Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

24
Penerbit : PT Bali Post Mingguan / 8 / Th 1 / 27 Juli - 2 Agustus 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan www.gadget-star.com / email: [email protected] Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini Radiasi iPhone Tiga Kali Lipat Galaxy S III Windows Phone 8 akan Mendukung Fitur USB Mass Storage Huawei Mediapad Siap Berikan Perlawanan Sengit S Nexian Energy A850 Ponsel Lokal Berbasis Android dengan Harga Terjangkau Rumor: HTC One XL dan One S akan Mendapat Jelly Bean? Market: Penjualan e-Book Melejit M M P P P P P e e Tips dan Trik: Mengembalikan File Hilang dengan iCare Data Recovery Enterprise R u Ru H H H HT T T a a ak k J J Je e e e Aksesori: Kualitas Casing Galaxy S III Meragukan? r ri is s s s se e e e e e p p p pr r r r ri i i is se e e Zorro Z512 Ponsel Lokal Mirip Nokia N8 umor u m um o mo or or r Tips d T Tip Ti p ip s ps da d a da M M M M Me e e en n ng g g ge e Hil la an ng g D D Da at ta a a R R R R u Ru T T Nokia Asha 305 Ponsel Layar Sentuh Bergaya untuk Pemula Aplikasi: Memutar Video di Android dengan Aplikasi Mobo Video Player

description

Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Transcript of Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Page 1: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Penerbit : PT Bali Post

Mingguan / 8 / Th 1 / 27 Juli - 2 Agustus 2012 / Harga Eceran Rp 5.000/Eks. Harga Langganan Rp 20.000/Bulan

www.gadget-star.com / email: [email protected]

Info Teknologi Informasi dan Komunikasi Terkini

Radiasi iPhone Tiga Kali Lipat Galaxy S III

Windows Phone 8 akan Mendukung Fitur USB Mass Storage

Huawei Mediapad Siap Berikan Perlawanan Sengit

S Nexian Energy A850

Ponsel Lokal Berbasis Android dengan Harga Terjangkau

Rumor:HTC One XL dan One S akan Mendapat Jelly Bean?

Market:Penjualan e-Book Melejit

MMPPPPPee

Tips dan Trik:Mengembalikan File Hilang dengan iCare Data Recovery Enterprise

RuRuHHHHTTTaaakkJJJeeee

Aksesori:Kualitas Casing Galaxy S III Meragukan?

rriissssseeeeee

pppprrrrriiiisseee

Zorro Z512

Ponsel Lokal Mirip Nokia N8

umorummumomoororr

Tips dTTipTipips ps dadadaMMMMMeeeennnggggeeHillaannggDDDaattaaa RRR

RuRu

TT

Nokia Asha 305

Ponsel Layar Sentuh Bergaya untuk Pemula

Aplikasi:Memutar Video di Android dengan Aplikasi Mobo Video Player

Page 2: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

TOP NEWS2 27 Juli - 2 Agustus 2012

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

MASALAH radiasi ponsel, kini mendapat perhatian serius dari berbagai pihak, karena dikabarkan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker.

Terkait dengan hal itu, badan regulasi di San Francisco, Amerika sempat membuat peraturan kalau pembuat ponsel harus men-jelaskan secara spesifik jumlah angka radiasi yang dipancarkan bagi setiap model ponsel yang dijualnya.

Seperti dikutip dari situs phone arena, peraturan itu kini telah di-tarik karena belum ada bukti yang otentik mengenai seberapa besar radiasi perangkat elektronik dapat mempengaruhi tubuh manusia, namun tetap menyisakan sejum-

Radiasi iPhone Tiga Kali Lipat Galaxy S IIIlah ketakutan atau kekhawatiran bagi sebagian orang.

Sebenarnya ada batasan ra-diasi yang dapat diterima dengan aman oleh manusia. Pada intinya, ponsel yang makin kecil radiasin-ya akan lebih baik ketimbang ponsel dengan radiasi yang besar.

Belum lama ini salah satu peru-sahaan bernama Tawkon mengeluar-kan paparan infograph mengenai jumlah radiasi yang dipancarkan berbagai ponsel yang berbeda. Menu-rut Tawkon, iPhone besutan Apple memiliki pancaran radiasi yang tiga kali lebih banyak bila dibandingkan dengan Samsung

Galaxy S III.Ada beberapa aplikasi pen-

gukur tingkat radiasi yang bisa digunakan untuk mengetahui pan-caran radiasi pada ponsel Anda.

Untuk perangkat Apple sendiri, aplikasi se-

Samsung Dual GSM E1232B Vs Nokia X1-01

Desain dan DimensiSama-sama mengusung desain

candybar, namun masih bisa ditemukan perbedaan di antara desainnya. Samsung E1232B mengusung desain ponsel entry level dengan ujung membulat di setiap ujungnya. Sementara itu Nokia X1-01 memiliki desain candybar yang tergo-long unik. Dengan sudut lancip di setiap sudutnya dan terdapat aksen cembung di sisinya.

Dalam urusan desain, kedua ponsel ini pun berbeda dalam urusan dimensi. Sam-sung E1232B memiliki dimensi sebesar 110.6 x 45.5 x 13.9 mm dan memiliki berat total sebesar 75 gram, dan pengguna akan menemukan lampu senter pada bagian atas bodi ponsel ini. Pada pihak Nokia sendiri memi-liki dimensi sebesar 112.2 x 47.3 x 16 mm dan memiliki berat sebesar 91.1 gram.

Sama seperti Sam-sung, Nokia pun menyematkan lampu flash yang berfungsi sebagai senter yang berada di bagian atas ponsel. Pada bagian sisi bodi ponsel, pengguna akan menemukan tombol kendali musik yang terdiri dari play/pause, forward dan rewind pada sisi kiri ponsel dan slot kartu memori pada bagian sisi kanan ponsel. Jika ditilik dari segi desain dan bobot masing masing ponsel, Samsung keluar menjadi pemenang karena memiliki di-mensi dan berat yang lebih kecil.

LayarBermain di kelas entry level, layar yang

dibawa kedua ponsel ini pun disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing ponsel. Samsung membawa layar TFT yang mampu menghasilkan 56 ribu macam

warna dengan resolusi sebesar 128 x 160 piksel pada layar yang memiliki penam-pang sebesar 1.8 inci dan memiliki ketaja-man piksel sebesar 114 ppi.

Mengambil langkah yang sama, Nokia pun memilih membawa layar TFT yang mampu menghasilkan 56 ribu macam warna dengan resolusi sebesar 128 x 160 piksel yang terpancar rapi pada layar sebe-sar 1.8 inci dan juga memiliki ketajaman piksel sebesar 114 ppi. Pada sektor layar, masing-masing ponsel memiliki kualitas layar yang sebanding dan tingkat ketaja-man yang juga sebanding. Kedua ponsel ini sama-sama imbang dalam hal layar.

FiturUntuk ukuran ponsel entry level, tentu

tidak ada fitur yang ditonjolkan pada kedua

ponsel ini. Fitur unggulan pertama yang di-tonjolkan kedua ponsel ini adalah fitur dual SIM-nya yang merupakan ciri khas dari ponsel tersebut. Samsung dapat menam-pung dua kartu SIM sekaligus dalam pon-selnya, namun sayang kedua kartu ini tidak dapat diaktifkan secara bersamaan. Fitur lainnya yang disematkan dalam ponsel ini adalah layanan perpesanan menggunakan yang hanya mendukung SMS dan Radio FM Stereo yang merupa-kan media hiburan lainnya yang dimiliki ponsel ini selain pemu-tar musik yang juga tersemat di dalam ponsel ini.

Sementara itu, pada Nokia X1-01 juga hanya mendukung komunikasi hanya mela-lui perpesanan singkat atau SMS, untuk multimedia sendiri, ponsel ini mengunggul-kan pemutar musik di mana ponsel ini pun didedikasikan untuk para penggemar musik yang di mana pada ponsel ini menyemat-kan tombol akses cepat untuk memutar musik pada bagian samping bodi ini.

Jika bosan dengan musik, maka bisa menggunakan radio FM sebagai pengganti hiburan yang juga disematkan pada Nokia X1. Fitur dual SIM yang disematkan pada ponsel ini mampu mengaktifkan dua kartu sekaligus dalam satu ponsel. Jadi dengan kata lain, pengguna tidak perlu harus repot-repot mengganti kartu SIM ketika ingin berpindah ke kartu yang lain.

Kedua ponsel ini pun sama-sama absen

dari hadirnya kamera yang mampu meng-abadikan momen-momen penting dan juga fasilitas internet yang tidak disematkan pada ponsel ini. Pada sektor fitur ini, kedua ponsel memiliki persamaan pada fitur multi-medianya, namun untuk fitur dual kartunya sendiri, Nokia lebih unggul dibandingkan Samsung karena mampu membawa dua kartu aktif dalam waktu yang bersamaan.

Baterai dan MemoriPada sektor daya tahan,

masing-masing ponsel mengandalkan baterai yang

ditanamkan oleh masing-masing pabrikan. Samsung

mengandalkan baterai den-gan tipe Li-Ion 1000 mAh yang

mampu bertahan hingga 580 jam dalam posisi stand-by dan 11 jam 10 menit untuk penggu-naan berbicara. Untuk memo-rinya sendiri, pengguna bisa menyematkan memori eksternal sebesar 4 GB ke dalam ponsel ini.

Sementara itu pada pihak Nokia sendiri mengandalkan baterai Li-Ion 1320 mAh (BL-5J) yang mampu membawa X1 bertahan hingga 1032 jam dalam posisi stand-by dan 13 jam untuk penggunaan berbicara.

Untuk daya simpannya sendiri, ponsel ini mampu menampung memori

hingga 16 GB di dalamnya. Pada kategori baterai dan memori ini, Samsung lagi-lagi harus mengakui keunggulan dari Nokia karena memang Nokia menunjukkan keunggulannya lagi pada sektor ini.

KesimpulanDari perbandingan itu, bisa diketahui

bahwa kedua ponsel ini hampir memiliki kesamaan di berbagai sektor, namun per-bedaan masih bisa kita dapatkan pada fitur dual SIM-nya, Nokia mampu membawa dua SIM aktif bersamaan tanpa harus berganti SIM seperti yang dilakukan oleh Samsung. Nokia X1 pun mendedikasikan ponsel entry level-nya ini sebagai ponsel musik dengan harga yang bersahabat. Un-tuk memilih salah satu di antara keduanya, kembali lagi pada minat dan kebutuhan pengguna. *ade

KEDUDUKAN Samsung dan Nokia sebagai produsen ponsel kelas atas tidak serta merta meninggalkan pasar entry level. Hal ini bisa ditun-jukkan dengan langkah Samsung dan Nokia dalam menelurkan ponsel dual SIM card yang siap bersaing satu sama lain. Samsung hadir den-gan versi dual GSM E1232B dan Nokia dengan Nokia X1-01. Bersaing berdasarkan performa, manakah kedua ponsel ini yang lebih unggul?

kecil radiasinketimbang asi

aphdiasi

berbagaida. Menu-e besutanncaran radiasi h banyak bila gan Samsung

Untuk perangkat Apple sendiri, aplikasi se-

jenis sudah pernah ada beberapa waktu lalu hingga Apple mengha-pus aplikasi tersebut dari toko aplikasinya. Kabar baiknya adalah aplikasi pengu-kur radiasi masih dapat dicari di

Google Play Store sehingga pengguna Android

dapat diperingkatkan kalau radiasi pada ponselnya sudah di

ambang batas. Aplikasi ini terse-dia gratis dan dapat diunduh bagi pengguna Android versi 2.1 dan di atasnya. *

Page 3: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

TOP NEWS 327 Juli - 2 Agustus 2012

PENGGUNA HTC Desire HD memang sudah menunggu update ICS ini sejak beberapa waktu lalu, yang tampaknya akan menjadi penung-guan sia-sia. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah dokumen dari operator asal Kanada, Telus, di mana rencana HTC untuk memberikan update ke Android 4.0 tersebut ditangguhkan.

Seperti dilansir teknoup, menurut Telus, alasan HTC mengambil langkah ini dikarenakan kinerja ponsel yang beroperasi dengan ICS tersebut amatlah buruk.

Selain HTC Desire HD, terlihat juga 3 perangkat lainnya yang akan mendapatkan update ke ICS. Galaxy Note yang diboyong oleh Te-lus sendiri tampaknya sebentar lagi akan mendapatkan Android ICS. Sementara perangkat lainnya masih harus menunggu sampai OEM memberikan update tersebut kepada pihak operator. *

CANON meluncurkan aplikasi yang memudahkan pengguna menc-etak dan scan melalui perangkat mobile. Aplikasi yang bernama Canon Direct Print and Scan Mobile ini sudah tersedia untuk perangkat iOS dan BlackBerry.

“Canon Direct Print and Scan for Mobile memungkinkan pelanggan kami untuk mengelola proses pencetakan yang akan dilakukan,” kata Sam Yoshida, Wakil Presiden dan Manajer Umum, Marketing, Business Imaging Solution Group Canon USA seperti dikutip dari teknoup.

Aplikasi Canon Direct Print and Scan for Mobile bekerja meng-gunakan dua aplikasi. Pertama adalah aplikasi yang sudah tertanam di produk Canon dan satunya lagi adalah aplikasi mobile client yang terinstall pada perangkat smartphone.

Seperti yang tertulis dalam keterangan persnya, Canon hanya me-luncurkan aplikasi ini pada perangkat iPhone, iPad dan BlackBerry saja, tidak disebutkan perangkat dengan sistem operasi Android. *

Samsung Bidik Pasar Smartphone Berproyektor

PRODUSEN ponsel asal Korea Selatan, Samsung, membidik pasar ponsel pintar berkemampuan proyektor lewat Samsung Galaxy Beam.

“Kami melihat belum ada kom-petitor ponsel ternama yang masuk pasar ini (smartphone berproyektor),” kata Manajer Senior Pe-masaran Produk Departemen Bisnis PT Samsung Electronics Indonesia, Fabiant Kayatmo, seperti dikutip dari Antara.

Fabiant mengatakan ponsel yang mampu memproyeksikan gambar, video, atau dokumen teks hingga jarak dua meter itu hanya dipasarkan di Jakarta.

“Samsung Galaxy Beam ditujukan bagi peng-guna yang mobilitasnya tinggi dengan rentang usia 25 hingga 30 tahun dan menginginkan keringkasan produk,” kata Fabiant.

Ponsel pintar berlayar empat inci itu

mempunyai prosesor berinti ganda (dual-core) berkecepatan hingga 1 GHz.

Produk berkapasitas baterai 2.000 mAh itu juga mengunggulkan kemampuan jaringan akses paket kecepatan tinggi (HSPA) hingga 14,4 mega bit per detik.

Namun, sistem operasi yang digunakan dalam ponsel beruang penyimpanan internal delapan giga bit itu masih Android 2.3 (Gingerbread) yang mendukung pembaharuan ke Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). “Samsung Galaxy Beam sudah ada di pasaran Indonesia dengan harga Rp 4,999 juta,” kata Fabiant.*

Canon Luncurkan Aplikasi Print dan Scan untuk BlackBerry dan iOS

ponsel asal Korea Selatan, idik pasar ponsel pintar

proyektor lewaty Beam.

Ponsel pintar berlayar empat inci itu i b i ti d

Windows Phone 8 Dilaporkan akan Mendukung Fitur USB Mass Storage

SISTEM operasi Windows Phone 8 yang akan segera hadir kemungkinan akan men-dukung fitur USB mass storage untuk pen-gelolaan file yang lebih mudah tanpa harus menggunakan Zune. Laporan ini datang dari media WPDang seperti yang dilansir teknoup. Rumor ini terdengar sangat realistis di mana saat pengumuman resmi, Windows Phone 8 akan mendukung kartu memori eksternal, sehingga ponsel akan mendeteksi kartu mi-

croSD tersebut sebagai drive yang ditempel-kan di PC.

Dengan logika tersebut, ditempelkannya kartu memori microSD, aksi drag and drop untuk transaksi file sangat mungkin terjadi dengan koneksi USB. Fungsi plug and play ini pastinya akan memberi alternatif dari penggu-naan software desktop Zune sebagai satu-sa-tunya perantara yang menghubungkan antara PC dengan ponsel. *

Masalah Kinerja, HTC tak Jadi Berikan Update ICS ke Desire HD

Tiga Milyar Smartphone Dipakai pada 2017

JUMLAH ponsel pintar (smartphone) yang digunakan secara global mencapai tiga milyar unit pada 2017. Demikian laporan lalu lintas data dan pasar jaringan selu-lar dari Ericsson.

“Pada periode yang sama, jumlah pelanggan layanan jaringan bergerak (mobile broadband) berdasarkan kartu SIM operator men-capai lima milyar unit atau meningkat lima kali lipat dibanding akhir 2011,” kata Wakil Presiden Komunikasi dan Pemasaran PT Eric-sson Indonesia, Har-dyana Syintawati, di Jakarta, seperti yang diberitakan Antara.

Hardyana tidak menyebut perkiraan jumlah pelanggan layanan jaringan bergerak di In-donesia, karena laporan lalu lintas data dan pasar jaringan selular oleh Ericsson dilakukan secara global yang mencakup Amerika Utara dan Latin, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah.

“Data dari laporan itu akan dipakai sebagai acuan Ericsson dan operator-operator lokal yang bekerja sama untuk menentukan posisi Indonesia,” kata Hardyana.

Hasil laporan Ericsson itu menyebutkan pengguna layanan jaringan

bergerak secara global tumbuh seki-tar 12 persen tiap tahun dan 3 persen per kuartalnya.

Jumlah lalu-lintas data jaringan berger-ak (mobile networks) secara global meningkat dua kali lipat dalam periode kuartal I/2011 hingga kuartal I/2012.

Sementara itu, pertumbuhan lalu lintas data jarimgan

bergerak diperkirakan mencapai 15 kali lipat dari

2011 hingga 2017.Ericsson merupakan perusahaan penyedia

infrastruktur jaringan data bagi operator teleko-munikasi. Di Indonesia, Ericsson bermitra dengan empat operator telekomunikasi yaitu Telkomsel, Indosat, Axis, dan XL Axiata. *

Page 4: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

RUMOR4 27 Juli - 2 Agustus 2012

SISTEM operasi Android Jelly Bean dilaporkan juga akan menyambangi smart-phone milik HTC, yakni One S dan One XL. Melalui jarin-gan asal Australia, Telstra dan dilansir teknoup, disebutkan

BAGI Anda penggemar gadget, Anda pasti telah akrab dengan perangkat komputer tablet. Perangkat tersebut kini se-dang naik daun di kalangan para pecinta perangkat komunikasi canggih.

Beragam keunggulan dita-warkan oleh tablet-tablet yang kini beredar di pasaran. Harga dan spesifikasi yang ditawar-kan oleh pihak vendor pun juga cukup beragam, mulai dari entry level hingga yang menawarkan beragam fitur unggulan.

Seperti dilansir situs ponsel.org, Kindle Fire 7 inci, sebuah tablet PC keluaran Amazon

NOKIA tampaknya akan memiliki sesuatu yang akan membuat kita terkagum, dengan melihat banner yang dipajang di toko utama mer-eka di Helsinki. Toko tersebut saat ini ditutup karena dalam renovasi dan akan membuka pintu kembali tanggal 7 September nanti beserta sesuatu yang mengagumkan.

Seperti dilansir phonearena, dengan meneliti maksud Nokia, satu hal yang kemungkinan akan membuat kita terkagum adalah Lumia dengan sistem operasi Windows Phone 8. Mungkinkah perilisan handset ini tanggal 7 September nanti? Bisa jadi, karena acara Nokia World akan diadakan tanggal 5 September. Dengan demikian, sangat mungkin berjelang dua hari pengumuman, perangkat baru yang diperkenalkan di acara tersebut sudah dapat dibeli di toko Nokia.

Kira-kira kejutan apa yang dimiliki Nokia untuk kita? Apakah benar Lumia dengan Windows Phone 8 seperti yang diharapkan? Atau sesuatu yang lebih/kurang menarik? *

SEPASANG skor benchmark dari Samsung GT-N7100 telah muncul di database GLBench-mark, memamerkan pemros-esan grafik yang hampir selevel dengan perangkat Snapdragon S4 ber-GPU Adreno 320.

Jika Anda ingat bahwa Gal-axy Note, smartphone jumbo berlayar 5,3 incinya Samsung, namanya adalah GT-N7000, jadi mungkin sekali GT-N7100 adalah Galaxy Note II, yang dilaporkan memiliki layar lebih

HTC One XL dan One S akan Mendapat Jelly Bean?

SISTJelly BJelly Bakan mphoneS dan gan asdilansir

BAGIgadget, Adengan tablet. Pdang na

Jbahwa HTC One XL (versi internasional HTC One X) dan HTC One S akan mendapat Jelly Bean, namun tidak disebut kapan tanggal rilisnya. Menurut keteran-gan yang tertulis HTC sedang menyiapkan update tapi belum

mengonfirmasi tanggalnya.Jika Anda pemilik One X

berbasis Tegra 3, kemungkinan juga akan mendapat update Android paling aman tersebut. Namun, hal ini masih menung-gu konfirmasi dari HTC. *

Amazon Dikabarkan Menyiapkan Kindle Fire 10 Inci

merupakan salah satu contoh PC tablet yang termasuk dalam golongan entry level. Tablet tersebut kini dikabarkan segera memiliki penerus yang kabarnya bernama Kindle Fire 10 inci.

Sebelum kabar bahwa Ama-zon akan menghadirkan Kindle Fire 10 ke pasaran, sempat be-redar kabar bahwa mereka akan merilis sebuah tablet berukuran 8,9 inci. Berdasarkan kabar yang beredar, Amazon akan meluncur-kannya pada akhir kuartal kedua atau awal kuartal ketiga 2012.

Berita mengenai peluncuran Kindle Fire 10 inci tersebut juga didukung dengan kabar bahwa

Amazon telah memesan pada Catcher Technology untuk PC Kindle Fire baru. Bagi Anda yang belum tahu, Catcher Technology merupakan sebuah pabrik ber-basis di Taiwan yang bergerak di bidang pembuatan rangka atau chassis perangkat elektronik. Namun sayang, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak pabrik pembuat chassis Taiwan tersebut.

Dikutip dari informasi yang diperoleh dari Digitimes, Amazon diprediksi bakal mengapalkan 30-40 juta tablet PC hingga akhir 2012, termasuk tablet entri level Kindle Fire 7 inci. *

Kejutan Apa dari Nokia 7 September Nanti?

Galaxy Note II akan Menggunakan Prosesor SGS III dengan Clock 1,6GHz?

besar namun dengan bodi lebih kompak, dengan bezel dan layar yang berukuran efisien.

System Info dan GLEnvi-ronment seperti dikutip dari teknoup mengungkapkan, N7100 menggunakan prosesor Exynos 4412 dengan GPU Mali-400, sama dengan Samsung Galaxy S III namun dengan frekuensi maksimal 1,6GHz, di atas SGS III yang 1,4GHz. Galaxy Note GT-N7000 juga memiliki prosesor yang clock-

nya 200MHz di atas SGS II, jadi hal ini tidak terlalu aneh. Penggunaan chip Exynos ini menunjukkan bahwa Note II tidak akan menggunakan prose-sor Cortex-A15 dan mungkin menyimpannya untuk tablet ataupun smartphone generasi berikutnya.

Untuk resolusi layar dita-mpilkan memiliki aspek rasio 16:9 yakni 1280 x 720 piksel, sedikit di bawah N7000 yang 1280 x 800. Tentu belum

diketahui apakah N7100 akan menggunakan Super AMOLED Plus atau masih menggunakan PenTile Ma-trix dengan Super AMOLED normal. Jika menggunakan SAMOLED Plus, bersamaan dengan prosesor quad core, maka bisa dibilang perkem-bangan dari Note I ke Note II cukup signifikan. Kita tunggu saja penampakan resmi Note II di event IFA 2012 di Berlin 30 Agustus mendatang. *

Page 5: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

527 Juli - 2 Agustus 2012

Page 6: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

REVIEW6 27 Juli - 2 Agustus 2012

BEBERAPA hari yang lalu Nokia sudah mengumumkan merilis tiga ponsel seri Asha terbaru di Indone-sia, salah satunya dalah Nokia Asha 305. Seri Asha ini disebut-sebut se-bagai smartphone lite yang memiliki kemampuan di atas ponsel biasa dengan bentuk full touch screen.

Mungil dan bergaya muda, mungkin itulah kesan yang muncul jika melihat fisik ponsel Asha 305. Ponsel berdimensi 110.3 x 53.8 x 12.8 mm dengan bobot hanya 98 gram ini juga memiliki pilihan warna metal yang menarik seperti silver, red, dan blue. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Asha 305 memi-liki desain tanpa keypad. Material yang digunakan seluruhnya terbuat dari plastik cukup berkualitas.

Pada bagian muka terdapat ear-piece, layar berukuran 3 inci, dua tombol fisik call dan end (berfungsi juga sebagai tombol power), dan sebuah mic. Bagian belakang terda-pat kamera dan speaker. Untuk sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan tombol lock screen. Sisi kanan terdapat slot SIM 2 dan slot memory card micro SD. Bagian atas terda-pat tiga port yaitu port charger khas Nokia, micro USB, dan headset 3.5 mm. Untuk bagian bawah hanya terdapat lubang untuk strap/gantun-gan aksesori.

Nokia mengatakan ponsel ini memiliki fitur Easy Swap untuk ke-mampuan dual SIM yang diusung-nya, namun hal ini hanya berlaku untuk SIM card 2 yang bertempat di sisi ponsel. Sementara untuk SIM card 1 berada di dalam dan di

SONY Xperia P LT22i meru-pakan smartphone Android 2.3 Gingerbread ini merupakan anggota keluarga NXT, seperti Xperia S dan Xperia U. Sebagai seri NXT tentu Sony memberikan P fitur yang canggih, sebut saja teknologi NFC,

Ponsel Layar Sentuh Bergaya untuk Pemula

bawah baterai sehingga Anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu.

Ponsel Asha 305 masih meng-gunakan teknologi layar sentuh resistif, sehingga dibutuhkan sedikit tenaga untuk navigasi di layar. Layar di Asha 305 memiliki resolusi WQVGA (240 x 400 piksel) kerapa-tan 155 ppi dan sudah mendukung multitouch. Tampilan layar cukup baik sudut pandang juga luas.

Keuntungan dari layar jenis re-sistif adalah, Anda dapat melakukan navigasi di layar dengan bantuan alat lain yang berbentuk seperti pen, sehingga pemilihan di layar akan lebih presisi.

Meski dikatakan dengan sebutan smartphone lite, namun Asha 305 masih menggunakan Nokia s40, sehingga ponsel ini tidak dapat melakukan multitasking, hanya be-berapa aplikasi saja (musik, radio) yang dapat di-minimize.

Tampilan antarmuka Asha 305 terlihat segar dan sedikit meng-adaptasi antarmuka dari Windows Phone, di mana saat kita membuka lock screen dengan swipe layar ke kiri atau ke kanan, maka langsung ditampilkan jajaran ikon menu yang berwarna-warni. Swipe ke kiri atau ke kanan akan memunculkan menu seperti dealer/music/radio dan hala-man shortcut. Ada juga semacam jendela notifikasi untuk pemberi-tahuan missed call atau SMS dan juga terdapat beberapa jalan pintas seperti konektivitas, profil, music player, dan pengaturan SIM card.

Anda juga bebas mengatur posi-si ikon menu dan shortcut layaknya

sebuah smartphone. Hala-man homescreen juga akan menampilkan informasi jika ada notifikasi yang masuk.

Urusan SMS, MMS, email, instant messaging, dapat ditangani dengan baik di Asha 305. Untuk SMS saat masuk ke menu mes-saging, akan langsung ditampilkan thread chat yang sedang dilaku-kan. Untuk memulai pesan baru, pilih ikon pesan baru di kanan atas dan Anda akan langsung dapat mengetik isi pesan Anda. Untuk pengetikan terdapat dua pilihan layout keyboard alfanumerik atau qwerty. Sayangnya, tidak terdapat input dengan handwritting. Padahal, layar dengan teknologi resistif ini cukup nyaman jika digunakan untuk handwritting.

Ada juga aplikasi bawaan milik Nokia untuk mengurus bidang pesan instan dari berbagai layanan seperti Facebook, Yahoo Mes-senger, Windows Live Messenger, dan lainnya. Email juga dapat Anda gunakan di ponsel ini via aplikasi terdedikasi.

Asha 305 hanya di senjatai den-gan kamera fixed focus beresolusi 2 MP (1.600 x 1.200 piksel). Tampilan antarmuka menu kamera terlihat menarik dengan beragam pilihan pengaturan seperti efek, lighting, self-timer, grid, dan lainnya. Untuk pilihan resolusi Anda hanya diberi-kan tiga pilihan yaitu maksimal, upload, dan phone. Tidak dijelaskan secara detail berapa resolusi yang digunakan untuk tiap pilihan.

Hasil kamera Asha 305 cukup

bagus secara keseluruhan untuk pengam-bilan gambar dalam atau luar ruangan. Untuk dalam ruangan hasil terlihat cu-kup cerah dan tajam walaupun kondisi ca-haya agak redup. Untuk pengambilan gambar luar ruangan juga terlihat baik, warna yang dita-mpilkan cukup cerah dengan tingkat keterangan yang tidak berlebihan.

Sayangnya kamera di Asha 305 hanya bisa melakukan pereka-man dengan resolusi QCIF aja (176 x 144 piksel) 10fps. Terdapat beberapa pilihan pengaturan seperti efek, lightning, mic, grid, dan lain-nya. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format 3GP.

KonektivitasDisayangkan Nokia Asha 305

hanya mendukung jaringan dual

GSM (900/1800) tanpa adanya dukungan 3G, sehingga Anda tidak dapat menikmati kecepatan inter-net mobile sesungguhnya. Nokia Asha 305 juga belum mendu-kung konektivitas Wi-Fi sehingga untuk berselancar internet Anda harus mengandalkan konek-tivitas internet operator yang Anda gunakan. Meski begitu, ponsel ini sudah memiliki

Bluetooth v2.1, microUSB v2.0. Untuk memori eksternal, dalam paket sudah diberikan kartu memori microSD 2 GB yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 32 GB.

Meski Nokia Asha 305 memiliki port charger 2.0 mm standar, na-

mun tidak menu-tup kemungkinan

Anda melakukan pengisisan daya baterai

melalui port micro USB.Seperti dikutip dari teknoup,

Nokia mengatakan browser di Asha 305 memiliki kemampuan untuk melakukan kompresi hingga 85 persen dengan teknologi proxy, sehingga lebih hemat kuota dan halaman situs dapat lebih ringan dibuka. Teknologi tersebut memiliki algoritma yang dapat memilah kont-en apa saja yang dapat dibuang dan apa yang dapat digunakan.

Asha 305 dibekali dengan baterai berjenis Lithium Ion BL-4U berkapa-sitas 1110 mAh. Dikatakan baterai di ponsel ini mampu untuk menyokong stand by hingga 528 jam, dan waktu berbicara hingga 14 jam. *

Spesifikasi:Jaringan dual band GSM (900 / 1800)Dual SIM GSM OnLayar sentuh resistif TFT 3.0 inci, 240 x 400 pikselMemori internal 10 MB, 64 MB ROM, 32 MB RAMMicro SD up to 32 GBSistem operasi Nokia s40Kamera 2 MP 1600x1200 piksel Fixed FocusBluetooth v2.1Baterai Lithium Ion 1110 mAh.

Nokia Asha 305

Sony Xperia P LT22i

Xperia paling Terangsedikit berbeda dari yang lainnya, Sony menambahkan subpixel keempat berwarna putih untuk me-nemani subpixel merah, biru, dan hijau (RGB). Imbasnya, teknologi 4 subpiksel tersebut bisa memberi-kan tingkat pencahayaan seterang mungkin sekaligus menghemat daya baterai. Unsur putih ekstra dalam setiap pixel memberikan soft-ware ponsel lebih leluasa melaku-kan kontrol atas berbagai tingkat kecerahan yang dapat dihasilkan. Dengan menggunakan software dan sensor cahaya di sekitar pon-sel, Xperia P dapat dengan cerdas menyeimbangkan tingkat penca-hayaan untuk menjaga kecerahan, sementara tingkat konsumsi daya baterai lebih sedikit atau berkurang sekitar 50 persen.

Tingkat kecerahannya memiliki fitur automatic brightness, yang ter-diri dari dua mode tambahan, bright mode dan power save mode. Selain white magic, tentu Sony memberi-kan fitur khas Bravia Engine pada saat memutar foto atau video.

Pada saat digunakan di dalam

ruangan dalam kondisi tingkat keterangan tertinggi memang san-gat menyilaukan namun gunanya memang sangat terasa di kondisi pencahayaan yang terik seperti luar ruangan jam 12 siang, layar terlihat sangat jelas, lebih terlihat dari Sam-sung Galaxy Note. Untuk tingkat visibilitas dari viewing angle, Xperia P bisa dibilang lebih bagus dari Xperia S. Untuk tingkat warna hitam sendiri dan tingkat kontras cukup bagus untuk ukuran LCD. Namun tampilan warna putih di layar Xperia P terasa kekuningan, karakteristik yang sama dari zaman Xperia Arc sampai Xperia S dan U.

Xperia P memiliki beberapa fitur unggulan yang cukup menggiurkan sebagai ponsel 4 jutaan. Layar qHD 4 inci dengan WhiteMagic, prose-sor dual-core, desain ala Xperia S, serta NFC. Namun sisi buruknya juga ada yakni baterai yang kecil dan tidak bisa digonta-ganti, belum menggunakan OS terbaru, dan tidak ada slot memori eksternal (internal storage ada 11.2 GB yang tersisa). *

prosesor dual core 1 GHz (Cortex A9) dengan GPU Mali400 dan RAM 1 GB, kamera 8MP (AF dan LED flash) dengan perekam video 1080p, storage 16 GB, serta yang paling diunggulkan adalah layar 4 inci beresolusi qHD (960 x 540 pik-

sel) dengan teknologi Bravia Engine dan White Magic.

Seperti dikutip dari phone arena, sebagai seri NXT, Xperia P memiliki tema desain yang sama, yakni list transparan di bagian bawah ponsel. List transparan ini juga berfungsi sebagai tombol sentuh kapasitif untuk 3 fungsi, secara berturut-turut dari kiri ke kanan: Back, Home dan Menu. Layarnya seperti biasa adalah bahan glossy hitam. Kamera depan yang berukuran besar menemani sensor cahaya dan logo Sony di bagian atas.

Xperia P ini casing belakangnya tidak bisa dibuka begitu saja. Jadi Anda tidak bisa menggunakan atau mengganti baterai cadangan. Meski memiliki layar 4 inci, ponsel ini terasa cukup kompak dan kecil, penempatan layar yang memenuhi ponsel sangat efisien, kecuali untuk bagian bawah yang memanjang dan membuat ponsel menjadi panjang.

Layar Xperia P menggunakan teknologi baru bernama White Magic. Sony membuat WhiteMagic

pRAiksel

RAM

Page 7: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

7REVIEW27 Juli - 2 Agustus 2012

ZORRO Mobile Phone, salah satu merek baru kini mulai ikut meramaikan persaingan pasar ponsel lokal di Tanah Air. Vendor tersebut mencoba bersaing dengan vendor-vendor ponsel lokal yang telah lebih dahulu meluncurkan produknya di Indonesia.

Zorro Mobile Phone menawarkan beberapa produk ponselnya ke pengguna ponsel, dan salah satu ponsel yang dilepas ke pasaran adalah Zorro Z512. Seperti apa fitur dan spesifikasi ponsel tersebut?

Zorro Z512 hadir dengan rancangan yang menarik. Ponsel tersebut mengadopsi gaya rancangan ponsel keluaran vendor asal Finlandia, Nokia N8. Hal tersebut sangat menarik karena saat ini pasar ponsel lokal kebanjiran dengan ponsel lokal yang mengadopsi gaya qwerty ala ponsel BlackBerry.

Seperti layaknya Nokia N8, Zorro Z512 tampil dengan dukungan layar sentuh, dan minus tombol keypad konvensional pada bagian depan. Namun, berbeda dengan N8, ponsel tersebut masih mengandalkan layar sentuh resisitif berukuran 3,4 inci dengan warna yang cukup jernih dan terang.

Seperti dikutip dari ponsel.org, meski sepintas mirip dengan Nokia N8, kita akan melihat beragam fitur dan struktur menu yang sangat identik dengan ponsel lokal lainnya. Kemiripan tersebut juga mencakup dukungan dual on GSM yang ditandai dengan hadirnya dukungan 2 slot kartu SIM yang terdapat di balik baterai ponsel. Zorro Z512 juga telah memiliki dukungan

BANJIR ponsel lokal tampaknya belum memperlihatkan tanda-tanda untuk surut. Ponsel-ponsel baru selalu datang untuk bersaing dengan ponsel baru lainnya. Mito Mobile, salah satu vendor ponsel lokal kini kembali merilis ponsel entry level barunya yang bernama Mito 336. Apa saja yang ditawarkan ponsel ini? Aksesori cantik apa yang ditawarkan Mito 336 kepada para calon penggunanya?

Seperti dilansir ponsel org, sebagai ponsel entry level, Nito 336 tidak meng-hadirkan tampilan yang futuristik kepada calon penggunanya, melainkan hanya

Zorro Z512, Ponsel Lokal Mirip Nokia N8

ekspansi memori melalui kartu berjenis microSD yang mendukung ekspansi hingga 8 GB.

Dalam hal fitur, Zorro Z512 menghad-irkan beragam fitur hiburan seperti MP3/MP4 player, radio FM, game dan beberapa fitur standar lain. Bagi yang sering berper-gian, ponsel tersebut dapat dijadikan teman karena telah diengkapi dengan sepasang kamera yang dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen saat berada dalam perjalanan. Kamera utama ponsel Zorro Z512 berkekuatan 2 megapiksel dan dileng-kapi dengan kemampuan untuk merekam video. Sementara bagi yang hobi menggu-nakan internet untuk mencari informasi atau bersosialisasi melalui jejaring sosial, Zorro Z512 telah mendukung jaringan data GPRS dan menawarkan fasilitas online seperti link akses jejaring sosial dan chatting. *

Spesifikasi dan Fitur Zorro Z512:

Jaringan: Dual band GSM (900/1800 MHz) & dual on.Layar: 3.4 inci, TFT Touchscreen.Transfer data: GPRS. Kamera: dual camera (2 megapiksel), video recorder.Memori eksternal: microSD up to 8 GB.Messaging: SMS, MMS.Konektivitas: bluetooth, kabel data.Browser: WAP.Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, Java, Facebook, Yahoo, Calendar, Calculator, Alarm, Speakerphone, World clock.Baterai: Lithium ion.

Ponsel Dual On TV dengan Harga Terjangkau

S Nexian FameTV G317

PONSEL yang dilengkapi dengan fitur TV memang banyak diminati para pengge-mar ponsel lokal. Fitur tersebut sangat membantu bagi pengguna ponsel untuk menghabiskan waktu luang. Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan refer-ensi ponsel lokal yang dilengkapi dengan fitur TV di dalamnya, mungkin artikel ini dapat membantu Anda.

Selain menghadirkan fitur TV sebagai andalannya, fitur lain apa saja yang dita-

warkan oleh ponsel itu?Seperti dikutip dari ponsel.org, S Nex-

ian FameTV G317 merupakan sebuah ponsel yang dilengkapi dengan sebuah layar sentuh QVGA dengan ukuran 3,2 inci. Ponsel tersebut menawarkan sebuah rancangan yang trendi namun cukup nyaman dalam genggaman yang disebabkan ukurannya yang terbilang cukup kecil.

Untuk akses ke fitur yang disediakan, ponsel S Nexian FameTV G317 me-nyediakan beberapa panel akses pada bagian bawah layarnya. Sementara untuk tombol home berada pada bagian kanan bawah, terpisah dari panel navi-gasi lainnya.

Jika kita membahas tentang fitur andalan yang ditawarkan oleh S Nexian FameTV G317, dari namanya kita sudah dapat memperkirakan bahwa fitur anda-lan ponsel tersebut adalah TV Analog. Fitur tersebut dilengkapi dengan internal antena yang dapat meningkatkan kuali-tas gambar siaran TV yang tertangkap.

Selain TV, ponsel S Nexian FameTV G317 juga menghadirkan fitur lain seperti kamera, audio/video player serta radio FM sebagai fitur hiburan tambahan.

Bagi calon pengguna yang hobi men-cari informasi melalui media internet, S Nexian FameTV G317 sudah dilengkapi dengan network data GPRS plus brows-er native untuk mendukung penggu-nanya berkegiatan di dunia maya. Selain itu, hadir juga beberapa fitur konektivitas tambahan seperti bluetooth dan juga port kabel data USB. *

Mito 336, Cover Penuh Warna dan Headset Cantik

hadir dengan rancangan candybar. Begitu juga dengan papan ketik yang dihadirkan hanya sebatas model konvensional, dengan mate-rial plastik bening. Meski hanya hadir dengan bentuk rancangan yang standar, Mito 336 mencoba menarik perhatian para calon peng-gunanya dengan menawarkan pilihan warna cover. Mito 336 menawarkan beberapa pilihan warna yang cukup cantik, yaitu biru, pink, merah dan hitam.

Selain menghadirkan rancangan seder-hana dalam balutan cover penuh warna, Mito 336 juga mencantumkan tambahan aksesori berupa headset yang sesuai dengan warna sesuai cover. Berbeda dengan headset milik Mito 720 yang merupakan model wireless bluetooth, headset yang ditawarkan Mito 336 hanya sebatas headset dengan jack audio 3.5 mm sebagai sarana koneksi ke ponsel.

Dalam hal fitur yang ditawarkan, ponsel dual SIM dual stand by, Mito 336 menawar-kan beberapa fitur hiburan seperti MP3/MP4 player, radio FM dan kamera VGA dengan kemampuan rekam video. Mito 336 tidak menyediakan tombol pilihan telepon sesuai kartu SIM seperti yang ditawarkan banyak ponsel dual on lainnya. Namun, kemungkinan terdapat opsi untuk memilih kartu SIM yang akan digunakan untuk menelepon.

Untuk fitur tambahan lain, Mito 336 menawarkan

fitur pengingat waktu sholat, aplikasi jejaring sosial dan

link news feed. Sementara

untuk kanal datanya, Mito

336 mengandalkan jalur GPRS. *

Page 8: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

REVIEW8 27 Juli - 2 Agustus 2012

S Nexian, salah satu vendor yang cukup gencar menghadirkan produk baru di Indonesia kini siap “mengganggu” dominasi ponsel berbasis Android. Vendor lokal ini telah merilis sebuah produk baru yang cukup terjangkau bernama S Nexian Energy A850.

Fitur unggulan serta spesifikasi apa saja yang ditawarkan oleh ponsel Android yang dibanderol dengan harga murah itu?

Salah satu keunggulan yang di-tawarkan ponsel Android S Nexian Energy A850 adalah hadirnya du-kungan jaur data generasi ketiga (3G). Hadirnya 3G dalam ponsel candybar klasik ini menjanjikan pengalaman browsing internet

S Nexian Energy A850

Ponsel Lokal Berbasis Android dengan Harga TerjangkauPONSEL berbasis Android, tampaknya tak selalu didominasi ponsel-ponsel merek terkenal. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya beragam ponsel lokal berbasis Android di pasar ponsel Tanah Air.

yang lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel lain yang hanya didukung dengan EDGE/GPRS.

S Nexian Energy A850 hadir dengan membawa teknologi dual SIM dual standby, layar sentuh seluas 2.8 inci, koneksi Wi-Fi, blu-etooth dan slot memori ekspansi berjenis microSD.

Sementara untuk urusan multi-media, seperti dikutip dari ponsel.org, ponsel tersebut dilengkapi dengan fitur audio/video player, radio FM serta kamera. Selain itu, hadir juga fitur pendukung lain yang cukup menarik seperti GPS plus peta digital Google Maps dan beragam aplikasi social network-ing termasuk chatting. *

Samsung S8530 Wave II

Sensasi Sistem Operasi Asli SamsungSETELAH Samsung Wave S8500 atau

yang dikenal dengan sebutan Wave I tidak jadi dipasarkan resmi di Indonesia, banyak pihak yang kecewa. Untuk itu, Samsung Mobile kali ini langsung menghadirkan gelombang kedua Wave yakni lewat produk Samsung Wave II, atau bisa diidentifikasi lewat seri S8530.

Seperti dikutip dari mobile88, berbeda dengan smartphone Samsung terdahulu, yang biasa mengusung platform Windows Mobile dan Android, Samsung di Wave II mengusung sistem operasi besutan sendiri, yakni Bada.

Dibanding Wave I, di Wave II Samsung melakukan beberapa peningkatan fitur, misalnya pemakaian layar Super LCD dengan resolusi WVGA, kamera 5 Mpix, Wi-Fi, dan GPS. Sistem operasi Bada yang digunakan adalah versi terbaru yakni 1.2 dengan mengoptimalkan antarmuka layar sentuh.

Samsung Wave II mengusung layar Super LCD 16 juta warna. Layar ini berjenis layar sentuh capacitive dan mampu menghadirkan resolusi WVGA (480 x 800 pixels). Dengan menggunakan layar capacitive, layar hanya bisa diakses lewat sentuhan jemari tangan langsung. Berkat bentang layar ukuran yang besar, setiap ikon bisa muncul dengan gambar atraktif plus tulisan berukuran cukup besar sehingga cukup gampang digunakan. Samsung juga membekali layar Samsung dengan UI TouchWiz 3.0, smart unlock, multitouch dan handwriting recognition.

Ponsel ini diilengkapi dua jenis port, yakni micro USB dan audio 3,5 mm yang terletak di sisi atas ponsel. Keberadaan port di sisi atas ini memang cukup memu-

dahkan, meski juga sedikit merepotkan saat terkoneksi dengan laptop menggunakan kabel data. Sementara port lain yang disedi-akan adalah port memori eksternal. Hanya saja karena sifatnya yang tidak hotswap maka port ini hanya bisa digunakan dalam kondisi ponsel off. Ini karena port tersebut terletak di bawah baterai sehingga ketika memasang kartu memori otomatis ponsel dalam keadaan mati.

Dilihat dari tampilannya, Wave II mencer-minkan sebuah ponsel dengan rancangan penampang layar yang cukup lebar, yakni 3,7 inci. Dengan ukuran layar sebesar 49 x 81 mm itu, kesan sebagai ponsel layar sentuh langsung muncul. Tak banyak instru-men yang mengelilingi, hanya ada tombol mengawali dan mengakhiri telepon serta tombol langsung ke menu utama. Dengan bahan material dari metalik pilihan, Wave II terasa tampil maco dan terkesan seba-gai produk premium. Yang menarik adalah di bagian casing belakang tempat lensa. Lensa sengaja dilapisi plastik dengan mem-beri akses bentuk belah ketupat, juga pada lampu flashnya.

Samsung Wave II menyediakan akses internet melalui jaringan data operator dengan kemampuan hingga HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) 3,6 Mbps dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) 2 Mbps. Selain menggunakan jarin-gan operator, kita bisa memakai hotspot Wi-Fi karena Wave II sudah dibekali dengan koneksi ke Wi-Fi 802.11.b/g/n. Browser bawaan yang dihadirkan dilengkapi fasilitas multiple Windows yang memungkinkan kita bisa membuka beberapa halaman website di satu layar.

Senjata utama fitur imaging adalah kamera 5 Mpix. Kamera ini bisa berfungsi sebagai alat potret dan rekam video. Untuk memotret, Samsung menyediakan beragam setting pemotretan mulai dari pemilihan res-olusi maksimal (2.560x 1.920 pixels) hingga pengaturan ISO. Sementara untuk rekam video, Wave II mampu merekam dengan resolusi 720p kecepatan 30 fps (frame per second). Fasilitas kamera ini juga dilengka-

pi dengan geo-tagging untuk memadukan kamera dengan fasilitas navigasi. Semen-tara ketersediaan flash membantu kita saat memotret objek kurang cahaya.

Sebagai ponsel multimedia papan atas, rasanya janggal bila tak ada bekal fitur jejaring sosial. Di ponsel ini, Samsung memberi akses langsung ke berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga IM. Dengan fitur tersebut, kita bisa dengan mudah terakses ke situs jejaring yang kita inginkan. Salah satunya bila kita menggunakan Youtube, video streaming akan tersambung langsung ke situs m.youtube.com.

Hiburan standar segala zaman tapi tetap dibutuhkan adalah FM radio. Di ponsel ini Anda harus mencolokkan headset sebagai antena untuk mengaktifkan fitur ini. Ada beberapa fasilitas yang dimiliki fitur radio FM ini di antaranya adalah auto search-ing saluran radio, rekam siaran radio, dan pilihan penyimpanan radio FM. Pengguna juga bisa mengatur nama default file reka-man sekiranya akan merekam dari satu stasiun favorit kita.

Samsung Wave II menyediakan fasilitas pemutar musik dengan ikon not balok. Dengan sentuhan teknologi DNSE (Digital Natural Sound Engines), suara yang keluar dari speaker Wave II termasuk empuk didengar telinga. Berbagai fasilitas juga melingkupi fitur music player ini seperti pengaturan equalizer, efek, menu musik, daftar putar hingga album. Dengan port musik universal 3,5 mm membuat kita bisa leluasa memasangkan ponsel ini dengan headset stereo berbagai merek.

Untuk koneksi ke perangkat digital lain, disediakan jalur bluetooth dan kabel. Untuk koneksi nirkabel, Anda bisa menggunakan bluetooth versi 3.0 dengan teknologi A2DP. Sementara untuk koneksi kabel Samsung menyediakan port USB v2.0. Untuk koneksi bluetooth, cara setting pairing antar-piranti bluetooth juga mudah, tinggal usap menu setting, konektivitas, dan aktifkan blu-etooth. Ada indikator yang menunjukkan bluetooth berada dalam kondisi aktif. *

Spesifikasi S Nexian Energy A850Jaringan : dual band GSM (900/1800

MHz)/3G WCDMA 2100 MHz & dual on.

Layar : 2.8 inci, TFT touchscreen QVGA.

Transfer data : HSDPA, EDGE, GPRS.

OS : Android 2.2 Froyo.

Kamera : Ada, video recorder.

Memori eksternal : microSD.

Messaging : SMS, MMS, email.

Konektivitas : Wi-Fi, bluetooth, kabel data.

Browser : HTML.

Fitur Lain : Polifonik (MP3),

audio/video player, radio

FM, GPS, Google Maps, Android Market

(Google Play), Apps Planet, calendar,

calculator, alarm, speakerphone.

Baterai : Lithium ion.

Dimensi : 123.9 x 59.8 x 11.8 mmBerat : 135 gramJaringan : GSM quad bandOS : Bada 1.2Prosesor : ARM Cortex A8 1 GHzLayar : Super LCD 16 juta warna capacitive

480 x 800 pixelsMemori Internal : 2 GBMemori Eksternal : micro SD hingga 32 GB GPRS/EDGE kelas 10HSDPA 3,6 MbpsHSUPA 2 MbpsWi-Fi b/g/nKamera : 5 Mpix (2.560 x 1.920 pixels)Baterai : Lithium Ion 1500 mAh

Spesifikasi Samsung GT-S8530

gy A850bandd GSM (9000/188000

z)/3G WCDMA 2100 MHz & dual on.

ncci, TTFFT touuchhsscreen QVGA.

DPAPA, EEDDGGE, GPPPRS.

roiid 2.22 FFroyyo.

vvideoo reecorrdeerr.

oSSD.

S, MMMSS, emaail.

Fi, bluetooth, kaabbbbbbbbbebebebebebebebeebbbbbbbebbbbbbbebbbbbbbebbbbebbbebbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb llll dl dl dal d dal dadal dattta.ta.

ML.

fonnik ((MMPP3),),,

droid MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMaaarkearkearkearkearkearkearkearkerr tt t tt tAnd

caleeeeeennnnnnndndnddddardardardarnnndnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn ,,,et, c

oneeeeeeeee..eeeeee.eeee.eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.eee.eeeeeeeeeeeeeeeeeeepho

umm ioonn.

Page 9: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

REVIEW 9 27 Juli - 2 Agustus 2012

Lenovo IdeaPad Yoga Flip hadir dengan konsep layaknya sebuah UMPC, layar dan key-board dapat dilipat dengan posisi membelakangi dan menjadikan-nya tampil sebagai tablet dengan full layar sentuh.

Lenovo mengklaim bahwa IdeaPad Yoga Flip merupakan tablet pertama yang mengadopsi rancangan flip-and-fold atau balik dan lipat dengan sudut 360 dera-jat, meski sebenarnya teknologi tersebut telah diperkenalkan sebe-lumnya. Sementara nama Yoga terinspirasi dari kemampuan tablet tersebut untuk digunakan dalam berbagai posisi.

Dengan rancangan yang ditawarkan, Lenovo IdeaPad

ADVAN Vandroid T4 sebelumnya telah terdengar di kalan-gan pecinta gadget Indonesia sejak awal tahun ini. Namun, dengan kemungkinan adanya pembatasan jumlah unit produk yang dilepas di pasaran, membuat para calon pembeli merasa kesulitan mencari Advan Vandroid T4 di pasaran.

Seperti dilansir ponsel.org, awalnya tablet Advan Vandroid T4 dikabarkan segera hadir dengan dukungan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Namun, ternyata terdapat kabar lain yang beredar mengatakan bahwa Vandroid T4 versi terbaru akan dirilis vendor dengan didukung Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Harga yang dibanderol untuk Vandroid T4 versi terbaru ini tidak berbeda jauh dari versi pertama yaitu Rp 1,6 jutaan.

Vandroid T4 versi baru tidak hanya hadir dengan dukungan sistem operasi terbaru juga, tetapi tabet tersebut juga akan menawarkan beberapa fitur baru kepada para calon peng-gunanya. New Vandroid T4 disebut-sebut akan hadir dengan membawa fitur seperti face detection atau password dengan gambar wajah, interface baru plus mulit-tab, fungsi modem (tethering) serta kapasitas baterai yang lebih besar yaitu lithium 4.200 mAh.

Untuk performa yang ditawarkan, Vandroid T4 akan men-gandalkan beberapa perlengkapan dengan spesifikasi yang cukup mumpuni seperti layar 8 inci TFT capacitive WVGA, prosesor Arm® Cortex™ A8 1GHz dan dilengkapi memori internal 512 MB RAM + 4 GB NAND Flash. Selain itu, tablet ini juga memiliki beberapa fitur menarik lain yang di antaranya adalah kamera, audio/video player, 3D game, Digital TV, Video HD dan HDMI port. *

Lenovo IdeaPad Yoga Flip

Tablet Berbasis Windows 8PADA ajang CES 2012, Lenovo menghadirkan beberapa produk terbarunya. Salah satu dari beberapa produk andalan Lenovo adalah IdeaPad Yoga Flip yang merupakan kombinasi antara tablet dan ultrabook. Seperti apa fitur dan spesifikasi tablet yang berbasis sistem operasi Windows 8 tersebut?

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Yoga Flip

Yoga Flip hadir sebagai alternatif perangkat portable baru yang memadukan layar sentuh kapasitif 10 poin dengan fungsi serta ben-tuk yang tergolong ramping dari sebuah ultrabook.

Dengan mode monitor berdiri dan membentuk sudut seperti tenda, perangkat tersebut akan memudahkan penggunanya untuk mengakses layar dengan lebih dekat dan nyaman.

Seperti dikutip dari ponsel.org, Lenovo IdeaPad Yoga Flip hadir lebih lebar jika dibanding dengan tablet lain. Hal tersebut disebab-kan oleh rancangannya yang mirip dengan sebuah ultrabook. Tablet tersebut hadir dengan layar IPS 13.3 inci multi-touch den-

gan resolusi 1.600 x 900 piksel untuk tampilan wide angle. Tablet dengan postur ramping tersebut memiliki ukuran ketebalan 16.9 mm dan bobot sekitar 1,47 kg. Sistem operasi terbaru, Windows 8 membuat tablet ini menjadi lebih menarik. Yoga Flip dilengkapi den-gan prosesor Ivy Bridge dari Intel, terdapat dua pilihan prosesor, prosesor Intel Core i3 hingga i7. Versi prosesor tersebut menampil-kan kinerja yang berbeda. Untuk tambahan, tablet tersebut dileng-kapi dengan RAM 8 GB dengan storage 256 GB SSD.

Untuk kenyamanan saat digu-nakan, keyboard tablet ini diran-cang sedikit lebar dan berjarak antar-tombol. Lenovo IdeaPad Yoga Flip dapat digunakan dengan nyaman untuk menikmati file video dan foto-foto yang tersimpan saat pengguna membalikkan keyboard tablet dan membentuknya menjadi tenda. Dalam posisi keyboard membelakangi layar tersebut, keyboard dan touchpad Yoga Flip otomatis akan menjadi non-aktif. *

Huawei Mediapad Siap Berikan Perlawanan Sengit

Prosesor : Qualcomm dual core 1.2 GHz.RAM : 1 GB.Layar : 7” WXGA (1,280 x 800- piksel), touchscreen.

SEBAGAI salah satu tablet 7 inci pertama yang menggunakan Android Honeycomb, Huawei Media-Pad sanggup memberikan perlawanan yang sengit terhadap tablet 10 inci.

Tablet Android biasanya hadir dengan ukuran layar 7 inci dan 10 inci, namun pastinya tablet 10 inci lebih menarik. Bukan berarti layar 7 inci kurang menarik, na-mun justru tablet 7 inci lebih mudah dibawa kemana-mana.

Biasanya tablet 7 inci hadir dengan Android 2.2 Froyo atau 2.3 Gingerbread, namun Huawei MediaPad berbeda karena hadir menggunakan Android Honey-comb.

Huawei MediaPad terlihat biasa dan jika dilihat dari belakang terlihat seperti smartphone HTC dengan uku-ran yang besar. Huawei MediaPad hadir dengan bodi yang dibalut dengan aluminium dan plastik.

Huawei MediaPad memiliki ukuran 190 x 124 x 10.5 mm, lebih nyaman dipegang dibandingkan dengan tablet 10 inci dan juga lebih mudah dimasukkan ke dalam tas.

Huawei MediaPad memiliki bobot yang lebih ringan sekitar setengah dari bobot tablet 10 inci. Tidak ada tombol hardware di bagian depan, hanya ada tombol power dan volume di sebelah kanan. Di bagian bawah terdapat port microUSB, dan port mini HDMI.

Seperti dikutip dari mobile88, Android Honeycomb hadir dengan dukungan USB On-the-go yang me-mungkinkan pengguna menghubungkan perangkat

eksternal seperti

mouse atau keyboard ke tablet. Anda perlu membeli konektor tambahan untuk menggunakan fitur ini.

Meski terbilang kecil untuk ukuran tablet, namun MediaPad hadir dengan spesifikasi yang bertenaga. Huawei MediaPad didukung prosessor dual core 1.2 GHz dan RAM sebesar 1 GB, tablet ini mampu bersa-ing dengan tablet 10 inci yang menggunakan Nvidia Tegra 2.

Kita bisa menonton film dengan resolusi 720p.Huawei MediaPad menggunakan teknologi panel

layar IPS (In-Plane Switching) yang sama dengan yang digunakan Apple iPad. Teknologi ini menawar-kan gambar yang lebih jelas dan tajam, meski masih terlihat gelap bila di bawah sinar matahari.

Layar kapasitif Huawei MediaPad sangat respon-sif tidak ada lag ketika berganti tampilan antar home screen, maupun berubah mode landscape dan portrait.

Tidak ada tampilan yang diubah, semuanya masih asli dari tampilan Android Honeycomb. Hanya ditam-bahkan beberapa aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan Documents to GO.

Huawei MediaPad dilengkapi dengan dual kamera, 1.3 megapiksel di depan untuk video call dan 5 mega-piksel di belakang untuk mengambil foto.

Fitur kameranya menggunakan tampilan yang sama dengan standar Android Honeycomb dan kamera belakang Huawei MediaPad mampu merekam video HD 720p.

Kualitas foto yang dihasilkan bagus, namun sayangnya kameranya tidak dilengkapi dengan LED

flash untuk membantu pencahayaan jika keadaan sedang gelap.

Untuk kemampuan baterai, Huawei MediaPad mampu bertahan hingga 6 jam pemakaian non-stop.

Lebih mudah dibawa ke mana-mana merupa-kan salah satu nilai jual dari Huawei MediaPad, selain hadir menggunakan Android Honeycomb dan prosesor dual core. Meski lebih kecil, namun Huawei MediaPad sanggup memberikan perla-wanan terhadap tablet pada kelas 10 inci. *

Versi Baru Advan Vandroid T4Hadir dengan Dukungan OS Android 4.0 ICS

Spesifikasi Huawei Mediapad :

GPU : Adreno 220.Memori Internal : 6 GB.Konektivitas : 3G, HSPDA, EDGE, GPRS, GSM.Kamera : 5 MP dengan autofocus (depan), 1.3-megapiksel (depan)

Ports/Slots : Micro HDMI out, 3.5 mm audio jack, microSD slot, SIM slot.OS : Android 3.2 Honeycomb.Fitur Lain : A-GPS, digital compass, ac celerometer, USB On-the-go, HTML5, Adobe Flash.Dimensi : 190 x 124 x10.5 mm.Berat : 390 gram.

Display : IPS screen 13.3 inci multi-touch, 1.600 x 900 piksel, wide angle.

Dimension : Ketebalan 16.9 mm/berat 1,47 kg.

OS : Windows 8.

Prosesor : Intel Core i3 hingga i7, RAM 8 GB, storage 256 GB SSD.

Connectivity : USB, Wi-Fi, bluetooth.

Page 10: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

MARKET10 27 Juli - 2 Agustus 2012

GOOGLE telah membeli Sparrow, penyedia perangkat lunak pen-gelola surat elektronik (email) bagi platform Apple.

“Sekarang kami bergabung dengan tim Gmail untuk mewujudkan visi yang lebih besar, yang kami kira dapat kami capai dengan lebih baik bersama Google,” kata kepala pejabat pelaksana Sparrow, Dom Leca di dalam pengumuman yang diposting di jejaring perusahaan tersebut seperti yang dikutip dari Antara.

Tak ada perincian keuangan yang diumumkan. Sparrow menyatakan, aplikasinya akan terus tersedia untuk sementara, tapi mereka tak beren-cana mengeluarkan fitur baru bagi aplikasi Sparrow dalam waktu dekat.

Sparrow menawarkan layanan email, yang secara resmi disebut agen pengguna email. Sparrow adalah program yang digunakan untuk mengakses dan mengelola email pengguna.

Perusahaan tersebut meluncurkan aplikasinya bagi sistem operasi Apple, OS X, pada Oktober 2011 dan aplikasinya bagi sistem operasi bergerak Apple, iOS. Keduanya meraih popularitas dalam waktu singkat karena layanannya yang sederhana dan efisien. *

Penjualan e-Book Melejit pada 2011PENJUALAN e-book menin-

gkat lebih dari dua kali lipat pada 2011, membawanya menjadi sekitar 2,07 milyar dolar AS untuk industri penerbitan AS.

Data dari Asosiasi Penerbit Amerika dan Kelompok Penelitian Industri Buku mengatakan, e-book meningkat dari 869 juta dolar AS pada 2010. Tahun lalu, e-book menyumbang sekitar enam persen dari pendapatan penerbi-tan secara keseluruhan. Demikian dilaporkan AFP yang dikutip dari Antara.

Jumlah e-book juga naik dua kali lipat menjadi 388 juta, dan mewakili 15,5 persen dari buku yang terjual pada sektor perda-gangan, yang berarti fiksi dan non-fiksi untuk orang dewasa dan anak-anak.

Namun, e-book belum meny-usul hardcover tradisional atau novel, yang mewakili sebagian besar pendapatan bersih pener-bit sebesar 11,1 milyar pada 2011.

Keuntungan terbesar untuk e-book datang dalam fiksi dewasa,

di mana ia menyumbang 30 persen dari pendapatan. Angka itu naik 117 persen dan meng-hasilkan 1,27 milyar dolar AS dalam pendapatan tahun lalu.

Secara keseluruhan penjualan untuk industri penerbitan sedikit meningkat pada 2011 sebesar 0,5 persen pada 13,97 milyar dolar AS. Meski penjual buku terbesar Borders bangkrut, yang menutup 500 toko, ritel brick-and-mortar tetap saluran penjualan teratas dengan penjualan 8,59 milyar dolar AS.*

Google Untung Besar dari Iklan ”Online”GOOGLE melaporkan lonjakan

keuntungan kuartal sebesar 2,79 milyar dolar AS, seiring dengan peningkatan pendapatan iklan da-lam jaringan (online), melampaui perkiraan Wall Street.

Keuntungan perusahaan yang berbasis di California itu tumbuh 11 persen pada periode kuartal yang berakhir 30 Juni ketika pendapatan konsolidasi menanjak 35 persen menjadi 12,21 milyar dibanding kuartal fiskal yang sama 2011.

“Google satu-satunya (perusa-haan) yang mempunyai kekuatan pertumbuhan pendapatan sebesar 21 persen, dan kami meluncurkan sejumlah produk-produk menarik baru, khususnya tablet Nexus 7, yang mendapat sambutan hangat dari tinjauan produk (review),” kata Pemimpin Google, Larry Page seperti dikutip AFP dan diberita-kan Antara.

“Kuartal ini juga spesial karena Motorola menjadi bagian dari ke-luarga Google dan kami gembira mengenai potensi untuk mem-produksi perangkat bagus bagi para pengguna,” katanya.

Harga saham Google men-ingkat menjadi 610,45 dolar AS per saham dalam beberapa jam pembukaan bursa yang diikuti peningkatan angka pendapatan. Perusahaan mesin pencari dalam

jaringan itu telah menyatakan secara publik keinginannya untuk mengakuisisi Motorola Mobility untuk menjaga otonomi dalam pertarungan pasar ponsel pintar.

Google mengakuisisi Motorola Mobility dengan nilai 12,9 milyar dolar AS pada Mei sebagai manufaktur ponsel pintar dan perangkat lain yang menjadikan Google mampu bertarung mela-wan Apple.

Perusahaan Page itu juga meraih 17 ribu paten dari akui-sisi Motorola Mobility sehingga menguatkan portofolio patennya dalam pertarungan pasar ponsel pintar dan tablet. Motorola Mobility didirikan pada 2011 ketika sang perusahaan induk, Motorola In-corporated, membagi perusahaan dalam dua entitas unit perangkat produk telekomunikasi geng-gam (mobile), dan divisi layanan keamanan pemerintah dan publik yang dikenal sebagai Motorola Solutions. “Kami sangat gembira akan kesempatan yang kami pu-nya di Motorola,” Kepala Keuan-gan Google, Patrick Pichette.

Sejumlah pemimpin Google mengatakan, Page masih men-jalani penyembuhan dari gang-guan kesehatan tenggorokan yang menyebabkannya tidak dapat ber-bicara. Pelacak industri eMarketer

menyebut pangsa pasar Google akan tumbuh hingga 77,9 persen tahun ini terpaut selisih dari tiga kuartal tahun lalu. Sebagai perbandingan, pasar yang diraih mesin pencari Bing diperkirakan tidak berubah pada tujuh persen.

Google akan meraih satu dari

10 dolar AS belanja iklan tahun ini di Amerika Serikat ketika total pasar mencapai 169,5 milyar dolar AS, menurut eMarketer.

Google juga mendominasi pasar periklanan dalam jaringan bergerak (mobile) di AS, yang dilihat sebagai sumber pendapatan lain perusa-

haan berbasis internet itu.Belanja iklan dalam jaringan

bergerak di AS diperkirakan men-ingkat 80 persen pada 2012 men-jadi 2,61 milyar dolar AS dengan pangsa pasar Google mendekati 52 persen seperti yang diungkap eMarketer. *

Google Beli Sparrow

Page 11: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

HARGA PONSEL 11 27 Juli - 2 Agustus 2012

Page 12: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

HARGA PONSEL12 27 Juli - 2 Agustus 2012

Page 13: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

HARGA PONSEL 1327 Juli - 2 Agustus 2012

Page 14: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

HARGA PONSEL14 27 Juli - 2 Agustus 2012

Page 15: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

APLIKASI 15 27 Juli - 2 Agustus 2012

Memutar Video di Android dengan Aplikasi Mobo Video Player

MUNGKIN para pengguna Android sempat mengala-mi kesulitan untuk memutar suatu berkas video. Secara default, Android menyediakan aplikasi video player bawaan. Namun, jangan merasa puas dengan fitur yang disajikan.

Berikut kami sajikan salah satu video player terbaik yang bisa digunakan di Android.

Developer aplikasi ini tidak bercanda ketika mereka menciptakan sebuah tagline untuk MoboPlayer “Enjoy your video”. MoboPlayer dikhususkan untuk memutar video tanpa banyak kerumitan. Tidak seperti beberapa video player untuk Android, aplikasi ini dapat memainkan semua format video tanpa harus transcode atau convert-ing format. Format external subtitle seperti SRT, SSA dan ASS sangat didukung, seperti built-in subtitle dalam format MKV, MOV dan MPV.

MoboPlayer juga memungkinkan Anda untuk me-nikmati streaming video yang menggunakan HTTP atau RTSP protocol. Aplikasi ini bahkan menunjukkan car-ousel 3D pada tumbnail video. Developer MoboPlayer menginginkan aplikasi ini tidak hanya berjalan dengan baik, tapi juga dapat berjalan pada sebanyak mungkin perangkat. Itulah kenapa mereka menyediakan bebera-pa variasi kode untuk hardware platform tertentu. Anda tidak perlu menginstall kode untuk hardware ponsel.

Berikut merupakan langkah-langkah menggunakan aplikasi tersebut:

Unduh aplikasi Mobo Video Player Free di Playhttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.

mobo.video.player.arm7Setelah men-download, install aplikasi dan buka ap-

likasi. Aplikasi berjalan didahului dengan Screen Splash seperti gambar berikut ini:

Gambar Splash Screen Mobo Video Player.

Pertama kali penggunaan, kita harus melakukan pengecekan berkas video yang kita miliki dengan cara memilih [Menu] [Scan] Seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Gambar pencarian [Scan] berkas video di direktori.

Kemudian akan memilih tempat direktori tempat peny-impanan berkas yang kita inginkan. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar pencarian [Scan] berkas video di suatu direktori.

Setelah berkas sudah selesai dicari oleh aplikasi, akan tersaji berupa tampilan kecil potongan video [Thumbnail] beserta detail dari video yang kita miliki.

Tampilan Thumbnails berkas video.

Ketika kita ingin menjalankan suatu video, tinggal pilih video kemudian pilih menu [Play], tanpa konversi lama, video yang dipilih akan dimainkan seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Gambar pemutaran berkas video.

Apabila kita ingin mengambil suatu potongan gambar di video yang sedang kita jalankan, kita bisa memilih [Menu] kemudian di layar akan muncul pilihan [], seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar pembuatan potongan gambar dari suatu video.

Apabila kita ingin menjalankan video yang lain, bi-asanya aplikasi mengharuskan kita untuk memberhenti-kan video yang sedang kita jalankan, kemudian kembali ke penjelajahan berkas (File Explorer) yang disediakan aplikasi. Di Mobo Video Player, hal ini tidak akan terjadi, sehingga pengguna aplikasi bisa dengan cepat men-jalankan berkas video yang lainnya, dengan cara memi-lih tanda panah di sebelah kanan video, pengguna akan otomatis disajikan list video yang sudah dibaca oleh aplikasi. Dapat ditunjukkan dengan gambar berikut ini:

Page 16: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Selamat menikmati aplikasi Mobo Video Player. Jika ingin menikmati beberapa fitur yang lebih, jangan segan untuk membeli lisensi untuk upgrade ke versi yang Pro. Namun, jika hanya ingin mencicipi, tidak salahnya kita hanya menggunakan yang free version. Selamat mencoba.

Rai SugiarthaSTIKOM Bali

APLIKASI16 27 Juli - 2 Agustus 2012

Gambar pemilihan berkas video.

Ketika ada video, tidak sembarangan orang bisa memutarnya. Mobo Video Player memberikan fitur untuk menyembunyikan suatu video. Ini bisa dilakukan dengan cara memilih video yang akan disembunyikan, kemudian pilih menu [Hide].

Bila pengguna biasa, mereka tidak akan tahu bahwa ada beberapa video yang sengaja disembunyikan. Keti-ka kita ingin memperlihatkan lagi, hanya dengan memilih [Menu] [Show Hidden], maka semua berkas video yang kita sembunyikan akan terlihat kembali. Proses penyem-bunyian video ini akan mempengaruhi dari video player selain Mobo Video Player yang kita miliki, aplikasi lain otomatis tidak akan bisa menjalankan video yang sudah kita sembunyikan dengan Mobo Video Player ini.

Beberapa konfigurasi [Setting] bisa kita lakukan den-gan cara memilih [Menu] [Setting], akan tampak seperti gambar berikut ini:

Gambar setting aplikasi.

Apabila kita ingin keluar dari aplikasi, pilih menu Back kemudian akan keluar dialog konfirmasi seperti gambar ini.

Gambar dialog konfirmasi keluar aplikasi.

Fitur Unik Windows Phone 8

SETELAH memperkenalkan OS Win-dows Phone 7 pada tanggal 21 Oktober 2010 di Eropa, Singapura, dan Ausralia, kini Microsoft memperkenalkan kembali sistem operasi smartphone terbarunya yaitu Windows Phone 8, yang akan dirilis pada akhir tahun 2012. Microsoft pun menggan-deng 4 vendor sebagai mitra khusus yang siap memproduksi Windows Phone 8 yakni Nokia, Huawei, Samsung dan HTC.

Perlu diketahui bahwa Windows Phone menawarkan antarmuka baru dengan ba-hasa desain yang bernama Metro. Namun, itu saja tidak cukup, perusahaan software raksasa ini menjanjikan banyak hal yang lebih baik di Windows Phone 8, yang siap menutupi kekurangan Windows Phone versi 7, yaitu:

Mendukung Prosesor Multi-CoreWindows Phone 8 kini membuka diri

untuk menerima piranti keras (hardware) prosesor multi core. Ia akan mendukung dual core, quad core, dan secara teoritis juga mendukung 64-core. Microsoft juga menyiapkan agar sistem operasinya stabil dalam hal kinerja dan daya tahan baterai.

Tampilan Metro BaruWindows Phone 8 mempertahankan

tampilan antarmuka Metro yang khas den-gan ciri kotak-kotak, seperti bentuk lantai. Namun, ada sedikit perubahan tampilan di Windows Phone 8. Pertama tampilan kotak-kotak itu akan memenuhi seluruh layar. Kedua, tampilan kotak-kotaknya lebih kecil dan ukurannya bisa diperlebar.

Mendukung Tiga Resolusi LayarWindows Phone 8 mendukung tiga

teknologi resolusi layar, yakni WVGA (800×480 pixel), WXVGA (1280×768 pixel) dan True 720p (1280×720 pixel).

Mendukung Penambahan Memori Eksternal MicroSDSelama ini pengguna smartphone Windows

Phone 7 selalu mengeluh karena mereka tidak dapat menambah ruang penyimpanan data. Di Windows Phone 8, smartphone akan menyedi-akan slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data 16 GB, 32 GB, bahkan mendukung hingga 64 GB. MicroSD akan membantu pengguna ketika ingin mentransfer data dari smartphone ke komputer pribadi.

NFC dan “Dompet Mobile”Windows Phone 8 akan mendukung Near Field Com-

munication yang bisa menyediakan layanan dompet online sendiri, serta menawarkan pengalaman membeli suatu

benda dengan smartphone.

Mendekatkan Software Windows ke Windows PhoneMicrosoft akan menggunakan satu platform untuk mendekatkan software Windows ke

Windows Phone. Hal ini dilakukan agar pengembang aplikasi Windows mau membuat aplikasi untuk Windows Phone. Pengembangan sebuah aplikasi untuk Windows Phone 8 bisa dilakukan menggunakan bahasa pemrograman C / C++.

Microsoft akan berbagi banyak kode pemrograman yang digunakan di versi Windows, termasuk sistem file, network stack, model keamanan, pipa media, jaringan dan kode grafis.

Peta DigitalLayanan peta digital Bing Maps yang

sebelumnya digunakan di Windows Phone versi 7, akan diganti dengan Nokia Maps. Keputusan ini menunjukkan hubungan mesra antara Microsoft dan Nokia, karena Nokia Maps akan tetap ada pada smart-phone lain di luar Nokia yang mengadopsi Windows Phone 8.

Dukungan Penuh untuk SkypeMicrosoft akan mengintegrasikan

Voice Over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan atau menjawab panggilan dari aplikasi video call Skype.

Komang BudiartaSTIKOM Bali

Page 17: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Motorola CLIQ with Motoblur, T-Mobile

Kali ini Motorola harus terpuruk lagi, setelah produknya yang bernama Motorola Droid menduduki peringkat kedua, kini giliran Motorola CLIQ with Motoblur yang harus ter-puruk, namun tingkat radiasinya sekitar 1.10 W/kg yang bisa dibilang masih cukup tinggi.

Samsung Mythic (SGH-A897), AT&T

Samsung senasib dengan Motorola, pasalnya ponsel Samsung yang kedua ini masuk dalam daftar 10 ponsel radiasi tertinggi. Bagaimana dengan radiasinya? Radiasinya terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 1.08 W/kg.

Pantech Impact, AT&T

Mungkin Anda baru mendengar merek Pantech. Pasalnya, merek ini bisa dibilang sangat jarang bahkan tidak beredar di Indonesia, namun di luar negeri ponsel ini terbilang cukup populer. Radiasinya tidak terlalu besar, yaitu sekitar 0.92 W/kg.

Motorola Brute i680, Sprint

Kali ini Motorola memang benar-benar terpuruk. Pasalnya, sudah 3 ponsel produknya masuk dalam daftar 10 ponsel

LG Chocolate Touch (VX8575)

Ponsel yang satu ini memiliki fitur yang berlimpah dan desain yang bagus, namun dari kelebihan itu, ada kekurangannya juga yaitu memiliki tingkat radiasi yang terbilang tinggi yaitu 1.46 W/kg.

HTC Nexus One by Google, T–Mobile

Padahal, ponsel ini cukup populer den-gan model yang sangat bagus dan memu-kau. Ponsel ini menggunakan OS Android 2.1 yang bisa di-upgrade ke versi 2.2 (Froyo). Radiasinya juga memukau sekitar 1.39 W/kg.

Apple iPhone 3G S, AT&T

Ponsel ini juga sedang tren seperti BlackBerry. Pasalnya, ponsel ini memiliki fitur-fitur yang banyak, namun radiasi pun juga cukup tinggi sekitar 1.19 W/kg.

Samsung Instinct HD (SPH-M850), Sprint

Kalau di Indonesia mungkin ponsel yang satu ini kurang populer, namun fitur-fiturnya cukup canggih, namun radiasinya sebesar 1.16 W/kg.

APLIKASI 1727 Juli - 2 Agustus 2012

10 Ponsel dengan Radiasi TertinggiBERHATI-HATILAH jika Anda memiliki sebuah ponsel. Pasalnya, belakangan ini banyak ponsel yang memiliki tingkat radiasi yang bisa dibilang cukup tinggi, tidak terkecuali ponsel yang sedang tren saat ini yaitu BlackBerry. Efek dari emisi radiasi ini adalah kesehatan terutama dapat memicu penyakit ganas kanker otak.

radiasi tertinggi. Ponsel ini memang tak dijual di Indonesia, namun fiturnya yang diandalkan adalah anti-air atau bisa dibilang sebagai pon-sel outdoor. Tingkat radiasinya paling rendah dibandingkan 9 ponsel di atas, namun masih tergolong cukup tinggi yaitu 0.86 W/kg.

Untuk itu, kita perlu mewaspadai bahaya penggunaan ponsel secara berlebihan bagi kesehatan. WHO secara resmi menyata-kan, radiasi ponsel yang berasal dari sinyal radio ini bersifat karsinogenik (bisa memicu kanker).

Penyakit dan gejala yang muncul dari gangguan radiasi ponsel meliputi pusing, gangguan tidur, tumor otak, alzheimer, parkin-son, berubahnya fungsi memori, konsentrasi dan kesadaran spasial serta memicu kanker-kanker yang lain.

Untuk mencegahnya, berikut adalah 10 tips menghindari radiasi ponsel:

1) Jangan gunakan ponsel saat sinyal lemah (rendah). Hal ini menyebabkan ponsel bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan kemungkinan radiasi lebih besar.

2) Jangan gunakan ponsel di ruang yang tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi dapat terjadi saat ponsel mencoba mencipta-kan koneksi pada sinyal.

3) Jangan menelepon saat berkend-araan. Berbicara di ponsel sambil bergerak dengan cepat membuat ponsel Anda terus berusaha menciptakan sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.

4) Batasi penggunaan ponsel. Bicara seperlunya dan sebisa mungkin kirimkan text daripada menelepon.

5) Saat ponsel menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh Anda. Badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkan dari anggota badan (termasuk di saku). Terkadang saking besarnya kebutuhan berkomunikasi, sampai-sampai ponsel pun tidur di samping kita. Hal ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan terkena radiasi.

6) Gunakan speakerphone. Jika Anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone merupakan cara terbaik karena memiliki jarak aman dari kepala Anda.

7) Jika menggunakan bluetooth, alihkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini adalah untuk menghindari radiasi yang terkonsentrasi di satu sisi. Radiasi bluetooth tetap berisiko walau lebih rendah dari radiasi ponsel.

8) Gunakan headset ferrite bead. Ferrite bead adalah aksesori ponsel yang berfungsi untuk mengurangi radiasi. Kabel yang ada di alat pendengar di ponsel Anda juga dapat menyalurkan radiasi ke telinga. Dengan menggunakan ferrite bead, Anda dapat mengurangi radiasi tersebut.

9) Gunakan Airplane Mode. Kebanya-kan ponsel sekarang ini memiliki fungsi untuk digunakan di pesawat udara. Airplane mode meniadakan transmisi nirkabel dan menghen-tikan risiko radiasi. Jika Anda tidak meng-gunakan ponsel untuk waktu yang cukup lama, matikanlah atau pilih airplane mode, maka ponsel Anda akan mengkonsumsi energi lebih rendah dan menghemat baterai sehingga penggunaannya lebih efisien.

10) Beli ponsel dengan radiasi rendah. Setiap telepon selular memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi. Untuk itu Anda perlu mencari informasi produk ponsel dengan ra-diasi rendah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, apa pun model ponselnya, selalu patuhi cara penggunaannya dengan benar. Produsen ponsel selalu memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan membawa ponsel agar konsumen bisa mem-batasi paparan radiasi. (dikutip dari http://www.hijauku.com dan http://informersejati.blogspot.com).

Budi AdnyanaSTIKOM Bali

BERHATI-HATILAH jika Anda memiliki sebuah ponsel. Pasalnya, belakangan ini banyak ponsel yang memiliki tingkat radiasi yang bisa dibilang cukup tinggi, tidak terke-cuali ponsel yang sedang tren saat ini yaitu BlackBerry.

Efek dari emisi radiasi ini adalah keseha-tan terutama dapat memicu penyakit ganas kanker otak.

Environmental Working Group (EWG) telah melakukan riset pada sejumlah merek ponsel yang sedang naik daun di Amerika Serikat. Hasil yang didapat dalam daftar ponsel radiasi tertinggi 2010 kebanyakan memiliki fitur yang cukup canggih, juga memiliki radiasi yang cukup tinggi. Selain itu, EWG menobatkan BlackBerry Bold dan Motorola Droid sebagai ponsel dengan radiasi tertinggi.

Berikut adalah 10 ponsel dengan radiasi tertinggi:

BlackBerry 9700 Bold,AT&T, T–Mobile

Ponsel ini menduduki peringkat pertama da-lam daftar 10 ponsel dengan radiasi tertinggi. Padahal, ponsel ini sedang ramai dibicarakan di Amerika dan Indonesia, namun tingkat radiasinya tinggi, yaitu sebesar 1.55 W/kg.

Motorola Droid, Verizon Wireless

Di posisi kedua diduduki Motorola Droid yang memakai OS Android. Berdasarkan data yang dimiliki EWG, ponsel ini memiliki tingkat radiasi yang cukup besar yaitu 1.50 W/kg.

LG Chocolate Touch (VX8575)

Page 18: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

TIPS & TRIK18 27 Juli - 2 Agustus 2012

Mengembalikan File Hilang dengan iCare Data Recovery Enterprise

Pilih flashdisk yang akan dikembalikan datanya, dan klik tombol Recover.

Jika muncul Progress Bar seperti di bawah ini, tunggu sampai proses selesai.

Pilih Partition, klik tombol Show Files, dan tunggu sampai proses selesai.

Setelah muncul tampilan seperti berikut, pilih folder atau file yang akan dikembali-kan kemudian klik tombol Save Files, dan arahkan di folder mana file tersebut akan disimpan.

PERNAHKAH Anda mengalami kehilangan data yang tersimpan di komputer, laptop atau di dalam media penyim-panan eksternal seperti flashdisk, memory card, harddisk portable, dan media penyimpanan lainnya?

Jika data yang hilang hanya sebuah file musik kesukaan Anda, mungkin bukan perkara yang susah untuk mencari file yang sama, dengan membuka Youtube atau membeli di toko

penjual CD musik. Bagaimana jika data yang hilang adalah file untuk ujian

akhir yang harus dicetak hari ini? Anda tidak akan bisa mem-buat ulang dengan waktu satu hari, atau kehilangan foto kenangan pada masa pacaran dengan istri, di mana momen tersebut tidak akan Anda temui lagi.

Kehilangan data dapat disebabkan karena terhapus

(Shift+Delete), atau karena terformat. Berikut adalah bagaimana caranya mengembalikan data pada flashdisk yang terformat dengan menggunakan software iCare Data Recovery Enterprise.

Masukkan flashdisk yang akan dikembalikan datanya ke komputer yang telah terinstall software iCare Data Recovery.

Pilih menu Format Recovery.

Mengubah Tampilan Windows 7 Menjadi Android dengan Android Skin Pack

MENGGANTI tampilan adalah cara yang jitu jika Anda mengalami kebosanan dengan tampilan komputer yang itu-itu saja. Salah satu theme yang menarik untuk Windows 7 ada-lah tampilan Android. Dengan mengubah tampilan komputer Windows 7 Anda menjadi seperti Android, Anda akan serasa memiliki ponsel atau tablet Android.

Cara mengubahnya pun cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan seperti dikutip dari situs aplikasi Android:

Sebagai langkah pengamanan, Anda sebaiknya me-manfaatkan system restore. Hal ini perlu, karena setelah Anda meng-install theme Android ini, Anda akan sulit untuk mengembalikan ke keadaan semula. Anda bisa menonak-tifkan User Acount Control. Selain itu, Anda juga harus me-mastikan bahwa full system backup sudah aktif agar system restore point dapat berjalan.

Berikutnya, Anda harus mengunduh Android Skin Pack, yang bisa di-download dari internet. Di sana, Anda bisa memilih berbagai tampilan Android. Dari Android Gingerbread 2.3, Android Honeycomb 3.1 atau pun Android Ice Cream Sandwich 4.0.

Setelah berhasil mengunduhnya, Anda tinggal meng-install Android Skin Pack tersebut.

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa me-reboot kom-puter Windows Anda jika komputer Windows 7 Anda akan berubah tampilan menjadi Android.

Sebagai informasi tambahan, Android Skin Pack bukanlah sebuah aplikasi yang akan menambah sistem operasi di kom-puter Anda. Jangan berharap setelah Anda berhasil meng-install Android Skin Pack ini, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi Android.

Jika menginginkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Android, Anda perlu sebuah aplikasi tambahan lain yang merupakan sebuah aplikasi emolator Android.

Salah satunya adalah BlueStacks. Namun sayangnya, aplikasi BlueStacks ini masih dalam versi Beta 1. Ketika Anda mencobanya akan sering crash dan tak bisa dijalankan. *

Page 19: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

INFO 1927 Juli - 2 Agustus 2012

SISTEM operasi komputer bersumber terbuka (open source) Linux akan merambah pasar Ultrabook melalui produsen kom-puter, Dell.

Dell seperti dikutip dari laman resminya dan diberitakan Antara, berencana meluncurkan laptop 13 inci berbasis Ubuntu 12.04LTS yang disebut XPS 13, pada musim gugur 2012.

“Dell mengumumkan perluasan tiga inisiatif piranti lunak bersum-ber terbuka dan komputasi cloud yang diformalkan sebagai Project Sputnik,” sebut pengumuman resmi Dell.

Sistem dalam produk berba-sis Ubuntu itu menawarkan para

LG OPTIMUS LTE telah berhasil melewati angka 4 juta unit penjualan secara global. Ponsel ini termasuk salah satu ponsel LG yang paling sukses sampai saat ini, di mana Opti-mus LTE dan LTE Tag sendiri awalnya berhasil dijual di Korea Selatan mencapai 400.000 unit dan membengkak pada bulan Mei mencapai 1 juta unit. Sampai bulan Januari saja, Opti-mus LTE sudah berhasil dijual sebanyak 1 juta unit.

Seperti dilansir GSM Arena, LG juga diketahui akan terus meningkatkan angka penjualan ponsel LTE mereka dengan makin memperluas negara yang akan didatangi. Vendor asal Korsel ini juga tampaknya menemukan perusahaannya be-rada di posisi yang baik dalam pasar LTE yang tentunya akan makin meningkat seiring dengan perkembangan jaringan 4G untuk beberapa tahun ke depan. *

PERUSAHAAN perangkat lunak dan analisis bisnis, SAS, memimpin pasar advanced analytics dengan pangsa 35,2 persen pada 2011, sementara IBM berada di urutan kedua dengan hanya 16,8 persen.

Menurut perusahaan riset IDC, seperti yang diberitakan Antara, SAS juga masuk top five provider dalam berbagai kategori business analytics, seperti perangkat busi-ness intelligence, platform data warehouse, aplikasi performance management, perangkat reporting, hingga supply chain analytics.

“Selama bertahun-tahun, organ-isasi melihat teknologi informasi sebagai penyedot biaya. Persepsi itu kini berubah secara cepat di mana para pemimpin perusahaan menyadari tentang manfaat analyt-ics,” kata Jim Davis, Senior Vice

Aplikasi Anti-Sadap Telepon Kini ”Open Source”

Linux Merambah Ultrabook

APLIKASI pengenkripsi panggilan telepon berbasis sistem operasi Android dari Whisper Systems, RedPhone, menjadi aplikasi bersumber terbuka (open source) dan dapat diunduh se-cara gratis.

“Kami berharap (setelah) men-jadikan RedPhone sebagai piranti lunak bersumber terbuka (OSS) akan memungkinkan akses pada keamanan komunikasi untuk lebih banyak orang

di seluruh dunia,” sebut tim pengem-bang dari Whisper Systems dalam situs resmi mereka seperti yang dikutip dari Antara.

Tim pengembang Whisper Sys-tems juga berharap akan lebih banyak pengembang yang berkontribusi pada RedPhone untuk membuat aplikasi itu lebih baik.

Whisper System menyediakan sum-ber aplikasi RedPhone dan penjelasan

teknis di situs GitHub serta serta daftar alamat surat elektronik untuk pengguna yang ingin terlibat dalam pengemban-gan aplikasi itu.

Aplikasi RedPhone menyediakan mekanisme enkripsi pada panggilan telepon untuk keamanan pembicaraan agar tidak ada pihak lain yang menden-garkan.

RedPhone, sebagaimana disebut da-lam penjelasan resmi Whisper System,

menggunakan nomor selular sebagai acuan sehingga pengguna tidak perlu menggunakan identifikasi lain atau nama akun.

Pada akhir 2011, Whisper System juga telah menjadikan aplikasi pengen-kripsi teks, TextSecure, sebagai pro-gram bersumber terbuka. Pesan-pesan teks yang dikirim dengan TextSecure disimpan dalam basis data terenkripsi di telepon pengguna. *

LG Berhasil Jual 4 Juta Unit Ponsel LTE Secara Global

pengembang layanan solusi klien ke cloud menyeluruh.

Piranti lunak yang tertanam dalam XPS 13 memungkinkan para pengembang membentuk microcloud pada laptop mereka, mensimulasikannya pada skala lingkungan dan meletakkan ling-kungan secara halus ke kom-putasi cloud.

“Project Sputnik merupakan contoh bagus inovasi yang didor-ong karyawan berdasar program inkubasi Dell sehingga men-jadi mungkin,” kata pendukung eksekutif program inkubasi Dell, Nnamdi Orakwue, dalam situs resmi Dell.

Dell XPS 13 merupakan note-

book dengan ketebal-an 6 milimeter (titik tertipis)

hingga 18 milimeter.Pada versi sistem operasi

Microsoft Windows 7, Dell XPS 13 ditawarkan dalam dua pilihan prosesor, Intel Core i5 dan Intel Core i7. *

SAS Pimpin Pasar ”Advanced Analytics”

President dan Chief Marketing Officer SAS.

Dengan angka 35,2 persen itu berarti pangsa pasar SAS pada 2011 naik dibanding 2010 yang hanya 34,8 persen.

Persentase tersebut lebih dari seluruh pangsa pasar vendor ad-vanced analytic yang ada.

Menurut IDC, pada 2011, pasar software business analytics tumbuh sebesar 14,1 persen, yang dipredik-si akan meningkat 9,8 persen pada laju pertumbuhan tahunan hingga tahun 2016.

Hewlett-Packard, menurut SAS, telah menggunakan SAS Analytics untuk menganalisa data terstruktur dan tidak terstruktur.

“Sebagai hasilnya, perusahaan dapat mengetahui wawasan pent-ing dan memperoleh pemahaman

pasar yang berharga secara lebih cepat, sehingga pada akhirnya memberikan keuntungan bisnis bagi HP,” katanya.

“Analisis data publik membantu kami untuk menjawab kebutuhan akan produk secara proaktif dan bahkan mengantisipasi isu dalam call center,” kata Prasanna Dhore, Vice President untuk Global Cus-tomer Intelligence HP.

“Kepuasan pelanggan pada produk-produk yang sudah ada di pasaran meningkat, selain itu kami juga tetap dapat menjalankan produk yang akan datang untuk meningkatkan penjualan. Itu meru-pakan salah satu dari banyak cara yang dapat kami lakukan dalam memanfaatkan SAS Analytics untuk meningkatkan bisnis,” kata Pras-anna Dhore. *

Page 20: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

KOMPUTER20 27 Juli - 2 Agustus 2012

LAPTOP dengan ukuran super tipis tampaknya menjadi tren elektronik terbaru. Jika Apple punya Macbook, Intel dengan Ul-trabook maka AMD memiliki produks serupa berlabel Ultrathin. Belum lama ini Samsung meluncurkan Ultrathin Series 5 di Indonesia.

Seperti dikutip dari mobile88, laptop milik Samsung tersebut merupakan laptop Ultra-thin pertama yang menggunakan prosesor AMD A6 Trinity. Laptop ini pun sebenarnya sudah menyambangi beberapa negara lain. Namun, memang kepopuleran laptop ini belum mampu menyaingi Ultrabook dan MacBook.

Ultrathin Samsung ini menawarkan layar berukuran 13.3 inci dan dilengkapi dengan

HP Luncurkan Laptop Super Elit 2170pHEWLETT Packard Indonesia melun-

curkan komputer jinjing HP EliteBook 2170p yang mereka klaim berkualitas nomor satu di kelasnya untuk menunjang kinerja bisnis.

“Pelanggan kami menginginkan sebuah laptop yang dapat menyelesaikan segala permasalahan bisnis dan teknologi sekaligus pengelolaan data yang baik, “ kata Country General Manager Personal Systems Group HP Indonesia, Danny Lee, seperti diberitakan Antara.

HP EliteBook 2170p merupakan laptop bisnis terkecil dan teringan dengan bobot sekitar 1.31 kg sehingga sangat cocok untuk pekerja aktif dan membutuhkan mobilitas tinggi.

Laptop yang memiliki layar HD 11,6 inci telah lulus uji standar MIL-STD 810G seperti lolos uji getaran, ketahanan debu, ketinggian, temperatur, uji ketahanan ketika dijatuhkan dari ketinggian tertentu.

“HP telah menguji ketahanan jatuh hingga 26 kali dari berbagai sisi karena laptop ini menggunakan material magnesium alloy,” kata Market Development Manager Business Notebook HP PSG Indonesia, Munir Werlin.

Munir mengatakan, laptop itu memiliki sistem keamanan berlapis-lapis dari kata san-di, pemindai jari dan pemindai muka bahkan fitur HP Bios Protection yang dapat memberi-tahu pengguna perubahan-perubahan pada sistem BIOS, mendeteksi kerusakan data dan

serangan, melakukan perbaikan-perbaikan secara otomatis dan mengembalikan sistem pada kondisi semula untuk mencegah kehil-angan data.

“HP hanya satu-satunya produsen yang memberikan keamanan di tingkat BIOS,” katanya.

Laptop itu memiliki baterai yang dapat menyala hingga delapan jam dan kompatibel dengan docking stations sehingga lebih efisiensi.

“Pelanggan bisa menentukan kap-asitas harddisk, memori dan prosesor sesuai kebutuhannya,” katanya. *

Spesifikasi :

Sistem Operasi: Windows® 7 Professional 32, Windows® 7 Professional 64 dan Windows® 7 Home Premium 64

Processor: Intel® Core™ i7-3667U, Intel® Core™ i5-3427U, Intel® Core™ i5-3317U, Intel® Core™ i3-3217U

RAM: 16 GB 1600 MHz DDR3 SDRAM

Storage Internal Drive: HD SATA II (7200 rpm) 320 GB - 500 GB dan Solid State Drive 128 GB - 256 GB

Layar: Layar LED 11.6” diagonal HD anti-glare (1366 x 768)

Audio: SRS Premium Sound PRO

Keyboard: Spill-resistant keyboard and drain; backlit keyboard. *

Samsung Luncurkan Laptop Ultrathin Series 5 dengan Prosesor AMD A6 Trinity

teknologi SuperBright Anti-Reflective. Sama halnya dengan Ultrabook dan MacBook, Ultrathin ini tampil dengan dimensi yang mungil. Tebal maksimum dari Ultrathin hanya 17.6 mm dengan berat 1.52 kg.

Laptop Samsung yang memiliki nomor seri 535U3C tersebut menggunakan prose-sor AMD dual core A6 4465M dengan kece-patan 2.1 GHz. Di dalamnya juga terdapat VGA Radeon HD 7500, RAM DDR3 4GB plus harddisk dengan kapasitas 500 GB. Ul-trathin ini pun diklaim memiliki efisiensi yang tinggi. Dengan baterai 4-cell-nya, Ultrathin ini dikatakan mampu bertahan hingga 6 jam.

Mengenai harga, laptop ters ebut dibanderol lebih murah jika dibandingkan

dengan Ultrabook atau pun MacBook yang dipatok pada kisaran harga Rp 10 jutaan. Ultrathin dari Samsung ini dipatok dengan harga Rp 6,8 juta. Selain itu, terdapat pula seri 535U4C yang memiliki layar 14 inci dengan prosesor quad core AMD A8. *

Laptop Konvertibel dengan Kaca Pelindung Anti Gores dan Multitouch 10 Jari

Fujitsu Lifebook T902

FUJITSU mengumumkan informasi detail tentang produk terbarunya, yakni sebuah laptop konvertibel bernama Lifebook T902. Laptop yang bisa berubah wujud menjadi tablet ini dilengkapi

dengan spesifikasi teknis yang bakal membuat Anda geleng-geleng.

Seperti informasi yang dihim-pun dari situs internet,

pada bagian layar, terdapat layar sentuh framelss

berukuran 13.3 inci HD+ (1.600 × 900 piksel) yang

mendukung multitouch hingga 10 jari. Layar ini dilengkapi dengan

lapisan pelindung Gorilla Glass, anti-glare widescreen display, anti-microbial, spill-resistant keyboard dan trackpad.

Pada bagian prosesor, Anda bisa memilih dua opsi. Opsi pertama Anda bisa menggunakan prose-sor Intel Core i5 atau pun core i7 iVy Bridge (prose-sor intel generasi ketiga). Selain itu, laptop ini juga mendukung RAM hingga 16 GB DDR3-1600 MHz. Anda pun bisa memakai HDD tambahan atau pun baterai ekstra.

Sebagai fitur tambahan, laptop ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pengamanan. Dari dedi-cated slot Smart Card, sensor biometric fingerprint, HDD dan Bios password protection, Computrace support, Intel Anti-Theft dan bahkan sebuah panel sekuriti.

“Fujitsu selalu mengembangkan portofolio mo-bile dengan faktor bentuk yang didesain khusus un-tuk para pekerja,” ujar Paul Moore, Vice President, PC Product Marketing and Product Management Fujitsu America seperti dikutip dari Softpedia. *

Page 21: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

KOMPUTER 2127 Juli - 2 Agustus 2012

SAMBIL menunggu harga produk ultrabook menjadi lebih terjangkau, tak ada salahnya melirik dulu alternatif lain. AMD yang sebelumnya cukup sukses dengan basis Acceler-ated Processing Units (APU) kini melakukan update pada prosesor mereka.

MICROSOFT mengumumkan bahwa sistem operasi generasi berikutnya yang dirancang untuk sebuah dunia yang bergeser dari komputer pribadi ke smart-phone dan tablet akan tersedia pada 26 Oktober.

Bos unit Windows Steven Sinofsky mengungkapkan

ACER Aspire 4750 kini memiliki fitur lengkap seba-gaimana layaknya sebuah notebook mainstream. Apalagi, produk ini hadir sebagai solusi kelas mainstream yang dimo-tori prosesor terbarunya, yakni Intel Core i3 2310M.

Penggunaan prosesor Core i3 2310M pada Aspire 4750 ini, membuat performan-ya pun meningkat cukup jauh pada beragam aspek.

Terutama pada aspek grafisnya, Acer membuktikan

Microsoft akan Luncurkan Windows 8 pada 26 Oktober

tanggal debut Windows 8 pada sebuah pertemuan penjualan. Manajer Komunikasi Microsoft, Brandon LeBlanc mengatakan hal itu dalam sebuah posting blog yang dikutip dari AFP dan diberitakan Antara.

Windows 8 akan tersedia dalam 109 bahasa di 231 pasar

di seluruh dunia. Microsoft telah berjanji untuk membuat sistem operasi baru tersedia pada Agustus untuk pembuat kom-puter, tablet atau smartphone (telepon pintar) untuk dibangun ke dalam perangkat keras. Ini benar-benar kesepakatan terbesar untuk perusahaan ini

dalam setidaknya 17 tahun.

Microsoft me-laporkan bahwa mereka telah menjual lebih dari 630 juta lisensi dari Windows 7, dan kekuatan-kekuatan perangkat lunak itu mayoritas bisnis komputer desktop. Windows 7 go public pada Oktober 2009. Versi terbaru dari sistem operasi itu

adalah norma untuk komputer pribadi juga akan digunakan pada banyak smartphone dan komputer tablet, termasuk milik Microsoft sendiri Surface.

Perusahaan Redmond, yang berbasis di Washington telah menyatakan bahwa Surface tablet akan mencapai pasar ketika sistem operasi Windows 8 tersedia untuk umum.

Windows 8 memungkinkan pengguna mudah untuk meny-impan dan berbagi data pribadi antara berbagai perangkat di bawah layanan komputasi besar Skydrive. Saingannya, Apple dan Google menawarkan layan-an tersebut yang membiarkan orang menyimpan data digital pada server dalam internet dan file akses dari perangkat yang

mereka pilih.Sistem Microsoft baru akan

mendukung lebih luas perang-kat, termasuk smartphone berbasis sentuh dan stylus dan PC tablet serta desktop dan mesin laptop. Versi Windows 8 telah dirancang untuk chip yang digunakan untuk memperkuat berbagai perangkat mobile. Rak-sasa perangkat lunak itu telah mencoba untuk memperluas kehadirannya di pasar-pasar yang sedang booming untuk smartphone dan tablet, yang saat ini didominasi oleh Apple dan Google. *

”Update” Prosesor APU dari AMDLangkah ini memunculkan

CPU E-450, untuk menggantikan E-350 yang disiapkan untuk note-book di entry level. Kini rangkaian notebook berbasis APU Zacate (seri E dengan TDP 18 watt) mulai banyak digunakan, salah satunya pada produk Asus U32U, seperti yang dilansir pada situs resmi Asus.

Dibandingkan E-350 dengan clock 1,6GHz, APU E-450 yang terpasang di notebook ini ternyata hanya unggul tipis dengan clock 1,65 GHz. Kenaikan ini terbil-ang minim, namun prosesor ini ternyata dilengkapi chip grafis Radeon HD 6320 yang cukup cepat (600 MHz) dibandingkan HD 6310 (500 MHz) yang menjadi pasangan E-350. Dengan kompo-sisi ini, diperkirakan peningkatan kinerja akan lebih terasa dalam olah grafis 3D.

Tampilan Asus U32U masih seragam dengan jajaran U3x lainnya yang menonjolkan aspek ramping dengan ornamen yang

serba minimalis. Fasilitas yang tersedia terbilang standar namun sudah memberikan 2 buah port USB 3.0 yang makin populer.

Produk ini dilengkapi dengan cover berbahan magnesium alloy yang kuat namun ringan. Pelapisan bagian palmrest dengan teknologi nano membuat sentuhannya terasa lembut. Ini menjadikan U32U tetap elegan sebagai notebook versi ekonomis.

Dengan harga di kisaran Rp 4 jutaan, semestinya harga U32U terbilang tinggi jika harus berh-adapan dengan notebook entry level berbasiskan Intel Core i3. Namun demikian, dari sisi kin-erja, E-450 memang belum bisa menyamai Core i3, atau bahkan Pentium B940/950 sekali pun yang juga merupakan turunan Sandy Bridge dari Intel

Satu-satunya keunggulan E-450 terletak pada Radeon HD 6320 yang ditandem dalam CPU untuk menggenjot kemampuan grafis menjadi lebih mumpuni.

Dengan begini, notebook ber-basis E-450 bakal menang telak dibandingkan jajaran netbook Atom yang masih mengandalkan grafis Intel onboard.

Bagi yang telanjur fanatik dengan Intel, tentu akan memilih notebook berbasiskan Pentium B940/950. Pasalnya, bila dibandingkan dari sisi harga-kinerja, produk berbasis Pentium B940/950 akan lebih menarik daripada U32U berbasis E-350 ini. Namun, keunggulan grafis di U32U tentu ban-yak membantu manakala

aktivitas grafis 3D lebih domi-nan. Selain itu, CPU ini dileng-kapi teknologi Turbo Core yang bisa meng-overclock satu core sambil menurunkan clock core lainnya tanpa mengorbankan ketahanan baterai. *ade

Acer Aspire 4750 Miliki Performa VGA yang Kencangbahwa performa VGA yang ken-cang, yakni apabi-

la pengguna sering berurusan dengan konversi video, fitur QuickSync pada As-pire 4750, yang tidak dapat ditemui pada notebook dengan prosesor Intel Core i3

terdahulu, akan sangat membantu pengguna.

Di dalamnya ter-dapat 2 core prosesor

yang memiliki fitur hyper-threading (HT). Bedanya,

prosesor baru ini sudah disempurnakan teknologinya untuk mencapai performa lebih tinggi.

Konsumsi dayanya pun dirancang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Selain itu, yang paling penting adalah tersedianya VGA baru di dalam prosesor ini Intel HD Graphics 3000.

VGA baru ini untuk da-pat menjalankan game main-stream seperti Starcraft 2, jajaran game The Sims, dan beragam game online 3D baru lainnya secara lancar.

reenknnsdireater23an a pegk

m

ader

aVa

enii

abbehaac

(

e 4750 kiningkap seba-

nya sebuah stream. Apalagi,r sebagai solusiam yang dimo-rbarunya, yakni 10M.prosesor Core Aspire 4750

erforman-kat

da aspek membuktikan

baVc

la bebonko

iQuipiredapa

bnotebseprose

dahterdaembmemDi d

dapat 2 cdayang memythreading (

Selain itu, sirkuit VGA ini terkoneksi dengan teknologi Intel terbaru, Intel Quick Sync Video, yang menjanjikan performa pengolahan video (transcoding/konversi) yang jauh lebih kencang dibanding-kan pesaing lainnya.

Dari 3 port USB pada Aspire 4750, ada sebuah port USB berwarna biru. USB 3.0 mam-pu mencapai 5 Gbit/s, yakni kecepatan USB 3.0 10x lipat USB 2.0. Tentu saja, kecepa-tan ini bisa dicapai jika peng-guna menggunakan perangkat USB 3.0 yang kencang. *aya

- Prosesor: AMD E-450 (dualcore 1,65 GHz, 1 MB L2 cache) - RAM: 2 GB, DDR3 PC3-10666- Chipset: ID1510 (Hudson M1)- Kartu Grafis: Radeon HD 6320M 384MB- Harddisk: 320 GB SATA II- Optical drive: Tidak ada- Fasilitas: Wi-Fi b/g/n, LAN, card reader (3-in-1), Bluetooth 3.0, USB 2.0 (1), USB 3 (2), VGA-out, HDMI, webcam- Layar: 13,3” resolusi 1366x768 pixel- Kartu Suara: Realtek ALC270- Sistem Operasi: Windows 7 Home Basic / DOS- Baterai: 5600 mAh- Dimensi: 32,8 x 23,9 x (2,2-3,4) cm- Bobot: 1,85 kg.

Spesifikasi Asus U32U:

sukses dengan basis Accelerated Processing Units (APU)skini melakukan update padaprosesor mereka.

(seri E dengan TDPmulai banyak digunsatunya pada produseperti yang dilansiresmi Asus.

Dibandingkan E-clock 1,6GHz, APUterpasang di notebohanya unggul tipis d1,65 GHz. Kenaikaang minim, namun ternyata dilengkapi Radeon HD 6320 ycepat (600 MHz) diHD 6310 (500 MHzpasangan E-350. Dsisi ini, diperkirakankinerja akan lebih teolah grafis 3D.

Tampilan Asus Useragam dengan jalainnya yang menoramping dengan or

Acer Aspire 4750 Mip

Prosesor: AMD E 450(dualcore 1,65 GHz, 1 MB L2 cache)-- RAM: 2 GB, DDRDR3 PC3 PC3 103-10666666- Chipset: ID1510 (Hudson M1)- Ka Kartu rt Grafis: Radeon HD 6320M 384MB

-- Harddisk: 320 GB SATA II-- Op- Op Opticaticatical drl drl drive:ive:ive: TidTidTidak aak aak adadada--- Fasilitas: Wi-Fi b/g/n, LAN, card reader (3-in-1), Bluetooth 3.0,USUSB 2B 2.0 (10 (1) U), USB 3SB 3 (2)(2),,

VGA-out, HDMI, webcam--- La- yar: 13,3” resolusi 1366x768 pixel-- Ka- Karturtu SuarSuara: Ra: Realtealtek Aek ALC27LC2700--- Sistem Operasi: Windows 7 Home Basic / DOS--- BaB- Battterai 5i 5i: 5600600600 AhAhmAh---- Dimensi: 32,8 x 23,9 x (2,2-3,4) cm--- Bobot: 1,85 kg.

p

- Prosesor: AMD E-450

Spesifikasi Asus U32U:

Page 22: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

KOMPUTER22 27 Juli - 2 Agustus 2012

KASPERSKY Lab mengumum-kan peluncuran Kaspersky Security for Mac, solusi keamanan terbaru yang didesain untuk melindungi pengguna komputer Apple dari ancaman yang terus bermunculan. Kaspersky Security melindungi Mac OS X dari ancaman apa pun dengan menggabungkan teknologi keamanan tradisional dengan metode berbasis cloud dan me-nawarkan respons tercepat dari bahaya terbaru. Selain melindungi komputer dari ancaman khusus untuk Mac, solusi terbaru ini juga mencegah menyebarnya malware Windows dan Linux ke komputer lain dan untuk pertama kalinya, menyediakan rangkaian fitur pa-rental control yang efektif, melind-ungi anak-anak Anda dari konten online yang tidak pantas.

Lansekap Ancaman atas Mac: Pertumbuhan Stabil

dengan Kejadian SignifikanMengapa komputer Apple harus

dilindungi dengan solusi yang sesuai yang menawarkan perlind-ungan terbaik di kelasnya meng-hadapi segala jenis ancaman? Kaspersky Lab merasa nilai data pribadi Anda adalah alasan yang paling utama. Seiring meningkat-nya pangsa pasar komputer Apple, perhatian penjahat cyber juga ikut meningkat. Hasilnya adalah makin meningkatnya jumlah program berbahaya yang mengincar Mac, dan tingginya tingkat kejadian ber-bahaya pada komputer Mac yang terus meningkat.

Kejadian terbaru adalah Trojan Flashfake yang telah membuat sekitar 700 ribu komputer Mac menjadi mesin zombie, mesin yang sepenuhnya dikontrol oleh peny-erang. Mengingat pangsa pasar yang (tergantung dari sumber data) mencapai 6 persen sampai

Kaspersky Security for Mac

Siap Hadapi Peningkatan Ancaman pada Mac10 persen untuk komputer Mac, besarnya jumlah komputer yang terinfeksi oleh hanya satu program berbahaya sangat mengkhawatir-kan. Munculnya Flashfake dimulai dari banyaknya online blog yang diretas lalu disusupi komponen berbahaya penjahat cyber. Ketika pengguna Mac mengunjungi blog ini, akan muncul update otomatis Adobe Flash Player, yang terlihat seperti permintaan asli. Namun, paket yang diunduh mengek-sploitasi kerentanan pada software yang diinstal, dan hasilnya adalah epidemik masif.

Reaksi Apple atas ancaman sperti ini di masa lalu adalah den-gan menutup (patch) kerentanan software, namun dua bulan setelah kebocoran ditemukan. Sebelum penutupan (patch) dilakukan, komputer yang beroperasi tanpa solusi keamanan pihak ketiga tetap tentan.

Teknologi Perlindungan Terbaru

Kaspersky Security for Mac menggunakan teknologi perlind-ungan terbaru untuk menghadapi semua jenis ancaman dengan lebih baik, termasuk Trojan, worms, spyware, adware dan keylogger. Modul file scanning aktif saat start-up dan secara otomatis men-scan file baru dan file yang di-update, meminimalkan dampak terhadap sumber daya sistem. Kemampuan untuk mendeteksi dan memblokir malware untuk Mac, Windows or Linux dan mencegah penyebaran objek berbahaya ke komputer lain di rumah atau komputer milik te-man dan rekan kerja.

Database antivirus diperba-rui setiap jam untuk memastikan perlindungan terhadap ancaman terbaru, sementara teknologi keamanan berbasis cloud bereaksi

atas objek berbahaya terbaru dalam hitungan menit. Demi memberikan perlindungan yang lebih baik, Kaspersky Security for Mac kini menyediakan fitur Web Protection yang mendeteksi dan memblokir website berbahaya, website tiruan dan website phising serta memberitahukan setiap anca-man online yang terdeteksi kepada pengguna.

Teknologi anti-phising membuat Mac Anda lebih aman, teru-tama saat Anda menggunakan perbankan online atau layanan pembayaran. Untuk melindungi data rahasia seperti nomor kartu kredit atau kata sandi, Kaspersky Security memperkenalkan Virtual Keyboard. Virtual Keyboard meru-pakan ekstension untuk browser standar Safari dan juga berfungsi untuk Google Chrome dan Firefox. Dengan menggunakan keyboard ini untuk memasukkan informasi penting membuat para penjahat cyber tidak bisa menangkap data tersebut menggunakan keyloggers.

Keyboard akan muncul di layar atas permintaan Anda dan dapat diakses dengan berbagai format kata sandi pada halaman situs.

Parental Control yang Kaya Fitur

Parental control merupakan tambahan terkini dari produk baru Kaspersky Lab untuk Mac, mem-berikan pengalaman online yang aman dan terbatas untuk anak Anda. Orangtua bisa menentukan batas waktu untuk aktivitas internet anak mereka atau menentukan waktu tertentu setiap harinya terkait kapan anak-anak diperbole-hkan online. Kaspersky Security for Mac akan memastikan SafeSearch pada mesin pencari seperti Google selalu berfungsi, memastikan han-ya konten yang sesuai yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Jenis file khusus dapat dibuat agar tidak bisa diunduh ketika anak Anda menggunakan kom-puter. Beberapa situs yang tidak diinginkan juga bisa diblokir, baik

secara manual atau berdasarkan kategori. Selain itu, Kaspersky Security juga memonitor aktivitas jejaring sosial anak Anda seperti Facebook. Fitur ini memungkinkan orangtua memantau dengan siapa sang anak berkomunikasi, dan untuk membatasi kontak tertentu atau bahkan keseluruhan jejaring sosial. Fungsi reporting yang ek-stensif memastikan orangtua selalu tahu kapan dan bagaimana anak mereka menggunakan internet.

Kinerja yang Lebih BaikSecara keseluruhan, Kaspersky

Security for Mac terbaru memberi-kan kinerja dan kegunaan yang lebih baik. Teknologi iSwift buatan Kasper-sky Lab menawarkan file scanning pintar, men-scan hanya item yang dibuat atau dimodifikasi sejak terakh-ir kali dijalankan. User interface yang telah diperbarui, dengan pengaturan yang mudah dimengerti dan semua informasi yang dibutuhkan pada jendela utama membuatnya lebih user-friendly. *yas

PADA 17 Juli 2012 yang lalu, para peneliti dari Kaspersky Lab mengumumkan hasil investigasi gabungan dengan Seculert – perusahaan bidang Advanced Threat Detection – terkait Madi, sebuah kampanye mata-mata

Kaspersky Lab dan Seculert Ungkap Madi sebagai Trojan Mata-mata Cyber Baru di Timur Tengah

cyber aktif dengan target daerah Timur Tengah. Madi, awalnya ditemukan Seculert, merupakan aktivitas penyusupan jaringan komputer yang melibatkan Trojan berbahaya yang disebarkan mela-lui skema rekayasa sosial kepada

target yang dipilih dengan hati-hati. Kaspersky Lab dan Seculert

bekerja sama membuat sinkhole pada server Command & Control (C&C) Madi agar bisa mengawasi aktivitas Trojan ini. Kaspersky Lab dan Seculert mengidentifikasi

lebih dari 800 korban yang ada di Iran, Is-rael, Afghanistan dan negara-negara tertentu di seluruh dunia yang terhubung ke server C&C dalam delapan bulan terakhir. Statistik dari sinkhole mengung-kap bahwa para korban adalah orang-orang yang bekerja di proyek-proyek infastruktur pent-ing di Iran dan Israel, institusi finansial Israel, pelajar teknik dari Timur Tengah dan berbagai badan pemerintah di Timur Tengah yang sal-ing berhubungan.

Selain itu, pemeriksaan atas malware menemukan sejumlah be-sar dokumen dan gambar dengan “pengalihan” isu religi dan politik yang muncul saat awal terjadinya infeksi. “Meski malware dan infrastrukturnya sangat sederhana dibanding Trojan lainnya, pem-buat Madi mampu secara konstan mengawasi korban mereka yang bukanlah orang biasa (high-pro-file),” ujar Nicolas Brulez, Senior Malware Researcher Kaspersky Lab dalam siaran pers-nya.

“Bisa jadi pendekatan amatir dan sederhana ini justru membantu mereka melakukan kegiatan di bawah radar dan tidak terdeteksi,” katanya.

“Yang menariknya, analisa gabungan kami menemukan ban-yak string Persia di seluruh bagian malware dan perangkat C&C. Hal ini tidak biasa terlihat dalam kode berbahaya. Tidak diragukan lagi para penyerang fasih berbahasa Persia,” ujar Aviv Raff, Chief Tech-

nology Officer, Seculert. Trojan pencuri informasi Madi

memungkinkan para pembuat-nya untuk mencuri file penting dari komputer Windows yang terinfeksi, memonitor komunikasi penting seperti email dan instant messages, merekam suara, me-logkeystrokes dan mengambil screenshot dari kegiatan korban. Analisa data menemukan bahwa beberapa gigabit data telah di-unggah dari komputer korban.

Aplikasi dan situs umum yang dimata-matai termasuk Gmail, Hotmail, Yahoo! Mail, ICQ, Skype, Google+, dan Facebook. Pengawasan juga dilakukan melalui sistem ERP/CRMterinte-grasi, kontrak bisnis dan sistem manajemen keuangan.

Sistem antivirus Kaspersky Lab mendeteksi varian malware Madi bersama dengan modul dan dropper terkait, yang diklas-ifikasikan sebagai Trojan.Win32.Madi. *yas

Page 23: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

AKSESORI 2327 Juli - 2 Agustus 2012

PONG, produsen casing ponsel mengeluarkan casing terbarunya khusus BlackBerry seri Curve yang diklaim mampu mengurangi bahaya radiasi ponsel hingga 60 persen. Bentuk casing tersebut tak berbeda dengan casing-casing BlackBerry lainnya.

Seperti dilansir berita teknologi, namun teknologi yang ada di casing tersebut sangat jauh berbeda diband-ingkan casing pada umumnya.

Sistem casing anti radiasi itu hany-

Kualitas Casing Galaxy S III Meragukan?GALAXY S III sering diklaim menjadi

ponsel Android dengan penjualan yang cukup fantastis. Namun, seperti pepatah tiada gading yang tak retak, seiring kepop-ulerannya yang terus meroket, ponsel yang bagaikan tanpa lawan berarti ini, ditimpa lagi berita tidak mengenakkan.

Seperti dikutip dari situs teknoup, sebelumnya sudah terdengar kabar bahwa ponsel ini sempat terbakar. Kasus ini bisa dibilang tidak disebabkan ponsel itu sendiri, karena diketahui ponsel terbakar karena dimasukkan ke dalam microwave yang menurut sumber ditujukan untuk dikering-kan sehabis terkena air.

Kali ini adalah rusaknya casing ponsel. Hal ini diketahui dari beberapa pengguna yang ternyata mengalami hal yang sama. Ponsel yang baru saja dirilis itu dilaporkan mengalami kerusakan di bagian casing

metalik bagian samping, tentunya tanpa menguji coba ponsel dalam bentuk apa pun. Bahkan, beberapa pengguna sempat melaporkan bahwa kerusakan terjadi di be-berapa tempat contohnya saja pada bagian bawah ponsel dan samping.

Samsung sendiri tampaknya sudah mendengar kabar tidak enak tersebut dan berjanji untuk secepat-nya melakukan investigasi terhadap ponsel tersebut dan membantu memperbaiki ponsel yang rusak tersebut.

Mengenai kerusakan yang terjadi akibat kesalahan manufaktur sebelumnya pun sudah kita dengar, di mana Samsung dikabarkan merusakkan 600.000 casing berwarna biru pebble mereka dikarenakan

tidak sesuai standar yang diinginkan. *

BLACKBERRY Visor Mount Speakerphone VM-605 memung-kinkan Anda menikmati panggilan dan musik favorit Anda dari smart-phone BlackBerry Anda dengan kenyamanan dan kualitas suara yang setara dengan kejernihan radio FM. Sangat mudah untuk digunakan.

Seperti dikutip dari berita

BlackBerry Visor Mount Speakerphone VM-605

teknologi, dengan perangkat ini Anda siap untuk mulai membuat dan menerima panggilan hands-free di perjalanan. Dan karena ia mendukung panggilan suara, no-mor ID, dan pemberitahuan agar Anda tahu siapa yang menelepon, Anda dapat tetap berkomunikasi sambil menjaga tangan Anda pada kemudi dan mata di jalan. *

Fitur:

Wireless transmisi melalui sambungan bluetoothMudah untuk dioperasikan.Tipis, desain ultra-ringan.Waktu bicara hingga 13 hrs.Fitur pengurangan kebisingan dan echo teknologi.Bekerja dengan GPS pemetaan aplikasi.Compatible dengan perangkat bluetooth lain.

Pong, Casing Anti Radiasi Khusus BlackBerry

alah mengarahkan sinyal menuju posisi antena penerima sinyal yang ada di Black-Berry sehingga menghindari sinyal radiasi mengarah ke otak. Selama ini seringkali sinyal bocor dan tak mengarah ke antena penerima, akibatnya radiasi sinyal dapat membahayakan kepala pengguna ponsel.

Dengan casing tersebut, sinyal diarah-kan langsung ke antena penerima sinyal sehingga radiasi sinyal tak menyebar di sekitar kepala. Casing keluaran Pong itu baru mendukung BlackBerry Curve 8300, 8310, 8320 dan 8330. *

Vaas VAUSBLS1, Portable USB Sound dengan Daya Speaker hanya 10 Watt

JIKA Anda belum puas dengan men-dandani Notebook Anda pada bagian webcam saja dengan menggunakan webcam Logitech BCC950, kali ini kami memiliki seperangkat audio yang memi-liki kualitas suara yang luar biasa.

Seperti dikutip dari berita teknologi, notebook sendiri memang sudah bisa menghasilkan suara sendiri, tapi biasan-ya banyak yang kurang puas dengan audio bawaan notebook.

Anda bisa menambahkan portable USB sound pada Notebook Anda yang dinamai Vaas VAUSBLS1 yang merupa-kan salah satu portable USB sound yang

memiliki daya speaker 10 watt.Berkat bentuk dan ukurannya yang

unik, Anda bisa dengan mudah bisa me-letakkan Vaas di bagian atas notebook LCD Anda. Portable USB Sound untuk notebook ini menggunakan 3,5 mm ste-reo input, dengan kata lain, Anda tidak bisa menggunakannya untuk headphone jack.

Tidak perlu khawatir soal baterai Portable USB Sound ini, karena Vaas menggunakan tenaga dan audio feed dari laptop. Jika tertarik, Anda bisa memiliki Vaas VAUSBLS1 seharga 14,98 dolar AS. *

Page 24: Gadget-star. balipost. 27 Juli - 2 Agustus 2012

Games24 27 Juli - 2 Agustus 2012

BAMBOOMEDIA menghadirkan aplikasi Bali Green yang merupa-kan game trivia yang berbeda dari biasanya. Temukan 31 tempat unik dan menarik di Bali sebagai pulau tujuan pariwisata yang paling dimi-nati di Asia dan di seluruh dunia.

Kini Anda dapat mengasah pengetahuan seputar wisata Pulau Dewata melalui aplikasi ini. Penjela-san sebuah lokasi pariwisata akan membantu Anda untuk menebak lokasi yang dimaksud. Anda bisa berkeliling Bali dan menambah

Bali Green, Keliling Bali dari Android

PERKEMBANGAN anak merupakan sebuah proses. Mengajari anak mengenal huruf dan bela-jar membaca sebenarnya bermula dari rumah. Pasalnya, rumah merupa-kan sekolah pertama bagi anak. Setiap anak memiliki karakter dan minat yang berbeda, tapi selama prin-sip fun dipraktikkan dalam belajar membaca, pasti si anak selalu merespons dengan baik.

Bamboomedia meng-hadirkan sebuah games edukatif yang dikemas da-lam permainan huruf untuk mempercepat anak belajar membaca. Ada 4 level yang disesuaikan dengan kemampuan (kata dengan 3 huruf, 4 huruf, 5 huruf dan membaca kali-

PENGEMBANG dari game se-rial game Angry Birds yang sangat populer saat ini, Rovio, akan segera merilis game Rovio Amazing Alex pada bulan Juli ini untuk platform iOS dan Android.

Game Amazing Alex memiliki sistem permainan di mana pemain menyusun sejumlah objek untuk membuat sebuah rangkaian/jalur dalam rangka mencapai suatu tujuan akhir. Amazing Alex memi-liki imajinasi yang tidak terbatas,

pengetahuan Anda tanpa harus beranjak dari ruangan.

Gunakan kesempatan kes-alahan sebanyak tiga kali dalam permainan. Gunakan jari Anda untuk menemukan keindahan di seluruh pelosok Pulau Bali dan rasakan kemenangannya dalam sebuah sentuhan. Segera down-load aplikasinya di Android Market (Google Play). Mainkan Bali Green karya team kreatif Bamboomedia ini dan buktikan Anda sudah mengenal Pulau Bali yang indah ini. *yas

Belajar Membaca Kini bisa Cepat, Mudah dan tak Merepotkan Orangtua

mat). Biarkan anak bermain huruf, tanpa disadari anak Anda akan bisa membaca.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yg berhasil dan sangat diminati, dilihat dari sisi jumlah download yang sudah mencapai hampir 50.000 pengguna An-droid. Dari aplikasi ini juga bisa terhubung ke Bamboomedia BM-Kids Online, sebuah mini Facebook untuk edukasi online dan mengenal jejaring sosial sejak usia dini. Anda bisa dapatkan aplikasi ini dengan download gratis di An-droid Market (Google Play). Versi Pro untuk Android, iPad, iPhone

dan Kindlefire akan di-release Bamboomedia pada Agustus

2012. Aplikasi belajar membaca bisa juga didapatkan dalam media CD untuk PC dan Notebook. Sela-mat Mencoba. *yas

Amazing Alex dari Rovio Tersedia untuk iOS dan Android

dengan imajinasinya ini dia dapat menjadi-kan mainan ke dalam petualangan yang seru.

Seperti dikutip dari ligaponsel, game ini akan melatih kemampuan berpikir Anda untuk memecahkan teka teki. Game Rovio Amazing Alex akan membiarkan Anda untuk meran-cang level terbaru dengan meng-

gunakan 35 benda, kemudian mengunggahnya secara online untuk pengguna lainnya yang sama-sama sedang memainkan game Rovio Amazing Alex. *