Biokimia Kelompok 1- Karbohidrat 1A

download Biokimia Kelompok 1- Karbohidrat 1A

of 26

  • date post

    04-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    242
  • download

    0

Embed Size (px)

description

biokima

Transcript of Biokimia Kelompok 1- Karbohidrat 1A

PowerPoint Presentation

KARBOHIDRAT

Kelompok 1 :Tingkat 1A Adi LesmanaFitri Rizki NurezaNursakinah JasminBIOKIMIADefinisiStrukturFungsi

Adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon, Hidrogen dan Oksigen. Di dalam tubuh, karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.Merupakan Biomolekul yang paling banyak ditemukan di alam.Dari namanya molekul yang terdiri dari carbon (C) dan hydrate (air H2O)Mempunyai rumus molekul (CH2O)n untuk monosakaridaDisintesis dari CO2 dan H2O dlm proses fotosintesis

Penggolongan Dan Struktur Karbohidrat

Karbohidrat Dapat Dikelompokkan Menurut : Jumlah Unit Gula, Ukuran Dari Rantai Karbon, Lokasi Gugus Karbonil (-C=O).

1. Monosakarida (terdiri atas 1 unit gula)2. Disakarida (terdiri atas 2 unit gula)3. Oligosakarida (terdiri atas 3-10 unit gula)4. Polisakarida (terdiri atas lebih dari 10 unit gula)Berdasarkan Jumlah Unit Gula Dalam RantaiBerdasarkan Lokasi Gugus (C=O) 1. Aldosa (berupa aldehid)2. Ketosa (berupa keton)Berdasarkan Jumlah Atom C pada RantaiTriosa (3 atom C)Tetrosa (4 atom C)Pentosa (5 atom C)Heksosa( 6atom C)Heptosa( 7 atom C)ketosa ( 8 atom C )

Berdasar kompleksitasnya, dapat dibagi menjadi 3 golongan :Monosakarida karbohidrat tunggal.Oligosakarida karbohidrat yg tersusun dr beberapa monosakarida { 2-10 molekul monosakarida}.Polisakarida karbohidrat yang tersusun lebih dari 10 monosakarida.{gula kompleks yang menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida}

Klasifikasi

Monosakarida atau gula sederhana terdiri dari senyawa yang memiliki sebuah gugus aldehida polihidroksi tunggal atau keton bebas. Kebanyakan kelas umum monosakarida adalah :Aldosa Aldotirosa, aldotertosa, aldopentosa, aldohextosa dan aldoheptosa.Ketosa Ketotriosa, ketotetrosa, ketopentosa, ketohextosa, dan ketoheptosa.

Mereka adalah gula sederhana dan tidak dapat dihidrolisis. Rumus umumnya adalah Cn (H2O) n atau CnH2nOn. Contoh monosakarida adalah Fruktosa, Erithrulosa, ribulosa.

MONOKARIDA DAPAT DIKELOMPOKKAN BERDASAR JUMLAH CARBON PENYUSUNNYA :

nkategori3Triosa4Tetrosa5Pentosa6Hexosa7Heptosa8Oktosa

Oligosakarida menghasilkan 2 molekul monosakarida pada hidrolisis Disakarida.Menghasilkan 3 molekul monosakarida Trisakarida dan 4 molekul Tetrasakarida dan sebagainya. Rumus umum disakarida adalah Cn(H2O) n-1 dan trisakarida adalah Cn(H2O) n-2 dan seterusnya.Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa, maltosa dllTrisakarida adalah Raffinosa, Rabinosa.

Polisakarida dalam bahan makanan berfungsi sebagai penguat tekstur (selulosa, hemiselulosa, pati, dan lignin) dan sebagai sumber energi (pati, dektrin, glikogen, dan fruktan). Polisakarida penguat tekstur ini tidak dapat dicerna tubuh, tetapi merupakan serat-serat (dietary fiber) yang dapat menstimulasi enzim-enzim pencernaan.

Polisakarida merupakan polimer molekul-molekul monosakarida yang dapat berantai lurus atau bercabang dan dapat dihidrolisis dengan enzim-enzim tertentu.Polisakarida adalah gula kompleks dan menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida pada hidrolisis.

Rumus umum (C6H10O5) x.

Contoh homopolisakarida adalah Pati, Glikogen, Selulosa, Pektin.

Struktur Karbohidrat

ADA TIGA JENIS REPRESENTASI STRUKTURAL KARBOHIDRAT:

Struktur Rantai Terbuka.

Struktur rantai terbuka Ini adalah bentuk rantai lurus panjang karbohidrat.

Struktur Hemi-asetal.

Struktur Hemi-asetal Berikut karbon 1 glukosa mengembun dengan gugus -OH dari karbon ke-5 untuk membentuk struktur cincin.

STRUKTUR HAWORTH.

Struktur Haworth Ini adalah adanya struktur cincin piranosa.

SIFAT KARBOHIDRAT

SIFAT UMUM KARBOHIDRAT

Karbohidrat bertindak Sebagai cadangan Energi, Juga Menyimpan bahan Bakar, Dan Zat Antara metabolisme.Ribosa dan gula deoksiribosa membentuk kerangka struktural Dari materi Genetik, RNA Dan DNA.Polisakarida seperti selulosa adalah elemen struktural Dalam dinding Sel bakteri dan tumbuhan.Karbohidrat terkait Dengan protein dan lipid yang memainkan Peran penting Dalam interaksi Sel.Karbohidrat adalah Senyawa organik, Mereka Adalah aldehida atau keton dengan banyak Gugus hidroksil.

Sifat Kimia Karbohidrat

Sifat MereduksiPereaksi FehlingPereaksi BenedictPereaksi Barfoed2. Pembentukan Furfural3. Pembentukan Osazon4. Pembentukan Ester5. Isomerisasi6. Pembentukan Glikosida

TERIMAKASIH1. Biomolekul yang paling banyak ditemukan di alam adalah :

ProteinLipidEnzimKarbohidrat Vitamin

2. Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atomKarbon, hidrogen dan oksigen Karbon dan hidrogenHidrogen dan oksigenHidrogen, oksigen, magnesiumOksigen, karbon dan zink3. Karbohidrat Berdasarkan Jumlah Unit Gula Dalam Rantainya yaitu:

Aldosa dan ketosaTriosa, Tetrosa, Pentosa, Heksosa, Heptosa, ketosaMonosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida Fruktosa, galaktosa, glukosaMaltosa, laktosa, sukrosa

4. karbohidrat yang tersusun lebih dari 10 monosakarida.{gula kompleks yang menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida} adalah..

DisakaridaOligosakaridaPolisakarida MonosakarisaSakarida

5. Kelas umum monosakarida dari Aldosa adalah..Ketotriosa, ketotetrosa, ketopentosa, ketohextosa, dan ketoheptosa.Aldotirosa, aldotertosa, ketopentosa, aldohextosa dan aldoheptosa.Aldotirosa, aldotertosa, aldopentosa, aldohextosa dan aldoheptosa.Ketotriosa, ketotetrosa, ketopentosa, aldohextosa, dan ketoheptosa.Aldotirosa, ketotertosa, aldopentosa, aldohextosa dan aldoheptosa.

6. Air buah, madu, hidrolisis gula tebu, dan inulin adalah sumber atau asal dari heksosa jenis gulaD-Fruktosa D-GlukosaD-MannosaD-GalaktosaD-Maltosa

7. Reaksi yang dihasilkan dari disakarida ini yaitu mereduksi gula, membentuk osazon dengan fenilhidrazin, dapat diragi, serta dapat dihidrolisis menjadi D-glukosa adalah jenis gula. GalaktosaMaltosa SukrosaFruktosaTrehalosa

8. Jenis struktur karbohidrat ini adalah... Struktur HawortStruktur Hemi-Asetal Struktur rantai terbuka Struktur rantai tertutupStruktur cincicn piranosa

9. Berikut adalah sifat umum dari karbohidrat kecuali..Karbohidrat bertindak Sebagai cadangan Energi, Juga Menyimpan bahan Bakar, Dan Zat Antara metabolisme.Ribosa dan gula deoksiribosa membentuk kerangka struktural Dari materi Genetik, RNA Dan DNA.Karbohidrat terkait Dengan protein dan lipid yang memainkan Peran penting Dalam interaksi Sel.Polisakarida seperti selulosa adalah elemen struktural Dalam dinding Sel bakteri dan tumbuhan.Karbohidrat adalah Senyawa organik, Mereka Adalah aldehida atau keton dengan sedikit Gugus hidroksil.

10. Berikut adalah sifat kimia dari karbohidrat adalah, kecuali.Sifat MereduksiPembentukan FurfuralPembentukan OsazonPembentukan kerangka struktural Dari materi Genetik Pembentukan Glikosida