2012-1-01309-IF Bab3001.doc

74
BAB 3 ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Profil Perusahaan 3.1.1 CV Wijayatama Kosmedik CV Wijayatama Kosmedik berdiri pada tanggal 19 Mei 2004 yang didirikan oleh Bapak Kwok Wie Sioe. CV Wijayatama Kosmedik bergerak di bidang produksi kosmetik dan medical, dimana dengan produk campuran tersebut tidak memillki bahan yang berbahaya untuk dipakai sehingga tidak hanya dapat mempercantik, tetapi juga aman untuk dipakai oleh semua kalangan. CV Wijayatama Kosmedik memiliki tempat produksi dan kantor di wilayah Bekasi di dalam Kompleks Perumahan Taman Harapan Indah Block F/D no 1. CV Wijayatama Kosmedik sampai pada tahun 2012 telah memiliki dua brand produk yaitu Pureglow dan Plaz. Walaupun masih tergolong sebagai pesaing baru, tetapi CV Wijayatama Kosmedik sudah memiliki tempat 67

Transcript of 2012-1-01309-IF Bab3001.doc

126

BAB 3ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM3.1 Profil Perusahaan3.1.1 CV Wijayatama Kosmedik

CV Wijayatama Kosmedik berdiri pada tanggal 19 Mei 2004 yang didirikan oleh Bapak Kwok Wie Sioe. CV Wijayatama Kosmedik bergerak di bidang produksi kosmetik dan medical, dimana dengan produk campuran tersebut tidak memillki bahan yang berbahaya untuk dipakai sehingga tidak hanya dapat mempercantik, tetapi juga aman untuk dipakai oleh semua kalangan. CV Wijayatama Kosmedik memiliki tempat produksi dan kantor di wilayah Bekasi di dalam Kompleks Perumahan Taman Harapan Indah Block F/D no 1.

CV Wijayatama Kosmedik sampai pada tahun 2012 telah memiliki dua brand produk yaitu Pureglow dan Plaz. Walaupun masih tergolong sebagai pesaing baru, tetapi CV Wijayatama Kosmedik sudah memiliki tempat di hati kalangan konsumen. Hal ini sangat positif bagi perkembangan dan prospek perusahaan kedepannya.

Pureglow adalah brand pertama dari CV Wijayatama Kosmedik yang juga merupakan brand terbesar dari CV Wijayatama Kosmedik. Pureglow dibuat bersamaan dengan CV Wijayatama Kosmedik didirikan. Daerah distribusi Pureglow sudah melingkupi wilayah di pulau Jawa, Padang, Palembang, Lampung dan masih akan memperluas daerah distribusi kedepannya dengan tujuan mempunyai jalur distribusi sampai seluruh wilayah Indonesia.

Berikut adalah tonggak tonggak sejarah CV Wijayatama Kosmedik :

19 Mei 2004 - didirikannya CV Wijayatama Kosmedik dengan brand pertamanya yaitu Pureglow.

25 Februari 2005 - membuka cabang di Surabaya.

18 November 2005 - membuka cabang di Bandung.

10 Januari 2006 - membuka cabang di Yogyakarta.

11 Maret 2007 - membuka cabang di Palembang.

24 September 2007 - membuka cabang di Lampung.

11 Maret 2009 - kantor pusat dipindahkan ke Bekasi.

27 November 2011 - membuat brand baru yaitu Plaz.3.1.2 Visi dan Misi

Berikut adalah visi perusahaan CV Wijayatama Kosmedik, yakni :

Menjadi produsen kosmedik terbaik di Indonesia dengan tetap selalu membuat produk yang menggabungkan antara kosmetik dengan medical sehingga dapat dipakai oleh banyak kalangan.Berikut adalah misi perusahaan :

1. Membuat produk yang aman dari bahan kimia yang berbahaya bagi konsumen.

2. Meningkatkan mutu pelayanan kosmetik sehingga dapat membantu menambah kecantikan konsumen.

3. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

3.1.3 Struktur Perusahaan

Gambar 3.1 Struktur Perusahaan CV Wijayatama Kosmedik3.1.4 Job Description

A. Direktur

Bertugas sebagai decision making di perusahaan.

Melakukan review laporan dari Bagian Marketing dan Accounting setiap bulan.

B. General Manager

Bertugas untuk merekrut Karyawan atau Karyawati baru.

Membuat strategi pemasaran.

Mengawasi kinerja Karyawan.

Menjalin hubungan dengan Customer.

Menjaga kualitas perusahaan.

C. Sales Manager

Bertanggung jawab atas aliran distribusi produk.

Melakukan promosi produk.

Menentukan outlet-outlet yang dijadikan tempat penjualan produk.

Memenuhi strategi pemasaran perusahaan.

D. Product Manager

Bertugas untuk mengawasi kinerja Staff Produksi.

Bertanggung jawab terhadap development of new product.

E. Staff Produksi

Bertugas untuk membuat produk dan melakukan pengecekan stock bahan baku.F. Accounting Manager

Mengawasi Admin.

Melakukan review laporan yang akan diajukan ke General Manager.

G. Admin

Bertugas untuk mengolah data.

Mengawasi piutang.

Membuat laporan bulanan.

Controlling cash flow.H. Logistic

Bertugas untuk melakukan pengecekan stock barang.

Melakukan request barang ke Bagian Produksi bila stock barang menipis.

3.2 Sistem Yang Sedang Berjalan

Sistem yang bekerja pada saat ini adalah jika outlet ingin memesan barang, maka dia akan memberitahukan kepada Bagian Marketing melalui sms atau telephone, lalu kemudian Bagian Marketing akan membuat PO (Purchased Order) yang diajukan ke Bagian Accounting.

Setelah itu akan dilakukan evaluasi dengan mengecek nilai piutang dan umur piutang dari outlet yang bersangkutan, apabila kondisi piutang baik maka akan disetujui. Lalu Bagian Logistik akan mengecek barang apakah masih tersedia atau tidak. Jika tersedia maka akan dilanjutkan ke Bagian Accounting untuk membuat faktur.

Setelah selesai maka barang akan di kirim melalui Kurir ke outlet yang memesan barang tersebut. Estimasi waktu yang diperlukan untuk pengiriman barang diperkirakan selama 1 hari. Apabila stock barang yang ada di gudang tidak ada atau kurang dari jumlah order-an, maka Bagian Logistik akan memberitahukan kepada Bagian Produksi untuk membuat barang sesuai jumlah order untuk penambahan stock.

Disamping itu, Bagian Logistik juga akan memberitahukan kepada Bagian Marketing bahwa stock barang yang diminta tidak mencukupi atau kurang dari jumlah order, lalu kemudian Bagian Marketing akan memberitahukan kepada outlet bahwa stock barang tidak mencukupi dan di minta untuk menunggu order barang.

Apabila order barang oleh outlet sifatnya tidak urgent dan order-an dalam jumlah yang sedikit, maka outlet harus menunggu hingga barang selesai di produksi sesuai jadwal. Tetapi apabila order barang oleh outlet sifatnya urgent dan order-an dalam jumlah yang banyak, maka produksi barang akan dipercepat untuk selesai dalam 2-3 hari dari waktu order dan akan langsung dikirim ke outlet.

Penagihan akan dilakukan saat TOP (Term Of Payment) yaitu 30 hari dari tanggal faktur dan Bagian Marketing akan datang langsung ke outlet dengan membawa faktur. Apabila outlet telah membayar lunas, maka faktur yang dibawa oleh Bagian Marketing akan diberikan kepada outlet sebagai bukti pelunasan. Tetapi apabila belum lunas, maka faktur akan dibawa kembali oleh Bagian Marketing hingga pelunasan pembayaran.

Kemudian Bagian Accounting akan melakukan rekap laporan setiap bulannya, lalu General Manager akan menerima laporan tersebut untuk diperiksa. Setelah itu laporan akan diberikan kepada Direktur.3.2.1 Flowchart Sistem Yang Sedang Berjalan

Gambar 3.2 Flowchart Sistem Yang Sedang Berjalan

3.2.2 Gambaran Permasalahan

Permasalahan yang dihadapi CV Wijayatama Kosmedik berdasarkan analisis hasil wawancara terdiri dari beberapa hal, yaitu :1. Sistem yang berjalan saat ini masih bersifat manual sehingga menyebabkan pencarian data yang lama, tidak teliti, dan apabila data yang lama (Historical Data) sewaktu-waktu diperlukan maka pencarian datanya menjadi sulit. 2. Tidak memiliki gambaran secara akurat lokasi persebaran outletoutlet di wilayah DKI Jakarta.

3.3 Pemecahan Masalah

Dengan menganalisa dan melakukan pengamatan terhadap sistem yang sedang berjalan saat ini dan juga kekurangan-kekurangan yang terdapat pada sistem tersebut, maka penulis merasa sistem yang paling tepat untuk menangani masalah-masalah yang ada diatas adalah dengan sistem informasi geografis (SIG), antara lain :1. Merancang basis data untuk menyimpan data-data outlet, barang, dan data historical penjualan perusahaan secara terkomputerisasi yang memiliki fungsi pencarian data.2. Merancang sistem informasi geografis, CV Wijayatama Kosmedik agar dapat melihat titik-titik persebaran outlet-outlet di wilayah DKI Jakarta secara akurat dalam peta digital yang didukung dengan data spasial maupun data non-spasial.3.4 Perancangan Sistem3.4.1 Analisis Aplikasi Sejenis

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang memiliki kesamaan dengan aplikasi yang dibuat oleh penulis pada penelitian skripsi ini.

3.4.1.1 Aplikasi Sistem Informasi Geografis PT Pioneer

Aplikasi ini berbasis desktop application, yang memiliki fungsi utama untuk menunjukkan persebaran dealer-dealer PT Pioneer di wilayah DKI Jakarta. Aplikasi ini antara lain memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Dapat menampilkan data spasial dari dealer-dealer PT Pioneer.

2. Memberikan kemudahan dalam melihat serta memanipulasi informasi dealer dari PT Pioneer di DKI Jakarta.

3. Memberikan kemudahan dalam melihat serta memanipulasi informasi transaksi dari PT Pioneer di DKI Jakarta.

4. Buffering sudah dapat langsung dilakukan pada layer yang dinginkan.

5. Dapat melihat semua transaksi yang dilakukan oleh semua dealer maupun melihat transaksi yang dilakukan per-dealer.

Adapun kekurangan-kekurangan yang terdapat pada aplikasi ini, antara lain :

1. Belum dapat memilih lokasi dealer pada peta dan data tersebut ditampilkan pada text box.

2. Fungsi buffering sudah tersedia, tetapi masih terdapat beberapa bug.

3. Informasi yang diberikan masih cukup terbatas.

4. Untuk melakukan input pada data dealer baru masih harus dilakukan dengan manual yaitu dengan memasukkan lokasi pada peta, kemudian harus pula memasukkan data-data pada tabel.

5. Belum adanya fitur print atau cetak pada aplikasi ini.

3.4.1.2 Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pada Perusahaan Federal Express Sebagai DSS (Decision Support System)

Aplikasi ini digunakan sebagai decision support system oleh perusahaan Federal Express dengan tujuan dapat membantu manajemen perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Adapun kemampuan atau fitur-fitur dari aplikasi ini, antara lain :

1. Dapat mencari lokasi tujuan pengiriman barang

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam hal pengiriman barang, maka mencari dan mengetahui lokasi tujuan atau alamat kemana barang tersebut akan di kirimkan dengan tepat merupakan hal yang penting. Dengan mengetahui alamat dengan tepat maka barang akan sampai kepada orang yang tepat pula sehingga mampu menghasilkan kepuasan bagi para konsumen atau pelanggan. Dalam hal mencari alamat atau lokasi pengiriman barang, FedEx memanfaatkan kemampuan SIG yaitu memetakan letak, yang memungkinkan perusahaan untuk mencari dimana letak suatu daerah, lokasi, dan tempat -tempat penting lainnya dipermukaan bumi.

2. Dapat menentukan rute perjalanan untuk pengiriman barang

Federal Express juga memanfaatkan teknologi SIG untuk menentukan rute perjalanan yang akan ditempuh oleh armada pengiriman barang. Pemilihan rute yang tepat dapat membuat barang yang dikirim sampai tepat pada waktunya dan dalam keadaan barang yang masih baik. Selain berhubungan dengan kepuasan konsumen, pemilihan rute juga berperan penting dalam mengurangi resiko kecelakaan kerja bagi para karyawan yang bertugas mengantarkan barang. Hal ini sesuai dengan pernyataan misi dari perusahaan FedEx bahwa keselamatan kerja akan menjadi pertimbangan pertama dalam semua operasi.

3. Dapat memantau proses pengiriman barang

Pemantauan proses pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan untuk tetap mempertahankan performa kerja pengiriman barang agar selalu baik. Dengan teknologi SIG perusahaan dapat memantau perjalanan dalam proses pengiriman barang. Teknologi SIG memampukan perusahaan selalu mengetahui dimana posisi barang, sehingga ketika terjadi hambatan seperti kecelakaan atau hambatan karena bencana alam, maka perusahaan dapat segera mengambil langkah antisipasi untuk menghadapi ketidaklancaran proses pengiriman barang tersebut.

4. Dapat menentukan tempat untuk mendirikan lokasi penurunan barang dan pusat distribusi

Penentuan lokasi penurunan barang dan pusat distribusi haruslah merupakan tempat yang strategis, dimana lokasi tersebut tentunya adalah lokasi yang mudah di jangkau oleh para pelanggan. Perusahaan juga tentunya akan mencari lokasi penurunan maupun pusat distribusi yang dekat dengan lokasi dimana pelanggan tetap berada. Dalam hal ini, SIG membantu perusahaan dengan memetakan kuantitas yang memudahkan perusahaan dalam pengamatan dimana daerah yang paling banyak terdapat pelanggan untuk memanfaatkan jasa pengiriman barang FedEx. Dengan melihat pemetaan ini dapat dicari tempat-tempat yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan dan digunakan untuk pengambilan keputusan pemilihan lokasi penurunan dan pusat distribusi5. Dapat memperkirakan waktu tempuh

Dengan menggunakan SIG perusahaan juga dapat memperkirakan waktu tempuh pengiriman sebuah barang hingga sampai ke tempat tujuan. Perusahaan tidak mungkin memberikan perkiraan waktu dengan sembarangan, karena ketika barang sampai dalam waktu lebih dari yang diperkirakan maka akan menimbulkan kekecewaan pada pelanggan.

3.4.1.3 Aplikasi SIG Untuk Penentuan Lokasi Ideal Gerai Indomaret Di Wilayah Jakarta Barat

Aplikasi ini berbasis desktop application, yang memiliki fungsi utama untuk menganalisa penentuan lokasi ideal gerai Indomaret di wilayah Jakarta Barat. Aplikasi ini antara lain memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Pengidentifikasian objek menjadi mudah dan jelas karena pengguna dapat membandingkan posisi objek yang diamati dengan objek lain disekitarnya.

2. Dapat melakukan pencarian minimarket Indomaret dan minimarket pesaingnya.

3. Perusahaan dapat menempatkan lahan baru untuk minimarket Indomaret yang baru ditempat yang sesuai dan efektif.

Adapun kekurangan pada aplikasi ini, antara lain :

1. Tampilan antar muka yang dimiliki aplikasi ini masih memerlukan beberapa penyesuaian bagi user.

2. Belum ada data atribut yang rinci mengenai masing-masing minimarket Indomaret seperti nama pemilik, omset gerai dan lain-lain.

3. Belum dapat menampilkan rincian sejumlah data atribut seperti nama jalan dan nama kelurahan.

4. Kurangnya data situasi tentang objek seperti foto lokasi dan peta situasi.

Berdasarkan penjabaran diatas mengenai fitur-fitur atau kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi sejenis, maka penulis melakukan perbandingan, dengan hasil sebagai berikut :Tabel 3.1 Perbandingan Aplikasi Sejenis

Fitur \ Nama AplikasiAplikasi Sistem Informasi Geografis PT PioneerAplikasi Sistem Informasi Geografis pada Perusahaan Federal Express sebagai Decision Support SystemAplikasi SIG Untuk Penentuan Lokasi Ideal Gerai Indomaret Di Wilayah Jakarta BaratAplikasi Sistem Informasi Geografis Persebaran Distribusi Produk CV Wijayatama Kosmedik di Wilayah Jakarta dan Bekasi

Menampilkan data spasial

Informasi transaksi

Map Control (coordinates, zoom in, zoom out, zoom to full, previous zoom, next zoom, pan tool, add layer, clear layer, save new layer)

Legend

Search

Titik-titik persebaran

Login

Tambah admin

Data Detil Mengenai Outlet

3.4.2 Hasil Analisis Wawancara

Dengan melihat sistem yang sedang berjalan pada saat ini, maka diperlukan suatu sistem informasi geografis yang dapat meningkatkan kinerja sistem di perusahaan sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam me-monitoring persebaran outlet-outlet-nya, yaitu :1. Adanya suatu sistem informasi geografis yang akan mempermudah dalam menampilkan informasi persebaran outlet CV Wijayatama Kosmedik di wilayah DKI Jakarta baik secara spasial maupun non-spasial.

2. Adanya suatu desktop application yang dapat merepresentasikan secara visual persebaran outlet CV Wijayatama Kosmedik di wilayah DKI Jakarta.

3. Adanya suatu database yang dapat menyimpan data-data informasi secara detail mengenai outlet CV Wijayatama Kosmedik, data barang dan data historical penjualan perusahaan.3.5 Usecase Diagram

Berikut ini adalah usecase diagram dari aplikasi sistem informasi geografis persebaran outlet CV Wijayatama Kosmedik di wilayah DKI Jakarta, yakni :

Gambar 3.3 Usecase Diagram - Admin

Gambar 3.4 Usecase Diagram - User3.5.1 Activity Diagram

Gambar 3.5 Activity Diagram Login

Gambar 3.6 Activity Diagram Tambah Admin (Admin)

Gambar 3.7 Activity Diagram Outlet (Admin/User)

Gambar 3.8 Activity Diagram Tambah Data Outlet (Admin)

Gambar 3.9 Activity Diagram Update Data Outlet (Admin)

Gambar 3.10 Activity Diagram Hapus Data Outlet (Admin)

Gambar 3.11 Activity Diagram Data Barang (Admin)

Gambar 3.12 Activity Diagram Tambah Data Barang (Admin)

Gambar 3.13 Activity Diagram Update Data Barang (Admin)

Gambar 3.14 Activity Diagram Hapus Data Barang (Admin)

Gambar 3.15 Activity Diagram Data Penjualan (Admin)

Gambar 3.16 Activity Diagram Tambah Data Penjualan (Admin)

Gambar 3.17 Activity Diagram Hapus Data Penjualan (Admin)

3.5.2 Class Diagram

Gambar 3.18 Class Diagram3.5.3 Sequence Diagram

Gambar 3.19 Sequence Diagram Add Admin

Gambar 3.20 Sequence Diagram Outlet

Gambar 3.21 Sequence Diagram Master Barang

Gambar 3.22 Sequence Diagram Master Penjualan

Gambar 3.23 Sequence Diagram User3.6 ERD (Entity Relationship Diagram)

Gambar 3.24 Entity Relationship Diagram (ERD)3.6.1 Kamus Data

3.6.1.1 Menentukan Candidate Key dan Primary KeyTabel 3.2 Menentukan Candidate Key dan Primary Key

EntitasCandidate KeyPrimary Key

MsOutletOutletID

NamaOutlet

OwnerAlamatKecamatan

PropinsiTelponPx

PyOutletID

MsBarangBarangIDNamaBarangWarna

Stock

HargaBarangID

HeaderTransaksiTransaksiID

TanggalTransaksiID

DetailTransaksiTransaksiID

BarangID

QtyTransaksiID

BarangID

MsKotamadyaKotaID

KotaKotaID

3.6.1.2 Kamus Entitas Tabel 3.3 Kamus Entitas

Nama EntitasDeskripsiKejadian

OutletLokasi tempat penjualan barang yang di distribusikan oleh CV Wijayatama Kosmedik.Setiap outlet akan menjual barang yang di distribusikan oleh perusahaan.

BarangIstilah umum yang mendeskripsikan barang-barang yang di produksi oleh CV Wijayatama Kosmedik.Perusahaan memproduksi barang.

KotamadyaIstilah umum yang mendeskripsikan wilayah administrasi di DKI Jakarta.Setiap wilayah administrasi memiliki beberapa outlet.

3.6.1.3 Kamus RelationshipTabel 3.4 Kamus Relationship

Entity NameMultiplicityRelationshipEntity NameMultiplicity

Outlet1..*TersebarKotamadya1..1

3.6.1.4 Kamus Atribut

Tabel MsOutlet

Nama tabel = MsOutlet

Deskripsi = Berisi informasi mengenai data-data outletPrimary key = OutletIDTabel 3.5 Tabel MsOutlet

Nama FieldTipe Data dan PanjangKondisiKeterangan

OutletIDChar (10)NOT NULLKode outlet

NamaOutletVarchar (100)NOT NULLNama outlet

OwnerVarchar (100)NOT NULLPemilik outlet

TelponVarchar (15)NOT NULLTelepon outlet

AlamatVarchar (100)NOT NULLAlamat outlet

KecamatanVarchar (100)NOT NULLKecamatan

PropinsiVarchar (100)NOT NULLPropinsi

PxFloatNOT NULLKoordinat x

PyFloatNOT NULLKoordinat y

KotaIDChar (10)NOT NULLKode kota

Tabel MsBarang

Nama tabel = MsBarang

Deskripsi = Berisi informasi mengenai data-data barang

Primary key = BarangIDTabel 3.6 Tabel MsBarang

Nama FieldTipe Data dan PanjangKondisiKeterangan

BarangIDChar (10)NOT NULLKode barang

NamaBarangVarchar (100)NOT NULLNama barang

WarnaVarchar (50)NOT NULLWarna barang

StockINTNOT NULLStock barang

HargaINTNOT NULLHarga barang

Tabel HeaderTransaksi

Nama tabel = HeaderTransaksi

Deskripsi = Berisi informasi data-data transaksi

Primary key = TransaksiIDTabel 3.7 Tabel HeaderTransaksi

Nama FieldTipe Data dan PanjangKondisiKeterangan

TransaksiIDChar (10)NOT NULLKode transaksi

TanggalDATENOT NULLTanggal

OutletIDChar (10)NOT NULLKode outlet

Tabel DetailTransaksiNama tabel = DetailTransaksiDeskripsi = Berisi informasi data-data transaksi secara detailPrimary key = TransaksiID dan BarangIDTabel 3.8 Tabel DetailTransaksi

Nama FieldTipe Data dan PanjangKondisiKeterangan

TransaksiIDChar (10)NOT NULLKode transaksi

BarangIDChar (10)NOT NULLKode barang

QtyINTNOT NULLJumlah barang

Tabel MsKotamadyaNama tabel = MsKotamadya

Deskripsi = Berisi informasi data wilayah administrasiPrimary key = KotaIDTabel 3.9 Tabel MsKotamadya

Nama FieldTipe Data dan PanjangKondisiKeterangan

KotaIDChar (10)NOT NULLKode kota

KotaVarchar (100)NOT NULLKota

3.7 DFD (Data Flow Diagram)

3.7.1 DFD Konteks

Gambar 3.25 Data Flow Diagram Konteks3.7.2 DFD Level Nol

Gambar 3.26 Data Flow Diagram Level Nol3.8 STD (State Transition Diagram)

Gambar 3.27 State Transition Diagram User

Gambar 3.28 State Transition Diagram Help

Gambar 3.29 State Transition Diagram Login

Gambar 3.30 State Transition Diagram List Admin

Gambar 3.31 State Transition Diagram Outlet

Gambar 3.32 State Transition Diagram Master Barang

Gambar 3.33 State Transition Diagram Master Penjualan 3.9 Perancangan LayarBerikut adalah perancangan layar dari aplikasi SIG CV Wijayatama Kosmedik :

1. Rancangan Layar Utama

Gambar 3.34 Rancangan Layar UtamaKeterangan : Rancangan layar utama terdiri dari 4 menu utama yakni admin, user, help dan exit. Menu admin adalah menu untuk admin yang memiliki hak akses untuk melakukan update, insert maupun delete dalam pengoperasian aplikasi ini. Apabila memilih menu admin, maka akan menuju rancangan layar login. Menu user adalah menu untuk user yang hanya memiliki hak akses untuk melihat peta persebaran outlet CV Wijayatama Kosmedik di wilayah DKI Jakarta dan melihat data barang. Apabila memilih menu ini, maka akan menuju rancangan layar outlet user. Menu help adalah menu untuk menjelaskan fungsi menu admin, user dan help yang ada di rancangan layar utama aplikasi. Apabila memilih menu ini user akan menuju rancangan layar help. Menu exit adalah menu untuk keluar dari aplikasi.2. Rancangan Layar Login

Gambar 3.35 Rancangan Layar LoginKeterangan : Rancangan layar login berisi form yang harus diisi untuk dapat masuk ke rancangan layar menu utama admin. Form berisi antara lain username dan password.3. Rancangan Layar Menu Utama Admin

Gambar 3.36 Rancangan Layar Menu Utama AdminKeterangan : Rancangan layar menu utama admin berisi menu-menu antara lain : file, admin, outlet, dan master. Menu file berisi tombol logout untuk keluar dari aplikasi dan kembali ke rancangan layar utama. Menu admin berisi menu list admin yang menampilkan daftar karyawan yang memiliki hak akses sebagai admin. Menu outlet menampilkan peta persebaran outlet CV Wijayatama Kosmedik di wilayah DKI Jakarta dan juga data-data detail outlet. Menu master terbagi 2, yakni barang dan penjualan. Barang menampilkan daftar barang yang tersedia sedangkan penjualan menampilkan data penjualan perusahaan. Konten menjadi tempat munculnya rancangan layar sesuai dengan menu yang di pilih.4. Rancangan Layar List Admin

Gambar 3.37 Rancangan Layar List AdminKeterangan : Rancangan layar list admin menampilkan daftar karyawan yang memiliki hak akses sebagai admin. Tombol tambah admin berfungsi untuk menambah karyawan yang memiliki hak akses sebagai admin, apabila memilih tombol ini maka akan menuju rancangan layar tambah admin. Pencarian berfungsi untuk melakukan pencarian data daftar admin berdasarkan nama karyawan dan jabatan. Data admin menampilkan user id, nama karyawan dan jabatan5. Rancangan Layar Tambah Admin

Gambar 3.38 Rancangan Layar Tambah AdminKeterangan : Rancangan layar tambah admin berfungsi untuk menambah karyawan yang memiliki hak akses sebagai admin. Rancangan layar ini berisi field yang harus diisi, antara lain : username, password, re-type password, nama karyawan dan jabatan. 6. Rancangan Layar Outlet - Admin

Gambar 3.39 Rancangan Layar Outlet - AdminKeterangan : Rancangan layar outlet menampilkan peta persebaran outlet-outlet di wilayah DKI Jakarta dan data-data detail outlet. Map control berisi tombol tambah layer, clear, zoom in, zoom out, pan tool, save new layer, previous zoom, next zoom dan zoom to full. Data outlet menampilkan outlet id, nama outlet, owner, alamat, kecamatan, kota id, kota, propinsi, dan telpon. Legend berisi daftar layer pada peta. Tombol tambah untuk menambah data outlet, tombol update untuk meng-update data outlet, dan tombol hapus untuk menghapus data outlet.7. Rancangan Layar Tambah Data Outlet - Admin

Gambar 3.40 Rancangan Layar Tambah Data Outlet - AdminKeterangan : Rancangan layar tambah data outlet digunakan untuk menambah data outlet.

Terdapat beberapa form yang harus diisi antara lain : outlet id, nama outlet, pemilik, alamat, kecamatan, kota id, propinsi, dan telpon.8. Rancangan Layar Update Data Outlet - Admin

Gambar 3.41 Rancangan Layar Update Data Outlet - AdminKeterangan :

Rancangan layar update data outlet digunakan untuk melakukan update pada data outlet Terdapat beberapa form yang harus diisi antara lain : outlet id, nama outlet, pemilik, alamat, kecamatan, kota id, propinsi, dan telpon.9. Rancangan Layar Master Barang - Admin

Gambar 3.42 Rancangan Layar Master Barang - AdminKeterangan : Rancangan layar master barang menampilkan daftar barang yang tersedia. Pencarian berfungsi untuk melakukan pencarian data barang berdasarkan barang id, nama barang dan warna. Tombol tambah data berfungsi untuk menambah data barang, yang menuju ke rancangan layar tambah data barang. Tombol update data berfungsi untuk meng-update data barang, yang menuju ke rancangan layar update data barang. Tombol hapus data untuk menghapus data barang yang ingin di hapus. Data barang menampilkan barang id, nama barang, warna, stock dan harga.10. Rancangan Layar Tambah Data Barang - Admin

Gambar 3.43 Rancangan Layar Tambah Data Barang - AdminKeterangan : Rancangan layar tambah data barang berfungsi untuk menambah data barang. Pada rancangan layar tambah data barang ada beberapa field yang harus diisi, antara lain : barang id, nama barang, warna, stock, dan harga.11. Rancangan Layar Update Data Barang - Admin

Gambar 3.44 Rancangan Layar Update Data Barang - AdminKeterangan : Rancangan layar update data barang berfungsi untuk meng-update data barang. Pada rancangan layar update data barang ada beberapa field yang disediakan untuk di update, antara lain : barang id, nama barang, warna, stock, dan harga.12. Rancangan Layar Master Penjualan - Admin

Gambar 3.45 Rancangan Layar Master Penjualan AdminKeterangan : Rancangan layar master penjualan menampilkan data transaksi yang dilakukan antara perusahaan dengan outlet. Pencarian berfungsi untuk melakukan pencarian data transaksi berdasarkan nama outlet, barang id, nama barang dan warna. Tombol tambah data berfungsi untuk menambah data transaksi, yang menuju ke rancangan layar tambah data transaksi. Tombol hapus data untuk menghapus data transaksi yang ingin di hapus. Data transaksi menampilkan transaksi id, tanggal, outlet id, nama outlet, barang id, nama barang, warna, stock, qty.13. Rancangan Layar Tambah Data Penjualan - Admin

Gambar 3.46 Rancangan Layar Tambah Data Penjualan - AdminKeterangan : Rancangan layar tambah data penjualan berfungsi untuk menambah data transaksi yang dilakukan antara perusahaan dengan outlet. Pada rancangan layar tambah data transaksi ada beberapa field yang harus diisi, antara lain : transaksi id, tanggal, outlet id, nama outlet, barang id, nama barang, warna, stock, harga dan qty beli. Data transaksi untuk menampung sementara data barang pada transaksi sebelum di simpan.14. Rancangan Layar Outlet - User

Gambar 3.47 Rancangan Layar Outlet - UserKeterangan : Rancangan layar outlet menampilkan peta persebaran outlet-outlet di wilayah DKI Jakarta dan data-data detail outlet. Map control berisi tombol tambah layer, clear, zoom in, zoom out, pan tool, save new layer, previous zoom, next zoom dan zoom to full. Legend berisi daftar layer pada peta. Data outlet menampilkan outlet id, nama outlet, owner, alamat, kecamatan, kota id, kota, propinsi, dan telpon. Tombol data barang mengarahkan pada rancangan layar master barang. Tombol kembali untuk kembali ke rancangan layar sebelumnya.15. Rancangan Layar Master Barang - User

Gambar 3.48 Rancangan Layar Master Barang - UserKeterangan : Rancangan layar master barang menampilkan daftar barang yang tersedia. Pencarian berfungsi untuk melakukan pencarian data barang berdasarkan barang id, nama barang dan warna.16. Rancangan Layar Help

Gambar 3.49 Rancangan Layar HelpKeterangan :

Konten berisi penjelasan fungsi 3 menu utama yang ada di rancangan layar utama aplikasi. Tombol kembali untuk kembali ke rancangan layar sebelumnya.67

_1423210770.vsd+Getdata BarangID()+Setdata BarangID()+Getdata NamaBarang()+Setdata NamaBarang()+Getdata Warna()+Setdata Warna()+Getdata Stock()+Setdata Stock()+Getdata Harga()+Setdata Harga()

_1423210875.vsdAdmin

UI : Main

Message return

Pilih menu outlet

Kembali

Destroy

Message return

Message return

Kembali

Getdata(OutletID, NamaOutlet, Alamat, Owner, Telpon, Kecamatan, Kota, PropinsiID, Propinsi)

Jalankan aplikasi

Pilih menu admin

AddOutlet()

Insert

UpdateOutlet()

Update

DeleteOutlet()

Delete

UI : Outlet

Modul : MengelolaOutlet

UI : Login

Menampilkan PosisiOutlet()

Database : MsOutlet

_1423211267.vsdMessage return

Message return

Kembali

Destroy

Jalankan aplikasi

Kembali

Admin

UI : Main

UI : Login

UI : DataPenjualan

Pilih menu admin

Pilih menu master penjualan

Getdata(TransaksiID, Tanggal, OutletID, NamaOutlet, BarangID, NamaBarang, Warna, Stock, Harga, Qty)

Modul : MengelolaTransaksi

Database : MsTransaksi

Menampilkan DataTransaksi()

AddTransaksi()

Insert

DeleteTransaksi()

Delete

_1423211295.vsdPilih menu master barang

Kembali

Kembali

UI : DataBarang

Database : MsBarang

Menampilkan DataBarang()

Getdata(BarangID, NamaBarang, Warna, Stock, Harga)

Getdata (OutletID, NamaOutlet, Alamat, Owner, Telpon, Kecamatan, Kota, PropinsiID, Propinsi)

User

UI : Outlet

Database : MsOutlet

Memilih user

Menampilkan PosisiOutlet()

_1423211010.vsdJalankan aplikasi

Kembali

Message return

Message return

Message return

Destroy

Kembali

Admin

UI : Main

UI : Login

UI : DataBarang

Pilih menu admin

Pilih menu master barang

Getdata(BarangID, NamaBarang, Warna, Stock, Harga)

Modul : MengelolaBarang

Database :MsBarang

Menampilkan DataBarang()

AddBarang()

Insert

UpdateBarang()

Update

DeleteBarang()

Delete

_1423210819.vsdAdmin

UI : Main

UI : Login

UI : DataAdmin

Modul : MengelolaUser

Database : MsUser

Pilih menu admin

Pilih menu list admin

Getdata (UserID, Username, NamaKaryawan, Jabatan)

Tampilkan

Insert

AddUser()

Message return

Destroy

Kembali

Jalankan aplikasi

Kembali

_1420445794.vsdSystem

Admin

Login

Tambah Admin

Melihat PersebaranOutlet

Melakukan AnalisisData Outlet

Memanipulasi DataOutlet

Memanipulasi DataBarang

Memanipulasi DataTransaksi

Aplikasi SIG CV Wijayatama Kosmedik

_1422863003.vsdTable

_1422868594.vsdSIstem Informasi CV Wijayatama Kosmedik

_1422868687.vsd1.0 Pendataan Spasial

Administrator

CV Wijatama Kosmedik

2.0 Pengolahan Data SIG CV Wijiatama Kosmedik

3.0 Pengolahan data non spasial

Data detail outlet

Data Spasial

Data Non spasial

Data historical penjualan dan data barang

Peta wilayah DKI Jakarta

Peta persebaran outlet

_1422787761.vsd

Database Transaksi

Laporan Transaksi Bulanan

Direktur

Pembayaran

Outlet

Order Barang

Konfirmasi Order Barang

Bagian Marketing

Pengiriman Barang

Pengecekan Stock Barang

Konfirmasi Status Stock Barang

Bagian Produksi

Produksi Barang

Informasi Status Order Barang

Ditolak

Diterima

Tidak memadai

memadai

_1419416383.vsdSystem

User

Melihat PersebaranOutlet

Melihat Data Barang

Aplikasi SIG CV Wijayatama Kosmedik

Melihat Data Outlet

Melakukan AnalisisData Outlet