Makalah Pengenalan Ms Word

of 62 /62
MAKALAH PENGENALAN MS WORD KATA PENGANTAR Microsoft word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi kantor- kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word. Makalah ini di tujukan untuk dapat menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen, fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan tabel dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan langkah disertai contoh soal. Memang makalah ini ditujukan untuk pegangan dalam mengikuti kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan ditemukan dalam pertemuan dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun demikian juga akan mudah dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah. Di harapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan- kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan bentuk- bentuk naskah sejenis. Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat. Penyusun.

Embed Size (px)

Transcript of Makalah Pengenalan Ms Word

MAKALAH PENGENALAN MS WORD KATA PENGANTARMicrosoft word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word.Makalah ini di tujukan untuk dapat menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen, fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan tabel dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan langkah disertai contoh soal.Memang makalah ini ditujukan untuk pegangan dalam mengikuti kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan ditemukan dalam pertemuan dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun demikian juga akan mudah dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah.Di harapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan bentuk-bentuk naskah sejenis.Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat.Penyusun. PENDAHULUAN1. Pengantar Microsoft Word merupakan salah satu anggota keluarga Microsoft Office. Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling canggih saat ini. Dengan word kita dapat membuat naskah mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Selain itu banyak fasilitas word yang tidak dimiliki oleh program sejenis.2. Pengenalan Jendela ProgramTampilan jendela (bagian-bagian jendela) program word adalah sebagai berikut :Keterangan:. Balok judul : Menampilkan nama program dan nama file

yang saat ini sedang di buka.. Minimize : Digunakan untuk memperkecil jendela

menjadi tombol program.. Maximize : Digunakan untuk memperbesar jendela satu

layar penuh.. Close : Digunakan untuk menutup jendela program.

a. Menu bar : Untuk menjalankan perintah-perintah word (

menu adalah kumpulan instruksi ).. Toolbar : Tombol-tombol yang dapat digunakan untuk

menjalankan perintah word. Satu tombol sama dengan satu perintah.. Mistar horizontal : Digunakan untuk melihat posisi/skala secara

horizontal mendatar.. Mistar fertikal : Digunakan untuk melihat posisi secara vertical

tegak.. Balok gulung horizontal : Digunakan untuk menggulung layar secara

horizontal kiri-kanan.. Balok gulung vertical : Digunakan untuk menggulung layar secara

vertical atas-bawah.. Border : Bingkai atau kotak dari jendela program dan di

gunakan untuk mengubah ukuran jendela secara horizontal atau vertical.. Corner : Sudut jendela program, dapat digunakan untuk

mengubah ukuran jendela program secara vertical atau horizontal . Area teks : Tempat kita menulis atau mengedit teks atau

objek-objek yang lain. . Baris status : Menunjukkan kepada kita posisi kursor saat

ini. 3. Mengatur Halaman (Setup halaman). . Mengatur batas-batas kertas (margin). Margin adalah batas tepi kertas dengan batas tepi pengetikan/area teks. Untuk mengatur margin : menu file, Page setup, Margin.

a. Mengatur ukuran kertas (paper size). Ukuran kertas dapat diatur sesuai kebutuhan misal kwarto, folio, amplop atau ukuran-ukuran yang lain. (sesuai keinginan). Untuk mengatur ukuran kertas : Menu file, Page setup, Paper size, pilih ukuran kertas yang diinginkan.

b. Mengatur arah persetakan (Orientation). Arah percetakan di kertas dilakukan secara Vertikal/tegak/portrait maupun secara horizontal mendatar/landscape. Untuk mengatur arah percetakan : Menu file, Page setup, Paper size, Orinetation, pilih Potrait atau Landscape.

PARAGRAF PADA WORDIde paragraph sangat penting pada word, karena beberapa tipe pengeditan berlaku untuk masing-masing paragraph. Pada word anda dapat mengakhiri sebuah paragraph dan memulai paragraph baru dengan menekan tombol ENTER. Word memasukkan sebuah garis kosong dan posisi kursor yang baru pada bagian awalnya. 4. Menyimpan File/ Dokumen Langkah untuk menyimpan dokumen yang telah diketik adalah : Klik Menu file, save, (atau klik icon Save). Keterangan : . Kotak Save in, digunakan unruk menentukan dimana kita menyimpan dokumen yang telah kita buat.

a. Apabila kita ingin membuat tempat/lokasi baru dokumen yang akan kita simpan tersebut, maka kita bisa menklik New Folder, beri nama folder tersebut.

b. Jika nama folder sudah muncul klik kanan nama folder dimana kita akan menyimpan file, lalu klik Open.

c. Setelah kita menentukan lokasi untuk file, klik kotak file name, lalu ketikkan nama file misalnya LATIHAN 1

d. Klik tombol save.

Pilihan tampilan dokumen :Pilih Menu view1. Print Lay out anda akan melihat tampilan dokumen persis kalau dicetak, kelihatan (margin dan pergantian halamannya).

2. Normal Tidak bisa melihat magin.

MENGEDIT DOKUMENA. Membuka File1. Klik icon Open atau klik menu file Open.

2. Jika folder yang terbuka belum sesuai pilihlah folder dimana anda menyimpan file tersebut.

3. Klik nama file yang akan dibuka.

4. Klik Open.

NOTE : File yang sedang dibuka jangan dibuka lagi. B. Memindah Kursor Untuk menggerakkan kursor, ada beberapa cara yaitu : . Dengan mengklik lokasi/titik yang kita inginkan, maka otomatis kursor akan pindah ke lokasi/tempat tersebut.

a. Dengan menggunakan anak panah kiri, kanan, atas atau bawah pada keyboard

b. Memindah kursor ke awal file : Ctrl + Home

c. Memindah kursor ke akhir file : Ctrl + End

d. Memindah kursor ke awal baris : Home

e. Memindah kursor ke akhir baris : End

f. Memindah kursor ke halaman tertentu : Ctrl + G

g. Untuk melihat ke bawah 1 layar digunakan tombol page down

h. Untuk melihat ke atas 1 layar dunakan tombol Page up

C. Memilih Teks (Membuat blok teks) Untuk melakukan berbagai operasi pada pengeditan dokumen, pertama teks yang akan diedit harus diblok dulu : 1. Memblok satu kata : dobel klik tersebut

2. Memblok satu baris : klik satu kali di awal baris

3. Memblok satu kalimat : Ctrl + klik kalimat tersebut

4. Memblok satu paragraph : klik dua kali di awal baris pada paragraph tersebut.

5. Memblok bagian tertentu : Drag bagian yang dipilih

6. Dengan keyboard : kursor letakkan pada awal teks yang akan diblok lalu letakkan tombol shift lalu tekan tombol panah keyboard, ke kanan, kiri, atau ke bawah sesuai arah teks yang akan diblok.

7. Memblok seluruh file : Ctrl + A.

D. Mengedit Teks . Menyisipkan teks, untuk menyisipkan teks pastikan tombol insert dalam keadaan on (tanda OVR dibaris status tidk aktif), letakkan kursor pada yang akan disisipi, ketik teks yang akan disisipkan.

a. Menghapus teks, blok teks yang akan dihapus, tekan tombol del/delete untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor . tekan tombol backspace untuk menghapus karakter di sebelah kiri kursor.

b. Membatalkan perintah yang pernah kita kerjakan : klik icon undo pada toolbar.

E. Memformat Paragraf Perlu anda ingat bahwa paragraph adalah baris yang diakhiri dengan tanda ENTER. Apabila paragraph yang akan kita atur hanya satu paragraph, tidak usah diblok cukup letakkan kursor pada paragraph yang akan diatur tersebut. Bila lebih dari satu paragraph, maka blok paragraph-paragraf yang akan diatur tersebut. Perataan paragraph 1. Pilih paragraph

2. Klik : klik icon left, right, center, atau justify pada toolbar formatting.

Dengan keyboard Rata kiri : Ctrl + L, Rata Center : Ctrl + E , Rata kanan : Ctrl + R, dan Rata Justify : Ctrl + J. IndentasiTombol pada ruler untuk mengatur indentasi : Decrease Indent : Untuk megurangi inden kiri Increase Indent : Untuk menambah inden kiri. Cara mengatur indentasi : 1. Plih Paragraf 2. Klik icon increase indent untuk memasukkan (menambah) indent kiri, atau klik decrease indent untuk mengurangi indent kiri 3. Untuk mengatur indent kiri dapat juga dengan men-drag tombol left indent pada ruler4. Untuk indent kanan : Drag tombol right indent pada mistar (ruler). MENGATUR BENTUK PARAGRAFParagraf indent (baris 1 masuk/menjorok) a. Letakkan mouse pada tombol fiet line indent yang terdapat pada ruler b. Drag ke posisi yang diinginkan. Paragraf hanging (alinea menggantung) a. Letakkan mouse pada tombol hanging indent (tombol segitiga yang bawah) yang terdapat pada ruler. b. Drag ke posisi yag kita inginkan. SPASISpasi (jarak antar baris) : Ctrl + 1 : 1 Spasi , Ctrl + 2 : 2 Spasi, Ctrl + 5 : 1,5 Spasi. Mengatur format paragraph dengan menu : Misalnya semua paragraph ingin dibentuk menjadi paragaraf indent (baris 1 menorok 1,5 cm) indent kiri 0 indent kanan spasi ganda, ikut langkah berikut ini :1. Blok naskah anda (kecuali judul) 2. Buka menu format, paragaraf 3. Pilih alignment untuk menentukan perataan. 4. Tentukan indent kiri (left indent) : 0 right indent : 0 5. Pilih special, menjadi first line by 1,5 cm (bentuk menjaid menjorok) 6. Pada line spacingpilih double atau multiple lali pilih at : 2 untuk membuat menjadi 2 spasi 7. Klik Ok perhatikan hasilnya. F. Format Huruf (Font) Format huruf meliputi jenis huruf (Font), gaya huruf (Style), Warna huruf (Color), ukuran huruf (Size), Garis bawah (Underline), Efek huruf (Effects). Untuk mengatur format huruf dapat langsung menggunakan toolbar atau melalui menu : . Melalui menu

1. Blok teks yang diformat 2. Klik menu format, font Selanjutnya akan tampil kotak dialog font, tentukan pengaturan yang diinginkan dengan memilih pada kotak yang sesuai. Misalnya untuk mengatur jenis huruf pada kotak font, gaya pada kotak style, dan ukuran pada kotak size. . Melalui toolbar

Pemformatan huruf melalui toolbar dilakukan dengan mengklik icon-icon yang sesuai yang terdapat toolbar formatting. 1. Blok teks yang diformat 2. pilih toolbar yang anda inginkan, missal klik tombol U maka teks akan garis bawah klik lagi tombol U garis bawah akan hilang. Menampilkan/ Mensembuyikan toolbar. Toolbar dapat disembunyikan atau ditampilkan dengan perintah yang sama, yaitu : 1. Klik menu view, toolbar

2. Dari daftar toolbar pilih toolbar yang akan ditampilkan atau disembuyikan dengan cara memberi tanda cek (tampak) atau menghilangkan tanda cek (toolbar tampak) dengan cara mengklik nama toolbar dari daftar

Menambah atau mengahpus icon dari toolbar. Missal untuk menambah icon X2 (Superscript) 1. klik tombol more button pada toolbar formatting.

2. arahkan mouse pada tombol add and remove button

3. hifupkan atau matikan tombol yang akan diatur dengan car mengklik nama icon. Misalnya pastikan tombol X2 dan X2 dalam keadaan hidup (ada tanda cek didepannya)

MENYISIPKAN SIMBOLUntuk menyisipkan karakter-karakter yang tidak terdapat pada keyboard, maka kita harus menyisipkan symbol (karakter yang tidak ada tersebut) dengan cara : 1. Klik menu Insert, Symbol, mucul kotak dialog

2. Pilih Font yang sesuai, misalnya huruf yunani, simbolmatematik, pilih fomt symbol, untuk symbol mata uang, huruf dengan aksen tertentu pilihlah font normal text, untuk gambar telepon, gambar jam, symbol windows pilihlah Wingdings.

3. Klik symbol yang diinginkan . lalu klik tombol insert pada kotak dialog symbol.

4. Untuk menyisipkan lagi ulangi langkah no 3 dan untuk menutup kotak dialog symbol klik tombol close.

MENGCOPY DAN MEMINDAH :Menyalin/Copy teks : - Blok teks yang akan dicopy/disalin - Klik menu edit, kemudian pilih copy atau tekan Ctrl + C atau klik tool copy - Pindahkan kursor ke tempat yang dituju - Klik menu edit kemudian paste, atau Ctrl + V klik tool paste. Memindah teks - Blok teks yang akan dipindah - Klik menu edit, kemudian cut atau tekan Ctrl + X atau klik tool cut - Pindahkan kursor ke tempat yang dituju - Klik menu edit kemdian paste atau Ctrl + V atau klik tool paste. MENYIMPAN ULANGKlik icon save atau file save, jika anda perlu memberi nama lagi naskah akan disimpan dengan nama file yang anda berikan sebelumnya. MENYIMPAN DENGAN NAMA LAINTanpa menutup data sebelumnya ;1. Klik menu file new OK

2. Atau klik tool new

3. Atau tekan Ctrl + N

Perhatikan dokumen yang terbuka lebih dari satu, perhatikan pada taskbar. Atau lihat menu windows pada bagian bawah akan terdapat beberapa nama data yang terbuka. Untuk berpindah antar window dokumen yang dibuka . Klik icon (nama file) pada taks bar, atau

a. Klik menu window kemudian klik nama file yang diinginkan.

Menyalin / memindahkan teks ke l file yang lain - Blok teks yang akan disalin/ dipindahkan - Menyalin : klik menu edit, kemudian pilih copy atau tekan Ctrl + C atau klik tool copy - Memindahkan : klik menu edit, kemudian pilih cut atau tekan Ctrl + X atau klik tool cut. - Pilih data yang akan dituju, lewat menu window atauklik pada taskbar - Pindahkan kursor ke tempat yang dituju - Klik menu edit kemudian paste, atau Ctrl + V atau klik tool paste. Menutup File / data bila sudah tidak dikerjakan lagi . Klik menu file, kemudian pilih Close atau

a. Klik Cpation buttons Close yang bawah.

DAFTAR /PARAGRAF BERNOMOR ATAU BERSIMBOL(BULLETS AND NUMBERING)Cara membuatnya (Cara I) 1. Klik menu format bullets and numbering

2. Klik tab bulleted

3. Dari delapan pilihan pilih salah satu bullets, kemudian klik OK. Jika infin memperbaiki/mengganti, klik customize

4. Dari menu customize bulleted list, klik bullets.

5. dari menu symbol, pilihlah salah satu bullets. Jika tidak cocok klik drop down font untuk memilih bullets yang lain, kemudian klik OK, akan kembali ke menu sebelumnya

6. dari menu customize bulleted list, pada bullets position, isikan indent at untuk menentukan jarak dari margin anda meletakkan bullet (margin dianggap ) cm)

7. dari menu customize bulleted list, pada text position, isikan indent at untuk menentukan jarak dari margin anda untuk memulai ketikan (dihitung dari margin).

Cara 2 : 1. Aktifkan /klik icon bullets

2. Ketiklah naskah : bila telah selesai klik lagi tombol bullets

TABULASITabulasi digunakan untuk mengatur penghentian kursor jika kita menekan tombol pada keyboard. Biasanya digunakan untuk membuat teks menjadi rapi (rata) antara teks pada paragraph atas dan bawahnya . hal ini harus diebdakan dengan indentasi dan alignment(perataan) paragraph. Cara meletakkan tab stop pada ruler 1. Klik beberapa kali pergantian tab stop sampai tampil yang dipilih

2. Kemudian klik pada ruler sesuai dengan posisi yang kita inginkan

Mengatur perhentian tab stop menggunakan menu : 1. Klik format tabs

2. Pada bagian tab stop position isi 1, pada bagian alignmen pilih left, pada leader pilih none kemudian klik set.

3. Pada bagian tab stop position 2, pada bagian alignment pilih left, pada leader pilih none kemudian klik set.

4. Pada bagian tab stop position 3, pada bagian alignment pilih left, pada leader pilih none kemudian klik set. dst.

5. Klik OK.

AUTOCORRECTFungsi : Untuk mencari dan mengkoreksi banyak tipe kesalahan yan umum terjadi sewaktu anda bekerja. Termasuk kesalahan dalam ejaan, pemakain huruf besar yang tidak standard an banyak lagi. Auto correct juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhanCaranya : 1. Pilihlah perintah tool autocorrect

2. Pada kotak dialog autocorrect, ketikan huruf atau teks yang akan dirubah didalam kotak teks Replace (klik terlebih dahulu didalam kotak tersebut untuk memindahkan kursor text ke dalamnya)

3. Lalu ketikan teks penggantinya pada kotak teks (with) sesuai kebutuhan

4. Setelah itu klik tombol add untuk menambahkan kombinasi teks yang telah dibuat lalu tekan OK. Teks kemudian akan muncul sendiri jika anda ketikan dilembar kerja

5. Untuk menhapus autocorrect, ulangi langkah no. 1 dan 2 teks yang akan dihapus dari daftar lalu kil delete lali klik OK.

FIND AND REPLACEFungsi : untuk menemukan kata, frase dan potongan teks dalam sebuah dokumen serta untuk menuju ke halaman tertentu. Atau untuk menemukan dan mengganti teks, frase atau potongan teks dengan teks yang lain. Caranya : 1. Dari menu edit pilih tobol fngsi F5

2. Ada tiga pilihan tab menu, Find, Replace, dan Go to, pilih sesuai dengan keinginan anda.

3. Find untuk menemukan teks, frase atau potongan teks. Ketikan teks, frase atau potongan kata pada kotak teks Find what lalu klik Find next

4. Replace untuk menemukan atau mengganti teks, frase, atau potongan kata. Ketikan teks yang diganti pada kotak find what, dan ketikan teks pengganti dalam kotak Replace with

5. Lalu ktik replace jika penggantian teks dengan cara konfirmasi atau klik Replace All untuk mengganti seluruh dokumen tanpa dokumentasi.

6. Go to untuk menuju ke halaman, footnote/end note \, picture tertentu.

CHANGE CHASEFungsi merubah suatu teks, frase atau potongan kalimat menjadi capital atau kecil, dengan cara : 1. Range atau blok teks yang akan diganti

2. Buka menu format pilih change chase

3. Klik pada radio button sesuai dengan pilihan anda dengan memperhatikan bentuk teks.

TABELSelain sebagai pengolah kata, Word mempunyai kemampuan sebagai pengolah angka, walapun terbatas tidak seperti dalam excel, namun akan sangat membantu anda dalam membuat table dalam satu lembar kerja anda. Caranya : 1. Letakkan kursor pada baris dimana tabel diinginkan

2. Pilih menu table insert table

3. Isikan jumlah kolom dan baris sesuai dengan keninginan anda

4. Agar table dapat menyesuaikan lebar dnegan isinya, maka klik radio button Auto Fit Content lalu klik OK.

5. untuk mengatur agar teks center secara vertical atau secara horizontal , blok atau range cell yang akan diedit, buka menu rable properties cell pilihlah center secara vertical dan horizontal.

COLUMN (Kolom Koran)Fungsi untuk membuat dokumen dalam bentuk kolom Koran. Kolom yang anda ingin dapat bervariasi tergantung pilihan. Bentuk 1 : jika semua naskah ingin dibuat menjadi kolom Koran 1. Kursor bleh dimana saja

2. Pilih menu column dari menu format dapat juga mengklik toolbar column

3. Tentukan jumlah kolom yang akan dibuat dengan merubah angka di dalam kotak Number of Column atau dengan mengklik pilihan bentuk bentuk kolom pada kotak preset

4. Anda juga dapat mengaktivkan pilihan garis diantara kolom dengan mengklik pada kotak kecil line between

5. Pilih apply to : whole DOkumen

6. Klik OK

bentuk 2 : jika hanya sebagian yang ingin dijadikan kolom Koran 1. Blok aline 1 dan 2

2. Pilih menu format column

3. Tentukan bentuk kolom Koran yang diinginkan

4. Option Aplly to harus dipilih selected text lalu klik OK

MEMBUAT DROP CAP1. Letakkan kursor pada paragraph yang diberi crop cap.

2. Buatlah bentuk paragraph menjadi paragaraf/lurus

3. Pilih menu format Drop caps

4. Klik kotak dropped

5. klIk OK.

CLIP ARTFungsi mneyisipkan gambar pada worksheet . pada umunya gambar diambil dari menu clipart atau juga bisa dari file di luar nin program ward art. Caranya : 1. Pilihlah menu insert picture alip art

2. Dari kotak dialog clip art., anda pilih category sesuai gambar yang akan disisipakn, missal tentang binatang maka anda harus klik category : AnimaL

3. Setelah masuk ke dalam category yang anda inginkan, pilih gambar yang sesuai dengan cara mengklik pada gambar (toolbar baru akan muncul).

4. Klik pada toolbar baru tersebut toolbar paling atas (inset clip

5. Close atau restrore window clip art tersebut untuk kembali ke lembar kerja

WORDARTFungsi untuk membuat teks dalam bentuk artistic. Pada dasarnya wordart merupakan OLE sama seperti dengan picture. Caranya : 1. Buka menu insert pilih picture lalu wordart

2. Pilih bentuk wordart yang anda inginkan dengan mengklik pada contoh dan dialhiri klik OK

3. Di dalam kotak dialog wordart, ketikan teks yang anda inginkan , lalu tekan OK.

4. Untuk mengedit, klik hasil wordart tersebut, untuk mengubah ukuran sama dengan clipart.

DRAWINGTEXT BOXFungsi untuk membuat bagan, struktur organisasi atau sejenidnya Caranya : 1. Klik toolbar text box dari toolbar drawing yang ada dibawah

2. Drag didalam worksheet anda untuk membuat kotak dengan ukuran yang sesuai dengan text didalamnya.

3. Kemudian ketikan teks didalam kotak tersebut

4. Untuk membuat garis penghubung, anda dapat menklik dari toolbar drawing, line atau arrow, buat garis dengan cara drag pada worksheet

5. Anda dapat bervariasi dengan membentuk kotak-kotak anda dengan terlebih dahulu menselect kotak tersebut, kemudian klik dari toolbar drawing, toolbar shadow atau 3D.

6. Untuk mewarnai text klik toolbar Font color

Mengatur format drawing : 1. Klik obyek (jika muncul kursor didalam obyek klik lagi pada garis tepi yang muncul)

2. Pilih tombol yang kita inginkan

AUTOSHAPEUntuk membuat Flow chart : 1. Pilihlah tombol autoshape flow chart

2. Kemudian pilih tombol yang sesuai

Untuk mengetikkann naskah di dalam obyek lakukan langkah ini : 1. Klik kanan pada obyek tersebut

2. Pilih add text

3. Ketikan text

PAGE NUMBERINGContoh 1 : jika nomor halaman di setiap halaman letaknya sama misalnya di kanan atas semua atau di bawah tengah semua. Cara : 1. Buka menu insert page number

2. Tentukan posisi no halaman apakah diatas atau di bawah dari sub menu position

3. Kemudian tentukan posisinya di kiri atau tengah

4. Untuk memilih jenis penomoran halaman klik tombol format

5. Pilih jenis nomor dari tombol number format

6. Start at isikan permulaan penomoran halaman sesuai dengan keinginan anda lalu OK

7. Jika halaman pertama atau kertas pertama penomoran halaman ingin disembunyikan, maka tombol show number on first page harus dioofkan.

8. Klik OK

Contoh 2 : Jika nomor halaman berbeda-beda : Jika ada judul bab nomor ditaruh di bawah, sedangkan jika tidak ada judul bab nomor halaman diletakkan di kanan atas ; 1. Sisipkan nomor halaman di kanan atas

2. Letakkan kursor di halaman pertama

3. Pilih menu view header and footer

4. Klik icon page setup dari toolbar header and footer

5. Aktifkan tombel difference first page lalu klik OK

6. Pindahkan kursor pada posisi footer di halaman pertama dengan mengklik icon switch between

7. Klik icon insert page number

8. Klik icon center untuk menengahkan nomor halaman

9. Klik tombol close pada toolbar header and footer

MAIL MERGEFungsi : untuk membuat surat berantai atau satu master dokumen dengan berbeda-beda data didalamnya. 1. Buatlah master dokumen :

Atur perataan, indent kiri, tabulasi dan bentuk paragraph1. Simpan dengan nama file panggilan tes wawancara

2. Buka menu tool - mail merge

3. Klik tombol create pada main document form letters active window

4. Untuk menggunkan data dengan membuja menu get data create data source kemudian hapus semua field yang ada didalam kotak field names in header row dengan menklik remove sampai habis

5. kemudian buatlah field data yang diperlukan dengan mengetikkan didalam field name dan klik add jika sudah dimasukkan, klik OK.

MENCETAK DOKUMEN1. Buka file yang akan dicetak, hidupkan printer dan pasang kertas

2. Pilih menu file print

3. Pilih nama printer yang pada kotak printer name

4. Klik properties

5. Pilih ukuran kertas sesuai dengan setup naskah anda

6. Jika anda memakai printer LQ atau LX atau sejenis pilihlah manual feed pada kotak paper source. Lalu klik OK

7. Tentukan halaman berapa yang akan dicetak, misalnya All untuk mencetak semua halaman ; atau ketik nomor halaman tertentu pada kotak pages

http://download.cnet.com/8301-2007_4-57396484-12/google-to-give-chrome-a-metro-sheen/Makalah Microsoft Word,Microsoft Excel,Microsoft Powerpoint

BAB I

PENDAHULUAN

1.1LATAR BELAKANG

Microsoft word 2007merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapakeunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versisebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimanamemaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.

Microsoft Excel (MS-Excel)merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

Microsoft PowerPointatauMicrosoft Office PowerPointadalah sebuahprogramkomputeruntukpresentasiyang dikembangkan olehMicrosoftdi dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft Office, selainMicrosoft Word,Excel,Accessdan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputerPCberbasissistem operasiMicrosoft Windowsdan jugaApple Macintoshyang menggunakansistem operasiAppleMac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasiXenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik,siswa, dantrainer. Dimulai pada versiMicrosoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paketMicrosoft Office System 2007Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.

1.2TUJUAN

1.Menetahui Sejarah Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint

2.Mengetahui definisi dan fungsi Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint

3.Mengetahui cara menggunakan Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint dengan baik dan benar

1.3RUMUSAN MASALAH

1.Bagaibana Sejarah Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint?

2.Apa definisi Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint?

3.Bagaimana cara menggunakan Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint dengan baik dan benar?

BAB 1PEMBAHASANMICROSOFT WORDA.Sejarah Microsoft WordSejarah panjang perjalanan Microsoft office hingga saat ini, bayak perubahaan dan penambahan fasilitas. Sejak pertama kali di luncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft office versi 3.0 pada versi tersebut Microsoft office menyertakan Microsoft word sebagai pengola kata, Microsoft excel sebagai pengolahan angkan, Microsoft powerpoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

Setelah popular dengan Microsoft office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan system operasi Microsoft windows 95. Pada system operasi ini merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11.

Sejalan dengan perkembangan system Microsoft windows, Microsoft office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagai besar masyarakat computer di dunia termasuk di Indonesia.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft office yang masih bayak digunakan saat ini antaralain Microsoft office 2000, Microsoft office XP 2002 dan Microsoft office 2003. Pada kenyataanya sampai saat ini masih bayak kemampuan Microsoft office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakayannya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan system operasi yang juga terus berkembang.

Microsoft word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolahan kata (word processor) buatan Microsoft corporation MS. Word 2007 merupakan hasil perkembangan beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly da sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru alam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.

B.Pengertian Microsoft Word 2007Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapakeunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versisebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimanamemaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.

Memulai menggunakan Word 2007Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagaiberikut :

1. Klik menu start pada taskbar

2. Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007

Mengenal Elemen Jendela Word :

Menu Barmenu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu.Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

1.1HomeHome merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.

1.2InsertMenu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.

1.3Page LayoutMenu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

1.4ReferencesReferences terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,Index, Table of Authorities.

1.5MailingsMailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

1.6ReviewReview terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.

C.Fungsi Tombol KeyboardKomputerFungsi tombol-tombol yang ada pada keyboard komputer- Sebelumnya dalam blog ini juga pernah dibahas tentangfungi tombol Ctr dari A hingga Z,namun untuk tombol2 lain seperti Alt, Shift , F1 hingga F12 , Tab dan lain sebagainya mungkin ada sebagian dari sobat yang belum mengetahuinya,,

untuk yang ingin mengetahui semua fungsi keyboard silakan membaca artikel ini lengkap nya.

Ctrl + A : Select AllCtrl + B : BoldCtrl + C : CopyCtrl + D : FontCtrl + E : Center AlignmentCtrl + F : FindCtrl + G : Go ToCtrl + H : ReplaceCtrl + I : ItalicCtrl + J : Justify AlignmentCtrl + K : Insert HyperlinkCtrl + L : Left AlignmentCtrl + M : Hanging IndentCtrl + N : NewCtrl + O : OpenCtrl + P : PrintCtrl + Q : Normal StyleCtrl + R : Right AlignmentCtrl + S : Save / Save AsCtrl + T : Left IndentCtrl + U : UnderlineCtrl + V : PasteCtrl + W : Close

Ctrl + X : CutCtrl + Y : RedoCtrl + Z : Undo

Ctrl + 1 : Single SpacingCtrl + 2 : Double SpacingCtrl + 5 : 1,5 linesCtrl + Esc : Start Menu

F1 : Menjalankan fungsis pertolongan yang disediakan pada WordF2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilihF3 : Menjalankan perintah AutoTextF4 : Mengulangi perintah sebelumnyaF5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau GotoF6 : Menjalankan Perintah Other PaneF7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teksF8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objekF9 : Mengupdate Field (Mail Merge)F10 : Mengaktifkan MenuF11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)F12 : Mengaktifkan dialog Save As

Esc : Membatalkan dialog / perintahEnter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragrafTab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontalWindows : Mengktifkan Menu StartShortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursorDelete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursorBackspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursorInsert : Menyisip karakter di posisi kursorHome : Memindahkan posisi kurosr ke awal barisEnd : Memindahkan posisi kurosr ke akhir barisPage Up : Menggulung layar ke atasPage Down : Menggulung layar ke atasUp : Memindahkan kursor 1 baris ke atasDown : Memindahkan kursor 1 baris ke bawahLeft : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiriRight : Memindahkan kursor 1 karakter ke kananNum Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktifNum Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktifShift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kananAlt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanyaberfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu barShift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan itemdalam Recycle Bin

Ctrl + Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnyaCtrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnyaCtrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnyaCtrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya

Alt + F4 : Menutup item aktif, atau keluar dari program aktifAlt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilihAlt + Spacebar : Buka menu shortcut untuk jendela aktifCtrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Andauntuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaanAlt + Tab : Switch antara item yang terbukaAlt + Esc : Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibukaCtrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tabShift + Tab : Bergerak mundur melalui pilihan

MICROSOFT EXELA.SejarahPada tahun1982, Microsoft membuat sebuah programspreadsheetyang disebut denganMultiplan, yang sangat populer dalamsistem-sistemCP/M, tapi tidak dalam sistemMS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakniLotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut denganExcel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun1985dan versiWindows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) padaNovember1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar programspreadsheetdan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah namaExcelmenjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumenMicrosoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan hurufXLsebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default darispreadsheetyang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan programspreadsheetyang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama denganVisiCalc(perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandungdataatauformuladengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan programspreadsheetpertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan darispreadsheetyang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-programspreadsheetlainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalamMicrosoft Officepada tahun1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan olehMicrosoft WorddanMicrosoft PowerPointuntuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasispreadsheetyang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memilikibahasa pemrogramanVisual Basic for Applications(VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalamworksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuahintegrated development environment(IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadimacro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaanDLLActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadapclass modulesehingga mengizinkan penggunaan teknikpemrograman berorientasi objekdalam VBA.

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah targetvirus-virusmacro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuatantivirusmulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkanvirus-virus macrodari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaanmacrodengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayaimacroyangdienkripsidengan menggunakansertifikat digitalyang tepercaya.

B.Microsoft ExcelMicrosoft Office Exceladalah sebuahprogramaplikasilembar kerjaspreadsheetyang dibuat dan didistribusikan olehMicrosoft Corporationuntuk sistem operasiMicrosoft WindowsdanMac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategimarketingMicrosoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalamkomputer mikrohingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platformPCberbasis Windows maupun platformMacintoshberbasisMac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun1993. Aplikasi ini merupakan bagian dariMicrosoft Office System, dan versi terakhir adalah versiMicrosoft Office Excel 2007yang diintegrasikan di dalam paketMicrosoft Office System 2007.

C.Elemen pada Microsoft Excel 2007Pada saat Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.

Gambar berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel 2007, yaitu jendela workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan zoom.

Bagian-bagian Lembar Kerja Excel 2007

a. Ikon Menu KontrolIkon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.

Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2007

1. New, yang dilambangkan dengan simbolmerupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.

2. Open, disimbolkan dengan lambangmerupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.

3. Save,merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.

4. Save As,tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.

Keterangan: Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.

Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.

Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.

Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.

Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.

Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa

b. Quick Access ToolbarQuick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.

c. Baris TabLingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.

d. Size ButtonSize button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.

MinimizeUntuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.

RestoreMengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.

MaximizeMengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.

CloseUntuk menutup jendela Ms. Excel.

e. Name BoxName box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.

f. Formula BarFormula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).

Keterangan :1. TombolCanceldigunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.

2. TombolEnterdigunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.

3. TombolInsertFunction digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

g. KolomKolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).

h. BarisBaris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).

i. Scroll BarScroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.

1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.

2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.

j. Tombol Navigasi SheetTombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.

k. Baris StatusBaris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.

l. ZoomZoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratifmulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhanatersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlahbarang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebihkompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyakperhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel ataupenggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini

D.Istilah-istilah dalam Excel1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5

2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.

3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)

4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 range mulai dari cell A4 sampai cell D6

5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6

6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7

7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5

8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.Contoh : Holla nama lain range A5:G7

E.Menulis Rumus1.Operasi LogikaDibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :a. = : sama denganb. > : lebih besar daric. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengane. 0,hangat,dingin))2. Fungsi StringFungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan1. Fungsi VALUE :digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,penulisannya : =VALUE(text)2. Fungsi FIND :digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)3. Fungsi MIDdigunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)4. Fungsi LEFT atau RIGHT :digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)5. Fungsi REPLACE :digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)6. Fungsi CONCATENATE :digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,)B. Fungsi Tabel :Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,)=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,)

Fungsi yang sering digunakan1. fungsi Sum :Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,penulisannya : =average(number1,number2,)3. Fungsi Max :Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,)4. Fungsi Min:Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,)5. fungsi Count :Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih6. Fungsi Stedev :Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,)7. Fungsi Var :Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,)

Microsoft PowerPointA.SejarahAplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagaiPresenteruntuk perusahaan bernamaForethought, Incyang kemudian mereka ubah namanya menjadiPowerPoint.

Pada tahun1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansioverhead projector(OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal31 Juli1987. Pada tahun1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

B.PengertianMicrosoft PowerPointMicrosoft PowerPointatauMicrosoft Office PowerPointadalah sebuahprogramkomputeruntukpresentasiyang dikembangkan olehMicrosoftdi dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft Office, selainMicrosoft Word,Excel,Accessdan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputerPCberbasissistem operasiMicrosoft Windowsdan jugaApple Macintoshyang menggunakansistem operasiAppleMac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasiXenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik,siswa, dantrainer. Dimulai pada versiMicrosoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paketMicrosoft Office System 2007C.Pengenalan Power Point 2007Menjalankan Microsoft powerpoint 2007

Cara 1 : klik tombol start > all program > Microsoft office > Microsoft office power point 2007

Cara 2 : klik tombol start > run > ketikkan power point enter.

Pengenalan interface/ tampilan Microsoft powerpoint 2007

Pada Microsoft powerpoint 2007 yang muncul, terdapat

beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukan dengan mouse anda

masingmasing komponen berikut) :

Office Button

Quick Access Toolbar

Title Bar

Tabmenu Ribbon

Ribbon

Status Bar

Horizontal Scroll Bar

Vertical Scroll Bar

Slide Area

D.Mengaktifkan menu menu poada powerpoint 20071)Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Homepada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.

2)Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.

3)Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+G, perhatikan ribbon menu yang tampil.

4)Untuk mengaktifkan Menu Animations, coba anda klik tab Menu Animations pada tab menu atau tekan Alt+A, perhatikan ribbonmenu yang tampil.

5)Untuk mengaktifkan Menu Slide Show, coba anda klik tab Menu Slide Show pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.

6)Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Reviewpada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yangtampil.

7)Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.

8)Untuk mengaktifkan Menu Developer, coba anda klik tab Menu Developer pada tab menu atau tekan Alt+L, perhatikan ribbon menu yang tampil.

9)Untuk mengaktifkan Menu AddIns, coba anda klik tab Menu AddIns pada tab menu atau tekan Alt+X, perhatikan ribbon menu yang tampil.

E.Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft PowerPoint 2007a)Klik Office Button > New.

b)Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank & Recent > Blank Templates > klik tombol Create.

c)Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar monitor anda, jendela presentasi yang muncul ini adalah slide judul presentasi.

d)Pada Slide yang muncul ketikkan seperti gambar di bawah ini:

e)Kemudian kita akan membuat slide kedua caranya pilih New Slide > Title & Content

f)Kemudian akan bertambah slide ke2:

PenutupJadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan. Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

BAB I

PENDAHULUAN

1A. Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.1981-1990Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar.

BAB II

PEMBAHASAN

2A. Bagian-bagian yang ada pada Microsoft word 2003 beserta fungsinya

Berikut ini sebuah gambar tampilan pada Microsoft word 2003 dan beberapa fungsi yang ada di dalamnya:

Gbr 1.1 Microsoft word 2003

Di dalam Microsoft word 2003 terdiri dari yang namanyaTollbar.Toolbaradalah kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft word.Toolbar itu sendiri terdiri atas 3 bagian, yaitu:ToolBar Menu Yang termasuk ke dalam toolbar menu adalah:

1. Menu FileMenu fileberfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu file.

Gbr 1.2 Microsoft word 20031.New :Membuat file yang baru2.Open :Membuka File yang pernah kita buat (Ctrl+O)3.Close :Menutup file yang sedang kita buka4.Save :Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama (Ctrl+S)5.Save As:Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut6.Save as Web Page:Menyimpan dokumen sebagai halaman web7.Web page Preview :Preview halaman web8.Page Setup :Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll9.Print Preview :Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas10.Print :Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P)11.Sent To :Mengirimkan dokumen12.Exit :Keluar dari Program Word2. Menu Edit

Menu Editberfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu edit.

Gbr 1.3 Microsoft word 20031.Undo Typing :Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan2.Repeat Typing :Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan3.Cut :Menghapus suatu objek dari lembar kerja4.Copy :Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita5.Clear :Membersihkan6.Paste :Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat7.Paste Special :Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja8.Select All :Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita9.Find :Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah10.Replace :Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan11.Go To :Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat3. Menu View Menu Viewberfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu view.

Gbr 1.4 Microsoft word 2003

1.Normal:Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen2.Print Layout :Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya3.Reading Layout :Membaca dokumen halaman per halaman4.Task Pane :Menampilkan beragam perintah cepat Word5.Ruller :Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita 6.Markup :Melakukan pengaturan komentar dalam projek7.Headaer and Footer :Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)8.Full Sscreen :Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh9.Zoom :Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

4. Menu InsertMenu Insertberfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu insert.

Gbr 1.5 Microsoft word 20031.Break :Berganti Halaman2.Page Number :Penomoran halaman3.Date and Time :Menyisip waktu dan hari serta formatnya4.Symbol :Menyisip suatu simbol5.Footnote :Membuat catatan kaki6.Picture :Menyisip gambar7.Diagram :Menyisip diagram kedalam dokumen8.Text Box :Menyisip teks di dalam kotak9.File :Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita10.Object :Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.

5. Menu Format

Menu Formatberfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu format.

Gbr 1.6 Microsoft word 2003

1.Font :Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen2.Paragraph :Mengatur jarak baris ( Line Spacing )3.Bullet and Numbering :Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris4.Border and shading :Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat5.Columns :Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom6.Tabs :Untuk mengatur ukuran tab7.Drop Caps :Memperbesar huruf pertama tiap paragraf8.Teks Direction :Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih9.Change Case :Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya10.Back Ground :Mengatur warna latar belakang lembar kerja11.Theme :Menerapkan tema yang diinginkan12.Styles and Formatting :Memformat jenis huruf

6. Menu Tools

Menu Toolsmempunyai fungsi untuk mengatur program kerja. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu tools.

Gbr 1.7 Microsoft word 20031.Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris2.Research :Mencari dokumen tertentu3.Letter and Mailing :Membuat surat dan email4.Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro5.Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon yang aktif yang akan digunakan dalam menu6.Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum

7. Menu Table

Menu Tableberfungsi untuk membuat table dan mengatur tabel tersebut.Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu table.

Gbr 1.8 Microsoft word 20031.Draw Table :Untuk mengeluarkan toolbars table and border2.Insert :Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll3.Delete :Menghapus tabel, baris dll4.Select :Memilih suatu tabel, baris, kolom dll5.Merge Cells :Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell6.Split Cells :Memisahkan kembali Cell yang telah digabung7.Split Table :Membagi suatu sel pada tabel8.Tabel Auto Format :Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya9.Auto Fit :Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada10.Heading rows repeat :Menggunakan judul atau Header tabel berulang11.Convert :Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya12.Sort :Mensorting data yang ada pada tabel13.Formula :Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel14.Hide Gridlines :Menampilkan garis pada suatu tabel

8. Menu Windows

Menu Windowsberfungsi untuk mengatur lembar kerja. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada dimenu windows.

Gbr 1.9 Microsoft word 20031.New Window :Membuat lembar kerja window baru2.Arrange :Menyusun dokumen-dokumen yang aktif3. Split :Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian9. Menu Help

Menu Helpberfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahuMicrosoft Word. Salah satu bagian yang adamenu helpyaitu:1.Microsoft office Word help :Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah.Toolbar StandartTollbar standartini terletak di bawah toolbar menu dan pada toolbar standart ini berbentuk gambar.Bagian-bagian dari toolbar standart antara lain:

1.New Blank Document :Membuat file yang baru2.Open :Membuka file yang telah disimpan3.Save :Menyimpan dokumen4.Permission :Menentukan izin akses dokumen5.E-Mail :Membuat dokumen menjadi surat email6.Print :Mencetak dokument yang sudah diketik7.Print Preview :Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak8.Spelling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris9.Research :Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file10.Cut :Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita11. Copy :Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard12. Paste :Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard13.Undo Typing :Membatalkan perintah yang sudah dilakukan14.Cant Redo :Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan15.Format Painter :Memformat naskah dengan fasilitas Painter16.Tables and Borders :Menampilkan menu Tabel dan Border17.Insert Table :Menyisip tabel18. Insert Ms Excel :Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel19.Columns :Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom20.Drawing :Menampilkan menu Drawing21.Show/hide :Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi22.Zoom :Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja23.Microsoft office Word help :Menampilkan Bantuan24. Read :Membaca dokument halaman per halaman

ToolBar FormattingToolbar Formattingini terletak di bawah toolbar standart.Bagian-bagian di dalam toolbar ini antara lain:

1.Styles and Formating :Memformat huruf2.Style :Jenis jenis huruf3.Font :Merubah Jenis-jenis Huruf4.Font Size :Ukuran huruf5.Bold :Menebalkan huruf teks6.Italic :Membuat Teks menjadi miring7.Underline :Menggaris bawahi Teks8.Align Left :Perataan Kiri9.Center :Perataan tengah10.Align Right :Perataan kanan11.Justify :Perataan kiri-kanan12.Line Spacing :Mengatur spasi dalam pengetikan13.Numbering :Memberi nomor secara berurutan setiap baris14.Bullets :Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf15. Decrease Indent :Menggeser Indentasi ke kiri16. Increaase Indent :Menggeser indentasi ke kanan17.Outside Border :Membuat border pada teks18.Highlight :Memberi warna arsiran pada teks19.Font Colour :Mengatur Warna teksBAB IIIPENUTUP3A. KesimpulanDi dalam makalah ini tertulis bagian-bagian dan fungsi yang ada padaMicrosoft word 2003, dan diharapkan pembaca dapat mengetahui tentang bagian-bagian dan fungsi yang ada pada Microsoft word tersebut.Sehingga dapat dipergunakan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.

3B. SaranSetelah membaca makalah ini ,di harapkan si pembaca bisa menggunakan Microsoft word dengan baik dan dapat dijadikan pedoman dalam memepergunskan Microsoft word tersebut.

DAFTAR PUSTAKA1. www.jevuska.com2. www.linkpdf.com3. www.doocu.comMakalah MicrosoftWordBAB IPENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Microsoft Office adalah suatu produk perangkat kantor yang cukup handal dewasa ini. Setelah mengalami peningkatan fasilitas menuju penyempurnaan, hingga sekarang telah beredarnya Microsoft Office 2003, adapun program-program aplikasi perkantoran yang terintegrasi penuh antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya, Microsoft Office mencangkup beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft Power Point, Microsoft Acses, Microsoft Outlook dan Microsoft Front Page.

Microsof Word merupakan program pengolahan kata yang terbaik dan populer karena kehandalan dan kelengkapannya serta kemudahan yang dimilikinya dengan menggunakan Microsoft Word, pembuatan dan pengeditan naskah/dokumen akan menjadi cepat dan mudah untuk dipelajari.

Atas landasan teori diatas maka penulis tertarik untuk membuat makalah ini guna untuk menyelesaikan tugas kuliah dan semoga bermanfaat untuk bahan ajar bagi sekolah-sekolah dan umum.

B. Rumusan Masalah1. Bagaimana cara mengoperasikan Ms. Word?2. Menu-menu apa saja yang ada pada Ms. Word?3. Apa fungsi dari menu-menu tersebut?

C. Tujuan Penulisan1. Mendeskripsikan tentang Ms. Word.2. Mendeskripsikan kualitas Ms. Word.3. Mendeskripsikan hal-hal terpenting dari Ms. Word.4. Mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan dari Ms. Word.

D. Manfaat Penulisan1. Bagi PemerintahBisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Labuhanbatu.2. Bagi GuruBisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.3. Bagi MahasiswaBisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.

BAB IIPEMBAHASAN

A. Mengenal Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.

Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

B. Memulai Mengoperasikan Microsoft Word

I. Membuka Microsoft Word1. Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.2. Pilih menu Program2. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai3. jendela program Microsoft Word ditampilkan.

II. Membuat Dokumen BaruJika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.

Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.

III. Membuka file yang sudah tesimpan1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.3. Klik pada nama file yang akan dibuka.4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

IV. Menyimpan Dokumen1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.

V. Menutup File Dokumen1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela MicrosoftWord, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutupfile dokumen yang sedang aktif.2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.

VI. Menutup Jendela Microsoft Word1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.

C. Mengetik Dokumen SederhanaPada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.

D. Mengedit TeksJika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapatmemperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini : Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip. Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip. Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y). Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

E. Meng-Copy / Menyalin TeksUntuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :1. Pilih teks yang akan Anda salin.2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

F. Men-Delete / Menghapus Teks.Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.1. Pilih teks yang akan anda hapus.2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.

G. Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkahberikut ini :1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

H. Format Teks Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan. Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

I. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah : Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.

Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yangterdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.

J. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini : Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya. Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.

K. Mengatur Format ParagraphDalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf denganmenggunakan salah satu cara berikut ini : Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda. Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atauformatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikutiformat yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali ataumemindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

L. Mencetak DokumenApabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range. Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen. Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print. All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap. Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja. Even pages,7. KlikO K.

M. Mengakhiri Microsoft WordSetalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.

Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.3. Tekan Alt +F4

BAB IIIPENUTUPA. KesimpulanDari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.

B. SaranPerkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.

DAFTAR PUSTAKA

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.

Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta TIM Dosen FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.

http://tyaeducationcomputer.blogspot.com/2008/04/PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004. Hlm. 10.