Manajemen Stratejik Silabus Gasal 2011-2012

Post on 27-Nov-2015

111 views 2 download

description

Manajemen Stratejik Silabus Gasal 2011-2012

Transcript of Manajemen Stratejik Silabus Gasal 2011-2012

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS INDONESIA

DEPARTEMEN MANAJEMEN

SILABUS Manajemen Stratejik MGMT 11047 (3 SKS)

Semester Gasal Tahun Akademik 2011/2012

A. Pengajar/Tim Pengajar Dosen:

No. Nama 1 Sofjan Assauri/Galih Pandekar 2 Rachmadi Agus Triono 3 Fandis Ekyawan 4 Rifelly Dewi Astuti/Avanti Fontana 5 Alberto Daniel Hanani (Bhs. Inggris) 6 Karto Adiwijaya 7 Sisdjiatmo K. Widhaningrat (Bhs. Inggris)

Asisten Dosen:

No. Nama No. Telp Alamat Email 1 Basuki M Mukhlish 0818 154 355 basukimukhlish@gmail.com 2 Shanti Nurfianti Andin 0856 1098 170 shantiandin@gmail.com 3 Bagus Adi Luthfi 0898 8105 172 javidnama48@gmail.com 4 Astriani Widiastuti 0813 1546 8944 astrianiachi@yahoo.com 5 Galdys Samosir 0819 0518 9563 samosirgladys@gmail.com 6 M. Irfan Syaebani 0852 230 5522 109 irfan.irf4n@yahoo.co.id 7 Yayah Cheriyah 0813 1073 4446 yayahchan@gmail.com

B. Deskripsi Mata Ajaran : Mata Ajar Manajemen Stratejik merupakan mata ajar wajib departemen yang memberikan pengertian dasar tentang manajemen stratejik dan model rencana stratejik (strategic planning model). Mata ajar ini memiliki bobot 3 SKS. Kuliah menekankan pada pemahaman dan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana manajemen stratejik dan model perencanaan stratejik dengan sistematika model perencanaan stratejik serta peralatan analisis yang umum digunakan. Sistematika penyusunan Rencana Stratejik meliputi (1) Penentuan Visi dan Misi; (2) Analisis Lingkungan Eksternal (External Factor Evaluation (EFE) Matrix dan Competitive Profile Matrix (CPM); (3) Analisis Industri; (4) Analisis Internal (Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix: (a) tinjauan sumberdaya, (b) analisis mata-rantai penciptaan nilai, dan (c) analisis fungsional; (4) Pengenalan berbagai jenis Strategi Jangka Panjang; (5) Pengenalan berbagai jenis Strategi Bisnis (Strength,Weakness, Opportunity, Threat Matrix, SPACE Matrix; Internal-External (IE) Matrix; (6) Perumusan dan Keputusan Strategi : (a) pendekatan-pendekatan portfolio, (b) keputusan strategi; (7) Pelaksanaan Strategi : beberapa masalah dasar; (8) Pelaksanaan Strategi : (a) penentuan Sasaran Jangka Pendek, (b) perumusan kebijaksanaan, dan (c) strategi fungsional; dan (9) Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Strategi: (a)

model-model pengendalian, (b) ciri-ciri pengendalian yang efektif, (c) evaluasi strategi.

C. Jenis Mata Ajaran : (Wajib Universitas/Fakultas/Departemen/Konsentrasi/Pilihan)

D. Mata Ajaran Prasyarat : 1. Manajemen Keuangan 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Operasi 4. Manajemen SDM

E. Buku Teks yang Digunakan (boleh lebih dari satu) :

Buku Wajib: • David, Fred R. 2009. Strategic management, concepts and cases, Pearson Prentice-

Hall, 12th Ed. D Buku Referensi: • Pearce II, John A., & Robinson Jr., Richard B. 2005. Strategic management,

formulation, implementation and control, Boston, McGraw-Hill, Irwin, 9th Ed. P&R • Case Center Departemen Manajemen FEUI. 2006. Cases in Management: Indonesia’s

Real Companies. Penerbit Salemba Empat. F. Metode Mengajar-Belajar Metode pembelajaran aktif student-centered learning diterapkan pada proses mengajar-belajar Manajemen Stratejik. Tanggungjawab dosen/fasilitator adalah menciptakan lingkungan belajar yang “aman,” merespons terhadap kebutuhan pembelajar, mempromosikan perubahan pola pikir dan perilaku. Prinsip kunci dalam menerapkan metode pembelajaran aktif seperti SCL adalah bahwa fasilitator harus memperhatikan dan memiliki kemampuan dalam: o menjaga dan meningkatkan harga diri peserta; o menjaga empati peserta; o mendorong keterlibatan peserta. Metode pembelajaran SCL disarankan dapat diterapkan dalam sesi-sesi Manajemen Stratejik Semester ini. Salah satu dari beberapa pendekatan dapat diterapkan pada setiap sesi (lihat G). Berikut beberapa pendekatan SCL yang dapat diterapkan:

a. Active Lecturing (AL) b. Case Study (CS) c. Collaborative Learning (CL): proses belajar kelompok yang setiap anggotanya aktif

menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki untuk bersama-sama saling meningkatkan pemahaman. (PDPT-UI, 2006)

d. Problem-based Learning (PBL) pembelajaran yang dipicu permasalahan yang didasarkan pada situasi dunia nyata yang kompleks; berfokus pada kecakapan berpikir (menyelesaikan masalah, analisis, penetapan keputusan, berpikir kritis) dan memerlukan integrasi pengetahuan antar disiplin/kecakapan/perilaku sehingga terjadi “self-directed learning” dan "interdependent learning". (PDPT-UI, 2006)

e. Experiential Learning (EL): proses mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan sikap (knowledge, skills and attitudes) yang berdasar pada usaha berpikir sadar atas pengalaman. Ia melibatkan pengalaman langsung dan aktif seseorang yang dikombinasikan dengan proses refleksi dan umpanbalik. (Jasin & Harahap 2008)

G. Mekanisme Penjaminan Mutu Untuk menjamin mutu pengajaran diperlukan serangkaian evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dengan proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang akan digunakan, antara lain:

1. Partisipasi. Nilai diberikan sesuai dengan keaktifan dalam proses mengajar-belajar dan kualitas respons yang diberikan mahasiswa. Tingkat partisipasi kelas merata. Proses mengajar-belajar berjalan lancar karena keterlibatan mahasiswa yang tinggi dalam proses mengajar-belajar di kelas.

2. Tugas Individu dalam bentuk kuis atau menjawab pertanyaan esai. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat retensi mahasiswa atas materi yang sudah diberikan di minggu sebelumnya.

3. Tugas Kelompok dalam bentuk menulis makalah kelompok. Tugas ini melatih menatakelola kerjasama tim atau kelompok untuk menghasilkan makalah dan presentasi yang baik dengan keterlibatan merata dari setiap individu dalam kelompok. Tugas Kelompok ini diikuti dengan Presentasi Makalah Kelompok. Pembuatan rencana stratejik perusahaan berdasarkan pada kasus yang ditentukan oleh pengajar.

4. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. H. Penilaian Hasil Akhir Kuliah Nilai akhir presentasi mahasiswa adalah rata-rata nilai komponen penilaian: Presentasi Mingguan, dan keaktifan di kelas 20% Asistensi, Kuis, Tugas. 20% Ujian Tengah Semester (Closed Book) 20% Makalah, Analisis dan Presentasi Kasus (Berkelompok) 20% Ujian Akhir Semester (Closed Book) 20%

Total 100 % I. Absensi :

Minimum 80% dari Jumlah Kuliah ▪ Maximum 2 Kali absen untuk mata ajaran dengan 3 SKS ▪ Mahasiswa yang datang 15 menit sesudah kuliah dimulai dianggap tidak hadir

Kuliah Topik Bahasan Bab Tugas (Metode)

1 Pengantar Perkuliahan

D Bab 1; P&R Bab 1

Perkenalan; Sifat dan Proses Manajemen Stratejik, Pengertian-pengertian Pokok

2 Perumusan visi dan misi dan long term objective

D Bab 2; P&R, Bab 2;

3 Analisis Lingkungan Eksternal D Bab 4; P&R Bab 3&4

Presentasi Visi Misi

4 Analisis Lingkungan Internal D Bab 3; P&R Bab 5

Presentasi Lingkungan Eksternal

5 Berbagai Alternatif Strategi Korporat dan Bisnis D Bab 5;

P&R Bab 6

Presentasi Lingkungan Internal

6

Formulasi/Perumusan Strategi D Bab 6; P&R Bab 7

Presentasi Alternatif Strategi

7 Review materi pertemuan 1 – 6

Presentasi formulasi strategi

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

1-10 NOVEMBER 2011 8 Implementasi strategi (Struktur, budaya dan

kepemimpinan) D Bab 7;

P&R Bab 8

Presentasi Implementasi strategi (struktur, budaya, kepemimpinan)

9 Implementasi Strategi (Fungsional) D Bab 8; P&R Bab

9-10

Presentasi Implementasi Strategi (fungsional)

10 Pengendalian dan Evaluasi Strategi D Bab 9; P&R

Bab11

Presentasi Pengendalian dan Evaluasi Strategi

11 Presentasi Kasus Tim 1 & 2 12 Presentasi Kasus Tim 3 & 4 13 Presentasi Kasus Tim 5 & 6 14 Presentasi Kasus Tim 7 & 8

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

2-11 Januari 2012 Catatan: Kasus yang akan dipresentasikan adalah kasus yang telah/akan di-publish. Kasus yang dipilih untuk dipresentasikan (dianalisis) ditentukan oleh pengajar masing-masing kelas.

Pendukung Fasilitator • Perencanaan Topik

– Memastikan Pengetahuan tentang topik bahasan (technical knowledge) dan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengantarkannya.

– Memastikan kesiapan kelas (peserta dan nonfisik) • Kegiatan Perkuliahan Metode SCL

– Memahami prinsip-prinsip kunci dalam fasilitasi – Formulir diskusi dengan peserta – Naskah video bila ada pemutaran video – Kegiatan opsional

• Manajemen Waktu – Menggunakan waktu dengan efisien dan efektif

• Adaptasi Ruangan Kelas – Menyiapkan rancang interior kelas untuk jumlah peserta >25. – Menyiapkan flipchart/wallchart. – Menyiapkan media pembelajaran jarak jauh. dan lain-lain (akan dibahas kemudian

bersama dengan tim pengajar) • Konfigurasi Perkuliahan SCL • Evaluasi Metode Pengajaran-Pembelajaran SCL

– Evaluasi Perkuliahan – Cek Pengetahuan

• Jejaring atau himpunan komunikasi dosen Manajemen Stratejik dan Pembelajar Manajemen

Stratejik J. Plagiarisme

Plagiarisme adalah memasukan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Jika mahasiswa memasukan kata-kata/kalimat dari penulis lain, harus disebutkan sumbernya Plagiarisme termasuk juga menyalin (mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (mengkopi) dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain. Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa menyebutkan sumbernya. Sesuai dengan aturan tata tertib dan kode etik kemahasiswaan seperti yang tercantum di buku Pedoman FEUI, mahasiswa dilarang melakukan plagiarisme dan akan dikenakan sanksi jika melakukan plagiarisme, yakni : ▪ Satu Kali, sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol, maksimum F ▪ Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai F ▪ Tiga Kali, dikeluarkan dari Departemen Manajemen FEUI

K. Statement of Authorship Untuk tugas membuat makalah/paper wajib menyertakan Statement of Authorship pada bagian depan dari makalah/paper yang ditulis.

Statement of Authorship

Saya/kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya. Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan menggunakannya. Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.

Nama : NPM : Tandatangan : Mata ajaran : Judul makalah/tugas : Tanggal : Dosen :

--- Tim Dosen Manajemen Stratejik Semester Gasal 2011/2012 ---