Anging Mammiri 3_Universitas Hasanuddin

Click here to load reader

  • date post

    12-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    20
  • download

    7

Embed Size (px)

description

serfd

Transcript of Anging Mammiri 3_Universitas Hasanuddin

LAPORAN PERKEMBANGAN KENDARAAN

TIM ANGING MAMMIRI 3

DOSEN PEMBIMBINGIr. Nasruddin Aziz, M.Si

ANGGOTA TIMCesar SuwantoAfif Asykar AmirAlfian AkbarMuhammad Miswar Amal SamRudiMuhammad RaisDwiki Rezky Mulyadi

KENDARAANEGRECIF ETANOL

UNIVERSITASUNIVERSITAS HASANUDDIN

DETAIL PERKEMBANGAN KENDARAAN

A.Rangka/ SasisPerkembangan rangka kendaraan saat ini mencapai 90% dan telah memasuki tahap penyelesaian.Ukuran dimensi rangka kendaraan panjang 250 cm, lebar 70 cm, tinggi 100 cm, wheelbase 180 cm, trackwidth depan 110 cm, dan trackwidth belakang 95 cm

B.BodiPerkembangan bodi kendaraan saat ini mencapai 70% dan telah memasuki tahap penghalusan permukaan sebelum dilakukan proses pengecatan dan pemasangan aksesoris.Bodi menggunakan fiberglass dengan ukuran dimensi bodi panjang 275 cm, lebar 120 cm, tinggi 104 cm.

C.EngineEngine yang digunakan adalah mesin motor Honda Karisma dan pada saat ini masih dalam tahap modifikasi.

D.Lampu-lampuUntuk sejauh ini pengerjaan khusus lampu-lampu belum dimulai.

E.Sistem KemudiPerkembangan sistem kemudi kendaraan saat ini mencapai 90% dan telah memasuki tahap penyempurnaan.

F.Sistem PengeremanPerkembangan sistem pengereman kendaraan saat ini mencapai 60% dan akan memasuki tahap pemasangan master silinder, pedal, dan selang penghubung dari master ke caliper cakram.

G.Sistem TransmisiPerkembangan sistem transmisi kendaraan saat ini masih dalam tahap perancangan.H.Perlengkapan dan system keamanan (Safety)Untuk perlengkapan dan sistem keamanan lain selain roll bar hingga saat ini dalam tahap persiapan.

I.Sistem KelistrikanHingga saat ini untuk sistem kelistrikan masih dalam tahap persiapan hingga rangka, bodi, dan beberapa kompenennya telah selesai dikerjakan.MANAJEMEN PRODUKSI

A. Rencana penyelesaian kendaraanTanggal 5-10 September : Instalasi master silinder rem hingga tahap finishingTanggal 5-13 September : Instalasi mesin dan transmisiTanggal 5-20 September : Finishing bodi dan instalasi kelistrikanTanggal 21-10 Oktober : Fit dan proper test. B. Perkembangan kendaraan secara keseluruhan saat ini telah mencapai 50%

PENGUJIAN KENDARAAN

Pengujian kendaraan yang telah dilakukan yaitu pengujian kekuatan rangka dan sistem kemudi. Dari hasil pengujian rangka mampu menahan beban sebesar lebih dari 200 N, sementara untuk sistem kemudi telah berfungsi dengan baik, tinggal dilakukan penyempurnaan agar pengemudi lebih nyaman dalam mengendarai kendaraan.

PERUBAHAN RANCANGAN KENDARAAN

A. Perubahan dimensi kendaraanParameter UkuranRancanganHasil

Panjang Total Kendaraan260 cm275 cm

Trackwidth Depan105 cm110 cm

Wheelbase170 cm180 cm

B. Bentuk bodi kendaraan Perubahan bentuk bodi kendaraan dilakukan karena material yang digunakan (fiberglass) pada pembuatan bodi kendaraan memiliki berat jenis yang besar, sehingga bodi kendaraan secara keseluruhan memiliki bobot yang besar. Oleh karena itu diperlukan modifikasi bentuk bodi kendaraan untuk menghasilkan bobot kendaraan yang lebih ringan. Selain itu, modifikasi bodi ini juga dilakukan dengan memperhatikan segi estetika dan aerodinamika bodi kendaraan.