Nurayuputriyani ms. word

of 9 /9
GFG TATA CARA WUDHU U U n n t t u u k k S S D D K K e e l l a a s s I I I I

Embed Size (px)

Transcript of Nurayuputriyani ms. word

Tata Cara Wudhu

TATA CARA WUDHUGFG

Untuk SD Kelas II

Standar Kompetensi:

Mengenal tata cara wudhu. Membaca doa setelah berwudhu.

Kompetensi Dasar:

Membiasakan wudhu dengan tertib. Membaca doa berwudhu.

Indikator Pencapaian Kompoetensi:

Menjelaskan tata cara wudhu yang benar. Menyebutkan urutan berwudhu. Praktik berwudhu dengan benar. Melafalkan doa setelah berwudhu. Praktik berdoa setelah berwudhu.

Tujuan Pembelajaran:

Siswa mampu melafalkan niat wudhu. Siswa mampu menghafal niat wudhu. Siswa mampu menunjukkan hafal niat wudhu. Siswa mampu menjelaskan tata cara berwudhu. Siswa mampu menyebutkan rukun wudhu. Siswa mampu menyebutkan urutan wudhu. Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu. Siswa mampu menyebutkan sunah-sunah wudhu. Sisea mampu mempraktikkan wudhu . Siswa mampu melafalkan doa setelah wudhu . Siswa mampu menulis doa setelah wudhu. Siswa mampu mempraktikkan doa setelah wudhu dalam kehidupan sehari-hari.A. Membiasakan Wudhu dengan Tertib

udhu adalah membersihkan anggota badan dengan air berdasarkan syarat dan rukun tertentu untuk menghilangkan hadas kecil. Salah satu fungsi wudhu yaitu membersihkan anggota tubuh yang kotor. Ini membuktikan bahwa agama Islam sangat memperhatikan kebersihan umatnya.Apabila kita hendak melaksanakna salat, maka harus berwudhu terlebih dahulu. Sebab sebelum berwudhu, tubuh kita masih memiliki hadas kecil. Hadas kecil dapat dibersihkan dengan berwudhu. Berikut ini lafal niat wudhu.

1. Niat Wudhu

Artinya: Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil wajib karena Alloh Taala.

2. Tata Cara BerwudhuTata cara wudhu harus dilakukan dengan benar. Agar wudhu yang dilakukan hukumnya sah dan sempurna. Orang yang berwudhu dengan tata caranya maka hukum wudhunya sah. Tata cara wudhu yaitu mengikuti aturan-aturan wudhu. Salah satu aturan wudhu adalah terpenuhi rukun wudhu.

a. Rukun WUdhu Rukun wudhu ialah sebagai berikut.1. Niat.2. Membasuh muka.3. Membasuh kedua tangan sampai siku.4. Menyapu kepala.5. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki.6. Tertib atau berurutan.

b. Urutan Wudhu Urutan wudhu ialah sebagai berikut.1. Membasuh telapak tangan sampai pergelangan.2. Berkumur.3. Membersihkan hidung.4. Membaca niat wudhu.5. Membasuh muka.6. Membasuh kedua telapak tangan sampai siku.7. Menyapu sebagian kepala.8. Mencuci telinga.9. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.10. Berdoa setelah wudhu.

c. Hal-hal yang Membatalkan WudhuJika kita berwudhu dan batal, maka wudhu tersebut harus kita ulang kembali sehingga wudhu kita sah dan tidak batal. Hal-hal yang dapat membatalkan wudhu adalah sebagai berikut.1. Keluar sesuatu dari kedua lubang pembuangan.2. Bersentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim.3. Tiduk dengan bersandara atau nyenyak.4. Hilang akal.5. Menyentuh kemaluan.

d. Sunah-sunah WudhuSunah-sunah wudhu adalah sebagai berikut.1. Membaca basmalah pada awal wudhu.2. Membasuh kedua telapak tangan sebelum berkumur.3. Berkumur-kumur4. Memasukkan air ke hidung dan mengeluarakannnya kembali.5. Menyapu seluruh kepala.6. Mengusap kedua telinga luar dan dalam.7. Menyilan-nyilangkan jari kaki dan tangan.8. Mendahulukan anggota yang kanan.9. Membasuh anggota wudhu tiga kali.10. Tidak dilap/dikeringkan dengan handuk atau lainnya.11. Menggosok anggota wudhu.12. Bersiwak atau menggosok gigi.13. Membaca doa setelah berwudhu.

B. Praktik Wudhu

Perhatikan gerakan-gerakan wudhu berikut.

1. Membaca basmalah sebelum berwudhu.

2. Membasuh telapak tangan sampai pergelangan tangan tiga kali.Tata Cara Wudhu2011

Pendidikan Agama Islam Page 3

3. Bekumur-kumur untuk membersihkan mulut, tiga kali.

4. Memasukkan air kedalam hidung dan mengeluarkannya kembali, untuk membersihkan hidung dari kotoran, tiga kali.

5. Membasuh muka tiga kali dan dibarengi dengan niat wudhu.

6. Membasuh kedua tangan sampai siku dimulai dengan tangan kanan lalu tangan kiri tiga kali.

7. Mengusap sebagian atau seluruh kepala tiga kali.

8. Membasuh telinga baik bagian dalam maupun luar daun telinga tiga kali. 9. Membasuh kedua kaki sambil menyilang-nyilangkan jari kaki sampai mata kaki tiga kali.

10. Berdoa setelah wudhu.

C. Doa Setelah WudhuSetelah berwudhu disunahkan untuk berdoa. Biasakanlah berdoa setelah wudhu demi kesempurnaan wudhu kita.Doa setelah wudhu:

Latihan!!!!!!I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling tepat!

1. Cara membersihkan badan dari hadas kecil adalah a. Mandib. Wudhuc. Istinja2. Aturan wudhu yang wajib dilaksanakan adalah a. Syarat wudhub. Rukun wudhuc. Sunnah wudhu3. Jumlah rukun wudhu ada a. Limab. Enamc. Tujuh4. Menggosok anggota wudhu merupakan bagian dari a. Syarat wudhub. Rukun wudhuc. Sunnah wudhu5. Berikut ini yang dapat membatalkan wudhu adalah a. Makan b. Minumc. Buang air kecil

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Cara menghilangkan hadas kecil 2. Doa setelah wudhu dibaca setelah membasuh 3. Niat wudhu dibaca bersamaan dengan membasuh 4. Membasuh kedua telinga termasuk bagian dari wudhu5. Sebelum berwudhu kita disunahkan membaca

GOOD LUCK !!!!