CG Analisis Laporan Tahunan Telkom 2012

12
Analisis Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012 berdasarkan OECD Principle 5 Menurut OECD Principle 5 dalam pengungkapan mengenai hal-hal material, harus mengungkapkan mengenai namun tidak terbatas pada hal- hal berikut : 1. Hasil keuangan dan operasi perusahaan Pada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan hasil keuangan dan operasi perusahaan mereka, berupa Laporan Keuangan yang menunjukan kinerja PT. Telekomunikasi Indonesia selama tahun 2012, dan pergerakan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2012.

description

digunakan untuk tugas cg

Transcript of CG Analisis Laporan Tahunan Telkom 2012

Analisis Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012 berdasarkan OECD Principle 5Menurut OECD Principle 5 dalam pengungkapan mengenai hal-hal material, harus mengungkapkan mengenai namun tidak terbatas pada hal- hal berikut :1. Hasil keuangan dan operasi perusahaanPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan hasil keuangan dan operasi perusahaan mereka, berupa Laporan Keuangan yang menunjukan kinerja PT. Telekomunikasi Indonesia selama tahun 2012, dan pergerakan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2012.

Gambar Ikhtisar Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia 2008 2012

Dari Ikhtisar Keuangan di atas, dapat kita simpulkan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia mengalami peningkatan kinerja keuangan, hal ini dikarenakan terjadi peningkatan pendapatan sejak tahun 2008 hingga 2012. Meskipun jumlah beban perusahaan meningkat pula, tapi peningkatan tersebut masih dapat ditutupi dengan peningkatan pendapatan. Sehingga terdapat peningkatan laba usaha sejak tahun 2008 hingga 2012. Selain itu, terdapat peningkatan total asset yang membuktikan bahwa perusahaan memiliki kekayaan yang melimpah. Dengan penurunan total kewajiban pula, dapat dikatakan PT. Telekomunikasi dalam kondisi yang sehat dari kesulitan pembayaran kewajiban.Selain itu, terdapat ikhtisar operasional perusahaan yang ditampilkan dan diungkapkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia dalam laporan tahunan 2012, sebagai berikut:

Gambar Ikhtisar Operasional PT. Telekomunikasi Indonesia 2011 2012

Dari ikhtisar operansional di atas, bisa kita simpulkan bahwa terdapat peningkatan kinerja operasional PT. Telekomunikasi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan di sebagian besar pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, baik total pelanggan broadband, pelanggan selular, pelanggan telepon tetap maupun pelanggan lainnya. Hal ini bisa kita artikan bahwa penduduk Indonesia semakin percaya akan kinerja PT. Telekomunikasi Indonesia dengan memberikan pelayan terbaiknya.

2. Tujuan perusahaanPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan tujuan perusahaan mereka, yaitu dengan menampilkan dan menjelaskan visi dan misi, serta inisiatif strategis mereka.

Gambar Visi dan Misi PT. Telekomunikasi Indonesia

3. Kepemilikan saham dan voting rights mayoritasPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan total kepemilikan saham PT. Telekomunikasi Indonesia sejak tahun 2011 hingga 2012. Selain itu, ditampilkan pula pergerakan harga saham PT. Telekomunikasi Indonesia, baik yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI), New York Stock Exchange (NYSE), maupun London Stock Exchange (LSE).

Gambar Grafik Total Saham Beredar dan Kapitalisasi Pasar

Gambar Pergerakan Harga Saham PT. Telekomunikasi Indonesia 2008 2013 di BEI

Gambar Pergerakan Harga Saham PT. Telekomunikasi Indonesia 2008 2013 di NYSE dan LSE

Terdapat informasi yang tidak diungkapkan dalam laporan tahunan 2012 ini, yaitu daftar pemegang saham PT. Telekomunikasi Indonesia. Bila terdapat daftar pemegang saham, kita dapat mengetahui berapa jumlah pemegang saham PT. Telekomunikasi Indonesia saat ini, dan dapat diketahui pula struktruk kepemilikan saham PT. Telekomunikasi Indonesia, sehingga dapat diketahui siapa pemegang saham mayoritas dan minoritas PT. Telekomunikasi Indonesia.4. Kebijakan remunerasi bagi anggota dewan dan eksekutif kunci, dan informasi mengenai anggota dewan, termasuk kelayakan mereka, proses seleksi, jabatan direksi di perusahaan lain, dan apakah mereka dianggap independen oleh dewanPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan kinerja dewan komisaris dan dewan direksi PT. Telekomunikasi Indonesia. Hal ini dapat kita lihat pada bagian Tata Kelola Perusahaan mulai halaman 124 hingga 135. Di halaman tersebut, dijelaskan secara terperinci apa saja yang telah dilakukan oleh dewan komisaris dan dewan direksi selama tahun 2012, serta evaluasi terhadap kinerja dewan komisaris dan dewan direksi.

Gambar Daftar Remunerasi Dewan Komisaris PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012

Gambar Daftar Remunerasi Dewan Direksi PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012

5. Transaksi dengan pihak berelasiPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan transaksi dengan pihak berelasi dengan sangat terperinci. Hal ini dapat kita lihat Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasian dalam catatan 37 mengenai transaksi dengan pihak berelasi.

6. Faktor-faktor risiko mendatangPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan risiko-risiko mendatang yang mungkin dialami PT. Telekomunikasi Indonesia. Resiko tersebut dibagi menjadi 2, yaitu risiko terkait Indonesia dan Bisnis PT. Telekomunikasi Indonesia.Dalam risiko terkait Indonesia, terdapat risiko sebagai berikut :1. Risiko Politik Sosial1. Risiko Makroekonomi1. Risiko Valuta Asing1. Risiko Exchange Risk1. Risiko Suku Bunga1. Risiko Bencana, dan1. Risiko lainnya yang telah diatur dalam Manajemen Risiko dan Enterprise Risk ManajemenDalam risiko terkait bisnis, terdapat risiko sebagai berikut :0. Risiko Operasional0. Risiko Keuangan0. Risiko Hukum dan Kepatuhan0. Risiko Regulasi0. Risiko Kompetisi Telekomunikasi

7. Isu-isu mengenai karyawan dan stakeholders lainnyaPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan bagaimana PT. Telekomunikasi Indonesia mengelola karyawan mereka, dimana bisa kita liat pada bagian Sumber Daya Manusia. Hal yang dijelaskan adalah perekrutan, pengembangan kompetensi, remunerasi, penghargaan, pelayanan, program pension, hubungan dengan manajemen, dan aktivitas ekstrakulikuler.Selain itu, PT. Telekomunikasi Indonesia juga telah menampilkan dan mengungkap informasi yang berguna bagi stakeholders lainnya. Hal ini bisa kita lihat pada bagian Informasi Tambahan.Gambar Daftar Isi Informasi Tambahan

8. Struktur dan kebijakan tatakelola, terutama, isi dari setiap pedoman atau kebijakan tatakelola perusahaan dan bagaimana proses pelaksanaannyaPada Laporan Tahunan PT. Telekomunikasi Indonesia tahun 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia telah menampilkan dan mengungkapkan struktur dan kebijakan tata kelola perusahaan, yang bisa kita lihat pada bagian Tata Kelola Perusahaan. Hal yang dijelaskan pada bagian Tata Kelola Perusahaa, salah satunya adalah komite-komite dibawah dewan komisaris yang ditujukan untuk menunjang proses tata kelola perusahaan.Selain hal-hal diatas, PT. Telekomunikasi juga telah mengungkapkan isu-isu terkait susunan komisaris yang terdiri dari komisaris Independen dan non Independen. Terdapat juga pengungkapan-pengungkapan program yang menunjang untuk peningkatan keahlian komisaris. Selain itu juga, telah diungkapkan mengenai hasil-hasil dari rapat Dewan Komisaris, pergantian komisaris, dan abesnsi rapat yang dihadiri dari komisaris.

Gambar Daftar Isi Tata Kelola Perusahaan