustian Riau Hal 10

    Gustian

    Ichsan: Wujudkan Hal 10

    NICO NGAO/HALUAN KEPRI

    MULAI RESAH Kesibukan terlihat di pasar Avava Fresh Market Nagoya, Kamis (9/4). Pedagang di pasar ini mulai resahsehubungan akan dialihkannya kepemilikan pasar ke pihak ketiga.

    Ichsan: Wujudkan KONIBermartabat dan Berprestasi

    JODOH (HK) Menjelangpemilihan Ketua Umum Ko-mite Olahraga Nasional In-donesia (KONI) Batam, Meimendatang, M Al Ichsan, ca-lon Ketua KONI Kota Batam,

    beramah tamah dengan 18cabang olahraga (cabor) diKota Batam.

    Hal itu untuk menjaringaspirasi dari para cabor Ba-tam, agar bisa menselaras-

    kan tekad dan perjuangan,demi kemajuan prestasi olah-raga di Kota Batam, sertademi peningkatan kesejah-teraan para atlet.

    Silaturahmi yang dike-mas dengan dialog terbukadan tanya jawab itu, diakhiridengan makan malam ber-sama. Acara itu dihadiri 18ketua dan pimpinan caborberjumlah sekitar 38 orang.Diantaranya cabor IPSI, PBI,ISSI, GABSI, NPC, PRSI danPRSI.

    M Al Ichsan yang jugaCEO PT Lintas Grup meng-ungkapkan generasi muda dinegeri ini hendaknya me-ngawali dengan niat tulusdan komitdalam memajukanolahraga di Kota Batam.

    "Alhamdulillah, sudahada delapan cabor yang ber-komitmen memberikan du-kungan maupun mandat ke-pada saya, untuk bisa me-ngikuti pemilihan calon ketuaKoni Batam, untuk masabhakti 2015-2019, menda-tang" kata M Al Ichsan.

    Diterangkan dia, sejak ke-lahirannya dan kehadirannyadi bumi pertiwi ini, secara garisbesarnya tidak ada masalah,kendala maupun ikut berkor-ban untuk perjuangan bangsadalam meraih kemerdekaan dinegeri kita tercinta ini.

    " Selama ini saya hanyabisa menikmati hasil per-juangan dari para pahlawanyang sudah berkorban se-galanya. Semua usaha danikhtiar saya dalam bekerjabisa berjalan baik, lurus-lurus saja, serta lancar-lancarsaja. Meskipun, terkadangada sedikit kerikil - kerikilkecil yang harus dihadapidengan tabah dan sabar,"ujarnya.

    Ichsan mengatakan, ini-lah saatnya baginya untuk

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    CALON Ketua Koni Batam, M Al Ichsan menggelar ramah tamah dengan 18 ketuapengurus cabor Kota Batam, di Hotel Pasifik, Jodoh, Rabu (8/4) malam.

  • Editor: Sofyan, Layouter: Syahril

    Metro Batam 10Jumat, 10 April 2015

    Pedagang Pasar Dari Halaman 9

    Gustian Riau Dari Halaman 9

    kepada pedagang. Pertama,bagi penyewa kios dan mejaakan diberikan free dua bulanuntuk pembayaran sewa pe-riode 1 Mei-Juni 2015. Untukpembayaran listrik dan ser-vice charge tetap harus diba-yar ke pihak pengelola.

    Kedua, bagi penyewa mejayang ingin lanjutkan sewamaka akan dialihkan ke pa-sar Tanjung Pantun dengansistem pembayaran sewaperenam bulan sebesar Rp3juta namun belum termasuklistrik dan air. Jika jumlahtenant yang pindah mencapai30 tenan maka manajemenakan merenovasi total pasartersebut.

    Ketiga, untuk sewa kiosdan meja diberikan waktupengosongan kios dan meja

    sampai tanggal 1 Juli 2015.Apin, salah seorang pe-

    dagang mengaku kecewa de-ngan surat pemberitahuanitu. Sebab, pihak pengelolahanya memberinya waktudua bulan untuk pindah daripasar Avava Fresh Market.

    " Saya sudah lama ber-jualan di sini dan sudah me-miliki pelanggan tetap.

    Apabila saya pindah daripasar ini maka pelangganakan kesulitan mencari lapaksaya," katanya.

    Di lain pihak, Wakil Ke-tua Kadin Provinsi KepriPaulus Amat Tantoso menga-ku menerima banyak penga-duan dari para pedagang ter-kait surat pemberitahuan itu.

    " Hari ini saya diteleponteman-teman pedagang di

    Pasar Avava Fresh Marketyang resah dengan adanyapemberitahuan mendadakdari pihak pengelola terkaitpengalihan itu tanpa sosia-lisasi," katanya.

    Amat Tantoso menilaiwajar bila pedagang di pasartersebut resah termasuk be-berapa keluarganya menge-nai pengalihan itu. Karenamereka telah lama mengon-trak meja dan kios di PasarAvava Fresh Market.

    " Diantara pedagang ituada yang telah membayarkontrak selama 10 tahun atauhingga tahun 2019," jelasnya.

    Oleh karena itu, kataAmat Tantoso, pihak penge-lola tidak bisa seenak perutmengalihkan para pedagangpasar Tanjung Pantun, se-

    selesia diurus, tambanya.

    Sebelumnya, Gustian

    Riau memberikan waktu 2

    minggu kepada management

    minimarket Alfamart untuk

    melengkapi izin-izinnya. Ke-

    tika dihubungi 23 Maret si-

    lam, sudah ada 7 perizinan

    yang selesai diurus oleh mi-

    nimarket Alfamart.

    " Lima hari lalu, kami

    memberikan waktu kepada

    Alfamart utuk mengurus izin.

    Sejauh ini yang tersisa tinggal

    kajian ekonominya saja. Pa-

    dahal, waktu yang kita berikan

    ada 2 minggu, ungkapnya.

    Ketua Nasional Corup-

    ption (NCW) Kepri Mulkan-

    syah mengatakan, untuk me-

    nelusuri dugaan gratifikasi

    Alfamart, Kejari Batam bisa

    masuk dari tim kajian eko-

    nomi ini atau konsultan.

    " Tim kajian ekonomi bisa

    dijadikan sebagai pintu ma-

    suk bagi Kejari dalam me-

    ngusut kasus ini. Karena, di

    sinilah dugaan gratifikasi itu

    dilakukan. Kejari bisa me-

    nyanyakan siapa yang terlibat

    dalam tim kajian ekonomi itu,

    sejauhmana kapabilitasnya

    dan apa saja yang direkomen-

    dasikannya," katanya.

    Sebab, berdasarkan in-

    formasi dan penelusurannya

    di lapangan, ada mantan tim

    sukses Walikota Batam ber-

    inisal M di belakang Alfa-

    mart. Dialah yang diduga

    memasukkan Alfamart ke

    Batam dan mengatur segala

    sesuatunya. Termasuk me-

    ngkondisikan anggota dewan.

    " Kalau cuma izin, itu ti-

    dak terlalu berat pelangga-

    rannya. Dalam pengurusan

    izin, bukan orang Alfamart

    yang capek-capek datang ke

    Pemko itu, tapi pejabat Pem-

    ko lah yang bolak-balik da-

    tang ke Alfamart meminta

    persyaratan," katanya.

    Karena itu, ia yakin da-

    lam sekejab, Alfamart akan

    mengantongi semua izin yang

    disyaratkan. Dan, 150 gerai

    yang direncanakan, satu per

    satu akan mulai beroperasi.

    Menyikapi kasus ini, Ke-

    jaksaan Negeri Batam me-

    ngaku telah menerima lapo-

    ran dugaan gratifikasi penge-

    luaran izin Alfamart di Ba-

    tam. Kepala Kejaksaan Ne-

    geri Batam, Yusron SH me-

    ngatakan laporan tersebut

    akan dipelajari dan ditin-

    daklanjuti.

    " Laporan tersebut akan

    kita tindaklanjuti," kata Yus-

    ron, ketika itu.

    Lanjut Yusron, pihaknya

    akan mencari bukti-bukti

    pendukung terkait laporan

    tersebut. Sebab pihaknya

    baru bisa melakukan penye-

    lidikan jika memiliki bukti

    yang kuat.

    " Kita perlu data-data

    bukti. Jangan nanti kita seli-

    diki mentok pula karena tidak

    cukup bukti," tuturnya. (sar)

    mentara kontrak mereka ma-sih lama.

    " Pihak pengelola dan pihakketiga yang telah membelipasar tersebut mestinya mem-berikan kesempatan kepadapara pedagang hingga kontrakmereka selesai," ujarnya.

    Jika pengelola tetap ber-sikukuh pada pendiriannyadan tidak mengindahkankontrak yang telah disepa-kati dengan pedagang makaPT Tapanindo Utama dapatdianggap telah melakukanwan prestasi. Atas dasar ter-sebut, pihak pengelola bisadigugat ke pengadilan.

    Direktur PT TapanindoUtama, Tarman yang dikon-firmasi soal ini menolakmemberi keterangan alasan-nya hendak istirahat.***

    Ichsan: Wujudkan Dari Halaman 9bisa berbuat untuk bangsadan daerah, agar bisa me-ngabdi serta berkontribusidemi kemajuan olahraga Ko-ta Batam maupun para at-letnya.

    " Didasari niat yang tulus-iklas inilah, saya bertekatuntuk maju menjadi ketuaKONI Kota Batam ini. Sayasiap menjadi pelayan sertamengabdikan diri, untuk da-pat meningkatkan prestasiolahraga daerah, memotivasi

    cabor - cabor, serta pening-katan kepedulian kesejah-teraan para altet di Kota Ba-tam," paparnya.

    Ichsan menegaskan juga,untuk digarisbawahi bersa-ma, selaku calon ketua KONIKota Batam ini, saya siapberjuang dengan penuh spor-tivitas dan kejujuran. " Prin-sip saya dalam percaturancalon ketua KONI Batam ini,saya siap untuk kalah, dansiap pula untuk menang,"

    ungkapnya."Mari kita bertekat dan

    berkomitmen bersama, un-tuk menciptakan Koni Ber-matabat, Bersih dan Berp-restasi. Sehingga, berpe-luang besar untuk bisamembawa suatu perubahankearah yang lebih baik, ma-ju serta penuh prestasi ca-bor Kota Batam yang mem-banggakan," ungkap Ichsan.

    Sebelum makan malam,terlebih dulu digelar dialog,

    bedah visi dan misi dari CEOLintas Grup, M Al Ichsan,yang maju sebagai calon Ke-tua KONI Batam.

    "Saya mau bapak dan ibubedah saya. Saya tak maubapak dan ibu membeli ku-cing dalam karung. Puas-kanlah bedah saya terlebihdahulu, dan apa saja yangmau bapak-ibu tanyakan,"ujar Ichsan.

    Atas tantangan tersebut,langsung ditanggapi oleh Ca-

    krawala SH, mewakil Peng-cab Judo Kota Batam, yangjuga salah satu anggota timpenjaringan musyawaraholahraga KONI Batam.

    Cakra menanyakan, per-tama, apa yang akan diper-buat M Al Ichsan kalau nan-tinya terpilih jadi KetuaKONI. Kedua, siapkah ba-pak membagi dana KONIsenilai 80 persen peruntu-kannya untuk pembinaanatlet-atlet dan 20 persenuntuk organisasi.

    Ketiga, siapkah menga-dakan fitnes centre untukKONI. Keempat, siapkah me-ngusahakan dan menalangiada kantor KONI sebelumcair dana dari APBD. Kelima,kalau terpilih jangan susahditemui.

    Menjawab pertanyaanitu, Ichsan menegaskan kalaudirinya terpilih maka yangpertama dilakukannya me-rangkul semua pengcab baikyang mendukung maupuntidak mendukung dirinya.

    "Saya yakin, malam inikita bisa duduk bersama. Tapi,saat pemilihan nanti pasti adadi antara kita yang tidak men-dukung saya. Itu tidak ma-salah. Kalau saya terpilih,wajib untuk merangkul semuacabor, meskipun pada pemi-lihan ketua tidak mendukungsaya," ungkapnya.

    Terkait pembagian atas

    80 persen pembinaan pres-tasi dan 20 persen organisasi,Ichsan sangat setuju. Bah-kan, Ichsan siap pasang ba-dan masuk penjara kalaumemberikan dana pembina-an kepada atlet berprestasi.

    "Selagi yang saya laku-kan itu adalah benar dantidak saya korupsi, sayasiap menanggung risikonya.Sebab, selaku seorang pe-mimpin itu harus bisa ber-tanggungjawab dan bisa di-kritisi. Jadi orang harus be-nar, harus berani dan tras-paransi dalam penggunaananggaran," terangnya.

    Keberadaan fitnes centre,Ichsan sangat setuju dan me-nyanggupi ada kalau dirinyajadi Ketua KONI. Soal KantorKONI, menurut Ichsan ada-lah etalase organisasi ter-sebut. Dirinya berjanji, enambulan terhitung, setelah diri-nya terpilih dan dilantikmenjadi Ketua KONI KotaBatam, maka kantor KONIsudah ada.

    "Tapi dananya terus te-rang saya katakan. Kalau itusaya dahulukan dengan uangpribadi atau dengan cara sa-ya kredit, dan mohon dime-ngerti. Yang penting, kitaharus bisa transparan dandiketahui bersama. Kalauperlu dilakukan accountingpublik," paparnya.

    Pertanyaan terakhir ba-

    gaimana cara Ichsan mencaridana untuk kegiatan KONIselain dari APBD. Ichsan me-ngaku senang atas pertanya-an ini, dan menegaskan bah-wa jangan takut kalau KetuaKONI bukan dari eksekutifatau legislatif lalu tidak di-biayaai APBN/ APBD.

    "Bapak-ibu, jangan ta-kut. Sesuai Undang-Undang(UU) Nomor 3 Tahun 2005tentang sistem keolahra-gaan nasional bahwa ke-giatan KONI wajib dibiayaiAPBN/ APBD. Bapak-ibutahu, kalau hukum wajib itukalau tak dilakukan ber-dosa. Bahwa itu adalah hakKONI," jelasnya.

    Selain itu, Ichsan menga-ku dirinya pernah bekerja dikapal pesiar ini banyak me-miliki teman di perusahaanasing di Batam dan Kali-mantan. Perusahaan asingitu memiliki dana CSR yangbesar, namun perusahaantersebut bingun menyalur-kannya. Lantaran dana CSRtersebut mengharuskan la-poran pertanggungjawaban.

    "Saya akan gandeng te-man-teman saya di perusa-haan asing itu dengan CSRtersebut. Setelah itu kitadapat, namun harus kita ha-rus mempertanggungjawab-kan. Kita harus buat mana-jemen modern yang bagus,"tukas Ichsan. (vnr)

  • CMYK

    CMYK Editor: Eddy Supriatna, Layouter :Mario

    11Hukum & KriminalJumat, 10 April 2015

    Ketua RW Akui Tak Punya IzinAktivitas Pabrik Batako di Pancur

    BATAM (HK) Pabrik Batako tanpa namayang beraktivitas di tengah pemukimanRT02/RW03, Sei Pancur, Kelurahan Piayu, SeiBeduk, ternyata tidak pernah mengantongiizin dari perangkat RW setempat.

    Dedi ManurungLiputan Pancur

    "Iya memang tak ada per-izinan usaha Batako itu. Bah-kan, kelurahan dan kecamatansudah tahu ada lokasi pabrikbatako ini," ujar Mustari, KetuaRW 03 Sei Pancur, KelurahanTanjungpiayu, Kecamatan Sei-beduk, Kamis (9/4).

    Menurutnya, meskipuntidak mengantongi izin, pe-rusahan ini dalam berakti-vitas sesuai dengan aturandan kesepakatan. Dimana

    kegiatan dimulai pukul 08.00hingga pukul 17.00 WIB.

    Dia mengatakan, adanyapabrik ini, sudah pernah dis-kusikan kepada masyakatsekitar. Bahkan, ia mengirakehadiran pabrik tak begitumenggangu aktivitas masya-rakat setempat. Tapi, bilaada yang komplain silahkancek langsung ke lokasi.

    "Semua masyarakat su-dah tahu bahwa ada di lokasiini pabrik Batako. Dan sayakira kehadiran pabrik ini takbegitu menggangu aktivitaswarga setempat ini. Tapi,kalau ada yang komplain si-lahkan cek ke lokasi, tak adamasalah," ujar dia lagi.

    Sementara itu, SofyanYahya, pemerhati lingkunganmengatakan prihatin dengankehadiran pabrik batakoyang di tengah pemukimanwarga. Selain mengganggu,pabrik ini tidak layak berdiridi lokasi yang bukan perun-tukannya.

    "Saya belum berbicaramasalah perizinan. Berdi-rinya pabrik batako ini sajasudah salah. Artinya, peru-sahaan ini tidak benar," ujarSofyan yang melakukan pe-ngecekan langsung ke lokasisetelah mengetahui keha-diran pabrik batako yang me-resahkan warga dari mediaini, Kamis (9/4).

    Dikatakannya, setelah kelokasi pabrik, mereka takbisa tunjukkan surat izinnya.Selain itu juga, Ketua RWpun sudah mengakui bahwa

    perizinan pabrik itu tak ada.Setelah itu, kita juga akan cekke Kelurahan langsung.

    "Jelaskan tak ada ijinnya.Hal itu diungkapkan lang-sung oleh ketua RW nya sen-diri. Tapi lebih detailnya, kitaakan cek lagi kekantor ke-lurahan setempat, kemudiankita juga akan mendatangipihak Bapedalda Batam,"ujar Sofyan.

    Untuk diketahui, wargaRT 02/RW 03 mengaku resahdengan aktivitas pabrik ba-tako yang berdiri tanpa namadi Kelurahan Tanjungpiayu,Seibeduk. Soalnya, masya-rakat sekitar menerima ke-bisingan, debu dan mence-mari air sumur dari kegiatantersebut.

    Hartojo, warga yang mene-rima dampak dengan adanyaaktivitas pabrik batako itumengaku, sejak setahun be-lakangan ini, warga setempatmerasa tidak nyaman lagi.Pasalnya, pabrik itu meng-gunakan empat unit mesinyang suaranya mengeluarkansuara yang ribut.

    "Warga sudah resah. Debupasirnya bertebaran ke ru-mah warga. Selain memba-hayakan kesehatan warga,perabotan warga juga men-jadi kotor akibat aktivitasitu," ujar Hartojo.

    Tidak hanya bising dandebu yang mengganggu ke-sehatan warga, sejak ber-dirinya pabrik itu, air wargajuga terganggu dengan ak-tivitas itu. Ternyata pem-buatan batako itu juga me-nggunakan air asin.

    "Bagi warga yang punyasumur, jadi korban. Pasal-nya, air sumur warga itu kinisudah asin akibat rembesanair pembuangan pembuatanBatako," sebutnya.

    Menurutnya, beberapawarga sudah menyampaikankeberatan mereka terhadapaktivitas pembuatan batakoitu. Hanya saja, pihak RTjuga tak punya kuasa untukmenutup usaha batako itu. Ditempat terpisah, Ketua RT02, Sahdan saat ditemui me-ngakui adanya aktivitaspembuatan batako di ling-kungannya.

    "Memang banyak wargayang komplain dan melaporke saya. Tapi itu sudah sayasampaikan ke Ahwat selakupemilik usaha itu. Hanyasaja, pemiliknya berkelit,permintaan warga itu ber-lebihan," kata Sahdan. ***

    EDDY SUPRIATNA/HALUAN KEPRI

    PABRIK ILEGAL Pabrik batako yang berdiri di tengah pemukiman warga itu tidak mengantongi izin apapun dalam menjalankan aktivitasnya. Sofyan (bajuhitam), pemerhati lingkungan menaruh prihatin dengan adanya pabrik yang meresahkan warga ini mendatangi lokasi untuk memastikan legalitasnya.

  • Editor: Nikolaus Ngao, Layouter: Abi Hamdani

    Anambas 12Jumat, 10 April 2015

    Anambas Dapat Kucuran Rp15,188 MDana APBN

    ANAMBAS (HK) - Pemerintah Pusatmengucurkan dana sebesar Rp15,188 miliaruntuk pembangunan desa di KabupatenKepulauan Anambas (KKA).

    PD Buka Penjaringan CalonANAMBAS (HK) DewanPerwakilan Cabang (DPC) Par-tai Demokrat Kabupaten Kep-ulauan Anambas membukapenjaringan bakal calon bupatidan wakil bupati periode 2015-2020.

    Partai Pimpinan MantanPresiden RI, SBY tersebutmenginginkan calon yang di-usung kelak mampu menjadipemenang dan membawa An-ambas sejajar dengan ka-bupaten lain yang telah lamajadi.

    Sesuai instruksi DPP PDdalam rangka pilkada serentak2015 di Kepri, mulai tgl 9-29April 2015, DPC PD KKAmembuka penjaringan balon-bup-wabup melalui tim penjar-ingan yang sudah dibentuk,kata Wann Sarros, SE, M.Si,Ketua DPC Partai Demokrat

    Anambas, Rabu (8/4).Sarros mempersilahkan

    kepada figur-figur terbaik pu-tra tempatan maupun nontempatan, kader partai, bi-rokrat atau mantan birokrat,pengusaha, akademisi dan lain-nya jika ingin mengabdimemimpin KKA di periodekedua (2015-2020), silahkanmendaftar dan mengambilformulir di Sekretariat DPCPD KKA Jl Tg Lambai Tpaatau hub Hp 081261957264.

    Selanjutnya Sarros men-gungkapkan sebagai partaiyang memiliki kursi 10% diDPRD KKA, tentu PD harussiap berkoalisi dengan parpollain yg sefaham dan sehaluandalam visi dan misi memban-gun KKA ke depan lebih se-jahtera dan mandiri.

    Sebagai partai yang men-

    junjung tinggi nilai bersih-cer-das-santun, PD membuka diridan siap berunding dengan se-mua pihak demi kepentinganKKA yg lebih besar, jelasnya.

    Pada kesempatan itu Sar-ros menjelaskan, sebagai par-tai yang demokratis dantransparan PD juga menyiap-kan kader internal potensial di3 Dapil di KKA yg siap ber-pasangan dengan kader ekster-nal. Tetapi semua masih men-cari dan dapat dirundingkanbersama parpol mitra koalisinantinya.

    Sarros juga mengakui, pi-haknya masih terus membinasilaturrahim yg harmonis den-gan partai lain seperti PAN, PGdan Gerindra guna menemu-kan figur terbaik, berkualitasdan benar-benar dibutuhkanoleh masyarakat KKA.

    Saat ini Anambas sudahberusia 7 tahun sejak dime-karkan dari Kabupaten Natu-na 24 Juni 2008, maka dari ituperlu figur yang mampumengembalikan kejayaanmasyarakat KKA masa laludalam kontek kekinian sesuaivis misi perjuangan pemeka-ran KKA yakni bertumpu padaekonomi kerakyatan yang kuatdan mandiri, tuturnya,

    Sebagai daerah kaya poten-si kata Sarros, calon yang di-usung nanti harus fokus padapengembangan sektor kelautandan perikanan serta pariwisa-ta, selain itu pembukaanlapangan-lapangan kerja barudengan investasi-investasiswasta andalan. Bukan latahhanya mengandalkan APBDdan dana sedekah dari pusatberupa DBH. (yud)

    Dana tersebut akan dibagike 52 desa yang ada di daerahitu. Dalam pencairannya akanbertahap akan dibagi menjaditiga termin dan diperkirakanpada minggu ke April 40 persen

    dana tersebut cair."Pencairan dana tersebut

    prosesnya dari pusat ke reken-ing daerah, dan dari rekeningdaerah langsung di transfer kerekening desa yang telah dimil-iki masing-masing desa," de-mikian disampaikan KepalaBadan Pemberdayaan Masyar-akat Desa (BPMD), Kamis (9/4).

    Menurut Eko, pada APBNdana yang akan dikucurkansebesar Rp4,8 miliar, namunpada APBNP dana tersebutmenjadi Rp15,188 miliar. Danaini diberikan untuk pemban-gunan sumber daya ma-syarakat yang diprioritaskanseperti PAUD, posyandu daninfra struktur. Dana yang di-berikan ini merupakan starttahun pertama dana untukdesa. Diperkirakan pada tahun2017 mendatang setiap desayang ada di Anambas mendap-atkan kucuran dana sebesarRp1 miliar sampai denganRp1,5 miliar.

    "Sebelum dapat mencair-kan dana ini, desa harus me-miliki dan menyusun anggaranpendatapatan dan Belanjadesa (APBDes).

    Selanjutnya Eko menyam-paikan cara pembagian dana

    tersebut adalah Rp15 Mx90%akan dibagi rata ke seluruhdesa sedang Rp15 M x 10%akan dibagi secara proporsion-al dengan perkalian indeks per-sentase jumlah penduduk, luaswilayah, angka kemiskinandan indeks kesulitan geografis.

    "Diperkirakan rata-ratadesa tersebut mendapatkankucuran dana sebesar Rp260juta," jelasnya.

    Dalam pencairannya sam-

    bung Eko, akan dibagi atas tigatermin yakni pada bulan April40 persen, Agustus 40 persendan bulan November 20 pers-en. Dana kuncuran pusat inidalam penggunaannya harusdapat dipertanggung jawab-kan, untuk apa dana tersebutdipergunakan.

    "BPMD akan membantudesa melakukan pendampin-gan dan pengawasan, sehinggadana kucuran pusat ini dapat

    menyentuh desa yang merupa-kan ujung tombak pemban-gunan," ujarnya.

    Ke depan Eko kata Eko,pembangunan desa akan lang-sung dilaksanakan oleh desa itusendiri, dan bukan oleh SKPD.Karena ke depan desa telahmemiliki dana untuk melak-sanakan pembangunan jadilangsung dapat diketahui manasaja pembangunan prioritasyang harus digesah.***

    DOK

    BELUM TERSENTUH Seorang pengendara sepeda motor melintas jembatan terbuat dari batang pohon kelapa yangbelum tersentuh pembangunan. Diharapkan dana dari APBN untuk pembangunan desa juga dimanfaatkan memperbaiki kondisijalan di Desa Landak, Kecamatan Jemaja ini.

    YudiLiputan Anambas

  • Natuna 13Kamis, 9 April 2015

    Editor : Amir Yunus, Layout : Abi Hamdani

    TNI AU Siap Perkuat Poros MaritimRANAI (HK) - TNI AU siap memperkuatpengamanan poros maritim indonesiaterutama sekali yang ada di wilayah Na-tuna. Hal ini akan diwujudkan dalam ben-tuk penguatan pangkalan dan personil TNIAU. Demikian disampaikan Pangkoopasu Idalam sambutannya yang dibacakan olehDanlanud Ranai, Letkol Pnb. M. Nurdinpada acara HUT TNI AU yang ke 69 yangdipusatkan di Lapangan Dirgantara LanudRanai, Kamis (9/4).

    Letkol Nurdin, seperti

    yang disampaikan Kepala

    Staf TNI AU pada saat samb-

    utan, bahwa keberadaan Na-

    tuna secara geografis berada

    di poros maritim Indonesia.

    TNI AU secara sinergi siap

    mendukung kebijaksnaaan

    pemerintah tersebut penga-

    manan yang wilayah tersebut

    tentu saja sesuai dengan ke-

    mampuan alat utama sistem

    senjata serta kesiapan opera-

    sional yang ada di TNI An-

    gkatan Udara.

    Bagi Lanud Ranai sendi-

    ri selalu siap mendukung

    pengamanan poros maritim

    sebagaimana kebijakan pe-

    merintah dan perlu mendek-

    larasikan poros maritim ter-

    sebut, apalagi Natuna secara

    geografis berada di poros

    maritim dimaksud, kata

    Letkol Nurdin.

    Dikatakannya, pada da-

    sarnya implementasi dukun-

    gan TNI AU dalam pengam-

    anan poros maritim dengan

    gelaran sejumlah operasi

    udara seperti operasi Ra-

    jawali Arnawa 14 yang baru-

    baru ini digelar di Natuna

    dan sekitar. Bahkan operasi

    tersebut dilaksanakan jauh

    hari sebelum kebijakan poros

    maritim tersebut dideklarasi-

    kan oleh pemerintah.

    Sebetulnya sebelum ke-

    bijakan poros maritim itu

    didekler TNI AU sudah me-

    lakukan bebagai gelaran op-

    erasi di wilayah udara Natu-

    na, salah satunya operasi Ra-

    jawali Arnawa 14 yang ke-

    marin sama-sama kita saksi-

    kan di sini, terangnya sam-

    bil menunjuk Lanud.

    Kegiatan operasi tersebut

    akan dilaksanakan secara

    berkelanjutan dan bahkan

    dalam waktu tertentu akan

    digelar latihan-latihan di

    wilayah-wilayah yang memi-

    liki nilai strategis pertahan-

    an dan nilai tawar yang ting-

    gi baik dalam hubungannya

    secara nasional maupun in-

    ternasional.

    Untuk mendukung hal

    itu, tentu peningkatan ke-

    kuatan secara internal harus

    dilakukan dan treatment

    yang nyata saat ini adalah

    peningkatan kelas Lanud

    Ranai dari Kelas C menjadi

    Kelas B, meski hal ini masih

    dalam proses. Hal ini menja-

    di indikator betapa Natuna

    itu secara geografis dan stra-

    tegi patut diperhitungkan.

    Karena dengan naiknya

    tipe menjadi tipe B tentu saja

    konsekwensi dibelakangnya

    organisasi akan menjadi

    mekar dan dukungan fasili-

    tas penerbangan semakin

    dilengkapi dan pendukung-

    pendukung lainnya.

    Selanjutnya, yang jadi

    indikator dukungan TNI AU

    atas kebijakan itu adalah

    dengan peningkatan tipe La-

    nud dari Tipe C ke Tipe B,

    karena konsekuensi dari pen-

    ingkatan ini secara oragani-

    sai menjadi mekar dan peral-

    atan serta fasilitas menjadi

    lebih lengkap yang tentu ak-

    an berimplikasi pada keka-

    uatan yang lebih handal, ter-

    angnya.

    Dikatakanyan, TNI Au

    sebagi komponen bangsa juga

    harus turut memberikan per-

    hatian lebih terhadap sejum-

    lah persoalan litas negara

    yang terjadi belakangan ini

    seperti Masalah terorisme

    dan perkembangan gerakan

    radikal ISIS (The Islamic

    State of Iraq and Syria), Per-

    masalahan iIlegal Fishing, iI-

    legal logging, Human Traf-

    ficking serta peredaran dan

    kejahatan narkoba, dan lain

    sebagainya.

    TNI juga tentu melibta-

    kan diri dari berbagai per-

    soalan litas negara yang ada

    sekarang ini. Karenanya den-

    gan semangat peringatan

    TNI AU ke-69, kita berharap

    bisa memunculkan pemiki-

    ran, inspirasi baru membawa

    upaya-upaya baru didalam

    mendorong TNI AU untuk

    lebih baik dalam menghadapi

    berbagai tantangan ke depan

    yang lebih berat, pungkasn-

    ya.

    Pada peringatan HUT TNI

    AU ke-69, Lanud Ranai telah

    mengadakan pertandingan

    berbagai perlombaan, diant-

    aranya lomba cerdas cermat

    FATTURAHMAN/HALUAN KEPRI

    SERAHKAN BANTUAN Dan Lanud Ranai, Letkol Pnb. M. Nurdin menyerahkan bantuan kepada sejumlahpensiunan TNI AU dan veteran pada HUT TNI AU ke 69 di Lanud Ranai, Kamis (9/4). Bantuan tersebut merupakanprogram tali kasih sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT Tahun 2015.

    FatturahmanLiputan Natuna

    bahasa inggris antar SMA,

    lomba PBB antar SMP, lomba

    mewarnai dan menggambar

    tingkat Paud, TK-SD Se-Kab.

    Natuna, bakti sosial berupa

    pengobatan massal di Desa

    Tapau Kec. Bunguran Tengah

    Kab. Natuna, Karya bakti

    pembersihan pantai tanjung

    Kab. Natuna, penyerahan tali

    kasih kepada purnawirawan

    TNI AU dan Warakawuri be-

    rupa sembako serta upacara

    ziarah di TMP Ranai Kabu-

    paten Natuna. ***

  • I k lan 14Jumat, 10 April 2015

  • Iklan 15Jumat, 10 April 2015

    Editor: Rahmad Ghafur, Layouter : Mario

  • CMYK

    Editor: Ika, Layouter: Syahril

    16Jumat,

    10 April 2015

  • CMYK

    Kepri RayaJumat, 10 April 2015 17

    Editor: Afrizal, Layouter: Agung Raharjo

    CMYK

    Pekajang Butuh Transportasi-KomunikasiUNTUK membuka keterisolasianDesa Pekajang yang termasukwilayah terjauh di Kecamatan Ling-ga, Kabupaten Lingga, GubernurKepri HM Sani sebut tantanganpembangunannya adalah transpor-tasi dan komunikasi.

    Hal demikian disampaikanSani di sela-sela kunjungan kerjan-ya di Pulau Pekajang, Senin (6/4).

    Dikatakan Sani, pembangunan

    Pekajang ini perlu waktu. Maka iasudah minta agar kepala DinasPerhubungan Komunikasi dan In-formatika Provinsi Kepri untukbertindak.

    "Yakinlah. Komunikasi dantransportasi prioritas utama.

    Kalau boleh bertanggungjawab. Kita minta DPRD gimanajalan yang terbaik. Jangan putusasa. Dua hal ini prioritas pemban-

    gunan Dishub dan PU untuk der-maga," ujarnya.

    Dalam kesempatannya ber-tatap muka dengan masyarakat Pe-kajang, Sani minta kepadamasyarakat Pekajang untuk bersa-bar. Bagaimanapun masalah trans-portasi dan komunikasi di DesaPekajang inilah harapan kedepan

    Pekajang Butuh Hal 18

    PENANTIAN panjang masyara-kat Letung, Kabupaten Anam-bas akan hadirnya bandara danpelabuhan laut di pulau tersebutterjawab.

    Untuk tahun ini, pemban-gunan bandara sepanjang 1.600meter di Letung akan terealisasipaling lambat tahun depan. Se-dangkan untuk pelabuhan BukitRaya, juga paling lambat tahun

    depan sudah bisa beroperasi.Hal ini dikatakan Wakil Gu-

    bernur Kepri, Soerya Respationo,saat melakukan kunjungan kerjake Kecamatan Jemaja dan Jema-ja Timur, Selasa (24/3).

    "Kalau untuk bandara, segeradioperasikan dan bisa didaratipesawat berbadan kecil," kataSoerya saat meninjau pemban-gunan Bandara Letung.

    Untuk pembangunan ban-dara ini, Pemprov Kepri akanmengucurkan anggaran setidak-nya Rp16,3 miliar.

    Sedangkan untuk sisi udara-nya, Pemerintah Pusat akan me-lakukan pembangunan denganmenggunakan anggaran tidakkurang dari Rp100,3 miliar. Un-

    Bandara Letung Hal 18

    Rian Handrianto

    Mahasiswa FIKP UMRAH

    Terapkan Disiplin

    Terapkan Disiplin Hal 18

    Bandara Letung Terealisasi Tahun Depan

    SIKAP disiplin sangat mencermin-kan orang yang sukses. Karenadengan disiplin segala sesuatun-ya bisa berjalan sesuai keinginan.

    Mahasiswa yang akrab dipang-gil Rian ini mengaku, selalu tetap

    berupaya menerapkan sikap disipl