Waspada, Rabu 16 September 2009

download Waspada, Rabu 16 September 2009

of 26

  • date post

    12-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    845
  • download

    43

Embed Size (px)

description

Waspada, Rabu 16 September 2009

Transcript of Waspada, Rabu 16 September 2009

  • Pimpinan KPK Tersangka

    RABU, Pahing, 16 September 2009/26 Ramadhan 1430 H No: 22913 Tahun Ke-63 Terbit 24 Halaman Harga Eceran: Rp 2.500,-

    Harian Umum NasionalTerbit Sejak 11 Januari 1947

    Pendiri : H. Mohd. Said (1905 - 1995) Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    ISSN: 0215-3017

    BACA DI HALAMAN DALAMArus Mudik Mulai Meningkat

    Mobilitas kendaraan dan angkutan yang keluar masukdari Bandara Polonia Medan mulai meningkat menjelangLebaran 2009.

    Angkutan Tak Layak Dilarang BeroperasiMenteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal me-

    negaskan bahwa jajarannya telah diperintahkan untukmelarang beroperasi bagi angkutan lebaran yang tidaklayak selama arus mudik.

    Tim Gabungan Gelar RaziaTim gabungan terdiri dari BBPOM Medan, Dinas

    Kesehatan Sumut, Polda Sumut dan anggota DPD RI asalSumut Parlindungan Purba menggelar razia di pasartradisional dan pusat perbelanjaan modern.

    Pemko Bongkar PaksaBangunan Di Atas Parit

    Pemko melalui Dinas Bina Marga Kota Medan mem-bongkar paksa bangunan beton di atas drainase yangdibuat warga secara permanen di Pulo Brayan depansupermarket, lingkungan 52, Kel. Brayan Kota.

    Pemerintah Belum TerimaUsul Resmi Kenaikan TDL

    Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro menegaskan,kenaikan tarif dasar listrik (TDL) masih bersifat wacana.Hingga kini pemerintah belum menerima usulan empatskenario kenaikan TDL dari PT PLN (persero).

    11

    4

    Prakiraan Cuaca Rabu (16/9)Medan 25-320C

    R. Prapat 24-330C

    P. Siantar 20-300C

    Berastagi 18-280C

    Parapat 18-280C

    Sibolga 21-320C

    Berawan BMKGPolonia

    Hujan guntur

    9

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    http://epaper.waspadamedan.com

    SSSSSeramperamperamperamperampangangangangang- Badan super

    harus bersih- He...he...he...

    Opini - 13

    Oleh DR. Drs. H.Ramli, MM

    MemaknaiTradisiMudikLebaran

    SBY-BoedionoPertahankanKoalisi

    Oleh Zulkarnain Lubis

    Opini - 13

    http://epaper.waspadamedan.com

    paperWASPADAMudah Diakses..

    26 Ramadhan Zuhur : 12:22 Asar : 15:24Maghrib: 18:27 Isya : 19:35

    27 Ramadhan Imsak : 04:51 Subuh: 05:01

    Jadwal imsyakiyah untuk wilayah Medan sekitarnya

    Dari Ibnu Umar: Rasulullah SAW bersabda, Barang siapayang ingin menjumpai malam Lailatul Qadar hendaklahia mencarinya pada malam dua puluh tujuh.

    (HR Ahmad dengan Sanad yang shahih)

    Lanjut ke hal 2 kol. 6

    10

    16

    Lanjut ke hal 2 kol. 4

    Waspada/Hang Tuah J Said

    PELANTIKAN ANGGOTA DPRD MEDAN : Ketua Pengadilan Negeri Medan H Panusunan Harahap sedang membacakan sumpah dari 50 anggota dewan terpilih saat pelantikan DPRDKota Medan di gedung DPRD Medan, Selasa (15/9).

    IDI, Aceh Timur (Waspa-da): Penculikan dengan dalihtebusan ratusan juta kembaligegerkan warga Kota Idi Ra-yeuk, Kab. Aceh Timur, Provin-si Aceh. Palaku yang didugalebih dua orang itu meminta

    Penculik Pelajar Minta Tebusan Rp700 Jutatebusan Rp700 juta jika meng-inginkan sandera selamat.

    Selain itu, pelaku juga tidaksegan-segan membunuh san-dera jika pihak keluarga mela-porkan kasus penculikan ituke petugas kepolisian. Korban

    yang kini menjadi sanderapihak orang tak dikenal (OTK)bernama Khaidir, 17, siswa Ke-las I MAN Idi Rayeuk, Kabu-paten Aceh Timur.

    Menurut informasi yangdihimpun menyebutkan,korban adalah anak Haji Ka-rim, salah satu toke boat ikandi Kuala Idi, Aceh Timur.

    KUALA LUMPUR, Ma-laysia (AP): Seorang hakimmemerintahkan seorangpekerja Muslim Indonesiadikenakan hukum cambukdan penjara karena minumalkohol. Hukuman itu dija-tuhkan dua bulan setelahmemicu satu perdebatannasional karena menjatuh-kan hukuman cambuk atasseorang wanita yang keda-patan melakukan tindakanyang sama.

    Hakim Pengadilan TinggiIslam Abdul Rahman Yunosdi timur negara bagian Pa-hang telah memerintahkan seorang pekerjaIndonesia Senin agar menjalani hukumansatu tahun penjara dan dikenakan enamkali sebatan cambuk, demikian menurutseorang pejabat pengadilan Selasa (15/9).

    TKI Dihukum Cambuk Di MalaysiaMinum Alkohol Di Bulan Suci

    Dia menolak untuk menye-but pria itu mengacu padaprotokol.

    Dia mengatakan Naza-rudin Kamaruddin (foto)dinyatakan bersalah awalbulan ini karena minumalkohol di satu restoran pada27 Agustus. Tidak mampumembayar uang jaminandia telah dijebloskan ke da-lam penjara sejak dikenakantuduhan pada 2 September,katanya. Pria Indonesia itumenghadapi hukumanmaksimum tiga tahunpenjara karena kejahatan

    yang dilakukannya.Mengkonsumsi alkohol sesuai dengan

    hukum Malaysia yang mayoritas

    MEDAN (Waspada): Anggota DPRDMedan periode 2009-2014 berjanji menam-pilkan kinerja terbaik dan profesional. Jugaakan bersungguh-sungguh dalam melak-sanakan tugas dan fungsinya.

    Janji tersebut disampaikan pimpinandewan sementara Deni Ilham Panggabean,saat menyampaikan sambutan, Selasa

    Anggota DPRD MedanJanji Kerja Baik

    (15/9). Hari itu sebanyak 50 orang anggotaDPRD periode 2009-2014 resmi dilantik,ditandai dengan pengucapan sumpah/janjidipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN)Medan Panusunan Harahap, SH. MH.

    Disebutkan Deni Panggabean, tugas

    Lanjut ke hal 2 kol. 6

    Waspada/Hang Tuah J Said

    DITUNTUT 8 TAHUN : Terdakwa kasus Protap yang menewas-kan Ketua DPRD Sumut H Azis Angkat pada 3 Februari 2009lalu, Gelmok Samosir dituntut hukuman 8 tahun penjara dalamsidang di PN Medan, Selasa (15/9). Gelmok dikawal saat keluardari ruang sidang.

    Calon Pengantin WajibLulus Kursus Pranikah

    JAKARTA (Antara): Pasangan calon pengantin khususnyadari kalangan Muslim akan diwajibkan lulus pranikah sebelumsecara resmi menikah, karena dengan mengikuti kursuspranikah diharapkandapat mewujudkan keluarga sakinah yangbahagia dan sejahtera.

    Kepala Badan Penasihatan Pembinaan dan PelestarainPerkawinan (BP4) Departemen Agama H Tulus Sastrowidjojodidampingi Kepala BKKBN Sugiri Syarief, mengemukakan halitu di Jakarta, Selasa (15/9), di sela-sela acara Workshop pen-didikan Pranikah dan Parenting Menuju Keluarga Sakinah danSejahtera di Era Globalisasi.

    Menurut Tulus, dengan bekerjasama Badan KoordinasiKeluarga Berencana Nasional (BBKBN), maka di setiap KantorUrusan Agama (KUA) di tiap kecamatan mulai tahun 2009,sudah dapat melaksanakan kursus pranikah bagi calonpengantin selama 1-3 minggu.

    Materi pemberian kursus pranikah, antara lain programkesehatan reproduksi (kespro) tentang upaya menjaga kese-hatan ibu saat hamil, melahirkan, pentingnya program keluargaberencana (KB), hukum syariah tentang perkawinan dalamIslam, seperti menyucikan hadas besar dan kecil, manajemenkeuangan agar mampu mandiri.

    Lanjut ke hal 2 kol. 4

    MEDAN (Waspada): Lagi,lima terdakwa kasus demomaut massa pendukung Pro-tap di gedung dewan yangmengakibatkan Ketua DPRD-SU H Abdul Azis Angkat tewasdihukum di Pengadilan NegeriMedan, Selasa, (15/9).

    Kali ini giliran PresidenBadan Eksekutif Mahasiswa(BEM) salah satu universitasswasta di Medan, Anju Naiba-ho dan rekannya Urat Sihom-bing bersama Fernando Situ-morang dan Rizon Manalu ke-duanya mahasiswa serta JokoSubiakto yang dijatuhi huku-man penjara selama 19,5 ta-hun.

    Kelimanya menambahderetan nama terpidana kasus

    demo anarki Protap . Sebelum-nya, sekitar 19 rekan terpidanadijatuhi hukuman beragamoleh majelis hakim PN Medan.

    Para majelis hakim yangmenangani perkara itu me-nyatakan, kelima terpidanaterbukti bersalah secara sahdan meyakinkan sebagaimandiatur dan diancam pasal 146ayat 1 KHUPidana yo pasal 55ayat 1 ke 1 KHUPidana.

    Kata para hakim, unsuryang terdapat pada pasal yangdijeratkan kepada para terpi-dana terpenuhi sesuai alatbukti dan keterangan saksi,hingga kelima terpidana divo-nis 19,5 tahun penjara.

    Lima Terdakwa Kasus DemoAnarki Dihukum 19,5 TahunGelmok Samosir Dituntut 8 Tahun

    Lanjut ke hal 2 kol. 1

    MUI TungguSidang Isbat

    JAKARTA (Antara): MajelisUlama Indonesia (MUI) me-nunggu hasil sidang isbat olehpemerintah dan organisasimassa Islam untuk menetap-kan 1 Syawal, waktu pelaksa-naan sholat Idul Fitri.

    Seperti biasa MUI me-nunggu hasil sidang isbat De-partemen Agama dan ormasIslam yang rencananya dilaku-kan 19 September menda-tang, kata Ketua MUI Ami-dhan di Jakarta, Selasa(15/9).

    Namun dia memperkira-kan, tahun ini tidak akan adaperbedaan waktu perayaanIdul Fitri diantara organisasimassa Islam.

    Sebab menurut perhitu-ngan, tinggi hilal atau bulanpada Sabtu (19/9) malam

    Lanjut ke hal 2 kol. 1

    MEDAN (Antara): Seba-nyak 100 dari 2.477 calon ja-maah haji (Calhaj) Kota Medantidak melunasi biaya perja-lanan ibadah haji (BPIH) ta-hun 2009 tepat waktu, sehing-ga tidak jadi berangkat keTanah Suci Makkah.

    Staf Pengurusan Haji Kan-depag Medan, SH Panggabean,di Medan, Selasa(16/9), menga-takan, calhaj yang tidak melu-nasi BPIH itu gagal ke Makkahdan mereka harus lebih dulumasuk dalam daftar tungguatau waiting list tahun 2010.

    Jadi mereka yang gagalberangkat tahun ini tidak oto-matis bisa berangkat tahun2010, katanya.

    Menurut dia, calhaj yangtidak jadi berangkat sebagiandiantara mengaku terlambat

    100 Calhaj Medan Tak LunasiBPIH Masuk Waiting List

    melunasi BPIH. Padahal sebe-lumnya sudah membayarkansebahagian BPIH namun tidakmelunasi.

    Untuk itu, katanya, keter-lambatan pembayaran BPIHitu dapat menjadi pengala-man berharga bagi calhaj lain-nya. Masalah keterlambatanini agar tidak terulang lagi. Inijelas akan merugikan calhajyang sudah lama menungguuntuk berangkat ke Makkah,ujarnya.

    Selanjutnya dia mengata-kan, dari 2.477 calhaj Medan,sekitar 2.300 sudah rampungpaspor mereka dikerjakan olehpetugas Imigrasi di daerah itu,sisa lainnya akan selesai padabulan ini juga.

    Lanjut ke hal 2 kol. 4

    Terancam Hukuman6 Tahun Penjara

    PANYABUNGAN (Waspa-da): Sepekan menjelanglebaran Idul Fitri, kisah pilumendera warga MandailingNa