BORANG BARANG

download BORANG BARANG

of 127

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    86
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of BORANG BARANG

PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN BUKU IV BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI DARI BUKU IIIA) : DIISI OLEH MANAJEMEN TINGKAT MENENGAH POLITEKNIK CREATINDO MANOKWARI

BORANG PROGRAM POLITEKNIK IDENTITAS PROGRAM POLITEKNIK

Program Studi (PS) Jurusan/Departemen Fakultas Perguruan Tinggi Nomor SK Pendirian (*) Tanggal SK Pendirian PS Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS Bulan Dan Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS Nomor SK Izin Operasional Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir Nomor SK BAN-PT Alamat PS

: : : : : : : : : : : :

No. Telepon PS No. Faksili PS Homepage dan E-mail PS

: : :

(*) : lapirankan fotocoppy SK terakhir

1

IDENTITAS PENGISI BORANG PROGAM POLITENIK Nama NIDN (*) 1. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan Nama NIDN (*) 2. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan Nama NIDN (*) 3. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan Nama NIDN (*) 4. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan Nama NIDN (*) 5. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan Nama NIDN (*) 6. Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : : :

2

Table yang perlu diisi oleh Program Politeknik

No.

Nama Dosen Tetap Jabatan Akademik Gelar Akademik

NIDN (*)

Tanggal Lahir

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT

Bidang Keahlian Untuk Setiap Jenjang Pendidikan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

3

STANDAR 1. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian 1.2. Menjelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

4

1.3. Visi

5

1.4. Misi

6

1.5. Tujuan

7

1.6. Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

8

1.7. Sosialisasi Uraian upaya penyebaran/sossialisasi visi, misi dan tujuan program study serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

9

STANDAR 2. TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU 1.1. Sistem Tata Pamong System tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsure, fungsi dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tata cara pemilihan kepemimpinan etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan system penghargaan dan sangsi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan politekniko). System Tata Pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus di formulasikan, di sosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas. Uraikan secara ringkas system dan pelaksanaan tata pamong deprogram studi untuk membangun system tatapamong yang kredibel, transparan, akuntable, bertanggung jawab dan adil.

10

1.2. Kepemimpinan Kepemimpinan efektif mengarahakan dan mempengaruhi perilaku semua unsure dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasika visi yang realistic kredibel, serta mengkomunikasikan visi kedepan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelegtual dan arief bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu member arahan, tujuan, peran dan tugas kepada seluruh unsure dalam perguruan tinggi. Dalam organisasi dan kepemimpinan public. Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi kedalam kegiatan operasional program studi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit didalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan public berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi public. Jelaskan pola kepemimpinan dalam program politeknik.

11

1.3. System Pengelolaan System pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, dalam kegiatan internal maupun external. Jelaskan system pengelolaan program studi serta dokumen pendukungnya.

12

1.4. Penjaminan Mutu Bagaimanakah pelaksanaan penjaminan mutu pada program studi ? Jelaskan.

13

1.5. Umpan Balik Apakah program studi telah melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan melalui umpan dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka? Jika ya, jelaskan isi umpan balik dan tindak lanjutnya. Umpan Balik dari (1) Isi Umpan Balik (2) Tindak Lanjut (3)

Dosen

Mahasiswa

Alumni

Pengguna Lulusan

14

1.6. Keberlanjutan Jelaskan upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi ini, khususnya dalam hal; a. b. c. d. e. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa Upaya peningkatan mutu manajemen Upaya untuk meningkatkan mutu lulusan Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif

15

Jlm. Cln Mhs. Reguler Jlm. Total Mhs Jlm. Lulusan IPK Lulusan Reguler

Jlm. Mhs Baru

Presentase lulusan Reg. dgn IPK

Thn. AkademikTransfer (3) Min Rat Mak < 2,75 2,75 3,50 >3,50 Reg. bukan Transfer Transfer (3) Transfer (3) Reg. bukan Transfer

Daya Tampung

Ikut Seleksi

Lulus Seleksi

Reg. bukan Transfer

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

(13)

(14)

(15)

(16)

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

STANDA 3 KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN

TS

1.1. Profil Mahasiswa dan Lulusan 1.1.1. Tuliskan data seluruh mahasiswa reguler(1) dan lulusannya dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut :

Jlm

16

Catatan : TS : Tahun Akademik penuh terakhir saat pengisian boring Min : IPK Minimum; Rat : IPK Rata-rata; Mak : IPK Maksimum Catatan : 1. Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan diseluruh kampus). 2. Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu. 3. Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentranfers matakuliah yang telah di perolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT

17

1.1.2. Tulislah data mahasiswa non-reguler(2) dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut :

Jlm. Calon Mhs Thn Akademik Daya Tampung

Jlm. Mhs Baru Reguler Bukan Transfer5

Jlm. Total Mahasiswa Reguler Bukan Transfer7

Ikut Seleksi3

Lulus Seleksi4

Transfer(3)

Transfer(3)

1

2

6

8

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

Jlm

18

1.1.3. Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir dibidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga dan seni) Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan (2)

No.

Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional atau Internasional) (3)

Prestasi yang dicapai

(1)

(4)

1.

2.

3.

4.

19

1.1.4. Tuliskan jumlah data mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut: Jumlah mahasiswa Reguler per Angkatan Pada Tahun* TS-6 (2) TS-5 (3) TS-4 (4) TS-3 (5) TS-2 (6) TS-1 (7) TS (8)

Tahun Masuk (1)

Jlm. Lulusan s/d TS (Dari Mahasiswa Reguler) (9)

TS-6

(a)=

(b)=

(c)=

TS-5

TS-4

TS-3

(d)=

(e)=

(f)=

TS-2

TS-1

TS

*Tidak memasukkan mahasiswa transfer. *Catatan : huruf a, b, c, d, e, dan f harus tetap tercantum pada tabel diatas

20

1.2. Layanan kepada mahasiswa Lengkapilah tabel berikut untuk setiap jenis pelayanan mahasiswa kepada mahasiswa PS

No.

Jenis Pelayanan Kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan hasilnya

(1)

(2)

(3)

1.

Bimbingan dan Konseling

2.

Minat dan Bakat (ekstra kurikuler)

3.

Pembinaan soft skills

4.

Beasiswa

5.

Kesehatan

21

1.3. Evaluasi Lulusan 3.1.1. Evaluasi kinerja lulusann oleh pengguna lulusan. Adakah studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna? Tidak ada Ada Jika ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut. Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini.

22

Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut: Nyatakan angka persentasenya (*) pada kolom yang sesuai.

Tanggapan Pihak Pengguna No. Jenis Kemampuan Sangat Baik (%) (1) (2) (3) Baik (%) (4) Cukup (%) (5) Kurang (%) (6) (7) Rencana tindak lanjut oleh Program Politeknik

1.

Integritas (etika dan moral)

2.

Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)

3.

Bahasa Inggris

4.

Penggunaan teknologi infromasi

5.

Komunikasi

6.

Kerjasama tim

7.

Pengembangan diri

Total

(a)

(b)

(c)

(d)

Catat