Modul MS. Word

download Modul MS. Word

of 14

Embed Size (px)

description

Modul Microsoft Word

Transcript of Modul MS. Word

Daftar Isi

1.Tampilan Dasar Microsoft Word22.Cara Menyimpan Dokumen33.Cara Memilih/Blok Teks44.Cara Mengatur Format Teks55.Cara Menyisipkan Gambar66.Cara Menggunakan Bullets and Numbering7A.Cara Membuat Bullets7B.Cara Membuat Numbering87.Cara Membuat Tabel9A.Mengubah Ukuran Kolom/baris pada Tabel9B.Merge Cell (Menggabungkan kolom/baris)98.Mengatur Ukuran Kertas109.Cara Membuat Header & Footer1210.Cara Mencetak Dokumen12A.Mencetak Semua Dokumen12B.Mencetak Halaman Tertentu13

Tampilan Dasar Microsoft Word

Window Manejement: Berisi tool untuk meminimalkan jendela, memaksimalkan jendela, menutup jendela dsg.Quick Acces toolbar: Berisi perintah cepat akses dokumen seperti undo, redo, tabel sprint, tabel Save dsg.Tab: terdiri dari Tab File berisi perintah-perintah manajemen file, Tab Home berisi perintah dasar teks editing, Tab Insert berisi perintah untuk menyisipkan sesuatu ke dalam dokumen, Tab Desgin yang berisi perintah untuk mengatur desain halaman, Tab Page Layout berisi perintah yang berisi perintah-perintah untuk mengatur layout halaman, Tab References berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan referensi dokumen, Tab Mailings berisi perintah menejemen surat menyurat, Tab Review berisi perintah berisi perintah-perintah yang berguna untuk proses kerja keriting secara berkelompok dan Tab View yang berisi perintah untuk mengatur tampilan jendela anda.Title Bar: menunjukkan nama dokumen yang sedang anda buka.Ruler Horizontal: penggaris MendatarRuler Vertikal: penggaris BerdiriHelp: disaat anda tidak tahu anda bisa mengakses menu ini untuk minta bantuan untuk masalah anda.Pengatur Display Ribbon: menu pilihan yang digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan Ribbon Interface.Minimize: tombol untuk menyembunyikan jendela.Maximize: tombol untuk memaximalkan/ meminimalkan jendela.Close: tombol untuk menutup jendela.Microsoft Account: menunjukkan akun yang login pada Word 2013.Ribbon: menu-menu yang ada ada dibagian atas naskah.Scrollbar Vertical: penggulung dokumen ke atas atau ke bawah.Zoom: gunakan tool ini untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen.Pengaturan View Halam kerja: gunakan Tobol ini untuk mengubah mode tampilan dokumen anda. Apakah anda ingin melihat dokumen dengan mode baca, mode cetak dan mode web layout?Group Menu Peintah: menu-menu yang memiliki Group serupa akan dikelompokkan dalam sebuah Group menu. Contoh menu Group front berisi tentang perintah-perintah yang berhubungan dengan huruf / frontBaris Status: Berisi informasi jumlah kata, halaman dokumen anda.Cara Menyimpan DokumenHasil naskah yang telah selesai ditulis perlu disimpan agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung dibuka lagi. Berikut adalah cara untuk menyimpan naskah:1. Klik File, pada langkah pertama anda akan diarahkan pada gambar pada langkah no 2.

2. Klik Save/Save As: untuk Save biasanya dapat kita gunakan ketika naskah itu sudah pernah disimpan dan kita mau untuk mengedit naskah tersebut sedangkan untuk Save As dapat kita pakai ketika kita mau meyimpan naskah yang belum pernah kita simpan. Untuk cara cepatnya cukup mudah tekan aja Ctrl+S pada keyboard anda. Lakukan langkah 1 sampai 6 seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara Memilih/Blok TeksKetika kita selesai mengetik sebuah naskah hal yang perlu kita lakukan untuk melakukan editing adalah memilih teks, kalimat, bahkan paragraf.

Cara Mengatur Format TeksSetelah kita mempelajari bagaimana Cara Memilih Teks pada tutorial sebelumnya sekarang kita akan mempelajari bagaimana Cara Mengatur Format Teks di. Pengaturan teks pada suatu naskah sangat dibutuhkan guna untuk mendapatkan hasil naskah yang diinginkan.Format yang dapat kita pakai untuk menformat teks yakni mengubah bentuk teks, menentukan ukuran teks, mengubah warna teks dan seterusnya. hal itu bisa kita lakukan dengan menggunakan Group Font. Mari kita akan mempelajari Group Font satu persatu seperti tampak gambar berikut.

Penjelasan Masing-Masing Icon: Type Font: Untuk merubah jenis Teks. Font size: Untuk merubah ukuran Teks. Increase Font Size: Untuk merubah ukuran Teks satu point. Decrease Font Size: Untuk memperkecil ukuran Teks satu point. Change Case: Untuk icon nomer 5 bisa kita lihat penjelasan di akhir artikel Clear All Formatting: Untuk menghapus format yang ada pada Teks. Bold: Untuk memberikan format cetak tebal pada teks. Italic: Untuk memberikan format cetak miring pada teks. Underline: Untuk memberikan format garis bawah pada teks. Strikethrough: Untuk memberi format coret pada teks. Subscript: Untuk memperkecil ukuran font dan meletakkannya di bawah. Superscript: Untuk memperkecil ukuran font dan meletakkannya di atas. Text Effect and Typography: Memberikan effek pada teks seperti Shadow (bayangan) dan Glow (bersinar). Text Highlight Color: Untuk memberikan warna dibelakang teks. Font Color: Untu merubah warna Teks.Penjelasan Change Case Icon:

Sentence case: Untuk mengubah tata penulisan sesuai dengan tata bahasa. lowercase: Untuk mengubah penulisan teks menjadi kecil. UPPERCASE: Untuk mengubah penulisan teks menjadi huruf besar atau kapital. Capitalize Each Word: Untuk mengubah huruf besar pada awal katanya. tOGGLE cASE: Untuk mengubah huruf kecil pada awal katanya.Cara Menyisipkan GambarBerikut ini adalah cara untuk menambahkan gambar ke dalam naskah yang kita buat:1. Klik INSERT, kemudian akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini

2. Klik Pictures, kemudian akan muncul tampilan seperti pada langkah no. 3.

3. Pilih gambar yang ingin dimasukkan ke dalam naskah yang dibuat, kemudian tekan tombol insert

Cara Menggunakan Bullets and NumberingBullets and numbering merupakan suatu fasilitas yang disediakan Ms Word untuk memberikan penomoran atau symbol secara otomatis pada setiap baris baru. Perbedaan yang mendasar dari bullets and numbering adalah: Bullets adalah berupa symbol aatau lambang yang akan diberikan diawal baris baru. Numbering adalah nomor atau penomoran yang akan diberikan diawal baris baru.Cara Membuat Bullets1. Klik icon yang terdapat pada Group Paragraph.

2. Setelah diklik, pilih jenis bullets yang diinginkan.

Cara Membuat Numbering1. Klik icon yang terdapat pada Group Paragraph. 2. Setelah diklik pilih jenis numbering yang diinginkan.

Cara Membuat Tabel

Klik INSERT, kemudian pilih Table untuk menambahkan tabel pada naskah yang dibuat. Selanjutnya tentukan ukuran tabel yang diinginkan dengan menggeser mouse. Setelah itu klik kiri, tabel akan langsung muncul.1. Mengubah Ukuran Kolom/baris pada TabelSetiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini :

Merge Cell (Menggabungkan kolom/baris)Sering kali untuk membuat tabel sesuai dengan yang diinginkan kita perlu menggabungkan antara beberapa baris/kolom.

Langkah-langkah untuk menggabungkan baris/kolom adalah sebagai berikut:1. Blok pada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer ke arah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini:

2. Kemudian klik kanan, lalu pilih Merge Cells

Gambar di bawah ini adalah gambar tabel setelah kedua baris digabungkan

Mengatur Ukuran Kertas1. Klik PAGE LAYOUT, kemudian pada group menu page setup pilih Margins2. Pilih salah satu pilihan yang tersedia.3. Jika ingin mengatur margin secara manual silahkan klik pada Custom Margins4. \5. Setelah klik Custom Margins akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Pada tab Margin, isikan besaran margin yang diinginkan. Top: Margin/batas atas Bottom: Margin/batas bawah Left: Margin/batas kiri Right: Margin/batas kanan6. Kemudian klik OKCara Membuat Header & FooterHeader menyatakan informasi yang berulang kali di baris pertama setiap halaman dokumen yang dibuat. Sedangkan Footer menyatakan informasi yang berulang kali dibaris terakhir disetiap halaman dokumen yang dibuat.Langkah-langkah untuk membuat header atau footer:1. Klik Header atau Footer yang ada di INSERT.

2. Pilih jenis Header atau Footer yang diinginkan.

Cara Mencetak Dokumen1. Mencetak Semua Dokumen1. Klik FILE, kemudian pilih Print.2. Pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen3. Klik gambar untuk mencetak dokumen

Mencetak Halaman Tertentu1. Klik FILE, kemudian pilih Print.2. Pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen

3. Ketikkan halaman yang ingin dicetak pada kolom Pages. Untuk mencetak halaman 1 sampai 4 tuliskan 1-4 (tanpa tanda petik). Untuk mencetak halaman 1 sampai 3 dan 5 sampai tujuh tuliskan 1-3,5-7 (tanpa tanda petik).

Referensihttp://arif-servis.blogspot.com/2014/04/panduan-lengkap-microsoft-office-2013.htmlhttp://metasenawati.blogspot.com/2012/01/cara-menggunakan-bullets-and-numbering.htmlhttp://belajar-komputer-mu.com/cara-membuat-tabel-pada-microsoft-word/http://belajar-it.org/batas-tepi-kertas-di-microsoft-officehttp://infokomputermudah.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-header-dan-footer-di.html

14