Laporan Aktualisasi Gol III Kemdikbud-ristek Dikti

download Laporan Aktualisasi Gol III Kemdikbud-ristek Dikti

of 50

  • date post

    01-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    114
  • download

    16

Embed Size (px)

description

Laporan Aktualisasi Golongan III Kemdikbud Ristek dikti Angkatan 23 Sawangan Depok

Transcript of Laporan Aktualisasi Gol III Kemdikbud-ristek Dikti

KATA PENGANTAR

LAPORAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PROFESI DOSEN PRODI ILMU ADMINISTRASI PUBLIK, JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK, FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI, UNIVERSITAS BRAWIJAYAPENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAJABATAN GOLONGAN III

Disusun oleh:Nama: Ali Maskur, S.AP., M.AP., M.A

Angkatan/Kel/No. Presensi: 20/1/3

Jabatan: Dosen

Unit Kerja: Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas

Brawijaya

Sumber Kegiatan: SKP/ Penugasan Pimpinan/ Inisiatif Sendiri

Coach: Adnan M Barakemba, M. SiMentor: Dr. Choirul Saleh, M.SiPUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

TAHUN 2015KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayahNya sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi Dosen Prodi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Laporan ini merup salah satu prasyarat kelulusan dalam Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendikbud Golongan III Tahun 2015.Ucapan terimakasih yang sebesar besarnya saya sampaikan kepada beberapa orang yang memiliki peran besar dalam Rancangan Aktualisasi ini, antara lain:

1. Bapak Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS., selaku Rektor Universitas Brawijaya dan Staff Rektor Bidang Kepegawaian;

2. Bapak Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS., selaku Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya dan Staff Fakultas;3. Bapak Dr. Choirul Saleh, M.Si selaku Ketua Jurusan administrasi publik sekaligus mentor dalam penyusunan Rancangan Aktualisasi ini;4. Bapak Adnan M Barakemba, M.Si selaku pembimbing (coach) Kelompok I angkatan 20;5. Teman-teman prajabatan golongan III angkatan 20 yang bersahaja dan sangat membantu.Saya menyadari bahwa masih kekurangan dalam rancangan ini. Untuk itu, masukan dan saran sangat diharapkan untuk bisa lebih menyempurn rancangan aktualisasi ini. Semoga karya ini dapat diaktualisasikan di instansi kerja dan berkontribusi pada perbaikan sistem pendidikan.

COVER

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR PUSTAKA

LAPORAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PROFESI DOSEN PRODI ILMU ADMINISTRASI PUBLIK, JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK, FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI, UNIVERSITAS BRAWIJAYAPENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAJABATAN GOLONGAN III

Nama Peserta:Ali Maskur, S.AP., M.AP., M.A

Angkatan/Kelompok:20/1

Jabatan:Dosen

Unit Kerja:Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya

Sumber Kegiatan

:

SKP/Penugasan Atasan Langsung/Inisiatif Sendiri

1. LATAR BELG

Latar belg ini setidaknya menjelaskan tentang dua hal, yaitu: deskripsi kondisi umum dan tujuan disusunnya laporan aktualisasi. Di dalam deskripsi umum, penulis menjelaskan tentang kondisi umum lingkungan di mana nilai-nilai dasar ini diterapkan dan kesesuaian dengan tugas penulis sebagai dosen di lingkungan tersebut. Sedangkan untuk tujuan penulisan laporan dibagi menjadi dua, yaitu: tujuan umum dan tujuan khusus. Hal ini ditujukan agar pembaca lebih mudah untuk memahaminya. a. Deskripsi Kondisi UmumPegawai Negeri Sipil (PNS) selalu diidentikkan sebagai sebuah profesi yang tidak memiliki kinerja baik. Menjadi PNS masih merup pekerjaan yang banyak diminati di negara ini, pekerjaan yang identik dengan tidak perlu bekerja keras, tidak memerlukan kompetensi dan profesionalitas tinggi, mendapatkan gaji dan tunjangan, serta dana pensiun. Stigma negatif tentang PNS ini didukung dengan kondisi riil dimana PNS kita mayoritas bersikap malas-malasan, lebih ingin dilayani daripada melayani masyarakat, lebih berorientasi kepada kepuasan atasan daripada kepuasan masyarakat, tidak inovatif dan kreatif, rendahnya disiplin, integritas, loyalitas, kapabilitas, dan kompetensi PNS berakibat pada rendahnya produktifitas kerja dan capaian sasaran kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun demikian, masih banyak PNS yang memiliki kinerja tinggi. Hal itu dapat kita lihat dari beberapa organisasi pemerintahan seperti PT. KAI, pemerintah kota Surabaya, dll. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua PNS memiliki kinerja yang kurang baik.

Fakultas Ilmu Administrasi merup salah satu fakultas yang ada di Universitas Brawijaya dengan kinerja yang baik. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari kinerja pegawai di Fakultas Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Administrasi merup salah satu yang telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Semua jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi Publik juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Kualitas fakultas juga dapat dilihat dari lulusannya. Rata-rata mahasiswa lulus dengan IPK di atas 3. Selain itu, rata-rata mahasiswa juga mendapatkan pekerjaan dalam waktu di bawah 6 bulan.

Namun demikian, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian visi dan misi Fakultas Ilmu Administrasi. Kinerja dosen dapat diidentifikasi dari pelaksanaan tugas utama dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lemahnya kinerja dosen terutama dapat dilihat dari segi pendidikan dan pengajaran, maupun dari segi penelitian. Dari segi pendidikan dan pengajaran, masih banyak dosen yang tidak menyerahkan hasil ujian mahasiswa tepat pada waktunya. Hal itu berakibat pada terhambatnya proses perhitungan nilai pada bagian akademik. Banyak dosen sering kali juga tidak menyiapkan bahan tayang yang diberikan kepada mahasiswa. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran tidak terarah dan sering melebar. Selain itu, Satuan Acara Pembelajaran (BPSP) di fakultas terutama di prodi Ilmu Administrasi Publik perlu untuk di update kembali. BPSP yang digun masih merup BPSP tahun 2012. Selain itu, di prodi Ilmu Administrasi Publik sudah terjadi perubahan kurikulum sejak tahun 2014. Dari segi penelitian, jumlah publikasi ilmiah masih perlu ditingkatkan. Banyak dosen yang aktif di penelitian tetapi tidak berpartisipasi aktif dalam publikasi ilmiah. Selain itu, dalam rangka mendukung pencapaian visi Universitas Brawijaya, maka Fakultas Ilmu Administrasi juga perlu untuk meningkatkan kerja sama dengan luar negeri, terutama di tingkat ASEAN dan mendapatkan akreditasi Internasional.

Dalam rangka merubah kondisi para pegawai negeri sipil di negeri ini, pemerintah memberlakukan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN). UU ASN memandang PNS sebagai aset negara yang harus dikelola, dihargai, dan dikembangkan dengan baik. Selain itu, UU ASN mengharuskan adanya open career system yang mengedepankan kompetisi dan kompetensi pegawai dalam promosi pengisian jabatan, serta meningkatkan perlindungan aparatur sipil negara dari intervensi politik (Prasojo, 2013 dalam prasojo dan Rudita, 2014 p. 15).

UU ASN berupaya untuk menempatkan aparatur sipil negara sebagai sebuah profesi yang memiliki standar pelayanan profesi, pendidikan dan pengembangan profesi serta memiliki organisasi profesi yang dapat menjaga nilai-nilai dasar profesi. melalui UU tersebut setiap pegawai negeri sipil harus memiliki standar pelayanan profesi, melaksan nilai dasar kode etik profesi, dan wajib mengembangkan keahlian profesinya secara periodik (Prasojo dan Rudita, 2014 p. 15). Dalam rangka mewujudkan tujuan UU ASN, pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai ASN sangat penting untuk merubah mindset mereka. Untuk itu diberlakukanlah Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI nomor 38 dan 39 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Prajabatan Golongan I dan II dan golongan III, di mana melalui peraturan ini terbentuklah sistem Diklat Prajabatan pola baru yang berbasis kompetensi. Diklat ini merup upaya untuk merubah dan memperkuat self-concept dan personal characteristics, serta motivasi yang menjadi landasan seseorang dalam berperilaku. Diklat Prajabatan pola baru ini membekali pegawai dengan kompetensi yang diperlukan sebelum masuk ranah birokrasi dalam rangka menyambut ASEAN Community dan mencapai visi negara 2025 yaitu menjadi negara yang mandiri, maju, adil, dan makmur.

Selain itu, Diklat Prajabatan pola baru ini berupaya membangun kompetensi pegawai ASN sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang diindikasikan dengan kemampuan mengaktualisasikan lima nila dasar, yaitu:

1. Kemampuan mewujudkan akuntabilitas dalam melaksan tugas jabatannya;

2. Kemampuan mengedepankan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatannya;

3. Kemampuan menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas jabatannya;

4. Kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas jabatannya; dan

5. Kemampuan untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansinya.

Yang tidak kalah penting adalah kemampuan menganalisis dampak apabila kelima nilai dasar tersebut tidak diaplikasikan. Dengan adanya kompetensi ini diharapkan tidak hanya menjadi sarana untuk transfer of kwoledge tetapi juga transfer of attitute dan transfer of value yang pada akhirnya tercipta PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam memberikan pelayanan publik. Dengan teraktualisasinya nilai dasar PNS tersebut di atas, maka diharapkan berdampak pada tingkat kualitas dan mentalitas pegawai yang diinginkan yang pada akhirnya visi dan misi organisasi.

Fakultas Ilmu Administrasi merup salah satu fakultas tertua di Universitas Brawijaya. Fakultas Ilmu Administrasi memiliki visi dan misi yang dibuat untuk mewujudkan visi dan misi Universitas Brawijaya. Adapun visi Fakultas Ilmu Administrasi adalah Menjadi lembaga pendidikan Ilmu Administrasi yang bermutu dan diakui oleh masyarakat luas di dalam maupun di luar negeri.Visi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam Misi FIA UB. Misi yang dimaksud adalah