93585885-Hipoglikemia-Pada-Bayi-Dan-Anak-Jadi-03.doc

46
KATA PENGANTAR Puji serta syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat dan hidayahNya penulis dapat menyelesaikan referat yang berjudul hipoglikemia pada bayi dan anak ini dapat terselesaikan sebagai salah satu syarat menyelesaikan kepanitraan klinik ilmu penyakit anak RSUD Koja Jakarta. Banyak terima kasih penulis sampaikan kepada pembimbing penulis, dr. Bambang H.S, Sp.A, atas segenap waktu, tenaga, dan pikiran telah diberikan selama proses pembuatan referat ini. Juga kepada dr. Dewi Iriani, Sp.A., dr. Riza M., Sp.A., dan dr. Yahya, Sp.A., atas bimbingan yang telah diberikan selama kepaniteraan klinik ini berlangsung. Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada seluruh rekan-rekan kepaniteraan klinik ilmu penyakit anak RSUD Koja periode 20 Oktober-27 November 2010 atas kebersamaan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali perubahan di bidang pengetahuan medis yang mengarah kepada kemajuan dan perbaikan kualitas kesehatan, banyak data, dan fakta yang signifikan perlu diketahui oleh 1

Transcript of 93585885-Hipoglikemia-Pada-Bayi-Dan-Anak-Jadi-03.doc

KATA PENGANTAR

Puji serta syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat dan hidayahNya penulis dapat menyelesaikan referat yang berjudul hipoglikemia pada bayi dan anak ini dapat terselesaikan sebagai salah satu syarat menyelesaikan kepanitraan klinik ilmu penyakit anak RSUD Koja Jakarta.

Banyak terima kasih penulis sampaikan kepada pembimbing penulis, dr. Bambang H.S, Sp.A, atas segenap waktu, tenaga, dan pikiran telah diberikan selama proses pembuatan referat ini. Juga kepada dr. Dewi Iriani, Sp.A., dr. Riza M., Sp.A., dan dr. Yahya, Sp.A., atas bimbingan yang telah diberikan selama kepaniteraan klinik ini berlangsung.

Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada seluruh rekan-rekan kepaniteraan klinik ilmu penyakit anak RSUD Koja periode 20 Oktober-27 November 2010 atas kebersamaan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali perubahan di bidang pengetahuan medis yang mengarah kepada kemajuan dan perbaikan kualitas kesehatan, banyak data, dan fakta yang signifikan perlu diketahui oleh tenaga medis untuk menegakkan diagnosa dengan baik. Sebagai tenaga medis yang berkualitas, diperlukan pengetahuan yang cukup agar dapat memberikan penanganan yang tepat. Untuk itu melalui referat ini penulis mencoba untuk sedikit menjabarkan mengenai hipoglikemia pada bayi dan anak yang secara umum sering terjadi dan dapat mimbulkan gangguan yang fatal. Akhir kata, penulis menyadari bahwa referat ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun akan sangat diharapkan demi penyempurnaannya.

Semoga referat ini dapat memberi informasi yang berguna bagi para pembaca.

Jakarta, januari 2010

Penulis

DAFTAR ISI

Kata pengantar

1

Daftar isi

2

Lembar pengesahan

3

BAB I PENDAHULUAN

4

BAB II PEMBAHASAN

5

2.1Definisi

5

2.2Sejarah

7

2.3 Insiden

8

2.4Mortalitas dan morbiditas

8

2.5Patofisiologi

92.5.1metabolisme glukosa pada janin

92.5.2sistem endokrin

112.5.3kompensasi terhadap keadaan hipoglikemia

152.5.4perbedaan metabolisme glukosa neonatus dan dewasa162.6Etiologi

16

2.7Gejala hipoglikemia

182.8Pemeriksaan laboratorium

192.9Diagnosis

212.10Pengobatan

23

2.11Konsultasi

272.12Prognosis

28BAB III KESIMPULAN

29Daftar pustaka

30

Referat yang berjudul :

HIPOGLIKEMI PADA BAYI DAN ANAK

telah diterima dan disetujui

pada tanggal januari 2010

oleh pembimbing sebagai salah satu syarat menyelesaikan

kepaniteraan klinik ilmu Kesehatan Anak di RSUD Koja

Jakarta, oktober 2010

Dr. Bambang H. Sigit, Sp.A

BAB I

PENDAHULUANHipoglikemia merupakan salah satu gangguan metabolik yang sering terjadi pada pada bayi dan anak, namun dalam kepustakaan tentang hipoglikemia pada bayi dan anak terutama mengenai diagnosis dalam keadaan kegawatan dan pengobatannya tetap masih kontroversi. Hipoglikemia pada anak terjadi apabila terjadi ketidakseimbangan antara produksi glukosa dan penggunaan. Penyebab hipoglikemia seringkali sangat kompleks, bermacam-macam dan unik sehingga evaluasi dan pengelolaannya membutuhkan pengetahuan yang memadai tentang mekanisme fisiologik yang mempertahankan keadaan euglikemia. Abnormalitas sekresi hormon, gangguan substrat interkonversi, dan gangguan mobilisasi bahan metabolit lain turut menyebabkan ketidakseimbangan produksi dan penggunaan glukosa atau kombinasi keduanya. Pengertian mengenai fisiologi normal metabolisme glukosa pada bayi dan anak harus dimengerti sehingga patofisiologi hipoglikemia dapat diketahui, diagnosis tegak dan ditangani dengan tepat. (1)BAB II

PEMBAHASAN

2.1DEFINISIHipoglikemia adalah suatu sindrom klinik dengan penyebab yang sangat luas, sebagai akibat dari rendahnya kadar glukosa plasma. (4) Definisi hipoglikemia pada masih tidak ada kesesuaian, baik dalam buku teks maupun dalam journal, sehingga definisinya dibuat dari berbagai sudut pandang. Pertama, hasil tergantung pada asal sampel darah, metoda pemeriksaan, dan sampel diambil dari plasma atau perifer. Kedua, Dalam penelitiannya Sexson (1984) mendapatkan jadwal early feeding sangat berpengaruh pada kadar gula darah, dan ini sangat bervariasi dari rumah sakit satu kerumah sakit yang lain, dan jumlah ASI yang diberikan juga sangat bervariasi.(8) Ketiga, Hawdon, dkk (1992) dalam salah satu penelitiannya menyebutkan, bahwa menentukan bayi sehat sangat sulit, karena dalam penelitian tersebut mendapatkan 72% bayi baru lahir mempunyai satu atau lebih resiko terjadi hipoglikemia. (8) Keempat, diperlukan penelitian untuk menentukan rentang normal kadar gula darah pada bayi sehat.Deskripsi mengenai hipoglikemia dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pertama, berdasarkan manifestasi klinis. Kedua, berdasarkan pendekatan epidemiologis, Ketiga berdasarkan perubahan akut pada respon sistem metabolik dan endokrin serta fungsi neurologik. Keempat berdasarkan manifestasi neurologik jangka panjang. Namun semuanya tidak ada yang memuaskan, dan semuanya sering menimbulkan interpretasi yang salah. Pendekatan berdasar gejala klinis tidak tepat karena banyak manifestasi klinis yang sama dengan problem neonatus yang lain.Cornblath & Reisner (1965) pertama kali yang mempublikasikan kadar gula darah pada bayi normal, mereka mendapatkan pada 95% bayi cukup bulan, kadar gula darah >30 mg/dl dan 98.4% bayi prematur >20 mg/dl. Mereka mendefinisikan hipoglikemia untuk bayi cukup bulan, bila kadar gula darahnya kurang dari 30 mg/dl dalam 48 jam pertama dan 40-50 mg/dl setelah usia 48 jam setelah lahir. Bayi SGA (Small for Gestation Age) tidak termasuk dalam kelompok ini. Untuk bayi berat badan lahir rendah, didefinisikan hipoglikemia, bila kadar gula darah 12 mg/kg/menit menunjukkan adanya hiperinsulisme, keadaaan ini dapat dilakukan dengan

Hidricortison 5 mg/kg IV atau IM setiap 12 jam

Glukagon 200 ug IV (segera atau infus berkesinambungan 10 ug/kg/jam)

Diazoxide 10 mg/kg/hari setiap 8 jam menghambat sekresi insulin pankreas.(5)Bayi yang terkena hipoglikemia diberikan 200 mg/kg glukosa atau 2 cc/kg dekstrosa10% selama 5 menit, diulang sesuai dengan kebutuhan. Hipoglikemia pada bayi yang tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan syaraf permanen atau kematian. Meskipun kadar gula darah harus dinaikkan secara cepat, larutan glukosa konsentrat seperti glukosa 50% tidak indikasikan karena mengakibatkan tekanan osmotik dan hiperinsulinisme.Infus harus berkesinambungan dengan glukosa 10% dengan kecepatan 6 8 kg/menit (pada bayi) sedangkan pada anak 3 5 mg/kgBB/menit (19) harus dimulai. Naikkan kecepatan dan atau konsentrasi glukosa untuk menjaga nilai glukosa tetap normal (catatan ; 10 mg/kg/menit, dekstrosa = 144 cc/kg/hari) bahwa bayi menerima glukosa yang memadai. Ketika pemberian asupan toleransi dan nilai pemantauan glukosa ditempat tidur adalah normal, infus dapat diturunkan secara bertahap. Tindakan ini mungkin memakan waktu 24 48 jam atau lebih untuk menghindari hipoglikemia kembali (5)

Periksa glukosa segera setelah lahir

Dalam penelitian didapatkan Bila dengan terapi diatas tidak berhasil, banyak penulis menganjurkan diberikan hidrokortison meningkatkan glukoneogenesis 5 mg/kgBB/24 jam dalam dosis terbagi, dapat pula diberikan glukagon secara intramukuler 50 ug/kgBB setiap 4 jam karena dapat meningkatkan enzim phosphoenolpyruvate carboxykinase namun hal ini masih menjadi kontroversi.(8, 9)Hipoglikemia ketotik, kelainan glycogen storage, defek pada metabolisme asam lemak bebas, dan hiperinsulinisme ringan, hipoglikemia dapat dicegah dengan pemberian makan yang frekuen dengan diet yang di rancang khusus dan dapat diberikan dektrose parenteral yang dapat memberikan respon cepat bila makan kurang adekuat atau problem gastrointestinal atau penyakit yang lain. Untuk defisiensi fructose diphosphatase, hindarkan diet yang mengandung fructose.

Untuk hiperinsulinisme, maka digunakan pendekatan bertahap. Tahap pertama, biasanya dengan pemberian makan yang frekuen. Tahap selanjutnya biasanya diberikan diazoxide (15 20 mg/kgBB/hari). Octreotide (25 - 100 ug/kgBB/hari) biasanya merupakan obat pilihan kedua. Nifedipine merupakan calcium channel blockerjuga dapat digunakan. Pembedahan direkomendasikan bila pengobatan gagal atau dicurigai adanya tumor yang memproduksi insulin. Hormon pertumbuhan dan atau kortisol merupakan pengobatan spesifik untuk anak dengan hipoglikemia dengan hipopituitarisme atau insufisiensi adrenal. Bayi yang lahir prematur dan SGA harus diberikan intravena atau peroral segera setelah lahir untuk mencegah hipoglikemia.

Pengobatan hormonal, diberikan untuk terapi pengganti bilamana defisiensi hormonal, kortisol, hormon pertumbuhan, atau untuk menekan produksi hormon yang berlebihan, yaitu Somatostatin (Octreotide) merupakan obat pilihan kedua, merupakan peptida dengan kerja farmakologik sama dengan somatostatin, dengan menghambat sekresi insulin. Diazoxide merupakan obat anti hipertensi yang dapat menekan sekresi insulin. Nifedipine, merupakan calcium channel blocker yang menurunkan sekresi insulin.(7)KONSULTASI

Evaluasi dan pengobatan anak dengan hipoglikemia, membutuhkan pendekatan tim. Biasanya pada evaluasi pertama adalah ahli endokrin anak dan pengobatan tergantung dari hasil evaluasi. Sebaiknya bilamana didapatkan kelainan metabolik familial dibantu oleh ahli genetik. Ahli gizi, diperlukan untuk memberikan masukan untuk menjamin masukan kalori pada anak dengan cadangan gula yang tidak adekuat.PROGNOSIS

Tergantung penyebab yang mendasarinya. Untuk penyakit inborn errors of metabolism dan defisiensi hormonal, membutuhkan pengobatan selama hidup, sebaliknya hipoglikemia ketotik umumnya menghilang sekitar umur 5 tahun bila anak diberikan nutrisi yang adekuat untuk mencegah hipoglikemia. Untuk hiperinsulinemia, tergantung pada beratnya penyakit, respon terhadap pengobatan, dan lesinya fokal atau difus. Pada lesi fokal umumnya dapat diobati dengan pembedahan. Hiperinsulinisme ringan yang memberikan respon dengan diazoxide, membutuhkan pengobatan jangka panjang, tetapi anak dapat hidup normal. Pada lesi difus yang tidak memberikan respon dengan pengobatan, tidak sepenuhnya dapat diobati dengan pankreatektomi dan akan timbul problem hipoglikemia dan gangguan perkembangan yang berkelanjutan.BAB III

KESIMPULANWalaupun merupakan obyek yang sangat menarik, hipoglikemia pada bayi dan anak masih merupakan tantangan untuk kita. Keadaan hipoglikemia harus cepat didiagnosis dan diobati dan tentunya harus dicari penyebabnya. Kelambatan pengobatan dapat menyebabkan kerusakan otak, bahkan sampai kematian, khususnya pada bayi premature dan bayi baru lahir.

DAFTAR PUSTAKA

1. Rudolph AM, Hoffman JIE, Rudolph CD.Rudolph's Pediatrics.hypoglycemia in infant and children. Edisi ke-20. California : Prentice Hall International Inc. 1996. Page : 1828- 18382. Susanto, Rudy. Hipoglikemia Pada Bayi dan Anak. Bagian IKA FK Universitas Diponegoro. RS.Kariadi. Semarang. PKB Palembang. 10-11 November 20073. Cornblath M. Clinical Conference: Infant of Diabetic Mothers. Pediatrics. 1961;28:1024 - 6. 4. Service FJ. Hypoglycemic disorders. The New England Journal of Medicine. 1995;332:1144 - 52. 5. USAID Indonesia. Bab 16. Hipoglikemia Pada Neonatus. Asuhan Neonatus Esensial. Edisi Pertama. DepKes. Jakarta. 20006. Battan FK, Faries G. Chapter 11: Emergencies & Injuries. Current pediatric diagnosis & treatment, 18th ed. USA: the McGraw-Hill Companies; by Appleton & Lange, 2007.7. Ilene Claudius CF, Richard Boles. The Emergency Department Approach to Newborn and Childhood Metabolic Crisis. Emerg Med Clin N Am. 2005;23:843 83. 8. Sexson W. Incidence of neonatal hypoglycemia: A matter of definition. Journal of pediatrics. 1984;105:149 - 50. 9. Hawdon JM WPM, McPhail S, Cameron H, Walkinshaw SA. Prediction of impaired metabolic adaptation by antenatal studies in small for gestational age fetuses. Arch Dis Child. 1992;67:789 - 92. 10. Sperling MA. Hyoglycemia in infant and children. In: Lavin N, ed. Manual of Endocrinology and Metabolism. 1st ed. Boston, Toronto: Little, Brown and Company 1986:443 - 53. 11. WHO. Hypoglycemia of the newborn: A review of literature. 1997:1-55. 12. Hoffman RP. Hypoglycemia. EMedicine 2007 [cited; Available from: http://www.emedicine.com/ped/topic1117.htmGlukosa > 40

Glukosa < 30

Glukosa 30 -40

Mengambil serum kadar glukosa

Mulai pemberian asupan sejak dini (dalam waktu 4 jam setelah lahir)

Lengkapi dengan glukosa 10% secara IV jika pemberian asupan tidak bisa ditoleransi atau kadar glukosa

Mengambil serum kadar glukosa

Mulai infus glukosa 10% IV berikan 2 ml/kg selama 5 menit

Berikan IV dengan laju 5 ml/kg/hr

Mulai pemberian asupan lebih sering saat bayi sudah stabil

Mulai pemberian asupan sejak dini (dalam waktu 4 jam setelah lahir)

Lanjutkan pemeriksaan bayi berisiko hingga pemberian asupan hingga pemberian

Pemantauan glukosa bisa dihentikan setelah bayi mulai menerima asupan dengan penuh atau mendapatkan infus glukosa terus menerus asupan dengan penuh atau mendapatkan infus glukosa secara terus menerus secara teratur dan 3 kali pemeriksaan yang dilakukan setiap jam hasilnya > 40 mg/dl jika tanda timbul kembali dan pemberian asupan tidak bisa ditoleransi , mulai lagi dari bagian atas grafik

1