PDF Abstrak 73131

2
Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Tesis (Membership) Pengembangan pariwisata dalam upaya pemanfaatan potensi daerah di Kelurahan Iboih Kota Sabang Firman Deskripsi Dokumen: http://lib.ui.ac.id/opac/ui/detail.jsp?id=73131&lokasi=lokal ------------------------------------------------------------------------------------------ Abstrak Dalam rangka pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia saat ini, perlu adanya pemanfaatan terhadap potensi-potensi di daerah. Sebagai daerah yang mempunyai potensi wisata, Kota Sabang berupaya untuk mengadakan pengembangan di bidang pariwisata. Keunggulan pariwisata tersebut sebagian besar berada di Kelurahan Iboih dengan tiga kawasan wisata dari empat kawasan yang ada di Kota Sabang. <br /> <br /> Potensi alam yang telah ada merupakan faktor pendukung utama dalam pengembangan pariwisata di Kota Sabang umumnya dan di Kelurahan Iboih khususnya. Daya tarik utama dari potensi alam tersebut yaitu taman laut dengan keanekaragaman terumbu karang dan biota laut lainnya. Namun untuk kelestarian keragaman flora dan fauna tersebut masih diperlukan penanganan khusus terutama sumber daya manusia yang mampu menangani masalah tersebut. <br /> <br /> Selain itu terdapat faktor lain seperti pemberlakuan Kota Sabang sebagai kawasan pelabuhan dan perdagangan babas. Kebijakan ini banyak mendukung terutama dalam hal peningkatan prasarana dan sarana dalam pengembangan pariwisata itu sendiri. Kenyataan selama ini memperlihatkan bahwa sektor pariwisata mempunyai peranan penting dalam perekonomian Kota Sabang. Hal ini juga ikut menjadi pertimbangan sebagai dukungan untuk perkembangan pariwisata. Dampak perekenomian yang dirasakan itu berupa terbukanya lapangan kerja baru serta adanya penambahan penghasilan bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Iboih terutama bagi mereka yang ikut terlibat dalam sektor pariwisata itu sendiri. <br /> <br /> Dalam pengembangan pariwisata tersebut terdapat kendala-kendala terutama dengan masih kurang kondusifnya situasi keamanan di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada umumnya meskipun situasi keamanan di Kota Sabang khususnya cukup kondusif. Kurangnya kejelasan tentang situasi yang sebenamya menimbulkan opini bahwa kondisi di Kota Sabang sama serperti daerah Iainnya di Aceh. Masih kurangnya promosi pariwisata yang dilakukan turut menghambat pengembangan pariwisata di Kota Sabang baik dalam memperkenalkan potensi pariwisata atau pun dalam upaya untuk menjelaskan situasi keamanan yang sebenamya sehingga wisatawan tetap berminat bahkan lebih antusias untuk mengunjungi Kota Sabang. <br />

Transcript of PDF Abstrak 73131

  • Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Tesis (Membership)

    Pengembangan pariwisata dalam upaya pemanfaatan potensi daerah diKelurahan Iboih Kota SabangFirmanDeskripsi Dokumen: http://lib.ui.ac.id/opac/ui/detail.jsp?id=73131&lokasi=lokal ------------------------------------------------------------------------------------------

    Abstrak

    Dalam rangka pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia saat ini, perlu adanya pemanfaatan terhadappotensi-potensi di daerah. Sebagai daerah yang mempunyai potensi wisata, Kota Sabang berupaya untukmengadakan pengembangan di bidang pariwisata. Keunggulan pariwisata tersebut sebagian besar berada diKelurahan Iboih dengan tiga kawasan wisata dari empat kawasan yang ada di Kota Sabang.

    Potensi alam yang telah ada merupakan faktor pendukung utama dalam pengembangan pariwisata di KotaSabang umumnya dan di Kelurahan Iboih khususnya. Daya tarik utama dari potensi alam tersebut yaitutaman laut dengan keanekaragaman terumbu karang dan biota laut lainnya. Namun untuk kelestariankeragaman flora dan fauna tersebut masih diperlukan penanganan khusus terutama sumber daya manusiayang mampu menangani masalah tersebut.

    Selain itu terdapat faktor lain seperti pemberlakuan Kota Sabang sebagai kawasan pelabuhan danperdagangan babas. Kebijakan ini banyak mendukung terutama dalam hal peningkatan prasarana dan saranadalam pengembangan pariwisata itu sendiri. Kenyataan selama ini memperlihatkan bahwa sektor pariwisatamempunyai peranan penting dalam perekonomian Kota Sabang. Hal ini juga ikut menjadi pertimbangansebagai dukungan untuk perkembangan pariwisata. Dampak perekenomian yang dirasakan itu berupaterbukanya lapangan kerja baru serta adanya penambahan penghasilan bagi masyarakat yang ada diKelurahan Iboih terutama bagi mereka yang ikut terlibat dalam sektor pariwisata itu sendiri.

    Dalam pengembangan pariwisata tersebut terdapat kendala-kendala terutama dengan masih kurangkondusifnya situasi keamanan di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada umumnya meskipun situasikeamanan di Kota Sabang khususnya cukup kondusif. Kurangnya kejelasan tentang situasi yang sebenamyamenimbulkan opini bahwa kondisi di Kota Sabang sama serperti daerah Iainnya di Aceh. Masih kurangnyapromosi pariwisata yang dilakukan turut menghambat pengembangan pariwisata di Kota Sabang baik dalammemperkenalkan potensi pariwisata atau pun dalam upaya untuk menjelaskan situasi keamanan yangsebenamya sehingga wisatawan tetap berminat bahkan lebih antusias untuk mengunjungi Kota Sabang.

  • Dalam rangka pengembangan pariwisata tersebut pemerintah telah melakukan langkah-langkah sepertipemindahan pemukiman penduduk di Kelurahan lboih untuk penataan dan keindahan kawasan wisata,pembangunan fisik serta mengadakan pelatihan perhotelan, restoran dan biro pcrjalanan untukpengembangan sumber daya manusia pada sektor pariwisata. Pelatihan tersebut juga dalam rangka untukmemberikan pelayanan yang lebih baik serta menambah daya tarik wista di Kota Sabang. Di lain pihakpemerintah masih perlu untuk meningkatkan upaya-upaya dalam menghadapi permasalahan-permasalahanyang timbul dalam pengembangan pariwisata dengan melibatkan masyarakat dan pihak swasta.