PERSENTASI PRAKERIN

download PERSENTASI PRAKERIN

of 15

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    119
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of PERSENTASI PRAKERIN

Click to edit Master subtitle style

4/7/12

Latar Belakang Masalah

Praktek kerja industri (PRAKERIN) adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperolehmelalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Disamping dunia usaha, praktek kerja industri (PRAKERIN) dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan disekolahan bisadidapat didunia usaha, sehingga dengan adanya praktek kerja industri (PRAKERIN) dapat meningkatkan mutu dan relevensi pendidikan menengah atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha. Mengingat perkembangan dan tuntunan tenaga kerja dimasa datang yang cukup besar, dimana seorang karyawan dituntut bekerja secara tekun, giat dan professional, maka pelaksanaan PRAKERIN diharapkan dapat dilakukan dengan sebaik baiknya.

4/7/12

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)Praktek kerja industri ( PRAKERIN ) bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapat siswa disekolah, untuk kemudian dipraktekan ditempat kerja. Selain itu kegiatan PRAKERIN juga sebagai tempat belajar dan beradaptasi siswa ditempat kerja. Dengan demikin, setelah menyelesaikan kegitan ini, siswa diharapkan mempunyai wawasan, kebiasaan dan perilaku yang mendukungnya beradaptasi ditempat kerja. Adapun tujuan PRAKERIN antara lain :1. 2.

untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha. menumbuhkan dan meningkatan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha. meningkatkan kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya. meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis jenis pekerjaan dimana siswa melaksanakan PRAKERIN.

3.

4.

4/7/12

Tujuan Penulisan Laporan PRAKERINAdapun tujuan penulisan laporan PRAKERIN antara lain :

1.

Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkan dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bhasa indonesia yang baik dan benar. Meningkatkan kreativitas siswa dalam penulisan yang bersifat objektif. Sebagai pertanggungjawaban siswa yang telah melaksanakan tugas praktek kerja industri ( PRAKERIN ) yang berkaitan dengan program keahliannya masing masing. Sebagai salah satu bukti bahwa yang bersangkutan telah melakukan prakte kerja industri ( PRAKERIN ) dengan baik.

2. 3.

4.

4/7/12

Manfaat praktek kerja industri (PRAKERIN)Adapun manfaat PRAKERIN :

1.

Mendapatkan keterampilan damn pengetahuan lebih yang sebelumnya tidak didapatkan disekolah. Dapat membentuk sikap disiplin, tanggung jawab dan etos kerja yang diperlukan dalam dunia industri. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah kedalam dunia industri. Dan juga sesuai dengan bisi dan misi SMK NEGERI 2 Kota Tangerang Selatan.

2.

3. 4.

4/7/12

PROFIL PERUSAHAAN

pusdatin Pusat data dan informasi pertanian dalam perkembangannya telah mengalami4/7/12

Sejarah

Periode 2005 Berdasrkan peraturan menteri pertanian no. 299/kpts/OT.140/7/2 005 tentang4/7/12

Visi dan Misi PUSDATINI.

Visi PUSDATIN

Menjadi sumber data dan informasi pertanian yang lengkap, akurat dan terpercaya untuk mendukung pembangunan pertanian

II.a.

Misi PUSDATIN Mengembangkan Metodologi Pengumpulan, Pengolahan dan Penyajian Data dan Informasi Pertanian; Melakukan Pengumpulan, Pengolahan, Penyajian dan Penyebaran Data dan Informasi Pertanian;

b.

c. Membangun dan Mengembangkan Sistem Informasi Pertanian; d. Membina Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Bidang Statistik dan SistemInformasiPertanian.

4/7/12

Tugas, Fungsi dan Tata Tertib PUSDASTINI. Tugas Melaksanakan pembinaan, pengembangan sistem informasi pertanian, dan pelayanan data dan informasi pertanian. II. Fungsi1. 2. 3.

Penyediaan dan pelayanan data dan informasi komoditas pertanian; Penyediaan dan pelayanan data dan informasi non komoditas pertanian; Pengelolaan dan pelaksanaan pengembangan sistem informasi Kementerian Pertanian dan ; Pelaksanaan administrasi Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

4.

III. Tata Tertib Pusdatin Dalam melakukan praktek kerja industri di tempat kami, ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui oleh siswa, yaitu :1.

Hadir dikantor pada setiap hari kerja/ sesuai jadwal yang disepakati; Mengenakan pakaian yang sopan dan rapi; Tidak mengenakan sandal;

2.

3.

4/7/12

KAJIAN PELAKSANAAN PRAKERIN

URAIAN KEGITAN Pembuatan logo multyimedia sub bidang aplikasi multimedia 04 januari s/d 13 januari 2012

1.

2.

Inventarisasi website kerja pemerintahan daerah ( SKPD) lingkup pertanian provinsi 16 januari s/d 20 januari 2012

3.

Pembuatan cover buku 24 januari s/d 10 februari 2012

4.

Inventarisasi website SKPD lingkup pertanian kabupaten dan kota 13 februari s/d 27 februari 2012

Teori pendukung kompetensi Teori pendukung kompetensi yang penulis punya antara lain :

1.

Photoshop

4/7/12

Kesimpulan

Setelah penulis melaksanakan program praktek kerja industri ( PRAKERIN ) pada kantor kementerian pertanian republik indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 02 januari s/d tanggal 28 februari 2012, maka penulis dapat menarik kesimpulan dari pengalaman praktek kerja industri ( PRAKERIN ) adalah sebagai berikut :4/7/12

Saran-saranSelama penulis melaksanakan kegiatan PRAKERIN ( Praktek kerja industri ), penulis ingin memberikan beberapa saran kepada pihak Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian ( PUSDATIN) antara lain : 1. Lebih menigkatkan tata tertib dan disiplin waktu yang ada. 2. Hubungan kerja yang telah diterjalin antara pemimpin dan pembimbing hendaknya dipertahankan dan lebih ditingkatkan. 3. Hubungan antara pembimbing dengan peserta PRAKERIN terus ditingkatkan demi terciptanya suasana kerja yang harmonis. 4. Lebih menciptakan rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama. 5. Memberikan pelatihan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatakan mutu dan kualitas kerja.

4/7/12

Adapun saran yang ingin penulis sampaikan kepada pihak sekolah SMK NEGERI 2 Kota Tangerang Selatan, antara lain :

1.

Memberikan motivasi kepada seluruh siswa SMK NEGERI 2 Kota Tangerang Selatan terutama bagi yang akan melaksanakan PRAKERIN

2. 3. 4.

Lebih meningkatan ketertiban dan peraturan yang ada Hargailah tempat PRAKERIN yang swudah dicari oleh siswa Pembimbing PRAKERIN dari pihak sekolah harus lebih memperhatikan siswa yang sedang PRAKERIN

5.

Pihak sekolah haruslah memberikan konpensasi kepada siswa yang melaksanakan PRAKERIN dalam hal mengerjakan laporan setelah PRAKERIN.

6.

Selalu belajar dari kesalahan yang sudah ada

4/7/12

CONTOH GAMBAR TUGAS TUGAS YANG DIKERJAKAN :TUGAS PEMBUATAN LOGO MULTIMEDIA UNTUK DESAIN KAOS TUGAS PEMBUATAN COVER BUKU CATATAN

4/7/12

TUGAS MENGINVENTARISASIKAN SITUS WEBSITE SKPD LINGKUP PERTANIAN KABUPATEN DAN KOTA

4/7/12