Waspada, Rabu 27 Januari 2010

download Waspada, Rabu 27 Januari 2010

of 30

  • date post

    24-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    1.019
  • download

    0

Embed Size (px)

description

waspada daily

Transcript of Waspada, Rabu 27 Januari 2010

  • RABU, Kliwon, 27 Januari 2010/11 Shafar 1431 H No: 23041 Tahun Ke-64 Terbit 28 Halaman Harga Eceran: Rp 2.500,-

    Harian Umum NasionalTerbit Sejak 11 Januari 1947

    Pendiri : H. Mohd. Said (1905 - 1995) Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

    ISSN: 0215-3017

    BACA DI HALAMAN DALAMKasus Dugaan Korupsi Rp23 MPejabat BPN Pusat Diadili

    Pengadilan Negeri Medan menggelar sidang perdanadengan terdakwa Direktur Landreform BPN PusatHorasman Sitanggang dalam kasus dugaan korupsi PPANtahun 2008 di Kantor Wilayah I BPN Sumut senilaiRp23 miliar.

    Pilkada Labura, LabuselSengaja Diperlama

    Penilaian bahwa pilkada di Kab. Labuhanbatu Utara(Labura) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) sengajadiperlama karena alasan politis, sehingga tidak serentakdilaksanakan 16 Juni 2010 dengan kabupaten indukLabuhanbatu.

    Demo Tolak Kenaikan Tarif Air,PDAM Dituding Merampas Hak DPRD

    Mahasiswa Tanjungbalai berunjuk rasa ke kantorPDAM Tirta Kualo dan DPRD untuk menolak rencanapenyesuaian atau kenaikan tarif dasar air sebesar 100persen.

    PNS Gayo Luwes WajibPakai Batik Kerawang

    Untuk meningkatkan industri kecil dan mem-budidayakan baju adat Gayo, Bupati Gayo Luwes H IbnuHasin dalam waktu dekat akan mengeluarkan qanunmengenai pemakaian Batik Kerawang Gayo bagi paraPNS di daerah itu.

    Presiden Sediakan Rp100 TKredit Rakyat

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan,pemerintah akan menyediakan dana melalui perbankansebesar Rp100 triliun untuk penyaluran Kredit UntukRakyat (KUR) selama lima tahun mendatang.

    WASPADADemi Kebenaran Dan Keadilan

    http://epaper.waspadamedan.com

    SSSSSeramperamperamperamperampangangangangang- Memang lebih

    baik banyakberzikir dari padaberfikir

    - He...he...he...

    Waduk Rp1,4 T Masuk Program PU

    11

    27

    18

    Prakiraan Cuaca Rabu (27/1)Medan 24-320C

    R. Prapat 24-320C

    P. Siantar 20-290C

    Berastagi 17-280C

    Parapat 18-280C

    Sibolga 22-320C

    Berawan BMKGPolonia

    Hujan guntur

    25

    Adv

    16

    MEDAN (Antara): Pre-siden Susilo Bambang Yu-dhoyono mencandai Gu-bernur Sumut SyamsulArifin dalam teleconferensperesmian beberapapembangunan infrastruk-tur yang disiarkan dariCirebon, Jawa Barat.

    Dalam tayangan tele-conferens yang disaksikandi Ruang Kenanga kantorGubsu di Medan, Selasa(26/1), Presiden Yudho-yono menyatakan Syam-sul Arifin terlihat terlaluserius dalam mengikutiteleconferens tersebut.

    Biasanya, kata Pre-siden, Gubernur Sumutbanyak berbicara dan ter-senyum jika menghadapiorang lain. Namun mela-lui layar kaca yang ditam-pilkan dalam teleconferensitu, Presiden Yudhoyonomelihat Syamsul Arifinsangat serius dan tidakbanyak bicara.

    Mungkin, kata Presi-den, Gubsu itu kurang ba-nyak bicara karena terlalubanyak menghadapi ma-salah dalam beberapawaktu belakangan ini.

    Tenang aja pak Syam-sul, masalah akan selalubanyak. Tapi, Insya Allahkita akan mampu meng-atasinya, kata Presiden.

    Pernyataan PresidenYudhoyono itu disambuttawa dan tepuk tangandari para undangan, ter-masuk Menteri KabinetIndonesia Bersatu (KIB) II.

    Tawa dan tepuk ta-ngan itu juga terjadi diRuang Kenanga kantorGubsu yang dihadiri unsurMuspida seperti KetuaDPRD Sumut, Saleh Ba-ngun, Kasdam I Bukit Ba-risan, Brigjen TNI AsmanYusri Yusuf, WakapoldaSumut, Brigjen Pol Syaf-ruddin dan sejumlah bu-pati/walikota.

    Antara

    MOBIL BANTUAN: Ratusan mobil untuk penanggulangan bencana diparkir di halaman gedungDepartemen Sosial, Jakarta, Selasa (26/1). Kementrian Sosial mendistribusikan 117 mobil denganspesifikasi khusus untuk penanggulangan bencana alam di 33 provinsi di Indonesia.

    Tenang AjaPak Syamsul

    Antara

    NASABAH CENTURY: Seorang nasabah Bank Century, Z. Siput (kanan) meluapkan kemarahannya kepada Pansus AngketCentury, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/1). Bersama puluhan nasabah Bank Century lainnya, ia menuntutpenyelesaian kasus Bank Century serta mendesak Robert Tantular mengembalikan uang tabungan produk Antaboga.

    JAKARTA (Waspada): Fo-rum Nasabah Bank Centurymenemukan ada 4 nasabahyang bunuh diri akibat skandalBank Century. Ada yang bu-nuh diri dengan loncat darigedung lantai 7 hingga minumair sabun.

    Teman-teman nasabahada yang bunuh diri. Ada 4 kor-ban yang tercatat, ujar Koor-dinator perwakilan nasabahBank Century, Z Siput L saatmemberikan tanggapan kepa-da anggota Pansus di GedungDPR, Senayan, Jakarta, Rabu(26/1).

    Menurut Siput, korbanpertama bernama Sayuti yangloncat dari lantai tujuh. Lalumenyusul 2 orang nenek-nenek berusia 70 tahun dan 80tahun bunuh diri denganmeminum air sabun di Jambi.

    Empat Nasabah BankCentury Bunuh Diri

    Kemudian ada nasabah diSurabaya mencoba bunuh dirinamun bisa diselamatkan.

    Satu lagi ada seorangprofesor. Dia bunuh diri juga.Dia kehilangan duit sebanyakRp 16 miliar, jelasnya.

    Mendengar informasi darinasabah tersebut, anggotaPansus, Ahmad Faisal menga-takan turut prihatin atas kon-disi yang menimpa para nasa-bah Century. Faisal pun mem-berikan rasa hormat kepadapara nasabah yang hadir ataskegigihannya memperjuang-kan hak-haknya.

    Kita berterima kasih ka-rena anda telah bersedia untukbertemu dengan kami-kamidi Pansus ini. Bantuan andaakan sangat kami hargai untukterus diungkapkannya kasusini, imbuh Faisal.(dtc)

    Pak Syamsul tak usahkhawatir dengan pembangu-nan waduk tersebut. Karenadi samping saya ada MenteriPU yang mengaku progresnyasudah masuk program Ke-menterian PU, jelas Presidendari Cerebon dalam telecon-ference dengan Gubernur Su-matera Utara, Syamsul Arifin

    di Kantor Gubsu, Selasa (26/1).Dalam acara itu, Syamsul

    mengaku pembangunan wa-duk Lau Simeme sangat vitaluntuk menghindari ancamanbanjir bagi Kota Medan, teru-tama untuk siklus 40 tahunandan ketersedian air baku bagijutaan warga Medan, Binjai,D e l i S e r d a n g d a n K a r o

    (Mebidang-ro).Menurut Kepala Balai Wi-

    layah Sungai (BWS) Sumut II,Yani Sulastri yang hadir di aca-ra itu, pembangunan mega-proyek berbiaya lebih kurangRp1,4 triliun yang dibangundi atas lahan seluas 200 Hekta-re (Ha) yang melingkupi enamdesa dalam kawasan enclave(hutan) itu, memang sudahmasuk dalam program Ke-menterian PU.

    Namun begitu, soal keter-sediaan dana dari Loan (ban-tuan lunak luar negeri), sampaikini masih terus dijajaki. Bilapersoalan Loan itu selesai,maka alokasi pembebasan la-han lebih kurang Rp150 miliarsudah siap ditampung diAPBN, sehingga dalam waktudua sampai tiga tahun, mega-proyek itu bisa dirampung-kan, terangnya.

    Menurut Kepala Badan Pe-rencanaan dan PembangunanDaerah (Bappeda) Sumut,Riadil Akhir Lubis, realisasimegaproyek itu sudah selesaigrand desain yang disesuaikandengan RUTRW Nasional danprovinsi (Mebidang-ro), ter-masuk soal Amdal, rekomen-dasi SID, serta LARAP (doku-men pembebasan lahan).

    Progres pendanaan wa-duk, diakui Raidil sebenarnyasudah masuk Blue Book

    Lanjut ke hal 2 kol 3.

    JAKARTA (Antara): MenteriAgama (Menag) SuryadharmaAli mengaku telah minta kepa-da Mahkamah Konstitusi (MK)untuk menunda sidang guga-tan kebebasan beragama darisatu kelompok, yang semuladijadwalkan pada Januari di-undur hingga medio Februari.

    Pernyataan tersebut dike-mukakan Menag pada acarapeletakan batu pertama pem-bangunan kantor PBNU II di

    Jakarta, Selasa (26/1). Ia men-jelaskan bahwa kementerianagama dan kementrian Hu-kum dan HAM telah minta MKuntuk menunda sidang gu-gatan kebebasan beragama.

    Ini dimaksudkan untukkonsolidasi menghadapigugatan tersebut, katanya.

    Ia menjelaskan, di Indone-sia dewasa ini ada enam aga-ma yang diakui: Islam, Katolik,Protestan, Hindu, Buddha dan

    Lanjut ke hal 2 kol. 1

    Pasca Banjir Pidie,Jembatan Ambruk

    SIGLI (Waspada): Pascabanjir yang menenggelamkan15 desa di dua Kemungkimandalam Kec. Delima, Kab. Pidie,Sabtu (23/1) menyebabkansatu unit jembatan di DesaMesjid Beu-Ah ambruk.

    Akibatnya, ratusan muridsekolah dan warga sulit melin-tas. Kendati jembatan itumengancam nyawa mereka,yang umumnya berprofesi se-bagai petani kebun dan sawahtetap menggunakan jembatanitu sebagai satu-satunya sa-rana penyeberangan merekaberaktivitas sehari-hari.

    Sabaruddin, 45 salah se-orang warga Desa Mesjid Beu-Ah kepada Waspada, Selasa(26/1) menyebutkan denganrusaknya jembatan tersebutmenyulitkan penduduk se-tempat bepergian keluar ataumasuk ke desa tersebut. Be-gitupun sebut dia, tak jauh darijembatan terdapat sekolah,Puskesmas dan masjid.

    Selain merusak jembatan,banjir yang terjadi beberapawaktu lalu di Pidie juga meru-sak tanggul tebing sungaihingga amblas ke dasar sungai.Belum ada upaya dari peme-rintah untuk segera memper-baiki sarana dan prasana yangrusak.

    Sedangkan Wakil BupatiPidie Nazir Adam, SE bersamadinas terkait dan anggotaDPRK Pidie telah turun kelokasi.(b20)

    Waspada/Muhammad Riza

    JEMBATAN RUSAK: Puluhan pelajar terpaksa melintas di atas jembatan Masjid Beu-Ah, yangtelah rusak akibat banjir, Selasa (26/1).

    TANJUNGBALAI (Waspa-da) Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) di Kota Tanjungbalaiyang direncanakan pada 26Agustus 2010 mendatang, ter-ancam gagal karena angga-rannya belum dibahas, apalagidisahkan. Ancaman kegagalanpilkada ini merupakan

    Informasi dihimpun, pem-bahasan anggaran belum ter-laksana akibat lambannyapembentukan alat kelengka-pan dewan, imbas dari pan-

    Pilkada TanjungbalaiTerancam Gagal

    jangnya proses penetapan danpelantikan pimpinan defenitifDPRD Kota Tanjungbalai.

    Kita khawatir proses Pil-kada Tanjungbalai akan ter-hambat, sebab sampai hari inianggarannya belum disahkan.Sepanjang tidak ada anggaran,kita tidak akan mampu melak-sanakan Pilkada, kata DivisiHukum, Humas, dan Hubu-ngan Antar Lembaga KPUD

    Lanjut ke hal 2 kol. 3

    Menag Minta MK Tunda SidangGugatan Kebebasan Beragama

    Lanjut ke hal 2 kol. 1

    JAKARTA (Antara): Anggo-ta Panitia Angket Kasus BankCen