KINEMATIKA FISIKA

Click here to load reader

  • date post

    16-Apr-2015
  • Category

    Documents

  • view

    264
  • download

    9

Embed Size (px)

description

terdapat beberapa rumus tentang kinematika..

Transcript of KINEMATIKA FISIKA

KINEMATIKA

Bagian Fisika yang mempelajari gerak Mekanika

Posisi, perpindahan, jarak?

Kinematika

Brp jarak pengeremen? Brp ketinggian maksimum?

MekanikaDinamikaApa yg menyebabkan gerak?Knp posisi lintasan melengkun?

Gerak Lurus 1 Dimensi

ss = jarak r = perpindahan v = kecepatan a = percepatan

r aGERAK

v

Posisi:kedudukan/lokasi suatu benda titik benda terhadap titik acuan tertentuBA

Berapa posisi mobil A? Posisi mobil A: 50 m dari tiang ke arah depan 70 m dari mobil B ke arah depan

Posisi adalah besaran vektor !!!

Posisi dalam Vektor

A = 50 i

B = -30 i

Jarak dan PerpindahanA4 km

Benda bergerak dari A ke B, lalu ke C Jarak dari A ke C = AB + BC = 4 km + 3 km = 7 km 3 km C Perpindahan dari A ke C = 5 km

B

Jarak (distance) adalah panjang lintasan yang sebenarnya yaang ditempuh benda dalam waktu tertentu dan tidak bergantung pada arah. Perpindahan (displacement) adalah perubahan posisi awal dan akhir suatu benda karena adanya perubahan waktu dan tidak bergantung pada jalan mana yang ditempuh benda itu.

Secara umum Jarak perpindahan

Contoh :D3 m 4 m

C3 m

A4 m

B

Berapa jarak ? Berapa perpindahan ?

Vektor Perpindahan

Posisi awal : Posisi akhir :

= 2i = -4i = -4i 2i = -2i

Sebuah mobil awalnya berada pada posisi A, kemudian bergerak sampai di B kemudian muncur sampai ke C. Berapa jarak dan perpindahan mobil tersebut?

KecepatanKecepatan rata-rataAdalah hasil bagi antara perpindahan dan waktu tempuh

Kecepatan sesaatAdalah kecepatan suatu benda pada suatu titik atau pada suatu saat di lointasannya

Contoh:1. Sebuah benda titik bergerak sepanjang sumbu x mulamula pada t = 1 s berada pada x = 12 m dan pada t = 3 s berada pada x = 4 m. tentukan pergeseran, kecepatan rata-rata dan laju rata-rata antara selang waktu tersebut. 2. Misalkan perpindahan sebuah benda titik ditentukan oleh: x = -4t + 2t2 (x dalam m dan t dalam s). Tentukan: a. Perpindahan antara t = 1s dan t = 3s b. Kecepatan rata-rata pada selang waktu dipertanyaan (a). c. Kecepatan sesaat pada t = 3s

PercepatanPercepatan rata-rataAdalah perubahan kecepatan per satuan waktu

Percepatan sesaatAdalah percepatan suatu benda pada suatu titik atau pada suatu saat di lintasannya

Animasi

Gerakan Dengan Kecepatan Tetap

Gerakan Dengan Kecepatan TetapKecepatan Percepatan Posisi : tetap /konstan - GLB : nol : berubah secara beraturan (bertambah atau berkurang) Dalam selang waktu yang sama akan menempuh jarak yang sama

Gerakan Dengan Percepatan Tetap

Gerakan Dengan Percepatan TetapPercepatan : tetap /konstan Kecepatan : berubah secara beraturan GLBB Dalam selang waktu yang sama kecepatan naik atau turun dengan besar/jumlah yang sama Posisi : berubah, tetapi dalam selang waktu yang sama pengurangan atau penambahannya tidak sama.

Contoh Soal

Contoh Soal

Hubungan antara

Turunan

Turunan

Integral

Integral

KINEMATIKAGambar di atas adalah grafik kecepatan terhadap waktu sebuah motor saat mulai bergerak dari keadaan diam pada sebuah lintasan lurus.

a. b. c. d. e. f.

Tentukan percepatan rata-rata pada interval t = 0 s sampai t= 4 s! Kapan percepatan bernila nol? Berapa percepatan saat t = 7 s? Gambarlah grafik posisi terhadap waktu! Gambarlah grafik percepatan terhadap waktu! Berapa posisi akhir motor?

Soal :1. Sebuah mobil bergerak lurus dipercepat dari keadaan diam dengan percepatan a = 5 m/s2. Mobil kemudian bergerak dengan kecepatan konstan. Setelah beberapa saat mobil diperlambat dengan perlambatan a = 5 m/s2 hingga berhenti. Jika kecepatan rata-rata mobil itu 20 m/s dan waktu total pergerakan adalah 25 detik, hitung berapa lama mobil bergerak dengan kecepatan tetap? 2. Amir dan Lukas hendak menyebrangi sebuah sungai dari titik A ke titik B. Amir berusaha berenang pada garis lurus AB. Lukas berenang selalu tegak lurus arus. Ketika tiba diseberang, Lukas berjalan menuju B. Berapa kecepatan jalan kaki Lukas jika keduanya tiba di B pada waktu yang bersamaan? Kecepatan arus 2 km/jam dan kecepatan Amir dan Lukas terhadap air sama yaitu 2,5 km/jam?

Contoh:1.Sebuah mobil bergerak dengan dengan kecepatan tetap pada jalan tol. Pada jarak 10 km dari gerbang tol mobil bergerak dengan kecepatan tetap 90 km/jam selama 15 menit. Hitung posisi setelah 15 menit tersebut. Hitung juga jarak yang ditempuh selama 15 menit tersebut. 2.Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 54 km/jam. Tiba-taba mobil direm dan berhenti setelah 2 detik. Hitunglah jarak yang ditempuh selama pengereman.