Complementary and Alternative Medicine

download Complementary and Alternative Medicine

of 23

  • date post

    19-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    28
  • download

    3

Embed Size (px)

description

tugas

Transcript of Complementary and Alternative Medicine

Complementary and Alternative Medicine : Healthy Lifestyledr. Ekorini Listiowati - ekorini_santosa@yahoo.com - 081548528523mahasiswa diharapkan bisa: Menjalaskan apa itu CAM Menjelaskan bagaimana CAM untuk gaya hidup sehat Menjelaskan mekanisme setiap CAMKesehatan HolisticMakanan yang kita makan, udara yang dihirup, latihan yang dijalani, seberapa sering kita teratawa dan menangis, perasaan tentanng keluarga, teman dan kolega yang berhubungan langsung dengan kesehatan.Definisi: Conventional medicine? Traditional Medicine? Complementary and Alternative Medicine? Integrated medicine? Conventional, complementary, alternative medicine Conventional medicine pengobatan barat dengan dilakukan oleh dokter Complementary medicine bersama dengan pengobatan konvensional : akupuntur dan herbal. Alternative medicine pada tempat-tampat kedokteran konvensional Integrated medicine dimaksudkan pada praktik konvensional dan komplementer dimana ada EBM tentang keamanan dan keefektivannyaTraditional Medicine or Complementary and Alternative Medicine Pengobatan tradisional berkaitan dengan penggunaan istilah pada perkembangan negara itu sendiri CAM biasanya merupakan istilah pada negara berkembang. TUJUANUntuk mempromosikan tentang: Physical berhubungan dengan poin biologis Mental psikis yang tenang akan menghasilkan kesehatan yang baik pula Emotional berkaitan dengan psikis Spiritual bila spiritual baik, hati akan lebih tenang, behubungan dengan psikis yang nantinya akan memperkuat poin biologis kitaSehingga menjadi satu kesatuan utuh yang sehat dalam fisik maupun hal lainnya Type of CAM Sistem kesehatan yang menyeluruh massage, akupuntur Mind-body medicine komunikasi antara pikian dan tubuh. Biasanya kita mengenal dengan berdoa. Bisa juga dengan relaksasi, meditasi dan terapi art. Biologically-based practices diet suplemen dan herbal misalnya teh Manipulative and body-based practice menggunakan sentuhan manusia (massage) Energy medicine kekuatan energi tak terlihat dialirkan ke dalam tubuh Kind of CAMTaichi Tai Chi Chuan diartikan sebagai 'Supreme Ultimate Force' Sebagai sesuatu yang mengandung keseimbangan, yin dan yang, atau disiplin 'supreme-ultimate'. Merupakan bentuk latihan bergerak dari yoga dan meditasi. Slah satu tujuan yang diakui dari Tai Chi adalah untuk membantu perkembangan sirkulasi chi pada tubuh Sirkulasi chi ini berhubungan dengan kesimbangan syaraf dan vaskuler.

Salah satu gambaran tai chi. Jadi berupa latihan bergerak.Pada sebuah RCT, tai chi for the prevention of falls: the Central Sydney tai chi trial. Untuk menentukan keefektivan dai latihan dasar tai chi selama 16 minggu, dalam upaya menurunkan tingkst kejatuhsn dan impoving keseimbangan pada orang-orang berumur 60 tahun dan lebih dari itu. Kesimpulan: keikutsertaan sekali dalam seminggu untuk tai chi kelas 16 minggu, bisa mencegah jatuh pada kesehatan yang relatif pada orang tua community-dwelling. Voukelatos A, Cumming RG, Lord SR, Rissel C. Health Promotion Service, Sydney South West Area Health Service, Sydney, Australia. Pubmed, Aug, 2007Health benefits of Tai Chi exercise: improved balance and blood pressure in middle-aged women Everard W. Thornton1,, Kevin S. Sykes2 and Wai K. Tang2 1Department of Psychology, University of Liverpool, UK and 2Centre for Exercise Nutrition Science, Chester College, UK Address for correspondence: Dr E. W. Thornton, Department of Psychology, University of Liverpool, Liverpool L69 7ZA, UK, E-mail: ewt1@liverpool.ac.uk Statistical analyses of blood pressure revealed that the Tai Chi group had a significant decrease in both systolic (F = 48.6; p < 0.001; mean decrease = -9.7 mmHg; range = -7.0 to -12.4 mmHg) and diastolic blood pressure (F = 65.6; p < 0.001; mean decrease = -7.5 mmHg; range = -6.0 to -9.0 mmHg). No changes in blood pressure were evident for the control group.A randomised controlled trial of Tai Chi and resistance exercise on bone health, muscle strength and balance in community-living elderly people to examine the effects of Tai Chi (TC) and resistance exercise (RTE) on bone mineral density (BMD), muscle strength, balance and flexibility in community living elderly people. the beneficial effects of TC or RTE on musculoskeletal health are modest and may not translate into better clinical outcomes. Qigong sebuah latihan yang berasal dari Jepang. Dimana merupakan kombinasi. Qi : energi vital tubuh dan Gong kemampuan memanfaatkan Qi. Terdiri dai : meditasi, gerakan fisik dan latihan pernafasan. Medical Qigong : Internal (self healing) manyembuhkan diri sendiri Eksternal (healing another people) ilmu yang digunakan untuk menyembuhkan orang lain.

Qigong and the immune system Dr. Higucchi, pada artikelnya "Endocrine and Immune Response During Qigong meditation" (Journal of International Society of Life Information Scince Vol.14, No.2, 1996), melaporkan beberapa test yang dilakukan pada 2 kelompok. Kelompok Qigong dengan latihan minimal 1 bulan, dan kelompok kontrol dengan tidak melakukan Qigong. Setiap orang akan di cek kadar endorfinnya sebelum, selama dan setelah meditasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan pada orang dengan latihan Qigong menunjukan adanya peningkatan kadar endorfin. Namun, mekanisme sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. eta-endorfin merupakan salah satu peptide yang terbentuk paling banyak dari tirosin (salah satu asam amino). Struktur molekulnya sangat mirip dengan morfin hanya saja reaksi kimianya berbeda. Beberapa ahli menemukan bahwa beta-endorfin dapat mengaktifkan sel NK dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan sel kanker.Yoga Berasal dari India. Instrumen kundalini yang asli adalah adi kundalini, Chakras, Nadis dan berhubungan dengan dewa-dewi di Vitara Instrumen kundalini pada manusia adalah refleksi dari instrumen original Kundali di Vitara Semua kejadian pada skala mikro yang dapat dipahami dengan baik melalui instrumen Kundalini seperti Kundalini, Chakras, Nadis dan aspek-aspek dalam kejadian manusia dan Vitara.Randomized controlled trial of yoga and exercise in multiple sclerosis NEUROLOGY 2004;62:2058-2064 2004 American Academy of Neurology Sebjek dengan MS yang mengikuti kelas yoga selama 6 bulan maupun kelas olahraga menunjukan perbaikan yang signifikan pada pengukuran kelelahan dibanding dengan kelompok kontrol. Tidak ada perbaikan relatif terhadap fungsi kognitif pada dua kelompok.Yoga for Pain Management Teknik yang paling baik untuk managemen nyeri adalah sengan yoga pernafasan, relaksasi dan meditasi. Gerakan utamanya adalah mengalihkan pikian dari nyeri, mengurangi ketegangan tubuh dalam bereaksi terhadap nyeri dan memberikan kesempatan untuk "bergerak melalui" rasa sakit bukan melawannya sehingga kehilangan dengan dampak penuh. Dengan membantu pusat nyeri di otak untuk meregulasi mekanisme gate-control yang berada di medula spinalis dan mensekresi natural painkiller dalam tubuh. Latihan pernafasan pada yoga juga bisa memminimalisir nyeri. Karena otot cenderung berelaksasi ketika ekspirasi dan memperpanjang waktu ekspirasi bisa membantu relaksasi dan mengurangi ketegangan.Randomized Controlled Trial of Yoga Among a Multiethnic Sample of Breast Cancer Patients: Effects on Quality of Life Journal of Clinical Oncology, Vol 25, No 28 (October 1), 2007: pp. 4387-4395 2007 American Society of Clinical Oncology Pengaruh Yoga berbeda pada setiap pasien kanker payudara dengan tterapi medis berbeda. Pada pasien dengan kemo, yoga meningkatkan kesejahterraan emosional (emosi yang baik), dan mood. Dan mungkin sedikit menaham terjadinya deterioration baik dalam semua aspek maupun kualitas hidup tertentu. Meditation

Aromatherapy Sebuah sistem yang membantu tubuh sembuh sendiri dengan memanfaatkan sifat fisik dan emosional dari ekstrak tumbuhan aromatik. Substansi ini bisa digunakan dalam jumlah yang berbeda, misalnya untuk pemijatan, untuk obat luar, obat dalam, untuk mandi atau berendam, sebagai pengharum ruangan dan aroma makanan.The physical effects of massage has proven benefits: Diketahui bisa merubah kadar endorfin dan natural painkiller. Kadar hormon menunjukan perubahan Kekentalan daran menuun karna efek drainase limfatik. Otot berespon terhadap latihan fisik, dan spasme otot bisa dicegah bahkan disembuhkan. Sirkulasi perifer yang buruk bisa diperbaiki. Sensor sentuhan dikulit bisa dipengaruhi dan akan diteruskan ke otak. Aliran energi tubuh bisa distimulai pijatan pada titik-titik yang sama dengan akupuntur.

Music therapyAcupuncture Nerve-Reflex Theory : "Viscera-Cutanous Refelx", "Cutanous -Viscera Reflex". Teori gate control nyeri Endorphin : stimulasi pada akupuntur dapat memicu pengeluaran endorfin pada CNS Implicit Order of "X-Signal System" : bio-informational system or "X-Signal System" Penelitian terakhir menunjukan bahwa akupuntur menstimulasi hipotalamus pada otak manusia dan menginduksi beta-endorphins yang mempengaruhi jalur saraf dan kontrol nyeri. Mempraktekan Qigong mempunyai efek pelepasan beta-endorphins, seperti halnya akupuntur. Ini menjelaskan efektivitas Qigong pada terapi-terapi nyeri kronis.

Konsep biomolekular akupuntur: Titik akupuntur merupakan tempat diberikan stimulus primer yang akan mengaktifkan sel-sel di daerah tersebut untuk melepaskan mediator kimia, kejadian ini disebut konsep biomedical messenger. Meridian merupakan jalur spesifik yang menghubungkan titik akupuntur dengan organ. Rangsangannya akan menimbulkan arus elektron yang akhirnya diteruskan ke organ target melalui sinyal intraselule, dinamakan konsep intercellular signaling. Organ merupakan tempat terminal efek dari rangsangan terhadap titik akupuntur dimana jika fungsi organ turun maka akan terrjadi stimulasi sebaliknya jika fungsi organ berlebihan akan trjadi supesi. Ini disebut konsep stimulasi dan supresi.

Contoh akupuntur, dimana pada gambar kanan merupakan akupuntur modifikasi dengan aliran listrik, disebut juga elektropuntur.

Nociceptive Pat