abstrak Ecchy

Post on 26-Dec-2015

6 views 4 download

Transcript of abstrak Ecchy

AKADEMI KEBIDANAN SUMATERA BARAT LUBUK ALUNGKarya Tulis Ilmiah, Agustus 2014

Ecchy Srigustiayu

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Bersalin Primigravida Dengan Persiapan Menghadapi Persalinan Di BPS Hj. Yetti Latief S.ST Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2014 

Vii + 35 halaman + 4 tabel + 2 Gambar + 9 lampiran

ABSTRAK

Menurut data WHO, sebanyak 99 persen kematian ibu akibat masalah persalinan atau kelahiran terjadi di negara-negara berkembang. Rasio kematian ibu di negara-negara berkembang merupakan yang tertinggi dengan 450 kematian ibu per 100 ribu kelahiran bayi hidup, sedangkan AKB 35 bayi per 1000 kelahiran. Angka Kematian Ibu (AKI) di Provinsi Sumatera Barat untuk tahun 2010 sebesar 114/100.000 kelahiran hidup. Berdasarkan data yang diperoleh dari Data Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman tahun 2012 ditolong tenaga kesehatan berjumlah 7.703 orang, jumlah terbanyak masih di Puskesmas Lubuk Alung sebanyak 678 orang.

Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei s/d Juni di BPS Hj. Yetti Latief S.ST Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin primigravida yang berjumlah 32 orang, dengan teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan dianalisa dengan analisa univariat dan bivariat.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden, 24 (75%) memiliki pengetahuan rendah dan sebagian besar responden 23 (71,9%) tidak baik persiapan persalinannya sehingga terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu bersalin primigravida dengan persiapan menghadapi persalinan dengan nilai Pvalue= 0,023 (Pvalue<0,05).

Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan untuk melihat variabel-variabel yang lain yang berkaitan dengan persiapan menghadapi persalinan, kepada institusi pendidikan agar dapat memberikan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi mahasiswanya, bagi BPS hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan sehingga lebih meningkatkan penyuluhan kepada ibu-ibu primigravida dalam menghadapi persalinan.

Daftar bacaan : 20 (2009-2011)