Makalah PAI

download Makalah PAI

of 28

  • date post

    09-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    638
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Makalah PAI

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah

Agama

memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat

manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia

mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan

martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

1

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi; 2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia; 3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

2

Selanjutnya akan kami paparkan secara argumentatif pada bab berikutnya beberapa permasalahan yang kami angkat dari rumusan masalah. B. RUMUSAN MASALAH Adapun yang menjadi bahan permasalahan antara lain : 1. Bagaimana ruang lingkup standar kompetensi PAI MA/SMA ? 2. Bagaimana penyusunan standar kompetensi PAI MA?SMA ?

3

BAB II PEMBAHASAN A. Ruang Lingkup Standar Kompetensi PAI SMA/MA Standar kompetensi mata pelajaran agama islam (PAI) berisikan sekumpulan minimal yang harus dikuasai siswa selama menempuh PAI di SMA/MA. Kemampuan ini berorientasi pada perilaku afektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuan kognitif dalam rangka memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemampuankemampuan yang tercantum dalam komponen kemampuan dasar ini merupakan penjabaran dari kemampuan dasar umum yang harus dicapai di SMA/MA, yaitu : 1. Mampu membaca alquran dengan surat-surat pilihan sesuai dengan tajwidnya, mengartikan dan menyalinnya, serta mampu membaca, mengartikan, dan menyalin hadis-hadis pilihan. 2. Beriman kepada Allah SWT, dan lima rukun iman yang lain dengan mengetahui fungsinya serta terefleksi dengan sikap, perilaku, dan akhlak peserta didik dalam dimensi vertikal dan horizontal. 3. Mampu beribadah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntutan syariat islam baik ibadah wajib dan ibadah sunnah maupun muamalah. 4. Mampu mengambil manfaat dari sejarah perabadan islam. Seperti tergambar dalam kemampuan dasar umum diatas, kemampuan dasar setiap kelas yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadits,fiqih,

4

Akhlak, Fiqih, Tarikh dan Kebudayaan Islam. Berdasarkan per unsur, kemampuan dasar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA/MA adalah: a. Al-Quran/Hadits; 1. Membaca, mengartikan dan menyalin surat-surat pilihan. 2. Membaca, mengartikan dan menyalin hadist-hadist pilihan. Tafkhim, dan Tariq 3. Menerapkan isi kandungan Al-Quran dan Hadist dalam kehidupan sehari-hari. b. Akhlak 1. Perilaku dengan sifat-sifat terpuji. 2. Menghindari sifat-sifat tercela. 3. Bertatakrama c. Fiqih Ibadah 1. Melakukan taharah (bersuci). 2. Melakukan shalat wajib. 3. Melakukan macam-macam sujud. 4. Melakukan shalat jamak dan qashar. 5. Melakukan shalat jumat. 6. Melakukan macam-macam shalat sunnah. 7. Melakukan puasa. 8. Menunaikan zakat.

5

9. Memahami hukum islam tentang makanan, minuman, dan binatang. 10. Memehami ketentuan aqiqah dan qurban. 11. Memahami haji dan umrah. 12. Melakukan shalat jenazah. 13. Memahami tata cara pernikahan. d. Tarikh dan Kebudayaan islam 1. Memahami keadaan masyarakat makkah sebelum dan sesudah islam. 2. Memahami keadaan masyarakat makkah periode rasulullah SAW. 3. Memahami keadaan masyarakat madinah sebelum dan sesudah datangnya islam.. 4. Memahami perkembangan islampada masa khulafaurrasyidin.

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

6

Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:

1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi

manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT; 2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

7

B.

Penyusunan Standar Kompetensi PAI di SMA/MA

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi Al-Quran 1. Memahami ayat-ayat AlQuran tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

Kompetensi Dasar

1.1 Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 1214, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78 1.2 Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, AlMukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78. 1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, AlMukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

2.

Memahami ayat-ayat AlQuran tentang keikhlasan dalam beribadah.

2.1 Membaca QS Al Anam; 162-163 dan AlBayyinah; 5. 2.2 Menyebutkan arti QS Al Anam;162-163 dan AlBayyinah; 5. 2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah

8

seperti terkandung dalam QS Al Anam;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

Aqidah 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifatsifatNya dalam Asmaul Husna 3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. 3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. 3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

9

Standar Kompetensi Akhlak 4. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar

4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan. 4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. 4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

Fiqih 5. Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah. 5.1 Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam 5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam 5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

Tarikh dan Kebudayaan Islam 6. Memahami keteladanan 6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW

10

Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

periode Makkah. 6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah

11

Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi Al Quran 7. Memahami ayat-ayat AlQuran tentang Demokrasi

Kompetensi Dasar

7.1 Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38. 7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38. 7.3 Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.

Aqidah 8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat. 8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat. 8.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat. 8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak

12

9. Membiasakan perilaku terpuji.

9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu. 9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu. 9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.

10. Menghindari Perilaku Tercela

10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi 10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi 10.3 Menghindari hasad