bio otot ppt.pptx

download bio otot ppt.pptx

of 40

  • date post

    09-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    48
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Ini materi tentang otot sebagai alat gerak aktif dari kelompok 1 biologi kelas 11 IPA 3 SMAN 12 Jakarta. Semoga bermanfaat^^

Transcript of bio otot ppt.pptx

Slide 1

WELCOMEKELOMPOK 1OTOT SEBAGAI ALAT GERAK AKTIFKELAINAN / GANGGUAN PADA OTOTMEKANISME GERAK OTOTSIFAT KERJA OTOTBAGIAN BAGIAN OTOTKARAKTERISTIK OTOTJENIS JENIS OTOTPEMBELAJARANJENIS JENIS OTOT

A. OTOT JANTUNGOtot jantung disebut juga myocardium. Otot jantung hanya terdapat pada organ jantung saja. FUNGSISUSUNANCARA KERJA

CIRI-CIRIOTOT LURIKOTOT POLOSOTOT JANTUNGBentuk SelSilindris atau serabut panjang

Seperti gelondong,bagian tengah besar, dan ujungnya meruncingSilindris atau serabut pendekInti SelBanyak, di tepiSatu, di tengahSatu atau dua, di tengahAktivitasDi bawah kehendak (otot sadar)Di luar kehendak (otot tidak sadar)Di luar kehendak (otot tidak sadar)KontraksiCepat, tidak teratur dan mudah lelahLambat, lama dan tidak mudah lelahOtomatis, teratur, tidak pernah lelah dan lambatLetakMelekat pada rangkaAlat-alat tubuh bagian dalamJantungDiskus interkolarisTidak adaTidak adaAdaPERBEDAAN CIRI CIRI ANTARA JENIS-JENIS OTOTEKSTENSIBILITASKONTRAKSIBILITASELASTISITASKemampuan otot untuk menjadi lebih panjang dari ukuran semula (BERELAKSASI)Kemampuan otot untuk menjadi lebih pendek dari ukuran semula. Hal ini terjadi jika otot sedang melakukan Kegiatan (BERKONTRAKSI)

Kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah memendek atau memanjang

GAMBAR DI ATAS BUKAN CONTOH DARI KARAKTERISTIK OTOTBAGIAN BAGIAN OTOT

BAGIAN BAGIAN OTOT

BAGIAN BAGIAN OTOT

Tendonujung otot yang mengecil dan keras berwarna putih kekuningan serta melekat pada tulang.Ventrikelempal otot, bagian tengah otot yang menggembungOrigoujung otot atau tendon yang melekat pada tulang yang tidak bergerakujung otot atau tendon yang melekat pada tulang yang bergerakInsersio

BAGIAN BAGIAN OTOT

Satu miofibril dibungkus oleh membran sel (sarkolema).MiofibrilFilamen tipisFilamen tebalAktin,troponin, dan trompomiosinMiosinAnisotrop (gelap) dan isotrop (terang)Beberapa serabut otot bergabung membentuk kumpulan serabut otot kemudian membentuk otot dan daging. Kumpulan serabut otot dibungkus oleh selaput fasia propia, sedangkan otot atau daging dibungkus oleh selaput fasia superfisialis.

SIFAT KERJA OTOT

ANTAGONIS

SIFAT KERJA OTOT

Contoh: otot otot antar tulang rusuk yang bekerja bersama ketika kita menarik napas

Contoh: Saat menelungkupkan tangan, 2 otot pronator bekerja sama yaitu pronator teres dan pronator kuadratus.

sinergis

MEKANISME GERAK OTOT

Kontraksi otot terjadi diawali ketika ada impuls atau rangsangan saraf. Rangsangan yang sampai ke sel otot akan mempengaruhi pelepasan asetilkolin. Asetilkolin adalah sejenis neurotransmitter , yaitu zat kimia yang dapat menanggapi rangsang pada saraf dan memindahkan rangsang ke saraf berikutnya. Asetilkolin yang lepas akan membebaskan ion Kalsium yang berada di antara sel otot. Melalui proses tertentu Ion Kalsium menyebabkan aktin dan miosin berikatan membentuk aktomiosin.

MEKANISME GERAK OTOT

Energi yang digunakan pada proses ini berasal dari ATP. ATP akan terurai menjadi ADP dan mengeluarkan energi.Akhirnya aktin dan miosin saling menempel membentuk aktomiosin, sehingga serabut otot menjadi lebih pendek atau berkontraksi.Terlepasnya aktin dan miosin mengakibatkan otot kembali seperti semula yaitu relaksasi.

MEKANISME GERAK OTOT

Kontraksi otot yang berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama memerlukan energi (ATP)yang makin banyak. ATP (Adenosin Trifosfat) dihidrolisis terurai menjadi ADP (Adenosin Difosfat) dan mengeluarkan energi. ADP juga akan diurai menjadi AMP (Adenosin monofosfat). Proses perubahan ATP ADP AMP adalah sebagai berikut.ATP ADP + P + EADP AMP + P + EDalam keadaan seperti ini (ADP AMP + P + E ) otot tidak dapat berkontraksi lagi sebab tidak ada energi lagi. Fase ini desebut fase anaerob. ATP harus dibentuk lagi agar otot dapat bergerak.

MEKANISME GERAK OTOT

Pembentukan kembali ATP diperoleh dari penguraian glikogen. Glikogen akan dilarutkan menjadi laktasidogen . Laktasidogen kemudian diuraikan menjadi glukosa dan asal susu (asam laktat) . Oleh peristiwa respirasi aerob dengan Oksigen ,glukosa dipecah menjadi H2O dan CO2 serta membemaskan energi. Energi ini akan digunakan untuk membentuk ATP.Fase ini disebut fase aerob (menggunakan Oksigen)